asuhan keperawatan distosia

Download ASUHAN KEPERAWATAN DISTOSIA

Post on 24-Nov-2015

105 views

Category:

Documents

50 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

ASKEPPP DISTOSIA

TRANSCRIPT

ASUHAN KEPERAWATAN DISTOSIA

ASUHAN KEPERAWATAN DISTOSIAKELOMPOK I

1. Definisi Distosia didefinisikan sebagai persalinan yang panjang, sulit, atau abnormal, yang timbul akibat berbagai kondisi yang berhubungan dengan lima factor persalinan. Lima factor tersebut antara lain:Persalinan disfungsionalPerubahan struktur pelvisJalan lahir.Sebab pada janinPosisi ibuRespon psikologis

DISTOSIA BAHU

DISTOSIA KEHAMILAN KEMBAR

DISTOSIA HEDROSEFALUS

DISTOSIAJALANLAHIR

DISTOSIA LETAKSUNGSANG

LETAKLETAK DAHILETAKPUNCAKMUKAKEPALA

DISTOSIA JALAN LAHIR

2. Etiologi Inersia uteriMultipara, kelainan letak janin, disproporsi sefalopelvik, kehamilan ganda, hidroamnion, uterus bikornis unikolis. Incoordinate uterine actionketuban pecah lama yang disertai infeksi.

Letak sungsangMultiparitas, prematuritas, kehamilan ganda, hidramnion, hidrosefalus, anensefalus, plasentaprevia, panggul sempit, kelainan uterus, dan kelainan bentuk uterus, implantasi plasenta di kornu fundus uteri.

3. Manifestasi Klinis

LetihHis lemahInfeksi traktus respitaroriusKonjungtiva pucat

Pathway distosia

4. Penatalaksanaan Inersia uteri primer; perbaiki keadaan umum pasien. Rujuk ke rumah sakit bila persalinan kala I aktif lebih dari 12 jam pada multipara atau primipara; atau jika pembukaan tidak maju dalam 3 jam. Pastikan tidak ada disporposi chepalovelviks yang berarti.Inersia uteri sekunder. Pastikan tidak ada disporposi sefalopelvic. Rujuk ke rumah sakit bila persalinan kala I aktif lebih dari 12 jam pada multipara atau primipara; atau jika pembukaan tidak maju dalam 3 jam.

ASUHAN KEPERAWATAN

1. Pengkajian Identitas klienRiwayat penyakit dahuluRiwayat penyakit sekarangRiwayat kesehatan keluargaRiwayat psikososialPemeriksaan fisik

2. Diagnosa Nyeri bd tekanan kepala pada serviks, partus lama, kontraksi tidak efektifResiko tinggi janin cedera bd penekanan kepala pada panggul, partus lama, dan CPDHarga diri rendah berhubungan dengan pernyataan samar tentang hasil pembedahan.

3. Intervensi 1. Nyeri bd tekanan kepala pada serviks, partus lama, kontraksi tidak efektifTujuan umum: kebutuhan rasa nyaman terpenuhi 1x24 jamCriteria hasil: TTV normal, nyeri Intervensi:Tentukan sifat, lokasi, dan durasi nyeri. Kaji kontraksi uterus hemoragik dan nyeri tekan abdomenRasional: membantu dalam mendiagnosis dan memilih tindakan, penekanan kepala pada serviks yang berlangsung lama akan menyebabkana nyeriKaji intensitas nyeri ibu dengan skala nyeriRasional: setiap individu memiliki ambang nyeri berbeda-beda dengan skala dapat diketahui tingkat nyeri ibuKaji stress psikologis ibu/pasangan dan respons emosional terhadap kejadianRasional: ansietas sebagai respon terhadap situasi darurat dapat memperberat derajat ketidaknyamanan karenan ketegangan takut nyeri

Kesimpulan Distosia adalah kelambatan atau kesulitan persalinan. Dapat disebabkan kelainan tenaga, kelainan letak, dan bentuk janin, serta kelainan jalan lahir. Distosia ini merupakan gangguan pada persalinan yang dimana penatalaksanaanya harus dilakukkan dengan cara seksio sesaria, tidak dapat dilakukan dengan persalinan normal karena dilihat dari resiko, kondisi si ibu dan bayi itu sendiri.

Terima Kasih. . .