asuhan kebidanan gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada ny... di ruang bougenvile rsud...

Download Asuhan Kebidanan Gangguan Reproduksi Dengan Kista Ovarium Pada Ny... Di Ruang Bougenvile Rsud Kebumen Tahun 2015

Post on 05-Oct-2015

110 views

Category:

Documents

10 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

kespro

TRANSCRIPT

ASUHAN KEBIDANAN GANGGUAN REPRODUKSI DENGAN KISTA OVARIUM PADA NY... DI RUANG BOUGENVILE RSUD KEBUMEN TAHUN 2015PROPOSALKARYA TULIS ILMIAHDiajukan sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan

Pendidikan Ahli Madya Kebidanan

Disusun Oleh :WULAN YULIA RENA SARINIM.121540123960151SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA

PROGRAM STUDI KEBIDANAN D3PURWOKERTO

2015HALAMAN PERSETUJUAN

ASUHAN KEBIDANAN GANGGUAN REPRODUKSI DENGAN KISTA OVARIUM PADA NY... DI RUANG BOUGENVILE RSUD KEBUMEN TAHUN 2015Disusun oleh :WULAN YULIA RENA SARINIM.121540123960151Telah disetujui untuk dilakukan seminar Proposal Karya Tulis IlmiahPada tanggal..............................Purwokerto, ..... Febuari 2015Menyetujui,

Pembimbing I

Pembimbing II Linda Yanti S.ST., M.Keb Etika Dewi Cahyaningrum, S.ST., M.Kes NIK.107001100288

NIK.105709070486KATA PENGANTARSyukur Alhamdulillah selalu tercurah hanya kepada Allah SWT, karena dengan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Karya Tulis Ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan dari Program Studi Kebidanan D3 yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto dengan judul Asuhan Kebidanan Gangguan Reproduksi dengan Kista Ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen Tahun 2015.Dalam pelaksanaan penyusun Proposal Karya Tulis Ilmiah ini penulis banyak mengalami kendala dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis, namun berkat usaha dan bimbingan dari berbagai pihak Proposal Karya Tulis Ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik. Oleh kerena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada:

1. Iis Setiawan Mangkunegara S.Kom., M.TI., sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Dwi Puspita

2. dr. Pramesti Dewi M.Kes sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto.

3. Direktur RSUD Kebumen yang telah memberikan ijin untuk melakukan pengambilan data4. Tin Utami, S.ST., M.Kes., sebagai Ketua Prodi D3 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto.

5. Linda Yanti, S.ST, M.Keb., selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, arahan dan masukan dalam penulisan Proposal Karya Tulis Ilmiah ini.6. Etika Dwi Cahyaningrum, S.ST., M.Kes., sebagai pembimbing II yang telah memberikan masukan sehingga Proposal Karya Tulis Ilmiah ini dapat terselesaikan.7. Seluruh Dosen dan Karyawan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto, yang telah memberikan materi yang berkaitan dengan Proposal Karya Tulis Ilmiah yang penulis susun.8. Serta semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan baik fisik maupun moril, sehingga terselesaikan tugas akhir ini.Penulis menyadari bahwa Proposal Karya Tulis Ilmiah ini masih jauh dari sempurna dan banyak sekali kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kearah yang lebih baik.

Purwokerto, Febuari 2015

PenulisDAFTAR ISIHALAMAN JUDUL

i

LEMBAR PERSETUJUAN

ii

KATA PENGANTAR

iii

DAFTAR ISI

v

DAFTAR LAMPIRAN

v

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang ...........1

B. Rumusan Masalah ......3C. Tujuan ........................3D. Manfaat.......................4

E. Ruang Lingkup ...........5F. Metode Pengumpulan Data.........6G. Etika Penelitian...........8BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Tinjauan Teori.................................... 10B. Teori Manajemen Kebidanan............26

C. Landasan Hukum......40

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRANBAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Ganggungan kesehatan yang sering terjadi pada sistem reproduksi wanita di kalangan masyarakat diantaranya kanker serviks, kanker payudara, kista ovarium, gangguan menstruasi, mioma uteri dan lain sebagainya (Manuaba, 2010). Salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem reproduksi wanita adalah kista ovarium. Kista ovarium merupakan salah satu tumor jinak ginekologi yang paling sering dijumpai pada wanita di masa reproduksinya. Kista ovarium disebabkan oleh ganguan (pembentukan) hormon pada hipotalamus, hipofisis dan ovarium. Kista ovarium pada umumnya dijumpai pada wanita usia yang lebih tua, post menopause. Hampir 80% kasus tumor ovarium dijumpai pada wanita usia diatas 50 tahun. Kista ovarium yang bersifat ganas disebut kanker ovarium.Menurut WHO adalah The American Cancer Society memperkirakan bahwa pada tahun 2014, sekitar 21.980 kasus baru kanker ovarium akan di diagnosis dan 14.270 wanita akan meninggal karena kanker ovarium di amerika serikat. Angka kejadian kista ovarium tertinggi di temukan pada Negara maju, dengan rata-rata 10 per 100.000, kecuali di jepang (6,5 per 100.000). insiden di amerika selatan (7,7 per 100.000) relative tinggi bila di bandingkan dengan angka kejadian di asia dan afrika (Http://digilib.unimus.ac.id di akses tanggal 15 januari 2015).

US Statistik (2014), menunjukan bahwa kejadian dan laporan kematian, 20.095 perempuan di Amerika Serikat mengetahui bahwa mereka menderita kista ovarium, 6.600 wanita yang didiagnosis dengan kista ovarium di Inggris setiap tahun, sekitar 1.500 di Australia dan 2.300 di Kanada. Tingkat kematian untuk penyakit ini tidak banyak berubah dalam 50 tahun terakhir. Di Malaysia pada tahun 2008 terdata 428 kasus penderita kista ovarium, dimana terdapat 20% diantaranya meninggal dunia. Sedangkan pada tahun 2009 terdata 768 kasus penderita kista dan 25% di antaranya meninggal dunia.Di Indonesia sekitar 25-50% kematian wanita usia subur disebabkan oleh masalah yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan serta penyakit sistem reproduksi misalnya kista ovarium (Depkes RI, 2011). Angka kejadian penyakit kista ovarium di Indonesia belum diketahui dengan pasti karena pencatatan dan pelaporan yang kurang baik. Sebagai gambaran di RS. Kanker Dharmais ditemukam kira-kira 30 penderita setiap tahun. Nasdaldy (2009) mengatakan bahwa menurut data hasil penelitian di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo terdata pada tahun 2008 terdapat 428 kasus penderita kista ovarium, 20% diantaranya meninggal dunia, sedangkan pada tahun 2009 terdata 768 kasus penderita kista ovarium dan 25% diantaranya meninggal dunia dan 70% Berdasarkan data Dinkes Provisi Jawa Tengah pada tahun 2012, berdasarkan laporan program dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang berasal dari Rumah Sakit dan Puskesmas, kasus penyakit kista ovarium terdapat 2.259 kasus (Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2013)

Kista ovarium sering terjadi pada wanita dimasa reproduksi, pada pemeriksaan mikroskopik kista tampak dilapisi oleh epitel torak tinggi dengan inti pada dasar sel, jika terdapat sobekan di dinding kista maka sel-sel epitel menyebar pada permukaan peritoneum rongga perut yang akan menimbulkan penyakit menahun dengan musin terus bertambah dan menyebabkan banyak perlekatan sehingga penderita meninggal karena ileus dan inanisi. Risiko yang paling ditakuti dari kista ovarium yaitu mengalami degenerasi keganasan, disamping itu bisa mengalami torsi atau terpuntir sehingga menimbulkan nyeri akut, perdarahan atau infeksi. Sehingga Kista ovarium memerlukan penanganan yang profesional dan multi disiplin (Wiknjosastro, 2009).Berdasarkan latar belakang diatas dan mengingat masih tingginya kista ovarium maka penulis tertarik untuk mengambil kasus dengan judul Asuhan Kebidanan Gangguan Reproduksi dengan Kista Ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen Tahun 2015.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas masalah yang timbul adalah Bagaimanakah asuhan kebidanan gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen Tahun 2015 dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah Varney?.

C. Tujuan Studi Kasus

1. Tujuan UmumPenulis mampu melaksanakan asuhan kebidanan gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen dengan pendekatan 7 langkah Varney.

2. Tujuan Khusus

a) Mampu melakukan pengkajian gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

b) Mampu menginterpretasikan data yang timbul, meliputi diagnosa kebidanan, masalah, kebutuhan kasus gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

c) Mampu mendiagnosa potensial kasus gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

d) Mampu melaksanakan antisipasi atau tindakan segera gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

e) Mampu merencanakan asuhan kebidanan yang telah diberikan gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

f) Mampu melaksanakan asuhan kebidanan gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

g) Mampu mengevaluasi asuhan kebidanan gangguan reproduksi dengan kista ovarium pada Ny... di Ruang Bougenvile RSUD Kebumen.

D. Manfaat Studi Kasus1. Manfaat Teoritis

Dengan dilakukannya penelitian ini bisa memberikan masukan dan tambahan informasi kepada peneliti selanjutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan asuhan kebidanan pada gangguan reproduksi dengan kista ovarium.

2. Manfaat Praktis

a) Bagi Penulis

Dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan pengalaman secara langsung dalam menghadapi kasus pada kasus gangguan reproduksi dengan kista ovarium.

b) Bagi Institusi Rumah Sakit (RSUD Kebumen)

Diharapkan agar rumah sakit dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan dalam memberikan asuhan kebidanan khususnya pada kasus gangguan reproduksi dengan kista ovarium.

c) Bagi STIKES Harapan Bangsa

Dapat digunakan sebagai bahan referensi atau sumber bacaan untuk meningk