aplikasi penatalaksanaan diet pribadi pada penderita diabetes melitus

of 18/18
APLIKASI PENATALAKSANAAN DIET PRIBADI PADA PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN PERHITUNGAN KONSENSUS PERKENI 2011 BERBASIS ANDROID ERIK PEBRIANSYAH 12100111

Post on 09-Sep-2015

25 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

dm

TRANSCRIPT

Aplikasi penatalaksanaan diet pribadi pada penderita diabetes melitus menggunakan perhitungan konsensus perkeni 2011 berbasis android

Aplikasi penatalaksanaan diet pribadi pada penderita diabetes melitus menggunakan perhitungan konsensus perkeni 2011 berbasis androidERIK PEBRIANSYAH12100111

1

Kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibat kekurangan insulin.(Subekti dkk, 2009)Latar Belakang

Penderita diabetes melitus tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tak mampu menggunakan insulin secara efektif, sehingga terjadi kelebihan gula di dalam darah (hiperglikemia) yang akan menyebabkan racun bagi tubuh.3Penelitian menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan angka insidensi dan prevalensi diabetes melitus di berbagai penjuru dunia.(PERKENI, 2011)

Berdasarkan data statistik, saat ini Indonesia cukup tinggi mencapai angka 8,4 juta jiwa pasien diabetes melitus pada tahun 2000 yang akan meningkat sekitar 21,3 juta pada tahun 2030.

Jumlah penderita diabetes melitus yang semakin meningkat semakin membuktikan bahwa penyakit diabetes melitus merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius.

Data Departemen Kesehatan RI menyebutkan bahwa jumlah pasien rawat inap maupun rawat jalan di Rumah Sakit menempati urutan pertama dari seluruh penyakit endokrin adalah diabetes melitus.

4 Diet adalah terapi utama pada diabetes melitus.

Sikap yang positif terhadap diet diabetes melitus, akan terhindar dari komplikasi yang pada akhirnya akan menimbulkan kematian.(Hoesada, 2005)

Penatalaksanaan Dibetes MelitusPenatalaksanaan diabetes melitus dikenal 4 pilar utama pengelolaan yaitu penyuluhan, perencanaan makan, latihan jasmani, dan obat hipoglikemik. Terapi gizi merupakan komponen utama keberhasilan penatalaksanaan diabetes.

Untuk menghindari terjadi komplikasi maka harus dilakukan tindakan atau penatalaksanaan diabetes melitus yang berfungsi menormalkan aktifitas insulin.

5Untuk dapat membantu dan mempermudah penderita diabetes melitus mengatur asupan gizi dan diet pribadi secara harian, diperlukan aplikasi yang dipasang pada sebuah perangkat telepon seluler berbasis android.

Hal ini agar mempermudah seseorang dalam menggunakannya, karena telepon seluler adalah benda yang paling sering digunakan oleh setiap orang.

Dan Android adalah operating sistem yang paling banyak digunakan oleh produsen-produsen handpone pada saat ini.6Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, Skripsi ini mengangkat judul

Aplikasi Penatalaksanaan Diet Pribadi Pada Penderita Diabetes Melitus Menggunakan Perhitungan Konsensus PERKENI 2011 Berbasis Android

7Maksud PenelitianTujuan Penelitian

Maksud Penelitian1. Membantu penderita DM untuk mengatur asupan gizi dan diet secara harian sesuai dengan kebutuhan individu.2. Memberikan Informasi tentang rekomendasi makanan sesuai dengan kebutuhan penderita agar peningkatan kadar glukosa dalam darah dapat diturunkan mendekati batas normal3. Membantu penderita DM menjalankan gaya hidup sehat agar dapat mengurangi kondisi penyakitnya.

8Penderita diabetes melitus ini hanya dibatasi untuk usia dewasa menurut kategori WHO yaitu lebih dari usia 19 tahun, aplikasi yang dibuat bersifat offline dan tidak membutuhkan koneksi ke internet.

Ruang Lingkup

Untuk memfokuskan permasalahan dan menghindari penyimpangan terhadap pokok permasalahan, maka dalam penyusunan skripsi aplikasi penatalaksanaan diet pribadi pada penderita DM9Analisa kebutuhan software Minimnya kontak pasien penderita diabetes dengan petugas kesehatan karena mahalnya biaya konsultasi.

Fungsi aplikasi ini dapat menghitung kebutuhan kalori, mengecek berat badan ideal, dan memberikan informasi daftar bahan makanan

(Hadju, 2005)Identifikasi MasalahAnalisa Kebutuhan

Identifikasi MasalahPenderita diabetes perlu didampingi agar dapat menangani penyakitnya dengan baik.

Analisa KebutuhanAplikasi ini merupakan alat bantu bagi orang yang menginginkan diet untuk dapat menormalkan kadar gula dalam darah.

10Rumus-rumus yang menentukan perhitungan kebutuhan kalori

Untuk menghitung berat badan ideal (BBI) BBI (TB - 100) -10%

Untuk menghitung kebutuhan kaloriIndeks massa tubuh IMT = BB(kg) / TB(m2)

Berat Badan Ideal BBI = (TB-100)-10%

Energi Basal Untuk menghitung energi basal : Laki- laki= 30 kal/kg xBB ideal Perempuan= 25 kal/kg x BB ideal

UsiaUntuk mendapatkan nilai usia yaitu :Usia = Energi basal x Faktor usia

AktifitasUntuk mendapatkan nilai aktifitas yaitu :Aktifitas = Energi basal x Faktor Aktifitas

Total KaloriUntuk mendapatkan total kalori yang yaitu :Total kebutuhan kalori = (Energi basal Usia) + Aktifitas

Energi basal adalah energi dasar yang dimiliki oleh tubuh manusia tanpa melakukan aktifitas apapun

11USE CASE DIAGRAM

Use Case Diagram Menu

12

Use Case Diagram Hitung KaloriUse Case Diagram Hitung BB ideal

Activity Diagram

Activivity Diagram menghitung BB idealUserSistem

Activivity Diagram menghitung kaloriUserSistemAktivity Diagram Hitung BB IdealActivity Diagram Hitung Kalori

iMPLEMENTASI

Tampilan Rancangan

Tampilan main menu aplikasiTampilan coding programTampilan compiling programpENUTUPKesimpulanAplikasi ini untuk membantu penderita diabetes melitus dalam melaksanakan diet secara pribadi untuk membantu masalah yang selama ini dalam berkonsultasi langsung dengan ahli gizi ataupun dokter memerlukan biaya yang mahal, dan aplikasi tanpa koneksi internet.Saran- Menambahkan perhitungan kalori semua usia agar dapat menambah aplikasi menjadi lebih komplek.- Tidak hanya pada penderita diabetes melitus saja tetapi dapat mencakup penyakit komplikasi diabetes.- aplikasinya dapat di kembangkan sehingga dapat berjalan di platform smartphone lain selain pada OS Android.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

TerimakasihERIK PEBRIANSYAH12100111