apa itu inovasi

Download Apa Itu Inovasi

If you can't read please download the document

Post on 12-Apr-2016

9 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

ROMI RIANDI (18213067) 3EA24TUGAS SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN

TRANSCRIPT

  • INOVASI

    3EA24KELOMPOK 14

    IIS MUFARIDA (14213231)ROMI RIANDI ( 18213067 )SAARA KANSA R (18213171)

  • APA ITU INOVASI?

    Inovasi adalah implementasi dari:produk baru atau proses peningkatan secara signifikan.metode baru dalam pemasaran atau organisasi.

    Penerapan:Produk baru atau perbaikan di implementasikan ketika diperkenalkan di pasar.Proses baru metode pemasaran atau metode organisasi diimplementasikan ketika mereka mulai menggunakan operasi perusahaan yang aktual.

  • PRODUK INOVASI

    Memperkenalkan pelayanan service terbaik, yang baru / meningkat secara signifikan sehubungan dengan karakteristik dalam penggunaan.Produk baru: karakteristik yang berbeda atau penggunaan yang lain dari produk sebelumnya.Perbaikan yang signifikan: perubahan dalam bahan, komponen, dan karakteristik lainnya yang meningkatkan kinerja

  • Pengembangan PRODUK

    Produk terbaru: Mikroprosesor pertamaKamera digital pertamaMP3 player portabel

    Perbaikan signifikan: Pengenalan pengereman ABS Sistem navigasi GPS atau perbaikan subsistem lainnya di mobil Penggunaan kain berserat dalam materialPerbaikan layanan internet banking (meningkatnya kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi)

  • Proses Pengembangan

    Implementasi dari perkembangan dalam perubahan produk baru secara signifikan. Produksi maupun metode pengiriman. (perubahan teknik, peralatan, dan atau software).Dimaksudkan untuk menurunkan biaya per unit produksi atau pengiriman. meningkatkan kualitas, serta menghasilkan atau memberikan perubahan produk baru secara signifikan.

  • Perubahan Dalam Proses Pemasaran

    Inovasi Pemasaran : Pelaksanaan metode pemasaran baru yang melibatkan perubahan signifikan dalam desain produk atau kemasan, penempatan produk, promosi produk atau harga.

    Lebih baik dalam menangani kebutuhan pelanggan, membuka pasar baru, atau baru posisi produk perusahaan di pasar meningkatkan penjualan perusahaan Metode pemasaran sebelumnya TIDAK digunakan, bagian dari konsep pemasaran baru atau strategi Untuk kedua produk baru dan yang sudah ada.

  • ProsesProses Inovasi - contoh : Pengenalan sistem barang Pelacakan barcodePengenalan perangkat pelacakan GPS untuk layanan transportasi Implementasi desain yang dibantu komputer untuk pengembangan produk Implementasi sistem reservasi baru di agen perjalanan

  • Inovasi Pemasaran

    Desain produk atau kemasan : perubahan bentuk dan penampilan yang tidak mengubah karakteristik + perubahan dalam kemasan fungsional atau penggunaan produk Penempatan produk : saluran penjualan baru Promosi produk : konsep-konsep baru untuk mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan Harga : strategi harga baru untuk memasarkan barang atau jasa perusahaan .

  • Contoh Pemasaran Baru

    Contoh : Pengembangan dan pengenalan simbol merek fundamental baru. Penggunaan pertama dari media yang berbeda secara signifikan penempatan produk dalam program televisi. Pendahuluan untuk pertama kalinya sistem waralaba.

  • Jenis Inovasi Organisasi (2)

    Organisasi Inovasi Praktek bisnis : penerapan metode baru untuk mengatur rutinitas dan prosedur untuk pelaksanaan pekerjaan Kerja organisasi: metode baru untuk mendistribusikan tanggung jawab dan pengambilan keputusan di antara karyawan untuk divisi kerja dalam dan di antara kegiatan perusahaan + konsep baru untuk penataan kegiatan Hubungan eksternal : cara baru untuk mengatur hubungan dengan perusahaan lain atau lembaga-lembaga publik .

  • Jenis Inovasi Organisasi (1)

    Organisasi Inovasi : Pelaksanaan metode organisasi baru dalam praktik bisnis perusahaan, organisasi tempat kerja atau hubungan eksternal.

    Meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengurangi biaya administrasi / transaksi, meningkatkan kepuasan kerja , mengakses aset non - tradable, atau mengurangi biaya persediaan.

    Metode Organisasi TIDAK digunakan sebelum nya dari hasil keputusan strategis yang diambil oleh manajemen.

  • Jenis Inovasi Organisasi (3)

    Organisasi Inovasi - contoh :Implementasi pertama dari database praktik terbaik Pembentukan jenis baru kolaborasi dengan organisasi penelitian Implementasi pertama dari model organisasi yang memberikan karyawan perusahaan otonomi yang lebih besar dalam pengambilan keputusan dan mendorong mereka untuk menyumbangkan ide-ide mereka .

  • Difusi dan Derajat PembaruanDerajat baru ( HAL baru ) :PerusahaanPasar Inovasi radikal : Dampak yang signifikan terhadap pasar.Dampak inovasi (sebagai lawan baru mereka). Mungkin hanya terlihat lama setelah pengenalan.

  • Contoh:

    Inovasi di sebuah restoran Inovasi produk : Pengiriman (layanan baru) Proses inovasi : Tipe baru oven (peralatan baru yang digunakan dalam proses produksi). Inovasi Organisasi : Unit pengiriman baru (baru unit organisasi / model).Inovasi pemasaran : billposting (media baru untuk mempromosikan layanan pengiriman).

  • Kegiatan Inovasi

    Kegiatan inovasi : Semua langkah ilmiah, teknologi, organisasi, keuangan dan komersial yang (dimaksudkan untuk) menyebabkan pelaksanaan inovasi.Beberapa kegiatan inovasi itu sendiri yang inovatif, yang lain tidak baru tapi perlu. R & D tidak terkait langsung dengan pengembangan inovasi tertentu.

  • Aktivitas Inovasi

    Untuk produk dan proses inovasi :Intramural (di rumah) R & D Akuisisi (luar sekolah) R & D Akuisisi pengetahuan eksternal lainnya Pembelian mesin, peralatan dan barang modal lainnyaPersiapan lainnya untuk produk dan proses inovasi Persiapan pasar untuk inovasi produkPelatihan

  • Aktivitas Inovasi

    Persiapan untuk inovasi pemasaran :Kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan metode pemasaran baru. Ini termasuk akuisisi pengetahuan eksternal lainnya dan mesin, peralatan, dan barang modal lainnya dan pelatihan. Pengeluaran untuk menggunakan metode ini dalam bisnis sehari-hari tidak termasuk.

  • Persiapan untuk inovasi organisasi : Kegiatan yang dilakukan untuk perencanaan dan pelaksanaan metode organisasi baru.Ini termasuk akuisisi pengetahuan eksternal lainnya dan mesin, peralatan, dan barang modal lainnya dan pelatihan.

  • Jenis Kegiatan Inovasi

    Sukses - mengakibatkan pelaksanaan inovasi baru (belum tentu sukses secara komersial). Berkelanjutan - work in progress , yang belum menghasilkan pelaksanaan suatu inovasi Ditinggalkan - sebelum pelaksanaan suatu inovasi .

  • Mengklasifikasikan Perusahaan dengan Tingkat Inovasi

    Inovatif perusahaan : Menerapkan inovasi Belum tentu sukses dalam peng-iklananInovasi - aktif perusahaan : Memiliki kegiatan inovasi - yang sedang berlangsung dan/ditinggalkan Terlepas dari implementasiPerusahaan berpotensi inovatif : Upaya inovasi tapi tidak ada hasil yang dicapai Elemen kunci untuk kebijakan inovasi

  • Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi

    Tujuan : - Motif untuk berinovasi

    Efek : - Hasil Diamati inovasi - Dampak terhadap kinerja perusahaan - Jeda waktu

    Faktor yang menghambat : Alasan untuk tidak memulai kegiatan inovasi sama sekali.Faktor-faktor yang kegiatan inovasi lambat atau memiliki efek negatif pada hasil yang diharapkan ( Tabel 10) .

  • Kepantasan

    Kemampuan perusahaan untuk mencadangkan keuntungan dari kegiatan inovasi :Metode Formal : paten , pendaftaran desain, merek dagang, hak cipta, perjanjian kerahasiaan, kerahasiaan perdagangan.Metode Informal : kerahasiaan yang tidak tercakup oleh perjanjian hukum, kompleksitas desain produk, lead time keuntungan lebih dari pesaing.

  • Karakteristik Inovasi Di Negara-Negara Berkembang

    Ukuran dan strukturKetidakstabilanInformalitasLingkungan ekonomi dan inovasi tertentuMengurangi inovasi pengambilan keputusan kekuasaanSistem inovasi yang lemahKarakteristik inovasi

  • THANK YOU