annual report 2015 - about.hsbc.co.id .analisa swot (strengths, weaknesses, ... memperkenalkan dan

Download Annual report 2015 - about.hsbc.co.id .analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, ... Memperkenalkan dan

Post on 19-Jul-2018

230 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Melalui tema Sinergi Dalam Harmonisasi, Laporan Tahunan ini menggambarkan tentang

    harmonisasi hubungan antara karyawan, unit kerja, Perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya

    di Bank Ekonomi dalam menciptakan sinergi yang solid dan saling menguntungkan untuk satu aspirasi

    bersama yaitu meraih pencapaian tertinggi untuk masa depan Perseroan yang lebih baik.

    Tangram merupakan puzzle diseksi kuno dari Tiongkok yang memiliki arti terjemahan

    tujuh papan keterampilan.

    Dengan tujuh bentuk geometri datar dan sederhana, Tangram dapat

    membentuk lebih dari 6500 bentuk dan konfigurasi yang kompleks.

    SINERGIDALAM HARMONISASI

  • 4

    DAFTAR ISI

    Kilas Kinerja 2015

    Analisa dan Diskusi Manajemen

    Profil Perusahaan

    Strategi Perseroan 2015

    Langkah Strategis 2015

    Kebijakan Strategis 2015

    Strategi Jangka Panjang

    Perseroan

    Ikhtisar Data Keuangan

    Tinjauan Umum Perekonomian

    Tinjauan Industri Perbankan

    Perbankan Bisnis

    Perbankan Korporasi

    Sekilas Bank Ekonomi

    Aktivitas Utama

    Produk & Jasa Perbankan

    Visi & Misi

    Profil Dewan Komisaris

    Komposisi Pemegang Saham

    Informasi Pemegang Saham Utama

    Laporan Komisaris

    Laporan Direksi

    GTRF & PCM

    Tresuri & Institusi Keuangan

    Perbankan Ritel

    Laporan Posisi Keuangan

    Profil Dewan Direksi

    Profil Pejabat Eksekutif

    Sumber Daya Manusia

    Strategi Pengembangan

    Teknologi Informasi

    8

    8

    10

    10

    12

    48

    49

    49

    51

    24

    25

    26

    32

    33

    13

    13

    14

    18

    52

    54

    55

    57

    34

    35

    36

    45

  • Manajemen RisikoDelapan Kategori Risiko

    Risiko Kredit

    Risiko Pasar

    Risiko Likuiditas

    Risiko Operasional

    Risiko Hukum

    Risiko Stratejik

    Risiko Reputasi

    Risiko Kepatuhan

    Profil Risiko

    Permodalan

    72

    78

    81

    82

    82

    84

    84

    85

    85

    87

    126

    Bank Ekonomi Annual Report 2015 5

    Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Tata Kelola PerusahaanPrinsip Tata Kelola Perusahaan

    Tujuan Penerapan Tata Kelola Perusahaan

    Struktur Tata Kelola Perusahaan

    Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Program-program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Tahun 2015

    Struktur Organisasi

    Alamat Kantor Cabang

    Informasi Perusahaan

    130

    131

    131

    142

    143

    146

    148

    152

  • Dalam menyusun Rencana Bisnis 2015 2017, Bank berpijak pada arah kebijakan berikut:

    Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis, meningkatkan pendapatan dan imbal hasil.Meningkatkan produktivitas dan efektifitas biaya.Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada nasabah.Memegang teguh prinsip kehati-hatian tanpa mengabaikan aspek penambahan nilai bagi para pemangku kepetingan.

    Strategi Perseroan 2015

    Dilandasi oleh visi untuk menjadi bank komersial terbaik di Indonesia, mempimpin di sektor korporasi dan UKM, Bank menetapkan kebijakan dan sasaran kerja guna mendukung strategi Bank yang selaras dengan misinya untuk senantiasa tumbuh dan berkembang dengan tetap menekankan pentingnya pelayanan yang berkualitas serta memegang teguh prinsip kehati-hatian tanpa mengabaikan aspek penambahan nilai bagi para pemangku kepentingan.

    Oleh karena itu, Bank merasa perlu untuk selalu beradaptasi dengan segala perubahan dan tantangan melalui penjabaran peta kekuatan, kelemahan, ancaman dan kesempatan yang ada dengan dengan menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats). Selain itu, tolak ukur dan pembanding di industri perbankan tanah air, khususnya pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh para pesaing menjadi faktor yang tak luput dari perhatian dan tentunya dengan telah mempertimbangkan kondisi makro ekonomi dan kebijakan pemerintah.

    Langkah Strategis2015

    Perbankan Bisnis (Usaha Kecil dan Menengah/UKM)

    Fokus sterategi Bank pada segmen Perbankan Bisnis tahun 2015 adalah:

    Mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan sejalan dengan pertumbuhan pasar perbankan di segmen UKM. Meningkatkan portofolio melalui akuisisi nasabah baru.Peningkatan layanan maupun penambahan fasilitas perbankan kepada nasabah yang telah ada.Memaksimalkan pertumbuhan di wilayah yang memiliki potensi bisnis (meningkatkan market share).Memperkuat basis hubungan dengan nasabah dengan terus menawarkan produk atau jasa Bank yang lain (cross sell).

    Mengoptimalkan pendapatan yang berasal dari pendapatan non-bunga, dengan arahan akuisisi terfokus kepada nasabah-nasabah yang mempunyai potensi ekspor dan impor.Mengoptimalkan serta memaksimalkan produktifitas dari tim penjualan dengan terus mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui aktifitas yang telah direncanakan, baik melalui pelatihan maupun pengembangan, pengetahuan di bidang kredit, manajerial maupun kepemimpinan yang pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja dengan kualitas prima, serta dapat mengelola pengeluaran dengan baik dan terukur.

    Kilas Kinerja 2015 Analisa dan PembahasanManajemen

    Profil Perusahaan

    Laporan Tahunan Bank Ekonomi 20158

  • Menjaga hubungan baik dengan nasabah dengan mengkaji peluang bisnis tambahan (cross sell produk Trade dan Tresuri) untuk meningkatkan pendapatan non bunga.

    Meningkatkan pendapatan dan pengendalian biayaMenambah nasabah baru terutama di industri dan segmen yang memiliki appetite yang sesuai dengan Bank, dan memiliki keunggulan kompetitif.

    Perbankan Korporasi

    Segmen Perbankan Korporasi melayani nasabah dalam bentuk perusahaan dengan skala bisnis yang lebih besar, yaitu penjualan tahunan sekitar Rp 300 miliar atau lebih (dalam satu grup usaha), dan dikelola oleh manajemen yang

    profesional dengan pagu fasilitas pinjaman mulai dari Rp 50 miliar. Selain perusahaan lokal biasa, perusahaan multinasional dan terbuka dikategorikan di dalam segmen ini.

    Fokus strategi Bank pada segmen Perbankan Korporasi tahun 2015 adalah:

    Perbankan Ritel

    Fokus usaha pada segmen ini mengacu pada kegiatan transaksi perbankan langsung dengan nasabah ritel, atau nasabah perorangan maupun badan usaha / perusahaan berskala kecil.

    Fokus sterategi Bank pada segmen Perbankan Ritel tahun 2015 adalah:

    Meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) secara berkesinambungan dengan fokus pada dana murah, dengan mengoptimalkan layanan akses digital (electronic channel) termasuk mendorong penggunaan electronic channel secara optimal untuk mendongkrak pertumbuhan fee-based income yang berkesinambungan.Menjaga level rasio CASA pada posisi antara 50-55%.Penawaran program pemasaran yang konsisten dan berkesinambungan, termasuk penawaran produk yang digabunga dengan produk atau program lainnya (bundling), sehingga dapat memiliki nilai jual yang lebih bersaing, dengan tetap mengedepankan layanan yang berlandaskan hubungan keakraban yang erat dengan nasabah.

    Mengembangkan kapasitas pemasaran, melakukan roadmap program pemasaran, meningkatkan kepuasan nasabah terhadap jasa dan layanan perbankan di segala aspek. Mengembangkan program pemasaran akuisisi dan retensi secara konsisten sepanjang tahun. Salah satu program andalan Bank selama tahun 2015 adalah Enteng Untung Ekonomi. Enteng Setorannya, Untung Hadiahnya. Meningkatkan jumlah nasabah dengan profil, kapabiltas dan kualifikasi yang tinggi. Hal ini untuk mengantisipasi risiko konsentrasi simpanan, meningkatkan rasio indeks produk (index product ratio), serta mengoptimalkan cross sell dan up sell produk dan jasa bagi nasabah. Memperkenalkan dan mendorong pemakaian Kartu Debit Ekonomi sebagai alat transaksi dan pembayaran.

    Manajemen Risiko Tata Kelola Perusahaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

    Bank Ekonomi Annual Report 2015 9

  • Kebijakan Strategis2015

    Kebijakan Manajemen Seluruh strategi dan kebijakan yang telah dirumuskan bersama dituangkan dalam kebijakan internal dan disosialisasikan serta diimplementasikan dalam semua aspek kegiatan usaha Bank. Kebijakan tersebut selalu dikaji secara berkala dan disesuaikan dengan kondisi pasar yang ada maupun konsisi internal Bank serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Strategi Bisnis, Strategi Manajemen Risiko, Kepatuhan Dan Sumber Daya Manusia Serta Kebijakan RemunerasiBank menyadari bahwa tingkat persaingan pada industri perbankan pada masa yang akan datang semakin tinggi sehingga diperlukan strategi bisnis atau strategi pengembangan usaha yang tepat untuk dapat terus berkembang.

    Strategi yang telah dilakukan pada tahun 2014 telah dilanjutkan secara berkesinambungan dengan tentunya disertai proses pengawasan dan evaluasi terhadap efektivitas dari strategi tersebut serta proses analisa yang mendalam terhadap posisi Bank di dalam industri.

    Berdasarkan analisa yang telah dilakukan di awal 2015, berikut adalah analisa SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) Bank:

    Strategi Jangka Panjang Perseroan

    Berdasarkan arah kebijakan, Bank menetapkan langkah-langkah strategis utama sebagai berikut:

    1. Meningkatkan pendapatan Mengejar pertumbuhan kredit dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian pertumbuhan dan pihak ketiga untuk mendukung pertumbuhan kredit, pertumbuhan fee-based income melalui cross sell, peluncuran produk-produk baru, peningkatan kualitas produk dan layanan sebagai sarana untuk mengakuisisi nasabah-nasabah baru.

    2. Meningkatkan produktivitas, memperbaiki efisiensi biaya, dan menerapkan simplifikasi Mengembangkan sumber daya manusia untuk meningkatkan produktivitas dengan tetap berpedoman pada standar kinerja yang diharapkan. Strategi ini dapat dijalankan melalui pengawasan pada b