analisa mutu cpo dan kernel di pks damuli

Download ANALISA MUTU CPO DAN KERNEL DI PKS DAMULI

Post on 18-Jul-2015

2.943 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

ISI LAPORAN PKL

TRANSCRIPT

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Pelaksanaan PKL

Kelapa sawit sebagai tanaman penghasil minyak sawit dan inti sawit merupakan salah satu komoditi yang sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia umumnya dan Sumatera Utara khususnya. Sebagai penghasil devisa negara kelapa sawit merupakan salah satu komoditi yang memberikan sumbangan yang sangat berarti dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi, sehingga telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacu pengembangan ekspor minyak kelapa sawit (Anonim, 2010) Kelapa sawit yang diproduksi kemudian diolah menjadi CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil). CPO dan PKO ini kemudian dijual baik di dalam negeri (domestik) maupun di luar negeri (ekspor). Di pasar ekspor, minyak kelapa sawit merupakan salah satu dari minyak nabati. Volume ekspor minyaksawit mentah (CPO/Crude Palm Oil) asal Indonesia terus meningkat signifikan selama enam tahun terakhir (2004-2009), mencapai 94,27%, yakni dari 8,66 juta ton pada tahun 2004, meningkat drastis menjadi 16,83 juta ton pada tahun 2009. India dan China adalah pasar ekspor utama Indonesia untuk CPO, rata-rata mencapai 41,90% per tahun dari total volume ekspor produk sawit tersebut selama 2004-2009. Bahkan, pada tahun 2009, pasar ekspor dua negara itu menyerap 48,38% volume ekspor CPO. Kinerja ekspor produk CPO semakin meningkat ke negara-negara Uni Eropa, dengan peningkatan mencapai 113,26% selama enam tahun terakhir, yakni dari 1,47 juta ton tahun 2004 menjadi 3,14 juta ton tahun 2009 (Dinas Perindustrian dan Perdagangan, 2010).

PT. SINAR SAWIT LESTARI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan. Saat ini berada pada posisi industri pertanian (agroindustri) yang mengolah tandan buah segar (TBS) menjadi CPO (Crude Palm Oil) dan PK (Palm Kernel). Adapun yang dimaksud dengan Crude Palm Oil

1

(CPO) adalah produksi minyak sawit, sedangkan Palm Kernel (PK) adalah produksi inti sawit. Untuk mendapatkan produk yang bermutu tinggi dan berdaya saing di pasar global, tentunya perlu dilakukan pengujian terhadap bahan baku, bahan dalam proses dan juga produk CPO dan Kernel yang dihasilkan. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan analisis terhadap kadar Asam Lemak Bebas ( FFA), moist (kadar air), kadar kotoran (Dirt), Oil Loses serta Total Loses untuk kernel, yang penulis lakukan di Laboratorium PT PT SINAR SAWIT LESTARI pada tanggal 21 Desember 2011 s.d. 22 Januari 2012.

1.2. Tujuan PKL Setiap kegiatan yang dilaksanakan harus mempunyai tujuan yang jelas agar dalam mencapai apa yang diinginkan dari pelaksaanan kegiatan itu. Seperti halnya PKL dapat membawa manfaat bagi beberapa pihak yaitu mahasiswa/i, universitas, dan bagi instansi tempat mahasiswa/i itu melakukan Praktek Kerja Lapangan. Adapun tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah : 1. Untuk membandingkan/mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan praktek kerja yang nyata dilapangan. 2. Dapat mengoperasikan alat-alat laboratorium yang digunakan untuk menganalisis dengan baik dan benar. 3. Untuk menambah wawasan, pandangan, pengetahuan serta pengalaman mahasiswa/i terhadap aktivitas harian perusahaan atau instansi secara nyata. 4. Mempersiapkan mental mahasiswa/i yang mantap dalam menghadapi lingkungan kerja di tengah-tengah masyarakat. 5. Melatih mahasiswa/i meningkatkan ketrampilan diri dalam melakukan pekerjaan di perusahaan atau instansi, juga dapat bekerja sama.

2

6.

Mengetahui sistem organisasi/manajeman perusahaan di tempat Pengenalan Lapangan.

7.

Untuk memperkenalkan pada situasi kerja yang sebenarnya yaitu dalam mengerjakan tugas-tugas rutin suatu instansi, menjalin hubungan kerja dengan para karyawan yang memiliki perbedaan dari segi tingkat umur dan pengalaman.

1.3. Manfaat PKL 1.3.1. Untuk Mahasiswa a. Mengetahui lebih banyak tentang tempat Kuliah Kerja Praktek terkait berdasarkan sejarahnya, tujuannya, proses produksi, produk dan permasalahan yang ada didalamnya. b. Memperoleh pengalaman kerja terutama yang berkaitan dengan analisis dan penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. c. Sebagai wadah untuk melatih diri dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah di lapangan kerja. d. Sebagai bahan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan untuk penulisan Tugas Akhir/Karya Akhir.

1.3.2. Untuk Perguruan Tinggi a. Menjalin dan meningkatkan kerjasama Perguruan Tinggi dengan Perusahaan. b. Mendapatkan informasi mengenai penerapan ilmu manajemen, produksi dan hal-hal lainnya yang dapat digunakan sebagai acuan perbaikan kurikulum pendidikan di perguruan tinggi agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan kerja. c. Sebagai sarana promosi untuk mengenalkan Program S1 Universitas Negeri Medan jurusan Kimia kepada masyarakat khususnya Perusahaan.

3

1.3.3. Untuk PT. SINAR SAWIT LESTARI a. Sebagai bentuk dukungan Perusahaan terhadap pendidikan nasional dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia. b. Sebagai tanggung jawab sosial perusahaan dalam bidang pendidikan. c. Sebagai bahan rujukan untuk mengetahui eksistensi perusahaan dilihat dari sudut pandang masyarakat khususnya mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Praktek. d. Ruang Lingkup Kuliah Kerja Praktek di PT. SINAR SAWIT LESTARI meliputi ruang lingkup sebagai berikut 1) Manajemen Perusahaan Mencakup segala sesuatu tentang struktur organisasi perusahaan, tata letak pabrik, tenaga kerja, keselamatan dan kesehatan kerja, standar produksi.

2) Produksi Meliputi tentang berbagai proses produksi yang dilakukan di pabrik untuk melakukan pengolahan bahan baku (TBS) menjadi produk setengah jadi (CPO dan Kernel).

1.4. Batasan Permasalahan 1. Setiap mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan harus melakukan kerja praktek pada perusahaan atau lembaga/instansi pemerintah atau swasta. 2. Kerja praktek dilakukan di PT. SINAR SAWIT LESTARI Damuli, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) dan Kernel. Secara khusus, kerja praktek dilakukan pada analisa terhadap kadar Asam Lemak Bebas ( FFA), moist (kadar air), kadar kotoran (Dirt), Oil Loses serta Total Loses untuk kernel. 3. Kerja praktek ini harus bersifat latihan kerja yang berdisiplin dan bertanggung jawab sesuai dengan aturan pada perusahaan bersangkutan.

4

1.5. Waktu dan Tempat Waktu kegiatan pelaksanan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2011 s.d. 22 Januari 2012 di Laboratorium Analisa PT. SINAR SAWIT LESTARI. Kegiatan ini juga diikuti oleh 2 orang mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNIMED. Materi-materi yang dipelajari : Latar belakang perusahaan : sejarah, pengolahan, aspek-aspek sosialekonomi, tenaga kerja. Proses pengolahan dari bahan baku, tahap-tahap produksi serta satuan operasi.

5

BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PKL

2.1. Sejarah Singkat dan Letak Geografis

Gambar 2.1. Letak Geografis PT. SINAR SAWIT LESTARI Lokasi atau areal pabrik kelapa sawit Damuli PT. SINAR SAWIT LESTARI berada di jalan lintas medan Sumatera diantara Rantau Parapat KM. 232 Damuli yang terletak di kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara. Perusahaan PT. SINAR SAWIT LESTARI merupakan sebuah perusahaan yang mengolah berbagai hasil kelapa sawit. Perusahaan ini pada awalnya berdiri dengan Akte Pendirian CV. SIJ No. 18 Tanggal 20 Oktober 2004 1906 dengan nama SAWIT INTI JAYA (SIJ) Yang dibuat oleh Notaris Yustina, SH di Tanjung Balai. Selanjutnya pada tanggal 27 Januari 2010 perusahaan ini mengalami pergantian nama menjadi PT. SINAR SAWIT

6

LESTARI dengan akte pendirian PT. SSL No. 99 yang dibuat Notaris Martua Simanjuntak, SH di Medan dengan status Hak Guna Usaha (HGU). 2.1.1. Visi, Misi, Nilai dan Pilar-Pilar Budaya Perusahaan 2.1.1.1. Visi PT. SINAR SAWIT LESTARI "Menjadi salah satu bisnis kelapa sawit diakui di indonesia, yang menguntungkan, dengan pengelolaan terbaik dan berkesinambungan, Penyedia yang diutamakan oleh pelanggannya dan perusahaan yang dibanggakan oleh karyawannya." 2.1.1.2. Misi PT. SINAR SAWIT LESTARI Meningkatkan rasa persaudaraan dan kerja sama diantara pelanggan dalam menyediakan hasil produksi dengan harga yang kompetitif.

2.1.1.3. Nilai PT. SINAR SAWIT LESTARI

Professionalisme dengan integritas tinggi Kepemimpinan Berorientasi pada hasil kerja Memupuk kepedulian (CARE) Kerjasama Tim Tanggung jawab terhadap lingkungan Tanggung jawab terhadap pemegang saham

2.1.1.4. Pilar-Pilar Budaya PT. SINAR SAWIT LESTARI

Berfokus pada hasil Tangguh dan disiplin Kerjasama tim

7

2.2.

Sumber Daya Manusia dan Struktur Organisasi Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

Gambar 2.2. Struktur Organisasi PT. SINAR SAWIT LESTARIPMKS Damuli

8

Struktur organisasi berbentuk Garis dan Staf berdasarkan fungsi: 1. Manager Mill Mengadakan pertemuan mingguan dengan staf mengenai pelaksanaan hasil kerja. Menyetujui dan menandatangani permintaan material sesuai program kerja yang ditetapkan. Menyetujui dan menandatangani dokumen keuangan. Menyetujui dan menandatangani permintaan komponen sesuai kebutuhan. Menyelenggarakan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan maupun tertib administrasi guna penunjang proses pendapatan yang akurat dan handal. Mempunyai garis komando langsung (line function). Mengkoordinir penyusunan rancangan anggaran belanja (RAB) tahunan. 2. Kepala Tata Usaha (KTU)