wilayah pertambangan rakyat dan permasalahannya di provinsi papua

Post on 17-Sep-2015

31 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

wilayah

TRANSCRIPT

WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DAN PERMASALAHANNYA DI PROVINSI PAPUA

WILAYAH PERTAMBANGAN RAKYAT DAN PERMASALAHANNYA DI PROVINSI PAPUA

I. PENDAHULUANWilayah Pertambangan Rakyat (WPR) adalah bagian dari Wilayah Pertambangan dimana kegiatan usaha pertambangan rakyat dilakukan (Pasal 1 ayat 32 UU No. 4 Tahun 2009). Usaha pertambangan rakyat dapat dilaksanakan bila telah ada Izin Pertambangan Rakyat (IPR).Izin Pertambangan Rakyat (IPR), adalah izin untuk melaksanakan usaha pertambangan dalam wilayah pertambangan rakyat dengan luas wilayah dan investasi terbatas.

WPR ditetapkan oleh bupati/walikota setelah berkonsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten/kota.

IPR diberikan terutama kepada penduduk setempat, baik perseorangan maupun kelompok masyarakat dan/atau koperasi (pasal 67 ayat 1, UU No.4 Tahun 2009).

Pertambangan Rakyat adalah suatu usaha pertambangan bahan galian yang dilakukan oleh rakyat setempat secara kecil-kecilan atau secara gotong royong dengan alat sederhana untuk mata pencaharian sendiri.

II. DASAR HUKUM WPR UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan mineral dan BatubaraPeraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2010 tentang Wilayah Pertambangan, spesifik pasal 26 dan 27.Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Mineral dan Batubara spesifik pasal 48.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pengawasan Terhadap Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Yang Dilakukan Oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2012 tentang pelaksanaan dan pengawasan tumpang tindih.

Peraturan Daerah Khusus Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Pertambangan Rakyat Daerah.

III. KRITERIA MENETAPKAN WPR

Kriteria untuk menetapkan WPR yang diumumkan kepada masyarakat secara terbuka oleh bupati/walikota setempat, yaitu: Adanya cadangan mineral sekunder yang terdapat di sungai dan/atau di antara tepi dan tepi sungai;

Adanya cadangan primer logam atau batubara dengan kedalaman maksimal 25 (dua puluh lima) meter;Endapan teras, dataran banjir, dan endapan sungai purba;Luas maksimal wilayah pertambangan rakyat adalah 25 (dua puluh lima) hektar;Jenis komoditas yang akan ditambang; dan/atauWilayah atau tempat kegiatan tambang rakyat yang sudah dikerjakan sekurang-kurangnya 15 (lima belas) tahun.

IV. PERMASALAHAN PERTAMBANGAN RAKYAT

Kegiatan masyarakat yang melakukan penambangan seperti di daerah kabupaten Paniai, Nabire, Mimika, Jayapura, dan daerah lainnya belum dapat digolongkan sebagai suatu kegiatan Pertambangan Rakyat, seperti yang dimaksud di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini disebabkan belum memenuhi ketentuan, baik aspeklegal maupun aspek teknis yang mengacu kepada konsep good mining practice. Kegiatan penambangan yang dilakukan oleh masyarakat tersebut telah menimbulkan banyak permasalahan dan juga mengalami kerugian, baik bagi pemerintah daerah, lingkungan maupun bagi para penambang sendiri. Terbatasnya modal keahlian dan ekonomi yang dimiliki telah menyebabkan masyarakat penambang cenderung menjadi objek eksploitasi para pemodal yang mencari keuntungan dari kegiatan tersebut.

Bekas galian tambang yang dilakukan dapat menimbulkan gangguan kestabilan lahandan airtanah. Selain itu dapat mengancam keselamatan, karena dilakukan tanpa memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan kerja. Gangguan sosial, antara lain : terjadinya kerusuhan di wilayah pertambangan rakyat menyusul berkembangannya budaya premanisme, perjudian, prostitusi dan kemerosotan moral lainnya.Kerugian juga terjadi berupa pemborosan sumberdaya tambang karena tidak efisiennya teknologi pengolahan yang diterapkan.

Terjadinya pencemaran lahan dan sungai karena penanganan limbah pengolahan yang belum dipahami dengan baik.

V. SOLUSI YANG DILAKUKANPemerintah Daerah secara cepat mengambil sikap dengan mengeluarkan beberapa kebijakan secara bertahap, yaitu: Membuat larangan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan penambangan, karena akan diatur dan ditertibkan. Penertiban yang melibatkan aparat keamanan dilaksanakan sejalan dengan upaya mengosongkan lokasi aktivitas penambangan.

Dilakukan proses perizinan bagi penambang dengan diterbitkannya Kartu Ijin Masuk Penambangan (KIMP).

Konsep pertambangan rakyat dalam kerangka pengelolaan sumberdaya mineral yang berkelanjutan didasarkan 4 aspek penting yang ditujukan untuk menjawab berbagai persoalan yang ditimbulkan oleh kegiatan masyarakat yang menambang, yakni: Aspek kebijakan; Aspek modalitas; Aspek kelembagaan/organisasi danAspek teknologi dan lingkungan.

Dengan mengimplementasikan keempat aspek tersebut secara bersamaan, maka kegiatan pertambangan rakyat tersebut diharapkan akan memberikan manfaat optimal bagi masyarakat dan pemerintah daerah serta sekaligus dapat meminimalisir potensi kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya.

VI. UPAYA YANG DILAKUKANKebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah yaitu tetap melaksanakan pertambangan rakyat dengan sebagian wilayah akan dijadikan wilayah pertambangan rakyat dan sebagian wilayah lainnya dilakukan kemitraan antara masyarakat dan perusahaan.

Dinas ESDM Provinsi Papua sudah menyelesaikan proses pemetaan pertambangan rakyat di Papua adalah Kabupaten Waropen, Kabupaten Mimika, Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai dan dalam waktu dekat dikeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Pertambangan Rakyat.

Pemerintah Daerah telah menyiapkan alternatif bidang usaha untuk masyarakat lokal, agar pertambangan rakyat harus dipahami hanya sebagai kegiatan sementara.VII. KESIMPULAN

Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) adalah bagian dari Wilayah Pertambangan dimana kegiatan usaha pertambangan rakyat dilakukan.Usaha pertambangan rakyat dapat dilaksanakan bila telah ada Izin Pertambangan Rakyat (IPR).

Dinas ESDM Provinsi Papua sudah melakukan proses pemetaan wilayah pertambangan rakyat di Provinsi Papua yaitu Kabupaten Waropen, Kabupaten Mimika, Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai dan dalam waktu dekat dikeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Pertambangan Rakyat.Penetapan wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang telah memenuhi kriteria berdasarkan peraturan perundang-undangan, dapat diberikan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dengan memprioritaskan kepada masyarakat lokal supaya dirasakan manfaatnya untuk dapat meningkatkan perekonomiannya.

Terima Kasih

top related