tata surya

Post on 21-May-2015

390 Views

Category:

Education

2 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

TATA SURYA

PENGERTIAN

Tata Surya (Solar System) merupakan suatu sistem yang terdiri atas matahari sebagai pusat yang dikelilingi oleh delapan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, serta satelit-satelit yang mengelilingi planet, juga berjuta-juta asteroid, serta komet sebagai anggotanya. (data berdasarkan konvensi ahli astronomi dunia, 2006).

Teori Pembentukan Tata Surya1. Teori Nebulae (Hipotesis Kabut)

Kant-Laplace

2. Teori Planetesimal oleh Moulton dan Chamberlin

3. Teori Pasang Surut oleh James Jeans dan Jeffreys

4. Teori Awan Debu (Teori Von Weizsaecher) oleh G.F. Kuiper 1950

Benda-Benda yang Ada di Tata Surya

1. Meteor (Bintang Beralih)

2. Komet

3. Asteroid

4. Planet

5. Satelit

EKOR KOMET

• Ekor komet selalu menjahui matahari. Hal ini disebabkan oleh angin matahari menerpa awan gas yang melingkupi komet. Ketika komet mendekati matahari, ekornya terbentang di belakangnya.

CONTOH KOMET

CONTOH KOMET

CONTOH KOMET

Ditemukan oleh Edmund Halley. Muncul setiap 75/76 tahun sekali. Muncul th 1456, 1531, 1607, 1682, 1758, 1835, 1910, 1986. Komet pd th 467 SM yaitu komet pertama yg secara nyata dicatat, secara pasti adalah komet Halley.

ASTEROID

Dalam daerah antara orbit Mars dan Jupiter, kita temukan orbit dari sejumlah besar benda angkasa kecil yang dikenal sebagai asteroid, planet kecil atau planetoid. Terbuat dari batu dan besi berevolusi mengelilingi matahari. Bentuk tdk beraturan, batuan berwarna gelap. Sktr 2000 benda tsb tlh dicatat dan jml keseluruhannya mungkin lbh dari 100.000.

CONTOH ASTEROID

CONTOH ASTEROID

Asteroid terbesar, Ceres, ditemukan 1801 memiliki diameter lebih dari 1.000 km. Massanya setara dengan seperempat massa seluruh asteroid yg ada.

PLANET

Planet mrpk benda terbesar dalam tata surya sesudah matahari, kecuali bbrp satelit yg sebanding dlm diameter dg planet kecil merkurius. Urutan planet:

1. Merkurius 5. Jupiter

2. Venus 6. Saturnus

3. Bumi 7. Uranus

4. Mars 8. Neptunus

PERMUKAAN VENUS

SATELIT MARS

BULAN

Bulan memiliki semua kriteria planet. Ukurannya (seperempat ukuran Bumi), permukaan serta sjr pembentukannya dpt disamakan dg planet-planet dekat matahari. Selain itu bulan dianggap satelit alamiah yg mengelilingi bumi. Bulan tdk memiliki lap. Udara dan perairan, ttp sptnya di dasar kawah kutub terdpt es yg bercampur dg pasir-pasir halus, dimana suhunya selalu di bawah -200 C. Dalam situasi seperti ini bisa tercipta materi sekeras batu.

MATAHARI

Terletak 150.000.000 km dari bumi, mrpk ukuran bintang berwarna kuning pada umumnya, seperti ratusan miliar bintang lainnya di galaksi kita. Matahari bukan merupakan benda pejal, melainkan bola gas yang berpijar yang terdiri dari hidrogen dan helium.

SUSUNAN MATAHARI

1. Inti MatahariTempat terjadi reaksi inti hidrogen menjadi inti helium.

2. FotosferPermukaan atau kulit matahari.

3. KromosferLapisan Gas yang sangat panas yang menyelubungi matahari.

4. KoronaLap. Gas renggang di sekeliling matahari di luar kromosfer dan berwarna putih berkilauan.

top related