resume who am i

Post on 13-Oct-2015

54 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Nama : Fenti Wahyu SuryaniNPM / Kelas : 13.121.002 / BK 2ARESUME Tes Who Am I Terkadang banyak dari kita yang tidak tahu akan diri kita sendiri, atas kelebihan ataupun kekurangan serta karakteristik yang ada pada diri kita. Untuk menjadikan kehidupan kita ini agar lebih baik maka kita harus mulai dari mengenali diri sendiri, potensi apa saja yang kita miliki sehingga dengan demikian kita akan tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Hari-hari yang kita lewatipun akan lebih baik dari hari ke hari. Untuk itu kita harus tahu tentang diri kita sendiri (Who am I), dimana kita akan mengenali siapakah Aku ini ???Tes Who Am I, merupakan salah satu cara bagi individu untuk mengetahui dirinya sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan. Teknik ini terdiri dari sejumlah statemen tentang sifat-sifat kepribadian seseorang baik positif maupun negatif. Dari hasil tes ini individu dapat dibantu untuk lebih mengenal dirinya sendiri, dengan tujuan agar individu mampu menyesuaikan diri disetiap situasi.Dalam sebuah buku Who Am I? menyajikan tes kepribadian sederhana dan populer, berdasarkan pengetahuan ilmiah, serta pengembangan yang praktis dan langsung bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Kita dapat menemukan siapa diri kita dan bagaimana orang disekitar berperilaku, mengenali apa yang kita pergunakan adalah suatu jalan untuk memaksimalkan diri. Dalam tes who am I, responden diminta menanggapi pernyataan dan membandingkannya dengan keadaan dirinya. Hasil perbandingan responden diisikan pada kolom jawaban yang terdiri dari tiga pilihan yaitu : (1) sangat cocok dengan diri saya ; (2) agak cocok dengan diri saya; (3) tidak cocok dengan diri saya. Dari tes individu ini dapat dibantu untuk lebih mengenal dirinya sendiri, dengan tujuan agar indifidu mampu menyesuaikan dirinya sendiri.

**Manfaat dari tes Who Am I ini adalah :1. Pembimbing dapat mengetahui sebagian aspek kepribadian siswa secara garis besarnya, baik kelebihanya maupun kekuranganya.2.Memudahkan pembimbing untuk memberikan layanan bimbingan .3.Membantu siswa untuk dapat lebih mengenal dirinya sendiri agar mereka dapat melakukan penyesuaian lebih terhadap dirinya maupun terhadap lingkunganya.

**Langkah-Langkah Penyelenggaraan1. Persiapana. Konselor : 1. Mempersiapkan format tes Who Am I 2. Menyiapkan tempat pelaksanaan.2. Pelaksanaana. Konselor :1. Memperkenalkan teks Who Am I2. Menjelaskan tentang tujuan dan manfaatnya.3. Membagikan format tes Who Am I4. Menjelaskan petunjuk tes Who Am I5. Siswa mengerjakan tes Who Am I 6. Setelah tes selesai dikerjakan, konselor mengumpulkan hasil pekerjaan siswa tersebut.

Daftar Rujukan :** http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/01/07/who-am-i-331082.html** http://guraru.org/guru-berbagi/tes-who-am-i/** http://budibk.blogspot.com/2011/06/tes-who-am-i-siapakah-aku.html

top related