ppt modul epid lbm 1.pptx

Post on 13-Nov-2015

218 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Pleno LBM I model terjadinya penyakit dan penyebarannya

Pleno LBM I model terjadinya penyakit dan penyebarannyaBy kelompok 3 Model terjadinya penyakit dan penyebarannyaTuberculosis (TB) adalah penyakit infeksi oleh Myocobakterium tuberculosis yang dapat menyerang semua organ tubuh, terutama paru (TB-paru).HIV/AIDS adalah penyakit infeksi yang mencerminkan defisiensi imunitas seluler akibat infeksi retrovirus Human. Immunodefiency virus (HIV) , dengan gejala klinik berupa infeksi opportunistik baik oleh virus, bakteri, jamur, parasit maupun keganasan tertentu.TB- paru merupakan infeksi opportunistik potensial untuk penderita HIV/AIDS yang mempermudah penyebaran infeksi TB-paru primer. Sebaliknya infeksi Mycobakterium tuberculosis pada penderita HIV akan mempercepat perjalanan infeksi HIV stadium dini menjadi stadium lanjut (AIDS) yang fatal dimana resiko kematian paling tinggi pada penderita AIDS dengan TB-paru aktif.

skenarioHIV/ AIDS dan TB-paru saat ini merupakan masalah kesehatan global. Diduga sekitar 3-4,5 juta penduduk di wilayah Sub-sahara, Afrika menderita HIV dan TB-paru secara bersamaan. Sekitar 72 % jumlah penderita TB-paru dunia berada di Asia dan lebih dari 1,3 juta orang dewasa di Asia diperkirakan terinfeksi HIV dan TB-paru secara bersamaan. Jumlah penderita TB-paru di beberapa negara Eropa, Amerika tengah, Amerika selatan dan Amerika serikatjuga meningkat seirama dengan terjadinya epidemic HIV. Diduga tahun2000 terjadi peningkatan HIV-TB global dari 9% menjadi 24%(CDC,1993)

Cont,,Defisiensi imun adalah sekumpulan aneka penyakit yang karena memiliki satu atau lebih ketidaknormalan sistem imun, dimana kerentanan terhadap infeksi meningkat.Infeksi oportunistik adalah penyakit yang jarang terjadi pada orang sehat, tetapi menyebabkan infeksi pada individu yang sistem kekebalannya terganggu, termasuk infeksi HIVEpidemiologi adalah studi tentang seberapa sering suatu penyakit terjadi pada kelompok orang yang berbeda dan mengapa.terminologiJelaskan pengertian EpidemiologiJelaskan faktor determinan kejadian penyakit, menurut model-model :Segitiga epidemiologi b) model wheels c) model Blum;Salah satu faktor dari model Blum adalah pelayanan kesehatan. Pada model Wheels, faktor ini masuk ke faktor apa ?Sama dengan nomor 2 untuk faktor perilakuDimnan tempatnya dalam model wheels ataupun model segitiga epidemiologi.Apa perbedaan natural history dari : HIV/AIDS, DHF, TB-paruMengapa amat penting untuk mengetahui faktor determinan dan natural history dari penyakit.Dari ketiga tahap pencegahan (primary,secondary and tertiary prevention), manakah yang efektif untuk penyakit-penyakit berikut :DHF, HIV/AIDS, Diare, Kecelakaan lalu lintas. Penyakit jantung koroner, Stroke , Tbc paruJelaskan alasanya.Promosi kesehatan sebenrnya adalah Health Education Plus yang terdiri dari :Health Education atau behavior intervention)Structural intervention policy or regulation.Jelaskan pengertian iceberg phenomena dan konsekuensinya dalam pencegahan penyakit terkait dengan akurasi data yang tersedia di primary healthservice dokter praktek, bidan praktek, puskesmas, klinik private dan di secondary health services (RSU Kab/Prov/Nasional )

Pertanyaan Konsep penyebab dan proses terjadinya penyakit dalam epidemiologi berkembang dari rantai sebab akibat kesuatu proses kejadian penyakit yakni proses interaksi antara manusia (pejamu) dengan berbagai sifatnya (biologis, Fisiologis, Psikologis, Sosiologis dan antropologis) dengan penyebab (agent) serta dengan lingkungan (Enviroment). KONSEP DASAR TIMBULNYA PENYAKIT

hal-hal yang berkaitan dengan terjadinya penyakit pada manusia, antara lain :Umur, jenis kelamin, ras, kelompok etnik (suku) hubungan keluarga Bentuk anatomis tubuhFungsi fisiologis atau faal tubuhStatus kesehatan, termasuk status giziKeadaan kuantitas dan respon monitorsKebiasaan hidup dan kehidupan sosialPekerjaan, dll.

KETERPAPARAN DAN KERENTANAN Dari proses terjadinya penyakit, kita harus menentukan batas-batas antara sehat dan tidak sehat (sakit). Menurut WHO, sehat adalah keadaan kesempurnaan fisik, mental dan keadaan sosial dan bukan berarti hanya bebas dari penyakit atau kelainan/cacat. Dengan demikian maka sakit dapat diartikan sebagai, suatu penyimpangan dari suatu penampilan yang optimal. Sedangkan penyakit merupakan suatu proses gangguan fisiologis (faal tubuh), serta/atau gangguan psikologis /mental maupun suatu gangguan tingkah laku (behaviour).

Riwayat alamiah suatu penyakit pada umumnya melalui tahap sebagai berikut:Tahap prepatogensis Pada tahap ini individu berada dalam keadaan normal/sehat tetapi mereka pada dasarnya peka terhadap kemungkinan terganggu oleh serangan agen penyakit (stage of suseptibility).Tahap Patogenesi Tahap ini meliputi 4 sub-tahap yaitu:- Tahap Inkubasi, - Tahap Dini, - Tahap Lanjut, dan -Tahap Akhir.

Dalam proses perjalanan penyakit, kuman memulai aksinya dengan memasuki pintu masuk tertentu (portal of entry) calon penderita baru dan kemudian jika ingin berpindah ke penderita baru lagi akan ke luar melalui pintu tertentu (portal of exit).Kuman penyakit tidak masuk dan ke luar begitu saja tetapi harus melalui pintu tubuh tertentu sesuai dengan jenis masing-masing penyakit misalnya melalui: kulit, saluran pernapasan, saluran pencernaan, atau saluran kemih. Dalam memilih pintu masuk-keluar ini setiap jenis kuman mempunyai jalan masuk dan ke luar tersendiri dan tubuh manusia.Ada yang masuk melalui mulut (oral) dan ke luar melalui dubur (sistem pencernaan), seperti yang dilakukan oleh kebanyakan cacing.Namun ada pula yang masuk melalui kulit tetapi ke luar melalui dubur, misalnya cacing Ankylostoma.

POLA PENYEBAB PENYAKIT

Pencemaran makananPencemaran lingkungan dan udaraPencemaran sumber airPencemaran yang disebabkan oleh fasilitas modern

PENYEBAB TIMBULNYA PENYAKIT SEKARANG INI

PENYEBAB MAJEMUK Telah banyak bukti empirik dan keyakinan teoritik bahwa pada umumnya penyakit memiliki Lebih dan satu penyebab, bukan bersifat tunggal. Faktor-faktor penyebab mi dikelompokkan dalam 4 kelompok, yaitu :Faktor Predisposisi, seperti: umur, jenis kelamin, Riwayat penyakit terdahulu,dlLFaktor Pencetus, seperti: pemaparan oleh agen penyakit yang spesifiK,Faktor Pendorong, seperti: paparan yang berulang, beban kerja yang berat,Faktor Pemberat, seperti: pendapatan rendah, status gizi, kondisi perumahan, dlL.

1. SegitigaEpidemiologi(The Epidemiologic Triangle)

KONSEP TERJADINYA PENYAKIT

Jaring-Jaring Sebab Akibat (The Web of Causation)

Roda (The wheel)

Epidemiologi tidak hanya sekedar mempelajari masalah-masalah penyakit-penyakit, tetapi juga mencakup masalah kesehatan yang sangat luas ditemukan di masyarakat. Diantaranya masalah keluarga berencana, masalah kesehatan lingkungan, pengadaan tenaga kesehatan, pengadaan sarana kesehatan dan sebagainya. Dengan demikian, subjek dan objek epidemiologi berkaitan dengan masalah kesehatan secara keseluruhan.

KESIMPULAN

Terimah kasih

top related