pameran agrinex 2010 - litbang.pertanian.go.id · waktu singkat menjadi tepung beras siap untuk...

Post on 10-Aug-2019

216 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Salah satu program pemerintah RI dalam memasyarakatkan hasil-hasil penelitian adalah Agri Expo 2010 atau Agrinex 2010. Pameran ini diselenggarakan di Jakarta Hall Convention Center, Jakarta, diikuti sekitar 100 peserta dimana lima diantaranya adalah dari luar negeri. Agrinex 2010 dilaksanakan dari tanggal 12-14 Maret 2010 pada saat pembukaannya dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Dr. Boediono.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mendapat mandat dari Kementerian Pertanian untuk turut serta dalam acara ini dengan maksud agar dapat menampilkan hasil-hasil penelitian dan pengembangannya. Materi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian antara lain beberapa macam paket tester yang dapat mengidentifikasi kemampuan pupuk dalam menyuburkan aneka jenis tanah. Juga turut dipamerkan beberapa buku tebal hasil penelitian, dan leaflet-leaflet teknologi hasil penelitian. Dari Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dipamerkan Infolitbangtan yang isinya memuat segala bentuk kegiatan di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Mesin penepung dari BBP Mektan dapat melumat dan menghaluskan beras dalam waktu singkat menjadi tepung beras siap untuk bahan pembuatan makanan atau kue.

Bahan yang dipamerkan Kementerian Pertanian dari unit kerja eselon I lain, aneka kopi bubuk dari macam-macam jenis kopi yang ada di Indonesia. Turut digelar produk hortikultura berupa bunga mawar merah dan putih, buah-buahan sawo, paprika, dan ribuan bibit tanaman buah. Tanaman diversifikasi pangan yang selama ini telah dapat mengatasi kesulitan pangan rakyat juga turut dipamerkan yaitu talas, mbothe (bhs. Jawa), ubi rambat berukuran besar, tepung singkong. Satu hal yang paling menarik dari stand Kementerian Pertanian adalah Solar Sel merupakan sumber energi listrik baru yang pada pameran ini digunakan untuk menggerakkan pompa air.

Agrinex 2010 juga diisi demo memasak dari PT. Unilever menampilkan salah satu cara memasak untuk produknya kepada pemirsa yang berjumlah sekitar 100 orang. Talk Show diselenggarakan beberapa kali dengan menampilkan beberapa pembicara kunci. Pembicaraan yang dibahas meliputi pertanian pada masa kini dan pertanian pada masa yang akan datang. Juga dibahas peluang-peluang baru untuk berkembang bersama Kementerian Pertanian dengan metode bergabung dalam koperasi.

Menurut rencana Agrinex juga akan digelar di beberapa daerah, dimana saat ini sudah ada beberapa Pemda yang berminat menyediakan lahan untuk pengembangannya. Menghadapi kekurangsempurnaan dalam pelaksanaan pameran, ketua penyelenggara menyatakan pada dasarnya peserta pameran ini masih dalam tahap belajar, tidak bisa sempurna seratus persen. Agrinex 2010 ditutup langsung oleh Menteri Pertanian, Dr. Suswono, pada pukul 17.00 wib hari minggu dengan menekan sirine tanda acara sudah selesai.

Pameran Agrinex 2010

top related