mengurutkan data atribut berdasarkan panjang

Post on 06-Jan-2016

224 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Mapping

TRANSCRIPT

Mengurutkan Data Atribut Berdasarkan PanjangKarakter11JANTerkadang user karena kebutuhan tertentu ingin mengurutkan kolom tertentu di MapInfo berdasarkan panjang karakternya. Berikut ini beberapa alternatif cara yang dapat dilakukan :CARA I : Contoh di bawah ini adalah mengurutkan panjang karakter pada kolomName. Data asli:

Query > SQL Select, set seperti gambar di bawah ini.Functionyang digunakan untuk menghitung panjang data adalahLen(NamaTabel). PanjangData padascreenshotdi bawah ini berfungsi sebagaialiaskolom (Anda dapat menamai sembarang).

Hasilnya akan diperoleh sebagai berikut :

Anda dapat menyimpan hasil query tersebut sebagai table baru permanen melaluiFile > Save Copy As.CARA II : Alternatif lain, Anda dapat mencoba melakukan hal yang sama dengan menjalankansyntaxberikut pada MapBasic window (Options > Show MapBasic Window). Ketiksyntaxberikut ini, untuk pindah baris, Anda dapat menekanCtrl Enter. Blok semuasyntaxberikut, kemudian tekan enter.Formula :Select Len(NamaKolom) from (NamaTabel)order by (NamaKolom) into selection [enter]Browse * from selection [enter]Catatan: selection bisa diganti dengan nama lain (sembarang).

Buka hasilnya melaluiWindow > New Browser Windowatau dengan menekanF2, pilih tabel dengan namaselection. Selanjutnya akan muncul browserQuery1sebagai tabel selection. Kolom Name telah terurutkan dari karakter terpendek sampai terpanjang seperti hasil pada CARA I di atas.

top related