identifikasi hambatan di smp negeri se-kabupaten … · identifikasi hambatan pelaksanaan layanan...

Post on 31-Oct-2020

11 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

vii

IDENTIFIKASI HAMBATANPELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

OlehLilik Inung Prawitasari

08104241028

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yangmuncul dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian survai deskriptif. Populasi penelitiansebanyak 144 guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri se-KabupatenSleman. Teknik pengambilan sampel dengan area incidental sampling. Jumlahsampel penelitian sebanyak 17 guru bimbingan dan konseling yang tersebar dalam17 kecamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dantertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.

Hambatan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling adalah sebagaiberikut: (1) Layanan dasar, yaitu keterbatasan waktu dan belum memiliki ruangyang representatif, meskipun sebanyak 83% guru bimbingan dan konseling telahmelaksanakan layanan dasar. (2) Layanan responsif, yaitu belum tersedianyaruang yang representatif, dana anggaran sekolah yang minim, orang tua kurangkooperatif dengan sekolah, kondisi geografis tempat tinggal siswa danketerbatasan waktu, meskipun sebanyak 88% telah melaksanakan layananresponsif. (3) Perencanaan individual, yaitu kadang siswa memilih sekolah tidaksesuai dengan kemampuan, berbeda dengan keinginan orang tua, tidak ada jadwalmasuk kelas, meskipun sebanyak 100% guru bimbingan dan konseling telahmelaksanakan layanan perencanaan individual. (4) Dukungan sistem, hambatanyang bersumber dari luar, yaitu tidak adanya jadwal yang rutin dalam pertemuanorganisasi profesi, waktu seminar bersamaan dengan jam sekolah, tidak adanyabiaya dari sekolah untuk mengikuti seminar. Sedangkan hambatan yangbersumber dari dalam yaitu belum semua guru bimbingan dan konseling bisamengoperasikan komputer, untuk riset dan pengembangan guru bimbingan dankonseling belum memahami prosedur penelitian, tidak adanya biaya danketerbatasan waktu. Meskipun dari data kuantitatif sebanyak 76% guru bimbingandan konseling telah melaksanakan dukungan sistem.

Kata kunci: hambatan, layanan, bimbingan dan konseling.

top related