bab 5 internet dan intranet

Post on 02-Aug-2015

85 Views

Category:

Documents

2 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

BAB 5MENGENAL INTERNET DAN INTRANET

1. INTERNET Internet (Interconnected Network) adalah kumpulan dari

jaringan komputer yang terhubung dan berkerja sebagai suatu sistem.

Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia).internet telah memungkinkan komunikasi antar komputer dgn menggunakan TCP( Transmission Control Protokol )atau IP( Internet Protokol ) disingat (TCP/IP) yang di dukung media komunikasi.

Jaringan Inernetdapat pula sebagai media konferensi. Sejumlah orang dapat melakukan diskusi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Situs –situs web menampilkan informasi apapun yang ada di segala penjuru dunia.Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel.data yang terdapat di komputer lain dapat kita akses,begitu pula sebaliknya

2. INTRANET

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringn komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP atau HTTP.oleh karena itu, sebuah jaringan internet memiliki semua fasilitas yg di miliki oleh internet seperti e-mail,FTP,dll.

jaringan intranet merupakan jaringan internet yang hanya di miliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh org lain.Tetapi, intarnet jg dapat terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya(internet working)melalui back-bone internet.

Intranet merupakan jaringan komputer dalam

perusahaan yg menggunakan komunikasi data standart seperti dalam internet

salah satu hal yabd terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan.

Intranet mulai di bicarakan pada pertengahan th 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yg mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan.

Pengguna intranet di suatu perusahaan dapat

mendatangkan beberapa keuntungan,yaitu:a. Produktifitas kerja meningkat b. Efisiensi waktuc. Komunikasi lancar d. Operasi dan manajemen baike. Memunculkan pemikiran perubahan budaya kerja ke

yang lebih baik

top related