abstrak.doc

Post on 25-Jan-2016

3 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

ABSTRAK

Alifah, Suniyyah Nur 2010. Faktor Pengaruh Pemasangan Kateter tetap terhadap Kejadian Infeksi Saluran Kemih (ISK) di Poli Bedah Urologi

RSUD.Sidoarjo. Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : dr.Dian

Samudra, Sp.PD.

ISK merupakan suatu masalah medis yang sangat sering, dengan perjalanan alamiah yang tak terduga. Infeksi saluran kemih merupakan kejadian infeksi nosokomial tersering. Sekitar 30 - 40% dari infeksi nosokomial merupakan infeksi saluran kemih dan 80% infeksinya dihubungkan dengan penggunaan kateter urin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh prosedur pemasangan kateter, prosedur perawatan kateter, dan lama kateter terpasang terhadap kejadian ISK.

Penelitian ini bermaksud untuk menggali faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kejadian infeksi saluran kemih pada pemasangan kateter tetap, sehingga jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik melalui desain cross sectional study. Sampel diambil secara Accidental sampling di Poli bedah Urologi Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan ISK. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan ISK. Tidak ada hubungan yang signifikan antara usia dengan ISK. Tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan ISK. Ada hubungan yang signifikan antara jenis penyakit dengan ISK. Ada hubungan yang signifikan antara lama kateter terpasang dengan ISK.

Kesimpulan bahwa diketahui terdapat hubungan antara variabel tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, lama kateer terpasang dengan ISK, sedangkan variabel usia dan jenis kelamin tidak ada hubungan dengan ISK. Kata kunci : Pemasangan Kateter Tetap, ISK.

top related