altrak 1978

26
PRAKTEK KERJA INDUSTRI PT. ALTRAK 1978 JL. jend. Sudirman No.21, Balikpapan 76114 NAMA KELOMPOK EDY M.TAUFIQ WAHYU SETIAWAN

Upload: adityanic0

Post on 24-Nov-2015

329 views

Category:

Documents


5 download

TRANSCRIPT

PRAKTEK KERJA INDUSTRI PT. ALTRAK 1978 JL. jend. Sudirman No.21, Balikpapan 76114

PRAKTEK KERJA INDUSTRI PT. ALTRAK 1978JL. jend. Sudirman No.21, Balikpapan 76114

NAMA KELOMPOKEDYM.TAUFIQWAHYU SETIAWAN

BAB IPENDAHULUAN

Latar Belakang Praktek Kerja Industri ( Prakerin )Kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yangTinggi khususnya menghadapi perkembangan masa kini dan masa mendatang adalah mutlak adanya. Sehubungan dengan itu, system pendidikan nasional telah memberikan arah yang jelas tentang misi pembangunan Indonesia dalam mengahadapi perkembangan masa mendatang, yaitu menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia.

B.Tujuan Kegiatan Praktek Kerja Industri ( Prakerin )PenyelenggaraanPraktekKerjaIndustribertujuan :Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.Memperkokoh link and match antara sekolah dengan dunia kerjaMeningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional

C.Manfaat praktek Industri Beberapa manfaat yang dapat diambil melalui pelaksanaan praktek industri adalah. A.Bagi asiswa:Memperoleh ilmu dan pengetahuan tentang kondisi suatu industri, baik manajemen, sarana dan prasarana, maupun peralatan yang digunakan.Memperoleh pengalaman kerja yang akan berguna untuk meningkatkan kemampuan keterampilan tentang dunia otomotif.Mengetahui perkembangan teknologi/industri secara langsung di industri.

B.Bagi IndustriMerasa dibantu dalam pekerjaan secara kuantitas dan kualitas menjadi lebih baik.Sumber daya manusia menjadi lebih baik misalnya dalam disiplin, semangat kerja dan peningkatan kinerjanya.Pada saat sumber daya manusia di lingkungan industri memberi bimbingan kepada mahasiswa secara otomatis mereka secara terus-menerus semakin memperkaya diri dan meningkatkan kopetensi pribadinya serta memperdalam pengetahuan untuk membimbing.

BAB IIGAMBAR UMUM PERUSAHAANSEJARAH SINGKAT PT. ALTRAK 1978 BALIKPAPAN PT. Altrak 1978 adalah perusahaan yang bergerak dibidang engineering (alat-alat berat) yang bertindak sebagai agen tunggal dan distributor di Indonesia. Perusahaan ini berkembang dibawah naungan Central Cipta Murdaya (CCM) group yang menangani sekitar 33 perusahaan yang bergerak diberbagai sektor bisnis dengan jumlah tenaga kerja sekitar 35.000 orang. Berdiri pada tanggal 12 Juni 1978. Perusahaan ini sudah cukup lama bertindak sebagai agen dari produk-produk kelas dunia pelanggan. Setelah bertahun-tahun beroperasi di Indonesia telah membuat PT. Altrak 1978 menjadi salah satu perusahaan yang dapat dipercaya sebagai agen tunggal dan distributor mesin serta alat-alat berat, produk yang dipasarkan antara lain

1 Cummins Engine (Genset. Marine, Construction, Industrial). 2. Grove Hydrolic Crane (All Terrain Cranes, Truck Mounted Cranes, Industrial Cranes, Crawler Cranes). 3. Kawasaki (Wheel Loaders). 4. Mitsubishi Forklift Trucks (Engine Powered Lift Truck). 5. Nichiyu (Electric Forklift Trucks). 6. Fleetguard (Filtration System). 7. Holset (Turbochargers System). 8. Dynapac (Compaction. Paving and Concrete Equipment). 9. JCB (Tracked Excavator, Telescopic Handler, Backhoe Loader). 10. New Holland (Agricultural Tractors).

1234567JL.JEND SUDIRMANKETERARANGAN: 1. Makam pahlawan 2. Panti Kebugaran 3. PT. TRAKINDO UTAMA 4. UTR (Universa Tekno Reksajaya) 5. PT. EKA DARMA JAYA 6. PT. ALTRAK 1978 ( Tempat Prakerin) 7. D Maestro white coffea Denah PT ALTRAK 1978BAB IIILANDASAN TEORI

A.MEMBONGKAR CHYLINDER HEADKepala Silinder ( Cylinder head )Kepala silinder ( Cylinder head ) ditepatkan dibagian atas blok silinder. Bentuk konstruksi dari cylinder head group ada dua macam :Solid tipeUmumnya dipakai pada komatsu engine, jadi untuk seluruh silinder hanya dipakai satu blok cylinder head.

Gambar.Kepala Silinder Solid Tipe

Sectional/Segment/Independent tipeTipe ini umumnya dipakai pada cummins engine, jadi untuk seluruh silinder misalnya 6 buah dipakai 3 buah cylinder head, atau tipe dua silinder dipakai satu cylinder head

Gambar. Kepala Silinder Segmen Tipe

Fungsi Cylinder head :a. Mencegah kebocoran tekanan pembakaran.b. Penghantar panas pembakaran kependinginan.c. Sebagai saluran masuk dan keluarnya udara dan gas buang.d. Tempat kedudukan valve, injektor dan lain-lain.e. Menyalurkan pendinginan kesekitarnya.Kepala silinder harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama mesin bekerja. Oleh sebab itu kepala silinder dibuat dari besi tuang, namun akhir-akhir ini banyak mesin yang kepala silindernya dibuat dari paduan aluminium. Kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium memilikikemampuan pendingin lebih besar dibanding dengan yang terbuat dari besi tuang. Pada kepala silinder juga dilengkapi dengan mantel pendingin yang dialiri air pendingin yang datang dari blok silinder untuk mendinginkan katup.

Gambar. Katup dan Mekanisme Katup

Gambar: camfollower dan rocklever Melepas valve dari chylinder head Melepas baut kepala silinderMengangkat kepala silinder dengan menggunakan alat pengangkat ( lifting equipment )

Gambar. Kepala SilinderC. Melepas pegas katup dengan menggunakan alat penekan untuk melepas pengunci pegas (press hidrolik)

Gambar.melepas pegas katupD. Melepas valve springE. Melepas penahan pengunci pegas (4)F. Melepas pegas luar dan pegas dalam (5).

Gambar.32. KatupG. Mengangkat chylinder head ketempat kranjang besi dan di masukan kedalam air chemical container

Gambar: chylinder headH. Mengangkat chylinder head yang di rendam di dalam air chemikalI. Membersihkan chylinder head, menggunakan gerindra kawat.

Gambar: Membersihkan chylinder headJ. Mengetes chylinder head pada air pendingin engine

Gambar: test light chylinder headB.MEMASANG KOMPONEN KEPALA SILINDER Memasang katup buang (6) dan katup masuk (7) denganmemberi pelumas pada batang katup sebelum dipasang padakepala silinder.

Gambar. Katupb) Memasang pegas katup dalam dan pegas luar (5)c) Memasang penahan pegas katup (4)d) Memasang pengunci pegas katup (3) dengan menekan pegas menggunakan penekan.(press hidrolik)

e).Untuk memastikan posisi pemasangan katup dengan memukul ujung katup menggunakan palu plastik.Gambar: memasang valve,dan pegas