alpro i tgs eksklusif r02112015

Upload: riky-arisandi

Post on 13-Apr-2018

219 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 7/26/2019 AlPro I Tgs Eksklusif r02112015

    1/3

    Algoritma dan Pemrograman I (4 sks)Dosen: Ir. Sihar, MT.

    Program studi Teknik Informatika, Fak. TeknikBandung 2015

    Daftar Pustaka:[1] Simamora, S.N.M.P. Diktat Algoritma dan Pemrograman-1 (4 sks). Departemen

    Sistem Komputer, Fak. Teknik. ITHB. Bandung. 2002.[2] Sedgewick, R.ALGORITHMS. Addison-Wesley. 1983.[3] Simamora, S.N.M.P. "Dynamics System Modeling Approach in Node Mobility on Mobile

    Ad-hoc Network". The 1st Conference on Information Technology, Computer, andElectrical Engineering (CITACEE 2013). 16 November 2013. Departement of ComputerEngineering, Univ. Diponegoro. hal.35-39. ISSN: 2338-5154.

    [4]

    Simamora, S.N.M.P. "Model Pembelajaran Teknologi Informasi Dengan Teknik ManetPada Kawasan Tertinggal". Seminar Nasional Indonesia Timur (SENANTI) 2014,PUSKIT, Univ. Atma Jaya Yogyakarta. hal.1-9. ISBN: 978-602-8817-62-2.

    [5]

    Simamora, S.N.M.P. "Sebaran Acak pada Distribusi Pergerakan Node dalam Mobile Ad-Hoc Network". Proceeding SNIT (Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi) 2015, Univ.BSI. Bandung. hal:A.67-A.73. ISBN: 978-602-99213-9-7.

    [6] Simamora, S.N.M.P. "Perancangan Topologi Dinamis Secara Acak Dalam Mobile Ad-Hoc Network Dengan Pendekatan Pemodelan". Jurnal Simetris Vol.6 No.1 April 2015.Fak.Teknik, Universitas Muria Kudus. hal.119-128. ISSN : 2252-4983.

    [7] Simamora, S.N.M.P. "Analisis Qos Pada Layanan Jaringan Dalam Mobile Ad-HocNetwork". Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK)2015. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. ISBN: 979-26-0280-1.

    [8] Simamora, S.N.M.P. "Diktat Kuliah Algoritma dan Pemrograman-I". Program studi

    Teknik Informatika, Fak. Teknik. UTAMA. Bandung. 2012.[9] Simamora, S.N.M.P. "Diktat Kuliah TIF301 Algoritma dan Pemrograman-1". Program

    studi Teknik Informatika, Fak. Teknologi Informasi. Univ. BALE Bandung. Bandung.2011.

    [10]Simamora, S.N.M.P. "Diktat Kuliah TIK-1102 Algoritma & Pemrograman-I". Programstudi Teknik Informatika, Fak. Teknologi Informasi. UNAI. Bandung. 2006.

    Tugas Eksklusif

    Tugas ini dikerjakan sebagai kewajiban untuk menambah nilai pada nilai seluruh quiz yangtelah terselenggara dan yang belum terselenggara untuk nilai < 60, dan sebagai pilihan baginilai 60 s.d 70 (sifat: optional). Tugas Eksklusif ini tidak diperbolehkan dikerjakan olehmahasiswa yang mendapat tugas pengganti quiz (atau yang tidak akan hadir pada quiz yang

    belum terselenggarakan) dan mahasiswa yang mendapat nilai70.

    Petunjuk pengerjaan: Date-line pengumpulan: pada saat penyelenggaraan Ujian Akhir Semester atau via

    email ([email protected]) subject: Alpro-I Tugas Eksklusif-Kelas(maks. H-1 sebelumwaktu penyelenggaraan Ujian Akhir Semester). Pengumpulan terlambat tidak diterima.

    Dikerjakan secara berkelompok, maks. 2 mhs atau individu

  • 7/26/2019 AlPro I Tgs Eksklusif r02112015

    2/3

    Pilihan tugas memiliki bobot poin masing-masing berbeda ditentukan dari jumlahsimbol: . Semakin banyak jumlah simbol, maka bobot poin semakin tinggi dan alhasilmemberi poin penambah lebih pada nilai quiz yang akan diperbaiki.

    Diingatkan agar setiap tugas yang dikerjakan tidak boleh ada copy-paste dari tugasteman/kelompok yang lain (jika ditemukan, maka tugas ini langsung di-grounded/ditolak).

    Silahkan pilih salah satu dari soal berikut ini untuk dikerjakan:

    Pilihan-1: (bobot poin: )Soal: Buatlah algoritma dan program dengan C++ untuk menggambarkanpersegipanjang dengan panjang dan lebar sebagai perbandingan: 2 : 5(ditunjukkan pada gambar) dan warna. Jawaban dikumpulkan dalam formatpower-point yang menunjukkan algoritma dan pemrograman C++ dan tampilanjalannya program; sertakan kembali soalnya. Sertakan dengan source-code danobject-code.

    Pilihan-2: (bobot poin: )Soal: Merangkum catatan perkuliahan dari Minggu-1 s.d Minggu-14.Petunjuk pengerjaan: Tugas dikumpulkan dengan pilihan dua format: *.ppt/*.pptx atau *.doc/*.docx (wajib

    dalam format Office 2007 atau sebelumnya). Apabila memilih format *.doc/*.docx maka hanya dibuat/dikumpulkan dalam satu file

    dengan format nama:AlPro-I_tgs-Eksklusif_nm_mhs Apabila memilih format *.ppt/*.pptx maka disusun per-minggu pertemuan per satufile

    (sehingga akan ada 14 file slidepower-point) lalu dikompres dalam satu file*.rar/*.zip

    dalam dengan format nama: AlPro-I_tgs-Eksklusif_nm_mhs Kriteria utama penilaian: rapi tersusun baik dan terstruktur

    Pilihan-3: (bobot poin: )Soal: Mengumpulkan source-program beserta executed-code dalam bahasapemrograman C atau C++ untuk aplikasi program chatting. Tugas jugadikumpulkan dalam format power-point yang menunjukkan tampilan jalannyaprogram; sertakan kembali soalnya. Lampirkan source-codeC atau C++ tsb dalamslide power-point.

    Pilihan-4: (bobot poin: )Soal: Buatlah algoritma dan pemrograman C atau C++ untuk menggambarkanlingkaran (beserta warna) seperti ditunjukkan berikut ini. Tugas juga dikumpulkan

    dalam format power-point yang menunjukkan tampilan jalannya program,algoritma dan pemrograman C atau C++ tsb; sertakan kembali soalnya dalam slidepower-point yang akan dikumpulkan. Sertakan dengan source-code dan object-code.

  • 7/26/2019 AlPro I Tgs Eksklusif r02112015

    3/3

    Pilihan-5: (bobot poin: )Soal: Mengumpulkan aplikasi Android (serverdi-installpada PC dan clientdi-installpada smartphone) untuk dapat me-remote slide power-point di laptop ataukomputer (PC). Tugas juga dikumpulkan dalam format power-point yangmenunjukkan tampilan jalannya program; sertakan kembali soalnya.

    Pilihan-6: (bobot poin: )Soal: Buatlah algoritma dan pemrograman C++ untuk menampilkan bilangan acak(random number) dengan range: 0 s.d 1; dimana ditampilkan lima bilangan untuksatu kali percobaan. Tugas juga dikumpulkan dalam format power-point yangmenunjukkan source-code dan tampilan jalannya program; sertakan kembalisoalnya. Sertakan dengan source-codedan object-code.

    Pilihan-7: (bobot poin: )Soal: Buatlah algoritma dan pemrograman C++ untuk menampilkan jam digital(misalkan tampilan berikut ini). Kumpulkan source-code dan object-code-nyadengan menyertakan dalam attachmentdengan tugas slide power-point. Tugas juga

    dikumpulkan dalam format power-point yang menunjukkan tampilan jalannyaprogram; sertakan kembali soalnya pada slideyang akan dikumpulkan.Contoh: 15:15:59

    Pilihan-8: (bobot poin: )Soal: Mengumpulkan source-codebeserta object-codedalam C++ (*.cpp dan *.obj)untuk mengidentifikasi WiFi di sekitar komputer. Tugas juga dikumpulkan dalamformat power-point yang menunjukkan algoritma dan pemrograman C++ dantampilan jalannya program; sertakan kembali soalnya pada slide yang akandikumpulkan.

    Pilihan-9: (bobot poin: )

    Soal: Mengumpulkan source-program beserta object-code dalam C++ (*.cpp dan*.obj) untuk mengidentifikasi Bluetooth di sekitar komputer. Tugas jugadikumpulkan dalam format power-point yang menunjukkan algoritma danpemrograman C++ dan tampilan jalannya program; sertakan kembali soalnya padaslideyang akan dikumpulkan.

    Pilihan-10: (bobot poin: )Soal: Buatlah algoritma dan pemrograman JavaScript (*.htm/*.html) untukmenampilkan representasi kuantitatif dari pola prosentase yang di-input-kan atauterdeklarasi. Seperti ditunjukkan pada gambar berikut. Tugas juga dikumpulkandalam formatpower-pointyang menunjukkan tampilan jalannya program; sertakankembali soalnya pada slideyang akan dikumpulkan.

    Selamat Mengerjakan

    Semoga Sukses