adab pergaulan islami

Download Adab Pergaulan Islami

Post on 20-Oct-2015

26 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

adab

TRANSCRIPT

ADAB PERGAULAN ISLAMI

ADAB PERGAULAN ISLAMI Oleh :Drs. Ayuhan. MA Dosen FAI UMJ

Apa itu adab?Adab Dari segi bahasa artinya sopan, kesopanan, kebaikan, budi pekerti:

Adab dalam kamus istilah fikih (hukum agama) adalah tata cara atau kesopanan, baik dalam berpikir, berbicara maupun dalam bersikap. Baik kepada sesama manusia, kepada makhluk binatang, tumbuh-tumbuhan, apalagi kepada Allah SWT.

2Islam sangat menekankan terwujudnya kesempurnaan adab suatu bangsa atau seseorang, dan karena itu pula Rasulullah SAW diutus oleh Allah SWT kepada sekalian umat manusia.

Hadis : Artinya: Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia (HR. Baihaqi)

Sejarah Bangsa Arab sebelum Islam : 4Agama Islam merupakan tata nilai yang mengantarkan pemeluknya menuju kebahagiaan di dunia dan di akherat. Dan agama Islam sebagai Rahmatan lilalamain. Rasulullah Saw pernah bersabda : ( Islam itu memiliki sistem tata nilai yang tinggi dan tidak ada yang lebih tingggi dari Islam (Hadis)Islam mengenal dan menekankan berbagai adab dalam ilmu, seperti penelitian, Adabul Tilawah, Adabud-Dua adab mengambil air wudhu, adab berbicara dan bertingkah laku, adab terhadap orang tua dan sebagainya.Perintah pergaulan secara umumFirmanAllah : ()

Artinya . Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS: Al- Hujarat (49) : 13)

Aturan Pergaulan

Sebenarnya pertemuan antara laki-laki dengan perempuan tidak haram, melainkan jaiz (boleh). Bahkan, hal itu kadang-kadang dituntut apabila bertujuan untuk kebaikan,

seperti dalam urusan ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kebajikan, perjuangan, atau lain-lain yang memerlukan banyak tenaga, baik dari laki-laki maupun perempuan, misalnya dalam berorganisasi, belajar kelompok atau diskusi maslah-masalah pelajaran bersama-sama .

Namun, kebolehan itu tidak berarti bahwa batas-batas diantara keduanya menjadi lebur dan ikatan-ikatan syar`iyah yang baku dilupakan. Kita tidak perlu menganggap diri kita sebagai malaikat yang suci yang dikhawatirkan melakukan pelanggaran, dan kita pun tidak perlu memindahkan budaya Barat kepada kita. Yang harus kita lakukan ialah bekerja sama dalam kebaikan serta tolong-menolong dalam kebajikan dan takwa, dalam batas-batas hukum yang telah ditetapkan oleh Islam. Batas-batas hukum tersebut antara lain:?

1. Menahan pandangan dari kedua belah pihak.

Allah berfirman: Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.` Katakanlah kepada wanita yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya...`(An-Nur: (24) 30-31)

Artinya, tidak boleh melihat aurat, tidak boleh memandang dengan syahwat, tidak berlama-lama memandang tanpa ada keperluan. Apa Itu Syahwat ?Syahwat: Keinginan-keinginan atau ketertarikan-ketertatikan nafsu dan hati/akal Keinginan nafsu biasanya menjurus kepada kejahatan, sedangakan keinginan hati/akal biasanya menjurus kepada kebaikan. Syhawat ini pasti ada pada diri setiap manusia sejak lahir, untuk mendorong mencari kesempatan berbuat ( yang baik atau sebaliknya). ()

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al Isra: (17) 32).

Zina bisa terjadi mealui : KhalwahKhalwah maksudnya adalah berdua-duaan antara pria dan wanita yang tidak punya hubungan suami istri dan tidak pula mahramnya tanpa ada orang ke tiga.

Rasulullah Bersabda :Jauhlilah berkhalwah dengan wanita. Demi (Allah) Yang didiriku berada dalam genggaman-Nya, tidaklah berkhalwah seseorang laki-laki dengan wanita kecuali syetan akan masuk di antara keduanya: (HR Thabrani)Syetan akan selalu mencari pelauanga dan memanfaatkan segala kesempatan untuk menjerumuskan anak cucu adam as. Kalau dua manusia lawan jenis yang secara fitrah saling memiliki ketertarikan seksual itu lupa denan Allah, tidak ada lagi yang mengingatkannya. () () Artinya Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, Kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka[1304]. (QS: Shaad ( ) : 82 -83

Pelanggaran di atas dapat dikategorikan kepada hal-hal yang mendekati zina karena jika dibiarkan, bukan tidak mungkin akan mengarah pada zina yang sesungguhnya, naudzubillah. Maka, bersama-sama kita saling menjaga pergaulan ikhwan-akhwat. Wahai akhwat., jagalah para ikhwan. Dan wahai ikhwan., jagalah para akhwat. Jagalah agar tidak terjerumus ke dalam kategori mendekati zina.Kata syahwat disebutkan dalamn Al-Quran dengan pengertian nafsu seks yang keliru :

()Artinya: Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas. (QS: al-Araf (7) : 81)

Dan keinginan pada wanita, anak-anak, harta benda dsb, yang sifatnya duniawi (QS: Al-Imran (3) : 14)

()Artinya: Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak[186] dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS: Al-Imran (3) : 14)

2. Pihak wanita harus mengenakan pakaian yang sopan yang dituntunkan syara`

Yaitu pakaian yang menutup seluruh tubuh selain muka dan telapak tangan. Jangan yang tipis dan jangan dengan potongan yang menampakkan bentuk tubuh. Firman Allah

Artinya: `... dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya ...` (An-Nur: (24) 31 )

Dari sinilah, lahir perintah unuk memakai jilbab. 26Jilbab adalah kain penutup kepala perempuan, atau kerudung pakaian yang menutup aurat bagian atas perempuan. Aurat perempuan ketika shalat ialah seluruh badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Sedang aurat perempuan diluar shalat, meliputi seluruh badan. Hukum nenutup auarat ialah wajib, selain di hadapan suaminya atau muhrimnya, dan dalam keadaan dlarurat. Diriwayatkan dari beberapa sahabat bahwa perhiasan yang biasa tampak ialah muka dan tangan.

Allah berfirman mengenai sebab diperintahkan-Nya berlaku sopan: ... Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu (al-Ahzab: 59) Dengan pakaian tersebut, dapat dibedakan antara wanita yang baik-baik dengan wanita nakal. Terhadap wanita yang baik-baik, tidak ada laki-laki yang suka mengganggunya, sebab pakaian dan kesopanannya mengharuskan setiap orang yang melihatnya untuk menghormatinya.

3. Mematuhi adab-adab wanita muslimah dalam segala hal, terutama dalam pergaulannya dengan laki-laki:

a. Dalam perkataan, harus menghindari perkataan yang merayu dan membangkitkan rangsangan. Allah berfirman:

`... Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.` (al-Ahzab: 32)?

b.Dalam berjalan, jangan memancing pandangan orang.Firman Allah :

`... Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan...` (an-Nur: 31)

Hendaklah mencontoh wanita yang diidentifikasikan oleh Allah dengan firman-Nya:

`Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan kemalu-maluan ...` (al-Qashash: 25)?

C. Pihak wanita harus mengenakan pakaian yang sopan yang dituntunkan syara Yaitu pakaian yang menutup seluruh tubuh selain muka dan telapak tangan. Jangan yang tipis dan jangan dengan potongan yang menampakkan bentuk tubuh.

Allah berfirman: `...dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya ...` (an-Nur: (24) 31 )

Diriwayatkan dari beberapa sahabat bahwa perhiasan yang biasa tampak ialah muka dan tangan.

Allah berfirman mengenai sebab diperintahkan-Nya berlaku sopan:

`... Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu ...` (al-Ahzab: 59)

Efek Positif PakaianIslami Dengan pakaian tersebut, dapat dibedakan antara wanita yang baik-baik dengan wanita nakal. Terhadap wanita yang baik-baik, tidak ada laki-laki yang suka mengganggunya, sebab pakaian dan kesopanannya mengharuskan setiap orang yang melihatnya untuk menghormatinya.

Manfaat Perintah dan Larangan Allah dan Rasul-NyaPergaulan :

Ini diperintahkan dan dibolehkan Allah karena ia baik dan bermanfaat2. ini dilarang dan tidak dibolehkan Allah karena ia buruk dan merusak

Perhatian !!a. Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali dia bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak bersama mahramnya, karena yang ketiganya ialah syaitan. (HR.Ahmad)

Ada tambahan sati lagi, keempatnya adalah nyamuk, karena berduaan di tempat gelap, seperti di situ gintung dsb.37 () ()Artinya Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, Kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka[1304]. (QS: Shaad ( ) : 82 -83[1304] Yang dimaksud dengan mukhlis ialah orang-orang yang telah diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah s.w.t.

38b. Allah SWT berfirma