ad art ss. bolovatu

Download AD ART SS. BOLOVATU

Post on 28-Jan-2016

262 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Bengkel seni BIAS 14

ANGGARAN DASAR SANGGAR SENI BOLOVATU MBULAVA

PEMBUKAAN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESABahwa sebagai warga Indonesia,sebagian besar rakyat indonesia dengan brbagai aktifitasnya di lingkungan sosial masyarakat antara lain komunitas seni. Di sulawesi Tengah khususnya kec.Tatanga telah tumbuh dan berkembang nilai nilai budaya leluhur yang terus di jaga dan lestarikan keberadaannya.

Khusus nilai nilai seni di tanah kaili merupakan sektor yang strategis dalam menujunjung tinggi nilai nilai kebudayaan yang tentunya akan menjadi ciri khas daerah atau identitas suatu daerah. Berdasarkan hal ini bahwa komunitas seni (sanggar seni) mempunyai peran sentral bagi pembangunan karakter suatu daerah.

Bahwa pada hakekatnya perjuangan pekerja seni adalah memajukan nilai nilai seni dan karakter sehingga terwujud tali persaudaraan antar sesama anak bangsa dan juga dapat tercipta kader kader pekerja seni yang tentunya di harapkan berkiprah di ajang seni nasional dan internasional.

Perjuangan pekerja seni ini di laksanakan merupakan pembangunan manusia yang seimbang anatara material dan spiritual serta terintegrasi antara seni dan indutri seni sebagai landasan terjaminnya perkembangan atau pertumbuhan ekonomi dan mampu meningkatkan derajat kaum pekerja seni.

Bahwa telah menjadi tekad bulat dari organisasi sanggar seni Bolovatu Mbulava untuk secara bersama sama dengan sanggar-sanggar seni lainnya dalam memajukan dan melestarikan nilai-nilai seni dan kebudayaan serta karakter guna menggalang persatuan dan kesatuan sesama antar pekerja seni.

BAB I

PASAL 1NAMA

Organisasi ini bernama Sanggar seni Bolovatu mbulava

PASAL 2WAKTU

Sanggar seni Bolovatu Mbulava didirikan pada tanggal 28 Desember 2014 hingga waktu yang tak ditentukan

PASAL 3KEDUDUKAN

Sanggar seni Bolovatu Mbulava berkedudukan di Tatanga kelurahan Tavanjuka kecamatan tatanga

BAB IIDASAR, ASAS, SIFAT,FUNGSI dan TUJUAN

PASAL 4DASAR

Sanggar seni Bolovatu Mbulava berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

PASAL 5ASAS

Sanggar seni Bolovatu Mbulava berasaskan atas rasa kebersamaan, solidaritas, kreatif dan inovatif, serta memiliki rasa tanggungjawab

PASAL 6SIFAT

Sanggar seni Bolovatu Mbulava memiliki sifat :1. Organisasi kemasyarakatan yang menyatukan segenap anggota berdasarkan kesamaan profesi,fungsi terhadap seni dan budaya.2. Organisasi mandiri dan independen.3. Organisasi kerakyatan bersendikan demokrasi dan terbuka4. Organisasi gerakan perjuangan pekerja seni

PASAL 7FUNGSI

Sanggar Seni Bolovatu Mbulava memiliki fungsi :1. Wadah penghimpun segenap potensi pekerja seni2. Alat penggerak dan perjuangan pekerja seni 3. Sarana penampung dan penyalur aspirasi pekerja seni4. Arena pemberdayaan dan pendidikan pekerja seni

PASAL 8TUJUAN

1. Sanggar seni Bolovatu Mbulava bertujan untuk mengembangkan Seni dan Budaya2. Mewujudkan dan menjalin tali silaturahim, serta membentuk anggota agar lebih kreatif dan lebih tanggap terhadap perkembangan Seni dan Budaya.

BAB IIIATRIBUT DAN SEMBOYAN

PASAL 9ATRIBUT

1. Sanggar Seni Bolovatu Mbulava mempunyai atribut-atribut, yang terdiri dari panji, lambang dan lagu2. Ketentuan tentang atribut diatur lebih lanjut dalam anggaran rumah tangga dan ditetapkan oleh libu mbaso.

PASAL 10SEMBOYAN

Sanggar seni Bolovatu Mbulava memiliki semboyang perjuangan Budaya Lestari, Seni jaya

BAB IVKEANGOTAANPASAL 11

1. Anggota sanggar seni bolovatu mbulava terdiri atas anggota perorangan, kelompok yang berminat memajukan dan melestarikan seni dan budaya dan telah mengikuti prosesi penerimaan anggota2. Keangotaan dapat berakhir karena:a. Mengundurkan dirib. Di berhentikan sebagai anggota karena melangar disiplin organisasi3. Tata cara untuk menjadi anggota sanggar seni bolovatu mbulava akan di atur dalam angaran rumah tanggaBAB VSTRUKTUR KEPENGURUSAN

PASAL 12

Kepengurusan sanggar seni bolovatu mbulava terdiri atas:1. pengurus dewan penasehat beranggotakan 5 orang.2. Dewan pembina beranggotakan 5 orang.3. Pengurus inti terdiri atas Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, di bantu oleh masing-masing wakil4. Pengurus di tunjang oleh 7 seksi.5. Bagan struktur kepengurusan diatur dalam anggaran rumah tangga.

BAB VILIBU MBASO dan JENIS LIBU

PASAL 13LIBU MBASO

Libu mbaso merupakan pemegang kekuasaan tertinggi organisasi, diadakan sekali dalam setahun dengan wewenang:1. Mengubah dan menetapkan AD dan ART.2. Menetapkan program umum organisasi.3. Menetapkan penilaian pertanggung jawaban pengurus.4. Memilih dan menetapkan pengurus.

PASAL 14JENIS LIBU

Jenis polibu Sanggar Seni Bolovatu Mbulava terdiri dari :a. Libu pengurusb. Libu Pengurus dan Anggotac. Libu Istimewa

BAB VIIKEUANGAN

PASAL 15

Keuangan organisasi diperoleh dari:1. Uang pangkal dan uang iuran anggota, baik anggota perorangan maupun kelompok.2. Bantuan dan sumbangan yang tidak mengikat.3. Usaha-usaha lain yang sah.

BAB IXPENUTUP

PASAL 16

1. Anggaran dasar ini hanya dapat diubah dan ditambah oleh libu mbaso2. Hal-hal yang belum diatur dalam AD, akan diatur lebih lanjut dan ART.3. Pelaksanaan AD dan ART diatur dalam peraturan organisasi.

ANGGARAN RUMAH TANGGASANGGAR SENI BOLOVATU MBULAVA

BAB IKEANGGOTAAN

PASAL 1TATA CARA MENJADI ANGGOTA

1. Untuk menjadi anggota, terlebih dahulu mengajukan permohonan langsung kepada pengurus.2. Menyetujui anggaran dasar, anggaran rumah tangga, program umum dan mematuhi peraturan-peraturan organisasi.

PASAL 2HAK ANGGOTA

1. Setiap anggota mempunyai hak yang sama untuk berkreativitas dan mengeluarkan pendapat2. Setiap anggota Berhak untuk Dipilih dan Memilih menjadi pengurus Sanggar Seni Bolovatu Mbulava.

PASAL 3KEWAJIBAN ANGGOTA

1. Mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga2. Berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Sanggar Seni Bolovatu Mbulava.3. Menjaga, memelihara dan menjunjung tinggi nama baik Sanggar Seni Bolovatu Mbulava.

BAB IIKEPENGURUSAN

PASAL 4

1. Pengurus inti Sanggar Seni Bolovatu Mbulava dapat mencalonkan dan dicalonkan kembali dalam Libu Mbaso.2. Pengurus lainnya dipilih dan dibentuk oleh Pengurus inti.3. Masa kepengurusan Sanggar Seni Bolovatu Mbulava adalah1 periode dalam 1 tahun.

BAB III TUGAS dan WEWENANG PENGURUS

PASAL 5

1. Menyusun, menetapkan dan mensosialisasikan program kerja kepada anggota2. Melaksanakan program kerja dan Meminta pertanggungjawaban badan pekerja/panitia pelaksana kegiatan3. Mengontrol keaktifan anggota4. Membuat Laporan Pertanggung Jawaban pada akhir periode kepengurusan

BAB IVDISIPLIN ORGANISASI

PASAL 6

1. Anggota tidak dibenarkan melakukan tindakan yang mengarah pada perpecahan Sanggar Seni Bolovatu Mbulava atau hal lain yang dapat merusak nama baik Sanggar Seni Bolovatu Mbulava.2. Anggota tidak dibenarkan mengatasnamakan Sanggar Seni Bolovatu Mbulava tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari Pengurus Inti.3. Menunjukan loyalitas dan keaktifan sebagai anggota Sanggar Seni Bolovatu Mbulava.

BAB VSANKSI SANKSI

PASAL 7

1. Apabila melanggar pasal 6 ayat (1) maka, keputusan diambil melalui Rapat Istimewa.2. Apabila melanggar pasal 6 ayat (2) dan (3) maka, mendapat surat teguran dan akan ditindak lanjuti sebagaimana mestinya.

BAB VILAMBANG ORGANISASI

PASAL 8

Lambang Sanggar Seni Bolovatu Mbulava adalah Tiga bambu kuning terikat oleh rantai dan dibentengi oleh guma ante toko dan masing masing memiliki makna tersendiri.

BAB VIILIBU MBASO

PASAL 9

Libu Mbaso dilaksanakan pada akhir masa jabatan

BAB VIIIKEUANGAN ORGANISASI

PASAL 10

Keuangan organisasi diperoleh dari usaha usaha dana yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar

BAB IXPENUTUP

PASAL 11

Hal - hal yang belum diatur dalam Anggaran RumahTangga, akan diatur kemudian dan jika terdapat kekeliruan maka akan diperbaharui sebagaimana mestinya.

Lampiran 1: Keterangan Gambar

Keterangan :

1. Bambu Bambu berwarna kuning melambangkan keagungan dan kemegahan.2. Rantai Rantai berwarna merah mengikat tiga bambu melambangkan kekuatan dan kekokohan agar tetap bersatu.3. Guma ante TokoGuma ante Toko melambangkan pengayom atau pelindung yang membentengi keagungan dan kemegahan yang telah terikat kuat dan kokoh hingga tidak bercerai berai.4. Warna Kuning KeemasanWarna kuning keemasan merupakan perwujudan dari keagungan dan kemegahan.5. Warna Hijau Warna hijau merupakan perwujudan dari kesejahteraan dan kemakmuran.6. Warna MerahWarna merah merupakan perwujudan dari keberanian, ketegasan, kekuatan dan kekokohan.7. Warna HitamWarna hitam merupakan perwujudan sebagai perlindungan dari bahaya-bahaya agar kemakmuran, kesejahteraan, keangungan, dan kemegahan tetap terjaga, jaya dan lestari.

Bendahara UmumSekertaris UmumKetua UmumLampiran 2 Struktur Organisasi :

Wakil Ketua II(Bidang Minat Bakat)Wakil Ketua I(Bidang-bidang)

Divisi FotografiDivisi Lukis Divisi Puisi dan SastraDivisi MusikDivisi TeaterDivisi TariBidangPenelitian dan Pengembangan Minat Bakat

Bidang Manajemen PertunjukkanBidang Hubungan MasyarakatBidang Manajemen Organisasi

Divisi Perfilman

PENGURUS SANGGAR SENI BOLOVATU MBULAVATATANGA

Dewan Penasehat Agus Salim (Imam Mesjid Al-Jihad Tatanga) Amilis (Tokoh Adat) Hj. Zainuddin Tambuala .Lc .MA Ir. Heder .MM

Dewan Pembina Adhan .S.sos Drs. Werdinandir .MH Ir. Gagarin .M.si Arwansyah Hj. Intan Sunarsi

KETUA UMUM: Abd WahidWAKIL KETUA: Dedi RahmatSEKRETARIS: Khusnul KhotimaWAKIL SEKRETARIS: AnceBENDAHARA: Irene PutriWAKIL BENDAHARA: Fatmawati