ad art pujakesuma 2011

22
ANGGARAN DASAR dan ANGGARAN RUMAH TANGGA PAGUYUBAN KELUARGA BESAR Medan, 19 November 2011 Diterbitkan Oleh: PP Pujakesuma

Upload: pujakesuma-pusat

Post on 07-Mar-2016

685 views

Category:

Documents


98 download

DESCRIPTION

ad art sumatera pujakesuma puajekesuma pusat 2011-2016, jawa

TRANSCRIPT

ANGGARAN DASARdan

ANGGARAN RUMAH TANGGAPAGUYUBAN KELUARGA BESAR

Medan, 19 November 2011Diterbitkan Oleh: PP Pujakesuma

KEPUTUSAN MUBES-III PKB PUJAKESUMANO. 06/SK/Mubes-III/PJK-P/2011, Tanggal 19 November 2011.Tentang PENYEMPURNAAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAHTANGGA PKB PUJAKESUMA.

ANGGARAN DASAR PKB PUJAKESUMABAB I

NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN

Pasal 1Nama

Organisasi ini diberi nama Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma yang disebut dengan“PKB PUJAKESUMA”.

Pasal 2Waktu

Organisasi PKB Pujakesuma didirikan di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 10 Juli 1980untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.

Pasal 3Kedudukan

Kedudukan Pengurus Pusat PKB Pujakesuma berada di Kota Medan, Provinsi SumateraUtara, dan organisasi ini mempunyai pengurus di dalam dan di luar wilayah SumateraUtara serta di dalam dan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BAB IIAZAS, SIFAT DAN TUJUAN

Pasal 4Azas

PKB Pujakesuma berazaskan Pancasila.

Pasal 5Sifat

PKB Pujakesuma merupakan organisasi PAGUYUBAN yang bersifat budaya, sosialkemasyarakatan dan perekonomian.

Pasal 6Tujuan

PKB Pujakesuma bertujuan :1. Mewujudkan hubungan silaturahim dan kekerabatan yang kokoh dengan menjunjung

tinggi nilai luhur peradaban dan budaya Jawa.2.Mewujudkan warga PKB Pujakesuma menjadi sumber daya manusia yang berbudi

pekerti luhur, cerdas, tangguh, berbudaya dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 1

Esa sehingga bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.3. Menggali, melestarikan dan melindungi potensi-potensi kebudayaan Jawa baik yang

berasal dari Pulau Jawa maupun kreatifitas budaya warga PKB Pujaksuma gunakepentingan ilmu pengetahuan dan kemasyarakatan.

BAB IIITUGAS POKOK DAN FUNGSI

Pasal 7Tugas Pokok

1. Menumbuhkembangkan Kebudayaan Jawa sehingga bermanfaat bagi warga PKBPujakesuma khususnya dan masyarakat pada umumnya.

2. Berperan aktif bersama pemerintah untuk melestarikan Budaya Jawa dalam sendikehidupan budaya, sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

3. Membangun potensi perekonomian yang berdaya saing dan berkualitas.

Pasal 8Fungsi

PKB Pujakesuma berfungsi :1. Wadah berhimpun dan pengayom warga masyarakat Jawa kelahiran/berkedudukan

serta Keturunan Jawa di dalam dan di luar wilayah Negara Kesatuan RepublikIndonesia yang memiliki persamaan kehendak untuk mencapai cita-cita dalammewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Mengemban, mengamalkan dan membela Pancasila serta berorientasi padapembangunan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya.

3. Sebagai wadah partisipasi PKB Pujakesuma dalam pembangunan kesenian,kebudayaan, olahraga, sumber daya manusia, perekonomian serta meningkatkanperan serta aktif di dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yangada didalam dan luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Merupakan wadah komunikasi timbal balik antara pemerintah dan masyarakat dan jugaantara sesama anggota keluarga khususnya PKB Pujakesuma, serta sebagai forumkomunikasi lembaga-lembaga/elemen yang berorientasi kepada kebudayaan Jawa.

BAB IVLAMBANG DAN ATRIBUT ORGANISASI

Pasal 9

PKB Pujakesuma mempunyai atribut terdiri dari Lambang, Logo, Pataka/Sampala, bendera,Pakaian Seragam, Mars dan Hymne serta berbagai jenis atribut lainnya.

BAB VKEANGGOTAAN

Pasal 101. Anggota PKB Pujakesuma terdiri dari :

a.Anggota Biasa.b.Anggota Khusus

2. Anggota Biasa adalah Warga Negara Indonesia keturunan Jawa maupun pembauranyang dilahirkan/berkedudukan di dalam dan di luar wilayah Negara Kesatuan RepublikIndonesia.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 2

3. Anggota Khusus adalah warga dari etnis di luar Jawa. Penerimaan Anggota Khususdiputuskan oleh Majelis Pembina PKB Pujakesuma.

4. Anggota PKB Pujakesuma wajib setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan PimpinanOrganisasi PKB Pujakesuma.

BAB VIKEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA

Pasal 11Kewajiban

Setiap anggota PKB Pujakesuma berkewajiban untuk :1. Menjunjung tinggi nama dan kehormatan organisasi.2. Mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, peraturan-peraturan,

keputusan-keputusan dan disiplin organisasi.3. Aktif dalam melaksanakan program-program organisasi.

Pasal 12H a k

1. Setiap anggota PKB Pujakesuma mempunyai hak :a.Memberikan saran dan pendapat.b.Mendapat pengayoman.

2. Penggunaan hak anggota sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) di atas, diatur dalamAnggaran Rumah Tangga.

BAB VIIBADAN OTONOM DAN LEMBAGA

Pasal 13

1. Untuk dapat melaksanakan fungsi dan mencapai tujuannya, PKB Pujakesumamembentuk badan-badan otonom dan lembaga-lembaga.

2. Badan-badan otonom adalah Wanita PKB Pujakesuma, Pemuda PKB Pujakesuma dandapat dibentuk badan-badan otonom baru yang mendapat persetujuan dari MajelisPembina.

3. Badan Otonom Wanita PKB Pujakesuma dan Pemuda PKB Pujakesuma dapat membentuklembaga-lembaga seperti Lembaga mahasiswa, lembaga Pelajar dan lainnya denganmendapat persetujuan dari Pengurus Pusat PKB Pujakesuma.

4. PKB Pujakesuma dapat membentuk lembaga-lembaga antara lain yayasan/badan-badanusaha yang bergerak di bidang :a.Ekonomi dengan mendirikan koperasi atau cabang usaha lainnya.b.Pendidikan dengan menyelenggarakan pendidikan formal dan non-formal dari TK

hingga perguruan tinggi.c.Layanan Kesehatan dengan mendirikan poliklinik/ rumahsakit.d.Usaha lain yang bermanfaat untuk masyarakat dan khususnya anggota.

Pasal 14

1. Badan Otonom Wanita dan Pemuda PKB Pujakesuma didirikan di tingkat Provinsi (PW),Kabupaten/Kota (PD) Kecamatan (PC) dan Desa/Kelurahan (PERAN) di dalam dan diluar wilayah NKRI.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 3

2. Lembaga didirikan sesuai dengan kebutuhan organisasi.3. Ketentuan lebih lanjut tentang badan otonom dan lembaga, diatur dalam Peraturan

Organisasi.

BAB VIIISUSUNAN ORGANISASI, WEWENANG DAN KEWAJIBAN PENGURUS

Pasal 15Susunan Organisasi

Susunan organisasi PKB Pujakesuma terdiri dari :1. Tingkat Pusat, disebut Pengurus Pusat (PP).2. Tingkat Provinsi, disebut Pengurus Wilayah (PW).3. Tingkat Kabupaten/Kota, disebut Pengurus Daerah (PD).4. Tingkat Kecamatan, disebut Pengurus Cabang (PC).5. Tingkat Desa/Kelurahan, disebut Pengurus Ranting (PERAN).6. Biro-biro untuk tingkat Provinsi.7. Bagian-bagian untuk tingkat Kabupaten/Kota.8. Seksi-seksi untuk tingkat Kecamatan.9. Unsur-unsur untuk tingkat Desa/Kelurahan.10.Wanita dan Pemuda PKB Pujakesuma mulai dari tingkat Wilayah (PW), PD, PC dan

PERAN.11.Lembaga Mahasiswa PKB Pujakesuma terdapat di Perguruan Tinggi.

Pasal 16Wewenang

1. Pengurus Pusat PKB Pujakesuma adalah Badan Pelaksana Organisasi Tertinggi yangbersifat kolektif.

2. Pengurus Pusat PKB Pujakesuma berwenang :a.Menentukan kebijakan organisasi di tingkat Pusat sesuai dengan AD/ART,

keputusan musyawarah dan rapat di tingkat pusat serta peraturan organisasi lainnya.b.Menetapkan dan mengesahkan komposisi dan personalia Pengurus Provinsi.

3. Pengurus Wilayah PKB Pujakesuma berwenang :a.Menentukan kebijakan organisasi di tingkat Provinsi sesuai dengan AD/ART,

keputusan musyawarah dan rapat di tingkat provinsi serta peraturan organisasi lainnya.b.Mengesahkan komposisi dan personalia Pengurus Daerah Kab/Kota.

4. Pengurus Daerah PKB Pujaksuma berwenang :a. Menentukan kebijakan organisasi di tingkat Kab/Kota sesuai dengan AD/ART,

keputusan musyawarah dan rapat di tingkat Kab/Kota serta peraturan organisasilainnya.

b. Mengesahkan komposisi dan personalia Pengurus Daerah Kecamatan.5. Pengurus Cabang PKB Pujakesuma berwenang :

a.Menentukan kebijakan organisasi di tingkat Kecamatan sesuai dengan AD/ART,keputusan musyawarah dan rapat di tingkat Kecamatan serta peraturan organisasi lainnya.

b. Mengesahkan komposisi dan personalia Pengurus Ranting Desa/Kelurahan.6. PERAN PKB Pujakesuma berwenang :

Menentukan kebijakan organisasi di tingkat Desa/kelurahan sesuai dengan AD/ART,keputusan musyawarah dan rapat di tingkat Desa/Kelurahan serta peraturan organisasilainnya.

4Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 4

BAB IXMUSYAWARAH DAN RAPAT

Pasal 17

Musyawarah adalah keputusan tertinggi dalam organisasi sesuai tingkatannya, yangterdiri dari :1. Musyawarah Besar (MUBES) untuk tingkat Pusat.2. Musyawarah Wilayah (Musywil) untuk tingkat Provinsi.3. Musyawarah Daerah (MUSDA) untuk tingkat Kabupaten/Kota.4. Musyawarah Cabang (Muscab) untuk tingkat Kecamatan.5. Musyawarah Ranting (MUSRAN) untuk tingkat Desa/Kelurahan.

Musyawarah-musyawarah :a. Musyawarah besar.

Dilaksanakan oleh Pengurus Pusat, sekurang-kurangnya sekali dalam 5(lima) tahun,bertempat di ibukota Provinsi atau di salah satu ibukota Kabupaten/kota lainnya.

b. Musyawarah Wilayah.Dilakukan oleh Pengurus Wilayah Provinsi setelah mendapat persetujuan dariPengurus Pusat, sekurang-kurangnya sekali dalam 5(lima) tahun, bertempat diibukota Provinsi atau di salah satu ibukota Kabupaten/kota wilayah Provinsibersangkutan.

c. Musyawarah Daerah.Dilakukan oleh Pengurus Daerah Kabupaten/kota setelah mendapat persetujuan dariPengurus Wilayah, sekurang-kurangnya sekali dalam 5(lima) tahun, bertempat diibukota Kabupaten/Kota atau di salah satu ibukota kecamatan di wilayah kecamatanbersangkutan.

d. Musyawarah Cabang.Dilakukan oleh Pengurus Cabang kecamatan setelah mendapat persetujuan dariPengurus Daerah, sekurang-kurangnya sekali dalam 5(lima) tahun, bertempat diibukota kecamatan di salah satu ibukota kelurahan/desa di wilayah kecamatanbersangkutan.

e. Musyawarah Ranting.Dilakukan oleh Pengurus Ranting Desa/Kelurahan setelah mendapat persetujuan dariPengurus Cabang, sekurang-kurangnya sekali dalam 5(lima) tahun, bertempat dikelurahan/desa bersangkutan.

f . Musyawarah Mahasiswa.Dilakukan oleh Mahasiswa PKB Pujakesuma dilaksanakan setelah mendapatpersetujuan dari Pengurus Wilayah Pemuda PKB Pujakesuma, sekurang-kurangnyasekali dalam 3(tiga) tahun, bertempat di perguruan tinggi setempat atau tempat lainyang memungkinkan.

Rapat-rapat.a. Rapat Pengurus Pleno, Rapat Pengurus Pleno diperluas, Rapat Pengurus Harian,

Rapat Pengurus Harian Diperluas, Rapat Tim Kerja Keuangan, Rapat Kesekretariatan,Rapat antar Biro, Rapat antar Bagian, Rapat antar Seksi, dan Rapat antar unsurHarian dilaksanakan Oleh seluruh jajaran/tingkat organisasi menurut kebutuhannya.

b. Rapat dipimpin oleh Ketua Umum/Ketua atau wakil ketua yang ditunjuk oleh KetuaUmum/Ketua.

c. Pengurus Harian terdiri dari Ketua Umum/Ketua, Ketua Harian, Para Ketua, SekretarisUmum/Sekretaris, para Wakil Sekretaris, serta Bendahara Umum/Bendahara danpara Wakil Bendahara.

5Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 5

BAB XKORUM DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pasal 18

Korum musyawarah dan rapat-rapat seperti tersebut dalam Pasal (17) di atas adalah sahapabila :1. Dihadiri oleh lebih dari setengah jumlah anggota/peserta.2. Pengambilan keputusan diupayakan secara musyawarah untuk mencapai mufakat

dengan mengedepankan semangat Guyub, Rukun, Raket, Regeng dan Rumekso sertatekad untuk tidak mengambil keputusan berdasarkan perhitungan suara terbanyak.

3. Dalam hal musyawarah mengambil keputusan tentang apapun, sekurang-kurangnyadisetujui oleh lebih dari setengah jumlah peserta yang hadir.

BAB XIKEUANGAN

Pasal 19

1. Keuangan organisasi PKB Pujakesuma diserahkan kepada kebijakan masing-masingkepengurusan, sepanjang tidak melanggar hukum yang berlaku.

2. Organisasi PKB Pujakesuma dapat menerima bantuan yang tidak mengikat dari paradermawan, simpatisan dan masyarakat lainnya.

BAB XIIPRIODESASI KEPENGURUSAN DAN PENGESAHAN KEPENGURUSAN

Pasal 20Priodesasi Kepengurusan

1. Priode kepengurusan PP PKB Pujakesuma, PW PKB Pujakesuma Provinsi, PW WanitaPKB Pujakesuma Provinsi, PW Pemuda PKB Pujakesuma Provinsi, PD PKB PujakesumaKabupaten/Kota, PD Wanita PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PD Pemuda PKBPujakesuma Kabupaten/Kota, PC PKB Pujakesuma Kecamatan, PC Wanita PKBPujakesuma Kecamatan, PC Pemuda PKB Pujakesuma Kecamatan, PERAN PKBPujakesuma Desa/Kelurahan, PERAN Wanita PKB Pujakesuma Desa/Kelurahan danPERAN Pemuda PKB Pujakesuma Desa/Kelurahan adalah 5(lima) tahun.

2. Priode kepengurusan Lembaga Mahasiswa dan Lembaga Pelajar PKB Pujakesumaadalah 3(tiga) tahun.

3. Jika kepengurusan dari PW, PD, PC dan PERAN dan Lembaga tidak melaksanakanmusyawarah pemilihan pengurus sampai satu bulan setelah berakhir masa priodenya,maka semua tingkatan kepengurusan dinyatakan demisioner dan kepengurusannyadiambil alih oleh pengurus setingkat di atasnya.

Pasal 21Pengesahan Kepengurusan

1. Pengesahan komposisi kepengurusan PP PKB Pujakesuma adalah oleh forumMusyawarah Besar PKB Pujakesuma.

2. Pengesahan komposisi kepengurusan PW PKB Pujakesuma, PW Pemuda PKBPujakesuma, PW Wanita PKB Pujakesuma Provinsi adalah oleh PP PKB Pujakesuma.

3. Pengesahan komposisi kepengurusan PD PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PC PKB

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 6

Pujakesuma Kecamatan, PERAN PKB Pujakesuma Desa/Kelurahan adalah oleh pengurussetingkat di atasnya.

4. Penetapan komposisi kepengurusan PD Wanita PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PDPemuda PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PC Wanita PKB Pujakesuma Kecamatan, PCPemuda PKB Pujakesuma Kecamatan, PERAN Wanita PKB Pujakesuma Desa/Kelurahandan PERAN Pemuda PKB Pujakesuma Desa/Kelurahan adalah oleh pengurus masing-masing badan setingkat di atasnya.

5. Pengesahan komposisi kepengurusan PD Wanita PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PDPemuda PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PC Wanita PKB Pujakesuma Kecamatan, PCPemuda PKB Pujakesuma Kecamatan, PERAN Wanita PKB Pujakesuma Desa/Kelurahandan PERAN Pemuda PKB Pujakesuma Desa/Kelurahan adalah oleh pengurus PKBPujakesuma setingkat di atasnya.

BAB XIIIPENUTUP

Pasal 22

1. Anggaran Dasar ini berlaku bagi semua unsur yang ada di dalam organisasi PKBPujakesuma, termasuk bagi badan otonom Wanita PKB Pujakesuma, Pemuda PKBPujakesuma dan Mahasiswa PKB Pujakesuma dan Lembaga PKB Pujakesuma.

2. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dan ditetapkan di dalamAnggaran Rumah Tangga dan tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar.

3. Penyempurnaan Anggaran Dasar PKB Pujakesuma ini ditetapkan dalam Mubes-III PKBPujakesuma pada tanggal 19 November 2011 di Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Dengan ditetapkannya Anggaran Dasar ini, maka Anggaran Dasar PKB Pujakesuma HasilMusyawarah Nasional/Musyawarah Besar-II Tanggal 29-30 Juli 2006 di Stabat, Langkat,dinyatakan tidak berlaku lagi.

Ditetapkan di : Medan.Pada tanggal : 19 November 2011

Pimpinan Sidang TerpilihMubes-III PKB Pujakesuma Tahun 2011

Ketua, Sekretaris,

CH.SUSILO SAKEH SULASNO, SE

Anggota,

REDWIN, SH IR.ADHIE WIDIHARTO DWI PRANTARA

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 7

ANGGARAN RUMAH TANGGA PKB PUJAKESUMA

BAB IKEANGGOTAAN

Pasal 1

Keanggotaan PKB Pujakesuma adalah setiap Warga Negara Indonesia keturunan sukuJawa, hasil pembauran atau simpatisan dan suku lain yang dapat diterima menjadi AnggotaKhusus serta memenuhi ketentuan sebagai berikut :1. Telah berusia 17 tahun ke atas.2. Mau mengikuti kegiatan yang ditentukan PKB Pujakesuma.3. Mentaati Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga serta program umum organisasi dan

peraturan-peraturan organisasi PKB Pujakesuma.4. Bagi Anggota Khusus, penetapan dan pengesahannya dilakukan oleh Majelis Pembina

PKB Pujakesuma.

BAB IIKEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA DI DALAM ORGANISASI

Pasal 2Kewajiban Anggota

Setiap anggota PKB Pujakesuma berkewajiban :1. Menghayati, mendalami, mengamalkan dan mengamankan Pancasila dan UUD 1945.2. Melaksanakan Visi, Misi dan Strategi serta Program Kerja Organisasi PKB Pujakesuma.3. Mentaati seluruh keputusan-keputusan musyawarah besar.4. Melaksanakan dan mentaati semua keputusan organisasi.5. Mengamankan dan memperjuangkan seluruh konsepsi organisasi.6. Menentang setiap usaha dan tindakan yang merugikan kepentingan organisasi.7. Menghadiri musyawarah dan rapat-rapat.

Pasal 3Hak Anggota

Setiap anggota PKB Pujakesuma berhak :1. Memperoleh perlakuan yang sama dari organisasi dan memperoleh kartu anggota.2. Mengeluarkan pendapat dan mengajukan usul-usul serta saran-saran.3. Memilih dan dipilih menjadi pengurus organisasi. Hal ini ada pada wakil-wakilnya yang

diberi hak dan ditunjuk oleh organisasi.4. Memperoleh perlindungan, pembelaan, pendidikan, penataran dan bimbingan dari organisasi.5. Dan lain-lain yang akan ditentukan kemudian.

BAB IIISANKSI DAN PEMBERHENTIAN PENGURUS

Pasal 4Pemberhentian Pengurus

Pengurus PKB Pujakesuma berhenti karena :1. Meninggal dunia.2. Pergantian pengurus.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 8

3. Organisasi bubar.4. Dikeluarkan/diberhentikan.5. Atas permintaan sendiri.

Pasal 5Sanksi Pengurus

Pengurus organisasi PKB Pujakesuma yang melanggar ketentuan baik yang tercantumdalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga maupun peraturan-peraturan lainnya dariorganisasi PKB Pujakesuma dapat dikenakan tindakan sebagai berikut:1. Teguran/nasihat baik secara lisan maupun tulisan.2. Diskors untuk jangka waktu yang ditentukan.3. Pemecatan.

Pasal 6Tata Cara Pengambilan Sanksi

1. Tindakan skorsing atau Pemecatan terhadap Pengurus dapat dilakukan oleh pengurussetempat melalui mekanisme rapat pleno pengurus setempat dimaksud.

2. Jika ketentuan yang dilanggar menyangkut kebijakan bersifat strategis, maka tindakanyang diambil terhadap anggota yang melakukan pelanggaran adalah berdasarkankeputusan Majelis Pembina PKB Pujakesuma.

Pasal 7Banding

1. Setiap Pengurus yang diskors dapat membela diri atau naik banding dalam musyawarahyang diselenggarakan oleh kepengurusan satu tingkat lebih tinggi dari kepengurusanyang menjatuhkan skorsing.

2. Setiap Pengurus yang dipecat hanya dapat membela diri untuk naik banding dalammusyawarah yang diselenggarakan oleh kepengurusan satu tingkat lebih tinggi darikepengurusan yang menjatuhkan pemecatan.

BAB IVKOMPOSISI PENGURUS PKB PUJAKESUMA

Pasal 8 Pengurus Pusat PKB Pujakesuma

Susunan Pengurus Pusat PKB Pujakesuma :1. Penasihat.2. Majelis Pembina.3. Majelis Pakar.4. Ketua Umum.5. Ketua Harian. Ketua Pengurus Wilayah PKB Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara

secara ex-officio menjadi Ketua Harian Pengurus Pusat PKB Pujakesuma.6. Ketua-ketua terdiri dari Ketua membidangi Organisasi, Program, dan Anggaran, dan

dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan.7. Sekretaris Jenderal dan Wakil-wakil Sekretaris Jenderal.8. Bendahara Umum dan Wakil-wakil Bendahara Umum.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 9

Pasal 9Pengurus Wilayah (PW) Provinsi PKB Pujakesuma

Susunan Pengurus Wilayah (PW) PKB Pujakesuma:1. Penasihat.2. Ketua dan Wakil-wakil Ketua.3. Sekretaris dan Wakil-wakil Sekretaris.4. Bendahara dan Wakil-wakil bendahara.5. Biro-biro terdiri dari Ketua Biro dan Anggota Biro.

Pasal 10Pengurus Daerah (PD) Kab/Kota PKB Pujakesuma

Susunan Pengurus Daerah Kabupaten/Kota PKB Pujakesuma:1. Penasihat.2. Ketua dan Wakil-wakil Ketua.3. Sekretaris dan Wakil-wakil Sekretaris.4. Bendahara dan Wakil-wakil bendahara.5. Bidang-bidang terdiri dari Ketua Bidang dan Anggota Bidang.

Pasal 11Pengurus Kecamatan (PC) PKB Pujakesuma

Susunan Pengurus Kecamatan PKB Pujakesuma:1. Penasihat2. Ketua dan Wakil-wakil Ketua.3. Sekretaris dan Wakil-wakil Sekretaris.4. Bendahara dan Wakil-wakil bendahara.5. Seksi-seksi terdiri dari Ketua Seksi dan Anggota Seksi.

Pasal 12Pengurus Ranting (PERAN) PKB Pujakesuma

Susunan Dewan Pengurus Ranting PKB Pujakesuma :1. Penasihat2. Ketua dan Wakil-wakil Ketua.3. Sekretaris dan Wakil-wakil Sekretaris.4. Bendahara dan Wakil-wakil bendahara.5. Urusan-urusan terdiri dari Ketua Urusan dan Anggota Urusan.

Pasal 13Lembaga Mahasiswa dan Pelajar

Lembaga Mahasiswa PKB Pujakesuma, Lembaga Pelajar PKB Pujakesuma dan Lembaga–lembaga lainnya adalah merupakan badan otonom Pemuda PKB Pujakesuma. Susunankepengurusan badan-badan otonom Pemuda PKB Pujakesuma akan diatur dalam PeraturanOrganisasi (PO) tersendiri.

Pasal 13

Susunan Pengurus seperti yang tercantum dalam Pasal 8, 9, 10, 11, 12 dan 13 dapatditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhannya jika dinilai bisa lebih memantapkanlancarnya organisasi dan kondisi di daerah masing-masing.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 10

BAB VSUSUNAN, KEDUDUKAN DAN TUGAS PENASIHAT,

MAJELIS PEMBINA DAN MAJELIS PAKAR

Pasal 14Penasihat

1. Penasihat pada kepengurusan Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah,Pengurus Cabang, Pengurus Ranting PKB Pujakesuma, Wanita PKB Pujakesuma danPemuda PKB Pujakesuma berasal dari unsur muspida, sesepuh dan tokoh masyarakat.

2. Penasihat sesuai dengan kapasitasnya memberikan dukungan moril dan material, sarandan petunjuk kepada masing-masing tingkatan kepengurusan.

Pasal 15Majelis Pembina

1. Majelis Pembina hanya terdapat pada kepengurusan Pimpinan Pusat PKB Pujakesumaberasal dari para sesepuh, mantan pengurus PKB Pujakusuma serta unsur pejabatNegara dan atau tokoh nasional.

2. Susunan Kepengurusan Majelis Pembina PKB Pujakusuma terdiri dari :a.Ketua dan satu orang wakil ketua.b.Sekretaris.c.Anggota-anggota diisi oleh 1(satu) orang perwakilan Pimpinan Wilayah PKBPujakusuma Provinsi yang ada, yang merupakan unsur Penasehat PW PujakusumaProvinsi.

d.Anggota Majelis Pembina yang berasal dari PW PKB Pujakusuma Provinsi SumateraUtara sebagai pusat organisasi PKB Pujakusuma, diisi oleh 5 (lima) orangperwakilan yang merupakan para sesepuh.

3. Majelis Pembina mempunyai tugas :a.Memberikan persetujuan terhadap kebijakan bersifat strategis demi keutuhan organisasi.b.Bertindak sebagai Majelis Etik dalam melakukan pembinaan organisasi dankepengurusan Pujakesuma.

c.Keputusan Majelis Pembina diambil dalam rapat pleno Majelis Pembina. Dalammengambil keputusan, Majelis Pembina dapat meminta saran dan pendapat dariPenasihat, Majelis Pakar, Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah dan Pengurus DaerahPKB Pujakesuma.

Pasal 16Majelis Pakar

1. Majelis Pakar hanya terdapat pada kepengurusan pusat PKB Pujakesuma yangmerupakan para ahli dari berbagai disiplin ilmu.

2. Susunan Kepengurusan Majelis Pakar PKB Pujakesuma terdiri dari :a.Ketua dan Satu orang Wakil Ketua.b.Anggota.

3. Majelis Pakar bertugas memberi masukan dan saran kepada Majelis Pembina ataspermintaan Majelis Pembina, sebelum Majelis Pembina mengambil keputusan bersifatstrategis yang akan dilaksanakan oleh Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah danPengurus Daerah PKB Pujakesuma.

4. Menyusun konsep bersifat teknis maupun ideologis yang akan diterapkan oleh PengurusPusat, Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah PKB Pujakesuma.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 11

BAB VIBUDI PEKERTI LUHUR

Pasal 17

1. Pengurus PKB Pujakesuma harus menjadi panutan dengan berperilaku serta berbudipekerti luhur sesuai tuntunan agama dan budaya leluhur, di dalam setiap aspekkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Pengurus PKB Pujakesuma di semua tingkatan dapat berperan serta dalampenyelenggaraan demokrasi serta kehidupan berbangsa dan bernegara denganmengedepankan perilaku dan budi pekerti luhur.

3. Setiap pengurus PKB Pujakesuma di semua tingkatan yang akan ikut serta dalampenyelenggaraan demokrasi, terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dari PengurusDaerah Kabupaten/Kota dan Pengurus Wilayah PKB Pujakesuma Provinsi masing-masing, sebagai wujud perilaku dan budi pekerti luhur.

4. Di dalam memberikan persetujuan sebagaimana ayat 3(tiga) di atas, Pengurus Daerahdan Pengurus Wilayah PKB Pujakesuma terlebih dahulu harus meminta persetujuan,saran dan pendapat dari Majelis Pembina PKB Pujakesuma.

5. Persetujuan yang telah diambil oleh Majelis Pembina PKB Pujakesuma sebagaimana ayat4(empat) di atas, kemudian menjadi keputusan Pengurus Pusat PKB Pujakesuma yangwajib ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh Pengurus PKB Pujakesuma di semua tingkatan.

BAB VIIKEPUTUSAN DAN LAPORAN

Pasal 18

1. Setiap keputusan musyawarah dan rapat kerja adalah keputusan yang tertinggi dalamorganisasi, oleh karena itu seluruh tingkatan organisasi harus tunduk dapat keputusan ini.

2. Semua tingkatan organisasi harus tunduk kepada keputusan organisasi sesuai denganjenjang/struktur organisasi.

3. Setiap jenjang organisasi berkewajiban memberi laporan berkala kepada jenjangatasnya mengenai segala kegiatannya, baik diminta maupun tidak.

4. Organisasi yang lebih tinggi jenjang strukturnya berkewajiban memberikan pembinaandan harus memperhatikan segala kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh organisasi yanglebih rendah jenjang organisasinya.

BAB VIITUGAS PIMPINAN ORGANISASI

Pasal 19

1. Ketua Umum Pengurus Pusat, Ketua Pengurus Wilayah Provinsi, Ketua PengurusKabupaten/Kota, Ketua Pengurus Kecamatan dan Ketua Pengurus Ranting PKBPujakesuma bertanggungjawab atas semua kebijaksanaan organisasi ke dalam maupunke luar sesuai dengan ruang lingkup jenjang organisasi.

2. Ketua Harian dan Ketua-ketua Pengurus Pusat, Wakil-wakil Ketua Dewan PengurusWilayah Provinsi, Wakil-wakil Ketua Pengurus Kabupaten/Kota, Wakil-wakil KetuaPengurus Cabang dan Ranting :

a. Mengkoordinir kegiatan organisasi di daerahnya sesuai dengan pembagianwilayah pembinaan.

b.Menjalankan tugas organisasi dan mengkoordinir biro-biro, bagian-bagian, seksi-

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 12

seksi dan urusan sesuai dengan pembagian tugas organisasi yang telah disepakatidalam forum musyawarah.

3. Sekretaris Jenderal dan Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat, Sekretaris dan WakilSekretaris Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah Kabupaten/Kota dan Pengurus Cabangserta Ranting bertanggungjawab atas jalannya roda organisasi.

4. Bendahara bertanggungjawab mengelola keuangan organisasi.5. Wakil-wakil Bendahara mewakili bendahara sesuai fungsi dan tugasnya.6. Ketua-ketua Biro, Bidang, Seksi serta Urusan, melaksanakan tugas-tugasnya sesuai

dengan bidangnya masing-masing.

Pasal 20

Tugas-tugas pembidangan dimaksud pada Pasal (19) ditetapkan dalam rapat pleno masing-masing tingkat kepengurusan organisasi.

Pasal 21

Jabatan lowong kepengurusan PKB Pujakesuma terjadi karena :1. Meninggal dunia.2. Atas permintaan sendiri.3. Diberhentikan.4. Tidak aktif.

Pasal 22Pemberhentian Pengurus

1. Kewenangan pemberhentian pengurus PKB Pujakesuma sebagaimana dimaksud Pasal21 ayat (3) di atas, dilakukan oleh rapat pleno masing-masing kepengurusan organisasisesuai dengan tingkat kepengurusannya dengan sepengetahuan kepengurusansetingkat di atasnya, kecuali untuk kepengurusan PP.

2. Pemberhentian Pengurus Pusat PKB Pujakesuma dilakukan oleh rapat pleno denganmelibatkan Majelis Pembina PKB Pujakesuma.

3. Pemberhentian personil Pengurus Pusat PKB Pujakesuma karena melanggar kebijakanstrategis yang telah diputuskan organisasi, dilakukan oleh Rapat Pleno Pengurus HarianPengurus Pusat berdasarkan keputusan dari Majelis Pembina PKB Pujakesuma.

4. Pemberhentian personil Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah, Pengurus Cabang danPengurus Ranting PKB Pujakesuma karena melanggar kebijakan strategis yang telahdiputuskan organisasi, dilakukan oleh pengurus setingkat di atasnya berdasarkankeputusan dari Majelis Pembina PKB Pujakesuma.

Pasal 23Jabatan Antar Waktu

1. Pengisian jabatan lowong antar waktu kepengurusan Pusat PKB Pujakesuma dilakukanoleh Rapat Pleno Pengurus Pusat.

2. Calon-calon diajukan oleh Anggota Pengurus Pusat.3. Sebelum dilakukan rapat pleno, Pengurus Pusat dapat mengisi lowongan jabatan

tersebut dengan menunjuk seorang pejabat sementara.4. Pengisian jabatan lowong antar waktu personalia Pengurus Wilayah Provinsi PKB

Pujakesuma dilakukan oleh Pengurus Pusat atas usul PW Provinsi.5. Pengisian jabatan lowong antar waktu Pengurus Daerah Kabupaten/Kota PKB

Pujakesuma dilakukan oleh Pengurus Wilayah Provinsi atas usul PD Kabupaten/kota.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 13

6. Penigisian jabatan lowong antar waktu personalia Pengurus Cabang PKB Pujakesumadilakukan oleh Pengurus Daerah Kabupaten/Kota atas usul PC Kecamatan.

7. Pengisian jabatan lowong antar waktu pengurusan Ranting PKB Pujakesuma dilakukanoleh Pengurus Cabang atas usul PERAN.

BAB IXMUSYAWARAH DAN RAPAT-RAPAT

Pasal 24Musyawarah Besar

Musyawarah Besar (MUBES) PKB Pujakesuma diselenggarakan oleh Pengurus Pusatsekurang-kurangnya satu kali dalam 5(lima) tahun, yang dihadiri oleh :1. PP PKB Pujakesuma sebagai utusan.2. Majelis Pembina PKB Pujakesuma sebagai utusan.3. PW PKB Pujakesuma Provinsi sebagai utusan.4. PW Wanita PKB Pujakesuma Provinsi sebagai utusan.5. PW Pemuda PKB Pujakesuma Provinsi sebagai utusan.6. Lembaga Mahasiswa PKB Pujakesuma dan lembaga lainnya sebagai Peninjau.7. PD PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota sebagai Peninjau.8. PD Wanita PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota sebagai Peninjau.9. PD Pemuda PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota sebagai Peninjau.10. Penasihat PKB Pujakesuma Provinsi sebagai Peninjau.11. Lembaga/perorangan lainnya sebagai undangan.

Musyawarah Besar memilih Pengurus Pusat PKB Pujakesuma dan menetapkan programumum dan ketetapan-ketetapan penting lainnya.

Pasal 25Musyawarah Wilayah

Musyawarah Wilayah (Musywil) dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 5(lima)tahun, diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Provinsi setelah terlebih dahulu mendapatpersetujuan Pengurus Pusat dan dihadiri :1. PP PKB Pujakesuma sebagai utusan (untuk semua unsur lembaga yang

menyelenggarakan Musywil).2. PW PKB Pujakesuma Provinsi/PW Wanita PKB Pujakesuma Provinsi/PW Pemuda PKB

Pujakesuma Provinsi sebagai utusan (disesuaikan dengan masing-masing unsurlembaga yang menyelenggarakan musywil).

3. PD PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PD Wanita PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota, PDPemuda PKB Pujakesuma Kabupaten/Kota sebagai utusan (disesuaikan dengan masing-masing unsur lembaga yang menyelenggarakan musywil).

4. Majelis Pembina PKB Pujakesuma sebagai Peninjau (untuk semua unsur lembaga yangmenyelenggarakan musywil).

5. Penasihat PKB Pujakesuma Provinsi/Wanita PKB Pujakesuma Provinsi/Pemuda PKBPujakesuma Provinsi sebagai Peninjau (disesuaikan dengan masing-masing unsurlembaga yang menyelenggarakan musywil).

6. Lembaga/perorangan lainnya sebagai undangan.

Musywil memilih kepengurusan PW Provinsi dan menetapkan program kerja wilayah danketetapan-ketetapan lainnya.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 14

Pasal 26Musyawarah Daerah

Musyawarah Daerah Kabupaten/Kota (Musda Kab/Kota) dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 5(lima) tahun, diselenggarakan oleh Pengurus DaerahKabupaten/Kota setelah mendapat persetujuan Pengurus Wilayah Provinsi dan dihadiri :1. PW PKB Pujakesuma Provinsi/PW Wanita PKB Pujakesuma Provinsi/PW Pemuda PKB

Pujakesuma Provinsi sebagai utusan (disesuaikan dengan masing-masing unsurlembaga yang menyelenggarakan musywil).

2. Pengurus Pusat PKB Pujakesuma sebagai Peninjau.3. Majelis Pembina PKB Pujakesuma sebagai Peninjau.4. Penasihat PKB Pujakesuma Provinsi/Wanita PKB Pujakesuma Provinsi/Pemuda PKB

Pujakesuma Provinsi sebagai Peninjau (disesuaikan dengan masing-masing unsurlembaga yang menyelenggarakan musywil).

5. PD kab/Kota (disesuaikan dengan masing-masing unsur lembaga yangmenyelenggarakan musywil) sebagai utusan.

6. PC Kecamatan se-kab/Kota (disesuaikan dengan masing-masing unsur lembaga yangmenyelenggarakan musywil) sebagai utusan.

7. PD kab/Kota (yang bukan sebagai penyelenggara musda) sebagai peninjau.8. Lembaga/perorangan lainnya sebagai undangan.

Pasal 27Musyawarah Cabang

Musyawarah Cabang (Muscab) dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 5(lima)tahun, diselenggarakan oleh Pengurus Cabang setelah terlebih dahulu mendapatpersetujuan Pengurus Daerah Kab/Kota dan dihadiri :1. PD PKB Pujakesuma Kab/Kota, PD Wanita PKB Pujakesuma Kab/Kota, PD Pemuda PKB

Pujakesuma Kab/Kota (yang bersesuaian unsur lembaganya dengan penyelenggaramuscab) sebagai utusan.

2. Majelis Pembina PKB Pujakesuma sebagai Peninjau.3. Pengurus Pusat PKB Pujakesuma sebagai Peninjau.4. Penasihat PKB Pujakesuma Kab/Kota, Penasihat Wanita PKB Pujakesuma Kab/Kota,

Penasihat Pemuda PKB Pujakesuma Kab/Kota (yang bersesuaian unsur lembaganyadengan penyelenggara muscab) sebagai Peninjau.

5. PC Kecamatan penyelenggara Muscab sebagai utusan.6. Penasihat PKB Pujakesuma Kecamatan (yang bersesuaian unsur lembaganya dengan

penyelenggara Muscab) sebagai Peninjau.7. PERAN Desa/Kelurahan se-kecamatan wilayah penyelenggaran muscab (yang

bersesuaian unsur lembaganya dengan penyelenggara Muscab) sebagai utusan.8. PD Kab/Kota dimana Kecamatan tersebut berada (yang bersesuaian unsur lembaganyadengan penyelenggara Muscab) sebagai utusan.9. Lembaga/perorangan lainnya sebagai undangan.

Muscab memilih kepengurusan Kecamatan, menetapkan program kerja Kecamatan danketetapan-ketetapan lainnya.

Pasal 28Musyawarah Ranting

Musyawarah Ranting (Musran) dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 5 (lima)tahun, diselenggarakan oleh Pengurus Ranting dengan persetujuan Pengurus Cabang

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 15

Kecamatan dan dihadiri :1. PC Kecamatan PKB Pujakesuma Kecamatan (yang bersesuaian unsur lembaganya

dengan penyelenggara Musran pada wilayah dimana PERAN dimaksud berada) sebagaiUtusan.

2. Penasihat PC PKB Pujakesuma Kecamatan (yang bersesuaian unsur lembaganyadengan penyelenggara muscab) sebagai Peninjau.

3. PERAN Desa/Kelurahan penyelenggara Musran sebagai utusan.4. Penasihat PKB Pujakesuma Desa/Kelurahan (yang tidak bersesuaian unsur lembaganya

dengan penyelenggara muscab) sebagai Utusan.5. Para tokoh/eksponen pemuda potensial sebagai Peninjau.6. Lembaga/perorangan lainnya sebagai undangan.7. Pemilihan Ketua PERAN dilaksanakan dengan prinsip-prinsip musyawarah mufakat

mengutamakan nilai Guyub PKB Pujakesuma.

Musran memilih kepengurusan PERAN, menetapkan program kerja Desa/Kelurahan danketetapan-ketetapan lainnya.Pasal 29

Segala sesuatu yang menyangkut penyelenggaraan musyawarah-musyawarah, rapat-rapat kerja dan rapat konsultasi serta berbagai jenis kegiatan pertemuan lainnya menuruttingkat kepengurusan organisasi, termasuk bagi kepengurusan Lembaga Mahasiswa PKBPujakesuma yang belum diatur di dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga PKBPujakesuma, akan diatur dalam petunjuk pelaksanaannya sendiri.

BAB XKORUM DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pasal 30

1. Musyawarah dan rapat-rapat PKB Pujakesuma adalah sah apabila dihadiri oleh lebih darisetengah jumlah peserta.

2. Pengambilan putusan pada azasnya dilakukan secara musyawarah untuk mufakat danapabila hal ini tidak mungkin maka keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak.

3. Dalam hal musyawarah mengambil keputusan tentang pemilihan pengurus sekurang-kurangnya disetujui oleh lebih dari setengah jumlah peserta yang hadir sebagaimanadimaksud dalam ayat (1) pasal ini.

BAB XIKEUANGAN ORGANISASI

Pasal 31

1. Keuangan organisasi PKB Pujakesuma diserahkan kepada kebijakan masing-masingkepengurusan, sepanjang tidak melanggar hukum yang berlaku.

2. Organisasi dapat menerima bantuan dan bantuan yang tidak mengikat dari paradermawan, simpatisan dan masyarakat lainnya.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 16

BAB XIILAMBANG, PANJI, ATRIBUT

Pasal 32

PKB Pujakesuma mempunya atribut terdiri dari Lambang, Logo, Pataka/Sampala, bendera,Pakaian Seragam, Mars dan Hymme PKB PKB Pujakesuma serta berbagai jenis atributlainnya.

Pasal 33

Arti Lambang PKB Pujakesuma

1. Mahkota Rama berkaki 5 (lima) dengan warna kuning emas.Berarti : Lambang keagungan dengan menjunjung tinggi Pancasila.

2. Lingkaran dengan warna Merah Putih di dalamnya.Berarti : Lambang persatuan dan kesatuan serta dilandasi jiwa patriot (Saiyeg Saeka Praya).

3. Tulisan PKB Pujakesuma.Berarti : Merupakan wadah dari warga putera kelahiran/kedudukan di Sumatera Utara.

4. Kapas berjumlah 17 kelopak, melambangkan cukup sandang dan mengingatkan padatanggal 17 Agustus, tanggal dimana Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.

5. Mata panah 8 (delapan) arah penjuru angin.Berarti :- Berkembang ke segala arah penjuru.- Angka 8 (delapan) menunjukkan bulan Agustus dalam urutan tahun Masehi,

dimana bulan tersebut adalah bulan keramat bagi Republik Indonesia karena meraihkemerdekaan dari penjajahan.

6. Padi berjumlah 45 butir (empat puluh lima) butir, berwarna kuning.Berarti :- Melambangkan cukup pangan.- Jumlah 45 mengarahkan pada tahun 1945 Masehi, yaitu tahun dimana

Republik Indonesia Merdeka, untuk menuju keadilan sosial bagi seluruh RakyatIndonesia.

7. Selendang/sampur warna putih dengan jumbai kuning.Berarti :Penyebaran budaya bangsa bagi muda-mudi dan masyarakat Sumatera khususnya danBangsa Indonesia pada umumnya.

8. Dasar lambang : warna PUTIH.Berarti : Bekerja di atas kesucian dan kejujuran.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 17

Pasal 34

Lambang Organisasi tidak boleh ditambah, dikurangi atau dirobah bentuk, warna maupuntulisannya.

Pasal 35

Arti Logo PKB PKB Pujakesuma

1. Tulisan Logo PKB Pujakesuma mempergunakan huruf bermotif aksara Jawa. Bermakna : PKB Pujakesuma adalah paguyuban masyarakat yang mempunyai

keterikatan dengan kebudayaan Jawa, baik karena keturunan Jawa maupun karenakepeduliannya terhadap Kebudayaan Jawa.

2. Tulisan Logo PKB Pujakesuma berwarna HIJAU TUA dengan dasar wara PUTIH. Bermakna : Warna Hijau Tua melambangkan keteduhan/kedamaian.

Warna Putih melambangkan kesucian/keikhlasan.3. Dengan demikian, Logo PKB PKB PUJAKESUMA bermakna :

“Pujakesuma adalah organisasi masyarakat Jawa/Keturunan Jawa dan masyarakatyang mempunyai kepedulian terhadap kebudayaan Jawa, dimana organisasi PKBPujakesuma dikelola dengan mengedepankan nilai Guyub, Rukun, Raket, Regeng,Rumekso dalam bermusyawarah serta penuh keikhlasan”

Pasal 36

Logo PKB Pujakesuma tidak boleh dirobah bentuk aksara maupun warnanya.

Pasal 37Stempel Organisasi

Stempel PKB Pujakesuma terdiri dari 2 (dua) jenis:1. Stempel besar ukuran 4 cm x 4 cm dipergunakan untuk surat-surat.2. Stempel kecil ukuran 2 cm x 2 cm dipergunakan untuk kartu anggota, tanda kepanitiaan

dan kepesertaan kegiatan tertentu, dan lembaran resmi organisasi lainnya yangberukuran kecil.

3. Nama PW, PD, PC, PERAN pada stempel, terletak di bawah lambang PKB Pujakesuma.

BAB XIIIKETENTUAN-KETENTUAN LAIN

Pasal 381. Anggaran Rumah Tangga PKB Pujakesuma ini berlaku bagi semua unsur yang ada di

dalam organisasi PKB Pujakesuma, termasuk bagi badan otonom Wanita PKBPujakesuma, Pemuda PKB Pujakesuma dan lembaga PKB Pujakesuma yang ada.

2. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga PKB Pujakesuma ini akandiatur dan ditetapkan di dalam Peraturan Organisasi serta tidak bertentangan denganAnggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PKB Pujakesuma.

3. Penyempurnaan Anggaran Rumah Tangga PKB Pujakesuma ini ditetapkan dalam Mubes IIIPKB Pujakesuma pada tanggal 19 November 2011 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 18

4.Dengan ditetapkannya Anggaran Rumah Tangga PKB Pujakesuma ini, maka AnggaranRumah Tangga PKB Pujakesuma Hasil Musyawarah Nasional/Musyawarah Besar-IITanggal 29-30 Juli 2006 di Stabat, Langkat, dinyatakan tidak berlaku lagi.

Ditetapkan di : Medan.Pada tanggal : 19 November 2011.

Pimpinan Sidang TerpilihMubes-III PKB Pujakesuma Tahun 2011

Ketua, Sekretaris,

CH.SUSILO SAKEH SULASNO, SE

Anggota,

REDWIN, SH IR. ADHIE WIDIHARTO DWI PRANTARA

Email: [email protected]

www.pujakesuma-pusat.com 19

Medan, 19 November 2011Diterbitkan Oleh: PP Pujakesuma