ad-art dan gbhk 2013-2014

22
Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Anggaran Dasar Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran MUKADIMAH Bahwa sesungguhnya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus diisi dengan kegiatan pembangunan yang berprinsip pada kerakyatan sebagai perwujudan rasa syukur Bangsa Indonesia atas Rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta generasi muda yang memiliki peran dalam perjuangan pembangunan bangsa dan negara yang mencita-citakan kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan. Mahasiswa sebagai generasi muda Bangsa Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan tersebut sesuai dengan hati nurani rakyat yang mencita-citakan terlaksananya kebenaran, keadilan sosial, dan kesejahteraan umum yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran adalah organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang merupakan sebbagai wadah pembinaan mahasiswa dan pengabdian pada masyarakat dengan sifat kelembagaan yang independen, egaliter, dan demokratis. Sadar akan peran, fungsi, dan kewajibannya sebagai generasi muda, Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran bertekad untuk belajar, berkarya, dan berjuang. Atas dasar inilah dengan kemurnian hati, itikad baik, kedaulatan, kebersamaan, dan kebebasan akademik yang berkesusilaan, maka Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran menyusun Anggaran Dasar sebagai berikut: BAB I Nama, Tempat dan Kedudukan Pasal 1 Organisasi ini bernama Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang kemudian disingkat menjadi Kema FKG Unpad. Pasal 2 Kema FKG Unpad bertempat di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran. Pasal 3 AD/ART dan GBHK Periode 2012-2013

Upload: yunita-fatmala

Post on 21-Nov-2015

87 views

Category:

Documents


14 download

DESCRIPTION

AD-ART dan GBHK Kema FKG Unpad

TRANSCRIPT

Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Anggaran DasarKeluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran GigiUniversitas Padjadjaran

MUKADIMAHBahwa sesungguhnya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus diisi dengan kegiatan pembangunan yang berprinsip pada kerakyatan sebagai perwujudan rasa syukur Bangsa Indonesia atas Rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta generasi muda yang memiliki peran dalam perjuangan pembangunan bangsa dan negara yang mencita-citakan kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan.Mahasiswa sebagai generasi muda Bangsa Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan tersebut sesuai dengan hati nurani rakyat yang mencita-citakan terlaksananya kebenaran, keadilan sosial, dan kesejahteraan umum yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran adalah organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang merupakan sebbagai wadah pembinaan mahasiswa dan pengabdian pada masyarakat dengan sifat kelembagaan yang independen, egaliter, dan demokratis.Sadar akan peran, fungsi, dan kewajibannya sebagai generasi muda, Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran bertekad untuk belajar, berkarya, dan berjuang. Atas dasar inilah dengan kemurnian hati, itikad baik, kedaulatan, kebersamaan, dan kebebasan akademik yang berkesusilaan, maka Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran menyusun Anggaran Dasar sebagai berikut:

BAB INama, Tempat dan Kedudukan

Pasal 1Organisasi ini bernama Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang kemudian disingkat menjadi Kema FKG Unpad.

Pasal 2Kema FKG Unpad bertempat di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran.Pasal 3

1. Kema FKG Unpad merupakan organisasi non-struktural yang menaungi semua aktivitas kemahasiswaan di FKG Unpad.2. Hubungan Kema FKG Unpad dengan dekanat FKG Unpad adalah hubungan kemitraan.

BAB IIPrinsip dan Sifat

Pasal 4Prinsip Kema FKG Unpad adalah Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan Sosial yang berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa.Pasal 5Kema FKG Unpad bersifat independen, egaliter, dan demokratis.(independen : kema FKG unpad tidak terikat dengan organisasi lain)(Egaliter: sejajar dengan dekanat)

Pasal 6Tatakelola Kema FKG Unpad bersifat representatif, akuntabel, efektif dan efisien, serta dijalankan secara profesional.(Representatif : terwakili oleh BEM dan BPM)(Akuntabel : Bertanggung jawab kepada Kongres)

BAB IIITujuan dan Fungsi

Pasal 7Kema FKG Unpad bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang kritis, analitis, inisiatif, inovatif, berwawasan intelektual, berbangsa dan bernegara, sesuai dengan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pasal 8Kema FKG Unpad berfungsi:1. Sebagai wadah pengembangan diri mahasiswa menuju ketaqwaan yang berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa.2. Sebagai penampung, penimbang, dan penyalur aspirasi mahasiswa yang meliputi keagamaan, penalaran dan keilmuan, minat dan bakat, peningkatan kesejahteraan mahasiswa, dan pengabdian pada masyarakat.

BAB IVKedaulatan Tertinggi

Pasal 9Kedaulatan tertinggi berada di tangan anggota Kema FKG Unpad yang diwujudkan dalam Kongres Kema FKG Unpad.

BAB VKeanggotaan

Pasal 10Anggota Kema FKG Unpad adalah seluruh mahasiswa FKG Unpad yang mengikuti program S1 dan telah dinyatakan lulus dalam kegiatan Penerimaan Anggota Baru dan Masa Bimbingan Anggota Baru Kema FKG Unpad.

BAB VIBadan Kelengkapan

Pasal 11Badan kelengkapan Kema FKG Unpad terdiri dari:1. Kongres Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, selanjutnya disebut Kongres Kema FKG Unpad adalah pemegang kekuasaan tertinggi Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang difasilitasi oleh Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran.2. Badan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, selanjutnya disebut BPM Kema FKG Unpad adalah lembaga tinggi legislatif mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di FKG Unpad.3. Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, selanjutnya disebut BEM Kema FKG Unpad adalah lembaga tinggi eksekutif mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di FKG Unpad.4. Badan Semi Otonom Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, selanjutnya disebut BSO Kema FKG Unpad adalah lembaga eksekutif mahasiswa yang memiliki satu atau beberapa karakteristik minat dalam bidang tertentu yang telah memenuhi persyaratan Standardisasi BSO.

Pasal 12Pola hubungan antara BPM, BEM dan BSO Kema FKG Unpad bersifat koordinasi.

BAB VIILambang, Bendera, dan Atribut

Pasal 13Lambang

Pasal 14BenderaBendera Kema FKG Unpad adalah bendera berwarna dasar putih dengan lambang Kema FKG Unpad ditengahnya serta bertuliskan Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran.

Pasal 15 Atribut

Atribut Kema FKG Unpad adalah lencana berlambang Kema FKG Unpad.

BAB VIIIKeuangan

Pasal 161. Sumber keuangan Kema FKG Unpad berasal dari:a. Dana kemahasiswaan yang berasal dari iuran wajib mahasiswa FKG Unpad.b. Sumber dana lain yang sah, halal, tidak mengikat, dan tidak bertentangan dengan AD dan ART Kema FKG Unpad.2. Penggunaan dan pengelolaan keuangan Kema FKG Unpad harus dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada mahasiswa FKG Unpad melalui Kongres Kema Fkg Unpad, dan pihak-pihak yang terkait baik diminta maupun tidak.

BAB IXPerubahan Anggaran Dasar

Pasal 17Perubahan Anggaran Dasar dilaksanakan melalui Kongres Kema FKG Unpad.Pasal 18Perubahan Anggaran Dasar sah apabila diusulkan oleh lebih dari jumlah peserta penuh Kongres Kema FKG Unpad dan/atau lebih dari jumlah anggota BPM Kema FKG Unpad dan disetujui oleh seluruh peserta penuh Kongres Kema FKG Unpad yang hadir pada kongres Kema FKG Unpad.

BAB XPenutupPasal 19Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini, akan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga dan peraturan lainnya.Pasal 20Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Penjelasan Anggaran Dasar: Bab I Pasal 3 Ayat 1Organisasi non-struktural yang dimaksud yaitu organisasi di luar struktur birokrasi kampus. Bab VII Pasal 11 Filosofi lambang:1. Tulisan Kema FKG Unpad melambangkan nama organisasi 2. Warna lila merupakan warna yang melambangkan FKG Unpad3. Molar (Gigi geraham) melambangkan Kekuatan Kema FKG Unpad dan tiga akarnya melambangkan Tridharma perguruan tinggi4. Perisai melambangkan Kema FKG Unpad sebagai wadah yang menaungi kegiatan mahasiswaFilosofi bendera :1. Warna putih melambangkan penyatuan dari keberagaman anggota Kema FKG unpad

Anggaran Rumah TanggaKeluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran GigiUniversitas Padjadjaran

BAB IKeanggotaan

Pasal 1Anggota Kema FKG Unpad adalah Mahasiswa FKG Unpad Program S1 yang terdaftar dalam tahun akademik dan sah menjadi mahasiswa FKG Unpad serta telah dinyatakan lulus dalam kegiatan Penerimaan Anggota Baru dan Masa Bimbingan Anggota Baru Kema FKG Unpad yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat kelulusan yang kemudian disahkan melalui kongres Kema FKG Unpad. Mahasiswa FKG Unpad yang dinyatakan tidak lulus diatur dalam Standardisasi kelulusan Kema FKG Unpad.Pasal 2Keanggotaan Kema FKG Unpad dapat hilang karena:1. Meninggal dunia2. Tidak terdaftar lagi sebagai mahasiswa Program S1 FKG Unpad3. Dicabut keanggotaannya Pasal 3Setiap anggota Kema FKG Unpad berhak:1. Mengajukan atau mengeluarkan pikiran baik lisan maupun tulisan terhadap Badan Kelengkapan Kema FKG Unpad.2. Memilih dan dipilih sebagai pengurus Badan Kelengkapan Kema FKG Unpad. Penggunaan hak memilih dan dipilih akan diatur lebih lanjut oleh Kongres Kema FKG Unpad.3. Memperoleh informasi, mengetahui dan mengikuti segala kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kelengkapan Kema FKG Unpad. 4. Menerima sanksi apabila melanggar kewajiban anggota Kema FKG Unpad.5. Membela diri dan mendapat perlakuan yang sama.6. Mengikuti Kongres Kema FKG Unpad.

Pasal 4Setiap anggota Kema FKG Unpad berkewajiban:1. Menaati ketentuan AD dan ART Kema FKG Unpad dan segala peraturan yang berlaku di Kema FKG Unpad.2. Menjaga dan memelihara nama baik Kema FKG Unpad.3. Mengikuti kegiatan yang dilakukan Badan Kelengkapan Kema FKG Unpad. Peraturan mengikuti kegiatan akan diatur lebih lanjut oleh Badan Kelengkapan tersebut.

Pasal 5Tuntutan Peringatan dan Pencabutan Keanggotaan1. Kema FKG Unpad mempunyai hak untuk mengajukan peringatan keanggotaan Kema FKG Unpad melalui BPM Kema FKG Unpad.2. BPM Kema FKG Unpad memberi tuntutan peringatan dan selanjutnya merekomendasikan pencabutan keanggotaan Kema FKG Unpad kepada Kongres Kema FKG Unpad3. Putusan pencabutan keanggotaan harus melalui pemeriksaan dalam Kongres Kema FKG Unpad yang diselenggarakan oleh BPM Kema FKG Unpad dan dianggap sah jika disetujui oleh 2/3 dari jumlah peserta penuh yang hadir

Pasal 6Pembelaan1. Anggota yang dikenakan sanksi peringatan berhak mengajukan pembelaan diri kepada BPM Kema FKG Unpad2. Anggota yang dikenakan sanksi pencabutan keanggotaan diberi kesempatan untuk melakukan pembelaan diri dalam Kongres Kema FKG UnpadPerintah peninjauan kembali keputusan BPM Kema FKG Unpad dapat dilakukan melalui BEM Kema FKG Unpad atau langsung oleh yang bersangkutan.

BAB IIKongres Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Pasal 7Kongres Kema FKG Unpad merupakan forum musyawarah tertinggi Kema FKG Unpad.Pasal 8Kongres Kema FKG Unpad terdiri dari:1. Kongres Tahunan Kema FKG Unpad, kongres ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu:a. Kongres Awal Tahun, kongres ini dilaksanakan untuk: Mengamandemen, menetapkan, dan mengesahkan AD/ART Kema FKG Unpad dan GBHK BEM Kema FKG Unpad. Melantik dan menetapkan Anggota BPM Kema FKG Unpad. Menetapkan Ketua BPM Kema FKG Unpad hasil pemilihan internal BPM Kema FKG Unpad terpilih. Melantik dan menetapkan Ketua dan Wakil Ketua BEM Kema FKG Unpad hasil pemilihan. Membuat dan menetapkan keputusan yang dianggap perlu.b. Kongres Tengah Tahun, kongres yang dilaksanakan antara rentang waktu Kongres Awal Tahun dan Kongres Akhir Tahun, dilakukan untuk: Membuat dan menetapkan keputusan dan ketetapan yang dianggap perlu selain yang telah ditetapkan pada Kongres Awal Tahun. Mengevaluasi kinerja BEM Kema FKG Unpad. Melaporkan kerja BSO Kema FKG Unpad. Membuat rancangan aturan-aturan yang telah ditetapkan di Kongres Awal Tahun untuk direkomendasikan pada Kongres selanjutnya.c. Kongres Akhir Tahun, kongres ini dilaksanakan pada akhir periode untuk: Meminta laporan kerja BPM Kema FKG Unpad Memberikan pandangan laporan kerja BPM Kema FKG Unpad Meminta laporan kerja BSO Kema FKG Unpad Memberikan pandangan laporan kerja Ketua BSO Kema FKG Unpad Meminta laporan pertanggungjawaban Ketua BEM Kema FKG Unpad. Memberikan pandangan laporan pertanggungjawaban Ketua BEM Kema FKG Unpad Meminta laporan hasil pengawasan dan penilaian BPM Kema FKG Unpad terhadap kinerja BEM Kema FKG Unpad Menerima atau menolak LPJ Ketua BEM Kema FKG UNPAD.

2. Kongres Luar Biasa, merupakan kongres Kema FKG Unpad apabila terjadi mosi tidak percaya dan atau terdapat pelanggaran terhadap AD/ART yang dilakukan oleh Kema FKG Unpada. Meminta pertanggungjawaban Ketua BEM Kema FKG Unpad dan membebastugaskannya jika terbukti melanggar AD/ART Kema FKG Unpad dan atau GBHK BEM Kema FKG Unpad.b. Membahas, menetapkan, dan mengesahkan perubahan AD/ART Kema FKG Unpad.c. Kongres Luar Biasa diadakan apabila diusulkan sekurang-kurangnya 2/3 tambah satu anggota BPM Kema FKG Unpad.d. Kongres Luar Biasa dianggap sah bila dihadiri oleh 2/3 peserta penuh kongres yang terdaftar.e. Keputusan dan atau Ketetapan Kongres Luar Biasa dianggap sah apabila disetujui oleh seluruh peserta penuh Kongres Luar Biasa Kema FKG Unpad yang hadir.

Pasal 9Unsur Kongres1. Peserta Kongres terbagi menjadi 2, yaitu:a. Peserta penuh adalah seluruh anggota BPM Kema FKG Unpad dan ketua atau yang mewakili BEM serta BSO. b. Peserta peninjau adalah Kema FKG Unpad dan undangan.2. Presidium Sidang Kongres.

BAB IIIBadan Perwakilan Mahasiswa Keluarga MahasiswaFakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Pasal 101. Badan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran yang selanjutnya disebut BPM Kema FKG Unpad merupakan badan legislatif Keluarga Mahasiswa di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran2. Pengurus BPM Kema FKG Unpad sekurang-kurangnya terdiri atas:a. Seorang Ketuab. Anggota-anggota yang tergabung dalam komisi-komisi yang membidangi kebutuhan mahasiswa.c. Badan Urusan Rumah Tangga yang dipilih dari anggota Kema FKG Unpad melalui mekanisme yang telah ditentukan.3. Uraian tugas pengurus BPM Kema FKG Unpad ditetapkan dalam bentuk keputusan BPM Kema FKG Unpad.Pasal 11Tugas dan Fungsi BPM Kema FKG Unpad1. Menampung, mempertimbangkan, dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa FKG Unpad.2. Mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan tugas dan fungsi BEM Kema FKG Unpad dalam merealisasikan GBHK.3. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi BEM Kema FKG Unpad selama masa baktinya.4. Memberikan usulan perubahan AD/ART dan GBHK Kema FKG Unpad bila diperlukan. 5. Merancang dan mempertimbangkan alokasi dana kemahasiswaan untuk program kerja BEM Kema FKG Unpad6. Memfasilitasi dan menghadiri kongres Kema FKG Unpad.7. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, anggota BPM Kema FKG Unpad tidak diperkenankan menduduki jabatan ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, maupun koordinator divisi dalam kepanitiaan program kerja BEM Kema FKG Unpad di departemen yang diawasi.8. Mengeluarkan memorandum kepada BEM Kema FKG Unpad:a. Bila BEM Kema FKG Unpad tidak melaksanakan tugasnya atau menyimpang dari arah kebijaksanaan kongres mahasiswa maka BPM Kema FKG Unpad berkewajiban mengeluarkan memorandum kepada BEM Kema FKG Unpad.b. Bila memorandum pertama selama jangka waktu tiga minggu tidak diindahkan, maka BPM Kema FKG Unpad berkewajiban mengajukan memorandum kedua selama jangka waktu dua minggu.c. Jika tidak diindahkan juga maka BPM Kema FKG Unpad berhak mengeluarkan mosi tidak percaya yang disepakati oleh 2/3 anggota BPM Kema FKG Unpad.9. Menetapkan calon-calon Ketua BEM Kema FKG Unpad.Pasal 12Masa Bakti1. Masa bakti anggota BPM Kema FKG Unpad adalah selama 1 periode kepengurusan.2. Pemilihan calon anggota BPM Kema FKG Unpad dilaksanakan sebelum kongres akhir tahun Kema FKG Unpad.3. BPM Kema FKG Unpad membuat nota akhir pada akhir masa baktinya, yang berisi laporan kegiatan dan keuangan kepada Kongres Kema FKG Unpad.Pasal 13Anggota BPM Kema FKG Unpad1. Persyaratan keanggotaan BPM Kema FKG Unpad:a. Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.b. Anggota Kema FKG Unpad.c. Memiliki kepribadian yang baik dan jiwa pengabdian yang tinggi.d. Terdaftar sebagai mahasiswa untuk tahun ajaran yang bersangkutan.e. Tidak merangkap jabatan sebagai pengurus BEM fakultas, ketua BSO serta BPM dan BEM universitas.f. Menyatakan kesediannya yang dibuktikan dengan surat pernyataan kesediaan.g. Minimal telah mengikuti LDKO/LKMM tingkat dasar yang dilaksanakan oleh Kema FKG Unpad.h. Terdaftar sebagai mahasiswa pada tiga angkatan termuda.i. Satu orang anggota BPM mewakili 20 orang mahasiswa pada angkatannya.2. Tata cara pemilihan anggota BPM Kema FKG Unpad:a. Pemilihan anggota BPM Kema FKG Unpad dari dan oleh anggota Kema FKG Unpad angkatan yang bersangkutan dilaksanakan secara langsung, baik melalui musyawarah mufakat atau pemungutan suara.b. Ketua angkatan yang bersangkutan mengisi dan menandatangani berita acara pemilihan setelah pemilihan terlaksana dengan sepengetahuan saksi. (??)c. Dalam setiap pemilihan tersebut, pengurus BPM Kema FKG Unpad sebelumnya bertindak sebagai saksi. (??)d. Jika terjadi kekosongan anggota BPM Kema FKG Unpad, maka akan dilakukan pengisian kekosongan tersebut dan dilantik pada Kongres Tengah Tahun.3. Keanggotaan BPM Kema FKG Unpad berakhir apabila:a. Meninggal dunia.b. Tidak lagi menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran.c. Mengajukan permohonan pengunduran diri dengan persetujuan angkatan yang diwakili.d. Dicabut keanggotaannya melalui sidang pleno karena melanggar AD/ART setelah diberi 3 kali peringatan melalui surat keputusan BPM Kema FKG Unpad.e. Diminta mengundurkan diri oleh angkatan yang diwakilinya dengan alasan yang jelas dan disahkan oleh Sidang pleno.f. Cuti akademik pada masa jabatan.4. Penggantian anggota BPM Kema FKG Unpad: Bila terjadi kekosongan anggota BPM Kema FKG Unpad, maka kekosongan tersebut dapat diisi oleh wakil baru yang dipilih oleh angkatan bersangkutan dengan persyaratan pada pasal 13 ayat 1 ART Kema FKG Unpad dan penggantian ini ditetapkan oleh Surat Keputusan BPM Kema FKG Unpad.5. Ketua komisi dipilih oleh anggota BPM Kema FKG Unpad dan ditetapkan dalam sidang pleno.6. Anggota BPM Kema FKG Unpad terpilih sah bekerja setelah dilantik pada kongres akhir tahun Kema FKG Unpad.Pasal 14Alat KelengkapanDalam pelaksanaan tugas dan fungsinya BPM Kema FKG Unpad mempunyai alat kelengkapan:1. Sidang Pleno, merupakan forum resmi BPM Kema FKG Unpad untuk pengambilan dan penetapan keputusan serta ketetapan.2. Sidang Komisi, merupakan sidang yang membahas agenda komisi yang dihadiri oleh anggota komisi tersebut.

BAB IVBadan Eksekutif Mahasiswa Keluarga MahasiswaFakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Pasal 15Badan Eksekutif Mahasiswa1. Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, selanjutnya disebut BEM Kema FKG Unpad adalah lembaga tinggi eksekutif mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di FKG Unpad.2. Kepengurusan BEM Kema FKG Unpad disusun dan diangkat oleh Ketua BEM Kema FKG Unpad.Pasal 16Tugas dan Fungsi BEM Kema FKG Unpad1. Menjabarkan dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab GBHK yang ditetapkan oleh Kongres Kema FKG Unpad dalam bentuk Program Kerja selama masa baktinya.2. Sebagai pusat kegiatan mahasiswa.Pasal 17Masa BaktiMasa bakti pengurus BEM Kema FKG Unpad adalah selama 1 periode kepengurusan.Pasal 18Pelaksanaan Tugas dan Fungsi BEM Kema FKG Unpad1. Penyusunan program kerja BEM Kema FKG Unpad:a. BEM Kema FKG Unpad yang terbentuk harus segera menyusun program kerja selama masa bakti, dan menyerahkannya kepada BPM Kema FKG Unpad selambat-lambatnya 6 minggu setelah Ketua BEM Kema FKG Unpad dilantik.b. Program kerja tersebut wajib dilengkapi estimasi anggaran BEM Kema FKG Unpad yang telah dianggarkan oleh BPM Kema FKG Unpad, dan merupakan suatu kesatuan yang diajukan dalam Kongres Tengah Tahun untuk mendapatkan persetujuan.c. Selama program kerja dan estimasi anggaran BEM belum disahkan dalam Kongres Tengah Tahun, maka BEM Kema FKG Unpad dapat melakukan kegiatan dan aktivitas keuangan yang berkaitan dengan hal-hal administratif, sedangkan untuk hal-hal selain itu, BEM Kema FKG Unpad dapat melakukan konsultasi kepada BPM Kema FKG Unpad.2. Pelaksanaan Program KerjaProgram Kerja yang telah disusun merupakan tanggung jawab dari BEM Kema FKG Unpad.Pasal 19Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa1. Tugas Ketua BEM Kema FKG Unpad adalah :a. Menaati AD/ART, GBHK, serta keputusan-keputusan yang ditetapkan dalam Kongres Kema FKG Unpad dan keputusan-keputusan yang ditetapkan bersama BPM.b. Membuat dan melaksanakan program kerja selama satu periode kepengurusan.c. Memperjuangkan aspirasi anggota Kema FKG Unpad kepada pihak fakultas dan universitas bersama BPM Kema FKG Unpad.d. Mewakili Kema FKG Unpad baik ke dalam maupun ke luar yang berhubungan dengan lembaga eksekutif mahasiswa.e. Menghadiri undangan rapat BPM untuk rapat bersama.f. Mensosialisasikan perkembangan kerja setiap 3 bulan sekali kepada mahasiswa pada Kongres Kema FKG Unpad.g. Menandatangani segala surat dan pernyataan sikap organisasi yang ditujukan untuk umum.h. Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Ketua BEM Kema FKG Unpad kepada mahasiswa pada Kongres Kema FKG Unpad di akhir periode kepengurusan.i. Berkoordinasi dengan BSO KEMA FKG UNPAD Kema FKG Unpad minimal tiga bulan sekali

2. Wewenang Ketua BEM Kema FKG Unpad adalah :a. Menyusun dan memilih pengurus BEM.b. Memiliki kebebasan berkreativitas dalam menjabarkan AD/ART, GBHK, dan aspirasi mahasiswa.c. Dapat mengundang BPM untuk suatu rapat bersama.d. Merumuskan sikap organisasi terhadap persoalan-persoalan yang ada dalam kegiatan kampus, bangsa, dan negara.e. Bersama BPM membuat Rancangan Perubahan AD/ART Kema FKG Unpad jika diperlukan.f. Mengusulkan Kongres Luar Biasa Kema FKG Unpad kepada BPM Kema FKG Unpad, apabila dianggap perlu.Pasal 20Pembentukan Pengurus1. Pembentukan pengurus BEM Kema FKG Unpada. Ketua BEM Kema FKG Unpad terpilih diberi waktu selambat-lambatnya delapan minggu untuk menyusun kepengurusan BEM Kema FKG Unpad, semenjak ditetapkan menjadi Ketua BEM Kema FKG Unpad oleh kongres.b. Pengurus BEM Kema FKG Unpad adalah anggota Kema FKG Unpad yang telah mengikuti LKMM TD Kema FKG Unpad dan/atau LDKO.c. Susunan kepengurusan BEM Kema FKG Unpad disahkan melalui SK Ketua BEM Kema FKG Unpad dan dilaporkan kepada BPM Kema FKG Unpad.2. Pemberhentian pengurus BEM Kema FKG UnpadJabatan sebagai pengurus BEM Kema FKG Unpad berakhir apabila:a. Meninggal dunia.b. Mengajukan permohonan pengunduran yang disetujui oleh Ketua BEM Kema FKG Unpad.c. Tidak lagi menjadi anggota Kema FKG Unpad.d. Diberhentikan oleh Ketua BEM Kema FKG Unpad melalui rapat pengurus.3. Bila ada pengurus BEM Kema FKG Unpad yang berhenti atau diberhentikan, maka Ketua BEM Kema FKG Unpad memberitahukan penggantinya kepada Ketua BPM Kema FKG Unpad.Pasal 21Kelompok Kegiatan MahasiswaKelompok kegiatan mahasiswa, yang selanjutnya disebut KKM, adalah wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat anggota Kema FKG Unpad.1. Penentuan KKM mengacu kepada GBHK dan standardisasi KKM2. Standardisasi KKM ditetapkan oleh BPM Kema FKG Unpad.3. KKM berada langsung di bawah garis komando Departemen yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa.4. KKM yang sudah memenuhi standardisasi KKM, disahkan melalui surat ketetapan Ketua BEM Kema FKG Unpad.5. KKM berkewajiban mengajukan program kerja dan estimasi anggaran dana kepada BEM Kema FKG Unpad untuk mendapatkan persetujuan.6. KKM berkewajiban menyerahkan laporan kegiatan dan dana kepada BEM Kema FKG Unpad.7. KKM yang tidak memenuhi kewajiban akan diberikan sanksi sesuai kebijakan Ketua BEM Kema FKG Unpad

BAB VBadan Semi OtonomPasal 22

1. Organisasia. Badan Semi Otonom, yang selanjutnya disebut BSO Kema FKG Unpad terdiri dari anggota Kema FKG Unpad yang mempunyai minat, visi, misi dan tujuan yang berada dalam suatu bidang.b. BSO Kema FKG Unpad mempunyai pedoman penyelenggara organisasi yang disepakati oleh seluruh anggota BSO Kema FKG Unpad tersebut.c. BSO Kema FKG Unpad berkoordinasi langsung kepada Ketua BEM Kema FKG Unpad minimal tiga bulan sekali.d. BSO Kema FKG Unpad memberikan laporan di setiap akhir kepengurusan BEM Kema FKG Unpad kepada Ketua BEM Kema FKG Unpad juga memberikan laporan kepada Kema FKG Unpad pada Kongres Akhir Tahun Kema FKG Unpad.e. Pedoman pembentukan BSO Kema FKG Unpad dan mekanisme pengajuan BSO KEMA FKG UNPAD serta hal-hal lain yang belum diatur ditetapkan pada Kongres Kema FKG Unpad.2. Keanggotaan BSO KEMA FKG UNPADa. Untuk menjadi anggota BSO Kema FKG Unpad harus memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam standardisasi BSO Kema FKG Unpad b. Anggota Kema FKG Unpad memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota BSO KEMA FKG UNPAD.3. Kepengurusan BSO KEMA FKG UNPADa. Pemilihan Ketua BSO Kema FKG Unpad dilakukan dalam suatu musyawarah anggota.b. Pengurus BSO KEMA FKG UNPAD sekurang-kurangnya terdiri dari: Ketua Sekretaris Bendahara Anggota lainnya4. Pelanggaran AD/ART oleh BSO KEMA FKG UNPAD dapat dikenakan sanksi seringan-ringannya berupa teguran tertulis sampai seberat-beratnya berupa pengembalian menjadi status sebelumnya oleh Kongres Kema FKG Unpad.

BAB VIMekanisme Kerja

Pasal 23Evaluasi Pelaksanaan Tugas BEM Kema FKG Unpad1. BEM Kema FKG Unpad melaporkan hasil pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan pada Kongres Tengah Tahun.2. BPM Kema FKG Unpad berkewajiban menyampaikan hasil evaluasinya dan memberikan masukan untuk pelaksanaan program kerja BEM Kema FKG Unpad selanjutnya, pada Kongres Tengah Tahun.3. Dalam Kongres Tengah Tahun tersebut dapat dilakukan pengubahan dan penyesuaian program kerja maupun estimasi anggaran BEM Kema FKG Unpad

Pasal 24Evaluasi Akhir Jabatan1. Evaluasi akhir jabatan dilakukan melalui mekanisme:a. Laporan tertulis, yaitu laporan secara tertulis seluruh pelaksanaan program kerja BEM Kema FKG Unpad termasuk laporan keuangan kepada BPM Kema FKG Unpad.b. Telaah lapangan, yaitu penilaian yang diperoleh dari proses pendampingan.c. Dialogis, yaitu proses sinkronisasi antara laporan tertulis dengan telaah lapangan.2. Pada akhir masa bakti BEM Kema FKG Unpad, BPM Kema FKG Unpad mengadakan sidang pleno BPM Kema FKG Unpad dengan acara pokok evaluasi akhir jabatan BEM Kema FKG Unpad dengan mempertimbangkan hasil evaluasi akhir jabatan.3. Pada saat agenda Laporan Pertanggungjawaban BEM Kema FKG Unpad berlangsung, hak suara pengurus BEM Kema FKG Unpad dicabut. 4. Setelah penilaian LPJ Ketua BEM Kema FKG Unpad ditetapkan pada kongres akhir tahun Kema FKG Unpad, maka Ketua BEM Kema FKG Unpad dinyatakan demisioner. Masa demisioner dimulai sejak pencabutan mandat, hingga pelantikan Ketua BEM Kema FKG Unpad terpilih. 5. Selama masa demisioner BEM Kema FKG Unpad masih melaksanakan tugas-tugas rutin dan administratif akan tetapi tidak diperkenankan mengambil kebijakan yang bersifat prinsipil. Hal-hal diluar tugas-tugas rutin dan administratif harus dikonsultasikan dan disetujui oleh BPM Kema FKG Unpad sebelum dilaksanakan.Pasal 25Pembagian dan Pengelolaan Keuangan1. Pembagian dana Kemahasiswaan dari mahasiswa FKG Unpad adalah 15% untuk BPM Kema FKG Unpad, 70% untuk BEM Kema FKG Unpad, dan 15% untuk BSO.2. Pengelolaan keuangan pada tiap organisasi tingkat fakultas diserahkan kepada masing-masing organisasi tersebut.

BAB VIIPerubahan dan Pembubaran Keluarga Mahasiswa

Pasal 26Perubahan Keluarga MahasiswaPerubahan nama dan atau bentuk keluarga mahasiswa tingkat fakultas ditetapkan dalam Kongres Kema FKG Unpad.

Pasal 27Pembubaran Keluarga MahasiswaPembubaran Keluarga Mahasiswa FKG Unpad dilakukan atas usulan minimal 2/3 dari anggota Kema FKG Unpad dan ditetapkan di Kongres Kema FKG Unpad.

BAB VIIIPenutup

Pasal 28Penjabaran Anggaran Rumah TanggaAnggaran Rumah tangga Keluarga Mahasiswa dijabarkan lebih lanjut dalam Ketetapan dan Keputusan BPM Kema FKG Unpad, serta Keputusan BEM Kema FKG Unpad dengan syarat tidak bertentangan dengan Anggaran Rumah Tangga Keluarga Mahasiswa.Pasal 29Urutan penjabaran Anggaran Rumah Tangga Keluarga Mahasiswa secara hierarki yuridis adalah:1. Ketetapan BEM dan/atau BPM Kema FKG Unpad2. Keputusan BEM dan/atau BPM Kema FKG Unpad3. Ketentuan penjabaran lainnya yang tidak bertentangan dengan AD/ARTPasal 30Perubahan Anggaran Rumah Tangga1. Perubahan Anggaran Rumah Tangga dilaksanakan melalui Kongres Kema FKG Unpad.2. Perubahan Anggaran Rumah Tangga sah apabila diusulkan oleh lebih dari jumlah peserta penuh Kongres Kema FKG Unpad yang terdaftar pada kongres Kema FKG Unpad dan disetujui oleh seluruh peserta penuh Kongres Kema FKG Unpad yang terdaftar pada kongres Kema FKG Unpad

Pasal 31Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Penjelasan Anggaran Rumah Tangga: Bab I Pasal 6 ayat 3Anggota Kema FKG Unpad tidak harus mengikuti semua kegiatan yang dilakukan Badan Kelengkapan Kema FKG Unpad. Bab III Pasal 13 ayat 1 poin gAnggota BPM Kema FKG Unpad tingkat pertama yang belum mengikuti LDKO/LKMM tingkat dasar yang dilaksanakan oleh Kema FKG Unpad diwajibkan mengikuti LDKO/LKMM tingkat dasar berikutnya. Bab V Pasal 24 ayat 4Masa demisioner pengurus BEM Kema FKG Unpad dimulai sejak pencabutan mandat Ketua BEM Kema FKG Unpad, hingga pelantikan pengurus BEM Kema FKG Unpad selanjutnya.

Garis-Garis Besar Haluan KerjaBadan Eksekutif MahasiswaKeluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran GigiUniversitas Padjadjaran

BAB IPendahuluan1.1. Pengertian Garis-garis Besar Haluan Kerja1. Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK) adalah suatu haluan kegiatan dalam garis-garis besar yang dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan BEM Kema FKG Unpad.2. Pedoman pelaksanaan BEM Kema FKG Unpad tersebut merupakan rangkaian program-program kerja yang menyeluruh, terarah dan terpadu yang berlangsung secara selaras dan berkesinambungan.1.2. Maksud dan TujuanMaksud dan tujuan ditetapkan GBHK adalah untuk memberikan arah dan pedoman bagi pelaksanaan kegiatan BEM Kema FKG Unpad selama satu periode kepengurusan sehingga tujuan dan sasaran organisasi dapat tercapai.1.3. Landasan Garis-garis Besar Haluan KerjaLandasan GBHK adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Keluarga Mahasiswa FKG Unpad.1.4. Pelaksanaan GBHK1. GBHK yang ditetapkan Kongres Keluarga Mahasiswa FKG Unpad harus dilaksanakan oleh BEM Kema FKG Unpad dalam bentuk program kerja.2. GBHK dilaksanakan selama satu periode kepengurusan.1.5. Sistematika Garis-garis Besar Haluan KerjaBAB IPendahuluan1.1 Pengertian GBHK1.2 Maksud dan Tujuan GBHK1.3 Landasan GBHK1.4 Pelaksanaan1.5 SistematikaBAB IIPola Dasar Kegiatan Mahasiswa2.1 Tujuan Kegiatan Kemahasiswaan2.2 Prinsip Kegiatan Kemahasiswaan2.3 Modal Dasar Kemahasiswaan2.4 Faktor Dominan KemahasiswaanBAB IIIPola Kegiatan Kemahasiswaan3.1 Tujuan Kegiatan Kemahasiswaan3.2 Sasaran Kegiatan KemahasiswaanBAB IVEvaluasi Pelaksanaan Kegiatan KemahasiswaanBAB VPenutup

BAB IIPola Dasar Kegiatan Kemahasiswaan2.1. Tujuan Dasar Kegiatan KemahasiswaanTujuan dasar kegiatan kemahasiswaan BEM Kema FKG Unpad adalah untuk membentuk mahasiswa yang lebih intelek, kreatif, inovatif, dan produktif terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan kampus dan sekitar dalam upaya pengembangan potensi diri.2.2. Prinsip Kegiatan KemahasiswaanPrinsip-prinsip dalam pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan di BEM Kema FKG Unpad adalah religius, kekeluargaan, mandiri, profesional, demokratis, dan ilmiah.2.3. Modal Dasar Kegiatan KemahasiswaanModal dasar kegiatan kemahasiswaan FKG Unpad adalah keseluruhan unsur FKG Unpad yang aktif dan potensial, yang sudah/sedang/akan dikembangkan atau belum tersentuh, serta dapat didayagunakan untuk tercapainya tujuan kegiatan kemahasiswaan FKG Unpad. Unsur-unsur tersebut adalah:a. Modal rohaniah dan mental, yaitu kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan kegiatan kemahasiswaan.b. Eksistensi Keluarga Mahasiswa di FKG Unpad.c. Civitas akademika di FKG Unpad.d. Karakter dan sifat mahasiswa yang kritis, kreatif, dinamis, kooperatif dan peduli.e. Potensi finansial.f. Independensi Keluarga Mahasiswa FKG Unpad dalam menentukan arah kegiatannya.g. Hubungan yang baik antara Keluarga Mahasiswa FKG Unpad dan elemen-elemen kemahasiswaan lainnya.h. Citra positif Keluarga Mahasiswa FKG Unpad di masyarakat.i. Jaringan alumni.

2.4. Faktor Dominan Kegiatan KemahasiswaanFaktor dominan adalah segala sesuatu yang berpengaruh bagi pelaksanaan kegiatan BEM Kema FKG Unpad, oleh karena itu harus diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan agar memperlancar tercapainya tujuan dan sasaran BEM Kema FKG Unpad. Faktor tersebut adalah:a. Sarana dan prasarana fisik, sistem akademik dan administrasi yang ada.b. Pandangan, harapan dan kepercayaan masyarakat terhadap kegiatan kemahasiswaan.c. Adanya kepentingan dan kebutuhan mahasiswa terhadap kegiatan kemahasiswaan.d. Latar belakang ekonomi, sosial, kebudayaan, dan agama dari mahasiswa yang beragam.e. Kemampuan pengenalan diri dan lingkungan.f. Situasi dan kondisi baik internal maupun eksternal dalam suatu organisasi dan/atau kepanitiaan.

BAB IIIPola Kegiatan Kemahasiswaan3.1. Tujuan Kegiatan Kemahasiswaana. Menumbuhkan minat dan partisipasi aktif mahasiswa di berbagai bidang dalam setiap kegiatan BEM Kema FKG Unpad.b. Mendukung penguatan fondasi BEM Kema FKG Unpad sebagai pusat kegiatan kemahasiswaan FKG Unpad.c. Terbina dan terjaganya hubungan yang baik dan efektif dengan pihak terkait lainnya baik internal atau eksternal lembaga.3.2.Sasaran Kegiatan Kemahasiswaana. ReligiusNilai-nilai religius tercermin pada kegiatan kemahasiswaan.b. Bidang AkademikMeningkatkan kegiatan kemahasiswaan yang mendukung aspek akademik.c. Hubungan KelembagaanMempertahankan ,meningkatkan koordinasi, memperluas jaringan serta peran aktif yang baik dengan lembaga kemahasiswaan di lingkungan FKG Unpad dan lembaga di luar lingkungan FKG Unpad.d. Finansial Optimalisasi sumber dana BEM Kema FKG Unpad. Memantapkan manajemen keuangan BEM Kema FKG Unpad. Menciptakan sumber dana mandiri.e. PenalaranMeningkatkan serta menciptakan iklim dan wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan pemikiran secara multidisipliner.f. InformasiMengoptimalkan segala bentuk informasi yang aktual, akurat, dan terpercaya dari dan untuk civitas akademika FKG Unpad pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.g. Minat dan BakatMewujudkan dan menciptakan hidupnya aktivitas mahasiswa di berbagai bidang berdasarkan potensi minat dan bakat yang berkembang di kalangan mahasiswa FKG Unpad.h. Pengabdian Pada MasyarakatMembangkitkan dan memfasilitasi kepedulian sosial mahasiswa terhadap lingkungan sekitar.i. Pembinaan dan KaderisasiMengadakan pembinaan dan kaderisasi dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya mahasiswa.j. Hubungan MahasiswaMemfasilitasi mahasiswa dalam suatu kegiatan agar terbina suatu hubungan kekeluargaan dan silaturahmi.k. Sosialisasi KegiatanSosialisasi kegiatan di lingkungan FKG Unpad secara menyeluruh dan berkesinambungan.l. Jaringan AlumniMenjalin dan mempererat hubungan dengan jaringan alumni.m. Sosial Politik KemasyarakatanMengkaji dan menyikapi fenomena sosial politik yang berkembang di masyarakat dan membuat pernyataan sikap dari BEM Kema FKG Unpad.

BAB IVEvaluasi Pelaksanan Kegiatan KemahasiswaanEvaluasi pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dilaksanakan untuk menilai keberhasilan pelaksanaan kegiatan, dengan menggunakan kriteria-kriteria sebagai berikut:a. Efektifitas kegiatan yang dilaksanakan terhadap pencapaian tujuan kegiatan.b. Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan ruang lingkup bidang kerja(opsi).c. Efektifitas pelaksanaan kerja terhadap: Proses kerja dan koordinasi Optimalisasi pemanfaatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Optimalisasi pemanfaatan dan pengolahan sumber daya dana Tertib administrasid. Ketepatan dalam perencanaan dan pelaksanaan jadwal kegiatan, kesesuaian waktu dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan mahasiswa.e. Jumlah program kerja yang terlaksana.f. Tercapainya kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran jangka pendek serta jangka panjang yang telah ditetapkan.g. Tercapainya kegiatan sesuai janji-janji yang telah dikampanyekan oleh Ketua dan Wakil Ketua BEM Kema FKG Unpad.

BAB VPenutupGBHK ini ditetapkan oleh Kongres Awal Tahun Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran untuk diperhatikan oleh BEM Kema FKG Unpad, dan berlaku sejak tanggal ditetapkan.

AD/ART dan GBHK Periode 2012-2013