ad-art annajah najib

Click here to load reader

Post on 01-Jul-2015

1.190 views

Category:

Documents

67 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

AD/ARTANGGARAN DASAR YAYASAN PENDIDIKAN RAUDLATUL ULUM Mukaddimah Bismillahirrahmanirrahim Dengan menyebut nama Allah Maha Pengasih Maha Penyayang. Insaf dan yakin bahwa berhasilnya pembangunan insan kamil dan pembinaan masyarakat Islam sebagian besar terletak pada kesempurnaan pendidikan para pemeluknya dan lengkapnya media peribadatan dan dakwahnya, sehingga menjadi muslim yang taqwa, berbudi luhur, berilmu yang amaliyah dan beramal ilmiyah, bertanggung jawab terhadap agama, bangsa dan Negara. Insaf dan yakin bahwa pendidikan, pengajaran dan peribadatan melalui aliran Ahlis Sunnah Wal Jamaah berhaluan salah satu dari empat madzhab : Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali, merupakan tugas yang sangat mulia. Yakin dan sadar bahwa pesatnya pembangunan pendidikan dan tempat-tempat peribadatan ditanah air, sebaga tanda partisipasi terhadap program pembangunan pemerintah, maka dengan selalu mengharap taufiq, hidayat dan inayah Allah Subhanahu Wa Taala tersusunlah Anggaran Dasar Yayasan Pendidikan Raudlatul Ulum sebagai berikut : Pasal 1 Nama Dan Tempat Kedudukan Yayasan ini bernama YAYASAN PENDIDIKAN RAUDLATUL ULUM dan berkedudukan di Desa Ganjaran, kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Ditempat-tempat lain yang dipandang perlu, Yayasan ini akan membuka kantor cabangnya. Pasal 2 Waktu Dan Lamanya Yayasan ini didirikan mulai tanggal 12 Rabiul Awal 1402 Hijriyah, atau bertepatan dengan tanggal 8 Januari 1982 dan berlaku untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya. Pasal 3 Azas Yayasan ini berazaskan :

1) 2)

Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Agama Islam yang berhaluan pada madzhab Syafiiy Pasal 4 Sifat

Yayasan ini bersifat terbuka dengan dasar kekeluargaan dan gotong royong serta sosial edukatif. Pasal 5 Visi Yayasan ini memiliki visi mengantarkan masyarakat Islam berpendidikan, berbudaya, berkepribadian, dan berakhlak luhur. Pasal 6 Misi Misi Yayasan ialah: 1) Meningkatkan pendidikan dan pengajaran pada semua unit pendidikan di bawah Yayasan.

2) Membina manusia muslim yang taqwa, berbudi luhur, berpengetahuan sempurna, cakap dan terampil serta bertanggung jawab terhadap agama, bangsa dan negara. 3) Membendung kebudayaan yang bertentangan dengan Islam atau kepribadian manusia.

4) Mengantarkan anak yatim-piatu, fakir miskin dan orang jompo yang beragama Islam sebagai bagian muslim yang berpendidikan dan bermartabat. Pasal 7 Tujuan Tujuan Yayasan ialah : 1) Meningkatkan SDM dan fasilitas pendidikan demi tercapainya upaya peningkiatan kualitas pendidikan dan pengajaran. 2) Mengembangkan dakwah Islamiyah di masyarakat demi terciptanya manusia muslim yang taqwa, berbudi luhur, berpengetahuan sempurna, cakap dan terampil serta bertanggung jawab terhadap agama, bangsa dan negara.

3) Merevitalisasi kebudayaan Islam di wilayah Yayasan demi membendung kebudayaan asing yang bertentangan dengan syariat Islam atau kepribadian bangsa Indonesia. 4) Membantu pemerintah dalam memberikan santunan kepada anak yatim-piatu, fakir miskin dan orang jompo yang beragama Islam. Pasal 8 Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Yayasan ini berusaha : 1) Memelihara dan menyempurnakan masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan. 2) Mendirikan dan merawat gedung-gedung sekolah dan madrasah-madrasah yang menjadi unit pendidikan Yayasan. 3) Mempersiapkan tenaga-tenaga pengajar terutama disekolah-sekolah dan madrasahmadrasah yang menjadi unit pendidikan Yayasan. 4) Mengadakan hubungan dengan lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan didalam atau luar negeri, baik pemerintah maupun swasta. 5) Membentuk kader-kader remaja yang bermental Islam.

6) Memberikan beasiswa dan santunan pada anak yatim-piatu, fakir miskin dan orang jompo yang beragama Islam. 7) Mengadakan usaha-usaha lain yang bermanfaat bagi Yayasan dan masyarakat. Pasal 9 Kekayaan Yayasan Kekayaan Yayasan ini terdiri dan dihimpun serta diperoleh dari : 1) 2) 3) Modal pertama sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah). Bangunan masjid seluas 1.810 M2 (seribu delapan ratus sepulu meter persegi). Bangunan madrasah seluas 1.370 M2 (seribu tiga ratus tujuh puluh meter persegi).

4) Bidang-bidang tanah dengan jumlah luas keseluruhan 80.180 M2 (delapan puluh ribu seratus delapan puluh meter persegi) dan enam bidang tanah semuanya berjumlah 16.450 M2 (enam belas ribu empat ratus lima puluh meter persegi) yang diperoleh dari para waqif. 5) Inventaris masjid.

6) 7) 8) 9)

Inventaris madrasah. Sumbangan dari para dermawan yang tidak mengikat. Hibah, hibah wasiat, wasiat dan waqaf. Usaha-usaha lain yang halal dan tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah. Pasal 10 Pengurus Yayasan

1) Sebagai penerus dari kepengurusan Tahun 2005, kepengurus YPRU Tahun 2009 2015 sebagai berikut : Dewan Penasehat : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : 1. Nyai Hj. Mamnunah 2. KH. Ahmad Hariri Yahya 3. Ny. Hj. Makhzunah Kholili KH. Qosim Bukhari KH. Mujtaba Bukhari KH. Abdul Hakim Fudlali KH. Hasan Qoffal KH. M. Hasbullah Huda, MAg. KH. Yuski Qosim, S. Ag. Drs. KH. Hamim Khalili Drs. Syamsul Adhom KH. Abdul Hakim Mashum KH. Abdul Malik Drs. H. Badus Shaleh Shanhaji K. M. Shodiq H. Nur Yaqin KH. Mustain Billah Shanhaji Agus Ridlwan Khalili, ST Drs. KH. Abdur Rosyid Fudlali KH. Madarik, S. Hum. Drs. Abdul Manan Qoffal Drs. M. Fauzan Zenrif, M. Ag. H. Basuni Abd. Ghafur, S. Ag. M. Qosim H. Moh. Khalil H. Abdul Ghaffar

Ketua Umum Ketua I Ketua II Ketua III Sekretaris I Sekeretaris II Bendahara I Bendahara II Humasy

Koordinator Perwakafan Koordinator Kepesantrenan Sekretaris Kepesantrenan Koordinator Pendidikan Wk. Koordinator Pendidikan Bidang Kurikulum dan SDM Bidang Sarana dan Prasarana

2) Pengurus harian terdiri atas: Ketua Umum, Ketua I, Ketua II, Ketua III, Sekretaris I, Sekretaris II, Bendahara I, dan II.

3) Pengurus inti terdiri atas, Ketua Umum, Ketua I, Ketua II, Ketua III, Sekretaris I, Sekretaris II, Bendahara I, dan II dan beberapa Koordinator, secara bersama-sama mempunyai hak dan wewenang, mengurus, membina, mengawasi, dan memberikan sanksi sebagaimana diatur dalam Anggaran Rumah Tangga (ART). 4) Masing-masing Koordinator berhak membentuk seksi-seksi dan personalianya menurut keperluan, sesuai dengan perkembangan Yayasan. 5) Pendiri mempunyai suara yang menentukan dalam mengambil semua keputusan, baik intern maupun extern. Pasal 11 Berakhirnya Keanggotaan Pengurus Keanggotaan pengurus berakhir karena : 1) 2) 3) Meninggal dunia. Atas permintaan sendiri. Dinyatakan pailit atau ditaruh dibawah pengampuan.

4) Diberhentikan oleh rapat pengurus, sebab melalukan tindakan yang bertentangan dengan anggaran dasar/anggaran rumah tangga Yayasan. 5) Habis masa pengabdiannya. Pasal 12 Hak dan Kewajiban 1) Ketua umum bersama-sama salah seorang Ketua lainnya, salah seorang Sekretaris, dan salah seorang Bendahara, mewakili Yayasan, di dalam dan di luar Pengadilan, baik terhadap tindakan pengurusan maupun terhadap tindakan kekuasaan hak milik dengan pembatasan : a. Meminjamkan uang, membeli, menjual, memindahtangankan barang-barang tidak bergerak milik Yayasan. b. Mengikat Yayasan sebagai borg (penganngung/avalist).

2) Pengurus harian bertindak pula mengatur pembagian pekerjaan diantara mereka dan berusaha menjalankan pekerjaan itu sebaik-baiknya. 3) Jika terdapat lowongan dalam badan pengurus, maka pengurus harian harus mengisi secepat mungkin, baik diambil dari mereka sendiri maupun orang luar, atas saran para pendiri.

Pasal 13 Dewan Penasehat Yayasan ini mempunyai dewan penasehat yang paling sedikit seorang penasehat. Pasal 14 Rapat Badan Pengurus 1) Pengurus wajib mengadakan rapat sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun sekali, dan jika dianggap perlu oleh badan Pengurus dapat diadakan rapat sewaktu-waktu. 2) Pimpinan rapat dipegang oleh Ketua.

3) Rapat dianggap sah jika dihadiri oleh lebih dari separuh anggota Badan pengurus, dan keputusan diambil dengan suara terbanyak. 4) Masing-masing anggota berhak mengeluarkan satu pendapat.

5) Seorang anggota Badan Pengurs yang berhalangan hadir, dapat diwakili secara tertulis oleh seorang anggota pengurus lainnya, dan berhak mengeluarkan 1 (satu) suara. Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga Segala sesuatu yang belum diatur dalam anggaran dasar ini, akan diatur didalam anggaran rumah tangga atau peraturan-peraturan lainnya, yang akan disusun oleh Badan Pengurus dan sekali-kali tidak boleh bertentangan dengan Anggaran Dasar ini. Pasal 16 Tahun Buku 1. Tahun buku Yayasan selalu ditutup pada akhir bulan Desember dari sesuatu tahun. 2. Pada tiap akhir tahun diadakan rapat tahunan untuk mengesahkan neraca Yayasan, pengesahan mana berarti pemberian, pemberesan dan pembebasan (acquit en decharge) sepenuhnya kepada Pengurus terhadap perhitungan serta tanggung jawab mereka dalam tahun yang bersangkutan. Pasal 17 Perubahan Anggaran Dasar

Anggaran Dasar ini hanya dapt dirubah pada rapat Pengurus lengkap dan sengaja diadakan untuk itu oleh sekurang-kurangnya 2/3 (dua pertiga) dari anggota yang hadir. Pasal 18 Pembubaran 1. Yayasan ini dapat dibubarkan oleh rapat umum Badan Pengurus yang sengaja diadakan untuk itu, dihadiri Pengurus lengkap, dan disetujui sekurang-kurangnya 2/3 (dua pertiga) dari yang hadir dalam rapat tersebut, dengan ketentuan Visi, Misi dan Tujuan Yayasan tidak boleh dirubah. 2. Dalam keputusan pembubaran Yayasan, akan ditunjuk paling banyak 3 (tiga) orang likuidator, penunjukan tersebut harus disetujui oleh sekurang-kurangnya 2/3 (dua pertiga) dari yang hadir dalam rapat tersebut. 3. Sisa dari harta kekayaan Yayasan setelah dibayar segala hutang-hutang dan kewajiban=kewajiban serta bebenahan-bebenahan lainnya, diserahkan kepada Yayasan / badan-badan sosial / pendidikan yang seazas dan mempunyai tujuan yang sama dengan Yayasan ini. Pasal 19 Lain-lain Hal-hal yang belum diatur dan/atau tidak cukup diatur dalam anggaran dasar ini, akan diatur secara musyawarah oleh para pendiri bersama (