ad art 2011-2012

Download AD ART 2011-2012

Post on 04-Jan-2016

386 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ANGGARAN DASAR/ANGGARAN RUMAH TANGGA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA KELUARGA MAHASISWAJl. Srijaya Negara Bukit Besar Telp. 353414 Palembang 30139

KATA PENGANTAR

Buku pedoman ini disusun dengan tujuan memberikan informasi kepada berbagai pihak terutama untuk para pengurus Majelis Permusyawaratan Mahasiswa. Buku ini berisi informasi mengenai Kepengurusan MPM periode 2011 - 2012 beserta AD-ART KM-Polsri dan peraturan ormawa.

Panitia penyusun menyadari Buku Pedoman ini dapat terwujud atas kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Untuk itu disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga selesainya penyusunan buku pedoman ini. Semoga Buku Pedoman ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama Ormawa Polsri.

Palembang, Mei 2011

Tim PenyusunANGGARAN DASAR / ANGGARAN RUMAH TANGGA

KELUARGA MAHASISWA

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

MUQADDIMAH

Sesungguhnya pergerakan kearah perbaikan ialah bagian dari hak dan kewajiban mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya, oleh karena itu segala tindak tirani dan otoriter kekuasaan ialah bertentangan dengan reformasi.

Dengan bergulirnya gelombang reformasi, telah menghantarkan format pergerakan kemahasiswaan memasuki fase dan paradigma baru dengan tetap mempertahankan keindependensian mahasiswa sebagai bagian dari institusi sosial kontrol (agent of social control), generasi masa depan (agent of future), pembaharu (agent of change) dan pendobrak lokomotif status quo (agent of innovator).

Dengan ini kami seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Sriwijaya tetap menyatu dalam shaf kebenaran dan baris keadilan dengan tetap konsisten menjalankan fungsinya, sehingga terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan syariat agama dan bertanggung jawab atas terwujudnya civitas akademika Politeknik Negeri Sriwijaya menuju masyarakat madani yang sejahtera dalam berkeadilan dan adil dalam kesejahteraan dalam naungan dan ridho dari Allah SWT.

ANGGARAN DASAR

BAB I

NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKAN

Pasal 1

Nama

Organisasi ini bernama Keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya yang selanjutnya disingkat KM-Polsri.Pasal 2

Waktu dan Tempat Kedudukan

Keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya didirikan di Palembang pada tanggal 16 April 2000 untuk waktu yang tidak ditentukan dan berkedudukan di Politeknik Negeri Sriwijaya.

BAB II

KEDAULATAN, ASAS, SIFAT DAN PRINSIP

Pasal 3

Kedaulatan

1. Keluarga Mahasiswa Polsri ialah organisasi yang berdaulat.

2. Kedaulatan ada ditangan mahasiswa dan dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM).

Pasal 4

Asas

KM-Polsri berasaskan Pancasila.

Pasal 5Sifat

KM-Polsri bersifat Akademis, Religius, Kekeluargaan, Adil, Demokratis, Partisipatif, Transparan, Profesional dan Independen.Pasal 6

Prinsip

Prinsip KM-Polsri adalah kebenaran hakiki, kebenaran ilmiah, kebebasan akademik, keadilan, keterbukaan dan kekeluargaan.

BAB III

TUJUAN, USAHA DAN FUNGSI

Pasal 7

Tujuan

1. Terbinanya mahasiswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Meningkatkan kerja sama antar mahasiswa di lingkungan Politeknik Negeri Sriwijaya berdasarkan semangat kekeluargaan dan kebersamaan.

3. Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi dan bermoral Pancasila dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.Pasal 8

Usaha

1. Berperan aktif dalam dunia kemahasiswaan, pemuda dan masyarakat dalam menopang pembangunan nasional.

2. Mengembangkan potensi kreatif mahasiswa dalam bidang PTKP dan kekaryaan melalui pelaksanaan Garis garis Besar Haluan Program Kerja Organisasi.

Pasal 9

Fungsi

1.Wahana dan saran untuk merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler kearah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian.

2.Wadah pengembangan keterampilan manajemen bagi mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dan dilaksanakan oleh majelis mahasiswa guna memajukan politeknik Negeri SrwijayaBAB IV

STATUS DAN PERAN

Pasal 10

Status

Keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan organisasi intra kampus yang menaungi seluruh kegiatan mahasiswa.Pasal 11

PeranKeluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya berperan sebagai wadah penyalur aspirasi mahasiswa terhadap pihak lembaga Politeknik melalui MPM dan dilaksanakan secara bersama- sama kegiatahn Ormawa guna memajukan Politeknik Negeri SriwijayaBAB V

KEANGGOTAAN dan KEKEBALANPasal 12

Anggota KM-Polsri adalah seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dalam wadah Keluarga Mahasiswa Polsri yaitu MPM, BEM, HMJ dan UKM.

Pasal 13

KM- Polsri tdak dapat dituntut karena pernyataan- pernyataan yang dikemukakan baik terbuka maupun tertutup, baik dinyatakan secara lisan ataupun tertulis kepada presma, ketua Majelis, dan pimpinan mahasiswa yang disertai dengan saksi dan bukti otentikBAB VI

STRUKTUR ORGANISASI

Pasal 14KekuasaanKekuasaan tertinggi KM-Polsri ada ditangan mahasiswa yang diwujudkan dalam sidang umum MPM.

Pasal 15Majelis Permusyawaratan Mahasiswa

Majelis Permusyawaratan mahasiswa (MPM) adalah lembaga perwakilan mahasiswa yang mempunyai kekuasaam legislatif terhadap semua lembaga di bawahnya.

Pasal 16Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah badan pelaksana kegiatan mahasiswa yang mempunyai kekuasaan eksekutif yang disahkan oleh MPM dan harus dipertanggung jawabkan kepada MPM.

Pasal 17Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah organisasi yang menghimpun mahasiswa dalam satu kegiatan untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat dari mahasiswa Polsri yang bersifat semi otonom.

Pasal 18Himpunan Mahasiswa Jurusan

Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan, melaksanakan kegiatan yang dapat mengembangkan potensi jurusannya dan dapat berkolaborasi dengan ormawa lain apabila diperlukkanBAB VIIKEUANGANPasal 191. Segala sesuatu tentang hal keuangan yang menyangkut kegiatan organisasi kemahasiswaan diambil dari dana kemahasiswaan dan sumber lain yang halal dan tidak mengikat.2. Semua sumber dana yang didapat dari kemahasiswaan, seponsor dan dari pihal lain yang tidak mengikat dilaporkan dalam LPJBAB VIII

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGAPasal 201. Untuk mengubah AD/ART sekurang-kurangnya + 1 jumlah anggota MPM harus hadir dalam Sidang Umum atau siding istimewa MPM.

2. Putusan diambil dengan persetujuan sekurang-kurangnya 2/3 jumlah anggota MPM yang hadir.

BAB IX

PEMBUBARAN KELUARGA MAHASISWA POLSRIPasal 211.Pembubaran KM-Polsri dilakukan dengan Sidang Umum KM-Polsri.

2.Sidang Umum KM-Polsri harus dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 jumlah wakil KM-Polsri dan disetujui oleh sekurang-kurangnya 2/3 jumlah anggota MPM yang hadir dalam Sidang Umum KM-Polsri yang diselenggarakan oleh MPM.BAB X

PENUTUP

Pasal 221.Hal hal yang belum diatur dalam AD/ART ini, diatur dalam peraturan peraturan lain yang tidak bertentangan dengan AD/ART ini.

2.AD/ART ini berlaku sejak ditetapkan.

ANGGARAN RUMAH TANGGA

BAB I

MAJELIS PERMUSYAWARATAN MAHASISWA

Pasal 1

1.Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) terdiri atas perwakilan yang tergabung dalam fraksi jurusan.

2.Majelis melaksanakan tugasnya berlandaskan AD/ART.

3.MPM bersidang sedikitnya satu kali dalam 1 (satu) periode kepengurusan.

4.MPM menetapkan AD/ART, Garis-garis Besar Haluan Program Kerja Organisasi (GBHPKO) dan seluruh peraturan majelis lainnya.

5.Segala keputusan MPM ditetapkan dalam musyawarah MPM.

Pasal 2

Tugas dan Wewenang1.Mengubah dan menetapkan AD/ART KM-Polsri

2.Menetapkan garis-garis besar haluan program kerja organisasi (GBHPKO)

3.Mengawasi dan mengontrol kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melalui komisi yang ada di MPM.

4.Membuat putusan putusan yang tidak dapat dibatalkan oleh lembaga lain.

5.Memberikan penjelasan yang bersifat umum terhadap putusan putusan Majelis.

6.Mengesahkan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa hasil pemilihan umum (PEMILU).

7.Meminta pertanggung jawaban Presiden Mahasiswa mengenai pelaksanaan GBHPKO dan menilai pertanggung jawaban tersebut.

8.Mencabut mandat dan memberhentikan Presiden Mahasiswa atau Wakil Presiden Mahasiswa dalam masa jabatannya apabila Presiden Mahasiswa atau Wakil Presiden Mahasiswa terbukti melanggar Haluan Organisasi.

9.Menetapkan peraturan Tata Tertib Majelis.

10.Menetapkan Ketua majelis yang dipilih dari dan oleh anggota majelis11.Mengambil/memberi putusan terhadap anggota yang melanggar janji majelis.

12.Memberi pendapat, usul, saran kepada Pimpinan Polsri dan sebagai wadah penyalur aspirasi terhadap pihak lembaga POLSRI13. Memeriksa dan menyetujui proposal dan LPJ dari BEM, HMJ, dan UKM dengan mekanisme seperti diatur dalam peraturan-peraturan yang lain. BAB II

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

Pasal 3

Kekuasaan

Kekuasaan Eksekutif organisasi tertinggi terletak pada Presiden Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya.

Pasal 4

Presiden Mahasiswa

1.Presiden Mahasiswa memegang kekuasaan eksekutif menurut AD/ART KM-Polsri.

2.Presiden Mahasiswa adalah mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya minimall semester 4 dan masih aktif pada saat dipilih.

3.Presiden Mahasiswa dipilih melalui PEMILU secara langsun