7. rpp semester genap rpp fisika kurnas edisi revisi 2016

107

Upload: eli-priyatna-laidan

Post on 16-Apr-2017

2.616 views

Category:

Education


13 download

TRANSCRIPT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Bab 7 Dinamika Gerak

Sekolah: Mata Pelajaran: FisikaKelas/Semester: X/IAlokasi Waktu :12 JP x 45 menit

A. Kompetensi Inti (KI)3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan IndikatorMateri PembelajaranKompetensi DasarIndikator

Dinamika Gerak3.7 Menganalisis interaksi gaya serta hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus3.7.1 Menganalisis Hukum I Newton3.7.2 Menganalisis Hukum II Newton3.7.3 Menganalisis Hukum III Newton3.7.4 Menjelaskan jenis-jenis gaya, seperti gaya berat, gaya gesek dan gaya normal.3.7.5 Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gerak benda pada bidang datar.3.7.6 Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gerak benda pada bidang miring.3.7.7 Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gerak benda yang dihubungkan dengan katrol.3.7.8 Menjelaskan penerapan hukum newton, seperti pada gaya kontak antara dua benda.3.7.9 Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gaya tekan kaki pada alas lift.

4.7 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya terkait interaksi gaya serta hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus serta makna fisisnya4.7.1 Mempraktikkan percobaan hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus serta makna fisisnya

C. Materi Pembelajaran1. Hukum-Hukum Newton tentang Gerak2. Jenis-Jenis Gaya3. Penerapan Hukum Newton

D. Kegiatan Pembelajaran1. Pertemuan Pertama : (3 JP)Pertemuan pertama akan membahas tentang Hukum-Hukum Newton tentang Gerak. Pada pertemuan ini, siswa dapat menganalisis Hukum-Hukum Newton, seperti Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Selain itu, pertemuan ini juga diharapkan guru dapat menumbuhkan ketertarikan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas dengan memberikan contoh-contoh nyata terkait materi tersebut dengan kehidupan sehari-hari.Adapun guru dapat memberikan remedial kepada siswa yang pada pembelajaran sebelumnya relatif kurang berhasil.a. Indikator: 1) Menganalisis Hukum I Newton.2) Menganalisis Hukum II Newton.3) Menganalisis Hukum III Newton.4) Mempraktikkan percobaan hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus serta makna fisisnya.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang hukum Newton, kemudian mendiskusikan contoh Hukum Newton tentang gerak dalam kehidupan sehari-hari.2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Jika ingin menggerakkan meja tulis di hadapan Anda, apa yang biasanya Anda lakukan? Jika tarikan atau dorongan pada meja Anda hentikan, kemudian meja akan berhenti bergerak. Apakah yang menahan meja hingga berhenti? 3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang Hukum Newton.Kegiatan Inti1) Siswa memperhatikan Kegiatam 7.1 tentang contoh Hukum I Newton tentang gerak dalam kehidupan sehari-hari.2) Siswa membacakan Hukum I Newton dan penulisan persamaannya.3) Siswa mengamati hubungan gaya dan perubahan gerak benda melalui Aktivitas Ilmiah 7.1.4) Siswa membacakan Hukum II Newton.5) Siswa membacakan Hukum III Newton.6) Siswa menyimak aplikasi Hukum III Newton dalam bidang industri, seperti merancang sebuah pendorong roket.7) Siswa diminta untuk membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangkunya terkait materi yang sedang dipelajari.8) Siswa mengumpulkan data pada percobaan Aktivitas Ilmiah 7.1 dan Aktivitas Ilmiah 7.2 dan mengolah data hasil pengamatan percobaan.9) Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dari percobaan Aktivitas Ilmiah 7.1 dan Aktivitas Ilmiah 7.2.10) Siswa mengomunikasikan hasil laporan percobaan gerak dan Hukum Newton tentang gerak dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan tentang persamaan dan bunyi Hukum I Newton disertai penerapannya, hasil pengamatan Hukum II Newton, dan bunyi Hukum III disertai penerapannya.2) Guru merefleksikan Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton tentang gerak dalam kehidupan sehari-hari.3) Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media/alat: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 7dan Neraca pegas.

2. Bahan: Dua buah balok kayu bermassa sama dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS),

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama

2. Pertemuan Kedua : (3 JP)Pertemuan kedua akan membahas materi tentang jenis-jenis gaya. Diharaplan pertemuan ini, siswa dapat memahami jenis-jenis gaya, seperti gaya berat, gaya gesek, dan gaya normal. Pada pertemuan ini juga, guru diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap materi yang akan dibahas dengan memberikan contoh-contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.a. Indikator:1) Menjelaskan jenis-jenis gaya, seperti gaya berat, gaya gesek dan gaya normalb. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang gaya berat dan gaya gesek, kemudian mendiskusikan gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari.2) Guru memberika apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Saat Anda mengangkat buku Fisika, dapatkah Anda merasakan gaya yang menarik buku ke bawah? Pernahkah Anda mendorong meja di permukaan lantai yang kasar dan licin? Ketika Anda mendorong meja di lantai yang kasar dibutuhkan tenaga yang lebih besar dibanding dengan mendorong meja di lantai yang licin. Mengapa demikian? 3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang jenis-jenis gaya.Kegiatan Inti1) Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Kemudian, siswa duduk berdasarkan kelompoknya.2) Setiap kelompok menyimak uraian tentang jenis-jenis gaya untuk dipresentasikan.3) Setiap kelompok akan mempresentasikan materi jenis-jenis gaya (kelompok 1 materinya gaya berat, kelompok 2 materinya gaya gesek, kelompok 3 materinya gaya normal, dll)4) Setiap kelompok mengamati dan menyimak presentasi dari kelompok lain.5) Setelah presentasi selesai dilakukan, masing-masing kelompok memberikan saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas.6) Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).7) Kegiatan mengumpulkan informasi dilakukan sebelum melakukan presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari informasi terkait materi yang akan dipresentasikan.8) Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang mendapatan tugas presentasi, juga kelompok lain dengan menganalisis dalam kelompok pada saat menyimak jalannya presentasi guna membuat pertanyaan.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.2) Guru merefleksikan pengertian gaya berat yang sering dikatakan sebagai massa benda dan menguraikan gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari, seperti gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan.3) Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 7.

2. Alat: Lembar Aktivitas Siswa (LAS),

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama

3. Pertemuan Ketiga : (3 JP)Pertemuan ketiga akan membahas tentang penerapan Hukum Newton, khusunya mengenai gerak benda pada bidang datar. Dalam pertemuan ini, siswa dapat menganalisis jenis-jenis gaya yang bekerja pada bidang datar. Selain itu, guru juga diharapkan dapat memberikan contoh-contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari terkait materi yang akan dibahas agar siswa terterik untuk mempelajari materi tersebut. a. Indikator:1) Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gerak benda pada bidang datar.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang gerak benda pada bidang datar, kemudian mendiskusikan balok yang ditarik pada bidang datar.2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Diketahui Sebuah balok kayu massanya 15 kg ditempatkan pada sebuah bidang datar. Jika pada balok bekerja sebuah gaya F = 43 N membentuk sudut 30 terhadap bidang alas, tentukanlah percepatan yang dialami oleh balok untuk bidang licin. Coba Anda analisis untuk menentukan percepatan pada gambar berikut.aTw

3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang penerapan Hukum Newton.Kegiatan Inti1) Siswa memperhatikan cara menentukan percepatan gaya yang bekerja pada sebuah balok berdasarkan gambar.2) Siswa menyimak cara menganalisis sebuah gaya yang bekerja pada dua balok yang dihubungankan dengan tali.3) Siswa mengamati uraian dan persamaan dua balok yang ditumpuk di atas meja serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.4) Siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangkunya terkait dengan materi yang sedang dibahas.5) Siswa menganalisis persamaan percepatan gaya yang bekerja pada sebuah balok.6) Siwa menganalisis persamaan gaya yang bekerja pada dua balok yang dihubungankan dengan tali.7) Siswa menganalisis persamaan dua balok yang ditumpuk di atas meja.8) Siswa menyimpulkan persamaan dua balok yang ditumpuk di atas meja dan penerpannya dalam kehidupan sehari-hari.9) Siswa mengomunikasikan tentang gerak benda pada bidang datar dan persamaan yang berhubungan dengan gerak benda pada bidang datar di depan kelas.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan tentang persamaan-persamaan gerak benda pada bidang datar.2) Guru merefleksi tentang gerak bidang datar, seperti menganalisis persamaan gaya yang bekerja pada sebuah balok, persamaan gaya yang bekerja pada dua balok yang dihubungkan dengan tali, dan persamaan dua balok yang ditumpuk di atas meja.3) Guru mengakhiri pembelajaran ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media/alat: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 7.

2. Bahan : Lembar Aktivitas Siswa (LAS),

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama

4. Pertemuan Keempat : (3 JP)Pertemuan keempat akan membahas penerapan Hukum Newton tentang gerak benda pada bidang miring, gerak benda yang dihubungkan dengan katrol, dan gaya kontak antara dua benda. Dalam pertemuan ini, siswa diharapkan dapat melakukan analisis persamaan-persamaan gerak benda pada bidang miring, gerak benda yang dihubungkan dengan katrol, dan gaya kontak antara dua benda. Dalam pertemuan kali ini, guru juga dapat memberikan contoh-contoh nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari terkait materi tersebut untuk menumbuhkan ketertarikan siswa.a. Indikator1) Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gerak benda pada bidang miring.2) Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gerak benda yang dihubungkan dengan katrol.3) Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gaya kontak antara dua benda.4) Menjelaskan penerapan Hukum Newton, seperti pada gaya tekan kaki pada alas lift.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang gerak benda pada bidang miring, gaya kontak dua benda, dan gaya tekan kaki pada alas lift, kemudian mendiskusikannya.2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Gaya F sebesar 12 N bekerja pada sebuah benda yang massanya m1 menyebabkan percepatan sebesar 8 ms-2. Jika F bekerja pada benda yang bermassa m2, maka percepatan yang ditimbulkannya adalah 2 ms-2. Jika F bekerja pada benda yang bermassa m1 + m2, tentukan besarnya percepatan benda tersebut. Apa yang Anda ketahui tentang gaya kontak?3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang gerak benda pada bidang miring, gerak benda yang dihubungkan pada katrol, gaya kontak dua benda, dan gaya tekan kaki pada alas lift.Kegiatan Inti1) Siswa memperhatikan cara menentukan persamaan gerak benda pada bidang miring licin dan miring kasar.2) Siswa menyimak cara menganalisis persamaan pada gerak benda yang dihubungkan dengan katrol.3) Siswa mengamati uraian untuk menentukan persamaan gaya kontak antara dua benda.4) Siswa memperhatikan cara menganalisis persamaan gaya tekan kaki di atas alas lift.5) Siswa diminta untuk membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangku terkait materi yang sedang dibahas.6) Siswa mengumpulkan informasi dari buku teks sumber lain baik dari media cetak/elektronik yang masih relevan tentang persamaan gerak benda pada bidang miring licin dan miring kasar, persamaan gerak benda yang dihubungkan dengan katrol, persamaan gaya kontak antara dua benda, dan persamaan gaya tekan kaki di atas alas lift.7) Siswa menyimpulkan persamaan-persamaan gerak benda pada bidang miring licin dan miring kasar, gerak benda yang dihubungkan dengan katrol, gaya kontak antara dua benda, dan gaya tekan kaki di atas alas lift.8) Siswa mengomunikasikan persamaan-persamaan gerak benda pada bidang miring licin dan miring kasar, gerak benda yang dihubungkan dengan katrol, gaya kontak antara dua benda, dan gaya tekan kaki di atas alas lift.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan tentang persamaan-persamaan gerak benda pada bidang miring, gerak benda yang dihubungkan dengan katrol, gaya kontak antara dua benda, dan gaya tekan kaki pada alas lift.2) Guru merefleksi tentang persamaan penerapan Hukum Newton (gerak benda pada bidang miring dan gerak benda yang dihubungkan dengan katrol), gaya kontak antara dua benda, dan gaya tekan kaki pada alas lift.3) Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Sikap Pengatahuan3) Sikap Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 7.

2. Alat: Lembar Aktivitas Siswa (LAS),

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama

Lampiran-Lampiran1. Lampiran Materi Pertemuan 12. Instrumen Penilaian Pertemuan 13. Lampiran Materi Pertemuan 24. Instrumen Penilaian Pertemuan 25. Lampiran Materi Pertemuan 36. Instrumen Penilaian Pertemuan 37. Lampiran Materi Pertemuan 48. Instrumen Penilaian Pertemuan 49. Model Pembelajaran

Lampiran-Lampiran1. Lampiran Materi Pertemuan 1a. Hukum-Hukum Newton tentang GerakMateri terdapat pada Bab 7 Subbab A di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.2. Instrumen Penilaian Pertemuan 1a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal pada Uji Kompetensi 7.1.1. Sebuah balok kayu berada di atas bidang datar yang licin dengan massa 5 kg, dipengaruhi gaya F mendatar sebesar 25 N. Tentukanlah percepatan dan perpindahan balok setelah gaya bekerja selama 2 sekon.2. Berapa besar gaya yang diperlukan untuk menggerakkan mobil Pak Ridwan yang bermassa 2.000 kg dari keadaan diam sampai kecepatannya menjadi 108 km.jam1 setelah menempuh jarak 100 m?

c. Penilaian KeterampilanPenilaian Kinerja/PraktikMata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : X/2Tahun Pelajaran : 2015/2016Kompetensi Dasar : 4.7 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya terkait interaksi gaya serta hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus serta makna fisisnya.Indikator Soal : Siswa dapat menyelidiki hubungan antara gaya terhadap percepatan.Rubrik penilaian kinerja/praktik FisikaKriteria Skor IndikatorKriteria Skor IndikatorKriteria Skor Indikator

Persiapan(Skor maks = 3)3Pemilihan alat dan bahan tepat

2Pemilihan alat atau bahan tepat

1Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

0Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan

Pelaksanaan(Skor maks = 7)3Pemilihan alat dan bahan tepat

2Pemilihan alat atau bahan tepat

1Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

0Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan

2Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat

1Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat

0Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat

2Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan

1Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan

0Tidak memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan

Hasil(Skor maks = 6)3Mencatat dan mengolah data dengan tepat

2Mencatat atau mengolah data dengan tepat

1Mencatat dan mengolah data tidak tepat

0Tidak mencatat dan mengolah data

3Simpulan tepat

2Simpulan kurang tepat

1Simpulan tidak tepat

0Tidak membuat simpulan

Laporan(Skor maks = 3)3Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan dan isilaporan benar

2Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan atau isilaporan benar

1Sistematika tidak sesuai dengan kaidah penulisan dan isilaporan tidak benar

0Tidak membuat laporan

Contoh pengisian format penilaian kinerja/praktik Fisika.NoNamaSkor untukJumlah SkorNilai

PersiapanPelaksanaanHasilLaporan

1.Adi35421474

........

Keterangan: Skor maksimal = jumlah skor tertinggi setiap kriteria. Pada contoh di atas, skor maksimal = 3 + 5 + 4 + 2= 14. Nilai praktik = Pada penilaian kinerja dapat diberikan pembobotan pada aspek yang dinilai,misalnya persiapan 20%, pelaksanaan dan hasil 50%, dan pelaporan 30%.

3. Lampiran Materi Pertemuan 2a. Jenis-Jenis GayaMateri terdapat pada Bab 7 Subbab B di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama4. Instrumen Penilaian Pertemuan 2b. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal pada Uji Kompetensi 7.2.1. Sebuah bola karet dengan massa 100 gram diikat dengan seutas tali dan diputar membentuk sebuah lingkaran horizontal, dengan jari-jari lintasan 1 m. Bola tersebut dapat menempuh satu putaran dalam waktu 0,5 s. Tentukanlah percepatan sentripetal yang dialami bola.2. Seutas tali panjangnya 1 m mampu menahan gaya maksimum 20 N. Sebuah gelang besi bermassa 50 g diikat dengan tali tersebut, kemudian diputar di atas lantai yang licin. Tentukan lah kecepatan maksimun gerak gelang yang diperkenankan agar tali tidak putus.3. Sebuah balok kayu massanya 2 kg ditempat kan di atas sebuah meja. Kemudian, balok tersebut ditekan vertikal ke bawah dengan gaya 20 N (g = 10 m.s2). Tentukanlah besarnya gaya normal yang dialami balok.

c. Penilaian KeterampilanPenilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan siswa dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab/mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan metri yang sedang dibahas (mengomunikasikan secara lisan).

5. Lampiran Materi Pertemuan 3a. Penerapan Hukum NewtonMateri terdapat pada Bab 7 Subbab C di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama6. Instrumen Penilaian Pertemuan 3a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian antartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Sebuah balok kayu massanya 15 kg ditempatkan pada sebuah bidang datar. Jika pada balok bekerja sebuah gaya F = 45 N membentuk sudut 60 terhadap bidang alas, tentukanlah percepatan yang dialami oleh balok untuk:a. bidang licin;b. bidang kasar dengan gaya gesek sebesar 20 N.2. Diketahui m1 = 1 kg dan m2 = 4 kg. Gaya gesek maksimum yang masih dapat mempertahankan balok m1 agar tetap berada di atas balok m2 adalah 4 N. Tentukanlah:a. gaya maksimum (F) yang diperkenankan menarik balok m2; supaya boleh m1 tidak jatuh;b. percepatan kedua balok.

c. Penilaian KeterampilanPenilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan siswa dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab/mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan metri yang sedang dibahas (mengomunikasikan secara lisan).

7. Lampiran Materi Pertemuan 4a. Penerapan Hukum NewtonMateri terdapat pada Bab 7 Subbab C di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama8. Instrumen Penilaian Pertemuan 4a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian antartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Sebuah balok massa 1kg ditempatkan pada bidang miring kasar dengan sudut kemiringan 37. Jika g = 10 m.s2, tentukan besarnya gaya gesekan pada balok saat itu balok belum bergerak.2. Diketahui m1 = 5 kg, m2 = 3 kg dan m3 = 2 kg, ketiga balok berada pada bidang licin. Jika F = 20 N, tentukan besarnya gaya kontak antara m1 dan m2, serta m2 dan m3.3. Sebuah lift turun ke lantai bawah dan berhenti dengan perlambatan yang besarnya 4 m.s2. Jika massa Togar yang berada di dalam lift 70 kg dan Togar sedang berdiri di atas timbangan dalam lift tersebut, hitunglah pembacaan timbangan sesaat sebelum lift berhenti.

c. Penilaian Keterampilan1) Contoh Penilaian ProyekMata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : X / 2Tahun pelajaran : 2015/2016Kompetensi Dasar : 4.7 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya terkait interaksi gaya serta hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus serta makna fisisnya.Indikator Soal : Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan mengenai interaksi gaya serta hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus.

Rubrik penilaian proyek:NoAspekSkor

1Perencanaan:Latar Belakang (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat = 1)Rumusan masalah (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat = 1)6

2Pelaksanaan:a. Pengumpulan data/informasi (akurat = 3. kurang akurat = 2. tidakakurat = 1)b. Kelengkapan data (lengkap= 3. kurang lengkap = 2. tidak lengkap = 1)c. Pengolahan dan analisis data (sesuai = 3. kurang sesuai = 2. tidaksesuai = 1)d. Kesimpulan (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat = 1)12

3Pelaporan hasil:a. Sistematika laporan (baik = 3. kurang baik = 2. tidak baik = 1)b. Penggunaan bahasa (sesuai kaidah= 3. kurang sesuai kaidah = 2. tidaksesuai kaidah = 1)c. Penulisan/ejaan (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat/banyakkesalahan =1)d. Tampilan (menarik= 3. kurang menarik= 2. tidak menarik= 1)12

Skor maksimal30

Nilai proyek =Aspek penilaian dapat diberi pembobotan, misalnya perencanaan 20%, pelaksanaan 40%, dan pelaporan 40%.

2) Penilaian PortofolioBagaimana cara sebuah mobil truk agar tidak terguling ketika melewati sebuah tikungan? Apa yang akan terjadi ketika kebiasaan sopir angkutan umum yang suka berhenti mendadak di jalan raya? Bagaimana pengaruh oli pada sebuah mesin kendaraan?Buatlah laporan dari persoalan-persoalan di atas kemudian presentasikan di depan kelas.

9. Contoh Model Pembelajaran yang Dapat DiterapkanKegiatan pembelajaran pada pertemuan 1 dapat menggunakan model Problem Based Learning (PBL)a) Fase 1: Mengorientasikan siswa pada masalahPada awal pembelajaran, guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota berjumlah 3 sampai 4 orang. Selanjutnya guru menyajikan suatu permasalahan yang akan dicari solusinya oleh siswa. Masalah yang disajikan dapat berupa artikel atau dari kejadian sehari-hari. Siswa mengamati contoh masalah yang dapat disajikan oleh guru adalah sebagai berikut.Jika ingin menggerakkan meja tulis di hadapan Anda, apa yang biasanya Anda lakukan? Mungkin Anda akan menariknya atau mendorongnya. Jika tarikan atau dorongan pada meja Anda hentikan, kemudian meja akan berhenti bergerak.Dari contoh di atas, ajak siswa untuk merumuskan berbagai masalah dari narasi di atas. Siswa dapat merumuskan masalah ke dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang akan dicari jawabannya misalnya, Apakah yang menahan meja hingga berhenti? Siswa dapat menyampaikan pendapatnya di depan kelas.b) Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajarSiswa kemudian dikondisikan untuk melakukan penyelidikan. Siswa dibimbing untuk memilih subtopik-subtopik yang akan diselidiki dan dipelajari. Setiap kelompok dalam kelas akan menyelidiki subtopik masalah yang berbeda. Siswa kemudian melakukan persiapan untuk melakukan penyelidikan, seperti menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan seperti pada Aktivitas Ilmiah 7.1 dan 7.2.c) Fase 3: Membantu penyelidikan mandiri dan kelompokPada tahap ini, siswa akan melakukan penyelidikan untuk mencari jawaban atas permasalahan yang diajukan sebelumnya. Sebelum memulai penyelidikan, siswa dapat merumuskan sebuah hipotesis (jawaban sementara) atas permasalahan yang diajukan. Hipotesis tersebut nantinya akan dibuktikan dengan hasil yang didapat melalui penyelidikan. Siswa kemudian melakukan penyelidikan (pengumpulan informasi) dengan melakukan diskusi pada Aktivitas Ilmiah 7.1 dan 7.2 yang terdapat di Buku Siswa. Selain melalui kegiatan praktikum, siswa dapat mengumpulkan informasi melalui berbagai sumber.Setelah mendapat cukup informasi, siswa kemudian mengolah hasil tersebut untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang diajukan. Hasil yang telah didapat kemudian dibandingkan dengan hipotesis yang telah diajukan sebelumnya, apakah hipotesis tersebut dapat diterima atau tidak. Dalam kegiatan ini, guru membimbing siswa dalam merumuskan solusi agar siswa tidak terjerumus pada konsep yang salah. Guru dapat mengajukan berbagai pertanyaan untuk menguji kelayakan solusi masalah yang diperoleh siswa dari kegiatan penyelidikan serta kualitas informasi yang telah dikumpulkan.d) Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan memamerkannyaPada tahap ini, siswa menyajikan hasil penyelidikan yang telah dilakukan dalam bentuk tabel pengamatan atau laporan tertulis. Siswa kemudian menyampaikan hasil penyelidikan dan laporannya ke depan kelas. Guru dapat menjadi fasilitator dalam kegiatan ini. Siswa yang lain dapat mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang sedang mempresentasikan hasil penyelidikannya. Selain itu, siswa yang lain juga dapat memberikan pendapat ketika dirasakan terdapat konsep yang kurang tepat yang disampaikan oleh kelompok yang sedang melakukan presentasi.e) Fase 5: Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalahPada tahap ini, guru mengajak siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan serta keterampilan dan intelektualitas penyelidikan yang digunakan siswa. Guru dapat meminta siswa untuk merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang siswa lakukan selama kegiatan pembelajaran.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Bab 8 Gravitasi

Sekolah: Mata Pelajaran: FisikaKelas/Semester: X/IAlokasi Waktu :6 JP x 45 menit

A. Kompetensi Inti (KI)3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan IndikatorMateri PembelajaranKompetensi DasarIndikator

Gravitasi3.8 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton3.8.1 Menjelaskan Hukum I, II, dan III Kepler.3.8.2 Merumuskan Hukum I, II, dan III Kepler. 3.8.3 Menganalisis Hukum Newton tentang gravitasi.3.8.4 Menganalisis medan gravitasi.3.8.5 Menganalisis potensi gravitasi.3.8.6 Merumuskan kecepatan dan periode satelit

4.8 Menyajikan karya mengenai gerak satelit buatan yang mengorbit bumi, pemanfaatan dan dampak yang ditimbulkannya dari berbagai sumber informasi4.8.1 Membuat karya satelit buatan

C. Materi Pembelajaran1. Keteraturan Gerak Planet2. Hukum Newton tentang Gravitasi3. Medan Gravitasi4. Potensial Gravitasi5. Kecepatan dan Periode Satelit

D. Kegiatan Pembelajaran1. Pertemuan Pertaman : (3 JP)Pertemuan pertama akan membahas materi tentang keteraturan gerak planet. Dalam pertemuan ini, siswa dapat menjelaskan tiga hukkum empiris tentang gerakan planet, yaitu Hukum I Kepler, Hukum II Kepler, dan Hukum III Kepler. Pada pertemuan ini juga, guru diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan siswa pada materi yang akan dibahas dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari terkait materi tersebut. Selain itu, guru dapat memberikan remedial kepada siswa yang relatif kurang berhasil pada pembelajaran materi bab sebelumnya. a. Indikator :1) Menjelaskan Hukum I, II, dan III Kepler.2) Merumuskan Hukum I, II, dan III Kepler.3) Menganalisis Hukum Newton tentang gravitasi.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengondisikan kelas agar siswa tertib mengikuti proses pembelajaran. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi belajar siswa, guru memperlihatkan gambar sistem tata surya.2) Guru memberika apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Bagaimanakah keterkaitan gerak planet-planet mengelilingi Matahari? Apakah yang menyebabkan planet-planet bergerak mengelilingi Matahari?3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang keteraturan gerak planet dan hukum newton tentang gravitasi.Kegiatan Inti1) Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar satelit-satelit yang mengelilingi bumi dan gambar bumi mengelilingi Matahari (Kegiatan 8.1).2) Guru membimbing siswa untuk membuktikan massa Matahari pada Kegiatan 8.2.3) Siswa diminta untuk membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan temman sebangku terkait materi yang sedang dibahas.4) Siswa secara berkelompok untuk melakukan proses pengumpulan informasi dari berbagai sumber, seperti buku referensi Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1, internet: www.fisikastudycenter.com/astronomi/319-hukum-keppler-tentang-gerak-planet, atau sumber lainnya, mengenai gerak planet dan gravitasi .5) Siswa untuk merangkum tentang berbagai jenis satelit dan permasalahan yang ditimbulkan, serta penyebab planet-planet tetap mengiorbit mengelilingi Bumi.6) Siswa untuk menyampaikan tentang berbagai jenis satelit dan permasalahan yang ditimbulkan, serta penyebab planet-planet tetap mengiorbit mengelilingi Bumi di depan kelas.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan keteraturan gerak planet dan Hukum Newton tentang gravitasi.2) Guru merefleksikan materi keteraturan gerak planet dan Hukum Newton tentang gravitasi.3) Guru mengakhiri pembelajaran ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilalian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media/alat: Proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 8.

2. Bahan: alat peraga sederhana seperti gambar gerak planet, Lembar Aktivitas Siswa (LAS)

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, dan materi tambahan yang dapat diunduh di www.fisikastudycenter.com/astronomi/319-hukum-keppler-tentang-gerak-planet, serta cuplikan video pembelajaran tentang ioncraft anti gravitasi yang dapat diunduh di http://www.youtube.com/watch?v=h9NLXComkwA

2. Pertemuan Kedua : (3 JP)Pertemuan kedua akan membahas tentang medan gravitasi, potensial gravitasi, serta kecepatan dan periode orbit satelit. Dalam pertemuan ini, siswa dapat menjelaskan konsep medan gravitasi, potensial gravitasi, serta kecepatan dan periode orbit satelit. Selain itu juga, guru diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap materi yang akan dibahas dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

a. Indikator :1) Menganalisis medan gravitasi.2) Menganalisis potensi gravitasi.3) Merumuskan kecepatan dan periode satelit.4) Membuat karya satelit buatan.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengondisikan kelas agar siswa tertib mengikuti proses pembelajaran. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi belajar siswa, guru menggambarkan gaya gravitasi yang terjadi pada dua benda (Kegiatan 8.3).2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Apa yang menyebabkan gaya gravitasi terjadi pada dua benda?3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang medan gravitasi, potensial gravitasi, serta kecepatan dan periode orbit satelit.Kegiatan Inti 1) Siswa duduk berdasarkan kelompoknya masing-masing yang sudah ditentukan oleh guru.2) Setiap kelompok akan mempresentasikan materi yang akan dibahas (Kelompok 1 materinya medan gravitasi, kelompok 2 materinya potensial gravitasi, kelompok 3 materinya kecepatan dan periode orbit satelit, dll).3) Setiap kelompok mengumpulkan informasi dari buku teks sumber lain baik dari media cetak/elektronik yang masih relevan tentang materi yang akan dipresentasikan.4) Pada saat kelompok 1 presentasi, kelompok yang lainnya menyimak materi yang sedang dipresentasikan (mengamati).5) Setelah presentasi selesai, kelompk lain memberika saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang sedang dibahas (menanya).6) Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).7) Kegiatan mengasosiasikan dilakukan oleh kelompok yang mendapat tugas presentasi, juga kelompok lain dengan melakukan analisis dalam kelompok pada saat menyimak jalannya presentasi guna membuat pertanyaan.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.2) Guru merefleksikan medan gravitasi, potensial gravitasi, serta kecepatan dan periode orbit satelit.3) Guru mengakhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media/alat: Proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 8.

2. Bahan: Lembar Aktivitas Siswa (LAS)

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, dan materi tambahan yang dapat diunduh di www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi/utama.cgi?cetakartikel71061131362.

Lampiran-Lampiran1. Materi Pembelajaran Pertemuan 12. Instrumen Pembelajaran Pertemuan 13. Materi Pembelajaran Pertemuan 24. Instrumen Pembelajaran Pertemuan 25. Model Pembelajaran

Lampiran-Lampiran1. Materi Pembelajaran Pertemuan 1a. Keteraturan Gerak PlanetMateri terdapat pada Bab 8 Subbab A di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.b. Hukum Newton tentang GravitasiMateri terdapat pada Bab 8 Subbab B di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.

2. Instrumen Pembelajaran Pertemuan 1a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Periode revolusi Bumi adalah 365 hari. Jika jari-jari lintasan suatu planet mengelilingi Matahari dua kali jari-jari lintasan Bumi mengelilingi Matahari, tentukanlah periode planet tersebut.2. Jarak Merkurius terhadap Matahari 58 juta km. Jika periode revolusi Mars yang berjarak 228 juta km dari Matahari adalah 687 hari, hitunglah periode Merkurius.

c. Penilaian KeterampilanPenilaian Kinerja/PraktikMata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : X/2Tahun Pelajaran : 2015/2016Kompetensi Dasar : 4.8 Menyajikan karya mengenai gerak satelit buatan yang mengorbit bumi, pemanfaatan dan dampak yang ditimbulkannya dari berbagai sumber informasi.Indikator Soal : Siswa dapat membuat miniatur tata surya.Rubrik penilaian kinerja/praktik FisikaKriteria Skor IndikatorKriteria Skor IndikatorKriteria Skor Indikator

Persiapan(Skor maks = 3)3Pemilihan alat dan bahan tepat

2Pemilihan alat atau bahan tepat

1Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

0Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan

Pelaksanaan(Skor maks = 7)3Pemilihan alat dan bahan tepat

2Pemilihan alat atau bahan tepat

1Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

0Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan

2Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat

1Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat

0Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat

2Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan

1Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan

0Tidak memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan

Hasil(Skor maks = 6)3Mencatat dan mengolah data dengan tepat

2Mencatat atau mengolah data dengan tepat

1Mencatat dan mengolah data tidak tepat

0Tidak mencatat dan mengolah data

3Simpulan tepat

2Simpulan kurang tepat

1Simpulan tidak tepat

0Tidak membuat simpulan

Laporan(Skor maks = 3)3Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan dan isilaporan benar

2Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan atau isilaporan benar

1Sistematika tidak sesuai dengan kaidah penulisan dan isilaporan tidak benar

0Tidak membuat laporan

Contoh pengisian format penilaian kinerja/praktik Fisika.NoNamaSkor untukJumlah SkorNilai

PersiapanPelaksanaanHasilLaporan

1.Adi35421474

........

Keterangan: Skor maksimal = jumlah skor tertinggi setiap kriteria. Pada contoh di atas, skor maksimal = 3 + 5 + 4 + 2= 14. Nilai praktik = Pada penilaian kinerja dapat diberikan pembobotan pada aspek yang dinilai,misalnya persiapan 20%, pelaksanaan dan hasil 50%, dan pelaporan 30%.

3. Materi Pembelajaran Pertemuan 2a. Medan GravitasiMateri terdapat pada Bab 8 Subbab C di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratamab. Potensial GravitasiMateri terdapat pada Bab 8 Subbab D di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.c. Kecepatan dan Periode Orbit SatelitMateri terdapat pada Bab 8 Subbab E di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.

4. Instrumen Pembelajaran Pertemuan 2a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Dua benda yang massanya masing-masing 16 kg dan 36 kg terpisah dengan jarak 50 cm. Titik Z berada pada garis hubungan kedua benda. Jika besar medan gravitasi di titik Z tersebut adalah nol, berapa jarak titik Z tersebut jika diukur dari benda bermassa 36 kg?2. Tentukanlah kelajuan yang harus dimiliki satelit buatan supaya dapat mengorbit di atas permukaan Bumi berbentuk lingkaran pada ketinggian 3/4 jari-jari Bumi. (Diketahui: RBumi= 6.370 km dan percepatan gravitasi di permukaan Bumi g = 9,8 m.s2).

c. Penilaian Keterampilan1) Contoh Penilaian ProdukMata Pelajaran : Nama Proyek : Nama Siswa : ____________________Kelas :________

NoAspek*Skor

1.Perencanaan Bahan1234

2.Proses Pembuatana. Persiapan Alat dan Bahanb. Teknik Pengolahanc. K3 (Keamanan, Keselamatan dan Kebersihan)

3.Hasil Produka. Bentuk Fisikb. Bahanc. .d. .

Total skor

* Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat.** Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.

2) Penilaian PortofolioJika sebuah bulu ayam dan sebutir batu kecil dijatuhkan pada saat yang sama di dalam suatu ruangan yang hampa dari ketinggian yang sama dan tanpa kecepatan awal. Menurut Anda, manakah yang akan jatuh lebih awal? Apakah batu atau bulu ayam? Coba jelaskan dengan menggunakan konsep percepatan gravitasi bumi. Presentasikan hasilnya di depan kelas.

5. Contoh Model Pembelajaran yang Dapat DiterapkanKegiatan pembelajaran pada pertemuan 2 dapat menggunakan model Discovery.a) Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)Pada awal pembelajaran, guru mengajak siswa untuk mengamati kejadian dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengamati gambar pohon kelapa dan buku yang berada di atas meja. Tentunya Anda telah mempelajari bahwa benda bermassa yang berada pada medangravitasi akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Guru dapat menggunakan berbagai media untuk mendemonstrasikan hal tersebut. Setelah itu, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti(1) Bagaimanakah besar gaya gravitasi yang dialami kedua benda tersebut?

b) Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)Setelah guru memberikan stimulasi kepada siswa, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi masalah dan merumuskan berbagai kemungkinan yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru sebelumnya. Siswa kemudian diajak untuk merumuskan sebuah hipotesis yang paling memungkinkan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Contoh hipotesis yang dapat dibuat misalnya jika Anda hilangkan pohon dan meja,maka buah kelapa dan buku akan jatuh. Hal ini berarti bahwa benda tersebut menyimpan energi yang diakibatkan oleh medan gravitasi. Energi yang dimiliki karena kedudukannya atau letaknya terhadap Bumi disebut energi potensial gravitasi, sehingga dapat kita katakan bahwa benda berada dalam medan gravitasi atau dapat kita sebut sebagai potensial gravitasi.

c) Data collection (pengumpulan data)Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dan membuktikan hipotesis yang telah dibuat, guru mengajak siswa untuk melakukan diskusi berdasarkan Kegiatan 8.3, 8.4, dan 8.5. Selain melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, siswa juga dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang relevan.

d) Data processing (pengolahan data)Setelah kegiatan pengumpulan data melalui diskusi pada Kegiatan 8.3, 8.4, dan 8.5, siswa mengolah dan menganalisis hasil-hasil pengamatan mereka. Kegiatan ini berguna untuk membentuk konsep siswa mengenai materi yang sedang dipelajari tentang medan gravitasi, potensial gravitasi, serta kecepatan dan periode orbit satelit. Hasil dari analisis tersebut akan digunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan di awal pembelajaran dan membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.

e) Verification (pembuktian)Hasil analisis dan pengolahan informasi pada tahap sebelumnya kemudian digunakan untuk menjawab pertanyaan yang sebelumnya diajukan. Dalam proses ini, guru tetap membimbing siswa agar tidak terjadi kesalahan konsep. Selain itu, dalam tahap ini siswa juga dapat membuktikan apakah hipotesis yang dirumuskan sebelumnya dapat diterima atau tidak berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi yang telah dilakukan.

f) Generalization (menarik kesimpulan)Setelah siswa memverifikasi jawaban dan hipotesis mereka, siswa kemudian menyimpulkan hasil akhir dari kegiatan yang telah mereka lakukan sebelumnya. Pada kegiatan inilah siswa memperoleh kesimpulan akhir dari materi yang sedang dipelajari. Siswa dapat menerapkan kesimpulan tersebut pada permasalahan lain yang sama seperti kasus yang diajukan sebelumnya oleh guru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Bab 9 Usaha dan Energi

Sekolah: Mata Pelajaran: FisikaKelas/Semester: X/IAlokasi Waktu :12 JP x 45 menit

A. Kompetensi Inti (KI)3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan IndikatorMateri PembelajaranKompetensi DasarIndikator

Usaha, Energi, dan Daya3.9 Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari3.9.1 Menganalisis faktor yang menyebabkan usaha.3.9.2 Menjelaskan pengertian energi3.9.3 Menganalisis usaha dan perubahan energi kinetik.3.9.4 Menganalisis usaha dan perubahan energi potensial gravitasi.3.9.5 Menganalisis usaha dan perubahan energi potensial pegas.3.9.6 Menjelaskan gaya konservatif.3.9.7 Menganalisis mekanik pada gerak roller coaster.3.9.8 Menganalisis gerak mekanik pada benda di bidang miring.3.9.9 Menjelaskan pengertian daya

4.9 Mengajukan gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode ilmiah, konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi4.9.1 Mengidentifikasi permasalahan gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode ilmiah, konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi.

C. Materi Pembelajaran1. Gaya Dapat Melakukan Usaha2. Usaha dan Perubahan Energi3. Gaya Konservatif dan Hukum Kekekalan Mekanik4. Daya

D. Kegiatan Pembelajaran1. Pertemuan Pertama : (3 JP)Pertemuan pertama akan membahas materi tentang gaya dapat melakukan usaha. Pada pertemuan ini, siswa dapat menganalisis faktor yang menyebabkan usaha. Dalam pertemuan ini, guru juga dapat menumbuhkan ketertarikan siswa pada materi yang akan dibahas dengan memberikan contoh-contoh yang nyata terkait materi tersebut. Selain itu, guru juga dapat memberikan penguatan kepada siswa yang relatif kurang berhasil (remedial) pada bab sebelumnya.a. Indikator:1) Menganalisis faktor yang menyebabkan usaha.2) Mengidentifikasi permasalahan gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode ilmiah, konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengondisikan kelas agar siswa tertib mengikuti proses pembelajaran. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi belajar siswa, guru memperlihatkan gambar delman, kemudian menanyakan apa yang membuat delman itu bergerak?2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Apakah gambar delman tersebut ada hubungannya dengan matei gaya dan usaha yang akan di bahas pada bab ini.3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang gaya dapat melakukan usaha.Kegiatan Inti1) Guru membimbing siswa untuk menyelesaikan Kegiatan 9.1.2) Guru melakukan demontrasi dan siswa mengamati guru sedang berusaha mendorong dinding dan menarik sebuah kotak dengan bimbingan guru.3) Siswa diminta untuk membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangku terkait materi yang sedang dibahas.4) Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk melakukan proses pengumpulan informasi dari berbagai sumber, seperti buku referensi Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1, internet: www.gurumuda.net/usaha-fisika.htm, atau sumber lainnya, mengenai gaya dan usaha.5) Guru meminta siswa untuk aktif berdiskusi tentang gaya dan usaha.6) Guru membimbing siswa untuk menganalisis informasi hasil penyelelidikan untuk menemukan bahwa gaya dapat melakukan usaha dan menghitung usaha melalui grafik.7) Dari hasil analisis, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan usaha.8) Guru membimbing siswa untuk memaparkan tentang gaya dapat melakukan usaha dan menghitung usaha melalui grafik di depan kelas.9) Guru membimbing siswa untuk mengomunikasikan apa yang dimaksud dengan usaha.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan gaya dapat melakukan usaha dan menghitung usaha melalui grafik.2) Guru merefleksikan gaya dapat melakukan usaha.3) Guru mengakhiri pembelajaran ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar 1. Media/alat: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 9.

2. Bahan: alat peraga sederhana seperti buku, gambar delman, Lembar Aktivitas Siswa (LAS)

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, dan materi tambahan yang dapat diunduh di www.gurumuda.net/usaha-fisika.htm, serta cuplikan video pembelajaran tentang pengertian usaha yang dapat diunduh di http://www.youtube.com/watch?v=oghhXySYT8M.

2. Pertemuan Kedua : (3 JP)Pertemuan kedua akan membahas materi tentang usaha dan perubahan energi. Pada pertemuan ini, siswa dapat menjelaskan pengertian energi serta menganalisis usaha dan perubahan energi. Dalam pertemuan ini, guru juga diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap materi yang akan dibahas dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.a. Indikator1) Menjelaskan pengertian energi.2) Menganalisis usaha dan perubahan energi kinetik.3) Menganalisis usaha dan perubahan energi potensial gravitasi.4) Menganalisis usaha dan perubahan energi potensial pegas.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengondisikan kelas agar siswa tertib mengikuti proses pembelajaran. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi belajar siswa, guru memperlihatkan gambar berbagai macam sumber energi pada Kegiatan 9.2.2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Bagaimanakah cara kerja sumber pembangkit energi listrik agar diperoleh energi listrik?.3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang usaha dan perubahan energiKegiatan Inti1) Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk mengamati gambar sebuah gaya yang bekerja pada benda bermassa m yang sedang bergerak dengan kecepatan v (Kegiatan 9.3).2) Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk mengamati perubahan energi kinetik menjadi energi kalor (Kegiatan 9.4).3) Guru membimbing siswa secara berkelompok untuk mengamati cara menentukan usaha yang dilakukan gaya gravitasi pada sebuah bola yang jatuh bebas dari ketinggian h (Kegiatan 9.6).4) Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk teliti dalam kegiatan mengamati gambar, melakukan percobaan dan melakukan perhitungan, sehingga siswa dapat memahami usaha dan perubahan energi.5) Siswa diminta membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangku terkait dengan materi yang sedang dibahas.6) Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data dan informasi dari sumber lain tentang gaya yang bekerja pada benda bermassa m yang sedang bergerak dengan kecepatan v (Kegiatan 9.3).7) Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data dan informasi dari sumber lain tentang perubahan energi kinetik menjadi energi kalor (Kegiatan 9.4).8) Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data dan informasi dari sumber lain tentang cara menentukan usaha yang dilakukan gaya gravitasi pada sebuah bola yang jatuh bebas dari ketinggian h (Kegiatan 9.6).9) Guru membimbing siswa secara berkelompok bekerja sama melakukan proses pengumpulan informasi dari percobaan, pengamatan dan berbagai sumber, seperti buku referensi Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1, internet: www.fisikastudycenter.com/fisika-xi-sma/35-usaha-energi, atau sumber lainnya, mengenai usaha dan perubahan energi.10) Siswa untuk merangkum tentang gaya yang bekerja pada benda bermassa m yang sedang bergerak dengan kecepatan v (Kegiatan 9.3).11) Siswa untuk menyimpulkan tentang perubahan energi kinetik menjadi energi kalor (Kegiatan 9.4).12) Siswa untuk merangkum tentang cara menentukan usaha yang dilakukan gaya gravitasi pada sebuah bola yang jatuh bebas dari ketinggian h (Kegiatan 9.6).13) Siswa untuk menyimpulkan tentang usaha dan perubahan energi.14) Siswa untuk memaparkan tentang usaha dan perubahan energi di depan kelas.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan tentang usaha dan perubahan2) Guru merefleksikan tentang usaha dan perubahan.3) Guru mengakhiri pembelajaran ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d.Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 9.

2. Alat: macam-macam gambar sumber energi, bola dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS)

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, dan materi tambahan yang dapat diunduh di www.fisikastudycenter.com/fisika-xi-sma/35-usaha-energi.

3. Pertemuan Ketiga : (3 JP)Pertemuan ketiga akan membahas materi tentang gaya konservatif dan hukum kekekalan energi mekanik. Pada pertemuan ini, siswa dapat menjelaskan pengertian gaya konservatif dan menganalisis perumusan kekekalan hukum kekekalan energi mekanik. Selain itu, guru juga dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap materi yang akan dipelajari dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.a. Indikator:1) Menjelaskan gaya konservatif.2) Menganalisis mekanik pada gerak roller coaster.3) Menganalisis gerak mekanik pada benda di bidang miring.4) Mengidentifikasi permasalahan gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode ilmiah, konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengondisikan kelas agar siswa tertib mengikuti proses pembelajaran. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi belajar siswa, guru mengajak siswa untuk mengamati sebuah bandul yang diikat pada statif dengan menggunakan benang. Pada kegiatan ini guru diharapkan dapat menstimulus siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai energi kinetik dan energi potensial (Kegiatan 9.7).2) Guru memberika apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. ketika bandul tersebut diayunkan, guru dapat bertanya bagaimana energi kinetik dan energi potensial gravitasinya.3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang gaya konservatif dan hukum kekekalan energi.Kegiatan Inti1) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5-6 orang. 2) Setiap kelompok akan mempresentasikan materi yang berbeda. Kelompok 1 akan membahas Gaya konservatif, Kelompok 2 membahas energi mekanik pada gerak roller coaster, Kelompok 3 membahas energi mekanik pada gerak benda di bidang miring, dll.3) Pada saat presentasi kelompok berlansung, kelompok lainnya menyimak materi yang sedang dipresentasikan.4) Setelah presentasi selesai dipaparkan, kelompok lain memberikan saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas.5) Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).6) Kegiatan mengumpulkan informasi dilakukan sebelum melakukan presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari informasi terkait dengan materi yang akan dipresentasikan.7) Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang mendapat tugas presentasi, juga kelompok lain dengan melakukan analisis dalam kelompok pada saat menyimak jalannya presesntasi guna membuat pertanyaan.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.2) Guru merefkleksikan tentang gaya konservatif dan hukum kekekalan energi.3) Guru mengakhiri pembelajaran ini dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

c.Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d.Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 9.

2. Alat: Lembar Aktivitas Siswa (LAS)

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, dan materi tambahan yang dapat diunduh di www.gurumuda.net/hukum-kekekalan-energi-mekanik.htm.

4. Peretemuan Keempat : (3 JP)Pertemuan keempat akan membahas tentang daya. Pada pertemuan ini, siswa dapat menjelaskan tentang konsep daya dan perumusannya. Selain itu, guru juga diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terkait materi yang akan dipelajari dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

a. Indikator1) Menjelaskan pengertian daya.

b. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan1) Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang daya, kemudian mendiskusikan tentang daya dalam kehidupan sehari-hari.2) Guru memberikan apersepsi kepada siswa berupa pertanyaan sebagai berikut. Apa yang dimaksud dengan daya. Sebutkan pula satuan dari daya 1 kWh berapa joule?3) Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang daya.Kegiatan Inti1) Guru membimbing siswa untuk menyimak uraian besarnya daya.2) Guru membimbing siswa untuk menuliskan persamaan daya.3) Guru membimbing siswa untuk mengamati tentang satuan daya.4) Mengamati cara menghitung daya listrik yang diperlukan.5) Siswa diminta untuk membuat 5 pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangkunya terkait dengan materi yang sedang dibahas.6) Siswa secara berkelompok bekerja sama melakukan proses pengumpulan informasi dari berbagai sumber, seperti buku referensi Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1, internet: www.indonesiacerdas.web.id/2012/07/energi-dan-daya-listrik.html?m=1,atau sumber lainnya, mengenai daya. 7) Siswa untuk mengolah dan menganalisis informasi hasil pengamatan mengenai cara menghitung daya listrik yang diperlukan.8) Siswa untuk menyimpulkan hubungan daya dengan usaha dan energi.9) Siswa mengomunikasikan hubungan daya dengan usaha dan energi.Kegiatan Penutup1) Guru menyimpulkan tentang konsep daya.2) Guru merefleksikan materi tentang daya.3) Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

c. Teknik Penilaian1) Penilaian Sikap2) Penilaian Pengetahuan3) Penilaian Keterampilan

d. Media/alat, Bahan, Sumber Belajar1. Media: proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab 9.

2. Alat: Lembar Aktivitas Siswa (LAS)

3. Sumber : Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, dan materi tambahan yang dapat diunduh di www.indonesiacerdas.web.id/2012/07/energi-dan-daya-listrik.html?m=1.

Lampiran-Lampiran1. Materi Pembelajaran Pertemuan 12. Instrumen Penilaian Pertemuan 13. Materi Pembelajaran Pertemuan 24. Instrumen Penilaian Pertemuan 25. Materi Pembelajaran Pertemuan 36. Instrumen Penilaian Pertemuan 37. Materi Pembelajaran Pertemuan 48. Instrumen Penilaian Pertemuan 49. Model Pembelajaran

Lampiran-Lampiran1. Materi Pembelajaran Pertemuan 1a. Gaya dapat Melakukan UsahaMateri terdapat pada Bab 9 Subbab A di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.2. Instrumen Penilaian Pertemuan 1a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Benda bermassa 2 kg bergerak pada lantai kasar dengan kecepatan awal 10 m.s1. Oleh karena adanya gesekan antara benda dan lantai yang berlawanan arah dengan gerak benda, setelah menempuh jarak 20 meter benda tersebut berhenti. Tentukanlah usaha yang dilakukan oleh gaya gesek pada benda tersebut.2. Gaya F = 50 N bekerja pada sebuah benda bermassa 10 kg yang terletak pada bidang datar. Gaya tersebut membentuk sudut 60 terhadap bidang horizontal. Tentukanlah usaha yang dilakukan oleh gaya setelah benda berpindah sejauh 20 meter.

c. Penilaian KeterampilanPenilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan siswa dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab/mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan metri yang sedang dibahas (mengomunikasikan secara lisan).

3. Materi Pembelajaran Pertemuan 2a. Usaha dan Perubahan EnergiMateri terdapat pada Bab 9 Subbab B di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.4. Instrumen Penilaian Pertemuan 2a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Buah kelapa jatuh bebas dari pohonnya setinggi 30 m. Jika energi potensial mula-mula 450 J. Tentukan:a. massa buah kelapa,b. waktu yang dibutuhkan mencapai tanah,c. kecepatan saat mengenai tanah,d. energi kinetik sesaat sebelum mengenai tanah.2. Sebuah batu bermassa 0,5 kg dipakai untuk memukul sebuah paku sehingga dengan sekali pukul, paku tertanam pada kayu sedalam 4 cm. Jika kecepatan batu saat memukul paku 10 m.s1, tentukanlah besar gaya tahan kayu terhadap paku.

c. Penilaian KeterampilanPenilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan siswa dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab/mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan metri yang sedang dibahas (mengomunikasikan secara lisan).

5. Materi Pembelajaran Pertemuan 3a. Gaya Konservatif dan Hukum Kekekalan Energi MekanikMateri terdapat pada Bab 9 Subbab C di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.6. Instrumen Penilaian Pertemuan 3a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Benda yang bergerak dengan kece patan awal 14 m.s1 jatuh dari ketinggian 240 m dan masuk ke dalam pasir sedalam 20 cm. Jika massa benda itu 1 kg, tentukanlah gaya gesek rata-rata yang dilakukan pasir pada benda.2. Balok beratnya 40 N bergerak ke atas pada bidang miring kasar yang sudut ke miringan nya 30 dengan kelajuan awal 5 m.s1. Balok menempuh jarak 2 m sepanjang bidang sebelum berhenti, kemudian meluncur kembali ke dasar. Hitunglah gaya gesek yang bekerja pada balok dan kelajuan balok ketika tiba kembali di dasar bidang miring.

c. Penilaian KeterampilanPenilaian Kinerja/PraktikMata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : X/2Tahun Pelajaran : 2015/2016Kompetensi Dasar : 4.9 Mengajukan gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode ilmiah, konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi.Indikator Soal : Siswa dapat menyelesaikan masalah hukum kekekalan energi melalui percobaan sederhana dengan menerapkan metode ilmiah.Rubrik penilaian kinerja/praktik FisikaKriteria Skor IndikatorKriteria Skor IndikatorKriteria Skor Indikator

Persiapan(Skor maks = 3)3Pemilihan alat dan bahan tepat

2Pemilihan alat atau bahan tepat

1Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

0Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan

Pelaksanaan(Skor maks = 7)3Pemilihan alat dan bahan tepat

2Pemilihan alat atau bahan tepat

1Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

0Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan

2Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat

1Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat

0Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat

2Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan

1Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan

0Tidak memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan

Hasil(Skor maks = 6)3Mencatat dan mengolah data dengan tepat

2Mencatat atau mengolah data dengan tepat

1Mencatat dan mengolah data tidak tepat

0Tidak mencatat dan mengolah data

3Simpulan tepat

2Simpulan kurang tepat

1Simpulan tidak tepat

0Tidak membuat simpulan

Laporan(Skor maks = 3)3Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan dan isilaporan benar

2Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan atau isilaporan benar

1Sistematika tidak sesuai dengan kaidah penulisan dan isilaporan tidak benar

0Tidak membuat laporan

Contoh pengisian format penilaian kinerja/praktik Fisika.NoNamaSkor untukJumlah SkorNilai

PersiapanPelaksanaanHasilLaporan

1.Adi35421474

........

Keterangan: Skor maksimal = jumlah skor tertinggi setiap kriteria. Pada contoh di atas, skor maksimal = 3 + 5 + 4 + 2= 14. Nilai praktik = Pada penilaian kinerja dapat diberikan pembobotan pada aspek yang dinilai,misalnya persiapan 20%, pelaksanaan dan hasil 50%, dan pelaporan 30%.

7. Materi Pembelajaran Pertemuan 4a. DayaMateri terdapat pada Bab 9 Subbab D di Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 1, Grafindo Media Pratama.8. Instrumen Penilaian Pertemuan 4a. Penilaian Sikap1) Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual dan SosialNoWaktuNamaKejadian/PerilakuButir SikapPos/NegTindak Lanjut

1.12/5/2016.Mengganggu teman yang sedangberdoa sebelum makan siang dikantinToleransi beragama-Ditanya apaalasannya mengganggu teman saat berdoa, agarselanjutnya tidak mengganggu teman saat berdoa

220/5/2016.Teliti saat pengambilan data saat melakukan percobaanTeliti+Diberi apresiasi/pujian atasketelitiannya

3......

2) Penilaian DiriContoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kegiatan kelompok.Nama : ...............................................Kelas/Semester : ..................../..........................

NoPernyataanYaTidak

Selama kegiatan kelompok, saya:

1.Mengusulkan ide kepada kelompok

2.Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

3.Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan

4.Menertawakan pendapat teman

5.Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan

6.Melaksanakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya

3) Penilaian AntartemanContoh instrumen penilaian (lembar pengamatan) antarteman (peer assessment)menggunakan daftar cek (checklist) pada waktu kerja kelompok.Nama Teman : 1. . 2. .Nama Penilai : .Kelas/Semester : .

NoPernyataan/Indikator PengamatanTeman 1Teman 2

1.Teman saya mengajukan pertanyaan dengan sopan

2.Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai pembagian tugasdalam kelompok

3.Teman saya mengemukakan ide untuk menyelesaikan masalah

4.Teman saya memaksa kelompok untuk menerima usulnya

5.Teman saya menyela pembicaraan teman kelompok

6.Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain

7.Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh

8.Teman saya melaksanakan kesepakatan kelompok meskipuntidak sesuai dengan pendapatnya

b. Penilaian PengetahuanPenilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, siswa diberi tugas untuk menjawab soal berikut.1. Syamsul menaiki bidang miring dengan sudut kemiringan 30. Diketahui massa Syamsul 45 kg dan percepatan gravitasi Bumi 10 m.s2. Jika jarak yang ditempuh Syamsul 8 m dan waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak bidang miring 0,75 menit, hitunglah daya yang diperlukan Syamsul.2. Air terjun setinggi 20 m digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Setiap sekon mengalir air sebanyak 10 m3. Jika efisiensi generator 55% dan percepatan gravitasi Bumi 10 m.s2, hitunglah daya rata-rata yang dihasilkan.

c. Penilaian Keterampilan1) Contoh Penilaian ProyekMata Pelajaran : FisikaKelas/Semester : X / 2Tahun pelajaran : 2015/2016Kompetensi Dasar : 4.9 Mengajukan gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode ilmiah, konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi.Indikator Soal : Siswa dapat menyelesaikan permasalahan hukum kekekalan energi atau energi dengan kunjungan wisata ke kampus terdekat.

Rubrik penilaian proyek:NoAspekSkor

1Perencanaan:Latar Belakang (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat = 1)Rumusan masalah (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat = 1)6

2Pelaksanaan:a. Pengumpulan data/informasi (akurat = 3. kurang akurat = 2. tidakakurat = 1)b. Kelengkapan data (lengkap= 3. kurang lengkap = 2. tidak lengkap = 1)c. Pengolahan dan analisis data (sesuai = 3. kurang sesuai = 2. tidaksesuai = 1)d. Kesimpulan (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat = 1)12

3Pelaporan hasil:a. Sistematika laporan (baik = 3. kurang baik = 2. tidak baik = 1)b. Penggunaan bahasa (sesuai kaidah= 3. kurang sesuai kaidah = 2. tidaksesuai kaidah = 1)c. Penulisan/ejaan (tepat = 3. kurang tepat = 2. tidak tepat/banyakkesalahan =1)d. Tampilan (menarik= 3. kurang menarik= 2. tidak menarik= 1)12

Skor maksimal30

Nilai proyek =Aspek penilaian dapat diberi pembobotan, misalnya perencanaan 20%, pelaksanaan 40%, dan pelaporan 40%.

2) Penilaian PortofolioEnergi listrik merupakan energi yang paling banyak dimanfaatkan, seperti untuk penerangan, menyalakan televisi dan radio, memasak, pendingin ruangan, dan untuk kebutuhan lainnya. Tahukah Anda, bagaimana cara memperoleh energi listrik? Kemukakan pendapat Anda di depan kelas.

9. Model Pembelajaran yang Dapat DiterapkanKegiatan pembelajaran pada pertemuan 1 dapat menggunakan model Discovery.

a) Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)Pada awal pembelajaran, guru mengajak siswa untuk mengamati kejadian dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengamati gambar delmar yang sedang bergerak. Guru dapat menggunakan berbagai media untuk mendemonstrasikan hal tersebut. Setelah itu, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti(1) Apa yang membuat delman itu bergerak?(2) Apakah ada hubungannya dengan materi gaya dan usaha yang akan dibahas pada bab ini?

b) Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)Setelah guru memberikan stimulasi kepada siswa, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi masalah dan merumuskan berbagai kemungkinan yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru sebelumnya. Siswa kemudian diajak untuk merumuskan sebuah hipotesis yang paling memungkinkan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Contoh hipotesis yang dapat dibuat misalnya Secara fisis pengertian usaha adalah transfer energi melalui gaya sehingga benda berpindah. Usaha akan berharga positif jika arah gaya searah dengan arah perpindahan dan akan berharga negatif jika gaya berlawanan arah dengan arah perpindahan benda.

c) Data collection (pengumpulan data)Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dan membuktikan hipotesis yang telah dibuat, guru mengajak siswa untuk melakukan diskusi berdasarkan Kegiatan 9.1. Selain melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, siswa juga dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang relevan.

d) Data processing (pengolahan data)Setelah kegiatan pengumpulan data melalui diskusi pada Kegiatan 9.1, siswa mengolah dan menganalisis hasil-hasil pengamatan mereka. Kegiatan ini berguna untuk membentuk konsep siswa mengenai materi yang sedang dipelajari tentang gaya dapat melakukan usaha. Hasil dari analisis tersebut akan digunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan di awal pembelajaran dan membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.

e) Verification (pembuktian)Hasil analisis dan pengolahan informasi pada tahap sebelumnya kemudian digunakan untuk menjawab pertanyaan yang sebelumnya diajukan. Dalam proses ini, guru tetap membimbing siswa agar tidak terjadi kesalahan konsep. Selain itu, dalam tahap ini siswa juga dapat membuktikan apakah hipotesis yang dirumuskan sebelumnya dapat diterima atau tidak berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi yang telah dilakukan.

f) Generalization (menarik kesimpulan)Setelah siswa memverifikasi jawaban dan hipotesis mereka, siswa kemudian menyimpulkan hasil akhir dari kegiatan yang telah mereka lakukan sebelumnya. Pada kegiatan inilah siswa memperoleh kesimpulan akhir dari materi yang sedang dipelajari. Siswa dapat menerapkan kesimpulan tersebut pada permasalahan lain yang sama seperti kasus yang diajukan sebelumnya oleh guru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Bab 10 Momentum dan Impuls

Sekolah: Mata Pelajaran: FisikaKelas/Semester: X/IAlokasi Waktu :12 JP x 45 menit

A. Kompetensi Inti (KI)3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelaj