65872388 amdal-mipa

42
DASAR DASAR AMDAL DASAR DASAR AMDAL BAHAN BACAAN BAHAN BACAAN 1. F. GUNARWAN SURATNO; ANALISIS 1. F. GUNARWAN SURATNO; ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN 2. PHILIP KRISTANTO; EKOLOGI 2. PHILIP KRISTANTO; EKOLOGI INDUSTRI INDUSTRI 3. OTTO SUMARWOTO; ANALISA 3. OTTO SUMARWOTO; ANALISA MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN

Upload: operator-warnet-vast-raha

Post on 20-Jun-2015

648 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: 65872388 amdal-mipa

DASAR DASAR AMDALDASAR DASAR AMDAL

BAHAN BACAANBAHAN BACAAN1. F. GUNARWAN SURATNO; ANALISIS 1. F. GUNARWAN SURATNO; ANALISIS

MENGENAI DAMPAK LINGKUNGANMENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN2. PHILIP KRISTANTO; EKOLOGI 2. PHILIP KRISTANTO; EKOLOGI

INDUSTRIINDUSTRI3. OTTO SUMARWOTO; ANALISA 3. OTTO SUMARWOTO; ANALISA

MENGENAI DAMPAK LINGKUNGANMENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN

Page 2: 65872388 amdal-mipa

Singgalang, 13 Singgalang, 13 Agustus 2011, hal A-3Agustus 2011, hal A-3

Walhi tolak KERANGKA ACUAN ANALISIS DAMPAK Walhi tolak KERANGKA ACUAN ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN (KA-AMDAL) kebun sawit Mentawai; LINGKUNGAN (KA-AMDAL) kebun sawit Mentawai; dasar penolakan, sungai Sikabaluan akan tercemar dasar penolakan, sungai Sikabaluan akan tercemar padahal sbg sumber air bersih.padahal sbg sumber air bersih.

Taman Nasional Siberut yg banyak satwak endemik dan Taman Nasional Siberut yg banyak satwak endemik dan keanekaragan hayati akan terusik krn pembukaan lahan keanekaragan hayati akan terusik krn pembukaan lahan dan pabrik dekat taman nasional.dan pabrik dekat taman nasional.

Keberadaan perusahaan sawit dinilai akan menambah Keberadaan perusahaan sawit dinilai akan menambah jumlah pengangguran di Mentawai. Masyarakat yg biasa jumlah pengangguran di Mentawai. Masyarakat yg biasa bercocok tanaman seperti nila, cokelat, sagu dan juga bercocok tanaman seperti nila, cokelat, sagu dan juga cengkeh akan tergerus dengan keberadaan perusahaan cengkeh akan tergerus dengan keberadaan perusahaan sawit. sawit.

Page 3: 65872388 amdal-mipa

Masih singgalang yang samaMasih singgalang yang sama

PENGUMUMAN RENCANA KEGIATAN PENGUMUMAN RENCANA KEGIATAN STUDI AMDAL. PLNSTUDI AMDAL. PLN

KEGITAN DIPRAKIRAKAN AKAN BERDAMPAK PADA KEGITAN DIPRAKIRAKAN AKAN BERDAMPAK PADA KOMPONEN FISIK-KIMIA,BIOLOGI,SOSIAL EKONOMI KOMPONEN FISIK-KIMIA,BIOLOGI,SOSIAL EKONOMI BUDAYA DAN KESEHATAN MASYRAKAT.BUDAYA DAN KESEHATAN MASYRAKAT.

PENGUMUMAN BERKATAN DENGAN KEPUTUSAN PENGUMUMAN BERKATAN DENGAN KEPUTUSAN KEPALA BAPEDAL NOMOR 08 TAHUN 2000 TENTANG KEPALA BAPEDAL NOMOR 08 TAHUN 2000 TENTANG KETERLIBATAN MASYARAKAT DAN KETERBUKAAN KETERLIBATAN MASYARAKAT DAN KETERBUKAAN INFORMASI DALAM PROSES AMDAL. INFORMASI DALAM PROSES AMDAL.

Page 4: 65872388 amdal-mipa

Berita lainBerita lain

Tambang batu bara di kalimantan Tambang batu bara di kalimantan menimbulkan dampak, resapan air tidak menimbulkan dampak, resapan air tidak ada sehingga susah dapat air bersih. ada sehingga susah dapat air bersih. Masyarakat mempertanyakan amdal.Masyarakat mempertanyakan amdal.

Jalan di daerah jakarta uatara amblas Jalan di daerah jakarta uatara amblas sedalam 7 meterr, diduga akibat turbulen sedalam 7 meterr, diduga akibat turbulen air dan air tanah yang dibor oleh hotel-air dan air tanah yang dibor oleh hotel-hotel dan perkantoran. hotel dan perkantoran.

Page 5: 65872388 amdal-mipa

PERUNDANG-UNDANGAN PERUNDANG-UNDANGAN LINGKUNGAN HIDUPLINGKUNGAN HIDUPYang pertama muncul di Indonesia:Yang pertama muncul di Indonesia:

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIAUNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANO. 4 TAHUN 1982 (UULH)NO. 4 TAHUN 1982 (UULH)

Tentang Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan HidupTentang Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan HidupSekarang disempurnakan dan diganti dengan:Sekarang disempurnakan dan diganti dengan:

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO. 23 TAHUN 1997 (UUPLH)NO. 23 TAHUN 1997 (UUPLH)

TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUPTENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Page 6: 65872388 amdal-mipa

Pada Pasal 15Pada Pasal 15Ayat (1):Ayat (1):Setiap rencana usaha dan/atau kegiatan yang Setiap rencana usaha dan/atau kegiatan yang kemungkinan dapat menimbulkan dampak besar dan kemungkinan dapat menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, wajib memiliki penting terhadap lingkungan hidup, wajib memiliki analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL).analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL).

Ayat (2):Ayat (2):Ketentuan tentang rencana usaha dan/atau kegiatan Ketentuan tentang rencana usaha dan/atau kegiatan yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap Lingkungan Hidup, sebagaimana dimaksud pada ayat Lingkungan Hidup, sebagaimana dimaksud pada ayat (1), serta tata cara penyusunan dan penilaian AMDAL, (1), serta tata cara penyusunan dan penilaian AMDAL, ditetapkan dengan peraturan pemerintah (PP).ditetapkan dengan peraturan pemerintah (PP).

Page 7: 65872388 amdal-mipa

MENGAPA DIBUAT MENGAPA DIBUAT UUPLH?UUPLH?

1.1. KARENA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA KARENA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA SEBAGAI KARUNIA DAN RAHMAT TUHAN YANG SEBAGAI KARUNIA DAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA KEPADA RAKYAT DAN BANGSA MAHA ESA KEPADA RAKYAT DAN BANGSA MERUPAKAN RUANG ATAU TEMPAT TINGGAL MERUPAKAN RUANG ATAU TEMPAT TINGGAL BAGI KEHIDUPAN KITABAGI KEHIDUPAN KITA

2. 2. DALAM RANGKA MENDAYAGUNAKAN SUMBER DALAM RANGKA MENDAYAGUNAKAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MEMAJU-KAN DAYA ALAM UNTUK MEMAJU-KAN KESEJAHTERAAN MANUSIA, PERLU KESEJAHTERAAN MANUSIA, PERLU DILAKUKAN DENGAN PEMBANGUNAN DILAKUKAN DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BERWAWASAN BERKELANJUTAN BERWAWASAN LINGKUNGAN, DENGAN MEMPERHITUNGKAN LINGKUNGAN, DENGAN MEMPERHITUNGKAN KEBUTUHAN GENERASI MASA KINI DAN KEBUTUHAN GENERASI MASA KINI DAN GENERASI MASA DEPAN.GENERASI MASA DEPAN.

Page 8: 65872388 amdal-mipa

3. 3. PERLU DILAKUKAN PENGELOLAAN PERLU DILAKUKAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MELESTARIKAN DAN MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LINGKUNGAN HIDUP YANG SERASI, SELARAS LINGKUNGAN HIDUP YANG SERASI, SELARAS DAN SEIMBANG.DAN SEIMBANG.

4. 4. PENYELENGGARAAN PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN HARUS DIDASARKAN PADA LINGKUNGAN HARUS DIDASARKAN PADA NORMA HUKUM DENGAN MEMPERHATIKAN NORMA HUKUM DENGAN MEMPERHATIKAN TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT DAN TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT DAN PERKEMBANGAN LING-KUNGAN GLOBAL PERKEMBANGAN LING-KUNGAN GLOBAL SERTA HUKUM INTERNASIONAL.SERTA HUKUM INTERNASIONAL.

Page 9: 65872388 amdal-mipa

PP YANG PERTAMA KALI BERLAKU:PP YANG PERTAMA KALI BERLAKU:PP 29 TAHUN 1986PP 29 TAHUN 1986

KARENA ADA HAMBATANKARENA ADA HAMBATANSEJAK 23 OKTOBER 1993 DICABUTSEJAK 23 OKTOBER 1993 DICABUT

DIGANTI DENGAN PP NOMOR 51 TAHUN 1993DIGANTI DENGAN PP NOMOR 51 TAHUN 1993

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA / PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA / PP NO. 51 TAHUN 1993 TENTANG AMDALPP NO. 51 TAHUN 1993 TENTANG AMDAL

DICABUT DAN DISESUAIKAN LAGIDICABUT DAN DISESUAIKAN LAGI DGN UUPLH 1997DGN UUPLH 1997

YANG TERBARUYANG TERBARU

PERATURAN PEMERINTAHAN NO. 27 THN 1999PERATURAN PEMERINTAHAN NO. 27 THN 1999TENTANG AMDALTENTANG AMDAL

BERLAKU MULAI NOPEMBER 2000BERLAKU MULAI NOPEMBER 2000

Page 10: 65872388 amdal-mipa

Undang undang terbaruUndang undang terbaru

UU No. 32 Tahun 2009,UU No. 32 Tahun 2009, Tentang perlindungan dan pengelolaan Tentang perlindungan dan pengelolaan

lingkungan hidup (PPLH)lingkungan hidup (PPLH)Berkaitan dengan sanksi yang diberikan pada Berkaitan dengan sanksi yang diberikan pada

pelanggar aturan inipelanggar aturan iniSanksi dapat diberikan kepada pemberi izin Sanksi dapat diberikan kepada pemberi izin

(pemerintah) dan pemrakarsa(pemerintah) dan pemrakarsaSanksi tergantung bobot pelanggaran minimal Sanksi tergantung bobot pelanggaran minimal

3 tahun atau 3 milyar3 tahun atau 3 milyar

Page 11: 65872388 amdal-mipa

DEFINISI AMDAL PP 27 TAHUN 1999:DEFINISI AMDAL PP 27 TAHUN 1999:

KAJIAN MENGENAI DAMPAK BESAR DAN KAJIAN MENGENAI DAMPAK BESAR DAN PENTING SUATU USAHA DAN/ATAU PENTING SUATU USAHA DAN/ATAU KEGIATAN YANG DIRENCANAKAN PADA KEGIATAN YANG DIRENCANAKAN PADA LINGKUNGAN HIDUP YANG DIPERLUKAN LINGKUNGAN HIDUP YANG DIPERLUKAN BAGI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAGI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG PENYELENGGARAAN USAHA TENTANG PENYELENGGARAAN USAHA DAN/ATAU KEGIATANDAN/ATAU KEGIATAN

Page 12: 65872388 amdal-mipa

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan hidup, di satu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan hidup, di satu sisi merupakan studi kelayakan untuk melaksanakan sisi merupakan studi kelayakan untuk melaksanakan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan, di sisi lain suatu rencana usaha dan/atau kegiatan, di sisi lain merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan izin melakukan usaha dan/atau mendapatkan izin melakukan usaha dan/atau kegiatan. kegiatan.

Berdasarkan analisis ini dapat dapat diketahui secara Berdasarkan analisis ini dapat dapat diketahui secara lebih jelas dampak besar dan penting terhadap lebih jelas dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, baik dampak negatif maupun lingkungan hidup, baik dampak negatif maupun dampak positif yang akan timbul dari suatu usaha dampak positif yang akan timbul dari suatu usaha dan/atau kegiatan sehingga dapat dipersiapkan dan/atau kegiatan sehingga dapat dipersiapkan langkah untuk menanggulangi dampak negatif dan langkah untuk menanggulangi dampak negatif dan mengembangkan dampak positif.mengembangkan dampak positif.

Page 13: 65872388 amdal-mipa

AMDAL ADALAH KESELURUHAN AMDAL ADALAH KESELURUHAN PROSES YANG MEMPUNYAI PROSES YANG MEMPUNYAI

KOMPONEN:KOMPONEN:

Kerangka Acuan Bagi Penyusunan Kerangka Acuan Bagi Penyusunan ANDAL (KA)ANDAL (KA)

Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)

Rencana Pengelolahan Lingkungan Rencana Pengelolahan Lingkungan (RKL)(RKL)

Rencana Pemantauan Lingkungan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL(RPL))

Page 14: 65872388 amdal-mipa

KERANGKA ACUAN (KA)KERANGKA ACUAN (KA) Adalah ruang lingkup studi Analisis Dampak Lingkungan Adalah ruang lingkup studi Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)(ANDAL) yang merupakan hasil pelingkupanyang merupakan hasil pelingkupan

ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN (ANDAL)ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN (ANDAL) Adalah telaah secara cermat dan mendalam tentang dampak Adalah telaah secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu rencana usaha atau kegiatan penting suatu rencana usaha atau kegiatan

RENCANA PENGELOLAAN LINGUNGAN (RKL)RENCANA PENGELOLAAN LINGUNGAN (RKL)Adalah dokumen mengandung upaya penangan dampak penting Adalah dokumen mengandung upaya penangan dampak penting terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan

RENCANA PEMANTAUAN LINGKUNGAN (RPL)RENCANA PEMANTAUAN LINGKUNGAN (RPL)Adalah dokumen mengandung upaya pemantauan komponen Adalah dokumen mengandung upaya pemantauan komponen yang terkena dampak penting akibat dari rencana usaha atau yang terkena dampak penting akibat dari rencana usaha atau kegiatankegiatan

Page 15: 65872388 amdal-mipa

Hasil AMDAL digunakan sebagai bahan Hasil AMDAL digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan wilayah.perencanaan pembangunan wilayah.

Penyusunan AMDAL dapat dilakukan Penyusunan AMDAL dapat dilakukan melalui pendekatan studi terha-dap melalui pendekatan studi terha-dap usaha dan atau kegiatan tunggal, usaha dan atau kegiatan tunggal, terpadu atau kegiatan kawasan.terpadu atau kegiatan kawasan.

KEISTIMEWAAN DALAM PP 27 TAHUN KEISTIMEWAAN DALAM PP 27 TAHUN 1999 ADALAH MELIBATKAN 1999 ADALAH MELIBATKAN MASYARAKAT DI DALAM PROSESNYA.MASYARAKAT DI DALAM PROSESNYA.

Page 16: 65872388 amdal-mipa

MACAM AMDALMACAM AMDAL AMDAL Proyek Tunggal:AMDAL Proyek Tunggal: Studi mengenai dampak penting dari Studi mengenai dampak penting dari

suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup dari suatu kegiatan tunggaldari suatu kegiatan tunggal

AMDAL Terpadu:AMDAL Terpadu: Studi yang sama, namum menyangkut lebih Studi yang sama, namum menyangkut lebih dari satu kegiatan yang terletak dalam satu kesatuan hamparan dari satu kegiatan yang terletak dalam satu kesatuan hamparan ekosistem dan melibatkan kewenangan lebih dari satu instansi ekosistem dan melibatkan kewenangan lebih dari satu instansi yang bertanggung jawab.yang bertanggung jawab.

AMDAL Kawasan:AMDAL Kawasan: Studi yang sama, namun hanya menyangkut Studi yang sama, namun hanya menyangkut satu instansi yang bertanggung jawabsatu instansi yang bertanggung jawab

AMDAL Regional:AMDAL Regional: Studi yang sama, menyangkut berbagai Studi yang sama, menyangkut berbagai kegiatan, terletak dalam satu kesatuan hamparan ekosistem kegiatan, terletak dalam satu kesatuan hamparan ekosistem zona rencana pengembangan wilayah sesuai dengan RUTR zona rencana pengembangan wilayah sesuai dengan RUTR daerah dan melibatkan kewenangan lebih dari satu instansi.daerah dan melibatkan kewenangan lebih dari satu instansi.

Page 17: 65872388 amdal-mipa

Dampak besar dan penting:Dampak besar dan penting:Perubahan lingkungan yang sangat mendasar, yang diakibatkanPerubahan lingkungan yang sangat mendasar, yang diakibatkan

oleh suatu usaha dan/atau kegiatan oleh suatu usaha dan/atau kegiatan

PASAL 3 AYAT(1) PP 27 TAHUN 1999PASAL 3 AYAT(1) PP 27 TAHUN 1999USAHA/KEGIATAN YUSAHA/KEGIATAN YANANG DIPERKIRAKANG DIPERKIRAKAN MEMPUNYAI DAMPAKMEMPUNYAI DAMPAK

PENTINGTERHADAP:PENTINGTERHADAP:

1.1. Pengubahan bentuk lahan dan bentang alamPengubahan bentuk lahan dan bentang alam Pembuatan jalanPembuatan jalan BendunganBendungan Jalan kereta apiJalan kereta api Pembukaan hutanPembukaan hutan

1.1. Eksploitasi sumber daya alam (SDA) baik yang Eksploitasi sumber daya alam (SDA) baik yang terbaharui maupun yang tak terbaharuiterbaharui maupun yang tak terbaharui

Kegiatan pertambanganKegiatan pertambangan Eksploitasi hutanEksploitasi hutan

Page 18: 65872388 amdal-mipa

3.3. Proses dan kegiatan yang secara potensial dapat Proses dan kegiatan yang secara potensial dapat menimbulkan pemborosan, kerusakan dan menimbulkan pemborosan, kerusakan dan pemerosotan SDA dalam pemanfaatannyapemerosotan SDA dalam pemanfaatannya Pemanfaatan tanah yang tidak diikuti usaha Pemanfaatan tanah yang tidak diikuti usaha

konservasikonservasi Penggunaan energi yang tidak diikuti dengan Penggunaan energi yang tidak diikuti dengan

teknologi yang dapat mengefisienkan pemakaianteknologi yang dapat mengefisienkan pemakaian

4. 4. Proses dan kegiatan yang hasilnya dapat Proses dan kegiatan yang hasilnya dapat mempengaruhi lingkungan SosBudmempengaruhi lingkungan SosBud Kegiatan yang menimbulkan perubahan atau Kegiatan yang menimbulkan perubahan atau

pergeseran struktur tata nilai, pandangan atau cara pergeseran struktur tata nilai, pandangan atau cara hidup masyarakat setempathidup masyarakat setempat

Page 19: 65872388 amdal-mipa

5. 5. Proses dan kegiatan yang hasilnya dapat Proses dan kegiatan yang hasilnya dapat mempengaruhi pelestarian kawasan konservasi mempengaruhi pelestarian kawasan konservasi SDA dan atau pelindungan cagar budayaSDA dan atau pelindungan cagar budaya kegiatan yang proses dan hasilnya menimbulkan kegiatan yang proses dan hasilnya menimbulkan

pencemaran kerusakan kawasan konservasi alam atau pencemaran kerusakan kawasan konservasi alam atau pencemaran benda cagar budayapencemaran benda cagar budaya

6. 6. Introduksi jenis tumbuh-tumbuhan, jenis hewan Introduksi jenis tumbuh-tumbuhan, jenis hewan dan jasad renikdan jasad renik Introduksi jenis tumbuhan baru artau jasad renik Introduksi jenis tumbuhan baru artau jasad renik

(mikro organisme) yang dapat menimbulkan jenis (mikro organisme) yang dapat menimbulkan jenis penyakit baru terhadap tanamanpenyakit baru terhadap tanaman

Introduksi suatu jenis hewan baru yang dapat Introduksi suatu jenis hewan baru yang dapat mempengaruhi kehidupan hewan yang telah ada.mempengaruhi kehidupan hewan yang telah ada.

Page 20: 65872388 amdal-mipa

7. 7. Pembuatan dan penggunaan bahan hayati dan Pembuatan dan penggunaan bahan hayati dan nonhayatinonhayati Penggunaan yang mencakup pengertian: pengubahan Penggunaan yang mencakup pengertian: pengubahan

bahanbahan

8. 8. Penerapan teknologiPenerapan teknologi yyanang diperkirakan g diperkirakan mempunyai potensi besar untuk mempengaruhi mempunyai potensi besar untuk mempengaruhi lingkunganlingkungan Penerapan teknologi yang dapat menimbulkan dampak Penerapan teknologi yang dapat menimbulkan dampak

negatif terhadap kesehatannegatif terhadap kesehatan

9. 9. Kegiatan yang mempunyai risiko tinggi dan Kegiatan yang mempunyai risiko tinggi dan mempengaruhi pertahanan negaramempengaruhi pertahanan negara PLTNPLTN Gudang dan pabrik mesiu dan senjataGudang dan pabrik mesiu dan senjata Pangkalan udara dan pelabuhan laut untuk ABRIPangkalan udara dan pelabuhan laut untuk ABRI

Page 21: 65872388 amdal-mipa

KEP 056 TAHUN 1994 DAN KEP 056 TAHUN 1994 DAN PASAL 5 AYAT (1) PP TAHUN 1999PASAL 5 AYAT (1) PP TAHUN 1999

:: DAMPAK PENTING KEGIATAN DITENTUKAN OLEHDAMPAK PENTING KEGIATAN DITENTUKAN OLEH

1. 1. JUMLAH MANUSIA YANG AKAN TERKENA DAMPAKJUMLAH MANUSIA YANG AKAN TERKENA DAMPAK Manusia yang berada di wilayah studi ANDAL, tetapi tidak Manusia yang berada di wilayah studi ANDAL, tetapi tidak

menikmati manfaat, jumlahnya ≥ dari jumlah manusia yang menikmati manfaat, jumlahnya ≥ dari jumlah manusia yang menikmati manfaatmenikmati manfaat

2. 2. LUAS WILAYAH PERSEBARAN DAMPAKLUAS WILAYAH PERSEBARAN DAMPAK Rencana usaha atau kegiatan mengakibatkan adanya Rencana usaha atau kegiatan mengakibatkan adanya

wilayah yang mengalami perubahan mendasar dari segi wilayah yang mengalami perubahan mendasar dari segi intensitas dampak atau tidak berbaliknya dampak atau intensitas dampak atau tidak berbaliknya dampak atau segi kumulatif dampaksegi kumulatif dampak

3. 3. LAMANYA DAMPAK BERLANGSUNGLAMANYA DAMPAK BERLANGSUNG Mengakibatkan timbulnya dampak hanya pada satu atau lebih Mengakibatkan timbulnya dampak hanya pada satu atau lebih

tahapan kegiatantahapan kegiatan

Page 22: 65872388 amdal-mipa

4. 4. INTENSITAS DAMPAKINTENSITAS DAMPAK Mengakibatkan perubahan/kerusakan: Mengakibatkan perubahan/kerusakan:

pada sifat2 fisik atau hayati lingkungan yang melampaui baku pada sifat2 fisik atau hayati lingkungan yang melampaui baku mutu lingkungan menurut UUmutu lingkungan menurut UU

pada komponen lingkungan yang melampaui kriteria yang diakui pada komponen lingkungan yang melampaui kriteria yang diakui berdasarkan pertimbangan ilmiahberdasarkan pertimbangan ilmiah

spesies langka dan atau endemik atau dilindungi terancam punah spesies langka dan atau endemik atau dilindungi terancam punah atau habitatnya mengalami kerusakanatau habitatnya mengalami kerusakan

pada kawasan lindung (hutan lindung, cagar alam, taman pada kawasan lindung (hutan lindung, cagar alam, taman nasional, suaka margasatwa)nasional, suaka margasatwa)

pada benda-benda dan bangunan peninggalan sejarah yang pada benda-benda dan bangunan peninggalan sejarah yang bernilai tinggibernilai tinggi

pada daerah rawan konflik atau kontroversi dengan masyarakat pada daerah rawan konflik atau kontroversi dengan masyarakat pemda atau pemerintah pusatpemda atau pemerintah pusat

atau memodifikasi areal yang mempunyai nilai keindahan alami atau memodifikasi areal yang mempunyai nilai keindahan alami tinggi.tinggi.

Page 23: 65872388 amdal-mipa

5. 5. BANYAKNYA KOMPONEN LINGKUNGAN LAIN YANG AKAN BANYAKNYA KOMPONEN LINGKUNGAN LAIN YANG AKAN TERKENA DAMPAKTERKENA DAMPAK

Yang dampak menimbulkan dampak sekunder atau dampak Yang dampak menimbulkan dampak sekunder atau dampak lanjutan yang jumlah komponennya ≥ dengan komponen yang lanjutan yang jumlah komponennya ≥ dengan komponen yang akan terkena dampak primer.akan terkena dampak primer.

6. 6. SIFAT KUMULATIF DAMPAKSIFAT KUMULATIF DAMPAK Dampak lingkungan yang berlangsung berulangkali dan terus Dampak lingkungan yang berlangsung berulangkali dan terus

menerus, sehingga pada kurun waktu tertentu tidak dapat menerus, sehingga pada kurun waktu tertentu tidak dapat diasimilasi oleh lingkungan alam atau sosial yang diasimilasi oleh lingkungan alam atau sosial yang menerimanya.menerimanya.

Beragam dampak lingkungan yang menumpuk dalam suatu Beragam dampak lingkungan yang menumpuk dalam suatu ruang tertentu sehingga tidak dapak diasimilasi oleh ruang tertentu sehingga tidak dapak diasimilasi oleh lingkungan alam atau sosial yang menerimanya.lingkungan alam atau sosial yang menerimanya.

Dampak dari berbagai sumber kegiatan yang menimbulkan Dampak dari berbagai sumber kegiatan yang menimbulkan efek yang saling memperkuat (sinergetik)efek yang saling memperkuat (sinergetik)

Page 24: 65872388 amdal-mipa

7. 7. BERBALIK ATAU TIDAK BERBALIKNYA DAMPAKBERBALIK ATAU TIDAK BERBALIKNYA DAMPAK Perubahan yang akan dialami oleh suatu komponen lingkungan tidak Perubahan yang akan dialami oleh suatu komponen lingkungan tidak

dapat dipulihkan kembali, walaupun dengan intervensi manusia.dapat dipulihkan kembali, walaupun dengan intervensi manusia.

Page 25: 65872388 amdal-mipa
Page 26: 65872388 amdal-mipa
Page 27: 65872388 amdal-mipa
Page 28: 65872388 amdal-mipa
Page 29: 65872388 amdal-mipa
Page 30: 65872388 amdal-mipa
Page 31: 65872388 amdal-mipa
Page 32: 65872388 amdal-mipa
Page 33: 65872388 amdal-mipa
Page 34: 65872388 amdal-mipa
Page 35: 65872388 amdal-mipa
Page 36: 65872388 amdal-mipa
Page 37: 65872388 amdal-mipa
Page 38: 65872388 amdal-mipa
Page 39: 65872388 amdal-mipa
Page 40: 65872388 amdal-mipa
Page 41: 65872388 amdal-mipa
Page 42: 65872388 amdal-mipa