5 jenis karangan berdasarkan isinya, pulung, 33, x- 7_001

45
Nama : Pulung Subuh Nur Baity Kelas : X – 7 Mata Pelajaran : B. Indonesia SMA Negeri 4 Sidoarjo

Upload: akbarsujiwa

Post on 26-Sep-2015

112 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

nbv

TRANSCRIPT

Nama:Pulung Subuh Nur BaityKelas:X 7

Mata Pelajaran:B. IndonesiaSMA Negeri 4 Sidoarjo

2009 2010Jenis Jenis Paragraf Berdasarkan IsinyaA. Paragraf Narasi

1) Pengertian paragraf narasi adalah paragraf yang mengisahkan atau menceritakan suatu kejadian atau peristiwa yang disusun secara kronologis ( berdasarkan urutan waktu). Di dalam karangan narasi, terdapat alur cerita, tokoh, perwatakan atau karakteristik tokoh, dan setting serta unsur intinsik karya sastra prosa yang lainnya. Bukan itu saja, di dalam narasi pembaca seakan akan diajak melihat atau mengalami sendiri kejadian atau peristiwa yang dikisahkan pada karangan narasi tersebut. Sehingga, Unsur terpenting dalam narasi adalah perbuatan dan tindakan. Selain itu, untuk memperjelas kejadian atau peristiwa yang dikisahkan, perbuatan atau tindakan itu harus disusun berdasarkan rangkaian waktu. Karena urutan waktu yang disertai dengan berbagai kegiatan akan menghasilkan tulisan narasi yang menarik untuk dibaca.2) Ciri Ciri Paragraf Narasi a) Biasanya disampaikan secara kronologis (berdasarkan urutan waktu kejadian).

b) Ada tokoh yang diceritakan baik manusia maupun bukan, atau tokoh protagonis maupun antagonis.c) Adanya rangkaian peristiwa atau kejadian (event) dalam paragraf.

d) Peristiwa tersebut, adakalanya merupakan peristiwa nyata (nonfiksi), misalnya dalam wacana yang berisi sejarah, biografi, atau cerita nyata. e) Akan tetapi, peristiwa tersebut juga dapat bersifat imajinatif (fiksi), seperti dalam wacana yang berisi cerita pendek (cerpen), novel, dongeng, legenda, dan drama.

f) Rangkaian peristiwa itu, berkaitan dengan tokoh atau pelaku, tempat kejadian atau peristiwa, dan waktu kejadian itu berlangsung. Jalinan yang baik antara peristiwa, tokoh atau pelaku, dan tempat serta waktu kejadian yang jelas akan memunculkan paragraph narasi yang baik.

g) Bahasa yang digunakan seakan akan membawa pembaca untuk diajak melihat atau mengalami sendiri petualangan, kejadian atau peristiwa yang dikisahkan pada karangan narasi tersebut.

h) Karangan narasi mengandung pesan penulis cerita untuk para pembaca.

i) Cerita dirangkai dengan menggunakan rumus 5 W + 1 H. (Who, What, When, Where, Why, + How)j) Biasanya pada bagian akhir wacana narasi terdapat juga amanat berupa pesan.

3) Macam Macam Paragraf Narasi

A) Paragraf narasi fiksi (bersifat imajinatif).1) Pengertian paragraph narasi fiksi adalah paragraf yang berisi tentang kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinatif seseorang.2) Ciri ciri paragraf narasi fiksi (bersifat imajinatif).a) Karangan narasi berusaha menghidupkan perasaan atau menggugah emosi pembacanya.

b) Tulisan karangan narasi lebih dipengaruhi oleh subjektifitas pengarangnya. Hal ini disebabkan karena karangan narasi menghidupkan perasaan pembacanya.

c) Bahasa tulisan fiksi selain bermakna denoktatif juga konotatif, dan asosiatif yaitu makna tidak sebenarnya.d) Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel, dan cerita pendek (cerpen).e) Selain itu, juga bermakna ekspresif yaitu membanyangkan suasana pribadi pengarang.f) Bahasa tulisan fiksi juga sugestif yaitu bersifat mempengaruhi pembaca.

g) Menggunakan bahasa plastis yaitu bersifat indah untuk menggugah perasaan pembaca.3) Macam macam paragraf narasi fiksi (bersifat imajinatif).

a) Novel adalah karangan cerita berbentuk roman.

b) Cerita Pendek (Cerpen) adalah karangan narasi yang menceritakan sebagian kehidupan seseorang.c) Dongeng adalah Dongeng adalah salah satu sastra yang berupa cerita khayalan atau cerita yang memang tidak pernah terjadi. Pada umumnya, dongeng itu menggambarkan bab yang aneh-aneh atau yang terjadi pada zaman dahulu, tokoh dalam dongeng pun tidak harus manusia, bisa juga tumbuhan, hewan, dan yang lainyya. Walaupun dongeng mempunyai sifat khayalan, isi yang tekandung sangat berguna bagi para manusia. Di dalam dongeng juga digambarkan masalah kehidupan manusia dan ajaran-ajaran yang bcik dan luhur kepada para pembaca atau yang mendengarkan.

Di bawah ini adalah jenis jenis dongeng.

Dongeng Legenda adalah dongeng yang bersinambung dengan asal mula terjadinya suatu tempat. Dongeng Mite adalah dongeng yang bersinambung dengan roh halus dan kepercayan masyarakat atau keyakinan masyarakat tentang hal hal mistik yang belum pasti kebenarannya. Dongeng Fabel adalah dongeng yang para tokohnya hewan atau tumbuhannamun diceritakan seperti halnya kehidupan manusia. Dongeng Sage adalah dongeng tentang orang-orang yang berkuasa, namun lebih mendekati dengan sejarah. Dongeng Parabel Dongeng Pelipur Lara

Dongeng Lugu adalah cerita yang tergambar aneh dan tidak ada kaitannya dengan kejadian sesungguhnya.d) Drama adalah ragam kesustraan yang tersaji dalam bentuk teks atau naskah, menggunakan bentuk cakapan, bertujuan menggambarkan kehidupan manusia, ataupun makluk hidup lainnya melalui perwatakan tokoh, mengemukakan pertikaian, emosi, dan ekspresi lewat kelakuan dan gerak pemain drama.Dibawah ini adalah jenis jenis drama.

Drama tragedi adalah drama yang ceritanya berkecimpung dalam kesedihan.

Contohnya : Peristiwa Gaza. Drama komedi adalah drama yang ceritaya lucu.

Contohnya : Srimulat.

Drama tragis komedi adalah drama yang menceritakan kehidupan sedih dan menyenangkan.

Contohnya : sinetron Cinta Fitri.

Drama Pantomim adalah drama dengan permainan mimic. Drama Oprea adalah drama komedi yang diselingi dengan lagu atau cerita yang dijalin dengan lagu.

Contohnya : Opera Van Java.

B. Paragraf narasi non fiksi.1) Pengertian paragraf narasi non fiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam keidupan kita sehari-hari.2) Ciri ciri paragraf narasi non fiksi.

a) Dibuat berdasarkan fakta, realita atau benar benar dan terjadi dalam kehidupan sehari hari.

b) Tulisan nonfiktif biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.c)Karangan nonfiktif berusaha mencapai taraf objektifitas yang tinggi,d) Biasanya pengarang berusaha agar karangan non fiksinya menjadi menarik untuk dibaca.

e)Karangan nonfiksi berusaha menggugah nalar (pikiran) para pembaca.

f)Bahasa karangan nonfiktif bersifat denotative dan menunjukan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

3) Macam macam paragraf narasi non fiksi:

a)Biografi adalah karangan yang menseritakan riwayat hidup seseorang.

b)Sejarah adalah silsilah atau peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau.c)Silsilah adalah daftar nama nama para leluhur atau garis dari seseorang atau beberapa orang. Atau secara sederhana, nama nama orang yang terlibat dalam suatu keadaan tertentu.

d)Laporan adalah bentuk karangan yang berisi rekaman kegiatan tentang suatu yang sedang dikerjakan, digarap, diteliti, atau diamati, dan mengandung saran-saran untuk dilaksanakan. Laporan ini disampaikan dengan cara seobjektif mungkin.e)Artikel adalah karangan dalam surat kabar, majalah, dsbnya.f)Skripsi adalah karya tulis yang diajukan untuk mencapai gelar sarjana atau sarjana muda. Skripsi ditulis berdasarkan studi pustaka atau penelitian bacaan, penyelidikan, observasi, atau penelitian lapangan sebagai prasyarat akademis yang harus ditempuh, dipertahankan dan dipertanggungjawabkan oleh penyusun dalam sidang ujian.g)Makalah adalah karya yang ditulis oleh siswa atau mahasiswa sehubungan dengan tugas dalam bidang studi tertentu. Makalah dapat berupa hasil pembahasan buku atau hasil suatu pengamatan.h)Desertasi adalah paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen. Pendapat atau argumen itu sendiri disebut sebagai tesis. Umumnya, istilah disertasi dan tesis dipakai untuk mengacu pemaparan diskusi yang bersifat skolar atau akademis.

Beberapa perguruan tinggi menggunakan istilah disertasi spesifik untuk tesis akademik dalam jenjang doktoral.i)Tesis adalah karangan yang mempunyai tingkat pembahasan lebih dalam daripada skripsi. Pernyataan-pernyataan dan teori dalam tesis didukung oleh argumen-argumen yang lebih kuat, jika dibandingkan dengan skripsi. Tesis ditulis dengan bimbingan seorang dosen senior yang bertanngungjawab dalam bidang studi tertentu.4) Contoh paragraf pada setiap macam macam karangan narasi.A. Contoh paragraf narasi fiksi (imajinatif) .a) Kutipan novel : Sengsara Membawa Nikmat.Oleh : Tulis Sutan Sati.

..

Ketika Midun tercengang cengang memperhatikan pintu gerbang itu, tampak olehnya huruf yang dibuat dengan air mas. Huruf itu, terletak pada tengah tengah gaba gaba. Sedang Midun melihat lihat, dating seorang dekat padanya. Midun menyangka tentu anak itu murid seklah, lalu bertanya, Buyung, apakah bunyi yang tertulis pada gaba gaba itu?

..

b) Kutipan cerpen : Mbok Jah

Sudah dua tahun, baik pada lebaran maupun Sekaten, Mbok Jah tidak turun gunung keluar dari desanya di Bilangan Tepus, Gunung Kidul untuk berkunjung ke rumah bekas mejikannya, keluarga Mulyono di kota. Meskipun sudah berhenti karena usia tua dan capek menjadi pembantu, Mok Jah tetap memelihara hubungan baik dengan seliruh anggota keluarga itu. Dua puluh tahun telah dilewatinya untuk bekerja sebagai pembantu di rumah keluarga yang sederhana dan sedang sedang saja kondisi ekonominya. Gaji yang diterimanya tidak pernah tinggi, cukup saja, tetapi pelakuan yang baik dari seluruh keluarga itu telah member rasa aman, tenang, dan tentram.

c) Kutipan Dongeng.

Contoh paragraf dongeng legenda.

Legenda

Kamis, 2009 Mei 14

Danau Toba

Tersebutlah seorang pemuda yatim piatu yang miskin. Ia tinggal seorang diri di bagian Utara Pulau Sumatra yang sangat kering. Ia hidup dengan bertani dan memancing ikan. Suatu hari, ia memancing dan mendapatkan ikan tangkapan yang aneh. Ikan itu besar dan sangat indah. Warnanya keemasan. Ia lalu melepas pancingnya dan memegangi ikan itu. Tetapi saat tersentuh tangannya, ikan itu berubah menjadi seorang putri yang cantik! Ternyata ia adalah ikan yang sedang dikutuk para dewa karena telah melanggar suatu larangan. Telah disuratkan, jika ia tersentuh tangan, ia akan berubah bentuk menjadi seperti makhluk apa yang menyentuhnya. Karena ia disentuh manusia, maka ia juga berubah menjadi manusia.

..

Contoh paragraf dongeng MiteSelasa, 2009 April 14

Asal-usul Ny. Roro Kidul Nyai ratu kidul dipercayai sebagai seorang ratu kidul yang sakti, yang menguasai samudra Indonesia. di Jawa Tengah, dia juga dikenal dengan nama Nyai Loro Kidul atau Nyi Lara Kidul. Penduduk sepanjang pantai selatan pulau Jawa sampai saat ini masih mempercayai kesaktiannya, bahkan di Parang Tritis sebuah obyek wisata, kadang-kadang masih dilakukan upacara yang berkaitan dengan Nyi Lara Kidul. Tentang asal usul dan riwayat Nyi Lara Kidul, ada bermacam-macam versi. Dan yang diceritakan di sini adalah sebuah riwayat yang berasal dari Jawa Barat.

Fabel

Kamis, 2009 Mei 14

Sang Kancil Dengan Buaya

Pada zaman dahulu Sang Kancil adalah merupakan binatang yang paling cerdik di dalam hutan. Banyak binatang-binatang di dalam hutan datang kepadanya untuk meminta pertolongan apabila mereka menghadapi masalah. Walaupun ia menjadi tempat tumpuan binatang- binatang di dalam hutan, tetapi ia tidak menunjukkan sikap yang sombong malah sedia membantu pada bila-bila masa saja.Suatu hari Sang Kancil berjalan-jalan di dalam hutan untuk mencari makanan. Oleh kerana makanan di sekitar kawasan kediaman telah berkurangan Sang Kancil bercadang untuk mencari di luar kawasan kediamannya. .

Contoh paragraf dongeng Sage.

Sage

Kamis, 2009 Mei 14

Caadara: cerita rakyat dari Irian Jaya

Suatu saat, hiduplah seorang panglima perang bernama Wire. Ia tinggal di desa Kramuderu. Ia mempunyai seorang anak laki-laki bernama Caadara.Sejak kecil Caadara dilatih ilmu perang dan bela diri oleh ayahnya. Wire berharap, kelak anaknya bisa menggantikannya sebagai panglima perang yang tangguh.Tahun berganti. Caadara tumbuh menjadi pemuda yang gagah. Caadara juga tangkas dan cakap. Wire ingin menguji kemampuan anaknya. Karena itulah ia menyuruh pemuda itu berburu di hutan.

d) Kutipan Drama : Diam (Judul asli : Le Silence)Oleh : Jean Murriat

Pemain : 1. Aleks

2. Irna

3. Dawud

Pentas menggambarkan sebuah ruangan kamar tamu. Ada beberapa meja kursi. Ada sebuah pintu di sebelah kiri untuk keluar masuk. Di atas meja ada beberapa buku. Saat itu sore hari, kira kira pukul 18.00. lampu belum dinyalakan.

Aleks: (masuk menjatuhkann buku bukunya di meja dan duduk dengan kesal) Bing, Bing. (Berhenti)Irna: He, sudah lama?Aleks: Baru saja. Kau?

Irna: Lebih baru dari kau. Mana Bing?

Aleks: Tau. Keluar kali.

Irna: Jadi, nggak jadi?

Aleks: Sejauh info samar samar, tafsiran masih bebas, kau boleh bilang jadi, boleh bilang tidak jadi. Boleh bilang ditunda, boleh bilang dimulai tetapi terlambat, dan apa saja.

Irna: Kalau tau begini, aku mestinya

Aleks: Nggak kemari, dank e Rahayu bersama Agus, nonton dan jajan, dan minum minum, dan rileks, dan putar putar kota, dan cuci mata, dan.Irna: Cukup. Kau tak usah memperolok olok Agus begitu. Memang dia tak sehebat kau, tak sebrilyan kau, tak sepopuler kau, tak serajin kau, dan tak sekaya kau

Aleks: Cukup. Tak usah mengejek begitu. Berkat menyanjung nyanjung tetapi menjatuhkan, menghina, meremehkan, memandang rendah, me

Irna: Cukup. Tak u..

Aleks:: Cukup. Kau..

Irna: Sudah.

Dawud: (Tiba tiba masuk) Sudah. Setiap kali ketemu, begini. Di sekolah, di kantin, di sisi, di Amroq, di rumah Pak Juweh, di rumah.

Irna: Sudah. Kau sama saja. Marah selalu, Di sini, di sana, dan..

Aleks: Kau juga mulai lagi. Masalahnya itu apa? Dipecahkan. Tidak asal ngomong, asal.Dawud: Diam!

Semuanya diam sejenak da beberapa jenak.

Aleks: Ini jadi.

Irna: Diam. Dawud bilang apa? Masak nggak dengar bahwa da

Dawud: Diam, Irna. Kalau ka uterus terus begitu, berkeringat tanpa guna. Padahal.Aleks: kau juga ngomong melulu. Nggak konsekuen itu namanya. Absurd. Buat larangan dilanggar sendiri. Huh, Dasar.

Irna: kau mulai lagi. Komentar itu secukupnya. Tidak ngelantur ke sana ke sini.

Aleks: Diam, Irna, diaaaam!

Dawud: Kau juga diam dulu, jangan menyuruh melulu, nggak member contoh.

Irna: Kau sendiri mesti diam dulu, baru yang lain itu, Wud.

Diam sejenak. Tiba tiba meledak tawa mereka bersama sama.

.

Sumber : Kumpulan Drama Remaja

Penerbit PT Grasindo

Jln. Palmerah Selatan 28

Jakarta 10270B. Contoh paragraf narasi nonfiksi.

a) Kutipan Biografi : Raden Ajeng KartiniRaden Ajeng Kartini ialah puteri dari Bupati Jepara, Raden Mas Ario Sosroningrat. Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong Kabupaten Jepara. Raden Ajeng Kartini adalah pelopor emansipasi wanita di Indonesia. Ia bercita cita ingin mengangkat derajat kaum wanita melalui pendidikan, agar mereka mendapat hak dan kecakapan yang sama dengga kaum pria. Salah satu kegemarannya adalah membaca, baik majalah maupun buku buku lainnya, sehingga pikiran Kartini terbuka. Melalui bacaan itu, ia dapat membandingkan kemajuan yang dicapai wanita wanita Eropa dengan wanita Indonesia.

Sejak saat itu, timbul niatnya untuk mendirikan sekolah bagi kaum wanita. Pada saat yang sama ayahnya memutuskan agar Kartini menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat, Bupati Rembang.

.

Belum sempat ia menikmati hasil perjuangannya, Kartini telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Ia meninggal dalam usia 25 tahun, tepatnya tanggal 17 September 1904. Hingga sekarang setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

b) Kutipan Sejarah : Lahirnya Budi Utomo

Pada Hari Rabu tanggal 20 Mei 1908 di Ruang Anatomi Gedung STOVIA Jakarta diadakan rapat di kalangan pemuda pelajar STOVIA. Tokoh tokoh yang hadir dalam rapat tersebut antara lain : Sutomo, M. Suraji, Muhammad Saleh, M. Gunawan, R. M Gumbrek, dan R. Angka. Rapat itu dipimpin oleh Sutomo. Dalam rapat itu, pemuda pemuda STOVIA bertekad untuk mendirikan sebuah organisasi modern yang pertama di Indonesia. Organisasi itu diberi nama Budi Utomo. Budi Utomo merupakan organisasi yang merintis bangkitnya kesadaran bengsa Indonesia untuk berjuang secara Nasional. Tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

..c) Kutipan Silsilah : Keluarga nabi Muhammad S.A.W

d) Kutipan Laporan : Laba Rugi

- LAPORAN LABA/RUGI -

per 31 Desember 2008

Pendapatan dari penjualan Rp. 99.990.000

Harga Pokok Penjualan Rp. 25.000.000

---------- (-)

Laba Kotor Rp. 74.990.000

Biaya Operasional:

- Biaya Pemasaran Rp. 5.000.000

- Biaya Administrasi & Umum Rp. 1.250.000

---------- (+)

6.250.000

---------- (-)

Laba Usaha Rp. 68.740.000

Pendapatan Lain-lain Rp. 125.000

---------- (+)

Laba sebelum Bunga dan Pajak Rp. 68.865.000

Bunga Rp. 199.000

---------- (+)

Laba sebelum Pajak Rp. 69.064.000

Pajak Rp. 1.275.000

---------- (-)

Laba Bersih Rp. 67.789.000

==========e) Kutipan Artikel : Pendidikan dan Budaya Tak Terpisahkan

..

Rendahnya mutu pendidikan juga diakuinya sebagai akibat sikap bangsa yang masih 'menomorsekiankan' pendidikan. "Jadi beginilah kualitas masyarakat kita," tuturnya. Selain itu, budaya banyak diskusi, tetapi tanpa follow-up, juga membuat masalah semakin berat.

Sementara, Dra. Hj. Popong Otje Djundjunan mengatakan, perempuan memegang peranan penting dalam proses pendidikan. "Mendidik satu pria sama dengan mendidik satu manusia, tapi mendidik satu perempuan sama dengan mendirikan sekolah," ujarnya

..

f) Kutipan Skripsi : Hubungan antara konsep peran gender dengan minat study bidang tata boga pada siswa SMK.Hal ini berangkat pada asumsi bahwa proses konstruksi atau sosialisasi peran bahwa perempuan itu lemah lembut sehingga cocok dengan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat domestik, misalnya menjadi teller, pelayan restoran, juru masak akan berpengaruh terhadap pemilihan jurusan dalam bidang studynya, salah satu factor yang diasumsikan yang mempengaruhi terhadap minat study bidang tata boga adalah konsep peran gender, hal ini berkaitan dengan pemahaman peran gender yang dimiliknya.

.

g) Kutipan Makalah : PKn TentangPANCASILA

Oleh : Wahidin

September 13, 2008

KesimpulanPancasila adalah pandangan hidup bangsa dan dasar negara Republik Indonesia. Pancasila juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara Republik Indonesia. Maka manusia Indonesia menjadikan pengamalan Pancasila sebagai perjuangan utama dalam kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan kengaraan. Oleh karena itu pengalamannya harus dimulai dari setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara yang secara meluas akan berkembang menjadi pengalaman Pancasila oleh setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik dipusat maupun di daerah.

h) Kutipan Desertasi :

Pertempuran Shanghai adalah pertempuran pertama dari 22 pertempuran besar antara Tentara Revolusioner Nasional, Republik Cina dan Tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Sino-Jepang Kedua. Pertempuran ini adalah salah satu yang paling besar dan paling berdarah selama masa perang tersebut.

Sejak 1931, Cina dan Jepang telah terlibat dalam konflik-konflik kecil tiada putus, seringkali dikenal sebagai insiden, yang membuat Cina kehilangan wilayah sepotong demi sepotong. Pada Agustus 1937, mengikuti Insiden Jembatan Marco Polo pada 7 Juli, dan invasi Jepang terhadap Cina Utara, Generalissimo Chiang Kai-shek memutuskan untuk memimpin Cina dalam perang total terhadap Jepang, meskipun tanpa deklarasi resmi. Perlawanan Cina di Shanghai bertujuan mematahkan gerak maju Jepang yang cepat, memberikan banyak waktu yang diperlukan kepada pemerintah Cina untuk memindahkan industri-industri vital ke tempat yang lebih dalam, di mana pada saat yang sama berusaha mengambil simpati Kekuatan Barat. Selama tiga bulan pertempuran sengit, Pasukan Cina dan Jepang bertempur di pusat kota Shanghai, kota-kota terpencil, dan pantai-pantai sepanjang pesisir Provinsi Jiangsu, tempat Jepang melakukan pendaratan amfibi. Tentara Cina hanya mengandalkan senjata-senjata kaliber kecil dalam melawan serangan gencar besar-besaran dari udara, laut, dan kekuatan pemukul lapis baja Jepang.[2] Pada akhirnya, Shanghai jatuh, dan Cina kehilangan sebagian besar pasukan terbaik mereka, serta gagal mendapatkan intervensi internasional. Namun demikian, perlawanan Cina datang sebagai kejutan besar terhadap penyerbu Jepang,[3] yang telah terindoktrinasi dengan pikiran superior secara budaya dan militer, dan secara dramatis menurunkan moral tentara Jepang. Cerita kepahlawanan mempertahankan Shanghai dan cerita selanjutnya mengenai kekejaman tentara Jepang yang amat terkejut dengan perlawanan tersebut, menginspirasi bangkitnya perlawanan nasionalisme Cina dalam sebuah konflik brutal selama delapan tahun.

.........................................................................

i) Kutipan Tesis : Ekonomika Pembangunan.........................................................................1 Prospek pengembangan budaya ikan terapi untuk meningkatkan pendapat masyarakat nlayan di daerah pantai Pacitann/2004.2 Pengaruh pengeluaran pemerintah daerah terhadap pertumbuhan ekonomi daerah (studi kasus di Kabupaten Purworejo)/2002.

5)Langkah Langkah Membuat Karangan Narasi a)Mendaftar topik topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif. Misalnya, topik kegiatan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tapi jika kita ingin menyusun narasi (fiksi) langkah awal yang dilakukan adalah melalui proses kreatif, dimulai dengan mencari, menemukan, dan menggali ide.

b)Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi wakitu dan peristiwa, perhatikan contoh kerangka paragraf berikut.

c)

Mengembangkan kerangka cerita menjadi karangan narasi yang kronologis.d)Cerita dirangkai dengan menggunakan rumus 5 W + 1 H. (Who, What, When, Where, Why, + How). Di mana seting/ lokasi ceritanya, siapa pelaku ceritanya, apa yang akan diceritakan, kapan peristiwa-peristiwa berlangsung, mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi, dan bagaimana cerita itu dipaparkan.6)Struktur Paragraf Narasia) Pengenalan merupakan paragraf pembuka wacana narasi. Pada bagian ini, berisi siapa yang diceritakan (who), apa isi cerita (what), kapan cerita terjadi (when), dan di mana berlangsungnya cerita tersebut (where).

b) Konflik merupakan paragraf naratif yang berisi permasalahan yang akan diceritakan pada bagian paragraf paragraf berikutnya.

c) Rangkaian peristiwa dalam rangkaian waktu berisi reaksi tokoh tokoh terhadap konflik yang telah diutarakan sebelumnya. Pada bagian ini, disajikan dalam susunan paragraph paragraph sesuai urutan peristiwa dalam urutan waktu termasuk di dalamnya penceritaan tentang tindakan tindakan dan pikiran tokoh tokoh.d) Penyelesaian merupakan paragraph naratif yang berisi selesaian konflik. Pada bagian akhirbwacana narasi terdapat juga amanat berupa pesan.7)Tujuan Karangan Narasi

Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara kronologis yang disertai dengan tokoh sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian yang diceritakan itu.B. Paragraf Eksposisi

1)Pengertian pargraf Eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Adapun pola pengembangan paragraph eksposisi yaitu dari umum ke khusus yang sering disebut paragraph deduktif dan pola pengembangan dari khusus ke umum yang disebut dengan paragraph induktif. Paragraf eksposisi dengan pola pengembangan dari umum ke khusus diawali dengan pernyataan umum. Pernyataan umum itu dapat berupa teori, temuan penelitian, pendapat ahli, atau simpulan penulis. Agar dapat memperjelas dan meyakinkan pembaca, pernyataan umum tersebut perlu diikuti atau didukung oleh bukti bukti, baik berupa data, contoh, ilustrasi, kasus, maupun bukti lainnya. Apabila pernyataan umum itu dikemas dalam kalimat utama, bukti bukti itu dirumuskan dalam kalimat kalimat penjelas.2)Ciri ciri Eksposisi a)Disampaikan berupa informasi, prosedur, atau langkah langkah melakukan sesuatu atau membuat sesuatu.

b)Pada bagian paragraf pembuka wacana eksposisi biasanya terdapat pendapat utama (tesis).

c)Paragraf paragraf selanjutnya manyajikan uraian dan penjelasan yang mendukung pendapat utama.

d)Paragraf paragraf pendukung biasanya berisi hasil anasilis fakta, data, atau temuan penelitian.e)Pada akhir paragraf berisi simpulan.

f)Memaparkan definisi atau pengertian.

g)Memaparkan langkah-langkah, metode, atau cara melaksanakan suatu kegiatan.3)Macam Macam Paragraf Eksposisi

1)Eksposisi Definisi

Pengertian eksposisi definisi adalah paragraf yang menjelaskan mengenai batasan pengertian sesuatu dengan menfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.

Ciri Ciri Eksposisi Definisi

Menfokuskan pada karakteristik sesuatu itu. Dan banyak menggunakan bahasa pengertian.2)Eksposisi Proses

Pengertian eksposisi proses adalah paragraf yang berisi petunjuk petunjuk pembuatan, penggunaan, cara - cara mengenai sesuatu.

Ciri ciri Ekasposisi Proses

Sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.3)Eksposisi Klasifikasi

Pengertian eksposisi klasifikasi adalah paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokkannya pada kategori tertentu.

Ciri ciri Ekasposisi Klasifikasi4)Eksposisi Ilustrasi

Pengertian eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang pengembangkannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan sifat. Ciri ciri Ekasposisi IlustrasiBiasanya menggunakan frase penghubung seperti ilustrasi berikut ini, dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan.5)Eksposisi Perbandingan

Pengertian eksposisi perbandingan adalah paragraf dimana, dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain. Ciri ciri Ekasposisi Perbandingan

6)Eksposisi PertentanganPengertian eksposisi pertentangan adalah paragraf yang berisi pertentangan atau perselisihan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain.

Ciri ciri Eksposisi PertentanganFrase penghubung yang biasa digunakan adalah akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.

7)Eksposisi Laporan

Pengertian eksposisi laporan adalah paragraf yang berisi penjelasan mengenai suatu kegiatan yang sudah direncanakan. Ciri ciri Eksposisi LaporanBersumber dari suatu kegiatan yang direncanakan.

Disampaikan seobjektif mungkin.

8)Eksposisi Analisis

Pengertian eksposisi analisis adalah paragraf yang menjelaskan mengenai proses memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama hingga menjadi beberapa sub bagian, kemudian masing - masing diurutkan secara bergantian. Ciri ciri Eksposisi Analisis

Suatu masalah dari suatu gagasan utama di bagi menjadi beberapa subbagian

9)Eksposisi Berita

Pengertian eksposisi berita adalah paragraph yang berisi pemberitahuan mengenai suatu kejadian atau peristiwa.

Ciri ciri Eksposisi BeritaJenis ini banyak ditemukan pada surat kabar.

4) Contoh Paragraf pada Setiap Karangan Eksposisi

1) Eksposisi DefinisiOzone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

2) Eksposisi Proses

Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

3) Eksposisi Klasifikasi

Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.4) Eksposisi Ilustrasi

Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persipakan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melaluin latihan atau belajar sungguh-sungguh.5) Eksposisi Perbandingan Tinju bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya. Yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki. Peminatnya banyak, penggemarnya sedikit. Tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki.6) Eksposisi PertentanganOrang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa.

7) Eksposisi Laporan

Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan Risha alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya Pagi Pesan, Sore Huni. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.8) Eksposisi Analisis

Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut.

9) Eksposisi Berita

Para pedagang daging sapi di pasar-pasar tradisional mengeluhkan dampak pemberitaan mengenai impor daging ilegal. Sebab, hampir seminggu terakhir mereka kehilangan pembeli sampai 70 persen. Sebaliknya, permintaan terhadap daging ayam dan telur kini melejit sehingga harganya meningkat.5)Langkah Langkah Membuat Karangan Eksposisi

a)Anda dapat mendaftar topik topik yang kiranya menarik untuk Anda kembangkan.

b)Menetapkan tujuan mengumpulkan data.

c)Mengumpulkan data.

e)Menyusun kerangka karangan untuk memudahkan Anda mengembangkan pokok pokok pikiran. Kerangka disusun berdasarkan data yang telah terkumpul. Berikut ini adalah contoh kerangka ekspositoris.

f)Mengembangkan kerangka eksposisi menjadi karangan eksposisi yang baik.C. Paragraf Deskripsi1)Pengertian paragraf deskripsi adalah salah satu jenis paragraf yang bertujuan untuk melukiskan suatu objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dengan cara memberikan kesan tersendiri kepada pembaca sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, merasakan, mencium secara imajinatif apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dicium oleh penulis terhadap objek, gagasan tempat, atau peristiwa yang ingin disampaikannya. Umumnya gambaran itu diberikan secara visual. Perlu kita ketahui deskripsi berasal dari bahasa Inggris yaitu verba to describe yang artinya menguraikan, memerikan, atau melukiskan.2)Ciri ciri Deskripsi

a)Kuatnya hasil pengindraan penulis yang ditonjolkan dalam paragraf. Dengan demikian ketika membaca paragraf deskripsi, pembaca seolah olah melihat, mendengar, merasakan, mencium, dan meraba atau menyentuh sendiri sesuatu yang dideskripsikan oleh penulis. (isi dan paparannya didominasi oleh hasil pengindraan kita)

b)Menggunakan kata-kata ekspresif, yaitu kata-kata yang dapat menggambarkan apa yang dilihat, didengar, diraba, dicium, atau dirasakan oleh penulis secara cepat.

c)Menggambarkan suasana alam sekitar dan perasaan tokoh secara rinci dan mendetail.

d)Bersifat informatif.

e)Umumnya, deskripsi diberikan secara visual.

f)Dalam pola pengembangan paragraf deskriptif, kalimat utama ditempatkan diseluruh paragraf.

g)Dalam menyajikan urutan ruang, penggambaran atau pelukisan berupa rincian yang tersusun berurutan, mungkin dari kanan ke kiri,dari depan ke belakang,dan sebagainya.

h)Dalam paragraf deskripsi unsure perasaan lebih tajam daripada pikiran.

3)Macam Macam Deskripsi :

1)Deskripsi Spasial

Pengertian deskripsi Spasial adalah paragraf yang menggambarkan objek khusus ruangan, benda atau tempat. Ciri Ciri Deskripsi Spasial

a) Biasanya penulis menggambarkan suatu ruangan dari kiri ke kanan,dari timur ke barat,dari bawah ke atas,dari depan ke atas,dari depan ke belakang,dan sebagainya dengan teratur.

b) Sedangkan uraian tentang kepadatan penduduk suatu daerah dapat dikemukaan dengan landasan urutan geografis (misalnya : dari barat ke timur atau dari Timur ke selatan).

c) Deskripsi mengenai sebuah gedung bertingkat dapat dilakukan dari tingkat pertama berturut turut hingga tingkat terakhir.

d) Penggambaran terhadap suasana suatu lingkungan dapat dilakukan mulai dari siang,sore,hingga malamhari.

2)Deskripsi Objektif

Pengetian deskripsi objektif adalah paragraf yang menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya. Ciri Ciri Deskripsi Objektif

a) Penggambaran berpatokan pada posisi atau keberadaan penulis terhadap obyek yang digambarkannya itu.b) Paragraf deskripsi objektif dalam pengembangannya tidak disertai opini penulis, hanya disajikan fakta-fakta atau gambaran ciri-ciri objek.c) Untuk menggambarkan suatu tempat atau keadaan, secara perlahan lahan dan berurutan, serta benda demi benda, yakni mulai dari yang dekat hingga yang terjauh.

3)Deskripsi Subjektif

Pengertian deskripsi subjektif adalah paragraf yang menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis. Ciri Ciri Deskripsi Subjektif

a) Penggambaran berpatokan pada posisi atau keberadaan penulis terhadap obyek yang digambarkannya itu.

b) Paragraf deskripsi subjektif penggambarannya objek disertai opini penulis.c) Untuk menggambarkan suatu tempat atau keadaan, secara perlahan lahan dan berurutan, serta benda demi benda, yakni mulai dari yang dekat hingga yang terjauh.4)Contoh paragraf pada setiap macam macam karangan Deskripsi.

1)Deskripsi Spasial

Pada malam hari,pemandangan rumah terlihat begitu eksostis.Apalagi dengan cahaya lampu yang memantul dari seluruh penjuru rumah.Dari luar bangunan ini tampak indah,mampu memberikan pancaran hangat bagi siapa saja yang memandangnya.Lampu lampu taman yang bersinar menambah kesan eksostis yang telah ada.Begitu hangat Begitu Indah.

2)Deskripsi Objektif

Sekarang hanya beberapa langkah lagi jarak mereka dari tebing di atas jalan.Medasing menegakkan dirinya sambil mengasai ke muka dan ia pun berdiri tiada bergerak sebagai pohon diantara pohon pohon yang lain.Oleh isyarat yang labih terang dari perkataan itu maju sekalian temannya sejajar dengan dia.

Diantar daun kayu tampak kepada mereka tebing itu turun kebawah,di kakinya tegak pondok,sunyi mati,tak sedikit jua pun kentara,bahwa dia melindungi manusia yang hidup,pandai bergerak dan bersuara.Di bawahnya kedengaran sebentar sebentar sapi mendengus dan binatang binatang itupun kelihatan kekabur kaburan dalam sinar bara yang kusam.Dari celah celah dinding pondok keluar cahaya yang kuning merah,tetapi tiada berupa jauh sinar yang halus itu lenyap dibalut oleh kelam yang maha kuasa.Di keliling pondok itu tertegak pedani ketiganya sunyi dan sepi pula.

3)Deskripsi Sujektif

Jika diumpamakan permata, pesona Pantai Nusa Penida bak mutiara yang memantulkan cahaya putih kekuning-kuningan. Namun, jika diibaratkan gadis maka pesonanya laksana sosok perawan kencur. Itulah sesungguhnya kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona Pantai Nusa Penida. Maklum, pulau yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali itu memiliki hamparan pantai berpasir putih kekuning-kuningan. Dari Denpasar, Nusa Penida bisa ditempuh 1,5 jam melalui jalan darat dan menumpang kapal motor sekitar 35 menit dari pelabuhan Padangbai.

5)Langkah Langkah Membuat Karangan Deskripsi

a)Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan. b)Tentukan tujuan.

c)Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan. d)Buatlah kerangka deskripsi dengan menyusun aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik, apakah urutan lokasi, urutan waktu, atau urutan menurut kepentingan.

Contoh Kerangka Deskripsi

e)Kembangkan kerangka menjadi karangan deskripsi yang baik.D. Paragraf Argumentasi1)Pengertian paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang isinya bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran dengan memberikan alasan kuat dan meyakinkan agar pembaca terpengaruh. Untuk itu, penulis menghadirkan bukti bukti yang dapat mendukung sesuatu yang diargumentasikan. Proses pembuktian tersebut dilakukan melalui penalaran menuju suatu simpulan. Penalaran dapat dilakukan baik secara induktif maupun deduktif. Dalam berargumentasi, kita boleh mempertahankan pendapat, tetapi kita juga harus mempertimbangkan pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kita. Penalaran yang sehat dan didukung dengan bahasa yang baik dan efektif sangat menunjang sebuah karangan argumentatif.

Jadi hal hal yang harus diperhatikan dalam membuat karangan argumentative adalah sebagai berikut.

1. Berpikir sehat, logis dan kritis.

2. Mencari, mengumpulkan, memilih, fakta yang sesuai dengan tujuan dan topik, serta mampu merangkaikan untuk membuktikan keyakinan atau pendapat.3. Menjauhkan emosi dan unsure sujektif.4. Menggunakan bahasa yang baik dan benar, efektif, dan tidak menimbulkan salah penafsiran.

Dasar karangan argumentasi adalah bepikir logis dan kritis. Oleh karena itu harus berdasarkan pada fakta fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Fakta fakta tersebut dapat diperoleh dengan bebagai cara, antara lain:

1. bahan bacaan (buku, majalah, surat kabar, atau internet)

2. wawancara atau angket

3. penelitian atau pengamatan langsung melalui observasi.

Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan pola penalaran sebab-akibat, yakni menyampaikan terlebih dahulu sebab sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat sebab tersebut. Dalam penggunaannya, penalaran sebab akibat dapat disajikan menjadi akibat sebab. Artinya, menyampaikan terlebih dahulu akibatbatnya kemudian dicari sebab sebabnya.2)Ciri ciri Argumentasi

a)Adanya bukti-bukti untuk memperkuat pendirian/pendapat.b)Berpikir logis dan kritis yang bertolak dari fakta-faktac)Adanya analisis yang cermat terhadap fakta-fakta atau bukti yang digunakan.d)Adanya penalaran yang logis, yaitu merumuskan pendapat yang benar sebagai hasil proses berpikir untuk merangkaikan fakta-fakta menuju suatu simpulan yang dapat diterima oleh akal sehat.e)Dilihat dari sruktur informasinya, dalam paragraph argumentasi akan ditemukan pendahuluan, tubuh argument, simpulan atau ringkasan.

Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argument yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar dasar mengapa argumentasi dikemukakan. Tubuh Argumen, bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam paragraph argumentasi sehingga simpulan yang akan dicapai benar. Kebenaran yang disampaikan dalam tubuh argument harus dianalisis, disusun, dan dikemukakan dengan mengadakan observasi, eksperimen, penyusun fakta, evidensi, dan jalan pikiran yang logis. Simpulan, bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis. Ringkasan pokok pokok sesuai urutan argument argument dapat dibuat dalam tulisan yang tidak memuat simpulan.3)Macam Macam Paragraf Argumentasi

1)Pola analogi

Pengertian pola analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaan.

Ciri cirri Argumentasi Pola Analogi

2)Pola Generalisasi (umum)

Pengertian pola generalisasi adalah menarik kesimpulan berdasarkan data.

Ciri ciri Argumentasi Pola Generalisasi (umum)

3)Pola Sebab Akibat

Pengertian pola sebab akibat adalah dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada kesimpulan yang menjadi akibat. Ciri cirri Argumentasi Pola Sebab Akibat

4)Contoh paragraf pada setiap macam macam karangan Argumentasi.

1)Pola Analogi

Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kkeandalan, kebesaran, dan kejayaan, sifatnya akan rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak.

2)Pola Generalisasi (umum)

Setelah karangan anak anak kelas III diperiksa, ternyata, Ali Toto, Alex dan Burhan mendapat nilai 8. Anak anak yang lain mendapat nilai 7. Hanya Maman yang 6. Dan tidak seorangpun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas III cukup pandai mengarang.

3)Pola Sebab Akibat

Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya pohon pohon di hutan sebagian menyerap air banyak yang di tebang. Disamping itu, irigasi di desa ini tidak lancer. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang makin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak menherankan panen di desa ini selalu gagal.

5)Langkah Langkah Membuat Karangan Argumentasi

a)Daftarlah topik topik pendapat yang dapat dikembangkan.

b)Menetapkan tujuan mengumpulkan data.

c)Menyusun kerangka.

d)Kembangkan kerangka tersebut sehingga menjadi karangan argumentasi yang baik.

e)Anda dapat menggunakan kata penghubung antar kalimat (oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu, dan lain lain)

E.Paragraf Persuasif1)Pengertian paragraf persuasif adalah

Abdullah Bin Abdul Muthalib

Aminah Az - Zuhriyah

Siti Khadijah binti Khuwalid

Umi Kulsum

Abdullah

Nabi Muhammad S. A. W

Ruqayyah

Qasim

Zaenab

Fatimah

Husen

Hasan

Kerangka Karangan

Judul : Susur Sungai Cikapundung, Rekreasi sekaligus Pembelajaran

Waktu Pelaksanaan

Kegiatan acara susur Sungai Cikapundung.

Satu jam kemudian pergi ke hulu sungai

Kegiatan penyusuran.

Konsep Acara

Tujuan acara.

Peserta.

Pelaksanan

a. Mahasiswa Teknik Planologi 2004 ITB.

4.Pelaksanaan Kegiatan

a. Penataan ruang di Daerah Aliran Sungai (DAS).

b. Membersihkan sampah.

5.Kegiatan Lain

a. Diskusi.

b. Kegiatan lanjutan

HIV/AIDS

Pengertian HIV/AIDS

Gejala Klinis HIV dan AIDS

Fase I

Fase II

Fase III

Penyebab Penyakit HIV/AIDS

Cara Penularan

Upaya Pencegahan Penularan HIV/AIDS

F)Hal Hal yang Dirisaukan Indonesia

1)PSK meluas

2)Penyebaran penyakit kelamin, urbanisasi, dan migrasi penduduk tinggi

3)Penggunaan alat suntik

4)Pergaulan bebas meluas

5) Lalu lintas luar negeri meluas

Judul: Kekayaan Hutan Mangrove di Papua

Lokasi dan ciri ciri mangrove di Papua

Dekat sungai Ajkwa, Mimika, Papua

Hutan masih lestari

Untuk wisata

Keadaan Pulau Ajkwa

Terbentuknya pulau

Mangrove di Pulau Ajkwa

Ada beberapa spesies mengrove

Di sekitar mengrove ada spesies binatang lain

Hutan mangrove membentuk ekosistem baru

Pulau Ajkwa untuk kawasan wisata

Keanekaragaman binatang

Jenis - jenis burung