5 jagoan properti (mpi edisi 3 november 2012)

84
pialangInd pialangindo 5 JAGOAN PROPERTI Mereka dan perusahaan yang dipimpinnya terbaik dari 45 emiten dan CEO properti dan real estate. Apa rahasia dan strategi mereka? ISSN 2302-4429 EDISI 3 - NOVEMBER 2012 PIYU ‘PADI’ | MUSIK JADI UANG JAJAN, CASH FLOW DARI SAHAM JOS PARENGKUAN | STRATEGI KONSISTEN MR JP TOM DORSEY DAN JOHN BOLLINGER | BURSA INDONESIA ADALAH MASA DEPAN

Upload: muhammad-maruf

Post on 07-Aug-2015

250 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Mereka dan perusahaan yang dipimpinnya terbaik dari 45 emiten dan CEO properti dan real estate. Apa rahasia dan strategi mereka?

TRANSCRIPT

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

1

pialangInd pialangindo

5JAGOANPROPERTI

Mereka dan perusahaan yang dipimpinnya terbaik dari 45 emiten dan CEO properti dan real estate. Apa rahasia dan strategi mereka?

ISSN 2302-4429

EDISI 3 - NOVEMBER 2012

PIYU ‘PADI’ |

MUSIK JADI UANG JAJAN, CASH FLOW DARI SAHAM

JOS PARENGKUAN |

STRATEGI KONSISTEN MR JP

TOM DORSEY DAN JOHN BOLLINGER |

BURSA INDONESIA ADALAH MASA DEPAN

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

2

Semoga dengan semangat nilai-nilai Kementerian

Keuangan (Kemenkeu), Kemenkeu bisa menjadi prime mover

reformasi birokrasi di Indonesia dan sukses dalam

mewujudkan zona integrasi menuju wilayah bebas korupsi.

NILAI-NILAI KEMENKEU

- Integritas

- Profesionalisme

- Sinergi

- Pelayanan dan Kesempurnaan

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

3

Ulasan pasar keuangan Eropa, Amerika Serikat serta Asia Pasifik

Angin Surga Dari Tiga Benua

LOU

NG

E

MARKET

PERSONAL

WORLDTaxmageddon 2013................................42

POINT OF VIEWAntara Harapan dan Kenyataan........54

FINANCIAL PLAN9 Rencana untuk Penghasilan tak pasti............................ 56

WISDOMJansen Sinamo................................................57

PERSONAL Anindya Bakrie...............................................60

GADGET & STUFFSmart Watch....................................................72

AUTOSNissan GT RR35............................................75

COZY PLACENongkrong dengan Nyaman...................80

BEST ADVICEDJakfarudin Junus Keselarasan dalam Memimpin...............82

TOP STORY

Piyu ‘Padi’

Enaknya Bermain Diceruk Khusus

Edisi 3 - November 2012

STORY

64

26

30

10

12

33

Peluang Pertambangan dibalikRealisasi Investasi

MINING

BANKING

JOS PARENGKUAN PRESDIR SYALEINDRA CAPITALTHE MANAGER

ASSET MANAGEMENT

“...kita tidak terlalu ngoyo ngejar return yang gila-gilaan. Kuncinya bukan return yang gila-gilaan, tapi konsistensi dalam jangka panjang,”

38

STRATEGI KONSISTEN Mr. JP

Dibalik emiten hebat selalu ada sosok pemimpin yang handal. Mereka; 5 JAGOAN PROPERTI yang bermakna, baik perusa-haan maupun pemimpinnya. Mereka adalah; Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) Tri Ramadi, Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) Harry Budi Hartanto, Pakuwon Jati Tbk (PWON) Richard Adisastra, Lippo Cikarang Tbk (LPCK) Meow Chong Loh, dan Modernland Realty Ltd. Tbk (MDLN) Edwyn Lim

Musik Jadi Uang Jajan,Cash Flow Dari Saham

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

4

MEM

O Memanfaatkan Kelas Menengah

MAJALAH PIALANG INDONESIA adalah salah satu produk penerbitan PT Satu Merah Putih. Alamat redaksi dan bisnis :Jalan Pejompongan III A No.15 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 10210. Telp; +62 21 – 5785 4122, faks : +62 21 5785 4225 Email redaksi: [email protected], iklan : [email protected], berlangganan : [email protected] website : www.pialangindonesia.com ISSN 2302-4429

PUBLISHER: Saidu Solihin, Edhi Adhyanugraha CEO I EDITOR IN CHIEF : Muhammad Ma’ruf

EDITORIAL: Dede Darmawan, Faozan Salim Kartasentika, Imam Wahyudi, Kurniasih Budi (contributor), BUSINESS: Apriandi Pamungkas

IndonesIa adalah masa depan. Begitu kira-kira yang saya tangkap dari pembicaraan dengan Tom dorsey, pemilik dorsey, Wright & associates ketika pertama kali mengunjungi Indonesia bulan lalu. ahli pendeka-tan teknikal point & figure itu mengatakan Indonesia memiliki segalanya, dan tinggal bagaimana mengelo-lanya dengan baik ke depan. dia yang sudah 10 tahun berinvestasi di bursa sini--via online trading—yakin Indonesia akan terus tumbuh. Hal yang sama juga dikatakan John a. Bollinger, si penemu bollinger bands meskipun tidak secara spesifik menunjuk Indonesia melainkan asia.

Banyak statistik yang menunjukkan Indonesia me-miliki masa depan ekonomi yang gemilang. McKinsey Global Institute, september lalu menyatakan dengan 45 juta kelas menengah saat ini, pada 2030 Indonesia akan mengambil alih Inggris sebagai negara dengan ekonomi terbesar ketujuh dunia—saat ini di posisi ke-16 . Ini belum termasuk Bank dunia dan Bank Pembangunan asia yang memiliki definisi agak lebar, sehingga menyatakan hampir separuh populasi Indo-nesia dalam kategori itu.

Berkah dari kelas menengah salah satunya sudah dirasakan industri properti dan real estate. sepanjang 2012, transaksi industri properti diprediksi mencapai Rp 475 triliun atau tumbuh sekitar 12% (yoy) . Pusat studi Properti Indonesia (PsPI) menyatakan transaksi di pasar properti primer sekitar Rp 125 triliun dan pasar sekunder Rp 350 triliun. Transaksi didomi-nasi segmen hunian. Meski demikian, pertumbuhan segmen perkantoran cuku tinggi. sektor yang paling berkontribusi adalah hunian tapak (landed) kelas menengah dan atas serta apartemen.

Pada semester kedua tahun ini, diperkirakan seg-men kelas menengah dominan. Pertumbuhan sektor ini tetap tinggi tahun ini dan menjadi incaran para pemain properti untuk meraup keuntungan. Rumah-rumah yang dibandrol Rp 500 jutaan selain memiliki kelebihan dari struktur dan desain bangunan, juga be-rada di kompleks perumahan yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Konsep seperti ini seolah mampu mendongkrak prestise penghuni.

Hebatnya, kelas menengah tidak hanya membu-tuhkan tempat tinggal. Bagi kelompok menengah atas,

rumah bahkan tidak lagi sekedar tempat tinggal me-lainkan investasi. Lebih dari itu, mereka membutuhkan mal-mal besar, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat kongkow untuk menghabiskan uangnya. Mereka juga butuh tempat berlibur, dan yang pasti adalah perse-waan kantor baru seiring tumbuhnya wirausaha-wi-rausaha baru yang bermunculan dari kelas menengah.

Menyeruaknya sektor properti nasional di tengah krisis global yang membuat Bank Indonesia kha-watir menimbulkan bubble di sisi lain adakah potret menggembirakan. Para ekonom, analis, trader, sudah mulai menjadikan statistik properti dan real estate sebagai informasi penting menganalisa dan mengambil keputusan. Bila ini terjadi, kita mulai mendekati potret perekonomian amerika serikat, yang menjadikan statistik properti sebagai indikator penting bagi per-ekonomian, disamping industri teknologinya.

dalam situasi ini, emiten properti adalah entitas di pasar modal yang cukup banyak mendapatkan man-faat besar dari gelombang kelas menengah Indonesia. Memang, tingkat kemahalan 45 saham di sektor ini sudah hampir dua kali lipat dari Indeks Harga saham Gabungan (IHsG) dengan P/e ratio sektor 22 kali. namun, dengan PBV masih dalam level yang wajar dengan IHsG, 1,8 kali dibandingkan 1,5 kali. dengan indikator ini, dan kebutuhan besar konsumen kelas menengah Indonesia, benarkah saham properti sudah mahal? Tentu jawabannya tergantung dari horizon investasi tempat anda berada, apakah trader atau investor.

dari riset Majalah Pialang Indonesia, ada 20 dari 45 emiten yang kami kategorikan terbaik, dan lima diantaranya kami juluki jagoan. Bukan semata pada nilai harga sahamnya, yang berarti bagus tapi murah, melainkan pada performa yang sudah mereka capai. di dalamnya, selain terdapat fundamental perusahaan yang bagus, ada sumber daya paling berharga, yaitu pe-mimpin. Merekalah Ceo-Ceo properti yang mampu memanfaatkan situasi dan peluang dari gelombang kelas menengah Indonesia. Mereka adalah jagoan properti tahun ini.

Muhammad Ma’ruf | [email protected]

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

5

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

6

AGEN

DA

PEKAN REKDA DANA NASIONAL

AsosiAsi Pengelola Reksa dana Indonesia (aPRdI) menggelar event “Pekan Reksa dana nasional” di atrium Laguna, Mall Central Park pada Kamis-Minggu (18-21 oktober 2012). Ketua pelaksana acara ini, denny Thaher men-gatakan acara ini adalah wujud upaya aPRdI untuk lebih memperkenalkan dan mendekatkan produk reksa dana kepada keluarga Indone-sia. saat ini, jumlah investor reksa dana tidak sebanding dengan jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia. “Investor reksa dana hanya naik 1% dari jumlah masyarakat mene-ngah,” tutur denny.

Kepala eksekutif Pengawas Pasar Modal otoritas Jasa Keuangan (oJK), nurhaida yang hadir mengatakan, ada tiga hal perlu diperha-tikan untuk memajukan industri reksa dana. Yakni manajer investasi sebagai pelaku, produk, serta investor. saat ini, terdapat 76 manajer in-vestasi yang mengelola sekitar 720 produk reksa dana. “Manajer investasi harus memperkuat infrastruktur dan sumber daya manusia, produk harus semakin bervariasi dan meningkatkan jumlah investor dengan cara edukasi rutin,” tutur nurhaida.

sementara Ketua Umum aPRdI abi-prayadi Riyanto optimistis, jumlah investor reksa dana bisa mencapai lima juta orang dalam waktu lima tahun ke depan. “dana kelolaan sekitar 10% dari PdB,” jelas abi yang juga merupakan Presiden direktur Mandiri Manaje-men Investasi. saat ini, jumlah investor reksa dana masih di angka 161 ribu, sementara dana kelolaan reksa dana mencapai Rp175 triliun.

BursA efek Indonesia (BeI) mengge-lar Rapat Umum Pemegang saham Luar Biasa (RUPsLB), Rabu (24/10 2012) di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Pada RUPsLB tersebut, manajemen menyampaikan Rencana Kerja dan anggaran Tahunan (RKaT) tahun 2013. Hasilnya, BeI menargetkan 30 emiten baru (IPo), 55 emiten menerbitkan right issue dan saham bonus, 50 emisi obligasi korporasi, dan 60 seri obligasi negara. adapun rata-rata nilai transaksi harian saham diproyeksikan mencapai Rp5,5 triliun per hari.

direktur Utama BeI, Ito Warsito

optimistis tahun depan kinerja BeI akan lebih optimal. Pada tahun 2012 BeI telah menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur perkantoran. se-dangkan pada tahun 2013 BeI berkomit-men untuk secara berkesinambungan melanjutkan proyek-proyek pengem-bangan sistem perdagangan. “BeI akan terus-menerus melakukan upaya yang lebih efektif untuk meningkatkan jumlah investor lokal dan jumlah emiten yang berkualitas,” ujar Ito.

Pada tahun 2013, BeI menargetkan laba bersih sebesar Rp145,82 miliar. adapun rencana investasi mencapai

Rp58,91 miliar atau naik 23,66% target RKaT 2012. Kenaikan terutama akan ditopang oleh rencana BeI melakukan inisiatif investasi strategis di bidang teknologi informasi pada sistem perda-gangan, portal media sosial, serta sistem untuk pengembangan emiten dan ang-gota Bursa.

DANA PENSIUN CAPAI Rp150 TRILIUN

AsosiAsi dana Pensiun Indonesia (adPI) menyatakan rata-rata dana kelolaan dana pensiun nasional tumbuh 15% per tahun dalam satu dasawarsa terakhir. saat ini, nilainya ini hampir mencapai Rp150 triliun. sektor dana pensiun yang paling cepat berkembang adalah dana Pensiun Lembaga Keuangan (dPLK) yang tumbuh sebesar 20% per tahun.

dibandingkan dengan negara tetangga, alokasi investasi dana pensiun di Indonesia tergolong konservatif. Mayoritas ditempatkan dalam produk deposito berjangka dan instrumen pendapatan tetap. saat ini, lebih dari 50% dana kelolaan diinvestasikan dalam instrumen pendapatan tetap. selebihnya, 20% pada saham, 18% pada instrumen pasar uang dan de-posito, sisanya tersebar di berbagai instrumen lain, seperti reksadana, aset seperti tanah dan bangunan serta investasi langsung.

Vanessa Wang, Regional Head Pension Fund services Citibank asia Pacific, mengatakan manajemen risiko yang bijak akan memberikan perlindungan terhadap risiko penurunan pasar dan meningkatkan kinerja investasi secara signifikan dalam jangka panjang. “Terutama pada keadaan pasar dengan volatilitas tinggi,” ujarnya dalam seminar Citi Indonesia Pension Fund 2012 yang mengangkat tema “Trends and Best Practices of asian Pension Funds, Kamis (11/10).

PERLINDUNGAN INVESTOR DIBENTUK BULAN INI

BursA efek Indonesia menyatakan Badan hukum lembaga perlindungan dana investor atau investor protection fund (IPF) akan segera dibentuk bulan ini. namanya, Perlindungan Investor efek Indonesia (PIeI). saat ini, manajemen BeI sedang melakukan verifikasi ulang sebelum menjadikan nama tersebut menjadi berbadan hukum perseroan terbatas (PT).

direktur Pengembangan BeI Friderica Widysari dewi mengatakan modal awal untuk pendirian PIeI akan disumbang oleh BeI, PT Kliring Penjaminan efek Indonesia (KPeI) dan KseI senilai Rp100 miliar. Fride-rica pernah mengatakan, dana yang akan ditanggung oleh PIeI sebesar Rp50 juta.

BEI TargETkan 30 EmITEn Baru

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

7

MODErN INtErNASIONAL. tbkModern Internasional Tbk (MdRn) akan menambah modal lewat penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMeTd) atau rights issue. Pemegang hak waralaba 7-eleven ini menawarkan 959,72 juta saham baru atau sebe-sar 23,08% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga rights issue ditetapkan senilai Rp550 per saham, dengan target dana Rp527,85 miliar.

setiap pemegang 100 saham lama Modern berhak atas 30 HMeTd, di-mana satu HMeTd untuk satu saham baru. Periode rights issue dilaksanakan pada 2 hingga 8 november 2012. Rencananya, perolehan dana akan dipakai menyuntik modal anak usaha, PT Modern Putra Indonesia, yang mayoritas dipakai untuk membuka 72 gerai 7-eleven di Jakarta. sisanya, untuk mem-percepat pelunasan utang.

1 NOvEMbEr Pulic Expose Going BRMS, PTPPCash Dividen RecDate ITMGStock Split DistDate SCMA

2 NOvEMbErCash Dividen DistDate ASGR, UNTRRightIssue Start Trading MDRNStart Trading MDRN-R

6 NOvEMbErPublic Expose Going JECC

7 NOvEMbErCash Dividen DistDate ASIIRUPS Going BBTN, BCAPPublic Expose Going MRAT

9 NOvEMbErCash Dividen ExDate BWPTRUPS Going COWL, HOMECash Dividen DistDate GMTD

8 NOvEMbErcash Dividen CumDate BWPTRight Issue MDRNEnd Trading MDRN-RPublic Expose Goings NIKL

13 NOvEMbErCash Dividen RecDate BWPT

14 NOvEMbErRight Issue CumDate BBTNRUPS Going HITS, MYRX, MYRXP

Cash Dividen DistDate ITMG

19 NOvEMbErRight Issue CumDate COWLRUPS Going ENRG

20 NOvEMbErRight Issue CumDate HOME

22 NOvEMbErRups Going BNLI, ETWA, INPC, SOBI

23 NOvEMbErStart Trading BBTN-R

26 NOvEMbErStrat Trading COWL-R

27 NOvEMbEr Cash Dividen DistDate BWPTStart Trading HOME-R

28 NOvEMbErRUPS Going MYOH

29 NOvEMbErEnd Trading BBTN-R, WINS-WRight Issue CumDate BNLI, INPCRUPS Going MLIA

30 NOvEMbErEnd Trading COWL-R

NOVEMBER

CIYUS miapah?...

wow...

Ada kenaikanBUDGET

INvestasisampai 23,6%

di BEI

OFFICE CHAT

1 miliar,BUAT

SocMED

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

8

1. Kemang Village2. Kamome Supermarket3. Pasar Raya Grade4. Cilandak Town Squere5. Archadia6. Kemang SKY7. Ratu Prabu8. Plaza Kampung Kemang9. Cibubur Junction10. Tis Square tebet11. Setiabudi Rsn. Said12. Oakwood Mega Kuningan13. Epicentrum Kuningan14. City Wisma Mulia15. Mall Kelapa Gading16. Artha Gading17. La Plazza18. Formula 119. Emperium pluit20. Pluit Juntion21. Pluit Vilage22. Mall Taman Anggrek23. Central Park

1. J.W. Marriot Hotel2. Grand Melia Jkt. Jl. Rsn.Said Kav X103. �e Park Line Jl. Casablanca Kav184. �e Ritz Carlton5. Four Seasons Jl. Rsn. Said6. Manhattan Hotel Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 197. Hotel �e Darmawangsa Jl. Brawijaya Raya No. 268. Brew & Co Cilandak Town Squere9. J.C.O Donuts Cilandak Town Squere10. �e Excelso Cilandak Town Squere 11. �e Coffe Bean Cilandak Town Squere12. Hotel Seraton Media Jl. Gunung Sahari Raya No 313. Hotel Borobudur Jl. Lapangan Banteng Selatan14. Arya Duta Hotel Jkt Jl Prapatan 44-4815. Gandaria City16. Pondok Indah mall II17. Pondok Indah18. Hotel Sahid19. Hotel Shangri la20. Cafeenen Gandaria City21. Coffe Bean Gandaria City22. Coffe Bean Grand Indonesia GF23. Café oh lala Pondok Indah24. Chater Box Grand Indonesia25. Hotel Meridien26. Coffe Bean Pondok Indah27. Kupa Restaurant Pondok Indah28. Rudi Hadi Suwarno Pondok Indah29. Sausage World Pondok Indah

24. Mall Puri Indah25. Siloam Hospital Kb.Jeruk26. City Walk27. BNI 4628. Grand Indonesia 229. Grand Indonesia 130. Pondok Indah31. EX32. Hayam Wuruk33. Sky Line34. GKBI35. Senayan City 2 lt. 536. Senayan City 2 lt. 237. Plaza Senayan II38. Plaza Senayan39. Plaza Semanggi40. Gandaria City41. Pondok Indah Mall II42. Pondok Indah43. City Walk Sudirman44. FX Life Style X’ Center45. Strategi Square 46. Graha Nugraha

STARBUCK COFFE:

HOTEL/GEDUNG :

30. Secret Recipt Pondok Indah31. Tifani & Co Pondok Indah32. Celebrity Fitness EX33. Fazio Salon EX34. Hotel Niko35. Hotel Kompenshi36. Hotel Pencenongan / Red lop37. Hotel Sari pan pacific38. Hotel Grand Hyatt39. Hotel Continental Mid Plaza40. Hotel Alila Jakarta41. Milenium Sirih42. Coffe Bean Pondok Indah Mall II43. First & Co Gandaria City44. Spinelli Coffee Campung Gandaria city45. Munclties Resto & Bar46. Secret Recipt Gandaria City47. Cuppa Caffe Gandaria City48. Kafé Betawi Gandaria City49. Café oh lala Gandaria City50. Dante Coffe Shop Gandaria City51. Toni Komar Gandaria City52. �e Kafe Kartel Pondok Indah Mall II53. Spinelli Coffee Kampung PIM 254. Deli France Café PIM 255. Kafé Betawi PIM I56. Secret Recipe PIM I57. Sari Ratu PIM I58. Bianco Sustainable Salon Lt. 3 FX Plaza

59 Coffee Bean FX Plaza60. Shabu Tei FX Plaza61. Celebrity Fitness FX plaza62. �e Excelso Senayan City 63. Sushi – Tei Senayan City Lt.464. Fitness First Senayan City65. Cofee Fik tonia Plaza Senayan66. Cofee Club Plaza Senayan67. Plaza Semanggi 68. �e coffee Bean & Tea Leap Leaf P. Semanggi69. Manajemen Fitness First Plaza Semanggi70. Haris FPUD71. Break Lt.10 Plaza Semanggi72. �e Coffee & Tea Leaf PIM I & II73. Coffee Bean Pacific place74. Coffee Cub Pacific place Lt.375. Coffee Betawi Pacific place Lt.476. Urban Kitchen Pacific place Lt.577. Caffee Betawi Senayan City78. �e coffee Bean Senayan City79. Inter-continental Mid Plaza80. Santika Jakarta Jl. KS. Tubun No.7 Slipi81. Milenium Sirih Jl. KH. Fakhrudin No.382. Hotel Mulia Jl.Asia Afrika83. Growne Plaza Jl. Gatot Subroto Kav 2-384. �e Sultan Hotel Jakarta 85. Argadatha Jl. Garnisun No.8

[email protected]: +62 21 5784122

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

9

1. Kemang Village2. Kamome Supermarket3. Pasar Raya Grade4. Cilandak Town Squere5. Archadia6. Kemang SKY7. Ratu Prabu8. Plaza Kampung Kemang9. Cibubur Junction10. Tis Square tebet11. Setiabudi Rsn. Said12. Oakwood Mega Kuningan13. Epicentrum Kuningan14. City Wisma Mulia15. Mall Kelapa Gading16. Artha Gading17. La Plazza18. Formula 119. Emperium pluit20. Pluit Juntion21. Pluit Vilage22. Mall Taman Anggrek23. Central Park

1. J.W. Marriot Hotel2. Grand Melia Jkt. Jl. Rsn.Said Kav X103. �e Park Line Jl. Casablanca Kav184. �e Ritz Carlton5. Four Seasons Jl. Rsn. Said6. Manhattan Hotel Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 197. Hotel �e Darmawangsa Jl. Brawijaya Raya No. 268. Brew & Co Cilandak Town Squere9. J.C.O Donuts Cilandak Town Squere10. �e Excelso Cilandak Town Squere 11. �e Coffe Bean Cilandak Town Squere12. Hotel Seraton Media Jl. Gunung Sahari Raya No 313. Hotel Borobudur Jl. Lapangan Banteng Selatan14. Arya Duta Hotel Jkt Jl Prapatan 44-4815. Gandaria City16. Pondok Indah mall II17. Pondok Indah18. Hotel Sahid19. Hotel Shangri la20. Cafeenen Gandaria City21. Coffe Bean Gandaria City22. Coffe Bean Grand Indonesia GF23. Café oh lala Pondok Indah24. Chater Box Grand Indonesia25. Hotel Meridien26. Coffe Bean Pondok Indah27. Kupa Restaurant Pondok Indah28. Rudi Hadi Suwarno Pondok Indah29. Sausage World Pondok Indah

24. Mall Puri Indah25. Siloam Hospital Kb.Jeruk26. City Walk27. BNI 4628. Grand Indonesia 229. Grand Indonesia 130. Pondok Indah31. EX32. Hayam Wuruk33. Sky Line34. GKBI35. Senayan City 2 lt. 536. Senayan City 2 lt. 237. Plaza Senayan II38. Plaza Senayan39. Plaza Semanggi40. Gandaria City41. Pondok Indah Mall II42. Pondok Indah43. City Walk Sudirman44. FX Life Style X’ Center45. Strategi Square 46. Graha Nugraha

STARBUCK COFFE:

HOTEL/GEDUNG :

30. Secret Recipt Pondok Indah31. Tifani & Co Pondok Indah32. Celebrity Fitness EX33. Fazio Salon EX34. Hotel Niko35. Hotel Kompenshi36. Hotel Pencenongan / Red lop37. Hotel Sari pan pacific38. Hotel Grand Hyatt39. Hotel Continental Mid Plaza40. Hotel Alila Jakarta41. Milenium Sirih42. Coffe Bean Pondok Indah Mall II43. First & Co Gandaria City44. Spinelli Coffee Campung Gandaria city45. Munclties Resto & Bar46. Secret Recipt Gandaria City47. Cuppa Caffe Gandaria City48. Kafé Betawi Gandaria City49. Café oh lala Gandaria City50. Dante Coffe Shop Gandaria City51. Toni Komar Gandaria City52. �e Kafe Kartel Pondok Indah Mall II53. Spinelli Coffee Kampung PIM 254. Deli France Café PIM 255. Kafé Betawi PIM I56. Secret Recipe PIM I57. Sari Ratu PIM I58. Bianco Sustainable Salon Lt. 3 FX Plaza

59 Coffee Bean FX Plaza60. Shabu Tei FX Plaza61. Celebrity Fitness FX plaza62. �e Excelso Senayan City 63. Sushi – Tei Senayan City Lt.464. Fitness First Senayan City65. Cofee Fik tonia Plaza Senayan66. Cofee Club Plaza Senayan67. Plaza Semanggi 68. �e coffee Bean & Tea Leap Leaf P. Semanggi69. Manajemen Fitness First Plaza Semanggi70. Haris FPUD71. Break Lt.10 Plaza Semanggi72. �e Coffee & Tea Leaf PIM I & II73. Coffee Bean Pacific place74. Coffee Cub Pacific place Lt.375. Coffee Betawi Pacific place Lt.476. Urban Kitchen Pacific place Lt.577. Caffee Betawi Senayan City78. �e coffee Bean Senayan City79. Inter-continental Mid Plaza80. Santika Jakarta Jl. KS. Tubun No.7 Slipi81. Milenium Sirih Jl. KH. Fakhrudin No.382. Hotel Mulia Jl.Asia Afrika83. Growne Plaza Jl. Gatot Subroto Kav 2-384. �e Sultan Hotel Jakarta 85. Argadatha Jl. Garnisun No.8

[email protected]: +62 21 5784122

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

10

LOU

NG

E

senIn, 8 oktober lalu, dua analis teknikal kenamaan bicara soal pasar modal di Grand Ballroom Hotel Kempinsky Jakarta. Tom dorsey dan John Bol-linger bicara di depan publik pada dua sesi berbeda dalam seminar bertema ‘Pendekatan Baru Pengelolaan Portofolio Menghadapi Volatilitas Pasar Global.’

Tom dorsey. Memulai karirnya sebagai pialang saham di Merryl Lynch Pierce Fenner&smith tahun 1974 kemudian memimpin option strategy departement di Wheat, First security. Pada Januari 1987, Tom mendirikan dorsey, Wright&associate yang kemudian menjadi perusahaan riset saham secara technical analysis dan sekarang mengelola Usd 3 miliar asset dalam managed account, reksa dana dan exchange Traded Funds (eTF).

Tom sudah berpengalaman puluhan tahun trading di Bursa efek Indone-sia. dia sudah masuk dan memiliki akun nasabah ketika samuel securities Indonesia merilis online trading pertama di Indonesia pada 2002. Bulan lalu adalah kunjungan perdananya ke Indonesia. Tom menulis buku tentang point and figures serta menjadi award winning speaker mengenai point and figures.

John Bollinger. selama dua dekade terakhir, investor dan trader dari seluruh dunia telah menyaksikan Bollinger Bands sebagai tools yang dapat di-percaya untuk mengevaluasi arah pergerakan harga. dengan hanya menyebut Bollinger, anda tentu tahu siapa dia.

disela-sela acara itu, Pialang Indonesia berkesempatan mewawancarai keduanya secara eksklusif, membincangkan kondisi pasar saat ini, dan posisi serta prospek pasar saham Indonesia. Keduanya ditemui secara terpisah, berikut petikannya:

Bagaimana pandangan anda tentang kondisi pasar saat ini dan dampak-nya bagi Asia?

John : saya rasa amerika serikat sudah mulai bangkit kembali mengam-bil alih kepemimpinan. Jika bisa digambarkan adalah sebagai berikut: pasar uang amerika memimpin, diikuti oleh eropa dan yang kemudian menyusul adalah asia. Menurut perkiraan saya, amerika akan terus berjalan dengan baik. Mungkin tidak dengan cara yang spektakuler. namun terkesan baik, terutama terlihat dengan adanya kebangkitan industrinya, perlahan-lahan pasti akan sampai juga ke pasar-pasar di eropa dan asia.

Tom: dampaknya sudah jelas. Krisis finansial amerika justru menjadikan pasar lain seperti Cina, India, Indonesia, Malaysia, singapura, Filipina sebagai kekuatan ekonomi baru dengan potensi yang sangat besar yang mereka miliki. Kalau mau berinvestasi, maka negara-negara inilah yang patut menjadi pili-han. Memang jauh lebih kecil, tetapi kesempatan untuk mendapatkan untung lebih besar.

Peluang Indonesia meraup capital in flow di tengah masalah ekonomi yang kini tengah dihadapi oleh Amerika?

10

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

11

Jhon: saya rasa Indonesia akan mampu meraih capital in flow. alasannya sederhana saja. amerika, Kanada, Jer-man, Perancis, Inggris, mereka adalah negara-negara yang sudah matang atau mapan secara ekonomi. dengan level setinggi yang mereka miliki adalah sangat sulit bagi mereka untuk naik ke atas lagi.

Jadi, untuk ukuran asia, adalah sangat mudah untuk menanamkan semangat “kami akan terus bertumbuh.” Jadi bersamaan dengan berlalunya krisis ekonomi, maka capital in flow akan segera tercapai. Hal ini berlaku tidak hanya bagi Indonesia saja tetapi juga bagi negara-negara yang tadi saya sebut.

Tom: Peluang itu adanya di sini, di Indonesia. Bahkan sekalipun pasar uang di sini relatif lebih kecil dibanding dengan pasar uang di negara lain. negara-negara di eropa, amerika serikat dan Jepang sebenarnya masa hidup mereka antara sudah habis atau sedang melambat. Justru negara-negara seperti Cina, India, Indonesia, Malaysia, singapura, adalah yang empunya peluang untuk menjadi lebih besar.

saya bilang kepada mereka, “kalau anda memiliki Indonesia setidak-tidaknya 10 tahun ke depan. anda akan maju.” singkatnya di sinilah tempatnya peluang kalau anda melihatnya dari pendapatan per kapita.

Banyak orang berpikir bahwa pergerakan saham di Indonesia 80% sangat dipengaruhi oleh rumor?

John: Hal seperti ini tak hanya terjadi di sini. Ini terjadi di manapun karena memang demikianlah pasar bekerja.... (TeRTaWa). Bicara pasar adalah bicara tentang psikologi. dan bicara soal psikologi adalah bicara soal perasaan. apa yang sebenarnya terjadi hampir tak tersentuh. sedangkan apa yang dirasakan justru jadi faktor penentu.

Rumor itupun adakalanya memang sengaja diadakan. Bahkan bisa saja pesanan. Maka dari itu harus memiliki apa yang saya sebut “last develop market”, untuk mengetahui masa depan sebuah investasi dari sejak awal. Ketika anda tidak me-milikinya, “All these things make a loud of noise in a market place.”

Tom: Yang paling penting adalah mempu-nyai awal yang baik dan berada di posisi yang benar. adalah hal yang biasa, menyebarkan rumor untuk pergerakkan pasar. Ini adalah dinamika yang sangat lumrah yang terjadi di pasar. di bursa efek amerika sendiri pada masa awalnya hampir tidak ada jaminan keamanan. Tidak ada otoritas dari pemerintah di dalamnya. semua orang bisa berbuat apa saja, termasuk memberikan informasi yang salah.

Apakah anda mempunyai portofolio di pasar Indonesia?John: saya tidak memilikinya. Tetapi dalam file

kami terdapat pasar asia karena sekarang ada eTF yang memungkinkan kami untuk lebih mudah berpartisipasi di semua pasar di dunia. Kemungkinan pasar terakhir di asia ada di shanghai. sehingga akhirnya kita pun akan bisa menyaksikan shanghai juga ikut berpartisipasi.

Tom: salah satu tempat yang paling bisa dipilih untuk berinvestasi adalah Indonesia. Bagi saya sekarang berin-vestasi di Indonesia tidaklah lebih jelek daripada berin-vestasi di amerika, australia atau kawasan lainnya. saya pribadi telah berinvestasi di Indonesia selama kurang lebih 12 tahun. saya pun memi-liki klien yang tinggal di Jakarta. saya ingin menunjukkan kepada orang-orang amerika bahwa dunia terbuka dengan hal-hal seperti ini. alasannya adalah karena banyak orang amerika yang sama sekali tidak peduli. Padahal GdP (produk domestik bruto) amerika secara signifikan menun-jukkan angka yang terus menurun.

11

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

12

Mereka dan perusahaan yang

dipimpinnya terbaik dari 45

emiten dan CEO properti dan

real estate. Apa rahasia dan

strategi mereka?

tOP

StO

rY

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

13

Mereka dan perusahaan yang

dipimpinnya terbaik dari 45

emiten dan CEO properti dan

real estate. Apa rahasia dan

strategi mereka?

indusTri properti kini tumbuh pesat. Kebutuhan masyarakat akan properti pun meningkat. semua orang memiliki impian untuk memiliki properti sendiri, baik itu rumah, apartemen, rumah toko, rumah kantor, mal, maupun pusat perbelanjaan.

sepanjang 2012, transaksi industri properti diprediksi menca-pai Rp 475 triliun atau tumbuh sekitar 12% dibanding 2011. Faktor penunjang pertumbuhan itu adalah tumbuhnya kelas menengah yang cukup tinggi, serta ekonomi makro dan iklim sosial politik yang mendukung. BI rate 5,75%, suku bunga KPR 8%, dan per-tumbuhan ekonomi 6,2% sangat kondusif mendorong tingginya transaksi industri properti.

agresivitas para pengembang kelas kakap masih akan terus ter-lihat sepanjang tahun ini, bahkan tahun 2013. ditunjang oleh fakta, kelas menengah Indonesia yang menurut survei McKinsey Global Institute ada 45 juta. Mereka tidak hanya butuh rumah. Mereka juga butuh mal, dan properti lain.

Mereka, khususnya pengembang perumahan sempat menahan nafas. Ketika Bank Indonesia (BI) merilis kebijakan Loan To Value (LTV), yang menaikkan uang muka KPR rumah tipe di atas 70 meter persegi pada 15 Juni lalu. namun, properti saat ini adalah kebutuhan pokok, dari negara dengan pertambahan 7 juta kelas menengah baru setiap tahun ini. Kebijakan itu tidak banyak men-gubah pasar properti, hanya sedikit menahan bubble, yang sempat menjadi pro kontra karena menjadi alasan BI.

otomatis, saham-saham properti menguat, dan itu sudah dibuktikan. P/e ratio (price-to-earnings ratio) sektor properti dan real estate sudah 22 kali—data september. Ini hampir dua kali lipat dari P/e ratio Indeks Harga saham Gabungan (IHsG). akumulasi laba bersih 37 emiten di sektor ini pada semester pertama tahun ini mencapai Rp4,6 triliun. dengan pencapaian ini beberapa saham mungkin sudah mahal. namun, mahal atau tidak menjadi amat relatif, terutama bila melihat kinerja dan prospek emiten-emiten itu di masa mendatang.

Majalah Pialang Indonesia (MPI), pada edisi ini melakukan riset terhadap 45 emiten properti dan real estate. Hasilnya, ada 10 emiten dengan nilai kapitalisasi pasar di atas Rp4 triliun, dan 10 emiten berkapitalisasi pasar di bawahnya yang terbaik. dari kelompok per-tama, kami menetapkan 3 terbaik, dan dua terbaik dari kelompok kedua. Merekalah emiten terbaik versi Majalah Pialang Indonesia tahun ini.

dibalik emiten hebat, selalu ada sosok pemimpin yang handal. Mereka; 5 JAGoAn ProPErTi yang bermakna baik itu peru-sahaan maupun pemimpinnya adalah; Alam sutera realty Tbk (Asri) Tri ramadi, Bumi serpong damai Tbk (BsdE) Harry Budi Hartanto, Pakuwon Jati Tbk (PWon) richard Adisastra, Lippo Cikarang Tbk (LPCK) Meow Chong Loh, dan Modernland realty Ltd. Tbk (MdLn) Edwyn Lim.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

14

PErINGkAt bErDASArkAN kAPItALISASI PASAr DI AtAS rp 4 trILIUN

SAHAM EMITEN NILAI RoE (%) RoA (%)

Harga saham (%/ytd)

EPS (Rp)

Net profit margin (%)

Sales Growth (%)

PBV ratio (kali)

Kapitalisasi pasar (ytd/juta/Rp)

Net Income (Juta/Rp)

Net Asset Value (Juta/Rp)

ASrI Alam Sutera Realty 1 694 26.8 11.6 6.5 53.3 46.9 57.9 2.5 9,726,459 523,371.50 3,947,500

bSDE Bumi Serpong Damai 2 672 15.9 7.7 8.2 67.3 36.7 24.7 2.8 19,771,606 588,379.61 9,825,047

PWON Pakuwon Jati 3 646 29.6 11.3 36.0 15.5 35.6 60.4 3.7 13,003,093 373,867.55 2,692,723

LPKR Lippo Karawaci 4 591 11.6 5.2 47.0 47.9 23.0 27.7 1.9 22,846,913 552,730.27 10,212,514

JRPT Jaya Real Property 5 587 19.4 7.6 36.4 66.5 36.8 35.1 8.5 8,250,000 179,083.20 1,965,882

SMRA Summarecon Agung 6 506 23.5 6.4 30.7 89.4 20.3 61.4 4.3 11,546,877 307,107.93 2,716,884

BKSL Sentul City 7 459 6.1 4.9 -26.4 9.2 34.2 151.7 1.5 6,593,350 144,224.72 4,739,056

APLN Agung Podomoro Land 8 451 21.3 8.0 -1.4 48.2 21.3 46.5 1.5 7,175,315 494,518.56 5,446,964

CTRA Ciputra Development 9 419 10.2 4.1 24.1 34.9 20.1 42.1 1.9 10,767,729 264,927.65 7,709,773

KIJA Kawasan Industri Jababeka 10 419 11.1 6.8 4.7 20.8 28.2 97.7 1.0 4,260,632 205,803.00 3,707,506

Su

MB

ER : L

AP

OR

AN

KEu

AN

gA

N K

uART

AL

II-20

12, K

ECuA

LI H

ARg

A S

AH

AM

DA

N K

AP

ITA

LISA

SI P

ASA

R P

ER S

EPTE

MB

ER 2

012.

PErINGkAt bErDASArkAN kAPItALISASI PASAr DI bAWAH rp 4 trILIUN

SAHAM EMItEN NILAI roE (%) roA (%)Harga saham (%/ytd)

EPS (rp)

Net profit margin (%)

Sales Growth (%)

Pbv ratio (kali)

kapitalisasi pasar (ytd/juta/rp)

Net Income (Juta/rp)

Net Asset value (Juta/Rp)

LPCk Lippo Cikarang 1 792 36.7 15.3 105.3 530.5 37.5 26.6 2.2 2,627,400 184,622.43 1,006,070

MDLN Modernland Realty 2 555 13.7 8.2 145.8 46.0 28.3 128.3 1.3 3,509,259 144,183.38 2,109,722

CTRS Ciputra Surya 3 468 14.4 6.4 101.2 128.4 25.4 35.7 2.1 3,542,168 127,037.21 2,020,407

CTRP Ciputra Property 4 426 6.2 4.4 34.7 35.4 35.2 51.4 1.1 3,874,500 108,820.72 3,684,557

MTLA Metropolitan Land 5 338 11.6 9.0 0.0 21.3 25.5 28.6 1.9 3,145,423 80,697.01 1,423,142

DILD Intiland Development 6 245 4.8 3.0 25.5 17.5 17.1 5.7 0.9 3,420,732 90,810.24 3,891,401

DART Duta Anggada Realty 7 172 1.6 0.8 44.8 11.7 10.3 21.7 0.9 2,073,318 18,389.40 2,262,126

gPRA Perdana gapura Prima 8 138 5.3 2.7 6.0 8.0 11.0 2.4 1.5 513,199 17,088.68 668,660

JIHD Jakarta International Hotels & Development 9 97 2.2 1.0 9.7 19.3 4.8 -6.0 0.7 1,537,167 22,480.28 3,333,892

LCgP Laguna Cipta griya 10 24 -1.3 -1.2 62.7 -1.5 -19.8 97.6 0.8 135,120 -1,021.89 155,917

tOP

StO

rY

45 EMItENseleksi awal terhadap 45 emiten yang termasuk dalam kelompok properti dan real estate, berdasarkan laporan keuangan per Juni 2012.

37 EMItENPergerakan harga saham dengan kualifikasi wajar sepanjang tahun 2012 (per september 2012)

20 EMItENTerpilih 20 emiten terbaik. dike-lompokkan menjadi dua, dengan kategori kapitalisasi pasar di atas dan di bawah Rp4 triliun (per sep-tember 2012)

5 EMItENMerepresentasikan terbaik di kategori kapitalisasi pasar. Tiga dari kategori kapitalisasi di atas Rp4 triliun dan dua dari kapitalisasi di bawah Rp4 triliun.

INDIkAtOrPenilaian menggunakan 10 indikator yang dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama, Roe (return on equity), Roa (return on asset), ePs (earning per share), net income (laba bersih) sebagai ukuran kemampuan emiten mencetak laba serara efektif. Kedua, net prof-it margin (rasio tingkat profitabilitas), sales growth (pertumbuhan penjualan) dan net asset value sebagai indikator untuk menilai kinerja manajemen. Ketiga, harga saham per september 2012, kapitalisasi pasar dan PBV ratio sebagai bagian dari data dan persepsi pasar terhadap emiten bersangkutan. Keti-ganya diberikan bobot yang sama, namun dengan pembagian yang proporsional pada masing-masing sub indikator.

METODE PENILAIAN

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

15

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

16

tOP

StO

rY

BErAGAM capaian itu tak lepas dari ke-handalan Tri Ramadi, Presiden direktur alam sutera Reality Tbk. Tri merupakan sosok pembelajar sejati. Hidup, baginya, adalah proses pembelajaran yang ber-kesinambungan. “saya suka belajar, saya mencapai karier dari bawah, dengan mempelajari berbagai hal. saya belajar berbagai hal dari membaca berbagai sum-ber dan bertemu serta berdiskusi dengan orang yang expert (ahli) di bidangnya, untuk meningkatkan potensi diri saya,” katanya.

Lulusan akuntasi dari Universitas Ta-ruma negara ini juga memiliki kegemaran membangun jejaring. Perjumpaan dengan banyak orang dengan beragam latar be-lakang diyakininya tak sekedar mengem-bangkan jaringan, namun juga mampu mendorong pengembangan diri. Tri Ra-madi mengandalkan integritas dalam menjalani profesinya. sehingga, dalam usia relatif muda, di usia 36 tahun Tri mampu memimpin alam sutera. Menurut dia, in-tegritas berarti mampu mengemukakan apa yang diyakini benar. dalam dunia bis-nis, imbuhnya, integritas merupakan kata kunci yang harus tetap dipegang.

TRI RAMADI

Tahun ini, kinerja semakin baik. Per september 2012, alam sutera membu-kukan pra penjualan sebesar Rp 3.27 triliun, atau setara 91,4% target tahun ini senilai Rp 3,5 triliun. Capaian itu sudah melampaui perolehan tahun lalu, dan tumbuh 39,13% (yoy). semen-tara itu, per semester I tahun ini, alam sutera mencetak laba bersih Rp523,37 miliar atau naik, 65,2% (yoy). semen-tara, beban perseroan mengalami ke-naikan dari Rp316,39 miliar menjadi Rp413,7 miliar. emiten ini cukup baik dalam melakukan efisiensi usaha.

alam sutera adalah anak perusa-haan dari grup argo Manunggal yang bergerak di bidang property developer, yang didirikan oleh Harjanto Tirtohadi-guno pada 3 november 1993. awalnya perusahaan ini bernama PT adhihu-tama Manunggal, kemudian berganti nama pada 19 september 2007, seiring aksi go public perusahaan.

Pada tahun 1994, perusahaan mu-lai mengembangkan proyek pertama di sebuah kawasan terpadu bernama alam sutera yang terletak di serpong, Tangerang, provinsi Banten dan ber-lanjut hingga saat ini. selain itu alam sutera juga melakukan pengemban-gan ke daerah Riau, Batam, dan Cian-jur. alam sutera merupakan sebuah kawasan terpadu yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 800 hektar di wilayah serpong, Tangerang.

Perumahan alam sutera merupak-an price leader untuk kawasan serpong di mana harga tanah di sana mencapai 8 jt/m2 pada tahun 2011. dibukanya akses tol langsung ke kawasan ini pada tahun 2009 ikut mendongkrak harga tanah dan nilai properti di serpong.

POLESANNyA KIAN BERKILAU

“Integritas itu membuat kita mam-pu menetapkan pendirian, bukan apa yang orang lain pikir benar dan kita ikuti. Tapi, di situasi apapun kita harus bicara apa yang menurut kita benar. Bu-kan masalah pasti benar atau tidaknya, tapi yang terpenting, kita harus berani katakan apa yang kita yakini benar. se-bab nanti orang akan melihat apa yang kita lakukan, dan akan mengikutinya,” paparnya.

dunia bisnis yang dinamis, se-lalu menuntut pelakunya untuk terus berkembang dan mampu meningkat-kan kemampuan. “Kalau ingin terus berkompetisi, kita harus meningkatkan nilai, sebab dalam bisnis tidak ada yang selamanya jadi winner. Jadi, keep learn-ing and improving,” ungkapnya.

Kualitas mumpuni seorang Tri, ke-mudian mampu mengubah alam sutera menjadi emiten yang jauh bernilai. dari laba bersih dikisaran Rp59 miliar—dia mulai memimpin tahun 2007—tahun lalu menjadi Rp603 miliar. Tri adalah sedikit dari Ceo yang mampu meng-gandakan laba 10 kali lipat hanya dalam lima tahun usia kepemimpinan.

ALAM SuTERA REALTy. Tbk

570.00

31 DES 2011 17 FEB

410

530

650

6 APR 25 MEI1 3 Jul3 1 Ags1 9 Okt 2012

HARGA SAHAM ALAM SUTERA REALTY. Tbk (YTD)

309.169.000

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

17

Mobilitas para penghuni pun tak bakal terhambat. Pada september 2009, ak-ses tol alam sutera di km 15 tol Jakar-ta-Merak diluncurkan. alam sutera pun lebih mudah dijangkau dari Jakar-ta. akses ke perumahan ini dari Jakarta melalui jalan tol Kebon Jeruk dengan keluar di pintu tol kunciran atau dari jalan tol Bintaro dan Bsd.

Hingga kini, tercatat sekitar dua puluh lima cluster perumahan di alam sutera. Masing-masing terdiri dari 150 hingga 300 unit rumah. Jumlah popu-lasi pun tercatat sekitar 4.500 keluarga. Jumlah itu diprediksi terus bertambah sesuai dengan perkembangan kawasan yang pesat. Pada 2010, land bank yang dimiliki alam sutera mencapai 1.222 hektar. 346 hektar di serpong, Tangerang, 589 hektar di Pasar Kemis, Tangerang, 79 hektar di Cibodas, Cian-jur, 92 hektar di Cibitung, Bekasi, 41 hektar di Cikarang, Bekasi, dan 75 hek-tar di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Tahun ini, manajemen mengakui-sisi 90,3% saham perusahaan pengelola kawasan pariwisata Garuda Wisnu Ken-cana (GWK) Bali, yakni PT Garuda ad-himatra Indonesia (GaIn) senilai Rp821 miliar. Kawasan wisata seluas 60 hektar itu dikenal sebagai tempat kunjungan wisata utama di Bali. Garuda Wisnu Kencana setiap tahunnya bisa membu-kukan pendapatan hingga Rp40 miliar.

Pemeringkat efek Indonesia (Pefin-do) menetapkan peringkat ‘a’ pada alam sutera. Outlook untuk peringkat peru-

ASRI Alam Sutera Realty Tbk.

RATIOSDividend (Rp)

EPS (Rp)

BV (Rp)

DAR (X)

DER(X)

ROA (%)

ROE (%)

GPM (%)

OPM (%)

NPM (%)

Payout Ratio (%)

Yield (%)

20.10

1.05

0.84

3.31

6.11

156.01

50.22

43.64

18.17

1.38

0.69

3.43

102.45

0.42

0.74

2.60

Dec-08 Dec-09

40.14

27.41

23.29

19.95

13.51

4.53

25.54

12.70

Dec-10 Dec-11

-

6.13

33.74

0.56

1.29

-

26.64

200.90

1.00

4.03

16.26

123.62

0.52

1.07

7.20

14.95

54.39

44.83

37.96

24.78

1.37

5.26

107.90

1.33

54.99

46.93

-

0.46

14.66

62.91

6.40

0.54

1.16

11.17

24.08

58.97

Jun-12

-

2,000

4,000

6,000

8,000

10,000

2008 2009 2010 2011 Jun-12

Assets LiabilitiesTOTAL ASSETS AND LIABILITIES (Bill. Rp)

1,7551,927

2,208

2,787

3,947

2008 2009 2010 2011 Jun-12-79

726

1,532

2,337

3,142

TOTAL EQUITY (Billion Rupiah)

435 404

765

1,381

1,115

2008 2009 2010 2011 Jun-12-28

254

536

818

1,099

1,381

TOTAL REVENUES (Billion Rupiah)

5994

290

603

523

2008 2009 2010 2011 Jun-12-12

111

234

357

480

603

NET INCOME (Billion Rupiah)

sahaan adalah stabil. Ini mencerminkan leverage keuangan yang konservatif, nilai perlindungan arus kas meningkat, disertai dengan likuiditas yang kuat ser-ta kualitas yang baik.

Kinerja yang baik dipadu dengan konsep bisnis alam sutera ke depan-nya, yaitu membangun property yang mendatangkan nilai sewa seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, dan exhibition center, dipastikan mampu menyokong nilai saham asRI dalam jangka panjang.

ALAM

-SU

TERA

.CO

M

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

18

Bumi serpong damai (Bsd) didiri-kan pada 16 Januari 1984, dan tercatat sebagai pelopor pembangunan kota man-diri di JaBoTaBeK. Pembuatan master plan kota mandiri Bsd dibantu sejumlah konsultan internasional ternama seperti Pasific Consultant International, Japan City Planning Inc., nihon architect en-gineer and Consultant Inc. dan doxiadis. Bsd telah dikembangkan selama 19 ta-hun terakhir. sejak tahun 2003, proyek raksasa ini sepenuhnya dikelola oleh sinarmas developer dan Real estate, anak perusahaan sinarmas.

Harry Budi Hartanto, Presiden di-rektur Bumi serpong damai Tbk (Bsde) mengenang, dulu Bsd terasa jauh dari Jakarta, dan sebagai kota buatan situ-asinya senyap. namun kini kondisinya jauh berbeda, Bsd benar-benar telah menjadi kota. Harga tanah, terus melam-bung, naik 15-20% per tahun, dan be-berapa tahun ke depan adalah periode dimana pembangunan secara masif akan dilakukan.

BuMI SERPONg DAMAI. Tbk

Hingga tahun lalu pembangunan yang telah dilakukan mencapai 1.500 hektar. Untuk tahun kedua, manajemen akan membangun lagi di atas lahan se-luas 850 hektar dengan jangka waktu 5 tahun. Total tanah yang dimiliki men-capai 6.000 hektar. Proyeksi perseroan, kata dia, lahan seluas itu akan rampung dibangun pada 2035. “Ini untuk menca-pai pembangunan 50% dari total lahan 6000 hektar yang kami miliki. Target-nya selesai dalam 20 tahun,” ujarnya.

Perseroan sengaja mengembangkan kota mandiri secara bertahap agar selu-ruh kebutuhan warga terpenuhi. selain itu, konsep ramah lingkungan menjadi andalan kawasan hunian Bsde. Buk-tinya, perseroan hanya mematok 30% dari 6000 hektar lahan untuk kawasan bisnis. selebihnya, dialokasikan untuk perumahan dan kawasan terbuka hijau. “Kami tetap mempertahankan sawah dan mengadakan danau buatan karena banyak fungsinya untuk kelestarian lingkungan,” katanya.

Harry bukan anak kemarin sore di industri properti. sejak lulus kuliah dari Teknik sipil Universitas Parahyangan, dia bergabung dengan Grup sinarmas. dengan gaya kepemimpinan yang kon-sepsional, Harry sukses memimpin dua anak usaha Grup sinarmas di bidang properti, duta Pertiwi Tbk dan Bsde. Hasilnya, kedua perseroan selalu mem-bukukan pertumbuhan positif.

Pengalaman dan kehandalan tak lantas membuatnya lupa diri. Bawa-hannya selalu menilai bos yang hobi jogging itu ramah, rendah hati, murah senyum, sekaligus berwibawa. semua pencapaian yang diraihnya, menurut Harry, karena dukungan banyak orang. “Terutama keluarga, rekan satu tim, karyawan, dan stakeholder,” ujarnya merendah.

analis danareksa sekuritas, anin-dya saraswati, menilai emiten Bsde masih prospektif seiring diversifikasi portofolio proyeknya. apalagi, baru-ba-ru ini Bumi serpong damai mengakui-sisi 40 hektar lahan di surabaya Barat dan 1,7 hektar di pusat kota surabaya. Kedua lahan itu diproyeksikan untuk pengembangan proyek landed-residen-tial dan high-rise commercial.

Bahkan, pendapatan Bsde dipre-diksi tumbuh 32% (yoy) menjadi Rp 3,69 triliun tahun ini. sedangkan, laba bersihnya ditaksir naik 30,8% (yoy) menjadi Rp 1,1 triliun. Hingga septem-ber 2012, PT Bumi serpong damai Tbk meraup prapenjualan senilai Rp 3,1 triliun. angka itu tumbuh 25% diband-ingkan periode sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp 2,5 triliun. Jumlah

tOP

StO

rY

PERUSAHAAN PROPERTI MASA DEPAN

HARRy BUDI HARTANTO

1.240,00

31 DES 2011 17 FEB

920

1205

1490

6 APR 25 MEI1 3 Jul3 1 Ags1 9 Okt 2012

HARGA SAHAM BUMI SERPONG DAMAI. Tbk (YTD)

239.072.000

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

19

RATIOSDividend (Rp)

EPS (Rp)

BV (Rp)

DAR (X)

DER(X)

ROA (%)

ROE (%)

GPM (%)

OPM (%)

NPM (%)

Payout Ratio (%)

Yield (%) 4.21

4.00

20.43

189.76

0.53

1.11

6.94

Dec-08Dec-09

49.79

35.92

24.30

21.25

16.12

14.66

46.29

29.72

19.57

6.00

0.67

28.23

213.99

-

35.34

36.76

-

0.49

0.96

8.19

16.07

471.92

34.23

36.07

-

-

-

57.86

0.36

0.56

-

33.68

561.53

0.68

6.00

22.54

350.48

0.37

0.70

5.66

10.80

62.03

35.14

15.92

26.62

6.89

62.82

4.43

0.35

0.55

9.15

14.17

63.61

Jun-12Dec-10Dec-11

-

3,250

6,500

9,750

13,000

16,250

2008 2009 2010 2011 Jun-12

Assets LiabilitiesTOTAL ASSETS AND LIABILITIES (Bill. Rp)

2,075 2,340

6,132

8,257

9,825

2008 2009 2010 2011 Jun-12-197

1,808

3,812

5,816

7,821

9,825

TOTAL EQUITY (Billion Rupiah)

1,386 1,271

2,477

2,806

1,603

2008 2009 2010 2011 Jun-12-56

516

1,089

1,661

2,234

2,806

TOTAL REVENUES (Billion Rupiah)

223309

394

1,012

589

2008 2009 2010 2011 Jun-12-20

186

393

599

806

1,012

NET INCOME (Billion Rupiah)

BSDE Bumi Serpong Damai Tbk.

itu setara dengan 73% target tahun ini yaitu Rp 4,2 triliun.

Pencapaian Bsde itu ditopang proyek Bsd City yang berkontribusi sekitar 72% dari total prapenjualan september. dengan wilayah setengah ukuran Paris, Bsd City adalah skema perencanaan kota paling ambisius di Indonesia untuk menggabungkan pe-rumahan, bisnis dan properti komer-sial. Bsd City mencakup total luas sekitar 6.000 hektar. dengan sekitar tiga perempat dari lahan yang tersedia

masih harus dikembangkan, menjadi-kannya peluang investasi yang menarik.

direktur Bumi serpong damai Tbk, Hermawan Wijaya, menyatakan residensial menjadi penyumbang atau 60% angka prapenjualan hingga kuar-tal III tahun ini. Penjualan produk res-idensial tumbuh 8% (yoy). setelah Bsd City, kontribusi penjualan residensial disumbang Kota Wisata Cibubur 99 %), Grand Wisata Bekasi (8%), dan Taman Permata Buana (5%).

Hingga sembilan bulan pertama

2012, Bsd City telah meluncurkan sekitar 10 subcluster perumahan kelas menengah atas dan premium yang ma-suk dalam proyek pengembangan tahap II. Cakupan area pengembangan memi-liki luas 2000 hektar.

sementara, penjualan kavling tanah (land plots) menyumbang Rp 895,65 miliar atau tumbuh 26% dibanding kuartal III tahun lalu.

Bumi serpong damai mengucur-kan dana senilai Rp 250 miliar untuk akuisisi lahan di surabaya. Rencananya, lahan itu akan dikembangkan sebagai kawasan hunian dan komersial. Pema-saran dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan. sebelumnya, Bsde men-gakuisisi tiga perusahaan terafiliasi sinarmas Land yaitu PT duta Pertiwi Tbk (dUTI), sinar Mas Wisesa, dan sinar Mas Teladan. akuisisi ketiganya menjadikan anak emas sinarmas ini sebagai perusahaan properti terbesar di Indonesia.

BSDC

ITY.

COM

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

20

sEJAK Richard adisastra ditunjuk se-bagai Presiden direktur Pakuwon Jati. Tbk, pada 31 Maret 2005, ada banyak perubahan yang telah ia lakukan. den-gan pengalaman lebih dari 26 tahun pada industri real estate, Richard membawa Pakuwon makin berkibar. Kepiawaian lu-lusan Teknik sipil Universitas sumatera Utara itu meliputi manajemen dan pem-bangunan.

Richard adisastra bergabung den-gan perseroan sejak 1984 sebagai asisten manajer proyek. dia pernah menjabat sebagai direktur antara 1989 dan 1998. di bawah kepemimpinanya, Pakuwon menjelma sebagai emiten properti yang disegani, sebagai pelopor superblok. Pak-uwon adalah pemilik mal ritel terbesar dari semua developer yang ada di Indone-sia, dan merupakan perusahaan properti dan real estate pertama yang melantai di bursa saham.

sejumlah proyek raksasa Pakuwon di antaranya superblok Gandaria City, Jakarta selatan. superblok terpadu itu terletak di lahan seluas 7,5 hek-tar.  Proyek lainnya adalah superblok Kota Tunjungan di jantung Kota sura-baya, Jawa Timur. superblok pertama di Indonesia seluas 7,4 hektar itu ter-diri atas Tunjungan Plaza, Mandiri of-fice Tower, kondominium regensi dan sheraton surabaya Hotel. ada pula su-perblok Kota Kasablanka yang memiliki luas 9,5 hektar.

selain superblok, Pakuwon juga mengembangkan Pakuwon City yang merupakan sebuah kota tepi pantai yang unik yang terletak di surabaya. Kota tersebut terletak dekat dengan Institut Teknologi surabaya, Uni-versitas airlangga, Rumah sakit dr soetomo, dan Rumah sakit siloam surabaya.

Ketika artikel ini ditulis, Pakuwon sudah merilis kinerja keuangan kuartal ketiga 2012. Manajemen membukukan kenaikan laba bersih sebesar 128,99% (yoy) menjadi Rp 589,653. Kenaikan signifikan ini sejalan dengan pertum-buhan pendapatan perseroan sebesar 59,15% (yoy) menjadi Rp 1,609 triliun.

sementara itu, total aset emiten properti ini meningkat 23% dari Rp 5,745 triliun per desember 2011 men-jadi Rp 7,092 triliun per 30 september 2012. Kenaikan ini disebabkan pening-katan kas dan setara kas, aset keuangan lainnya, uang muka pembelian tanah dan aset, aset real estat dan properti investasi. Richard menyatakan pen-ingkatan terutama disebabkan akuisisi entitas anak PT elite Prima Hutama de ngan proyek superblok Kota Ka-sablanka dan adanya proyek baru akhir tahun 2011.

Tidak hanya pendapatan yang mel-onjak hampir dua kali lipat, laba usa-ha perusahaan asal surabaya ini juga tumbuh signifikan hingga 110% dari Rp 389,46 miliar menjadi Rp 820,61 miliar. Meskipun demikian, total ke-wajiban perseroan juga meningkat 24% dari Rp 3,327 triliun per 31 desember 2011 menjadi Rp 4,813 triliun per 30 september 2012. Penyebabnya, adanya penarikan fasilitas utang bank untuk penyelesaian pembangunan superblok Kota Kasablanka dan penerimaan uang muka pelanggan dari penjualan aparte-

tOP

StO

rY

PAKuwON JATI. Tbk

TERUS MEROKET DENGAN SUPERBLOK

RICHARD ADISASTRA

31 DES 2011 17 FEB

170

232

290

6 APR 25 MEI1 3 Jul3 1 Ags1 9 Okt 2012

HARGA SAHAM PAKUWON JATI Tbk (YTD)

163.054.500

285,00

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

21

PWON Pakuwon Jati Tbk.

RATIOSDividend (Rp)

EPS (Rp)

BV (Rp)

DAR (X)

DER(X)

ROA (%)

ROE (%)

GPM (%)

OPM (%)

NPM (%)

Payout Ratio (%)

Yield (%)

31.79

25.61

-

-

-

-0.94

100.06

0.69

2.46

0.95

Dec-08Dec-09

37.76

29.39

21.02

-

-2.09

3.36

50.08

35.74

Dec-10Dec-11

-

-

-

-

31.44

0.59

1.46

-

15.52

56

-

-

27.27

142.43

0.60

1.66

9.79

26.98

45.93

38.18

22.28

-

-

14.61

114.67

-

51.5

35.6

-

0.64

1.94

5.84

17.65

197.11

27.8

57.72

11.3

0.59

1.42

8.18

19.80

49.71

Jun-12

-

1,250

2,500

3,750

5,000

6,250

2008 2009 2010 2011 Jun-12

Assets LiabilitiesTOTAL ASSETS AND LIABILITIES (Bill. Rp)

1,0041,151

1,429

2,3732,693

2008 2009 2010 2011 Jun-12-51

469

989

1,508

2,028

2,548

TOTAL EQUITY (Billion Rupiah)

454

697

1,228

1,478

1,049

2008 2009 2010 2011 Jun-12-30

272

574

875

1,177

1,478

TOTAL REVENUES (Billion Rupiah)

147

274

379 374

-9.5

2008

2009 2010 2011 Jun-12-9

68

146

223

301

379

NET INCOME (Billion Rupiah)

men serta perkantoran entitas anak dan perseroan

direktur Pakuwon Group, stefanus Ridwan, mengatakan banyaknya jum-lah tenant yang berkegiatan menandai

Pakuwon siap bersaing dengan mal lain di kawasan Casablanca. Perseroan memproyeksikan 90% dari total tenant sudah berbisnis hingga akhir tahun ini. Tarif sewa dibandrol Usd 30-60/m2/

bulan. dengan banyaknya tenant yang berbisnis, perseroan menargetkan jum-lah pengunjung mal 30 ribu orang/hari dan naik dua kali lipat saat weekend.

Pakuwon juga akan mendirikan dua apartemen dan satu office tower pada pembangunan tahap kedua Mal Kas-ablanka. Pembangunan itu diproyeksi-kan rampung dalam 2,5 tahun. dengan kinerja yang sedemikian rupa, Pakuwon optimistis meraup pendapatan yang leb-ih besar pada waktu-waktu mendatang. Tak heran jika saham emiten PWon menjadi incaran di bursa saham.

saat ini, komposisi pemegang sa-ham Pakuwon Jati adalah PT Pakuwon arthaniaga 15.15%, BsL Investments Inc 22.15%, Concord Media Invest-ment Ltd 7.39%, Burgami Investments Ltd 20.90%, dan Raylight Investments Ltd 7.15%. Pakuwon didirikan pada 1982 terdaftar di Bursa efek Jakarta dan Bursa efek surabaya sejak tahun 1989.

PAKU

WO

N.C

OM

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

22

AWAL agustus lalu, Meow Chong Loh menyiarkan kabar soal kondisi Lippo Cikarang Tbk yang dipimpinnya. Para pewarta pun menyambut kabar itu dan mengolahnya sedemikian rupa menjadi berita. Khalayak pun mencondongkan telinga untuk menyimak: Lippo Cikarang Bukukan Laba 87.45 % pada semester I 2012. Penjualan semester pertama tahun ini tercatat Rp491,91 miliar atau tumbuh 26,55% (yoy).

Kontribusi terbesar disumbang divisi industri. Yaitu sebesar Rp757 miliar atau meningkat 67% (yoy). Permintaan lahan industri semakin tinggi mulai dari semes-ter 2 tahun 2010, dan momentumnya terus berlanjut di semester I tahun 2012. Imbasnya, Lippo meraup pendapatan yang tak sedikit.

Penjualan rumah hunian dan rumah toko juga menyumbang pendapatan Rp119,39 miliar. sedangkan, dari bisnis pengelolan kota, Lippo meraup pendapa-

tan Rp 52,68 miliar. sepanjang 6 bulan pertama tahun ini, emiten berkode sa-ham LPCK tersebut telah membukukan penjualan sebesar Rp1,15 triliun.

di pos laba bersih, kata Loh, Lippo membukukan pendapatan Rp184,62 miliar. artinya, melonjak 87,45% dibandingkan semester pertama 2011 yang hanya senilai Rp98,49 miliar. sehingga, margin bersih perseroan mencapai 48,12%. Padahal, per Juni 2012 lalu margin bersih Lippo tercatat 37,53%.

Lippo Cikarang memulai bisnis properti pada tahun 1990, sementara Meow Chong Loh bergabung mulai 2007. sarjana Teknik sipil dari national Taiwan University itu didaulat menja-bat Presiden direktur. Karir profesional Loh di bidang pengembangan properti diawali sebagai senior Project Manager dan kemudian direktur eksekutif di Pembinaan desakota sdn. Bhd., Ma-

laysia. Kemudian, pada 1989 pindah ke amerika serikat dan menjabat Partner di Uni Con development dan kemudian President di euston development Cor-poration/Monfric Construction Inc.

dia kembali ke asia tahun 1995 dan menangani pembangunan dua PLTU tenaga batu bara di China. Loh pernah menjabat sebagai senior Vice President di ascendas - perusahaan di Group JTC –terlibat dalam pengembangan bebera-pa kawasan industri utama di Vietnam dan Filipina di tengah krisis moneter asia.

dia pun berpengalaman menangani pembangunan pabrik perakitan oto-motif nissan di Malaysia saat menjabat General Manager di Tan Chong Motor Holdings Berhad. “Kami berupaya un-tuk memaksimalkan kepuasan pelang-gan dan pemegang saham untuk mem-pertahankan pertumbuhannya di masa depan,” begitu prinsipnya.

sebagai salah satu pengembang perkotaan Indonesia terbesar dan terke-muka, Lippo memulai dengan mengem-bangkan kawasan industri yang ramah lingkungan di Cikarang, Bekasi, 30 Ki-lometer di sebelah Timur Jakarta. Mitra yang digandeng adalah eJIP (east Ja-karta Industrial Park, perusahaan-pe-rusahan dari Jepang dan Hyundai Inti development dari Korea.

Lippo Cikarang memang dikem-bangkan menjadi lingkungan peruma-han, komersial dan industri. Keserasian mengintegrasikan permukiman, fasili-

tOP

StO

rY

MEOw CHONG LOH

JAGOAN PENGEMBANG KAwASAN INDUSTRI

LIPPO CIKARANg. Tbk

31 DES 2011 17 FEB

1770

3072

4370

6 APR 25 MEI1 3 Jul3 1 Ags1 9 Okt 2012

HARGA SAHAM LIPPO CIKARANG. Tbk (YTD)

1.473.000

3725,00

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

23

tas dan utilitas publik menjadi tolok ukur. “semua ini merupakan wujud komitmen dan kerja keras agar Lippo Cikarang menjadi kawasan tinggal, bisnis dan mayarakat yang ramah ling-kungan,” ujarnya.

Untuk rencana ke depan, kata dia, perusahaan konsisten mengembang-kan kawasan pemukiman. Peluang dalam industri properti masih sangat besar. apalagi, masyarakat membutuh-kan kawasan hunian dengan kualitas baik dengan harga terjangkau. selain itu, Indonesia tetap menarik bagi para investor karena harga lahan yang lebih kompetitif dibandingkan negara tet-angga. Itulah fakta yang tak bisa dit-ampik dalam industri properti.

Hingga kini, ribuan keluarga telah memilih Lippo Cikarang sebagai tem-pat tinggal. Lippo Cikarang dinilai se-bagai komunitas ideal yang terletak dekat dengan pusat kota Jakarta dan segala kelebihannya. namun, Lippo cukup jauh dari dampak yang umum

ditemukan di kota-kota besar, seperti polusi, kemacetan, dan kepadatan pen-duduk. Lippo Cikarang menawarkan berbagai tipe rumah untuk memenuhi kebutuhan segala kalangan masyara-kat. Rumah yang dibangun mulai dari rumah tipe menengah terjangkau, menengah, hingga perumahan menen-gah atas.

analis Bahana securities salman Fajari alamsyah menilai pendapatan perseroan pada semester II tahun ini akan lebih fantastis dibanding dengan semester pertama 2012. “Prediksi kami,

pada semester II tahun ini, perseroan akan membukukan kinerja yang lebih baik berdasarkan marketing sales per-seroan yang kuat di 2011. akses jalan tol di km 34,7, yang ditargetkan rampung november 2012, bahkan memudahkan lalu lintas penduduk, dan memung-kinkan perseroan untuk menaikkan harga jual,” ujarnya.

salman memperkirakan penjualan Lippo Cikarang pada akhir tahun ini bakal menembus angka Rp1,58 triliun, tumbuh 75,39% dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp902 miliar.

LPCK Lippo Cikarang Tbk.

RATIOSDividend (Rp)

EPS (Rp)

BV (Rp)

DAR (X)

DER(X)

ROA (%)

ROE (%)

GPM (%)

OPM (%)

NPM (%)

Payout Ratio (%)

Yield (%)

-

-

-

-

20.36

679.29

0.66

1.96

1.98

Dec-08Dec-09

45.87

29.78

7.95

-

5.12

5.87

44.56

41.7093.52

37.53

-

0.68

2.11

2.65

8.26

1,180.24

33.74

28.55

-

-

-

370.23

0.58

1.40

-

531.00

1,446.00

-

-

93.83

810.01

0.66

1.96

5.10

15.12

44.24

28.05

16.14

-

-

36.90

716.17

-

36.70

50.78

15.26

0.60

1.49

14.77

36.71

43.09

Jun-12Dec-10Dec-11

-

450

900

1,350

1,800

2,250

2008 2009 2010 2011 Jun-12

Assets LiabilitiesTOTAL ASSETS AND LIABILITIES (Bill. Rp)

473 498564

8211006

2008 2009 2010 2011 Jun-12-18

168

354

539

725

911

TOTAL EQUITY (Billion Rupiah)

277323

405

902

492

2008 2009 2010 2011 Jun-12-18

166

350

534

718

902

TOTAL REVENUES (Billion Rupiah)

1426

65

258

185

2008 2009 2010 2011 Jun-12-5

47

100

153

205

258

NET INCOME (Billion Rupiah)

LIPP

O-C

IKAR

ANG

.CO

M

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

24

PeRUBaHan besar terjadi pada 2007. saat itu, perombakan di tubuh manaje-men Modernland Realty Tbk dilakukan. edwyn Lim yang menjadi nahkoda juga melakukan sejumlah perubahan sistem. dampaknya, positif bagi perusahaan. sistem pun diubah demi perbaikan mutu dan pelayanan optimal terhadap konsumen.

Hasilnya, produk-produk yang dilun-curkan Modernland laris manis diminati konsumen. Pengalaman dan kehandalan edwyn Lim di industri properti selama 15 tahun membawa kemajuan besar bagi Modernland. setelah terpilih sebagai pe-mimpin baru Kota Modern sejak oktober 2007 lalu, edwyn Lim langsung membuat gebrakan. “sudah saatnya bagi Modern-land untuk bangkit dan menunjukkan eksistensinya sebagai pengembang yang patut diperhitungkan dalam negeri,” kata edwyn.

sederet strategi manajemen dan program-program pembaharuan diter-apkan untuk pengembangan Kota Mod-ern. edwyn yang sebelumnya menjabat executive director agung Podomoro Group menekankan pentingnya revital-isasi dan penanaman citra perusahaan yang baik kepada publik. ada dua hal pokok untuk membawa Modernland se-bagai pengembang besar. Yaitu, pelak-sanaan manajemen yang dilakukan oleh Modernland Realty sendiri dan menja-lin kerjasama dengan perusahaan lain.

“Banyak rencana di benak saya, terutama untuk pengembangan Kota Modern. dengan menghadirkan wajah-wajah baru di jajaran manajemen yang didukung dengan kerja keras tentunya. saya yakin Kota Modern akan menjadi besar dalam waktu singkat,” katanya saat itu.

edwyn yang juga tercatat sebagai Bendahara dewan Pimpinan Harian dPd ReI (asosiasi pengembang nasi-onal) dKI Jakarta periode 2005 - 2008 ini mengungkapkan banyak hal yang harus diperbaiki. Mulai dari organ-isasi manajemen, hingga perbaikan penampilan fisik Kota Modern. selain itu, menciptakan strong brand image bukanlah perkara mudah. Branding membutuhkan waktu sehingga strategi yang tepat harus dijalankan. Jika ingin dikenal masyarakat, kata edwyn, Kota Modern harus siap berbenah dan mem-perbaiki diri. “Tak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan,” katanya.

Pembenahan pun dimulai. Bagian-bagian lama dari Kota Modern diper-baiki. Kota Modern pun meluncurkan produk-produk terbaru baik dalam bentuk perumahan atau apartemen. Beberapa produk properti yang akan diluncurkan Kota Modern antara lain Bavaria Residence, navarra Residence, Golf Town Houses, shophouses dan apartemen Modern Golf.

saat ini, Modernland tengah men-gelola sejumlah proyek. Pertama, Kota Modern. Proyek ini merupakan pe-rumahan pertama Modernland dengan luas 770 Ha (termasuk fase II). seba-gian besar lahannya berada di Keca-matan Cipondoh, Kotamadya daerah Tingkat dua Tangerang, Banten. Kota Modern yang berjarak kurang lebih 27

tOP

StO

rY

MODERNLAND REALTy. Tbk

MEMBANGUNKAN RAKSASA yANG TIDUR

EDwyN LIM

31 DES 2011 17 FEB

240

420

600

6 APR 25 MEI1 3 Jul3 1 Ags1 9 Okt 2012

HARGA SAHAM MODERNLAND REALTY Tbk (YTD)

31.920.500

540,00

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

25

Km di sebelah barat dari pusat Kota Ja-karta dapat dicapai melalui Jalan daan Mogot atau jalan Tol Jakarta – Merak.

 Pengembangan lokasi fase I di dae-rah ini dapat dibagi dalam 3 kelom-pok yaitu Perumahan estat Modern, Padang Golf Modern, dan Perumahan Golf Modern. Proyek Modernland lain-nya adalah Taman Modern. Proyek ked-ua Modernland dengan luas 48 Hektar ini berada di Kotamadya Jakarta Timur dan mencakup Kelurahan Cakung Timur, Ujung Menteng Kecamatan

MDLN Modernland Realty Tbk.

RATIOSDividend (Rp)

EPS (Rp)

BV (Rp)

DAR (X)

DER(X)

ROA (%)

ROE (%)

GPM (%)

OPM (%)

NPM (%)

Payout Ratio (%)

Yield (%) -

-

0.78

340.67

0.44

0.77

2.40

Dec-08Dec-09

52.04

22.56

0.80

-

1.00

4.25

46.66

14.48

-

-

-

0.77

341.44

-

29.30

28.25

-

0.41

0.70

0.87

1.47

388.17

29.73

18.24

-

-

-

30.11

0.39

0.65

-

46.00

337.00

-

-

12.63

364.08

0.45

0.83

2.55

4.67

53.98

22.35

14.77

-

13.70

47.90

8.20

0.51

1.03

4.82

9.79

52.83

Jun-12Dec-10Dec-11

-

675

1,350

2,025

2,700

3,375

2008 2009 2010 2011 Jun-12

Assets LiabilitiesTOTAL ASSETS AND LIABILITIES (Bill. Rp)

1,041 1,044 1,113 1,187

2110

2008 2009 2010 2011 Jun-12-41

373

786

1,199

1,612

TOTAL EQUITY (Billion Rupiah)

237

293261

505 510

2008 2009 2010 2011 Jun-12-10

93

196

299

402

505

TOTAL REVENUES (Billion Rupiah)

2.42 .4

39

92

144

2008 2009 2010 2011 Jun-12-2

17

36

54

73

92

NET INCOME (Billion Rupiah)

Cakung. Lokasinya strategis karena be-rada di tepi Jalan Raya Bekasi. akses tol JoRR pun sangat dekat.

Proyek ketiga Modernland ialah Modern Hill. Perumahan tersebut ter-letak di desa Pondok Cabe Udik, Ke-camatan Pamulang, Kabupaten daerah Tingkat II Tangerang, Banten. Persero-an memiliki ijin membangun perumah-an di lokasi ini seluas 60 Ha dan kurang lebih 57 Ha telah dibebaskan. sekitar 40% dari total lahan yang ada sudah terjual dengan luas tanah antara 90

hingga 1.000 m2. Harga yang dibandrol pun cukup kompetitif.

Pencapaian Modernland itu tak bisa hanya dengan mengucap ‘simsalabim.’ Modernland memiliki sosok pemimpin cerdas. Kepemimpinan edwyn Lim yang handal terwujud lewat bahasa-bahasa sederhana dalam menyampai-kan ide-ide. sehingga, seluruh ide dan pemikirannya dapat diserap baik dan diwujudkan oleh seluruh manajemen.

Ganjaran bagi kepiawaian edwyn adalah Modernland memperoleh se-jumlah penghargaan. di antaranya, Pelopor Pengembangan Rusunami Kota Baru dari Kementerian Perumahan Rakyat, Keserasian Lingkungan dari Kementerian Perumahan Rakyat, dan Green development dari I-arch. “Kerja keras adalah jalan utama menuju kes-uksesan,” tuturnya.

MO

DERN

LAN

D.CO

.ID

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

26

rEvIEW : NOVEMBER

EROPAKetegangan pasar keuangan global sedikit mengendur sejak Juli lalu oleh sejumlah kepu-tusan penting otoritas keuangan dunia. Program pembelian obligasi tanpa limit dipasar sekunder (outright monetary transaction/oMT) oleh Bank Central eropa (eCB) memberi sinyal positif bagi pasar. Pertengahan bulan lalu, Moody’s seperti menunda ancamannya dengan masih menyemat-kan status layak investasi pada spanyol, kendati pada Juni bersama standard & Poor’s memvonis satu level diatas status junk atau sampah, dan rasio utang negeri Matador diprediksi mencapai 85% di akhir tahun ini. estimasi status aman ini berdasarkan asumsi kebijakan eCB mampu me reduksi risiko investor kehilangan uangnya di pasar obligasi eropa.

Ini disusul kabar baik penyediaan dana bailout Us$640 miliar untuk european stability Mechanism (esM) yang semakin terbuka, setelah penolakan publik pada ratifikasi parlemen digaga-lkan Mahkamah Konsitusi setempat—kontribusi Jerman mencapai 27% dari dana itu. Bila ber-langsung mulus, esM akan beroperasi permanen mulai bulan ini menggantikan european Financial stability Facility (eFsF) sebagai instansi adhoc untuk menangani krisis utang eropa.

SIKLUS BISNIS BARUBerbagai subsidi miliaran dolar as yang diberikan otoritas dunia pada sektor keuangan mulai mulai memberikan efek opimistis di sektor riil. Indikator pembelian para manajer (Purchasing Managers’ Index/PMI) pada september mulai bangkit. PMI global bulan september 2012—termasuk China—tercatat 5,15% atau naik 1,9% dari agustus. Bradley J. Holcomb, Ketua Institute for supply Management yang mengeluarkan indek ini mengatakan, New Orders Index juga tercatat naik 5.2% pada september. “Ini mengindikasikan adanya permintaan baru setelah kontraksi selama tiga bulan ke belakang,” ujar dia pada keterangan soal ini awal bulan lalu. Pada komponen PMI, Employment Index juga naik 3,1%, harga 4% dan dibarengi turunnya inventory index minus 2,5%.

ANGIN SURGA DARI TIGA BENUA

AMERIKA SERIKATdi negeri Paman sam, berkah quantitative easing putaran ketiga (Qe-3) samar-samar tampak. Pembe-lian mortgage bonds oleh The Fed memberi harapan optimistis bagi sektor perumahan. Housing starts—New Residential Construction Report—atau survei izin pembangunan rumah tempat tinggal baru di as pada september mencatat level tertinggi dalam empat tahun terakhir. Mencapai 872.000, naik 15% dari posisi bulan sebelumnya, atau menyamai angka sebelum Lehman Brothers bangkrut. Indikator ini di as dipakai untuk menandai mulainya siklus bisnis.

SUMBER : BUREAU Of ECONOMIC ANALYSIS (BEA) INDEx SErIES % DIrECtION

PMI 51.5 1.9 Growing

New Orders 52.3 5.2 Growing

Production 49.5 2.3 Contracting

Employment 54.7 3.1 Growing

Supplier Deliveries 50.3 1 Slowing

Inventories 50.5 -2.5 Growing

Customers’ Inventories 49.5 0.5 Too Low

Prices 58 4 Increasing

Backlog of Orders 44 1.5 Contracting

Exports 48.5 1.5 Contracting

Imports 49.5 0.5 Contracting

OvErALL ECONOMY GrowingManufacturing Sector Growing

PUrCHASING MANAGErS’ INDEx (PMI) SEPTEMBEr 2012

SUM

BER:

INST

ITU

TE f

OR

SUPP

LY M

ANAG

EMEN

T

MA

rkEt

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

27

RISIKO POLITIKsenin, (22/10) pekan ketiga bulan lalu pasar saham ameri-ka serikat dikagetkan oleh apa yang sebut-sebut sebagai peringatan ke 25 Black Monday. Yaitu kejadian tanggal 19 oktober 1987 ketika indeks dow Jones Industrial average (dJa) anjllok hingga 22,6% dalam satu hari perdagangan. sementara pada senin pertengahan bulan lalu itu, dJa turun 205 poin ke level 13,343, nasdaq merosot 2.2%, dan s&P 500 turun 1.7% dalam satu hari perdagangan. setelah dianalisa, penurunan rupanya karena sentimen negatif kinerja buruk sejumlah emiten kakap di sana. sementara isu negatif dari makro ekonomi adalah penjualan rumah pada september turun 1.7% terhadap bulan sebelumnya.

Kendati berbagai kebijakan The Fed, dan adanya sinyal bisnis baru menunjukkan prospek positif, namun pertum-buhan ekonomi as dua kuartal terakhir menunjukkan tren penurunan. Walhasil, prospek ekonomi as belum sepenuhnya bisa diprediksi dengan tepat. semuanya masih perlu menung-gu data awal dampak positif dari berbagai kebijakan yang dirilis The Fed, september lalu. Hal yang sama, juga berlaku pada eropa, dan China. di eropa, masa depan kawasan ini akan sangat bergantung pada lobi politik disetiap negara untuk menyetujui proposal dana european Financial stability Facility, dan yang terbaru mengenai pro kontra tobin tax atau proposal pengenaan pajak transaksi di sektor keuangan di sana. Bahkan, di amerika pun, polemik fiscal cliff yang mem-pertaruhkan prospek ekonomi dunia 2013 juga bergantung pada keputusan politik.

ASIA PASIFIKdi asia, Bank of Japan yang kembali merilis pro-gram pembelian aset sebesar Us$126 miliar menjadi semacam obat untuk kinerja di sektor riil, khususnya ekspor yang tak kunjung membaik. sementara, di India ketidakjelasan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak yang masih terganjal penolakan politisi lokal disubsidi kabar baik pemangkasan rasio cadangan modal bank menjadi 4,5%. Langkah ini melonggarkan likuditas dengan pasokan dana Us$3 miliar ke sistem perbankan.

di sisi lain, China yang mulai sepi dari pembahasan karena mengakui akan adanya perlambatan ekonomi tahun ini rupanya memberikan data mengejutkan. Kinerja ekspor pada september lalu membaik, naik 9,9% (ytd) tiga kali lipat lebih tinggi dari kenaikan bulan sebelumnya, kendati impor yang lebih rendah dari agustus (naik 2,4% (ytd) atau lebih rendah 0,2%) menjadi berita buruk bagi rekanan dagang China, sep-erti Indonesia dan negara eksportir komoditas lain.

Pasar saham sudah mengikuti berita baik ini dengan rebound sejak Juni lalu. Kebijakan-kebijakan itu mengompensasi penurunan indeks global pada Mei, sehingga sepanjang tahun (ytd/17/10/2012) bursa dunia naik 12,4%, dengan reaksi paling tinggi di bursa as. aliran modal yang mengalir ke negara berkem-bang juga rebound pada Juli, setelah susut sekitar 35% selama fase bearish Mei dan Juni. survei HsBC pada 13 fund manager global menyimpulkan para pengelola dana sudah mulai memindahkan aset kelolaanya ke pasar obligasi asia, akibat yield yang semakin tidak menarik di as. Fund manager itu mengelola dana seki-tar Us$4 triliun atau 16,7% global fund yang dikelola manajer investasi dunia. SUMBER :MORGAN STANLEY CAPITAL INTERNATIONAL AND STANDAR & POOR’S CORPORATION

bUrSA SAHAM DUNIA

SUM

BER

:BU

REAU

Of

ECO

NO

MIC

AN

ALYS

IS

GDP AMErIkA SErIkAt

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

28

KPIG | MNC Land TbkTerhitung antara 25 september hingga 25 oktober, harga saham emiten properti milik MnC Group ini meroket dari Rp560 menjadi Rp1.300, atau naik 132%. Pada tanggal 18 oktober Bursa efek Indonesia menghentikan aktivitas perdagangannya, dan mencabutnya sehari kemudian pada sesi kedua perdagangan. Pada semester I-2012, laba bersih KPIG turun 5,12% menjadi Rp32,79 miliar, namun pendapatan usahanya naik 22,49% men-jadi Rp45,47 miliar.

SKBM | Sekar Bumi TbkPada september lalu perseroan relisting setelah delisting pada 1 desember 2009, karena mempertimbangkan kinerja dan kondisi keuangan yang telah membaik. sKBM adalah emiten dibidang food and beverages, diantaranya pengelolahan udang & remah roti, produksi pakan udang dan ikan, pengolahan dan distribusi bakso. Pada 10 oktober, BeI menghentikan perdagangannya, karena antara 28 september-9 oktober harganya naik 151,6%, dari Rp155 menjadi Rp390.

Presiden direktur sekar Bumi Tbk, Harry Lukmito menutur-kan pihaknya akan membangun pabrik baru melalui anak usa-hanya di Jakarta. Pabrik baru ini untuk memproduksi makanan beku dan frozen sea food dan mulai dibangun awal tahun depan dan menelan biaya investasi Rp80 miliar. “Pabrik tersebut diperki-rakan akan selesai akhir 2013,” tutur Harry.

CNKO | Exploitasi Energi Indonesia Tbk emiten ini berencana menggelar penawaran umum terba-tas II (right issue) dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMeTd). Jumlahnya diperkirakan mencapai 5,4 miliar lembar dengan nilai Rp500 per saham dengan target dana Rp2,7 triliun. Hasilnya, untuk mengakuisisi PT eBI sebesar Rp2,3 triliun dan sisanya untuk modal kerja PT eBI setelah akuisisi. Pada tanggal 19 september lalu, BeI memasukkan CnKo dalam daftar UMa (unusual market activity). sejak 7 september hingga 25 oktober, harga saham CnKo naik dari Rp181 menjadi Rp360.

dilaporkan, CnKo mendapatkan kontrak penjualan batubara dari southdale Resources sdn Bhd dan Tenaga nasional Berhad Malaysia senilai Us$150 juta, mulai 2013 hingga tahun 2015. Pada Juni lalu, pendapatan usaha CnKo mencapai Rp632,4 miliar, naik 46,2% (yoy), sementara laba bersihnya naik 20% menjadi Rp49 miliar.

PKPK | Perdana Karya Perkasa Tbkawal tahun ini, manajemen menyatakan menang tender dari Virginia Indonesia Company (VICo) senilai Rp200 miliar di Kalimantan Timur. Manajemen pada waktu itu juga memasang target untuk mengakusisi sebuah perusahaan tambang batu bara dengan spesifikasi berkapasitas 30 juta metrik ton tahun ini. Pada tanggal 11 oktober, BeI menghentikan perdagangan sahamnya karena adanya kenaikan tidak wajar 208,99%. Terjadi sejak \september di harga Rp89 menjadi Rp275 pada 10 oktober.

MA

rkEt

KPIG

SKBM

CNKO

PKPK

28

uMA

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

29

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

30

InVesToR asing optimistis memandang prospek ekonomi negeri ini. setidaknya itu disimpulkan oleh angka pertumbuhan real-isasi penanaman modal 2012 hingga septem-ber lalu. Kenaikan pertumbuhan Penanaman Modal asing (PMa) lebih besar 1% (yoy), dari pada Penanaman Modal dalam negeri (PMdn), sementara angkanya dua kali lipat lebih besar PMa dari pada PMdn. Tren ini sudah terjadi sejak 1998, seperti juga pada kuartal yang sama tahun lalu, dimana PMdn tumbuh 14,5%, sementara PMa naik 15,7%.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kepada wartawan mengatakan semakin optimistis, kinerja investasi tahun ini bisa mengompensasi penurunan ekspor Indo-nesia. ekonom ini juga yakin, realisasi investasi 2012 bisa 6% di atas targetnya Rp283,5 triliun. Ini karena realisasi pada kuartal lalu Rp229,9 triliun sudah mencapai 81,1% dari target yang ditetapkan. “Meski ekspor turun bisa dikom-

MA

rkEt

PELUANG PERTAMBANGAN

pensasi investasi yang tumbuh double digit,” katanya.

Kenaikan investasi sejalan dengan per-tumbuhan impor barang modal yang sepan-jang tahun ini telah menekan surplus neraca perdagangan. siklusnya, realisasi investasi yang dicatat BKPM –di luar investasi migas, perbankan, portofolio (pasar modal)— me-miliki jeda tiga sampai enam bulan setelah impor barang modal dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Catatan statistik Badan Pusat statistik, impor barang modal modal mulai meningkat pada Maret hingga Mei, dan kemudian turun perlahan mulai Juni lalu. dengan catatan ini pula, BKPM mengeluarkan sinyal perlunya antisipasi kin-erja investasi di pertengahan tahun 2013 dan 2014, meski sampai akhir tahun ini realisasi diproyeksikan stabil.

Kepala ekonom samuel sekuritas Indo-nesia Lana soelistianingsih mengatakan rela-

DIBALIK REALISASI INVESTASI

AREA

L PE

RTAM

BAN

GAN

ADA

RO E

NER

GY.

TBK

. fOT

O: L

APO

RAN

KEU

ANG

AN

MININg

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

31

tif tingginya realisasi investasi meru-pakan kombinasi dari beberapa faktor: Pertama, likuiditas global yang masih memadai, terbantu oleh injeksi likuidi-tas dari bank sentral amerika serikat–Q1 dan Q2. Kedua, alternatif investasi yang relatif terbatas ditengah pelema-han ekonomi global saat ini, dan ketiga Indonesia sedang mengalami pertumbu-han ekonomi tinggi didukung oleh struk-tur demografi yang menguntungkan.

“dari negara asal investasi tampak-nya juga mulai terjadi pergeseran dari negara-negara Uni eropa, menjadi neg-aranegara asia yang secara ekonomi regional asia lebih baik dibandingkan regional eropa dan lainnya,” tulis Lana dalam risetnya mengenai ini. dengan realisasi ini, ia memprediksi ekonomi kuartal III 2102 masih akan tumbuh tinggi, dan mungkin bisa mencapai 6,5%. “Kendati kinerja realisasi investasi begitu mengesankan, tetapi masalah struktural seperti hambatan investasi dan perbaikan iklim usaha sayangnya belum menunjukkan perbaikan signifikan.”

Peluang MP3Ei = PertambanganPersebaran realisasi investasi per

september lalu masih di dominasi Pu-lau sumatera dan Jawa, masing mas-ing 53,5% dan 15,9%. Bagi pemerintah, keduanya merupakan koridor ekonomi pertama dan kedua dari enam koridor yang ditetapkan pemerintah pada Mas-terplan Percepatan dan Perluasan Pem-bangunan ekonomi Indonesia (MP3eI) yang dirilis pemerintah pada pertenga-han tahun lalu.

Bila dikaitkan dengan data realisasi proyek MP3eI, kedua pulau itu mendo-minasi realisasi pemancangan (groun-breaking) proyek. Keduanya pada 2011 merealisasikan 23 proyek (Koridor I/sumatera), dan 43 proyek (Koridor II/Jawa). sementara pada tahun ini, per 24 Juli masing-masing 9 proyek senilai Rp 2,3 triliun, dan 14 proyek senilai Rp49 triliun. dalam peta MP3eI, sumatera merupakan koridor sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan energi na-sional, sementara Jawa adalah koridor pendorong industri dan jasa nasional.

secara total, data Kementerian Koordinator Perekonomian mencatat per Juli lalu, realisasi proyek MP3eI adalah 9 proyek sektor riil senilai Rp89 triliun dan 27 proyek infrastruktur se-nilai Rp51 triliun. Ini dari total rencana grounbreaking 55 proyek senilai Rp370 triliun pada tahun 2012. Yang menarik adalah, realiasi proyek di Koridor Kali-mantan yang mencapai 9 proyek senilai Rp84,5 triliun adalah realisasi paling tinggi dibandingkan daerah lain. Kali-

mantan adalah koridor produksi dan pengelolaan hasil tambang dan lum-bung energi.

Lagi lagi data ini sejalan dengan re-alisasi investasi dari BKPM pada sektor investasi. sepanjang Januari-september 2012, sektor pertambangan menjadi favorit investasi PMa dengan porsi mencapai 17,3% atau senilai Us$3,2 miliar, di susul industri kimia dasar, ba-rang kimia, dan farmasi. adapun pada PMdn lebih banyak di sektor industri mineral non logam sebesar 13,8% atau Rp9,1 triliun, dan disusul pertambangan (13,1%) atau mencapai Rp8,6 triliun.

Realisasi ini juga sesuai dengan profil barang impor yang didominasi bahan baku dan barang modal. domi-nasi keduanya selama Januari-Juli 2012 mencapai 73% dan barang modal 20%. data Kementerian Perdagangan menunjukkan, ada kenaikan siginifikan pada impor alat berat seperti excavator (52,7%/yoy), dan damper (34,5%/yoy). dalam keterangan soal ini, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, kenaikan keduanya otomatis akan meningkatkan nilai tambah aktivitas industrinya.

namun statistik ini berkebalikan dengan kinerja harga saham sektor yang sama di pasar saham. Investor mulai april tahun ini menjauhi saham-saham pertambangan, sehingga sam-pai september lalu, indeks sektoralnya minus 18,3%. selain harga komoditas tambang yang terus menyusut, pelbagai kebijakan di domestik membuat harga-

Indonesia Stock Exchange Indices

125

250

375

500

625

750

1,500

3,000

4,500

6,000

7,500

9,000

OctD ec FebA pr JunA ug

IndexMillion Shares Jakarta Islamic Index

25

50

75

100

125

150

1,500

3,000

4,500

6,000

7,500

9,000

OctD ec FebA pr JunA ug

IndexMillion Shares

Indonesia Sharia Stock Index

PMAPMDN

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

32

MA

rkEt harga saham emiten pertambangan berguguran.

Yaitu, penetapan bea keluar mineral sebesar 20% terhadap 14 bahan mineral yang efektif pada 6 Mei lalu. antara lain pada tem-baga, emas, perak, timah, timbal, kromium, molibdenum, plati-num, bauksit, bijih besi, pasir besi, nikel, mangan, dan antimo. “Tujuannya untuk nilai tambah dari sisi lapangan kerja dan nilai tambah bahan mineral, jadi tidak ada niat pemerintah untuk me-matikan perusahaan tambang sama sekali,” kata kata dirjen Min-eral dan Batu Bara Kementerian esdM Thamrin sihite waktu itu.

Kendati aturan ini tidak berlaku pada perusahaan tambang yang beroperasi berdasarkan Kontra Karya (KK) pertambangan untuk tambang mineral dan Perjanjian Karya Pengusaha Ba-tubara (PKP2B) untuk batu bara, namun sentimen negatif tetap menyelimuti emiten pertambangan. Padahal, mayoritas emiten merupakan perusahaan tambang yang beroperasi dengan KK dan PKP2B.

direktur Utama Timah Tbk (TIns) sukrisno misalnya pernah mengatakan penetapan bea keluar mineral tidak berdampak ke-pada perseroan. Ini karena perusahaan sudah mengekspor logam timah, bukan pasir timah. TIns, menguasai hak penambangan ti-mah seluas 522.460 hektar dengan 114 kuasa pertambangan (KP) baik di darat (onshore) maupun di laut (offshore). Hal yang sama dikemukakan manajemen PT Vale Indonesia Tbk (InCo). selain telah melakukan hilirisasi dengan mengolah nikel dalam bentuk matte di dalam smelter, emitan PMa ini beroperasi di bawah per-janjian kontrak karya (KK). saat ini perseroan memiliki area KK meliputi 190.000 hektar.

sentimen negatif yang dipicu kesimpangsiuran regulasi, dan ketidakpahaman investor ini membuat harga saham sektor pert-ambangan terus tertekan. Kabar ini menam-bah sentimen negatif harga akibat penurunan harga komoditas tambang di pasar interna-sional. Hal ini membuat banyak valuasi sa-ham-saham pertambangan saat ini jatuh, dan murah bila dengan prospek fundamentalnya. Pada september lalu, P/e ratio sektor pertam-bangan hanya 5,36 kali, dimana emiten ba-tubara 10,11 kali, sementara emiten logam dan mineral 3,06 kali. Bandingkan dengan P/e ratio IHsG yang sudah 13,46 kali.

Kondisi lebih baik dialami emiten infra-struktur. Indeks sektoralnya sampai septem-ber lalu naik 27,79%. P/e ratio emiten jalan tol misalnya, sudah mencapai 42,4 kali, semen-tara emiten konstruksi mencapai 23,62 kali. Berdasarkan data realisasi proyek MP3eI, dan BKPM, infrastruktur merupakan sektor bisnis yang akan cukup banyak mendapatkan berkah dari program pemerintah itu. namun dibandingkan den-gan pertambangan, valuasinya di pasar saham sudah lebih mahal.

Bila mengaitkan tiga fakta di atas—investasi, MP3eI dan kebijakan Kementerian esdM, maka boleh jadi saat ini sektor pertambangan, baik pada emiten mau bukan sedang gencar-gencarnya berinvestasi. Mereka melakukannya karena dipaksa

EMItENP/E ratio

2012 2011 Perub

bAtUbArA 10.11 30.47 -20.36

Adaro Energy Tbk. 10.59 11.94 -1.35

Atlas resources Tbk* 263.4 -9.92

ATPK resources Tbk. -11.24

Bayan resources Tbk 41.77 35.56 6.21

Berau Coal Energy Tbk -8.17 9.66 -17.83

Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk 12.91 9.52 3.39

Bumi resources Tbk -2.44 8.46 -10.9

Darma Henwa Tbk -6.28 35.72 -42

Delta Dunia Makmur Tbk. -18.53 157.52 -176.05

Garda Tujuh Buana Tbk. 5.99 14.26 -8.27

Golden Energy Mines Tbk. 46.87

Harum Energy Tbk. 8.33 12.9 -4.57

Indo Setu Bara resources Tbk. 6.14

Indo Tambangraya Megah Tbk 10.15 12.56 -2.41

Samindo resources Tbk. 46.08

Perdana Karya Perkasa Tbk.* -236.03 121.37 -357.4

Petrosea Tbk. 3.85 14.48 -10.63

resource Alam Indonesia Tbk. 8.52 11.02 -2.5

TBB Bukit Asam (Persero) Tbk. 11.85 12 -0.15

Toba Bara Sejahtra Tbk. 15.56

LOGAM DAN MINErAL 3.06 8.36 -5.3

Aneka Tambang (Persero) Tbk. 13.57 10.32 3.25

Central Omega resources Tbk. 6.78 9.33 -2.55

Cita Mineral Investindo Tbk. 9.03 8.33 0.7

J resources Asia Pasifik Tbk 1.57

Timah (Persero) Tbk. -24.18 6.5 -30.68

Vale Indonesia Tbk.* 280.12 7.34 272.78

Per september 2012 (yoy), * tidak dimasukkan dalam rekapitulasi

Basic-Ind, 29.70%

Finance, 16.48%

Mining, -18.36%

Agriculture, 9.66%Misc-Ind, 14.77%

Infrastructure, 27.79%JCI, 20.10%

Consumer, 29.10%

Trade, 48.90%Property, 50.85%

-30%

-20%

-10%

-

10%

20%

30%

40%

50%

60%

Okt Nov Des Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sept Okt

Jakarta Composite and Sectoral Indices MovementOctober 2011 -S eptember 2012

20122011

oleh pemerintah untuk membangun banyak smelter guna meningkatkan nilai tambah produksi mereka. dengan kata lain, ada prospek cerah ke depan, seir-ing dengan membaiknya harga komoditas di pasar dunia, dan semakin tingginya harga jual produk tambang yang akan mereka ekspor ke depan.

MININg

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

33

MA

rkEt

daRI beberapa emiten perbankan yang sudah melaporkan kinerja keuangan-nya, Bank BTPn Tbk (BTPn) menun-jukkan kinerja yang cukup bagus. Perbankan yang fokus pada fasilitas layanan tabungan pensiun ini, mencatat peningkatan pendapatan operasional 39,45% (yoy). sedangkan laba bersih-nya meningkat naik 50,37% (yoy). Begi-tu juga dengan Bank Tabungan negara Tbk (BBTn). Pendapatan operasaional bank yang fokus pada layanan kredit pe-rumahan ini naik 19,14% dan laba bersi-hnya naik 45,1 (yoy).

Tren kinerja emiten perbankan terus membaik. Reza Priyambada, analis sa-ham Trust securities mengatakan tren tersebut masih akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Meskipun akan sangat variatif. Menurut dia, secara rata-rata, perbankan yang sudah mencapai per-tumbuhan di atas 25% bisa dianggap baik. “secara pandapatan rata-rata 20 sampai 25%. sedangkan untuk laba sangat variatif dan rata-rata minimal 25% sudah cukup baik,” jelasnya.

Tinggi-rendahnya pertumbuhan perbankan, menurut Reza bergan-tung pada dua hal, produk bank itu sendiri dan efisiensi internal. Fokus terhadap fasilitas layanan pada produk yang diunggulkan sangat menunjang pertumbuhan perbankan itu sendiri. Karena hal tersebut akan menimbul-kan persepsi di masyarakat atau nasa-bah. “Balik lagi tergantung dari respon masyarakat terhadap bank itu sendiri. Persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan,”paparnya.

Misalnya, lanjut Reza, pada Bank BTPn dan Bank BTn. Masyarakat atau nasabah memiliki persepsi tersendiri pada kedua bank tersebut sebagai per-bankan fokus pada bidang tertentu. Bank BTn sebagai Bank penyedia kredit pe-rumahan dan Bank BTPn sebagai bank tabungan pensiunan. “ada fasilitas-fasil-itas atau produk yang ingin disampai-kan ke masyarakat. Misalnya BTPn dan BTn, 2 bank ini punya fasilitas tersendi-ri,” katanya. efeknya, fokus layanan terse-but membuat perbankan lebih mengeru-cut untuk menentukan pangsa pasarnya. Persaingan lebih mengecil dan membuat

peluang menjadi besar. “anggapan masyarakat kalau KPR

itu ya ke BTn. Kaya BTPn mindset masyarakat cocoknya untuk pensiunan. Mungkin sebagian dari pensiunan in-gin mengembangkan usaha. Jadi itu yang disasar oleh BTPn. Jadi mereka sasarnya UKM yang dikerjakan oleh pensiunan,”jelasnya. alhasil, secara teori perbankan tersebut akan tumbuh. Bahkan mungkin melebihi emiten per-bankan lain, apabila fokus layanannya memang sedang tren di masyarakat.

namun bisa jadi sebaliknya. Bila produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau nasabah pada waktu itu. “sebenarnya

kalau dari sisi perbankan kebanyakan pemasukan dari diggest income, kedua dari bunga kredit, semakin banyak jumlah nasabah yang menabung, atau kredit, itu akan menopang kinerja mer-eka,” ujar Reza.

selain kinerja, faktor kedua yang menjadi penentu pertumbuhan emiten perbankan adalah efisiensi internal. Maksudnya seberapa besar kemampuan emiten tersebut untuk mengefisiensi semua biaya operasional perbankan. semakin efisien biaya operasional, di-harapkan pertumbuhan semakin besar. “Bisa saja peningkatan labanya besar, meskipun kenaikan pendapatan mereka tipis,” pungkas Reza.

ENAKNyA BERMAIN DI CERUK KHUSUS

bank btPN bbtN

tahun 2012 2011 2012 2011

Aset 56.483.345 46.651.141 98.755.885 89.121.459

Liabilitas 49.287.716 41.033.943 90.635.812 81.799.816

Ekuitas 7.195.629 5.617.198 8.120.073 7.321.643

NIM 4.367.214 3.287.280 3.532.732 2.652.997

Laba Bersih 1.441.628 958.707 1.021.066 703.714

EPS 250 174 115 80

kINErJA PEr SEPtEMbEr 2012, DALAM JUtAAN rUPIAH.

BANKINg

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

34

MA

rkEt

denGan pendapatan per kapita Us$ 3.542, tidak heran bila krisis global yang memukul kinerja ekspor, tetap membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal dua lalu mencapai 6,4%, dengan konsumsi menopang 2,8% dari pencapaian tersebut. Tren konsumsi yang menguat juga tercermin oleh membaiknya indek keyakinan konsumen (IKK) bulan september yang dilansir Bank Indonesia. IKK bulan itu menguat 2 poin menjadi 117,7. seb-agai catatan, batas optimistis dan pesimistis di indeks ini adalah pada angka 100.

Meningkatnya IKK, menurut BI ditopang oleh adanya potensi kenaikan konsumsi pada hari natal dan tahun baru mendatang. Pening-katan terjadi pada Indeks Kondisi saat ini (IKe) yang naik 3 poin, dan Indeks ekspektasi Konsumen (IeK) yang naik satu poin. aura optimistis konsumen itu menjadi amunisi cukup penting bagi emiten yang bergerak di

MAPI & RALS

BERKAH MOMENTuM KELAS MENENgAHperdagangan ritel, setidaknya sampai akhir tahun. dua yang cukup menarik adalah Mitra adi Perkasa Tbk (MaPI) dan Ramayana Les-tari sentosa Tbk (RaLs).

Mitra adi Perkasa merupakan emiten perdagangan ritel yang memiliki posisi kuat dengan portofolio atas 75 konsep ritel, aliansi strategis dengan lebih dari 100 merek terbaik kelas dunia, seperti sogo dan debenhams department store, Reebok, Converse, Zara, Marks & spencer dan starbucks. sampai den-gan semester I 2012, MaPI telah membuku-kan penjualan Rp3,46 triliun atau meningkat 30% dari pejualan tahun 2011, dan laba bersih Rp 169 miliar, naik 8% (yoy). Pangsa pasar MaPI yang berfokus pada golongan ekonomi menengah dan menengah atas. Persis seperti pemetaan kelas menengah versi adB dan Bank dunia, sehingga tidak heran manajemen cukup antusias menyambut potensi itu.

Per agustus lalu, MaPI telah memiliki 1.209 gerai di 42 kota besar di Indonesia. Wakil Presiden direktur Mitra adiperkasa Tbk, Virendra Prakash sharma mengatakan, manajemen telah menganggarkan belanja modal sebesar Rp600 miliar tahun ini, atau dua kali lipat dari tahun 2011 dengan penda-naan dari kas internal. “Ini untuk menambah lebih dari 300 gerai sampai akhir tahun. sampai

Jumlah penduduk Indonesia tumbuh 1.49% per tahun. Pada saat yang sama, Bank Pembangunan Asia (ADB) menyebutkan kelas kelompok menengah Indonesia bertambah 7 juta orang setiap tahun. Ini ber-dasarkan data tahunan, dari 45 juta orang pada 1999 menjadi 93 juta orang pada 2009. Sementara Bank Dunia menyebutkan, jumlah ke-lompok ini meningkat dari 81 juta jiwa (37,7% dari populasi) pada tahun 2003 menjadi 131 juta jiwa pada 2010 (56,5%).

rEtAIL TRADE

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

35

bulan Mei, dana yang terpakai Rp 110 miliar, untuk menambah 64 gerai,” ujar dia dalam paparan publik Juni lalu.

september lalu, manajemen membuka gerai ketiga deben-hams, di Mall Lippo Kemang, untuk menyasar konsumen kelas menengah Jakarta yang banyak berdomisili di Jakarta selatan. simon Crowther, International operations Controller dari de-benhams pusat yang berbasis di Inggris mengatakan, “asia meru-pakan pasar strategis untuk ekspansi debenhams. Indonesia adalah salah satu negara-neg-ara kunci di kawasan,” ujar dia dalam keterangan soal ini. Gerai debenhams dikelola PT Benua Hamparan Luas, anak perusa-haan dari MaPI.

ekspansi ini membuat MaPI berencana menerbitkan obligasi bernilai Rp500 miliar pada bu-lan desember 2012 mendatang. Hasilnya untuk membiayai obligasi yang sebelumnya per-nah diterbitkan, dan kebutuhan modal kerja di tahun 2013. Pemeringkat efek Indonesia (Pefindo) september lalu menai-kkan peringkat obligasi MaPI, yaitu obligasi I 2010 (seri a dan B) menjadi aa- dari sebelumnya a+. Menurut Pefindo, peringkat terbaru ini mencerminkan posisi pasar MaPI yang kuat dalam industri ritel modern.

sementara itu, emiten den-gan profil kelompok konsumen di bawah MaPI, Ramayana Lestari sentosa Tbk (RaLs) juga mencatatkan kinerja masa lalu yang cukup baik. Perusahaan yang mengoperasikan beberapa department store seperti Robin-son dan Cahaya di daerah Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, su-matera, Bali, Kalimantan, nusa Tenggara, Bali dan Papua ini membukukan angka penjualan Rp393 miliar di bulan september 2012 atau naik 11.6% (yoy).

sampai dengan berakhirnya tahun ini, potensi RaLs meraup

laba lebih tinggi dibandingkan laba peri-ode tahun 2011 cukup terbuka. estimasi manajemen, laba bersih di akhir tahun ini bisa mencapai Rp440 miliar, atau meningkat 24,57% dari tahun sebelum-nya. sementara pendapatan bisa tumbuh 59,5% menjadi Rp7,5 triliun. Ini ditopang kepercayaan konsumen yang masih tinggi, seperti adanya natal dan periode liburan akhir tahun bulan desember 2012.

direktur Keuangan Ramayana sury-anto mengatakan, pada paruh kedua ta-hun ini manajemen berencana menambah lima gerai baru Ramayana departement store dengan nilai belanja modal Rp250-Rp300 miliar. Lima gerai itu berlokasi di Jawa Barat dan Jakarta, sehingga total ge-rai baru tahun ini mencapai delapan. Ini akan menambah jumlah gerai Ramayana di Indonesia sudah mencapai 111 unit.

dengan margin laba usaha naik men-jadi 3.73% pada periode semester pertama 2012 dibandingkan periode yang sama

pada tahun 2011 sebesar 2.42%, sampai dengan akhir tahun 2012, margin usaha perusahaan diproyeksikan masih dapat meningkat. saham RaLs belakangan diperdagangkan pada 13,9 x rasio harga terhadap pendapatan (P/e ratio), kapital-isasi saham senilai Rp 7.7triliun.

selain proyeksi mengenai potensi kelas menengah yang terus tumbuh, beberapa kebijakan pemerintah cukup memberikan atmosfir usaha yang kondusif bagi emiten ritel. selain kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akhirnya batal dilaksanakan tahun ini, pemerintah kembali berencana menaikkan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP). dari semula Rp 15,8 juta menjadi Rp24 juta per tahun untuk waji pajak belum menikah, dan Rp30 juta per tahun untuk wajib pajak yang telah menikah. Kebijakan ini otomatis memberi angin segar kepada RaLs maupun emiten ritel lain yang bertumpu pada kelas menengah bawah.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

36

BuLAn lalu, dIM menerbitkan dua reksa dana baru yang disebut Zulfa merupakan upaya manajemen merealisasikan peluang-peluang baru pada kondisi pasar seperti seka-rang ini. Yaitu, reksa dana saham danareksa Mawar Rotasi sektor strategis, dan reksa dana pendapatan tetap bertajuk danareksa Melati Pendapatan Utama.

“Reksa dana ini bisa memberi-kan return yang optimal karena aset dasarnya akan bergeser sesuai dengan kondisi pasar,” tutur Zulfa. dia menargetkan, bisa memberi imbal hasil 15% - 25% per tahun. Pada tahap awal, portofolio reksa dana akan diinvestasikan pada sa-ham sektor konsumsi, infrastruk-tur, telekomunikasi dan konstruksi.

sedangkan reksa dana dan-areksa Melati Pendapatan Utama menem-patkan dana di obligasi korporasi dan pemer-intah. Head of Fixed Income Investment dIM, Priyanto soedarsono mengatakan, pemilihan obligasi pemerintah fokus pada kriteria li-kuiditas, dan potensi  capital gain  dengan penempatan 50% - 60% dana di obligasi pemerintah. “Kami akan memilih obligasi pemerintah dengan durasi panjang yang memberikan return  tinggi,” ujar Priyanto. si-sanya, pada obligasi korporasi dengan minimal rating a-. dIM berharap reksa dana pendapa-tan tetap ini mampu memberi return 8%-12% per tahun.

danareksa berharap bisa menambah dana kelolaan Rp 2 triliun pada tahun de-pan dari hasil penjualan dua reksadana ini. dalam seminggu pasca peluncuran, dan-areksa Mawar Rotasi telah meraup dana ke-lolaan Rp60 miliar, sedangkan danareksa Melati Pendapatan Utama mengantongi Rp 30 miliar. direktur dIM, Prihatmo Hari menargetkan akhir tahun total dana kelolaan Rp 14 - Rp 15 triliun. dana Rp 8 triliun di-harapkan dari reksa dana open end, dan sisan-ya dari produk lain.

Langkah menerbitkan produk, juga di-tempuh Mandiri Manajemen Investasi (Man-

CArA MI MENYIASAtI SItUASI

Pergerakan pasar global maupun lokal yang belakangan bergerak liar tak membuat Manajer Investasi (MI) menahan diri. Sejumlah MI justru menja-dikannya peluang untuk menyerap dana kelolaan baru, lewat produk reksa dana baru yang diklaim cocok bagi pasar yang kerap memberi kejutan. “Bagi kami, mengantisipasi perubahan jauh lebih penting dari ada reaktif terhadap perubahan itu,’ ujar Zulfa Hendri, Direktur Utama Danareksa Investment Management (DIM).

ASS

Et M

AN

AGEM

ENt

PRODuCT

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

37

diri Investasi). Perusahaan investasi milik Bank Mandiri Tbk ini akhirnya merilis rek-sa dana Mandiri Investa equity Movement (MIeM), yang pernyataan efektif nya sudah diterbitkan Bapepam dan LK pada 10 Juli 2012 lalu. Produk yang ditujukan untuk in-vestor institusi ini sudah mengelola dana Rp Rp86,5 miliar dari sembilan investor institusi pada saat diluncurkan awal bulan lalu.

andreas M. Gunawidjaja, direktur Pengembangan Produk dan Bisnis Mandiri Investasi mengatakan strategi pengelolaan produk barunya ini adalah investasi kuan-titatif yang mengkombinasikan analisa fun-

damental atau nilai, dan analisa teknikal atau momentum. “Ini merupakan pembeda yang unik dibandingkan dengan produk-produk yang sudah beredar di pasaran,” ujar dia. Reksadana MIeM, lanjut dia, dikelola ber-dasarkan sistem penilaian yang menyeleksi saham-saham un-dervalued (harga sahamnya di bawah nilai wajar) dan memi-liki tren harga yang meningkat. “Peninjauan isi dari portofolio dan rebalancing dilakukan tri-wulanan.”

Pada bulan Maret 2011, Mandiri Investasi juga telah meluncurkan produk Reksa dana Mandiri Investasi ekui-tas dinamis, reksa dana yang berfokus pada saham berkapi-talisasi menengah dan ke-cil dengan strategi investasi kuantitatif. Pada akhir bulan september lalu, dana kelolaan reksa dana ini sudah mencapai Rp1,2 triliun lebih dengan im-bal hasil dalam satu tahun tera-khir mendekati 17%.

sementara itu, Bahana TCW Investment berupaya memanjakan konsumennya dengan fitur baru kalkulator investasi online. Layanan ini diberi sinaR (BerinvestasI benaR) yang ditujukan bagi investor ritel. edward Lubis, direktur Utama Bahana TCW Investment mengatakan fitur ini memungkinkan investor ri-

tel dengan mudah menyesuai-kan profil risiko masing-mas-ing, dengan prosuk yang sesuai. Pihaknya mengincar calon in-vestor yang tidak memiliki atau belum punya akses terhadap bank distributor, terutama pri-ority banking atau di luar na-sabah umum. “Kami mengejar nasabah individu, dan karyawan di perusahaan tertentu yang memiliki pegawai 1.000 orang,” kata edward pada soft launch-ing fitur ini awal bulan lalu.

sekilas, sinaR yang bera-lamat di http://sinar.bahan-atcw.com merupakan fitur yang mirip-mirip dengan fitur done (http://www.danareksa-online.com) milik danareksa. Bedanya, done lebih komplit karena tidak hanya reksa dana namun mencakup saham dan produk lain. Pada fitur ini, Ba-hana TCW menjalin kerjasama dengan Bank CIMB niaga dan Bank Permata, dengan target nasabah kedua bank itu dapat melakukan transaksi pembelian dengan mudah pada 11 produk reksa dana Bahana TCW.

saat ini, Bahana TCW me-miliki sekitar 2.000 klien, den-gan dana kelolaan sekitar Rp18 triliun. Rilis sinaR adalah salah satu langkah kongkrit manaje-men untuk masuk ke persaingan ritel mengingat, saat ini klien mereka lebih banyak didominasi oleh klien institusi.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

38

StrAtEGI kONSIStEN

Mr . JPJos Parengkuan, membutuh-kan rehat yang cukup lama, sekitar enam bulan untuk memulai bisnis

pengelolaan asetnya. “saya tidak kemana-mana, dirumah saja. Maen

sama anak. Kebetulan sejak lama saya tidak pernah libur,” ujar pria tiga anak

ini mengenang awal-awal pendirian syailendra Capital pada pertengahan

2006. Waktu itu dia baru selesai menjabat sebagai Managing director

danareksa (Persero) .

38

THE MANAgER

ASS

Et M

AN

AGEM

ENt

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

39

BELAKAnGAn, kinerja moncer syailendra menjadi perbincangan, khususnya dikalangan investor institusi, setelah beberapa produknya memberikan return yang cukup tinggi dan konsisten. Reksa dana saham bertajuk syailendra equity opportu-nity Fund (seoF) memiliki return di atas rata-rata produk manajer lain, apalagi terhadap Indeks Harga sa-ham Gabungan. Ketika diluncurkan tahun 2007, hingga tahun ini return reksa dana ini menempati urutan kedua dari seluruh produk sejenis.

PrESIDEN DIrEktUr SYAILENDrA CAPItALJOS PArENGkUAN

“Kita naiknya 182%,” ulas Jos.akhir tahun lalu, namanya juga

menjadi inspirasi ‘orang market’ karena kepiawaiannya merangkul investor asing ketika kondisi pasar global sedang tidak menentu. di saat krisis ekonomi tengah melilit eropa dan amerika, sebuah institu-si pengelola sovereign Wealth Fund (sWF) bersedia menjadi inves-tor utama (anchor investor) pada penawaran perdana saham aBM Investama. Bersama Jos, investor asing itu bersedia menjadi anggota konsorsium syailendra Capital untuk memborong 360 juta saham aBM senilai Rp1,35 triliun.

Menurut dia, banyak dana asing yang ingin masuk ke Indonesia. namun, karena tidak begitu men-genal reputasi pebisnis lokal mereka enggan masuk. asing mau masuk asalkan dengan partner yang sudah dapat diketahui rekam jejaknya dengan baik. “dua tahun yang lalu, kita sudah ngelihat asing ini banyak yang bakal masuk,” katanya. “Bukan hanya ke pasar modal mereka juga mau masuk ke riil sektor.” atas dasar inilah, sejak pada 2010, Jos mendiri-kan syailendra asia yang khusus menangani klien kakap asing.

Berdasarkan pengalaman dia, banyak investor asing dari Timur Tengah, China dan negara lain ingin masuk Indonesia. namun, selain persoalan kepastian hukum, banyak yang takut karena belum menemukan partner lokal yang baik. “dua tahun syailendra asia, sudah punya dana kelolan Us$300 juta. syailendra Capital, sudah lima tahun baru Us$600 juta. Cepat sekali kan.” Menurut Jos, reputasi menjadi hal penting untuk menjadi manajer investasi yang dapat dipercaya.

Kepiawaiannya sebagai manajer investasi tidak dibangun semalam. Karir profesionalnya bahkan setara dengan industri pasar modal mo-

deren Indonesia. dia adalah sedikit dari ‘orang market’ yang mera-sakan krisis baik dalam skala kecil maupun besar yang menimpa pasar modal Indonesia. dimulai pada ke-tika pasar modal Indonesia mengal-ami crash pada tahun 1991 sebagai dampak Paket Februari 1991 yang atau Gebrakan sumarlin II. Banyak pelaku pasar pontang-panting pada saat itu, termasuk juga dirinya. Banyak orang kebingungan karena suku bunga tiba-tiba melonjak tajam akibat kebijakan pengetatan moneter pada waktu itu.

“Kalau nggak salah 1/3 money supply di sedot oleh BI (Bank In-donesia). akibatnya besok paginya waktu kita bangun yang namanya suku bunga loncat nggak karu-karuan karena tidak ada likuiditas. Pasar langsung jebol karena suku bunga loncat gila-gilaan, tidak ada likuditas, pasar rontok,” ujar dia mengenang.

dia juga ingat betul bagaimana kepasrahan para analis waktu itu terhadap pasar yang sulit diprediksi pada saat rontoknya nilai tukar bath Thailand tiba-tiba menjalar ke Indonesia. “Waktu itu kita melaku-kan mark to market, di observe dengan ekuitas, mendadak semua emiten itu ekuitasnya negatif,” kenang dia. “Kacau balau semua. Kita mau menganalisa saham juga bingung.”

Jos juga menjadi salah satu ru-jukan pelaku pasar ketika industri reksa dana rontok tahun 2005. Waktu itu, suku bunga yang mel-onjak akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM)—premium naik 87,5%--berdampak serius kepada pasar modal. “Begitu suku bunga naik yield (obligasi) jebol. Waktu itu kan MI pada ngeluarin produk reksa dana fixed income, dan mereka jualan melalui bank,” kenang Jos.

Menurut dia, selain dominasi

39

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

40

produk reksa dana berbasis obligasi pada saat itu, ada kecerobohan dalam proses penjualan. Mayoritas investor reksa dana waktu itu tidak begitu mengenal, dan banyak diantaranya yang mengasosiasikan reksa dana obligasi yang bernama pendapatan tetap sebagai deposito. “Jadi pada akhir bulan MI melaporkan naB-nya, nasabahnya pada kaget, kok jadi berkurang, semua pada nge-redeem, begitu mereka nge-redeem obligasi harus dijual, makin jebol pasarnya,” jelasnya.

***Berbagai krisis ekonomi yang dialaminya itu mampu

menjadi guru terbaik Jos sebagai fund manager, yang kini diterapkan di syailendra. Krisis mengajarkan bahwa tidak ada satu pun orang, bahkan fund manager top yang bisa memprediksi krisis secara akurat. namun, garis pembeda yang jelas antara yang berpengalaman dan tidak adalah sikap dalam menghadapi krisis. “Fund manager yang tidak berpengalaman akan panik, mereka akan jualan. sementara yang berpengalaman pas pasar sampai di bawah disitulah dia bilang inilah saatnya untuk beli,” katanya. Hikmah krisis baginya pernah

terjadi pada tahun 2008. Waktu itu, hampir semua orang menjauhi pasar, dan banyak yang melepas portofolionya. “Kita tidak panik seperti itu, waktu akhir bulan oktober 2008 kita mulai berinvestasi secara agresif, sehingga Mei 2009 kita sudah recover.”

secara pribadi, ia juga mengaku menjadi salah satu penganut filosofi in-vestasi Warren Buffet. “Terus terang kita banyak belajar dari pengalaman War-ren Buffet,” ujar dia. Jos menunjukkan riset yang dia lakukan terhadap kinerja investasi investor terhebat dunia itu. Hasilnya, sepanjang 46 tahun investasi, portofolio Buffet hanya menghasilkan return 19,8% per tahun. “Bandingkan dengan yang lain, malah ada MI lokal (Indonesia) yang tahun lalu bisa sampai 160%. Biasa saja kan?,” ujar dia. na-mun, setelah dihitung sepanjang 46 ta-hun akumulasi investasi Buffet menjadi 5.130 kali. “artinya, Rp1 juta pada 46 tahun lalu, jadi Rp5,1 miliar sekarang. Tak ada yang bisa menandingi, bahkan s&P dengan return tahunan 9% saja hanya 64 kali.”

sepak terjang Buffet menginspirasi Jos yang berlatarbelakang pendidikan dan karir sebagai analis. sampai saat ini dan ke depan, strategi investasi syailen-dra dalam mengelola dana investor adalah menerapkan konsistensi. Ia akan mencoba sebagaimana Buffet yang sepanjang 46 tahun berinvestasi dan melewati pelbagai krisis, hanya pernah mengalami dua kali penurunan naB. “Karenanya kita tidak terlalu ngoyo ngejar return yang gila-gilaan. Kunci-nya bukan return yang gila-gilaan, tapi konsistensi dalam jangka panjang,”

strategi itu kemudian diterapkan dalam pemilihan portofolio investasi. syailendra yang mencoba fokus pada reksa dana saham selalu mencari saham yang memiliki tren return stabil. “Kita cari saham yang fundamentalnya baik, yang bisa memberikan long term return consistent. Kita nggak perlu jadi yang paling cepat returnnya dalam setahun. Tetapi bagaimana caranya kita menjadi yang paling konsisten dalam 5 tahun sampai 10 tahun.”

strategi ini secara teknis juga mem-pengaruhi proses bagaimana syailendra

“Karenanya kita tidak ter-lalu ngoyo ngejar return yang gila-gilaan. Kunci-nya bukan return yang gila-gilaan, tapi konsistensi dalam jangka panjang,”

ASS

Et M

AN

AGEM

ENt

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

41

menentukan saham mana yang ber-fundamental terbaik. “Nggak ada jalan pintas juga, kalau kita mau cari saham yang bagus. Mau nggak mau kita harus melakukan company visit. dipelajari dulu yang benar, reputasinya seperti apa, kita cek sama kompetitornya. Kita mau cek, karena kita mau tau kelemah-annya dimana,” paparnya.

Konsistensi itu juga sejak awal diter-apkannya pada saat memilih nama pe-rusahaan. nama yang dipilihnya sendiri itu adalah nama sebuah dinasti yang paling sukses dan terbesar di Indonesia pada abad ke-8. selama pemerintahan dinasti ini rakyat makmur, daerah berkembang, banyak inovasi-inovasi yang tumbuh. “Kita kepengen men-gambil hikmah dari sejarahnya dinasti syailendra itu,” kata dia. “Kita kepen-gen rakyat kita makmur, artinya kita kepengen karyawan-karyawan kita makmur, kita kepengen bertambah terus pangsa pasar.”

Berdasarkan data Bapepam LK, syailendra didirikan oleh empat orang, dengan porsi Jos (37,5%), david Tanuri (37,5%), Roy Himawan (22,5%), dan William eduard daniel (2,5%). Keem-patnya menduduki posisi di perusahaan, dimana Jos dan Roy duduk di direksi, sementara david dan William di dewan komisaris. saat ini, mereka mengelola 13 produk reksa dana, di luar produk kontrak pengelolaan dana (KPd).

***Jos muda mulai bekerja di industri

keuangan menjelang 1990-an setelah menamatkan master dibidang keuangan dari City University London, Inggris. setelah pulang ke Indonesia, dia lang-sung masuk Citibank. “Waktu balik, ja-man dulu itu Citibank paling bagus, Jadi orang tua saya bilang “kamu jauh-jauh sekolah di sana nanti kerja di Citibank dong,” cerita Jos.

namun, profesi bankir rupanya tidak membuatnya hidupnya senang. Meskipun berulang kali mendapat protes dari orang tuanya Jos akhirnya memutuskan untuk keluar dari Citibank setelah bergabung selama kurang lebih setahun. “Kamu itu gimana sih udah bagus-bagus di Citibank pindah ke pasar modal, apa itu pasar modal?

Lippo Securities perusahaan apa tuh?,” ujar Jos menirukan gaya sang ayah ketika memprotesnya pada waktu itu.

Jos tak memungkiri, gengsi seb-agai bankir waktu itu tidak sebanding dengan penghasilan yang diperoleh. Gaji sebagai karyawan bank hanya Rp900 ribuan, sementara pialang koleganya bercerita penghasilan sebagai pialang jauh lebih besar. Jumlah gaji sebulan itu, dapat dengan mudah diperoleh ketika sang pialang mendapatkan fee dari hanya beberapa transaksi besar. “saya tertarik, dan memang masih bener-bener sedikit waktu itu yang tahu apa itu pasar modal.”

setelah bergabung dengan Lippo securities , kondisi pasar saat itu sedang cerah. apalagi perusahaan tempatnya bekerja baru saja menjalin kerja sama dengan perusahaan asing. Meskipun ditentang, Jos tetap melenggang den-gan keyakinan kelak ia akan menjadi ‘angkatan pertama’ dalam sejarah pasar modal moderen. “Mudah-mudahan kalau saya berhasil, 5-10 tahun dari sekarang saya menjadi salah satu orang yang senior di pasar modal,” ujarnya menceritakan tekadnya memulai karir di sekuritas pada waktu itu.

di Lippo, Jos bekerja sebagai analis, dan disitulah ia banyak belajar men-genai saham dan pasar saham beserta jatuh bangunnya pasar. Tahun 1999, ia memutuskan pindah ke danareksa, yang pada masanya dikenal ahli dalam bidang investment banking, namun kurang dari sisi brokerage.

Perpindahan ini bukan semata untuk memperbaiki portofolio karir, namun lebih dari itu ada cita-cita besar

dibenaknya kala itu. “saya melihat banyak tantangan yang bisa membuat pekerjaan saya jadi lebih exciting” kenangnya. “Kedua, dari dulu saya memang bercita-cita ingin membentuk fund manager.”

dengan pindah ke danareksa, kata Jos, dirinya akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mengejar cita-citanya itu. Karena, danareksa memang dikenal dengan nasabah-nasabah institusi, dan dengan bekerja di sana, akan ada akses yang membuat Jos bisa menembus na-sabah institusi, khususnya perusahaan pelat merah. “saya kepingin dapat akses ke institusi-institusi ini untuk bisa jadi potensial klien saya nanti dimasa yang akan datang,” katanya.

di danareksa, Jos menduduki beberapa posisi. Mulai dari equity sales, mengelola portofolio perusahaan, kepala divisi asset management hingga Manag-ing director danareksa (Persero). salah satu produk reksa dana yang diterbitkan Jos saat itu adalah danareksa Melati dol-lar tahun 2001, dengan portofolio obligasi pemerintah berdenominasi dollar as.

dengan kejeliannya, Jos melihat peluang imbal hasil obligasi sebesar 13% sebagai investasi yang mengun-tungkan, namun tidak disadari banyak orang. “Butuh waktu untuk meyakinkan orang ketika itu, akhirnya setelah 1,5 tahun mereka lihat returnnya balik, bagus yieldnya. setelah satu per satu mulai percaya dan akhirnya meledak,” kenangnya yang sejak saat itu mengi-kuti perkembangan reksa dana hingga booming awal 2005, yang salah satunya dipicu oleh kisah sukses produk buatan-nya itu.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

42

WO

rLD

WArGA amerika serikat (as) sedang menghitung hari menuju ancaman dua kiamat. Kalaupun bukan kiamat dunia sep-erti ramalan suku Maya pada desember 2012—yang pertama melanda as, seperti pada film 2012 yang diperankan John Cu-sack—ancaman kiamat kedua siap men-jemput mereka. adalah kiamat pajak atau disana disebut taxmageddon siap menekan daya beli masyarakat.

Istilah taxmageddon muncul setelah kebijakan pemotongan pajak George W. Bush pada pertengahan desember 2001 akan berakhir pada 31 desember tahun ini. Pada saat yang sama, tanggal 1 Januari 2003 stimulus tax holiday yang diberikan Presiden obama juga akan berakhir.

akibatnya, memasuki Januari 2012, warga amerika memasuki era pajak tinggi. Tarif pajak penghasilan (PPh) naik signifi-kan dimana rata-rata setiap rumah tangga akan menerima kenaikan Us$3,500 pada tagihan sPT (surat pajak tahunan). sistem tarif PPh progresif di sana menurut Tax Policy Center akan membuat 7 dari setiap 8 wajib pajak membayar pajak lebih tinggi dari periode sepuluh tahun belakangan.

Hampir tidak ada kelompok masyara-kat yang lolos dari taxmageddon, kecuali manula yang sudah tidak berpenghasilan, dan hidup dari jaminan sosial pemerintah. Bahkan, lapisan terbawah wajib pajak atau berpenghasilan di bawah Us$20,113 per tahun (sekitar Rp200 juta) rata-rata di-wajibkan membayar tambahan pajak $412. Ini kombinasi dari habisnya masa keringa-nan pajak seperti pajak gaji, penghasilan lain, dan pengasuhan anak, serta stimulus fiskal obama pada 1 Januari 2013.

di sana, rumah tangga dengan peng-

TAXMAGEDDON 2013

hasilan antara Us$108,266 hingga Us$143,373 per tahun akan menerima tambahan tagihan Us$6,359 pada akhir tahun fiskal. singkatnya, satu dari setiap empat dolar yang dihasilkan warga harus disetor ke kas negara. Kewajiban yang se-padan juga menimpa satu persen warga as yang tergolong tajir.

Kelompok ini yang rata-rata berpeng-hasilan Us$500 ribu per tahun akan menerima tambahan kewajiban mem-bayar pajak sebesar Us$120.537. adapun, kelompok jet set diatasnya, dengan peng-hasilan lebih dari Us$2,5 juta pertahun menerima tambahan lima kali lebih besar dari itu. Kenaikan ini dipicu oleh berakh-irnya program pengurangan pajak long-term capital gains, dividen, pajak rumah yang diberikan Presiden Bush.

Kebijakan pemotongan pajak, teru-tama tiga tahun terakhir cukup efektif, dan terbukti mampu membalikkan re-sesi ekonomi as pada 2008 yang minus menjadi tumbuh dalam waktu cukup cepat. Ini karena, struktur perekonomian

Kiamat pajak yang berpotensi terjadi pada Januari 2013 di Amerika Serikat, jalin berkelindan dengan pemotongan belanja membuat negara adi daya ini terjebak simalakama fiscal cliff. Warga AS harus menelan dua pil pahit sekaligus, sementara defisit anggaran butuh disehatkan. Kiamat atau tidak, ditentukan oleh hasil pemungutan suara pemilihan presiden dan kongres yang berlangsung di sana bulan ini.

as didominasi oleh konsumsi domestik, sehingga daya beli masyarakat tidak se-makin tertekan karena dampak krisis. namun,pelbagai stimulus ini mulai ber-dampak pada lonjakan utang negara. Bila defisit anggaran tahunan sekitar Us$1 triliun dilestarikan, Badan anggaran Kongres as (CBo) memprediksi rasio utang terhadap PdB bisa melompat dari kisaran 70% menjadi 200% pada 2037 atau menyamai kondisi Jepang saat ini.

secara teoritis, kebijakan me-naikan pa-

PENDAPATAN TAMBAHAN PAJAK

DI bawah $20.113 $ 412

$20.114 - $39.790 $ 1.231

$39.791 - $64.484 $ 1.984

$64.485 – 108.266 $ 3.540

$108.267 - $1 43.373 $ 6.359

$143.374 – $204.296 $ 8.271

$204.296 - $506.210 $ 14.871

$506.211 ke atas $ 120.537

TAxMAGEDDON!

42

uS

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

43

jak akan menyehatkan fiskal amerika serikat. dari kenaikan tarif pajak, pemer-intah federal akan mendapat tambahan penerimaan hingga Us$536 miliar pada tahun fiskal 2013. Kenaikan ini juga bisa mengurangi risiko ancaman downgrade sejumlah lembaga pemeringkat. agustus lalu, s&P menurunkan rating surat utang jangka panjang as satu tingkat, dari aaa menjadi aa-plus. Pelucutan rating aaa yang sudah disematkan selama 70 tahun ini bisa terjadi lagi pada 2014, oleh kalku-lasi beban jatuh tempo surat utang, dan tidak adanya rencana serius dari kongres menghadapi tagihan. “Penurunan mere-fleksikan opini kami terhadap konsolida-si fiskal,” tulis s&P dalam pernyataannya.

Fiscal CliffK e n a i -

kan tarif p a j a k

b u -

kan satu-satunya kekhawatiran yang menjadi bahan diskusi hangat mulai dari warga biasa sampai debat kusir politik antara politisi demokrat dan Republik di sana. Undang-undang Pengawasan angg-aran as, tahun 2011 memberikan mandat penghematan anggaran dalam skala be-sar, dan wajib dimulai pada tahun depan. Undang-undang itu mewajibkan pemo-tongan belanja Us$1,2 triliun, terdiri dari separuh pada program departemen Per-tahanan, dan program domestik.

Berbicara pada para Hari Veteran, se-belum dinominasikan sebagai calon pres-iden dari Partai Republik, Mitt Romney mengatakan, pemotongan anggaran mili-ter berdampak cukup serius. dengan se-mangat, Romney menggunakan kalimat ‘devastation’ atau kehancuran di warga as, karena pemotongan itu bisa menye-babkan 1,5 juta orang kehilangan lapan-gan pekerjaan, dan pertumbuhan ekono-mi bisa turun signifikan. “Triliunan dolar yang dipotong dari militer kita akan meng-hilangkan ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan,” ujar pesaing obama ini seperti dikutip dari huffingtonpost.com.

Jalin berkelindan antara kenaikan tarif pajak dan pemotongan belanja, se-jumlah ekonom lokal percaya ekonomi as akan kembali memasuki resesi pada 2013. Ini karena akumulasi keduanya membuat sekitar Us$8 triliun—terma-suk dari pajak pemerintah lokal—tersedot dari likuiditas ekonomi, dimulai pada 1 Januari mendatang. Menurut estimasi CBo, keduanya akan menggerus angka proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga 4%, atau kontraksi 1,3% atau resesi pada paruh pertama 2013. “Ini dua sampai tiga kali lebih besar dalam hal negatif (kon-traksi) daripada tahun terbesar stimulus itu dalam hal positif,” kata austan Gools-bee, mantan Ketua dewan Penasihat eko-nomi Presiden obama.

Kendati demikian, angka beban hutang pemerintah tidak kalah mengerikan, dan tanpa adanya ke-naikan pajak serta pemotongan anggaran jumlahnya semakin

membengkak. Pemotongan anggaran, dan kenai-

kan pajak sendiri merupakan kesepak-atan kongres, yang menyetujui adanya

upaya serius untuk menekan utang yang sudah menembus batas maksimal yang diperbolehkan. Hal ini membuat as ter-jebak polemik fiscal cliff mulai Januari 2013 dimana, baik upaya menekan mau-pun menambah defisit sama-sama bisa berdampak serius bagi perekonomian as.

sampai dengan kiamat pajak dan pemotongan belanja datang pada Januari 2013, warga as masih memiliki waktu untuk menentukannya pada bulan ini. Keputusan ini berada pada hasil pe-milihan Presiden as. Bila Mitt Romney terpilih, dan para Republikan mampu mengontrol senat, banyak analis poli-tik—demikian juga dalam pernyataan kampanye Romney—kemungkinan besar kenaikan tarif pajak akan ditangguhkan. Romney, diperkirakan bakal melanjutkan program seniornya, meskipun jika terpil-ih, ia baru bisa melakukan setelah dilantik pada 20 Januari mendatang.

sebaliknya, bila obama yang menang program Bush yang berakhir Januari tidak akan diperpanjang. obama dipre-diksi hanya akan mengeluarkan beleid baru mengenai keringanan pajak untuk masyarakat berpenghasilan menegah ke bawah. apapun itu, terlepas dari Romney dan obama yang menjadi presiden, pro-gram penghematan anggaran yang sudah diundangkan dipastikan tetap berjalan. segigih apapun, Romney menentangnya, beban utang as sudah menembus batas.

saat ini utang publik as, mencapai Us$16,2 triliun. Ini berarti, dengan popu-lasi 313,7 juta jiwa setiap warga negara di sana saat ini menanggung utang sebesar Us$51,6 ribu atau setara Rp500 juta. Utang yang menumpuk dipicu oleh lon-jakan utang baru untuk dana talangan krisis, dan stimulus fiskal pasca krisis, dimana sejak 28 september 2007 setiap hari pemerintah as menambah utang baru sebesar Us$3,8 miliar.

UtANG PUbLIk AS SEJAK TAHuN 1981

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

44

FEATURE

WO

rLD

CARA BARU HINDARI PAJAK

Kegetiran masih dapat terbaca dari suaranya ketika menceritakan kepergian suaminya enam bulan silam. sehari sebelum suaminya menjadi bahan berita di sejumlah media massa, Tiziana tak melihat suatu keanehan sedikitpun pada diri Pepe, nama panggilan suaminya. Tiziana Marrone dan hampir semua warga Bologna, Italia kemudian terhenyak ketika menyaksikan kenekatan Giuseppe Campaniello. di depan kantor pajak si pembuat batu bata ini nekat membakar tubuhnya.

44

EuROPE

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

45

CARA BARU HINDARI PAJAK

SEkALIPUN pada saat kejadian Pepe berhasil diselamatkan, namun sayang-nya setelah sembilan hari nyawanya tak tertolong lagi. Luka bakar di sekujur tubuhnya seakan melambangkan luka bangsa Italia secara keseluruhan. Kepu-tusan Pepe untuk membakar diri di de-pan kantor pajak seolah menjadi klimaks dari luka yang tak tertahankan lagi.

Pemerintah melalui petugas pajak-pun seakan tak hentinya melancarkan siksaan demi siksaan kepada warga Italia. Warga Italia seolah belum ber-adaptasi sepenuhnya dengan konversi lira ke euro yang membuat apa-apa menjadi mahal. Lalu, datanglah krisis ekonomi 2008. sekalipun pemerintah telah memutuskan untuk mengurangi besarnya pajak namun tetap saja masih dianggap terlalu berat.

Warga dengan penghasilan antara 15.001 – 18.000 euro per tahun saja masih mengeluhkan tingginya tarif pajak sebesar 26%. apalagi yang berpenghasi-lan kurang dari 15.000 euro per tahun pajak sebesar 22%. Terlebih baru-baru ini pemerintah kembali menaikkan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar 21%, maka lengkaplah penderitaan rakyat.

Kisah pilu juga dialami oleh Mario Frasecco. Lelaki itu adalah pemilik pabrik alumunium kecil di Roma. dia nekat menghabisi nyawanya sendiri dengan pistol. aksinya ini dipicu oleh kemandegan yang dialami usahanya sejak bulan april lalu. dengan amat terpaksa Frasecco memecat sepuluh karyawannya karena tak lagi memiliki

45

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

46

cadangan uang untuk membayar mereka. sama seperti Tiziana, putri Frasecco, Giorgia, tak meli-hat adanya pertanda buruk sam-pai hari terakhir sebelum sang ayah meninggal. Tak ada keluh kesah. Tak ada sikap berlebihan. Giorgia menuturkan, “Pada hari dia bunuh diri, dia berlaku seperti biasa. saya tidak melihat rasa tidak nyaman di wajahnya. setelah lima bulan berlalu, saya tetap tidak mengerti.”

di negara yang begitu terkenal sebagai cikal bakal penyebaran gereja katholik di seluruh dunia itu ditemukan fakta bahwa, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir angka bunuh diri di Italia justru meningkat dua kali lipat. Kasus bunuh diri di Italia paling tinggi dibanding-kan negara-negara lain di eropa. Keprihatinan pun dirasakan seluruh warga Italia. seakan menegaskan bahwa “Nothing good comes from Italy”, para janda dari suami-suami yang bunuh tersebut berkumpul dan membentuk sebuah klub. Mer-eka menamainya klub “Vedove Bianche” atau janda putih. Para perempuan itu ingin membuka mata dunia akan dampak krisis ekonomi di Italia.

dengan motto: I‘Italia non vuole fare la fine della Grecia (Italia tak ingin berakhir seperti Yunani) dengan gencar mer-eka mengkampanyekan bahwa

pemaksaan pajak bukanlah suatu solusi. Pada tanggal 28 Maret silam, mereka berhasil mengorganisasi sebuah prosesi damai. dengan membawa ban-ner putih bergambar Giuseppe Campaniello mereka memulai prosesi tersebut dari rumah sakit Maggiore di jalan nani Costa dan berakhir di kantor pajak Bologna. Pemerintah Italia sendirilah yang justru melakukan bunuh diri dengan membiarkan rakyatnya mati tercekik oleh pajak.

Kepergian suami-suami mereka membuat janda-janda ini semakin terpuruk. “siapa yang akan menerima saya bekerja di usia 48 tahun? siapa? saya harus ke mana? Haruskan saya menjadi pela-cur? Karena ke sanalah mereka (pemerintah) menggiring kami. atau saya juga harus bunuh diri dan lari dari masalah dan mengurangi beban pemerin-tah?” kata Tiziana getir. Krisis ekonomi seolah menjadi ladang pembantaian warga Italia. anak kehilangan ayah, istri ke-hilangan suami. orang tercinta pergi dengan meninggalkan luka menganga.

Badan statistik nasional Italia mencatat, saat ini seti-daknya ada 47.648 orang yang memanfaatkan fasilitas dapur umum dan rumah singgah yang tersebar di 158 tempat. Biasan-

ya mereka yang menggunakan fasili-tas ini adalah tuna wisma. Mayoritas mereka adalah laki-laki (86.9%) yang berumur kurang dari 45 tahun (57,9%). dari jumlah tersebut 59.4%nya adalah pendatang yang sebagian besar ber-kumpul di Italia utara (38.8%). di kota Milan tercatat 27.5%. sedangkan di kota Roma 16.4%.

Lama mereka tinggal pun cender-ung menunjukkan kenaikkan. Untuk sementara ini lama tinggal mereka berada pada kisaran rata-rata 2.5 tahun. dengan perincian, 3.9 tahun di sisi orang Italia dan 1.6 tahun di sisi pendatang. Bila kondisi ekonomi tak kunjung membaik maka bukan tidak mungkin akan terjadi ledakkan jumlah tuna wisma.

seorang mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi di Messina, sisilia, aloysius arianto mengisahkan situasi Italia tak pernah lebih buruk dari saat ini. depresi melanda sebagian besar warga Italia. Wajah tegang selalu dijumpai di jalan-jalan Italia. Bunuh diri merupakan berita yang acap kali hampir di telinga. stasiun televisi dan media cetak memberitakan situasi ekonomi yang kian hari kian buruk. Para mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di negara itu pun ikut masuk dalam situasi sulit. Harga kebutuhan pokok yang melambung menjadi salah satu penyebabnya. “Tidak hanya rakyat miskin, pengusaha pun melakukan bunuh diri karena tekanan ekonomi ini,” tuturnya kepada Pialang Indonesia beberapa waktu lalu.

Tidak hanya di Italia, peningkatan angka bunuh diri juga terjadi di Yu-nani, negara yang paling parah terkena dampak krisis. negeri para dewa itu bak menuai kebusukan motivasi yang ditanamnya sendiri ketika membohon-gi negara-negara Uni eropa. seperti diberitakan bahwa pada tanggal 15 no-vember 2004 silam, pemerintah Yunani telah mengakui bahwa mereka memal-sukan persyaratan demi diterima dalam Uni eropa. entah demi gengsi menjadi salah satu anggota pemakai mata uang euro atau alasan apapun.

Yunani sebelumnya pernah menyatakan telah berhasil menekan

“tidak hanya rakyat miskin, pengusa-ha pun melaku-kan bunuh diri karena tekanan ekonomi ini,”

WO

rLD

46

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

47

defisit anggaran hingga di bawah 3 % sejak 1999. Padahal justru kebohon-gan inilah yang membawanya ke arah kehancuran. Berulang-kali s&P memotong rating kredit Yunani dari awalnya a- hingga menjadi sampah pada 13 Juni 2011. Pun-caknya para pemimpin negara-negara eropa sepakat untuk mengh-entikan bantuan dan mengultimatum Yunani untuk secepatnya memutuskan apakah tetap bergabung dengan uni eropa atau keluar.

awal Maret tahun ini, dimitris Christoulas (77 tahun) nekat men-embak kepalanya sendiri di lapangan syntagma yang merupakan salah satu pusat di mana warga kota athena biasa berkumpul. dimitris merupakan seorang pensiunan ahli kimia yang hidup bersama istri dan seorang anak perempuannya. dalam surat terakhir yang ia tulis, dimitris menyalahkan pemerintah karena memangkas uang pensiunnya sampai benar-benar habis. Lelaki tua itu merasa putus asa karena tak menerima bantuan apapun dari negara yang selama ini diabdinya. dia pun merasa tidak ada gunanya lagi melanjutkan hidup di hari tuanya yang penuh beban ekonomi.

“Pemerintah telah menghancurkan semua. Uang pensiun yang telah saya bayar selama 35 tahun,” tulis dimi-tris. seperti kehilangan harapan, ia melanjutkan, “dan karena usia saya tak memungkinkan saya bereaksi dina-mis...saya tak melihat cara lain selain kematian terhormat ini, sehingga saya tak perlu mengorek sampah hanya untuk menyambung hidup.” Kegetiran yang amat pekat diungkapnya melalui goresan terakhirnya.

dalam pernyataan resminya, Perdana Menteri Yunani saat itu Lucas Papademos menyebut bahwa kematian dimitris sebagai sebuah tragedi. Tak lupa ia menambahkan keprihatinan-nya atas aksi unjuk rasa yang berakhir rusuh. “dalam saat-saat sulit ini, kita semua, negara dan rakyat harus mem-bantu warga yang tengah putus asa,”

trEN bUNUH DIrI DI ErOPA (%)

ungkap Papademos. sama seperti Perdana

Mentri, juru bicara pemer-intah Yunani, Pantelis Kapsis,

juga menyebut aksi bunuh diri dimitris adalah sebuah tragedi. “Tetapi situasi pastinya tidak diketahui,” tambahnya.

Kasus teranyar menyang-kut kasus bunuh diri ini adalah kejadian yang menimpa mantan Wakil Menteri dalam negeri Yunani, Leonidas Tzanis. dia ditemukan tewas gantung diri di kediamannya di Volos, awal bulan lalu. Meski belum dike-luarkan pernyataan resmi dari pihak berwenang terkait sebab musabab kematiannya, banyak orang menduga peristiwa ini erat kaitannya dengan kebijakan pemerintah yang memotong dana pensiun setiap warga negaranya . seperti yang sudah diketahui pemerintah Yunani harus melakukan penghematan anggaran besar-besaran. Hal ini termasuk pemotongan semua pengeluaran negara yang diang-gap tidak produktif.

Penghematan ini dilakukan sebagai syarat untuk mendapat-kan bantuan finansial dari Uni eropa sehingga negeri itu dapat terselamatkan dari kebangk-rutan. sebelumnya, Uni eropa

pernah menjanjikan bantuan dan telah merealisasikannya yaitu pemberian paket bantuan sebesar 10 miliar euro. syarat-nya, Yunani mau lebih menge-tatkan lagi anggarannya. Maka sekalipun mendapat tentangan dari mayoritas rakyatnya, pemer-intah bersikukuh. Pemerintah berpendapat, Yunani saat ini hanya akan bisa bertahan hidup dari dana talangan internasional.

Pada saat yang sama, ekonomi benar-benar lumpuh. angka pengangguran ikut be-ranjak naik. saat ini angka pen-gangguran di negeri para filsuf itu mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah yaitu 25,1% pada Juli 2012. Padahal hanya berjarak satu bulan sebel-umnya, angka pengangguran masih berada di level 24,8%. angka yang paling tinggi justru berasal dari mereka yang termasuk dalam usia produktif, yakni mencapai 54,2 %.

Badan statistik setempat memaparkan, pada periode tersebut sekitar 1,26 juta orang kehilangan pekerjaan. Ini berarti lebih dari 1.000 pekerjaan hilang setiap hari dalam setahun terakhir. Mereka yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang berusia 15-24 tahun.  Parahnya mereka ini termasuk orang-orang muda yang sempat mengenyam pen-didikan tinggi.

Keterpurukan ekonomi di eropa kini membuat banyak orang berkesimpulan bahwa jalan satu-satunya untuk keluar adalah bunuh diri. Kondisi sosial itu berdampak langsung pada psikologi setiap warganya. di athena, angka bunuh diri menurut data resmi pemerintah kota sudah melonjak hingga 25% dari tahun lalu, namun menurut data Kementerian Ke-sehatan Yunani telah mening-kat menjadi lebih dari 40%.

Kenaikan angka bunuh diri karena alasan ekonomi di Italia

antara 2005 hingga 2010, atau berjumlah 187 orang pada 2010.

Sementara selama 2007-2010 angka bunuh diri naik 24%.

SUMBER : THE NEW YORK TIM

ES

SUMBER : EUROSTAT

47

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

48

T

JUN

AGS

APR

FEB

4105

OKT

sesuai dengan ekspektasi kami di penu-lisan perdana “what market makers say” (edisi september 2012), Indeks Harga saham Gabungan, atau IHsG, akhirnya terkoreksi juga setelah menyentuh rekor tertingi di 4356. Koreksi terjadi bukan karena pasar kekuran-gan amunisi berita bagus, tapi sederhana saja...jenuh beli dan ambil untung. dari awal tahun sampai angkat tertinggi di atas, IHsG sudah naik 14.0%, jauh diatas angka rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang berkisar antara 6% hingga 6,4%.

Pada level 4356, IHsG diperdagangkan pada rasio P/e sekitar 16.1 X, masih sedikit di bawah rasio rata-rata tertinggi selama 10 ta-hun, yaitu 16.9X. Pada rasio P/e rata-rata ter-tinggi itu, IHsG seharusnya berada pada 4586, dengan menggunakan angka pendapatan 2012 sekitar 270.

  Menjelang tutup tahun, lukisan grafik

IHsG tampaknya akan semakin berwarna dengan sejumlah kepentingan investasi yang beragam. Banyak dana kelolaan yang sudah masuk sejak awal oktober tahun lalu tam-paknya akan merealisasikan keuntungan yang telah diraih selama 12 bulan. aksi ambil un-tung itu mungkin terjadi pada minggu kedua november.   Kebanyakan dana tersebut datang dari wilayah amerika serikat dan sebagian eropa. Pada saat lain, pemodal saham dari Jepang dan sebagian asia seperti China dan Hongkong pada bulan-bulan akhir 2012 justru masih baru pemanasan.

  Kami tetap berkeyakinan bahwa IHsG di akhir tahun akan ditutup antara   4140 dan 4586. Jika mengambil pertumbuhan ekonomi rata-rata Indonesia di 6%. Kemudian diap-likasikan pada pertumbuhan pendapatan bun-ga bank yang sedikitnya akan tumbuh sekitar 15%, maka IHsG berpeluang untuk menutup

IHSg AKHIR 2012

ANtArA HArAPAN DAN kENYAtAAN

POIN

t O

F v

IEW

WHAt MArkEt MAKERS SAy

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

49

T

JUN

AGS

APR

FEB

4105

OKT

tahun ini pada level 4395. namun, penutupan IHsG tidaklah seindah yang diharapkan jika perekonomian dunia kembali diguncang oleh krisis ekonomi di eropa, terutama Yunani dan spanyol dan masih rendahnya pertumbuhan tenaga kerja di amerika serikat. Penutupan terendah dengan memakai skenario terburuk ada dikisaran 4050 dan 4140.

  Beberapa saham unggulan seperti Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), Perusahaan Gas negara Tbk (PGas), astra International Tbk (asII), Unilever Indonesia Tbk (UnVR), Gudang Garam Tbk (GGRM) dan Bank Man-diri Tbk (BMRI) masih akan menjadi peno-pang pergerakan IHsG. Kami melihat BBRI masih berpeluang untuk mencapai harga ter-tinginya disekitar Rp10.000 (P/e ratio: 14x) dalam waktu 12 bulan. BBRI ini adalah salah satu bank paling impresif dalam membuku-kan margin bersih suku bunga (nIM). Bank pelat merah ini selalu di atas rata-rata pesaing terdekatnya karena kepiawaiannya mengelola dana murah untuk ekonomi skala kecil dan menengah. 

 PGas kami lihat berpotensi menuju harga wajar diatas Rp5.000 (P/e ratio: 14X) karena membaiknya pasokan gas dan harga gas yang dijual ke konsumennya. analisa ini juga didu-kung semakin meningkatnya efisiensi diperu-sahaan tersebut.

  Untuk asII, pertumbuhan ekonomi na-sional yang solid adalah pendukung utama untuk tetap melaju kencang. Tahun ini, kami perkirakan angka penjualan mobil dan mo-tor baru akan mencatat rekor baru mengingat kuatnya daya beli konsumen Indonesia.  se-tiap tahun, tujuh  juta orang Indonesia akan menambah jajaran kelompok orang dengan penghasilan menengah ke atas. di tahun 2013, kami melihat angka penjualan mobil akan menembus 1.2 juta unit atau bertumbuh di atas 20% dari angka penutupan 2012. 

selain itu, asII yang juga bergelut di-bidang perbankan, peralatan berat, pertam-bangan, jalan tol dan perkebunan tampaknya juga akan menikmati perbaikan harga komod-itas yang akan menyumbang kepada pendapa-tan anak-anak usahanya. Kami melihat asII berpeluang untuk mencapai angka Rp10.000 dalam 12 bulan ke depan, dan menutup akhir

tahun pada angka Rp8600-an.    selain berfokus kepada saham-saham

di papan utama, kami ingin melihat saham-saham lapis kedua untuk menjadi unggulan pada tahun-tahun berikutanya. saham-sa-ham tersebut adalah  selamat sempurna Tbk (sMsM) yang selama ini menjadi planet asII dan IMas, karena memasok kebutuhan suku cadang mobil yang diproduksi oleh kedua pe-rusahaan. Kami melihat sMsM berpeluang untuk mencapai harga diatas Rp4500 dalam 12 bulan mendatang.

namun dari semua cerita indah dan ske-nario baik tersebut di atas, kami harus mulai mewaspadai adanya kemungkinan menin-gkatnya suhu politik menjelang pemilu 2014. Gelaran akbar pesta demokrasi lima tahu-nan itu tentunya akan lebih berwarna meng-ingat semakin hebatnya teknologi pendukung untuk menggiring calon unggul menjadi pres-iden periode 2014-2015.

Menarik untuk di-catat bahwa, saham-sa-ham berbasis konsumsi seperti IndF (Indofood sukses Makmur Tbk), ICBP (Indofood sukses CBP Makmur Tbk), MPPa (Matahari Putra Prima Tbk), RaLs (Ramayana Lestari sen-tosa Tbk), dan CPIn (Charoen Pokphand In-donesia Tbk) tentunya akan kecipratan rejeki Pemilu karena maraknya penyakit money poli-tics. dengan “angpauw” politik sekitar Rp100 ribu rata-rata perorang untuk pemilih miskin dan pemula yang berjumlah sekitar maksi-mum 17 juta orang, maka ada ceruk tamba-han Rp17 triliun yang akan diperebutkan oleh para perusahaan berbasis konsumsi itu untuk menambah pundi-pundi pendapatannya pada 2013-3014. 

  Catatan kami, ada beberapa saham lapis ketiga yang pada 2013 nanti kemungkinan akan memberikan return di atas 60%. Kami akan bahsa saham-saham tersebut pada edisi Majalah Pialang Indonesia berikutnya. Happy Investing.

rEkOMENDASI

Bank rakyat Indonesia Tbk (bbrI)

Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)

Astra International Tbk (ASII)

Unilever Indonesia Tbk (UNvr)

Gudang Garam Tbk (GGrM)

Bank Mandiri Tbk (bMrI)

Selamat Sempurna Tbk (SMSM)

Penulis adalah investor BERPENGALAMAN DI BURSA SAHAM

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

50

ASII | Astra International TbkKamis, 19 Oktober 2012, Closing Price : 8.200

Tf P I M

TREN UP UP UP

WAvE 3 (61%) 3 (81%) 3 (53%)

TARGET 1 9331 8128 8291

TARGET 2 11972 9171 9166

EXIT 5500 5600 7850

REWARD 1131 -72.02 90.54

RISK 2700 1600 350

R/R 0.42 -0.05 0.26

saat ini saham asII berada dalam tren naik, dengan kalkulasi 81% akurasi, berada pada wave 3 untuk intermediate time frame, dan 53% akurasi, berada pada wave 3 untuk minor time frame. namun demikian harga penutupan asII saat ini telah mencapai target, baik untuk minor maupun intermediate time frame yakni di kisaran 8100 – 8300. Meski penguatan saham asII dapat berlanjut, nilai risk and reward indeks sudah tidak begitu menarik untuk minor maupun intermediate time frame.

Exit level jika terjadi penurunan di 7850, karena jika level ini di tembus maka asII akan memasuki fase konsoli-dasi untuk minor time frame.

MENAKAR Risk And RewARdPADA INTErMEDIATE TIME FrAME INvEsTMENT

Pada bulan oktober 2012 IHsG kembali membentuk all time high. Berb-agai sentimen positif seperti gayung bersambut, mulai dari euforia Quantita-tive easing (Qe) tahap ketiga, kenaikan sovereign Credit Rating Indonesia menjadi BBB- (stable outlook) oleh Rating and Investment Information, Inc (R&I), hingga kinerja laporan keuangan emiten kuartal tiga. semua kabar baik ini telah memasok udara segar untuk memelihara atmosfer bullish.

namun demikian hati-hati terhadap pameo sky is the limit. Karena pameo tersebut menjadi kontra produktif ketika bullish euforia mendorong pada situasi greed psychology. dengan alat bantu teknikal analisis tulisan ini mereview kembali kondisi beberapa saham pilihan yang pernah di ulas pada Majalah ini edisi bulan lalu.

AALI | Astra Agro Lestari TbkKamis, 19 Oktober 2012, Closing Price : 20.850

tF P I M MINUtES

TREN DOWN DOWN DOWN DOWN

WAvE 2/B (100%) 2/B (58%) 2/B (37%) 2/B (45%)

TARGET 1 17095 21002 19878 19710

TARGET 2 14294 20626 19152 18872

EXIT 24000 21300 21300 21300

REWARD 3755 -152.12 971.74 1140

RISK 3150 450 450 450

R/R 1.19 -0.34 2.16 2.53

saat ini saham aaLI berada dalam tren turun, mulai dari time frame min-ute hingga primary. Untuk primary time frame dengan kalkulasi 100% akurasi, aaLI berada dalam wave 2 atau b, dimana target penurunan mengarah ke level 17095. Exit level di 24000. sementara untuk minute, minor dan intermediate time frame dengan kalkulasi akurasi dikisaran 30% - 60%, aaLI berada pada wave 2 atau b, dengan target penurunan berkisar antara 18800 – 20600. Exit Level berada 21300.

UNTR | United Tractors TbkKamis , 19/10/2012, Closing Price 19650

tF P I M MINUtE

TREN WDOWN DOWN DOWN DOWN

WAvE 3 (100%) 3 (56%) 3 (33%) 3 (44%)

TARGET 1 17095 17254 18146 18643

TARGET 2 14284 15175 16601 17271

EXIT 23100 21050 20100 20100

REWARD 2855 2396 1504 1007

RISK 3450 1400 450 450

R/R 0.83 1.71 3,31 2.24

saat ini saham UnTR berada dalam tren turun, dengan kalkulasi 44% hingga 100% akurasi, pada time frame minute hingga primary berada pada wave 3 turun. Target pertama penurunan dikisaran 17100 hingga 18650. Level 20100 menjadi resis-tance kritikal untuk time frame minute hingga intermeadiate, karena pen-embusan level tersebut saham UnTR berpeluang melanjutkan penguatan ke area 23100, namun belum men-gubah tren turun pada primary trend.

Penembusan level 20100 memberi ruang oppor-tunity trading pada time frame minute hingga intermediate dimana peluang penguatan dapat menguji resistance 20800 – 21300.

ITMG | Indo Tambangraya Megah TbkKamis, 19/10/2012, Closing Price 41900

TF P I

TREN UP UP

WAvE 3 (77%) 3 (83%)

TARGET 1 43882 43200

TARGET 2 49642 48200

EXIT 34600 36700

REWARD 1982 1336

RISK 7300 5200

R/R 0.27 0.26

POIN

t O

F v

IEW DONNy SUSILOSTRATEgy

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

51

saat ini ITMG berada dalam tren naik, dengan kalkulasi 77%-83% akurasi, berada pada wave 3 untuk intermediate hingga primary time frame. Target pertama kenaikan di kisaran 43200 untuk intermediate time frame. dengan acuan resiko di level 36700 maka untuk intermediate time frame ITMG ruang penguatan bagi ITMG untuk mencapai target pertama sebesar 1350 dan ruang penurunan sebesar 5200.

BBRI | Bank Rakyat Indonesia (Persero) TbkKamis, 19/10/2012, Closing Price 7800

TF I

TREN UP

WAvE 3 (54%)

TARGET 1 8076

TARGET 2 8700

EXIT 7100

REWARD 276

RISK 700

R/R 0.39

saat ini saham BBRI berada dalam tren naik, dengan kalkulasi 54% akurasi, berada pada wave 3 dimana target kenaikan di kisaran 8076 – 8700. dengan mengacu level resiko di level 7100, maka kondisi saham BBRI saat ini memiliki ratio reward and risk senilai 0.39. artinya reward yang diharapkan lebih kecil dari risk yang siap diterima berdasarkan acuan resiko yang di gunakan.

BMRI | Bank Mandiri Persero TbkKamis, 19/10/2012, Closing Price 8150

TF I

TREN UP

WAvE 3 (54%)

TARGET 1 8513

TARGET 2 9300

EXIT 7900

REWARD 363

RISK 250

R/R 1.45

saat ini saham BMRI dalam tren naik, dengan kalkulasi 54% akurasi, saham BMRI berada pada wave 3. Target pertama di level 8513. dengan mengacu level resiko di level 7900 dan target price di level 8513 saham BMRI masih memiliki reward and risk ratio sebesar 1.45. artinya reward yang di-harapka lebih besar dari risk yang siap diterima berdasarkan acuan resiko yang digunakan.

INDF | Indofood Sukses Makmur TbkKamis, 19/10/2012, Closing Price 6150

TF I

TREN UP

WAvE 3 (61%)

TARGET 1 6100

TARGET 2 6610

EXIT 5300

REWARD -43

RISK 850

R/R 0.05

saat ini saham IndF berada dalam tren naik, dengan kalkulasi 61% akurasi, saham IndF berada pada wave 3. Target pertama di level 6100. den-gan mengacu pada level resiko di level 5300 dan target price di level 6100, reward and risk ratio bagi saham IndF bernilai 0.05. artinya reward yang diharapkan lebih kecil dari resiko yang siap di terima berdasarkan acuan resiko dan target price yang di gunakan.

KLBF | Kalbe Farma TbkKamis, 19/10/2012, Closing Price 960

TF I

TREN UP

WAvE 3 (71%)

TARGET 1 1001

TARGET 2 1150

EXIT 910

REWARD 20.98

RISK 70

R/R 0.3

saat ini saham KLBF berada dalam tren naik, dengan kalkulasi 61% akurasi, saham KLBF berada pada wave 3. Target 1 di 1001, semantara level exit di 910. dengan mengunakan target 1 dan level exit sebagai acuan reward yang di harapkan dan reiko yang siap di terima, maka reward and risk ratio bagi saham KLBF saat ini senilai 0.3. artinya reward yang di harapkan lebih kecil dari reward yang siap di terima.

PTBA | Bukit Asam TbkKamis, 19/10/2012, Closing Price 16300

TF I

TREN DOWN

WAvE 3 (56%)

TARGET 1 16013

TARGET 2 15616

EXIT 16450

REWARD 286.55

RISK 70

R/R 1.91

saat ini saham PTBa berada dalam tren turun, dengan kalkulasi 56% akurasi, saham PTBa berada pada wave 3. Target 1 di 16000, semantara level exit di 16450. dengan menggunakan target 1 dan level exit sebagai acuan reward yang di harapkan dan resiko yang siap di terima, maka reward and risk ratio bagi saham PTBa saat ini senilai 1.91. artinya melakukan penjua-lan pada saham PTBa di harga 16300 reward yang di harapkan lebih besar dari reward yang siap di terima.

TF : Time FrameP : PrimaryI : IntermediateM : Minor

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

52

ANEkA DErIvAtIF uNTuK HEDgINg RISIKO SuKu BuNgAsaLaH satu pilihan terpenting yang dihadapi oleh setiap manajer lembaga keuangan (LK) seperti bank komersil atau perusahaan multifinance adalah skala relatif kegiatannya yang dicatat maupun tidak tercatat dalam neraca yang biasa disebut on-and off-balance sheet (OBS) activities. Kita semua dapat mengetahui adanya on-balance-sheet ac-tivities karena semuanya muncul diung-kapkan pada publikasi laporan keuangan neraca aktiva dan pasiva LK.

sebagai contoh deposito, obligasi, dan pemberian pinjaman oleh LK tercatat pada neraca LK. Bandingkan dengan “off-balance-sheet activities” yang kurang jelas, dan seringkali tidak dapat dilihat semua orang kecuali investor ter-tentu yang harus diinformasi-kan atau regulator sebagai pengawas lembaga keuangan.

dalam terminologi akuntansi, off-balance-sheet items biasanya muncul “below the bottom line”, acapkali hanya berupa catatan kaki laporan keuangan. Tetapi, dalam termi-nologi ekonomi, off-balance-

sheet items merupakan contingent as-sets and liabilities yang memengaruhi bentuk neraca LK di masa depan, bu-kan sekarang ini. Kelak baru ketahuan juntrungannya, misalnya berdampak pada profitability dan performance LK di masa depan.

oleh karena itu, pengelolaan setiap item oBs secara efisien sangat penting untuk dapat mengendalikan seluruh

POIN

t O

F v

IEW

52

STRATEgy HINSA SIAHAAN

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

53

bahaya risiko lembaga keuan-gan modern. dari sudut pan-dang valuasi, OBS assets and liabilities mempunyai potensi menghasilkan arus kas positif maupun negatif. Fees dari kegiatan oBs menjadi sum-ber pendapatan bukan bunga (noninterest income) penting bagi banyak LK terutama bagi LK besar dan sangat terper-caya.

di amerika serikat (as), hanya dalam semester pertama 2006 saja, pendapa-tan bank dari perdagangan sekuritas derivatif mencapai Us$10.9 miliar atau menin-gkat 1,795% dari Us$3.9 miliar enam bulan pertama 1996. Mengapa meningkat sangat cepat ? sebab, dengan menggunakan kegiatan oBs ( forwards, futures, options, dan swaps), LK dapat men-gurangi atau mengelola risiko tingkat bunga, risiko kurs,

risiko kredit, dengan lebih baik ketimbang jika LK tidak menggunakan oBs.

akan tetapi, ibarat pisau bermata dua, kegiatan oBs dapat memperparah bahaya risiko LK secara keseluruhan. oleh sebab itu, dalam penen-tuan nilai net worth atau modal sendiri bersih LK sek-arang ini tidak lagi semata-mata selisih nilai pasar aktiva dan passiva dalam neraca. Ia juga mencerminkan selisih ni-lai pasar sekarang off-balance-sheet atau nilai contingent assets dan liabilities.

Off-Balance-Sheet Activities and FI Solvency

Berikut ini dapat di-pelajari bagaimana trans-aksi atau kegiatan yang tidak dibukukan dalam neraca (off balance-sheet activi-ties) memengaruhi tingkat solvency LK. suatu kegiatan

tertentu akan dinyatakan off-balance-sheet asset apabila, kejadian tidak diduga sebelumnya, atau keadaan darurat yang terjadi mengakibatkan item bersangkutan bergerak pindah ke sisi aktiva neraca. se-baliknya, suatu item atau kegiatan disebut OBS liability apabila, kejadian darurat terjadi, maka item atau kegiatan berpin-dah ke sisi liability neraca.

sebagai contoh, LK menjual perfor-mance guarantee atau garansi kinerja, sep-erti garansi bahwa nasabahnya tidak akan default—bentuk garansi lain adalah letters of credit dan standby letters of credit. arti-nya, seandainya nasabah LK mengalami default, otomatis contingent liability berubah menjadi liability dan berpindah ke sisi liability dalam neraca. dengan perkataan lain, manajer LK dan regulator akan mengakui besarnya risiko kegiatan oBs dan pengaruhnya terhadap nilai net worth LK , yang seterusnya memengaruhi tingkat insolvency atau peringkat kredit lembaga.

Pada Tabel 2 dapat dilihat kerugian besar yang dialami beberapa LK yang memperdagangkan derivatif. sekuritas derivatif dalam hal ini adalah meliputi futures, forwards, options, dan swaps. Untuk definisi derivatif dapat dilihat pada Tabel 3.

oleh karena item pada off-balance-sheet adalah contingent assets dan liabili-ties dan berpindah ke neraca dengan prob-abilita kurang dari 1, valuasinya menjadi sulit dan seringkali sangat kompleks. Ini karena berhubung kebanyakan item off-balance-sheet memiliki ciri options, maka metodologi yang paling biasa digunakan untuk menghitung adalah model keuan-gan contingent claims/option pricing.

Cara sederhana mengestimasi nilai options dalam posisi oBs adalah den-gan mengkalkulasi delta of option, yaitu tingkat sensitivitas nilai option terhadap

• February1995:barings,britain’sOLDEST INvESTMENT BANK, ANNOUNCES A LOSS WHICH ULTIMATELY TOTALS $1.38 BILLION, RELATED TO DERIvATIvES TRADING IN SINGAPORE BY TRADER NICHOLAS LES-SON

-----------------------------------

• December1996:natWestbankFinDsLOSSES Of £77 MILLION CAUSED BY MISPRICING Of DERIvATIvES IN ITS INvESTMENT-BANKING ARM. fORMER TRADER KYRIACOS PAPOUIS WAS BLAMED fOR THE LOSS, CAUSED BY TWO YEARS Of UNAUTHORIzED TRADING BY HIM, BUT NATWEST MARKETS CHIEf MARIN OWEN RESIGNED OvER THE INCIDENT.

-----------------------------------

• march1997:Damiancope,aFormerTRADER AT MIDLAND BANK’S NEW YORK BRANCH, WAS BANNED BY THE fEDERAL RESERvE BOARD OvER THE fALSIfICATION Of BOOKS AND RECORDS RELATING TO HIS INTEREST-RATE DERIvATIvES TRADING ACTIvITIES. MIDLAND PARENT HSBC SAID THE AMOUNT Of MONEY INvOLvED WAS NOT SIGNIfICANT,

-----------------------------------

• november1997:chasemanhattanBANK WAS fOUND TO HAvE LOST UP TO $200 MILLION ON TRADING EMERGING MARKET DEBT, PART Of

-----------------------------------

• January1998:unionbankoFsWit-zERLAND WAS REPORTED SITTING ON UNqUANTIfIED DERIvATIvES LOSSES; UBS PLEDGED fULL DISCLOSURE AT A LATER DATE.

-----------------------------------

• august-september1998:Long-termCAPITAL MANAGEMENT, A HEDGE fUND WITH AN EXPOSURE EXCEEDING $1.25 TRILLION IN DERIvATIvES AND OTHER SECURITIES, HAD TO BE RESCUED BY A CONSORTIUM Of COMMERCIAL AND INvESTMENT BANKS THAT INfUSED AN ADDITIONAL $3.65 BILLION Of EqUITY INTO THE fUND.

-----------------------------------

• JuLy2001:J.p.morganchaseanDCITICORP EXPOSED TO $2.25 BILLION IN LOSSES ON CREDIT DERIvATIvES ISSUED TO A fAILING ENRON.

-----------------------------------

• December2001-January2002:aLLieDIRISH BANK INCURS A $750 MILLION LOSS fROM fOREIGN EXCHANGE TRADES BY ROGUE TRADER JOHN RUSNAK.

-----------------------------------

• september2006:amaranthaDvisorsLOSES $6 BILLION ON INvESTMENTS IN NATURAL GAS fUTURES. TOTAL ASSETS BEfORE LOSS WERE $9 BILLION.

-----------------------------------

Delta of an option: The change in the value of an option for a unit change in the price of the underlying security

off-balance-asset An Item or activity that, when a contingent event occurs, moves onto the asset of the balance sheet

Tabel 2 Beberapa Kerugian Luar Biasa Akibat Transaksi Derivatif

53

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

54

STRATEgy

setiap perubahan satu unit harga seku-ritas induk, yang kemudian dikalikan dengan nilai notional option. (delta option berkisar 0 dan 1). Katakanlah, LK membeli call option obligasi (LK memiliki aktiva oBs) dengan nilai nominal atau notional value Us$100 juta dan dikalku-lasi delta sama dengan 0.25. dengan demikian nilai contingent asset posisi option seperti ini adalah Us$25 juta atau lihat rumus dibawah ini.

nilai aktiva kontingen atau delta equivalent = delta x face value of option = 0.25 x Us$100 juta = Us$25 juta. Untuk menghitung delta diperlukan “option pricing model” seperti “Black-Scholes atau “binomial model”. Pada umumnya besarnya delta option berbeda-beda tergantung pada harga sekuritas induk ketika bergerak in-the-money atau out-of the money; jadi kisarannya adalah 0 < d < 1. Harap diperhatikan, bahwa apabila LK menjual options, berarti harus dinilai sebagai contingent liability.

Loan commitments maupun letters of credit juga termasuk off-balance-sheet activities yang memiliki ciri-ciri options (hak, tetapi tidak wajib beli atau jual). secara spesifik, pemilik loan commit-ment atau credit line yang memutus-kan menarik credit line adalah dengan mengexcercise opsi meminjam (option to borrow). Ketika pembeli guaranty cidera janji (defaults), pembeli ini akan meng-excercise a default option. sama halnya, ketika counterparty atau pihak lawan ber-transaksi derivative tidak sanggup atau tidak bersedia memenuhi kewajibannya membayar (mis. dalam kontrak swap), ini dianggap sama dengan mengexercise a

default option.Pendekatan yang lazim di-

gunakan dalam kontrak swaps, futures, dan forwards adalah mengubah posisi sehingga sama dengan atau ekuivalen nilai aktiva induk. Contoh, dalam kontrak swap dengan nilai nominal Us$20 juta, selama 10-tahun, fixed-floating interest rate swap dimana LK menerima 20

semiannual fixed-interest rate payments of 8% per annum (mis. 4% per half year) dan membayar floating-rate payments setiap tengah tahun, di index dengan LIBoR, dapat dianggap sebagai ekuivalen, dalam valuasi, dalam dua kali Us$20 juta obligasi.

Jadi LK dianggap sebagai mengambil posisi long Us$20 juta (memiliki asset) berupa obli-

PANEL A: TRADITIONAL VALuATION OF AN FI’S NET wORTH

AsseT Liabilities Market value of assets (A) 100 Market value of liabilities (L) 90 Net worth (E) 10

100 100

PANEL B: VALuATION OF SAN FI’S NET wORTH wITH ON-AND OFF –BALANCE-SHEET ACTIVITy VALuED

AsseT Liabilities Market value of assets (A) 100 Market value of liabilities (L) 90Market value of 50 Net worth (E) 5contingent assets (CA) Market value of contingent 55 liabilities (CL) 150 150

Forward contract An agreement between a buyer and seller at time 0 to exchange a nonstandardized asset for cash at some future date. The details of the asset and the price to be paid at the forward contract expiration date are set at time 0. The price of the forward contract is fixed over the life of contract.

Futures contract An agreement between a buyer and seller at time 0 to exchange a standardized asset for cash at some future date. Each contract has a standardized expiration, and transactions occur in centralized

market. The price of the futures contract changes daily as the market value of the asset underlying the futures fluctuates.

Options A contract that gives the holder the right, but not the obligation, to buy or to sell the underlying asset at a specified price within a specified period of time

Swap An agreement between two parties to exchange assets or a series of cash flows for a specific period of time at a specified interval

Tabel 3. Sekuritas Derivatif di Luar Neraca Lembaga Keuangan

Tabel 4. Valuasi Modal Bersih (Net Worth) Lembaga Keuangan Tanpa dan Dengan Mempertimbangkan items Off-balance-sheet (OBS)

d = delta of option

=

= = 0.25

F = nilai nominal ( face value of options) = $100 juta

Change in the optio’s priceChange in price of underlying security

d0ds

54

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

55

gasi 10-tahun, kupon 8% per tahun dan posisi short $20 juta (memiliki utang/liability) berupa a floating-rate bond jatuh tempo 10 tahun yang tingkat bunganya disesuaikan setiap enam bulan. nilai pasar swap dianggap sama dengan nilai sekarang selisih (perbe-daan) arus kas fixed-rate bond dengan expected cash flows dari floating-rate bond. Biasanya nilai pasar ini hanya persentase sangat kecil dari nilai nomi-nal swap.

dalam contoh swap bernominal Us$20 juta di atas, nilai pasarnya hanya sekitar 3% atau sama dengan Us$600,000.

dengan model valuasi yang ada, dapat dikalkulasi, secara kira-kira, nilai sekarang atau nilai pasar masing-masing asset dan liability pada oBs serta pengaruhnya terhadap tingkat solvency LK. Kita bahas Tabel 4. di-mana pada panel a besarnya nilai net worth (modal sendiri bersih) LK adalah (e) dikalkulasi dengan cara tradisionil sebagai selisih nilai pasar aktiva pada balance sheet (a) dan liabilities (L). sesuai dengan accounting equation ini sama dengan;

E = A – L 10 = 100 – 90

Berdasarkan kalkulasi ini, nilai pasar ekuiti pemegang saham dalam LK adalah 10 dan rasio Kapital LK terhadap aktiva (atau capital-asset ratio) adalah 10%. Biasanya Regulator dan LK menggunakan rasio terakhir sebagai ukuran solvency cara seder-hana. Gambaran yang lebih benar solvensi ekonomi LK adalah nilai pasar kedua macam kegiatan yang nyata (visible) dalam neraca, dan kegiatan oBs. secara spesifik, pada panel B, Tabel 4, manajer LK harus menilai aktiva dan klaim utang kontijensi atau yang akan datang. dalam contoh, nilai pasar sekarang aktiva kontijen LK (Ca) adalah 50, sementara nilai sekarang utang (CL) adalah 55. Berhubung nilai

pasar contingent liabilities melebihi nilai pasar contingent assets sebesar 5, maka selisih ini adalah tambahan kewajiban terhadap net worth LK. Jadi, net worth (e) pemegang saham yang sebenarnya adalah :

E = (A – L) + (CA – CL)= (100-90) + (50-55) = 5

Jadi, bicara secara ekonomi, con-tingent assets dan liabilities adalah kontrak claims yang secara langsung memengaruhi nilai ekonomi LK. daris sudut pandang kedua belah pihak, pe-megang saham dan regulator, pening-katan liabilities oBs yang besar dapat meyebabkan insolvency LK secara ekonomi, sama efektifnya, dapat merugi karena adanya mismatched interest rate gaps dan default atau kerugian kredit dari kegiatan oBs.

Hal ini pernah dialami J.P. Morgan pada 1998 yang mengakui adanya $587 juta dari currency swaps-nya sebagai kredit macet. sebanyak $489 juta dari swap tersebut adalah berkaitan dengan sK, sebuah perusahaan investasi asal Korea. dua dari swap tersebut adalah pertukaran kurs Thai Bath dengan yen jepang dimana sK akan untung jika nilai Thai Bath naik. Tetapi ternyata segera setelah kontrak swap ditandatan-gani, Thai bath kollaps, dan sK mem-persoalkan legalitas kontrak. demikian juga, pada Juni 2006, Huntington Banc shares menahan kerugian pinjaman ragu-ragu atas loan commitment $38.9 juta yang tidak dibiayai (didanai). Keru-gian ini sama dengan 12% dari total cadangan kerugian Huntington.

Terlepas dari manfaat derivatif sebagai alat hedging (lindung nilai) terhadap aktiva dan pasiva, penggunaan derivatif harus dilakukan secara bijaksa-na, dilakukan secara berhati-hati, sebab jika tidak justru akan menimbulkan risiko luar biasa, yang seringkali menye-babkan kebangkrutan perusahaan yang menggunakannya.

Hinsa Siahaan adalah Peneliti Senior Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Alumni graduate School of Management Boston university-Hubert H. Humphrey Fellowship Program | Referensi : Anthony Saunders Marcia Millon Cornett:” Financial Institutions Management, Sixth Edition Mcgraw-Hill International Edition, 2008. Pp 372-395

Contingent assets and liabilities:Assets and liabilities off the balance sheet that potentially can produce positive or negative future cash flows for an FI.

55

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

56

AnAK muda putra seorang pebisnis sukses itu sebentar lagi akan menyelesaikan kuli-ahnya. dan hatinya berdegup kencang setiap kali berangkat ke kampus ia mengarahkan pandangan pada sebuah mobil sport keren yang dipajang di ruang pamer dealer mobil di jalan yang dilewatinya. anak muda itu begitu menginginkan mobil itu dan tahu ayahnya sanggup membelinya. “Itu akan menjadi hadiah wisuda yang terindah buatku,” kat-anya dalam hati.

Hari yang ditunggunya kian dekat. anak muda itu menunggu tanda-tanda kapan ayahnya membeli mobil idamannya. dan pada pagi ketika hari H itu tiba, ia dipanggil ayahnya ke ruang ker-janya. Hatinya berdebar-debar dan bersorak. Mobil impian tinggal sejengkal, pikirnya.

di ruang kerja itu, ia melihat ayahnya duduk tersenyum lalu memeluknya. setelah bercanda dan bertukar sapa, mereka duduk berhadapan dan wajah ayahnya tampak ingin mengatakan sesuatu yang serius. “aku bangga padamu, nak,” kata sang ayah. “engkau tahu, aku sangat menyayangimu,” tambah ayahnya lagi. selan-jutnya, anak muda itu melihat ayahnya bangkit dan mengambil sebuah kotak kado dari lemari di belakangnya. ayahnya kemudian menyodorkannya kepadanya. “ambil dan terimalah ini sebagai hadiah wisudamu,” anak muda itu mendengar suara ayahnya yang lembut.

dengan tak sabar anak muda itu membuka kadonya. sungguh penasaran ia. dan alangkah terkejut dan kecewa hatinya tatkala di dalam kotak itu ia hanya menemukan sebuah Kitab suci. Kitab itu sangat indah, bersampul kulit, tetapi tak pernah ia bayangkan sebagai hadiah. Itu sebabnya dengan suara yang agak meninggi ia berkata dengan nada protes. “Rasanya ayah dikenal masyara-kat sebagai orang terpandang dan hartawan. Tapi dengan semua kekayaan itu, begitu teganya ayah menghadiahiku hanya sebuah Kitab suci!” sesudah berkata begitu, anak muda itu meletakkan hadiahnya di hadapan ayahnya, lalu pergi dengan marah, dan tak pernah kembali ke rumah itu.

Hari berganti hari, tahun berganti tahun, anak muda itu telah berhasil dalam Karirnya menjadi seorang eksekutif yang sukses. Ia tinggal di rumah bagus bersama isteri dan anak-anaknya, tapi selalu ada yang mengganjal dalam hatinya. Yakni ayahnya yang pasti sudah tua dan tak pernah lagi ia temui sejak insiden hadiah wisuda tempo hari.

Ia pun merencanakan menjenguk sang ayah. Yang lalu biarlah berlalu, pikirnya. Ia meminta stafnya mempersiapkan segala sesuatunya. sayangnya, sebelum rencana itu terwujud ia menerima telegramyang mengabarkan ayahnya telah berpulang. Hari itu juga

ia putuskan pergi untuk memanfaatkan kesempatan terakhir bertemu dengan sang ayah, walau sudah tinggal jenazah. Ketika tiba di rumah tempatnya dibesarkan, kes-edihan dan penyesalan memenuhi hatinya. 

sesudah pemakaman, ia mencoba men-gumpulkan apa saja yang jadi warisan buat dirinya termasuk sejumlah surat-surat. ada yang menarik hatinya ketika membuka le-mari di kamar kerja ayahnya. Ia masih men-emukan kado wisuda yang dulu menjadi pemicu dirinya meninggalkan rumah itu. dibukanya kotak itu. di dalamnya masih juga terbaring rapi Kitab suci yang pernah

diremehkannya dulu. diangkatnya kitab itu, dibukanya lembar-lembarnya dan ketika itulah sesuatu terjatuh, sebuah amplop yang rupanya terselip di dalam kitab itu.

amplop itu dibukanya. sebuah gambar kunci mobil ada di sana, ditempeli bandrol bertuliskan nama dealer yang menjual mobil sport impiannya dulu. sebuah tulisan tangan bertanggalkan hari wisudanya juga tertempel di bandrol itu, berbunyi: “Telah dibayar lunas.”

*** Manusia umumnya menyadari bahwa hidupnya dirahmati

sang Khalik. Bahkan hidup pun adalah rahmat.  Per definisi, rah-mat adalah kebaikan yang kita terima tanpa syarat, yang diberikan kepada kita semata karena kasih sayang si pemberi. dalam hidup sehari-hari kita sangat akrab dengan rahmat. Karena begitu akrab-nya manusia dengan rahmat sehingga kadang kala jadi mengher-ankan juga akibatnya. 

Itulah pesan inti dari cerita di atas. Manusia kerap mem-biarkan dirinya terkecoh oleh pandangan yang hanya berfokus pada kemasan rahmat yang tampak biasa belaka bahkan seakan tak berharga.  di balik setiap rahmat sesungguhnya bersemayam hikmah dan kebaikan lain yang baru disadari setelah ditelisik lebih mendalam. Kesadaran bahwa kerja adalah rahmat juga membawa pengertian untuk menelisik lebih serius apa saja yang manusia dapatkan dari pekerjaan yang ditekuninya.

GAGASAN UNtUk DItErAPkAN:1.       Pernahkah anda mengetahui seseorang yang seperti anak

muda di atas, karena kurang sabar dan bersikap anggap remeh, kehilangan rezeki atau keuntungan besar? atau  anda sendiri barangkali? apa hikmahnya buat anda sekarang?

2.      selalulah berprasangka baik, kata sebuah nasihat. Bangunlah kebiasaan ini: saat menghadapi sesuatu, berhentilah sebentar, terawanglah wajah kebaikan di balik apa yang serta merta kelihatan!

KITAB SUCI DAN MOBIL SPORT jansen sinamo i guru etos indonesia

POIN

t O

F v

IEW

wISDOM

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

57

Available on : Printed Version :[email protected]: +62 21 578 54122

Nama : .............................................................................................................................................

Individu Perusahaan

Alamat : .............................................................................................................................................

Kab/Kota/Propinsi : .............................................................................................................................................

Telp : .................................................... Fax: ..........................................

Ponsel : 1. ............................................... 2. ...............................................

E-Mail : .............................................................................................................................................

Pembayaran : Tunai Transfer bank

Formulir Berlangganan

Mohon kirimkan formulir berlangganan ini ke : Majalah Pialang Indonesia, Jl Pejompongan III A No 15, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, atau fax ke 021-5785 4225, atau pindai dan email ke [email protected]

Rp297.000,-6 EDISI

Rp534.600,- Rp594.000,-

12 EDISIRp1.009.800,-24 EDISI

pialangind

www.pialangindonesia.com

@pialangindo

10% 15%Rp1.188.000,-

OPSI KURIR* JNE (Reg) (Oke) Pos Indonesia (Kilat) (express)Biaya kirim dan waktu pengiriman dapat berubah sesuai kebijakan jasa kurir. Kami akan mengirimkan tagihan pembayaran setelah data formulir ini diisi dengan benar dan dikirimkan ke alamat kami.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

58

JENIS pekerjaan mana saja yang ter-masuk penghasilan yang tidak pasti? Banyak, mulai dari pengusaha, pekerja kreatif, freelancer, entertainer, seniman, orang yang bekerja untuk dirinya sendiri (dokter, pengacara, notaris) termasuk didalamnya trader saham dan pialang saham, dan masih banyak lagi.

Jenis profesi tersebut tidak seperti profesi pada umumnya yang bisa setiap bulan mendapatkan penghasilan yang tetap. Kalau project sedang banyak , usaha sedang lancar, transaksi sedang banyak maka penghasilan/komisi/honorpun bisa besar sekali, dan begitu pula sebaliknya.

Biasanya jika penghasilan sedang banyak, yang sering dilakukan adalah menaikkan gaya hidup ‘sangat-sangat’ jauh diatas standar. Misalnya setiap hari makan direstoran mahal, menikmati gaya hidup “kongkow-kongkow”, membeli tas, sepatu branded diluar kebutuhan, jalan-jalan baik dalam maupun luar negeri, mengambil cicilan macam-macam mulai dari yang produktif seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KKB (Kredit Kenda-raan Bermotor) sampai cicilan barang elektronik yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

Memang sih enak pada saat peng-

hasilan selalu diatas, rasanya semua bisa dibayar dengan mudah. Tetapi bagaimana kalau penghasilan sedang seret–seretnya, sementara gaya hidup sudah terlanjur tinggi. Perlu diingat, sangat susah untuk menurunkan gaya hidup yang sudah terlanjur tinggi. Ujung-ujungnya? pake kartu kredit dulu deh, ntar pas terima penghasi-lan/ komisi/honor baru dibayar. Lalu kalau penghasilan/komisi/honor yang diterima lagi kecil akhirnya terjebak utang kartu kredit.

ditambah tidak punya dana cadangan atau dana darurat? nah ini yang bikin masalah, setiap butuh uang mendesak biasanya kebanyakan memilih pretelin aset, mulai dari aset lancar/aset investasi yang paling likuid seperti deposito, emas, saham, reksa dana sampe aset yang tidak likuid sep-erti properti, tanah mobil, motor juga dijual dengan harga BU “Butuh Uang”

dengan dua permasalahan tadi; yai-tu gaya hidup yang sudah terlanjur tinggi dan tidak punya dana darurat, biasanya penyesalan selalu datang belakangan. Menyesali sambil mengenang masa-ma-sa jaya. Tentu kita tidak ingin mengalami masa ini bukan? Lalu apa yang harus bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal ini tidak terjadi pada anda.

#1 TENTUKAN berapa penghasilan yang wajar, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Cara menghitung-nya adalah dengan mencari rata-rata penghasilan yang paling sering diterima setiap bulan.

#2 SESUAIKAN pengeluaran dengan penghasilan yang wajar tersebut. artinya pengeluaran tiap bulan tidak boleh melebihi dari yang telah dianggarkan. Pengeluaran ini termasuk pengeluaran rutin rumah tangga, pengeluaran untuk cicilan

hutang dan pengeluaran pribadi.

#3 MILIKI dana darurat, jika pada profesi dengan penghasilan tetap umumnya dana darurat tergantung anggota keluarga saat ini. Pada pro-fesi dengan penghasilan tidak tentu, minimal dana darurat adalah 12 x dari pengeluaran. Kenapa? karena jika tidak mendapatkan penghasi-lan sama sekali, atau penghasilan yang diterima jumlahnya kurang kita bisa memakai dana darurat yang telah disiapkan.

dengan dana ini, tidak ada lagi cerita pakai kartu kredit dulu untuk membayar cicilan KPR/KKB yang jatuh tempo. Pada prinsipnya kartu kredit hanya digunakan un-tuk mengganti uang kas yang sudah tersedia untuk dibelanjakan, tidak digunakan untuk pengganti uang kas yang belum kita terima. Ingat juga Kartu kredit, kredit tanpa agunan atau gesek tunai ada bunga yang harus dibayar jika tidak melu-nasinya. dana darurat juga hanya boleh digunakan pada sesuatu yang sifatnya penting saja.

#4 MILIKILAH proteksi, jika terjadi sesuatu maka aset yang sudah anda kumpulkan, tidak harus digunakan, karena anda sudah memindahkan resiko pada perusahaan asuransi.

#5 BOLEH-BOLEH SAJA menginginkan sesuatu yang nilainya melebihi pengeluaran, asal anda membelinya saat terima penghasilan lebih. Jan-gan pernah membelanjakan uang yang belum dimiliki.

#6 HINDARI komitmen jangka panjang, kecuali yang sifatnya butuh dan produktif seperti rumah. Jika mem-punyai uang berlebih, pertimbang-

9 rENCANA uNTuK PENgHASILAN TAK PASTI

Independent Financial PlannerTatadana Consulting

aPrida

POIN

t O

F v

IEW

FINANCIAL PLAN

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

59

kan untuk mempercepat komitmen jangka panjang tersebut. daripada uangnya malah terpakai untuk hal yang tidak jelas dan tidak memberi-kan manfaat

#7 JANGAN pelit pada diri sendiri. siapkan waktu dan dana khusus untuk mengupgrade dan mengasah kemampuan diri sendiri, tentunya yang berkaitan dengan pekerjaan, se-hingga bisa menambah value (nilai) anda sendiri. Ini penting! orang lain atau perusahaan memakai jasa anda karena value yang terdapat pada diri anda. saat orang lain/perusa-haan sudah tidak melihat value lagi, bukan hanya komisi/honor yang akan berkurang, bisa jadi anda akan digantikan oleh orang-orang yang

lebih muda, segar, dinamis, mau dibayar murah atau punya kemam-puan lebih yang tidak anda miliki.

saat value diri terus bert-ambah, ditambah dengan sikap rendah hati dan mau terus belajar maka bukan hanya pekerjaan atau klien yang terus berdatangan. Kita tidak akan pernah tahu kesempatan lain yang lebih menjanjikan bisa menghampiri anda. saat value terus bergerak naik, maka nominal akan cenderung mengikuti.

#8 JANGAN lupakan tujuan keuangan yang lain. Checklist tujuan keuan-gan anda mulai dari sekarang, dari yang mulai akan digunakan dalam waktu dekat seperti dana untuk menikah, dana pendidikan anak

sampai yang digunakan untuk masa yang akan datang seperti dana pen-siun. Menabung dan berinvestasilah untuk tujuan keuangan tersebut, dengan mengukur waktu jatuh tempo dengan nilai return investasi yang diharapkan (disesuaikan den-gan profile resiko masing-masing).

#9 INGIN pindah Quadrant jadi pebis-nis atau investor? Ingin Financial freedom, kenapa nggak? jika dari pekerjaan yang sekarang yang si-fatnya tidak tentu dan anda masih meragukan apakah dimasa depan masih bisa semanis sekarang atau apapun alasannya. dari komisi/honor yang diterima sekarang bisa disiapkan untuk membangun bisnis impian kita sendiri.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

60

ANINDyA NOVyAN BAKRIE

Saat krisis keuangan menerpa Asia pada tahun 1998, perusa-haan Bakrie tengah diterpa persoalan be-sar. usa ha kelompok Bakrie seolah berada pada titik nadir dengan hanya memiliki 2,5 % saham. Anindya Bakrie yang tengah bekerja di sebuah perusahaan di New york pun kem-bali ke tanah air. Misi besar menantinya: melakukan perubahan pada kelompok usaha Bakrie.

60

VIP

PErS

ON

AL

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

61

anIndYa novyan Bakrie, begitu nama lengkap putra sulung aburizal Bakrie, melukiskan kondisi kelom-pok Bakrie yang begitu terpuruk. “Ibarat kata, saat itu keluarga Bakrie lebih miskin dibanding pengemis. Kalau pengemis itu tidak punya hu-tang, tapi kelompok Bakrie utang-nya sangat besar,” begitu uraiannya.

anin semakin teruji ketika menangani stasiun televisi antv yang hampir bangkrut. saat masuk antv pada tahun 2002, stasiun tv nasional itu hampir bangkrut karena dililit utang. Hanya dalam waktu dua tahun ia bisa merestrukturisasinya dan utangnya menjadi nol. sekitar 80% utang perusahaan menjadi pe-nyertaan modal.

demikian juga saat Bakrie men-gambil alih Lativi pada bulan Maret 2007. Perusahaan TV tersebut juga tengah dililit utang yang cukup besar. sementara rating dan share-nya se-lalu berada di urutan terbawah. Pada bulan Februari tahun 2008 Lativi berubah menjadi Tvone. Format TV diubah dari general TV menjadi news TV. Tidak perlu waktu terlalu lama, Tvone telah menjadi leader news sta-tion di Indonesia.

Tangan dinginnya juga ber-hasil menjadikan Bakrie Telecom (BTeL) sebagai salah satu market leader pada operator telekomuni-kasi CdMa. semula perusahaan ini bernama Ratelindo. Jumlah pelang-gannya hanya 100.000 dan utang perusahaan cukup besar. Melalui produknya esia, BTeL menjadi per-intis operator telekomunikasi murah di Indonesia.

Hadirnya esia mengubah struk-tur pasar dan persaingan operator telekomunikasi di Indonesia. semula para operator dinilai terlalu banyak mengambil untung dengan mene-tapkan harga tinggi yang merugikan konsumen.

BTeL pun terus berkembang dan melahirkan sebuah unit usaha baru, yaitu Bakrie Connectivity (BConn). Perusahaan itu mema-sarkan layanan data nirkabel eVdo (evolution data optimize) dengan nama produk aHa. Peluncuran

aHa tersebut dilakukan di Ja-karta 24 Juni 2010 berkolaborasi dengan Google yang meluncur-kan produk terbarunya Google Chrome yang telah dimodifikasi secara khusus untuk aHa.

“saya memang dipanggil ka-lau situasi sedang sulit. Tiap kali ada pekerjaan pasti yang ada-ada saja, yang banyak masalah. nyari masalah saja,” tuturnya.

Pecinta olahraga lari mara-thon itu tak berhenti sampai di situ. Bisnis media massa online pun dirambahnya. anin pun mendirikan Vivanews.com den-gan merekrut sejumlah wartawan majalah Tempo. VIVanews yang didirikan 17 desember 2008. Vivanews kini berganti nama menjadi viva.co.id.

Bukan anindya kalau eng-gan belajar. dan cara belajar yang paling efektif adalah den-gan terlibat langsung. Learning by doing. Pendidikan bisnis yang diturunkan keluarga Bakrie pun mengasah kemampuannya un-tuk mampu menyelesaikan berb-agai soal. sejak awal, anin diberi tanggung jawab menghadapi persoalan berat. “Kalau awalnya diberi yang gampang, nanti tidak bisa belajar,” katanya.

Pilihan itu bukan tanpa ala-san. Generasi ketiga Bakrie itu berpendapat lika-liku yang dia hadapi tak sesulit yang dialami almarhum achmad Bakrie. saat itu, generasi pertama Bakrie memulai bisnisnya pada tahun 1942, saat Jepang menjajah bangsa Indonesia.

Merintis bisnis pada jaman penjajahan tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Itulah yang memicunya untuk bekerja keras melanjutkan dan mengem-bangkan bisnis kelompok Bakrie. “Kerja keras, kerja yang pandai ditambah doa dan bertawakal. Tapi bukan pasrah lalu tidak bekerja sama sekali,” paparnya.

saat ini, kelompok usaha Bakrie kembali dihadapkan pada persoalan. Harga saham Bumi

Plc London dan dua anak usa-hanya di Indonesia-BUMI dan BRaU-bergerak bak roller coast-er beberapa waktu belakangan. Pemegang saham dan investor Bumi Plc, PT Bumi Resources Tbk (BUMI), dan PT Berau Coal energy Tbk (BRaU) seolah menanti kejutan atas hasil per-seteruan antara nathaniel Roth-schild dengan kelompok Bakrie. Hal itu jelas akan mempengarun-gi nilai investasi di perusahaan-perusahaan tersebut.

sejak awal 2012, harga saham Bumi Plc terus turun. sepanjang tahun ini, level tertinggi harga saham BUMI Plc berada di level 902 sen poundsterling per 19 Januari 2012. sejak saat itu, harga saham BUMI Plc terus tergerus.

saham perusahaan yang ter-catat di bursa London itu pun sempat berada pada level 147,10 sen poundsterling pada 27 sep-tember 2012. Pada penutupan bursa 15 oktober lalu, harga sa-ham Bumi Plc  tercatat di level 245,30 sen poundsterling.

demikian pula yang terjadi pada saham BUMI. Pada 2 Feb-ruari lalu, saham BUMI berada di level tertinggi tahun ini yaitu di posisi Rp2.600. sayangnya, harga saham BUMI anjlok hing-ga menyentuh posisi Rp630. Pada 15 oktober, saham BUMI berada di level Rp 710.

nasib serupa juga menerpa saham BRaU. Harga saham ter-tinggi BRaU tahun ini berada di level Rp590. setelah itu, harga saham BRaU terus turun hingga ke posisi Rp 147 pada 9 oktober 2012. Pada 15 oktober, harga saham BRaU berada di level Rp240.

sejumlah isu penting mem-pengaruhi pergerakan harga saham perusahaan. Tudingan dugaan penyelewengan keuan-gan yang dilakukan BUMI dan BRaU oleh Bumi Plc meruak akhir september lalu. Bumi Plc menyatakan sudah membentuk

“SAYA MEMANG DIPANG-GIL kALAU SItUASI SEDANG SULIt”

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

62

tim investigasi independen untuk menyelidiki keuangan BUMI. selain itu, perusahaan juga akan meminta bantuan pihak berwenang di Ing-gris dan Indonesia terkait penyeli-dikan tersebut. Manajemen Bumi Plc juga menegaskan, penyelidikan akan fokus pada dana pengemban-gan BUMI dan aset di BRaU.

salah satu fokus penyelidikan adalah dana pengembangan BUMI. dana pengembangan di Bumi Re-sources dan satu aset pengemban-gan di Berau Coal energy turun ke angka nol dalam neraca Bumi Plc per tanggal 31 desember 2011, ke-cuali satu investasi dengan nilai Us$ 39 juta yang tercantum dalam laporan keuangan konsolidasi peru-sahaan.

namun, pihak BUMI memban-tah tudingan Bumi Plc tersebut. Manajemen Bumi Resources bilang, tuduhan Bumi Plc pimpinan na-thaniel Rothschild dan pembocoran masalah ini ke ruang publik meru-pakan upaya untuk menghancurkan perusahaan tambang batubara itu di Indonesia. Perseteruan itu memang bukan yang pertama terjadi.

sampai dengan artikel ini ditulis, akhir sengketa itu belum jelas. na-mun, dari mundurnya nath, sudah terang bila apa yang dialami salah satu tulang punggung bisnis kelom-pok Bakrie saat ini, masih terbilang ‘mudah’. setidaknya dibandingkan dengan situasi tahun 1998 dan 2008.

Kepiawaian anindya mengelola persoalan kembali dipertaruhkan. Lelaki kelahiran 10 november 1974 itu tampaknya kembali harus men-guji filosofinya dalam berbisnis. ‘se-makin banyak tantangan, semakin banyak peluang,’ begitu prinsip yang dipegang teguh.

Cara pandangnya selalu di-penuhi optimisme. Peluang selalu bisa dilihatnya meski usaha hampir mencapai titik terbawah. “Kalau su-dah hampir di bawah artinya sudah tidak terlalu banyak lagi bisa turun. Justru kemungkinan bisa naik san-

bIODAtA

Nama : Anindya Novyan BakrieTanggal lahir : 10 November 1974

PENDIDIkAN

1992 Lulus SMA Pangudi Luhur 1 Jakarta

1996 Northwestern University Evanston,

Illinois B. Sc., Industrial Engineering

2001 Standford Graduate of Business Standford,

California MBA, Global Management Program

kArIr

Pt bAkrIE tELECOM tbk. (btEL)President Director & CEO (2003 – sekarang).Provider jaringan telekomunikasi CDMA terbesar di Indone-sia, dengan 10 juta pelanggan. Menawarkan produk telepon seluler, telepon rumah, sambungan internasional, Internet akses dan data servis.

Pt vISI MEDIA ASIA (vIvA)President Commissioner (2011 - sekarang)President Director & CEO (2008 – 2011).Perusahaan media yang terintegrasi fokus pada bisnis konten (termasuk 2 saluran TV terkemuka, antv dan TvOne, dan media baru / bisnis platform Internet (viva.co.id).

Pt LAtIvI MEDIA kArYA (tvONE)President Commissioner & Chairman (2007 – sekarang).Saluran TV Berita dan olah raga terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia, yang melayani lebih dari 150 juta Indonesia. tvOne memperluas saluran dan merek di luar layanan saat ini ke dalam satelit / kabel, Internet dan platform distribusi mobile.

Pt CAkrAWALA ANDALAS tELEvISI (ANtv)President Commissioner (2009 - sekarang)President Director & CEO (2002 – 2009)Saluran TV hiburan dan umum terkemuka di Indonesia, me-layani lebih dari 170 juta penonton Indonesia. Antv memper-luas saluran dan merek saat ini gratis-udara-darat ke satelit / kabel, Internet dan platform distribusi mobile.

CAPItAL MANAGErS ASIA Pte., Ltd. – SINGAPOrEDirector & COO (2001 – sekarang)Pengelolaan Dana dan Penasehat Keuangan fokus di Asia Tenggara Sumber Daya Alam (Minyak & Gas, Pertamban-gan, Perkebunan, dan Kehutanan) dan T.M.T. (Telecom, Media dan Teknologi).

Pt bAkrIE & brOtHErS, tbk.Deputy to COO and Managing Director (1997 – 1999)Salah satu holding investasi terbesar yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dengan core bisnis telekomunikasi, infrastruk-tur dan agribisnis.

SALOMON brOtHErS Inc. – NEW YOrkFinance Analyst, Investment Banking, Global Power Group (1996 – 1997)

gat besar,” katanya.Berada dalam situasi sulit, memi-

cu anin berpikir keras untuk mencari jalan keluar dan menjadi lebih kreatif. Bukan hanya satu perusahaan ‘sakit’ yang bisa disembuhkan anin. Bah-kan, sejumlah usaha yang telah dija-mah tangan dinginnya kini merang-sek ke urutan atas di tanah air.

Pria yang mengenyam pendi-dikan tinggi di amerika serikat ini optimistis situasi akan membaik. dia meyakinkan bahwa fundamen-tal perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Grup Bakrie cukup baik. Bakrie, ujar dia, tetap harus memperbaiki kinerjanya. Karena, publik melihat utang kelompok Bak-rie masih menjadi beban.

Padahal, utang merupakan ung-kapan kepercayaan yang dapat digu-nakan untuk pengembangan usaha. “Yang terpenting adalah bagaimana melewati masa-masa ini dan mudah-mudahan bisa mempunyai nafas un-tuk sampai menikmati hasil dari ca-paian yang sudah bagus selama ini,” ungkapnya.

dinamika di pasar modal diakui berpengaruh pada anjloknya harga saham kelompok Bakrie. anin op-timistis kepercayaan para investor akan kembali tumbuh dan menguat pada saham-saham kelompok Bak-rie. dengan segudang pengalaman membangkitkan perusahaan berma-salah, persoalan kali ini tak mengge-tarkannya. “Toh ini bukan pengala-man pertama. Kalau dibandingkan, pengalaman yang lalu jauh lebih bu-ruk,” katanya.

Kelompok Bakrie dipastikan me-miliki strategi untuk dapat menyele-saikan berbagai persoalan yang saat ini mendera. Kepercayaan investor menjadi kunci pengembangan bis-nis kelompok usaha yang telah dirin-tis sejak Indonesia belum merdeka. dan yang utama, faktor keberun-tungan dari ‘atas’ tak bisa diabaikan. “Kami tidak takabur dalam mengha-dapi persoalan ini. Yang terpenting, berdoa,” pungkasnya.

VIP

PErS

ON

AL

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

63

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

64

sATriyo Yudi Wahono, sepintas tak ban-yak yang mengenalnya. Tapi kalau menyebut “Piyu Padi,” hampir semua orang tahu. Ya, Piyu memang besar dari musik. Kepiawaian-nya mencipta lagu, membuat Piyu cukup ter-sohor di kalangan musisi. Meskipun musik adalah hidupnya, perlahan namun pasti, kini Piyu mulai merambah ke dunia pasar modal. Beberapa bulan terakhir, Piyu mulai men-emukan ‘feel’ di dunia pasar modal setelah empat tahun bergabung.

Piyu ‘Padi’

Musisi ternama ini memulainya dengan pengala-man rugi ratusan juta rupiah ketika dalam sekejap,

krisis global 2008 menggerus portofolio reksa dan-anya hingga 75%. Namun, ia kemudian justru masuk

lebih dalam ke investasi saham. Kerugiannya ter-bayar, dan dengan investasi sendiri ia pernah untung hingga Rp1,5 miliar. Kini ia mulai menggeser profesi

musisinya dari sumber utama mata pencaharian.

MUSIk JADI UANG JAJAN, CAsh Flow DArI SAHAM

64

STORy

PErS

ON

AL

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

65

“saya semakin kesini semakin yakin. Karena saya sudah bekali dengan baca buku, ikutan seminar sana-sini, dan banyak te-man yang bermain di sini (pasar modal, red). sekarang saya ada crew, komunitas baru, te-man yang bisa sharing. Baru berapa bulan terakhir ini merasa enjoy dan sangat enjoy banget,” ujarnya saat ditemui di studio musik e-motion.

Perlunya investasi untuk masa depan, sebenarnya sudah disadarinya sedari dulu.

Meskipun ia dibesarkan dari industri musik, namun latar belakang pendidikannya beras-al dari disiplin ilmu ekonomi. Piyu lulus dari Fakultas ekonomi Universitas airlangga, karenanya sedikit banyak mudah terdorong berinvestasi. Konsep investasi sederhana, sudah dikenal pria kelahiran surabaya, 15 Juli 1973 ini jauh sebelum ia terkenal. “aku sudah dari dulu suka berinvestasi, dari awal pengenalan yang sederhana, seperti mena-bung.”

setiap ada peluang, tak pernah disia-siakannya. Prinsip ini ia terapkan saat mem-bangun studio musik di kawasan Cinere, Ja-karta selatan. Meskipun tidak memberikan return secara langsung, namun prinsipnya kala itu adalah sebuah studio musik dapat menjadi pohon uang kalau ada hasil kary-anya yang laku terjual di pasaran. “Royalti saya belikan tanah di Cinere. Terus saya ja-dikan studio, dari studio akhirnya saya bisa dapatin penghasilan dari studio itu,” ungkap suami dari anastasia Florin ini.

Kemudian ia mulai mempelajari konsep investasi yang lebih modern, khususnya du-nia keuangan. dia memulainya dari deposito dan reksa dana. Tapi kesan yang dia peroleh justru buruk. “saya dapat (beli) reksa dana Us (dollaras) pada tahun 2007. saat saya masuk justru terus turun. sampai menjelang 2008 kok dana saya tinggal 30%, tergerus 70%. dari situ akhirnya saya berpikir aduh gimana yah. Bukannya bertambah malah berkurang dan berkurang,” kenangnya.

Piyu memang masuk disaat yang kurang tepat. Ia masuk ketika nilai aktiva bersih (naB) industri reksa dana mencapai puncak kedua tertinggi sepanjang sejarah produk reksa dana. Karena krisis global 2008, nilai total naB reksa dana tercatat minus 18,74%. Piyu sempat bingung. Tak ada lagi investasi yang ia miliki, sementara ia harus berpikir bagaimana caranya memiliki investasi yang mampu memberinya hasil cepat. “akhirnya saya disarankan sama teman, yang memang sudah lama bermain saham. ‘Gimana kalau kamu main sendiri aja’. saya kan sama seka-li buta, nggak ngerti sama sekali,” ulas Piyu.

ayah tiga anak ini lalu nekad mencoba saham, kendati pasar sedang dijauhi banyak orang. Piyu menggunakan uang Rp175 juta hasil kerja kerasnya menjadi produser Titi Kamal pada waktu itu untuk membeli sa-ham Bumi Resources Tbk (BUMI). “saat itu kan BUMI sedang turun, dari 8.000 ting-gal 445. saya memang masih terlalu banyak diskusi, tetapi akhirnya memberanikan diri. saya belikan saham BUMI, pas harganya

MUSIk JADI UANG JAJAN, CAsh Flow DArI SAHAM

65

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

66

mulai masuk 775 per lembarnya,” ceritanya. dari situ, Piyu mulai membekali diri

belajar membaca grafik, analisis teknikal dan fundamental analisis, termasuk rajin membaca berita ekonomi. “ada fluktuasinya juga. saya sempat juga ngerasa kaya pada pengalaman pertama. Tapi baru beli, habis itu “Waduh kok turun lagi?” pada waktu itu ke 600-an (saham BUMI). Tapi saya bela-jar dari situ, sampai saya bertahan sampai 2000-an, akhirnya saya lepas,” ujarnya sem-bari tertawa.

Perlahan namun pasti, Piyu mulai mahir untuk memilih posisi beli atau jual. dia se-lalu memperhatikan pergerakan saham ber-dasarkan volume, tren harga baru kemudian dicocokan dengan analisis teknikal, funda-mental. Untuk teknikal, Piyu menyukai indi-kator oscillator.

sama seperti investor lain di pasar mod-al, Piyu tak pernah lupa pada pengalaman paling menyenangkan diinvestasi saham. dia pernah meraup Rp1,5 miliar dari kej-eliannya memperhatikan pergerakan pasar saham. “Tapi, saya juga sempat lost sampai setengah miliar. dari situ saya akhirnya bela-jar dengan benar, mulai dari baca buku, baca news, dan sebagainya,” ulasnya.

namun ‘feel’ investasi di pasar modal yang ia dapatkan sekarang tidak diperoleh dengan mudah. Pada mulanya, ia merasa kesulitan, terutama pada cara mengontrol emosi saat harga saham yang dibelinya tu-run. “Yang pertama lebih ke psikologi. so-alnya banyak informasi yang menunjukkan bahwa orang yang masuk ke saham kemu-dian bangkrut atau sampai hancur. ada juga yang ketakutan karena disamping rugi, juga akan menyita waktu,” katanya.

Tapi keraguan dan ketakutan itu bisa ditepisnya. Ia berprinsip tak ada yang tak mungkin asalkan mau berusaha. Meskipun pada awalnya harus mengalami jatuh ban-gun terlebih dahulu. “Kalau kita mau bisa renang, kita harus belajar renang. Nyebur, biar tahu rasanya kelelep (tenggelam, red). Kalau mental kita mental takut kalah, ya kita nggak akan pernah bisa. sama aja saat kita menelan air pada saat berenang ya. awalnya saya ketakutan juga, tapi karena saya mera-sakan bahwa uang saya hilang pada saat di reksa dana, saya berpikir kenapa saya nggak main sendiri,” jelasnya.

“Kalau kita mau bisa renang, kita harus

belajar renang. Nye-bur, biar tahu rasanya

kelelep (tenggelam, red). Kalau mental kita mental takut

kalah, ya kita nggak akan pernah bisa...”

PErS

ON

AL

STORy

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

67

satu-satunya cara untuk bisa menga-lahkan pasar adalah menerapkan cara-cara berinvestasi dengan benar. strategi yang tepat menurutnya bisa menuntun seorang trader sukses. “Pasang stop lost-nya, ikuti perkembangan sahamnya,” ujar dia. Piyu berbagi resep, bahwa dirinya mengakumu-lasikan keuntungan antara 7-8% setiap hari. artinya, bila sudah tercapai target keuntun-gannya, ia akan jual. “sekarang daily trad-ing nggak sampai Rp500 juta. Itu sudah cu-kup. Kalau ada lebihnya, ada profit sekitar Rp100 atau 200 juta, saya get out (jual), ” ujarnya.

Pengalaman buruk pada perkenalan pertama produk pasar modal 2008 silam kini sudah mengubah cara Piyu mencari nafkah. Kini Piyu tak hanya mahir dalam bermusik saja, tapi juga lihai sebagai trader saham. Bahkan, musik yang dulu membe-sarkan namanya, sekarang tak lagi menjadi mata pencaharian pokok baginya.

“Kalau melihat profesi saya sebagai musisi dan artis, saya memainkan musik akhirnya sebagai hobi. Mencari nafkahnya bukan dari itu, karena saya enjoy, saya bisa dirumah, saya bisa dengan anak-anak saya. Jadi kalau yang dari musik, jadi kayak uang jajan aja. Cash flow saya malah kebanyakan dari saham,” ujarnya sembari tersenyum.

saat ini Piyu konsisten mengelola paling tidak lima portofolio saham. dari keliman-ya, biasanya ia menahan satu saham unggu-lan untuk periode jangka panjang. “Untuk yang dimainin maksimal seminggu saya tahan dan kemudian lepas. dan yang paling lama hampir sebulan. saya sebenarnya bu-kan investor tapi trader, karena saya mem-butuhkan cash flow. saya lebih ke weekly, bahkan mungking day trader karena setiap hari juga harus melihat akumulasi apa yang saat ini harus masuk,” jelasnya.

Hasil keuntungan bermain saham ia gunakan untuk menopang kebutuhan po-kok. seperti untuk membeli mobil, membeli alat-alat musik, digunakan untuk liburan, dan lain sebagainya. “atau investasi yang lain kaya buat film, buat toko. Prinsip saya, investasi untuk diinvestasikan ke yang lain,” katanya.

Pada akhir wawancara, Piyu men-gakui bahwa dulu ia termasuk orang yang sependapat bahwa investasi di pasar modal itu banyak ruginya dan tak ubahnya seperti judi. Tapi kini, Piyu mengerti bahwa stig-ma negatif itu tak selamanya benar. “Pasar

modal adalah area atau tempat dimana kita bisa menginvestasikan uang kita, dan kita bisa mendapatkan pendapatan yang akan membantu kita untuk menambah nilai hid-up kita,” katanya.

“Jadi kita nggak harus melihat pasar modal itu sebagai tempat judi, tapi ha-rus melihat pasar modal sebagai tempat berbisnis, karena kita harus mempertim-bangkan resiko, keuntungan. Kita harus mengakumulasikan aset kita, supaya aset kita menjadi berkembang dan bertambah,” pungkasnya.

SUkSES TRAding ALA PIYU PADI

Mengenal pasar modal. Kita harus kenali dunia pasar modal itu seperti apa. Kinerjanya, bagaimana kita harus bermain saham. Hal ini perlu dilakukan karena tidak ada jaminan akan selalu mendapat un-tung sekalipun sudah tahu seluk beluk pasar modal.

Siap mental. Sama halnya usaha di sektor riil, untung dan rugi akan menjadi hal yang biasa ketika masuk di dunia pasar modal. Namun efek psikologis yang ditimbulkan bisa lebih besar. Pelaku pasar akan sangat mudah mengalami stress ketika saham yang dimilikinya turun drastis ketimbang pengusaha yang men-galami rugi karena jualnya turun.

Pertimbangkan risiko dan untung. Hal ini yang kemudian menghilangkan stigma negatif, ‘pasar modal sama dengan judi’. Karena dengan memper-timbangkan risiko itu artinya tidak ada unsur gambling dalam investasi ini.

Banyak belajar. Supaya sukses di pasar modal, perlu banyak

belajar mengenai teknis maupun strateginya. Belajar

bisa dengan cara banyak latihan, membaca buku

investasi, mencari in-formasi saham terkait,

dan berkonsultasi dengan manajer

investasinya.

67

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

68

LIFE

StYL

E

TidAK pernah sekalipun terbesit dalam fikiran saya berkunjung ke negara Vietnam. Malah saya menganggap negara itu tidak menarik untuk dikun-jungi oleh wisatawan. namun, ajakan seorang teman dan tiket promo salah satu maskapai penerbangan membuat saya mulai menandai cuti kantor yang tersedia untuk pergi ke Ho Chi Minh. dengan berbekal nekad, dan uang dikantong sebesar Rp 1,5 juta dikantong akhirnya kami berpetualang di negeri Paman Ho selama 4 hari, 3 malam.

sesampainya di bandara Udara Internasional Tan son nhat, kami memesan taxi untuk diantarkan ke sebuah hotel di distrik 1 bernama Vietnam Village Hotel, ini hasil brows-ing internet. Kawasan distrik 1 terkenal sebagai kawasan turis backpacker dengan harga bersa-habat, biasanya rate penginapan rata-rata kalau dirupiahkan an-tara Rp50 ribu-500 ribu per hari. Kalau mau dapat yang bagus, pintar-pintarlah mencari hotel yang dianggap murah, nyaman dan fasilitas lengkap.

Hotel kami cukup nyaman dan lengkap, meskipun kamar hanya difasilitasi fan tanpa air conditioner, namun sudah men-cakup kamar mandi dengan air panas, televisi, dan sebuah sofa panjang. Maklum rate kamarnya cuma Rp50 ribu per malam. Hotel juga menyediakan jasa tur bagi wisatawan, sang resepsionis hotel yang juga merangkap seb-agai marketing gencar mempro-mosikan kepada wisatawan agar kami mengambil paket tur yang disediakan melalui brosur.

atas rekomendasi dia, kami

MELANCONG KE NEGERI PAMAN HO

Ada sosok novelis Prancis Victor Hugo yang di-jadikan nabi agama resmi di sana, dan jawaban mengapa Amerika Serikat tak bisa menang melawan Vietkong

bESt PLACE TO gO

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

69

memilih untuk mengunjungi Kuil Cao dai (baca Kao dai). Menurut dia, Cao dai memiliki elemen dari beberapa agama besar di dunia. Wah, seperti apa, ya? akhirnya saya mendapat paket tur sehari mengunjungi Kuil Cao dai dan Terowongan Cu Chi seharga Us$ 7. Harga tersebut sudah termasuk dua kali makan. Keesokan harinya, kami diharuskan siap pukul 09.00 waktu setempat, karena Bus beser-ta guide akan menjemput kami di hotel tersebut. Ternyata dalam bus ada beberapa wisatawan lainnya yang ikut dalam rombongan kami,

saya pun tak sabar untuk segera melihat seperti apa Kuil Cao dai.

Kuil Cao dai  terletak di wilayah Tay ninh, sekitar 96 kilometer sebelah barat laut Kota Ho Chi Minh, dekat perbatasan Kamboja. Kira-kira pukul 12.00 siang kami tiba di komplek Cao dai, tempat ibadah para Cao daism, sebutan agama asli Vietnam itu. Bangunan kuil dengan mayoritas penganut terbatas di Vietnam selatan itu memiliki gaya yang khas, tidak mi-rip kelenteng, meskipun warnanya di dominasi dengan warna merah dan emas. Kompleks kuil berada

jauh dari permukiman. dari lokasi parkir kendaraan, rombongan pengunjung harus berjalan sejauh 100 meter disekelilingnya terdapat banyak pohon karet.

sang guide Mr Lee yang lihai berbahasa inggris dengan aksen Vietnam menjelaskan kepada kami bahwa Cao dai adalah agama yang relatif baru. Cao dai disebut merupakan pimpinan dari semua agama, Ia diciptakan oleh spiritua-lis Vietnam pada sekitar 1926. Tapi kini Cao daism menjadi agama ketiga terbesar di Vietnam setelah Buddha dan Katolik. Pengikutnya

SUASANA PROSESI RITUAL DI KUIL CAO DAI

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

70

ada sekitar 7 juta warga Vietnam dan pulu-han ribu pengikut yang tinggal di negara-negara lain.

agama ini diwakili dalam teologi Cao dai melalui konsep-konsep seperti re-inkarnasi, vegetarian, serta yin dan yang. Juga pada tiga warna utama mereka, yaitu kuning yang melambangkan Buddhisme dan kebajikan; biru melambangkan Taoisme dan pasifisme; serta merah melambangkan Konfusianisme dan otoritas.

Cao dai dipandang sebagai jawaban atas agama ideal yang menggabungkan elemen dari banyak agama utama dunia, termasuk Buddha, Konghucu, Kristen, Hindu, Islam, Yudaisme, Taoisme, serta Geniism (agama asli Vietnam). Mereka percaya bahwa semua agama adalah sama. Upacara keagamaan dilakukan setiap hari oleh jemaat di kuil ini. Mereka berdoa empat kali sehari, yaitu pukul 06.00, di tengah siang, pukul 18.00, dan tengah malam.

Beruntungnya, kami datang bertepa-tan dengan upacara ritual di Cao dai, dan yang unik adalah pakaian para penganut Cao dai itu serba putih -putih baik wanita dan pria. salah satu pemandangan paling mengesankan di dalam kuil adalah ketika melihat lautan pengikut Cao daism, yang mengenakan jubah serba putih berjalan ma-suk secara sistematis, lalu berkumpul dan berbaris dengan tertib saat upacara. Jemaat pria dan wanita terpisah. semua pria duduk berbaris di bagian sebelah kanan, sedangkan

perempuan di sebelah kiri. saya takjub dengan kemegahan

kuil tersebut. Kuil ini lebih besar dari luas separuh lapangan sepak bola, dan dilengkapi empat menara. Yang paling menarik perhatian adalah Mata suci, yang disembah oleh para penganutnya. Mata suci adalah simbol yang terpent-ing bagi penganut agama Cao daism, yaitu simbol mata yang mewakili mata Tuhan. simbol mata ini dibingkai dalam sebuah segitiga yang dikelilingi sinar matahari dan ukiran bunga teratai sebagai ornamen pengaturan cahaya untuk interior kuil.

di bagian dalam kuil terdapat sebuah aula besar dengan dua barisan dari 28 pilar besar berukiran naga yang mewakili 28 manifestasi dari sang Buddha. Langit-langit kubah dibagi menjadi sembilan bagian yang dilukis dengan gambar langit berwarna biru cerah, dipenuhi awan putih, dan dilengkapi bintang yang melam-bangkan surga. di sekitar lampu juga dipenuhi oleh berbagai ukiran simbol hewan yang memiliki makna masing-masing.

di depan pintu masuk kuil, ter-dapat tiga gambar tokoh yang dihor-mati dalam agama Cao daism, antara lain sang novellis Prancis Victor Hugo, Pemimpin politik Cina, sun Yat sen  dan penyair yang berasal dari Vietnam, nguyen Bin Khiem. Mr Lee menjelas-kan, patung Victor di buat karena Victor dianggap sebagai nabi yang meramalkan munculnya agama yang baru dengan tujuan untuk menyatukan spiritualitas asia dan dunia Barat.

Para penganut Cao dai pun tidak merasa terganggu dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kuil Cao dai dan berfoto-foto, ini menunjukkan bahwa penganut tersebut mentoleransi siapapun untuk mengenali agama dan kuil Cao dai. Bagi wisatawan diberi tempat khusus untuk melihat prosesi ritual keagamaan, yaitu dari balkon lantai atas yang membentang di sepan-jang kuil.

Upacara dimulai setelah salah satu

LIFE

StYL

E

NOvELLIS PRANCIS vICTOR

HUGO, PEMIMPIN POLITIK CINA,

SUN YAT SEN  DAN PENYAIR

YANG BERASAL DARI vIETNAM,

NGUYEN BIN KHIEM.

MEMAINKAN ALAT MUSIK UNTUK

MENGIRINGI PROSES RITUAL

bESt PLACE TO gO

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

71

imam berdiri dan berjalan menuju altar untuk melakukan penghormatan. diiringi suara gong sebagai aba-aba, jemaat serempak berlutut bersamaan di depan altar mengawali doa. Para imam dengan mudah dapat saya kenali. Mereka memakai topi putih berhiaskan Mata suci dan mengenakan jubah ber-warna cerah, kuning, biru, dan merah, yang mencerminkan kesetiaan rohani mereka.

selama beribadah, semua elemen dari agama besar yang mereka pakai di-tunjukkan dalam gerakan dan aktivitas saat berdoa. seperti bersujud (Islam), bernyanyi atau membaca mantra (Taoisme/Buddhisme), dan membuat tanda salib (Kristen).Tak lama kemu-dian, suara gong menyatu dalam irama musik instrumen petikan dan nyanyian yang harmonis dari kelompok paduan suara.

Terowongan Chu Chi anda yang menggemari film perang

tentu cukup akrab dengan film-film berlatar belakang perang Vietnam, sep-erti Platoon, Full Metal Jacket, Born on the Fourth of July dan serial TV Tour of duty. nah, bagi yang sudah tiba di Ho Chi Minh City, sediakan waktu untuk mengunjungi terowongan Chu Chi. Terowongan ini menjadi tujuan kedua saya, setelah Kuil Cao dai.

Chu Chi Tunnel terletak  sekitar 30 km dari Ho Chi Minh City. Tempat ini adalah tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan asing. Terowongan Chu Chi memiliki panjang 250 km, dan ter-diri dari tiga level yang menjadi tempat

efektif para tentara Vietcong bersem-bunyi, dan melakukan perang gerilya terhadap tentara amerika serikat. Chu Chi ini membuat saya berdecak kagum pada para Vietchong (komunis Viet-nam) karena selama bertahun-tahun mampu hidup dengan berlindung di bawah tanah yang sempit dan minim udara.

dengan biaya tur yang murah meriah, sang guide membawa kami melalui hutan karet, di mana bagian dari Chu Chi Tunnels dipentaskan untuk mendemonstrasikan bagaimana orang Vietnam bertahan hidup selama perang. Beberapa bagian dari tur di terowongan Chu Chi cukup meny-enangkan sekaligus menarik, karena hanya wisatawan yang berbadan kecil yang bisa masuk ke dalam terowongan tersebut.

Menurut cerita dari pemandu, lebih dari 6.000 Vietnam hidup, berjuang dan bekerja di terowongan Chu Chi pada tahun 1960 hingga 1975. Bayangkan saja untuk masuk ke dalam terowongan itu aku harus berjongkok, dengan kondisi minim udara, sempit dan gelap. Mungkin seorang Claustro-phobia—ketakutan terhadap tempat yang tertutup, khususnya yang kecil atau sempit—disarankan tidak masuk terowongan ini.

dengan kondisi sedang perang dan menegangkan, orang Vietnam terpaksa berlindung di terowongan dari segala ancaman akibat pemboman tersebut,. Mereka bisa berhari-hari dengan kondisi punggung membungkuk den-gan lorong-lorong kecil yang tingginya 3 kaki. Tak jarang orang Vietnam yang bersembunyi kerap menghadapi serangan serangga beracun, minimnya persediaan makanan, dan melawan penyakit Malaria.

Terowongan Chu Chi ternyata di desain tiga level pertama, untuk kedalaman 3 meter di bawah tanah terdiri dari bunker-bunker yang mem-punyai fungsi masing-masing seperti bunker ruang pertemuan, rumah sakit,

kamar tidur, gudang senapan dan dapur. Level kedua dengan kedalaman  6 meter adalah tempat pelarian, sedangkan level ketiga dengan kedalaman 9 meter adalah pintu  keluar terowongan yang berujung ke tepi sungai.

selain terowongan, tentara vietnam juga membuat berbagai jenis jebakan atau ranjau. Biasanya dari bambu-bambu runcing lalu, disamarkan dengan menggunakan rumput-rumputan. di area ini juga dipamerkan senjata-senjata dipergunakan oleh tentara vietnam, serta tank amerika yang berhasil direbut oleh tentara vietkong. Kita juga bisa ikut mencicipi bagaimana rasanya menjadi tentara Vietcong dengan mencoba sena-pan aK-47 yang terkenal itu.

Menjelajahi Terowongan Cu Chi ternyata menjadi salah satu petualangan yang paling mengesankan di Vietnam. Meskipun tur tersebut agak membuat bulu kuduk merinding dan ketakutan, tapi ini sangat menyenangkan,  Terowon-gan ini dijadikan simbol dari ketekunan dan tekad orang-orang Vietnam mela-wan amerika serikat yang lebih tinggi di salah satu area peperangan paling terkenal dari Perang Vietnam.

sayangnya, 4 hari 3 malam di Hoa Chi Minh City hanya menyisakan memori diingatan. saya kehilangan momen abadi berupa foto-foto di kamera selama per-jalanan,  karena data foto yang tersimpan di flashdisc tertinggal di sebuah restoran India saat kami makan malam. saya baru menyadari kehilangan benda mungil itu sesampainya di Bandara Tan son nhat menuju kembali ke Jakarta.

SIMBOL MATA YANG

MEWAKILI MATA TUHAN.

Penulis, emma Kirana. IBU RUMAH TANGGA YANG MEMILIKI HOBI

TRAvELING. TINGGAL DI DKI JAKARTA

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

72

Kini giliran sony Mobile mengeluarkan inovasi baru, sebuah ponsel jam tangan bersistem operasi android, yang diberi nama sony smartwatch. selain memiliki fungsi utama sebagai penunjuk waktu, sony smart-watch juga dapat digunakan untuk kontrol sederhana pada ponsel pintar berbasis an-droid. seperti menampilkan notifikasi telepon (mengangkat dan menolak panggilan), mem-baca sMs, menerima email, notifikasi dari twitter dan update facebook, juga pengingat kalender. selain itu, kontrol musik dan pang-gilan tak terjawab juga turut disematkan.

desain layar jam tangan pintar ini lebih simpel dengan layar sentuh berjenis oLed. dilengkapi tombol daya pada bagian be-lakang, ukuran yang cukup proporsional, jam

ini tampak pas di tangan. Uku-rannya, 36 mm x 36 mm, dengan ketebalan 8 mm dan berat sekitar 54 gram. Tampilan permukaanya cukup elegan dengan balutan warna hitam. Bingkai dengan ma-terial logam yang mengkilap, se-makin menonjolkan warna elegan jam pintar ini. Kesan elegan juga didukung oleh tali karet dengan

warna senada. Jam tangan pintar ini menggunakan bat-

erai non-removable atau tidak dapat dilepas.

Cara mengisi ulang cukup dengan menan-capkan kabel UsB ke port yang ada. Port UsB dilindungi dengan penutup klip pegas dan menggunakan konektor proprietary.

Cara untuk menggunakan sony smart-watch, pertama perangkat aksesoris tersebut harus dihubungkan dengan ponsel android menggunakan koneksi Bluetooth. Untuk keperluan tersebut, jam pintar ini dilengkapi dengan fitur koneksi Bluetooth versi inti Bluetooth 3.0, dengan radius 10 meter.

Tampilan layar oLed akan menunjukkan waktu, hari dan tanggal. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan fitur hemat daya. Pada saat pertama digunakan, layar akan otomatis mati, dan untuk melihat jam perlu menekan tombol power terlebih dahulu untuk meng-hidupkan dari mode sleep. Baterai dapat bertahan hingga 1 minggu pada pemakaian rendah, dan rata-rata 4 hari untuk pemakaian sedang.

sebenarnya sony mobile bukan vendor pertama yang bisa diklaim memproduksinya secara masal. Produk serupa pernah dikem-bangkan sony Mobile saat masih bersama ericsson, dan diberi nama LiveView. dari sisi produk, jam ini juga bukan sepenuhnya pon-sel. Ia lebih mirip handset ponsel yang dileng-kapi dengan jam, meskipun begitu istilah jam pintar tetap layak disematkan kepadanya.

MENgANgKAT TELPON SEMAKIN MuDAHPilihan google menggratiskan sistem operasi android adalah kepu-tusan yang tepat. Hal itu membuat banyak vendor perangkat elek-tronik, berlomba-lomba mengeluarkan inovasi baru dengan harga jual murah. Kini, setelah pasar smartphone dijejali dengan gadget ‘bernyawa’ android, satu persatu sejumlah perangkat lain menyusul.

SPESIFIkASI DIMENSILayar : 36 mm x 36 mmKetebalan : 8 mmBerat body : 15.5 gramBerat tali : 26 gram

Sistem Operasi : AndroidBluetooth : 3.0 (radius 10 m)

tAMPILANLayar : OLED warna hitam, multisentuhPerlengkapan : Adaptor tali jam dan pengisi daya USBFitur pesan : baca SMS, Email , kalenderFitur jejaring sosial : Facebook, Twitter

Daya tahan Baterai : 1 minggu untuk pemakaian rendah : 3-4 hari untuk pemakaian biasa : 1 hari untuk pemakaian berat

JAM PINtAr

LIFE

StYL

E

72

GADGEt & STuFF

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

73

SPESIFIkASIGeneral 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 3G Network HSDPADisplay Type Capacitive touchscreen, 16M colors Size 720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density) MultitouchMemory Card slot microSD, up to 32 GB Internal 1 GB rAM, 4GB rOMData GPrS, EDGE, Speed HSDPA, HSUPA WLAN, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot Bluetooth with A2DPUSB microUSB v2.0Camera Primary 8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, Video record, 1080p@30fps Secondary 2 MPFitur Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) Chipset Exynos 4412 Quad CPU Quad-core GPU Mali-400MP Sensors Accelerometer, proximity, compassMessaging SMS, MMS, Email, Push Mail, IM, rSS Browser HTML5Battrey Standard battery, Li-Ion 2250 mAh

China tampaknya tidak mau lagi dianggap sebagai produsen barang elektronik murah. Lenovo sudah membuktikanya dengan membeli lisiensi merek Think Pad dari IBM pada produk laptop. Belakangan, Lenovo terus mencoba persaingan di pasar ponsel pintar, mencoba melawan dominasi apple, samsung, dan vendor lain.

Pabrikan ponsel pintar asal China itu kembali meluncurkan seri terbarunya LePhone Lenovo K860, setelah seri sebelumnya LePhone Lenovo s880 diluncurkan sebagai seri perdananya di Indonesia. Meski-pun seri terbaru tersebut belum

LEPHONEmerambah pasaran tanah air. selain untuk menyaingi penetrasi pasar smartphone samsung Galaxy note ataupun samsung Galaxy note II yang sangat cepat, produk terbaru Lenovo ini juga untuk menyempurnakan seri-seri sebelumnya.

dilihat dari segi tampilan layar, seri terbaru LePhone Lenovo K860 memiliki ukuran layar sentuh yang sama dengan seri s880, yaitu 5 inchi. namun resolusi gambar yang ditawar-kan jauh lebih tinggi yaitu Hd 720 x 1280 piksel.

Bagian dalam ponsel pintar seri K860 ini menggunakan processor yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya. Bila pada seri s880 memanfaatkan processor MTK6575 berkecepatan 1 GHz, pada seri K860 menggunakan processor quad core samsung exynos 4412, dengan dilengkapi GPe Mali-400 MP. dengan didukung sistem pengoperasian os android 4.0.4 Ice Cream sandwich (ICs).

Bagi anda yang menyukai foto-grafi, ponsel pintar android LePhone Lenovo K860 dilengkapi kamera utama (belakang) dengan kemampuan membidik 8 MP. dengan diperkuat lampu flash Led. sedangkan bagian depan dilengkapi dengan kamera 2 MP.

dengan kemampuan kamera yang cukup tinggi, penggunan juga dapat menggunakan fasilitas video redcord dengan hasil yang lebih baik, karena seri K860 memiliki kemampuan merekam 1080p@30fps. Lebih tinggi bila dibandingkan dengan seri s880 yang hanya 720p@30fps. Kamera juga dilengkapi dengan fitur Geo-tagging.

seri teranyar ponsel pintar Lenovo ini memiliki kapasitas memori dua kali lipat bila dibandingkan dengan seri s880. Lenovo K860 memiliki kapasi-tas memori internal 1 GB RaM plus RoM 4 GB. Ponsel pintar ini sudah dapat dijumpai di pasaran, meskipun belum sampai ke pasar dalam negeri. di pasar elektronik China, ponsel pin-tar ini dibandrol dengan harga 2.199 yuan atau sekitar Rp.4 jutaan.

LENOvO K860

73

GADGEt & STuFF

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

74

MERAH : Melambangkan sang pria sedang dalam keadaan psikologi penuh

produktifitas, persaingan, dan birahi. Warna merah juga bisa dicirikan sang

pria ingin mendominasi si pasangannya atau rival di kantor anda. Wow!

BIRU : si pria ingin menunjukkan bahwa dirinya sosok yang sangat

serius, tanpa basa basi. Kalau butuh kepastian, datangi orang-orang

yang suka mengenakannya.

HIJAU : Melambangkan sosok kepribadian hangat, bersaha-

bat. demikian pula dengan warna hijau atau merah

muda, dasi warna ini cocok dikenakan saat musim semi

atau panas.

HITAM : dia adalah tipe pria pebisnis yang konven-sional. dia lahir dari masa lalu, dan agak susah diajak

bicara hal-hal baru di masa kini.

BERPOLA : Motif garis-garis disebut-sebut

sebagai tren fashion saat ini. Pria model ini umumnya simple dan

tidak ingin ungkapkan jati diri sebenaarnya.

REKOMENDASIBeberapa desainer kenamaan

menyebutkan,dasi garis-garis dengan warna cerah dapat dikombinasikan dengan gaya apa pun. anda bisa me-milih dasi dengan garis-garis diago-nal sebagai pelengkap penampilan.Garis diagonal tersebut, meski sangat klasik tetapi bisa menjadi pilihan yang cocok untuk penampilan saat berbisnis.  namun perlu diperhatikan, yang ingin mengenakan dasi berpola perlu memerhatikan ukuran ataupun model pola yang tertuang dalam dasi

tersebut.alasannya, tipe, pola dan ukuran dasi memang menjadi hal yang penting. selanjutnya, anda per-lu memadukan dasi dengan kemeja dan kegiatan yang hendak dilakukan. Biasanya, siapa yang ingin tampil lebih elegan dalam pertemuan bisnis akan lebih senang mengenakan dasi berpola dari bahan satin.

Hindari pemakaian dasi motif bunga-bunga bila anda hendak menghadiri meeting. Kalaupun terpaksa, sebaiknya memilih dasi dengan motif bunga dalam ukuran kecil dalam warna yang tidak terlalu

terang.ada satu tipe yang terbilang

klasik namun tetap cocok dikenakan dalam acara apapun. Yaitu bow tie atau dasi pita berwarna hitam, yang biasanya dipadukan dengan tuksedo. dasi pita warna hitam memang terbilang serasi dikenakan dengan setelan apa pun. namun,dasi pita berwarna perak ataupun putih juga dapat dikenakan pada acara siang hari. sementara dasi pita dalam warna lainnya, sangat pas dikenakan dalam acara-acara, seperti pernika-han.

dasi memang kerap dianggap remeh, kadang hanya dianggap aksesori saja. Kenyataanya dewasa ini dasi bisa menjadi hal penting. saat ini dasi bisa dipakai untuk menunjukkan siapa anda tanpa perlu banyak berbicara.

Beberapa orang di dunia bisnis sudah mulai memakainya untuk menandai seseorang. sep-erti apa dia, sehingga tidak salah langkah dalam bersikap. sialnya, soal tebak menebak ini bisa saja salah kaprah, karena anda ter-masuk sebagian besar pria yang hanya menganggap dasi adalah selembar kain yang terikat di leher dan menjuntai di bagian dada.

Untuk menghindarinya, ada rumusnya:

LIFE

StYL

E

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

74

GADGEt & STuFF

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

75

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

76

Masih ada cerita tersisa dari ajang Indonesia International Motor show

(IIMs) yang baru berakhir akhir september lalu, yakni hadirnya nissan

GT-R R35 sebagai salah satu suguhan istimewa PT nissan Motor Indonesia

(nMI). Mobil sport Jepang ini merupakan versi facelift terbaru, resmi dipas-

arkan ke Indonesia dengan bandrol Rp 2,2 miliar on the road Jakarta dan

siap dikirim ke garasi pembeli desember ini.

LIFE

StYL

E

76

AUtOS

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

77

MESINGT-R dibekali mesin VR38deTT 3.799 cc V6 dengan teknologi CVTC,

blok silinder aluminium dengan dua turbocharger menyemburkan tenaga 545 dk dan torsi maksimum 632 nm pada putaran mesin 3.200-5.800 rpm. Ke-cepatannya sudah tidak perlu diragukan, bisa melesat 0-100 kpj (kilo per jam) di bawah 3 detik disokong dengan sistem transmisi 6-percepatan dual clucth sehingga perpindahan transmisi jadi lebih halus. Masih nyaman buat harian, tapi juga bisa diajang ngebut sampai 311 kpj. sistem penggerakknya sudah semua roda. serta, nissan GT-R diklaim punya rata-rata konsumsi bahan bakar 5,71 kpl (kilo per liter) untuk dalam kota dan 8,2 kpl di tol.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki mobil sport nissan ini adalah pada faktor keamanan, GT-R R35 sudah dilengkapi rem anti-lock  braking system (aBs), kontrol kestabilan dan kontrol traksi. Lalu ada dual airbag dan airbag tirai. Untuk membantu pengemudi mengendalikan mobilnya, nissan juga membekali GT-R dengan layar monitor di dasbor dengan interface buatan Polyphony digital. Layar ini menampilkan beberapa data menarik seperti pemetaan G-force (gaya tarik bumi) waktu menikung, posisi putaran setir, gigi dan waktu tiap putaran ketika lagi ngebut di sirkuit. Untuk menambah kenya-manan parkir juga sudah ada dilengkapi kamera mundur.

DESAINdari desainnya, aura sporty sangat kental disuguhkan shiro nakamura,

kepala desain nissan, salah satu penanggung jawab GT-R. Tampang mobil sport kupe ini punya karakter khas, seperti sebuah robot. nakamura mengaku terinsiprasi desain mobil ini dari film animasi terkenal Jepang Gundam. Fokus utama nissan adalah menciptakam mobil bukan dari salinan mobil sport tapi benar-benar mencerminkan kebudayaan Jepang.

Proses desain sendiri juga melibatkkan desainer lain asal as yang men-ciptakan sebagian besar bentuk buritan, sedangkan atap mobil diberi keper-cayaan pada desainer eropa. Paling menarik, sentuhan Polyphony digital, pencipta seri video game balap Gran Turismo yang dikontrak untuk meran-cang tampilan layar dasbor GT-R!

SEJARAHdi Indonesia, ketenaran nissan GT-R cukup banyak dikenal. Mobil ini

satu angkatan seperti mobil sport asal Jepang lain seperti Toyota supra, Celica atau Honda nsX. Pada awalnya, emblem GT-R pertama kali dipasang pada nissan skyline sebagai tanda kalau ini merupakan varian lebih tinggi dari tipe standar pada 1969, berbekal mesin 2.000 cc. Tradisi ini diteruskan pada 1990 dengan bekalan teknologi baru turbo ganda. Model ini terus berlanjut dengan kehadiran versi R33 di 1994 dan R34 di 1999.

77

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

78

setelah masuk era milenium, tepat-nya desember 2007, nissan tidak lagi menggunakan nama skyline, sekaligus meluncurkan generasi pertama GTR di ajang Tokyo Motor show. disusul perke-nalan selanjutnya di amerika serikat, Juli 2008. Karena mesin dan transmis-inya diproduksi dengan tangan alias handmade, nissan membatasi produk-sinya cuma 1.000 unit per bulan.

KEJUTANKehadiran GT-R di ajang IIMs tahun

ini seperti kejutan yang coba disuguh-kan nMI untuk konsumen Indonesia. Masuknya GT-R resmi via jalur resmi agen tunggal pemegang merek, tentu lebih menjamin layanan purna jual yang ditawarkan sekaligus menjadi langkah pertama nissan masuk ke segmen mobil sport di Indonesia. “Memang segmen yang dibidik oleh nissan GT-R sangat khusus. Kami percaya GT-R punya penggemar antusias sendiri,” komentar Teddy Irawan, Vice President sales & Marketing nMI waktu peluncuran di IIMs, bulan lalu.

ALTERNATIFdengan dipasarkannya GT-R resmi

di Indonesia, maka makin banyak saja mobil sport yang dipasarkan langsung di bawah asuhan aTPM resmi Indonesia. Belum lama terpaut dari nissan, Toyota baru saja meluncurkan mobil sport terba-runya 86, Juni 2012. sementara di ajang IIMs 2012, subaru meluncurkan BRZ. Baik 86 dan BRZ merupakan produk kolaborasi Toyota dan subaru untuk mengisi segmen sport entry level.

Keduanya dibekali mesin Boxer 4U-Gse berkapasitas 1.998 cc dengan teknologi d-4s (direct injection 4-srtoke gasoline superior), plus transmisi 6-per-cepatan manual dan otomatis. Mampu menghasilkan tenaga 200 Ps @7.000 rpm dan torsi 205 nm @6.400 rpm dan digerakkan oleh roda belakang. Ciri khas mobil sport kompak ini,  titik gravi-tas yang rendah, hanya 460 mm. Hal tersebut bisa diperoleh karena konstruksi mesin mesin boxer yang harisontal.

Letak perbedaan kedua mobil ini hanya pada desain wajah dan tentunya strategi pemasaran. dari tampilan, kalau “Hachi-Roku” (julukan 86) punya wajah

tajam dengan sepasang “mata” HId proyektor dan lampu belakang Led yang futursitik. Kesan sebagai mobil agresif juga tampak pada air scoop di  kap mesin plus ujung knalpot ganda. Tambahan lain, side skirt dan spoiler be-lakang yang membuat aura sport mobil lebih kental.

Masuk ke dalam kabin, Toyota me-masang setir berdiameter kecil dengan balutan dua warna, hitam dan kom-binasi hitam-merah. Pemindahan gigi dilengkapi dengan paddle shift, cruise control, panel digital dan analog untuk speedometer serta tachometer.

BRZ Jika melihat sekilas, desain BRZ memang mirip dengan saudara kembarnya. Tapi, bila kita lihat lebih teliti lagi terdapat beberapa perbedaan kecil di bagian eksterior, terutama bagian depannya. seperti, pada peletakkan lampu sein yang berdekatan dengan lampu kabut sehingga terintegrasi dengan lampu utama. se-lain itu, grill BRZ motifnya kotak-kotak sedangkan 86 bentuknya sarang tawon.

Pada bagian buritan, desain BRZ tidak terlalu berbeda hanya menambah-kan aksen krom pada sepasang knalpot dan di diffuser belakang. di dalam kabin, juga terlihat perbedaannya, karena BRZ dibekali setir palang tiga dan pedal stainless-steel. Kesannya lebih minimalis didominasi warna hitam, tapi terdapat beberapa sentuhan detail seperti cetakan jahitan berwarna merah yang dapat kita temukan pada jok, setir, rem tangan, dan tuas transmisi.

Karena dipasarkan menggunakan strategi yang berbeda, harga dan teknik pemasarannya juga berlainan. Toyota Indonesia menargetkan penjualan Toyota 86 bisa mencapai 200 unit setahun sedangkan PT TC subaru mengaku hanya mendapat pasokan di bawah 10 unit per bulan untuk konsumen Indonesia.

subaru menawarkan BRZ dalam dua varian yaitu, transmisi manual dibandrol Rp 668 juta dan otomatis Rp 628 juta. Harga ini sedikit lebih mahal dari Toyota yang menawarkan 86 dalam empat varian, yakni Rp 611 juta untuk Toyota 86 manual, Rp 621 juta (otomatis), Rp 634 juta 86 otomatis aeropack-age dan Rp 647 juta untuk Toyota 86 otomatis TRd aeropackage.

LIFE

StYL

E

78

AuTOS

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

79

Printed Version :[email protected]: +62 21 57854122

Berlangganan versi digital melalui aplikasi newsstand populer, “SCOOP” dan “WAYANGFORCE”.

Dapat diunduh di Google Play dan App Store

BERMACAM DEVICE KAMI HADIR DI

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

80

Memasuki tempat ini pengunjung akan disambut dengan dua lobby lounge yang cukup nyaman dengan desain interior yang berbeda. salah satu dari kedua lounge tersebut didesain dengan apik, tampil dinamis dengan motif garis-garis pada wallpaper yang digunakan. Ruangan tersebut sengaja digunakan untuk mengakomodir ke-butuhan pengujung untuk sekadar menikmati wine tanpa crowded. dari lobby lounge ini pengunjung bisa langsung mengakses wine shop.

“Ruangan ini kita sebut lobby lounge. Ini buat tamu-

yang paling murah (Moscato d’asti) Rp 350 ribu sampai yang termahal (ice wine Iniskilline) seharga Rp 1,8 juta. Untuk jenis spirit dibandrol mulai dari harga Rp 1 juta sampai Rp 1,6juta.

selain itu, tempat unik lainnya adalah beer garden. namanya saja beer garden, namun tempat ini bukan satu ruangan yang dipenuhi dengan berb-agai jenis beer atau tempat menyimpan beer. Beer garden sengaja dihadirkan sebagai tempat untuk santai. Pengun-jung dapat menikmati atau memesan menu makanan utama layaknya di restoran atau kafe. seperti nasi goreng, steak, dan lainnya. Konsepnya terbuka, beer garden lebih mengedepankan tampilan natural dengan menggunakan meja dan kursi makan yang beratap jerami. “suasananya yang alami tapi entertain juga masih dapat. Untuk para Pialang aku rekomen itu beer garden. Bisa menikmati atau sekadar lepas dari kepenatan setelah trading, “ujar Tyas.

Bar sebagai menu utama dari tempat hiburan ini, terletak di bagian tengah. sehingga mudah diakses dari ruangan lainnya. Ruangan ini didesain cukup nyaman dengan ukuran yang

tamu yang ingin menikmati wine saja. atau mereka mau santai-santai dulu sebelum ma-suk ke dalam,” kata marketing neo amor, Tyas ninditha.

Wine shop sebagai salah satu yang diunggulkan di neo amor, tampil dengan desain yang cukup unik namun apik. Interior wine shop menampil-kan eksotika bata ekspos. san-gat menyatu dengan rak wine yang terbuat dari kayu. dengan plafon yang dibuat tinggi, wine shop akan memberikan kelel-uasaan bagi pengunjung saat memilih wine.

Harga wine dibandrol bera-gam. Misalnya untuk wine dari

Dengan Nyaman

LIFE

StYL

E

80

COZY PLACE

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

81

cukup luas, kurang lebih 50 m2. dilengkapi dengan stage sebagai tempat performe band yang setiap harinya berbeda. Ruangan ini dilengkapi den-gan sofa pada bagian pinggir, sedangkan tengahnya diletak-kan kursi dan meja bar yang

sebenarnya 25 tahun ke atas. Tapi kita juga nggak menu-tup kemungkinan aBG. Kita juga nggak bisa membohongi dan menutup mata bahwa disekitar kita adalah segmen-nya yang aBG. sebenarnya dengan kita tampilan untuk tempat seperti ini, pengun-jung akan terseleksi dengan sendirinya,” kata Tyas.

Pengunjung bisa datang setiap harinya dari pukul

tema ruangan. “Kita punya live music. dan setiap hari pasti ganti. Tapi untuk genre semua sama. setiap band harus bisa semua genre,” ujar Tyas.

sesuai dengan konsepnya, neo amor dibuka untuk semua kalangan. Meskipun dari desain interior maupun eksterior, tempat ini lebih ditunjukkan bagi kalangan dewasa. “Kalau dibilang dari segi umur, segmentasi kita

19.00 sampai 04.00 WIB. Pada hari libur tempat ini dibuka lebih lama sampai pukul 05.00 wib. dan pengunjung tidak dikenakan biaya masuk “free entry”.

Untuk sekadar ‘nongkrong’ saja, rata-rata biaya yang dikeluarkan rela-tive murah. selain dapat menikmati live music, pengunjung juga dapat menikmati suasana santai sambil menikmati cerutu di ruangan yang lebih privat. “Range har-ga kalau per orang itu 150 ribu per orang. sudah termasuk makan dan minum beer. Nggak terbatas waktu,” tutur Tyas.

moveable.ambien ruangan ini

juga didukung dengan tata lampu yang pas. Tidak ter-lalu berlebihan dengan in-tensitas cahaya yang redup. Permainan warna lampu juga disesuaikan dengan

81

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

82

seKaRanG yang ada di otak saya adalah bagaimana membuat Indofarma maju. saya berjuang, banyak celaan tapi saya tidak peduli. saya berusaha menjadi individu yang tidak menonjolkan diri sendiri, individu yang toleran dan acceptable.

saya learning by doing, saya pernah men-jadi pegawai, sehingga saya akan merasa sedih kalau saya sudah berusaha untuk perusahaan tapi pemimpinnya tidak pernah menghargai. saya sudah 22 tahun menjadi pegawai. dengan status pegawai itu saya belajar mengapresiasi.

DJAKFARuDIN JuNuS

KESELARASANDALAM MEMIMPIN

Pemimpin itu tidak boleh memaksakan anak buahnya berpikir sama dengan kita (pemimpin, red). Kita tidak boleh memaksa mereka sama pe-mikirannya dengan kita. Pemimpin harus lebih, tetapi tidak boleh egois. Pemikiran pemimpin harus arif dan bijaksana, sehingga bawahan bisa mencerna dan melaksanakannya, sehingga bisa ikhlas.

saat seseorang individu bertindak sebagai pe-mimpin, dia harus bisa berpikir secara seimbang. Mampu menempatkan pemikirannya jauh di luar kepentingan pribadinya. Pemikirannya harus se-laras, tidak melulu berpihak pada perusahaan dan juga tak selalu membela karyawan. Harus bisa menjadi penengah, memecahkan permasalahan dengan bijaksana.

Kepemimpinan adalah suatu tindakan, bagi-mana kita mencapai sesuatu dengan cara dapat diterima oleh pegawai dan juga perusahaan secara selaras. Kalau jadi pemimpin, tidak boleh berpikir mencapai seberapa tinggi, tanpa mengindah-kan kondisi internal. semua memang berharap angka kompetitif, namun ini yang tidak mudah. Bagaimana caranya dapat mencapai target tinggi tapi tetap selaras. Kalau saya mengombinasikan keduanya. Jadi tidak boleh maju sendiri, tapi menonjolkan perusahaan. Kepemimpinan bukan melekat pada figur, tapi pada perusahaan dan karyawan.

LIFE

StYL

E

BEST ADVICE

Presiden Direktur Indofarma Tbk, yang telah memimpin produ-sen farmasi milik negara sejak 2009 ini menceritakan bagaimana karir panjangnya sebagai karyawan telah memberinya nasehat terbaik mengenai cara menjadi pemimpin yang baik. Bukan menonjolkan profil pribadi seperti kebanyakan tren dewasa ini, melainkan mengembangkan sikap selaras yang pada akhirnya menonjolkan citra yang baik bagi perusahaan, bukan masing-masing induvidu di dalamnya. Termasuk dirinya sendiri.

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

83

PIALANG INDONESIAEDISI 3 NOVEMBER 2012

84