47675129 analisis perusahaan telkom menggunakan sistem pendekatan swot analisis

3
ANALISIS PERUSAHAAN TELKOM MENGGUNAKAN SISTEM PENDEKATAN SWOT ANALISIS PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta. Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Teknologi informasi saat ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Telkom merupakan salah satu perusahaan yang paling dominasi melengkapi kebutuhan masyarakat masa kini dalam hal teknologi informasi. Telkom menyediakan berbagai macam produk dalam memenuhinya mulai dari akses komunikasi kabel, nirkabel, hingga koneksi jaringan internet. Seiring dengan waktu yang terus berjalan dan dihadapinya dengan masa globalisasi yang menciptakan suatu inovasi baru membuat Telkom semakin berat dalam menghadapinya. Mulai dari bermunculannya perusahaan penyedia jasa telekomunikasi nirkabel bagi pengguna alat telekomunisasi seperti handphone. Yang membuat berkurangnya para pengguna jaringan Telkom. Sehiingga Telkom mengharuskan perusahaannya mencoba inovasi baru guna memberikan pelayanan lebih untuk para penggunanya. Sehingga tidak terjadi penurunan pendapatan.

Upload: no-abel

Post on 16-Feb-2015

57 views

Category:

Documents


13 download

TRANSCRIPT

Page 1: 47675129 Analisis Perusahaan Telkom Menggunakan Sistem Pendekatan Swot Analisis

ANALISIS PERUSAHAAN TELKOM MENGGUNAKAN SISTEM PENDEKATAN SWOT ANALISIS

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta.

Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Teknologi informasi saat ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Telkom merupakan salah satu perusahaan yang paling dominasi melengkapi kebutuhan masyarakat masa kini dalam hal teknologi informasi. Telkom menyediakan berbagai macam produk dalam memenuhinya mulai dari akses komunikasi kabel, nirkabel, hingga koneksi jaringan internet.

Seiring dengan waktu yang terus berjalan dan dihadapinya dengan masa globalisasi yang menciptakan suatu inovasi baru membuat Telkom semakin berat dalam menghadapinya. Mulai dari bermunculannya perusahaan penyedia jasa telekomunikasi nirkabel bagi pengguna alat telekomunisasi seperti handphone. Yang membuat berkurangnya para pengguna jaringan Telkom. Sehiingga Telkom mengharuskan perusahaannya mencoba inovasi baru guna memberikan pelayanan lebih untuk para penggunanya. Sehingga tidak terjadi penurunan pendapatan.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas Berikut ini analisis saya mengenai perusahaan Telkom menggunakan sistem pendekatan SWOT analisis;

S (STREGHTS)Telkom memiliki kekuatan yang paling mencolok yakni, kekuatan finansial yang besar

sehingga membuatnya mudah untuk melakukan investasi peralatan telekomunikasi yang relatif mahal. Selain itu, telkom juga telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar.

W (WEAKNESSES)Salah satu kelemahan perusahaan Telkom yang cukup mencolok adalah jumlah

pekerjanya yang terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya. Selain itu, sebagai BUMN, mereka juga relatif dibebani dengan beragam peraturan dan regulasi yang acap membuat mereka lamban dalam mengambil keputusan

Page 2: 47675129 Analisis Perusahaan Telkom Menggunakan Sistem Pendekatan Swot Analisis

strategis. Juga intervensi dari pemerintah kadang membuat mereka juga tidak bisa bersikap dinamis dengan perubahan pasar.

O (OPPORTUNITIES)Peluang yang dimiliki oleh perusahaan Telkom adalah perkembangan teknologi internet

yang sangat pesat di Indonesia. Permintaan masyarakat yang tinggi akan akses internet merupakan pasar yang sangat potensial. Selain itu jumlah penduduk Indonesia yang besar, dan baru sedikit yang telah memiliki akses broadband internet, tentu merupakan peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telkom.

T (THREATS)Pada masa saat ini seiring perkembangan jaman dan juga masa globalisasi, Telkom

dihadapi dengan beberapa ancaman yang muncul diantaranya adanya teknologi telpon seluler yang ternyata telah menggerus pendapatan mereka dalam produk telpon tetap di rumah (fixed phone). Jika kecenderungan ini terus berlanjut, maka pendapatan mereka dari telpon rumah bisa hilang atau lenyap sama sekali dan ini sangat membahayakan bisnis mereka, sebab sebagian besar pendapatan mereka disumbang oleh telpon rumah. Selain itu, adanya teknologi-teknologi baru yang mulai hadir seperti WIMAX tentu akan mengancam kelangsungan bisnis mereka jika mereka tidak adaptif terhadap kemajuan teknologi itu.