47625831 bab i mengenal sketchup

30
Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 1 BAB I Mengenal SketchUp SketchUp merupakan salah satu program aplikasi berbasis 3D yang dapat digunakan untuk membantu menyempurnakan suatu gagasan desain kedalam model 3D. SketchUp bukanlah CAD (Computer Assisted Design) yang dirancang lebih kepada penekanan akurasi data desain dengan toleransi “command” (perintah pada program aplikasi) yang menjadi kompleks, sedangkan SketchUp lebih dirancang untuk eksplorasi desain sehingga memiliki kemampuan kreasi yang sangat tinggi, mengamati, dan memodifikasi gagasan 3D dengan cepat dan dengan mudah karena ditunjang oleh ”tool-set” (piranti/alat) yang sempurna sesuai kebutuhan desain namun dikemas secara sederhana. Dengan SketchUp desain menjadi sangat “editable”, memodifikasi komponen sangat interaktif serta memiliki kemampuan komukasi grafis, yang tidak kalah menariknya adalah SketchUp tetap memiliki kemampuan mendesain secara akurat bahkan mendekati permasalahan pada tingkatan abstrak yang menjadi target desain. Dengan kemampuannya mendesain secara akurat selayaknya CAD maka SketchUp memiliki “integrasi” terhadap program aplikasi CAD. Dengan kelebihan tersebut SketchUp sangat efektif dan efisien dalam mendesain terutama untuk diaplikasikan dalam dunia kerja yang sangat mengutamakan kecepatan proses mewujudkan gagasan kedalam suatu model presentasi dengan tanpa mengabaikan totalitas desainnya itu sendiri. Dalam hal ini penulis mengaplikasikan SketchUp untuk membantu presentasi “Arsitektur”.

Upload: safren

Post on 25-Jul-2015

103 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

selamat mencoba

TRANSCRIPT

Page 1: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 1

BAB I Mengenal SketchUp

SketchUp merupakan salah satu program aplikasi berbasis 3D yang dapat digunakan untuk membantu menyempurnakan suatu gagasan desain kedalam model 3D. SketchUp bukanlah CAD (Computer Assisted Design) yang dirancang lebih kepada penekanan akurasi data desain dengan toleransi “command” (perintah pada program aplikasi) yang menjadi kompleks, sedangkan SketchUp lebih dirancang untuk eksplorasi desain sehingga memiliki kemampuan kreasi yang sangat tinggi, mengamati, dan memodifikasi gagasan 3D dengan cepat dan dengan mudah karena ditunjang oleh ”tool-set” (piranti/alat) yang sempurna sesuai kebutuhan desain namun dikemas secara sederhana. Dengan SketchUp desain menjadi sangat “editable”, memodifikasi komponen sangat interaktif serta memiliki kemampuan komukasi grafis, yang tidak kalah menariknya adalah SketchUp tetap memiliki kemampuan mendesain secara akurat bahkan mendekati permasalahan pada tingkatan abstrak yang menjadi target desain. Dengan kemampuannya mendesain secara akurat selayaknya CAD maka SketchUp memiliki “integrasi” terhadap program aplikasi CAD. Dengan kelebihan tersebut SketchUp sangat efektif dan efisien dalam mendesain terutama untuk diaplikasikan dalam dunia kerja yang sangat mengutamakan kecepatan proses mewujudkan gagasan kedalam suatu model presentasi dengan tanpa mengabaikan totalitas desainnya itu sendiri. Dalam hal ini penulis mengaplikasikan SketchUp untuk membantu presentasi “Arsitektur”.

Page 2: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 2

1.1 Interface

Gambar 1.1 Interface

Interface adalah tampilan yang anda lihat ketika anda membuka suatu program aplikasi, pada SketchUp interface dirancang sederhana guna mempermudah penggunaannya dimana interface tersebut terdiri dari Titlebar, Menubar, Drawing Area, Statusbar, Value Control Box (VCB), Toolbar. 1.2 Titlebar

Gambar 1.2 Titlebar

Page 3: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 3

Titlebar berada pada bagian atas interface yang berisi tombol kendali Microsoft Window yang baku (minimize, maximize/ restore down, close) pada sisi kanan dan nama file pada sisi kiri. Ketika SketchUp dibuka maka yang tampak adalah suatu “area gambar” kosong dan pada Titlebar tercantum nama file “Untitled-SketchUp” itu menandakan bahwa file belum disimpan dan diberi nama. 1.3 Menubar

Gambar 1.3 Menubar

Menubar berada tepat dibawah Titlebar, secara keseluruhan baik itu peralatan, perintah maupun pengaturan (Tool, Command, Setting) berada pada menu ini. Secara default menu tersebut adalah File, Edit, View, Camera, Draw, Window, Help.

Page 4: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 4

1.4 Drawing Area

Gambar 1.4 Drawing Area

Drawing Area, adalah area kerja pada SketchUp berupa halaman kosong, yang unik dari “Drawing Area” pada SketchUp adalah area kerja tersebut merupakan area 3D dengan garis koordinat yang dibedakan menjadi tiga warna yaitu; Merah sebagai sumbu X, Hijau sebagai sumbu Y dan Biru sebagai sumbu Z atau dalam 3D sebagai sumbu vertikal, garis-garis tersebut kembali dibedakan atas dua karakter dimana garis tegas mewakili satuan nilai plus (+) dan garis putus-putus mewakili satuan nilai minus (-). Dalam SketchUp garis koordinat tersebut dikenal sebagai “Axis”. 1.4.1 Axis Axis sangat diperlukan dalam proses desain dengan SketchUp karena proses desain pada SketchUp langsung di area 3D sehingga keberadaan Axis adalah sebagai tolak ukur ketika proses desain berjalan, sehingga pemahaman tentang sistem koordinat ini sangatlah penting karena erat kaitannya dengan ”Inference

Page 5: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 5

Engine” yaitu respon otomatis dari suatu proses desain terhadap Axis dimana respon tersebut membantu mengenali koordinat tertentu selain itu “Inference Engine” juga mengidentifikasi otomatis titik-titik tertentu dari suatu objek. “Inference Enggine” dibedakan atas dua hal yaitu; “Linear Inference” yang merespon koordinat tertentu dan “Point Inference” yang mengenali titik-titik tertentu dari suatu objek dan “Planar Inference” yaitu suatu respon dari space tertentu dalam system koordinat. 1.4.2 Linear Inference

Gambar 1.5 Linear Inference

Linear inference, adalah sebagai suatu indikasi arah di dalam proses desain sebagai bantuan terhadap “Tool” (alat). Indikasi tersebut adalah sebagai berikut:

On Axis, menandakan bahwa adanya kesejajaran dengan salah satu Axis tertentu dimana akan terjadi kesesuaian warna garis dengan warna Axisnya.

From Point, dengan simbol garis putus-putus dengan warna mengikuti warna Axisnya sebagai indikasi kelurusan (tegak lurus) terhadap titik tertentu dan sejarar dengan Axis.

Perpendicular to Edge, dengan simbol garis ungu sebagai indikasi adanya kelurusan (tegak lurus) terhadap satu tepi (edge).

Page 6: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 6

Parallel to Edge, dengan simbol garis ungu sebagai indikasi adanya kesejajaran dengan satu tepi (edge).

Tangent, ketika menggambar dari titik akhir sebuah busur. “Inference” ini berjalan otomatis dalam mengidentifikasi Axis sehingga ada kalanya terjadi kesulitan untuk menentukan Axis tertentu yang diinginkan maka untuk membantu hal tersebut dapat dilakukan penguncian terhadap “Inference Linear” dengan cara menekan “Shift” pada keyboard untuk mengunci garis yang telah mengindikasi Axis tertentu, gambaran berikut menunjukan penguncian pada Axis biru (On Blue Axis), hal ini yang disebut sebagai “Inference Locking”

Gambar 1.6 Inference Locking

1.4.3 Point Inference

Gambar 1.7 Point Inference

Point Inference, adalah suatu identifikasi titik-titik tertentu pada suatu objek, identifikasi tersebut dibedakan atas:

Endpoint, titik hijau yang mengidentifikasi adanya satu titik akhir dari suatu garis.

Midpoint, titik cyan yang mengidentifikasi satu titik tengah dari suatu garis.

Page 7: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 7

Intersection, titik hitam yang mengidentifikasi satu titik perpotongan dari dua garis.

On Face, titik biru yang mengidentifikasi face (wajah) dari dari suatu objek

On Edge, titik merah yang mengidentifikasi badan garis jua garis tepi dari suatu objek.

Half Circle, muncul ketika menggambar suatu busur dimana tepat pada posisi setengah lingkaran.

Gambar 1.8 Half Circle

1.4.4 Planar Inference Planar Inference, adalah suatu respon otomatis pada Drawing Area berdasarkan orientasi terhadap sumbu Axis tertentu. 1.5 Statusbar

Gambar 1.9 Statusbar

Statusbar terletak memanjang dibawah Drawing Area, pada sisi kiri terdapat opsi bantuan yang merespon Tool yang sedang aktif, sedang di sisi kanan adalah tempat dari Value Control Box (VCB).

Page 8: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 8

1.6 Value Control Box (VCB)

Gambar 1.10 Value Control Box VCB adalah tempat yang menampilkan informasi dimensional ketika proses menggambar berlangsung, lebih dari itu VCB juga merupakan kendali untuk menghasilkan gambar secara akurat dengan mengetikan nilai yang diinginkan baik ketika proses dengan salah satu Tool maupun setelah menggambar suatu objek sebelum mengaktifkan Tool lain. Untuk mendapatkan nilai yang telah diketik pada VCB akhiri dengan menekan “ENTER”. Catatan: Pada system numeric berbeda, fungsi tanda baca [ , ] koma menjadi [ . ] titik, dan [ ; ] titik koma menjadi [ , ]. Setting > Control Panel > Regional Language Option > (Indonesia/) 1.7 Toolbar Toolbar adalah suatu kumpulan alat dan control yang berupa simbol sesuai dari masing-masing fungsinya, terletak di bawah menu sepanjang sisi kiri, Toolbar bisa ditampilkan ataupun disembunyikan melalui Menu ~ View > Toolbars, maka akan muncul sederetan nama Tool dan dibelakang nama tersebut ditandai dengan [] untuk Tool yang sudah tampil untuk yang belum ketika ingin ditampilkan, klik nama Tool maka satuan Tool akan tampil sebaliknya ketika ingin disembunyikan , klik nama Tool yang bertanda[]. Dalam SketchUp, Toolbar dikelompokan menjadi:

Standard Toolbar Principal Toolbar Drawing Toolbar

Page 9: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 9

Modification Toolbar Construction Toolbar Camera Toolbar Walkthrough Toolbar Display Modes Toolbar Views Toolbar Shadows Toolbar Section Planes Toolbar

Tombol (button) Toolbar pada SketchUp bisa ditampilkan menjadi besar dengan cara Menu ~ View > Toolbars > “klik” Large Buttons. 1.7.1 Standtand Toolbar

Gambar 1.11 Standard Toolbar

Standard Toolbar ini terdiri dari beberapa Tool yang sebagian diantaranya dapat dijumpai pada program aplikasi lain menggambar, Tool berikut adalah:

New, berfungsi untuk membuat file atau area kerja/ Drawing Area yang baru.

Open, berfungsi untuk membuka file SketchUp yang telah tersimpan (dalam format SketchUp Model/ skp).

Save, berfungsi untuk menyimpan file ~ desain (dalam format SketchUp Model/ skp).

Make Component, berfungsi untuk menjadikan objek desain sebagai “Component”, sehingga objek tersebut dapat digunakan kembali pada file yang lain melalui Component Dialog Boxes dengan cara Menu ~ Window > Component.

Cut, berfungsi untuk menghapus objek dari satu tempat ke tempat lain dengan dilanjutkan menekan Tool Paste.

Page 10: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 10

Copy, berfungsi untuk menyalin satu objek dengan dilanjutkan menekan Tool Paste.

Paste, adalah Tool yang merespon Cut dan Copy yang berfungsi menampilkan objek yang telah di Cut maupun Copy.

Erase, berfungsi untuk menghapus suatu objek. Undo, berfungsi untuk membatalkan beberapa tahapan

kerja. Redo, berfungsi untuk melanjutkan kembali beberapa

tahapan kerja yang dibatalkan. Print, adalah tool untuk perintah cetak yang akan direspon

oleh “printer”. Model Info, berfungsi untuk menampilkan Model Info

Dialog Boxes yang berisi “setting”. Context Help, merupakan Tool jalan pintas menuju opsi

bantuan secara spsifik. 1.7.2 Principal Toolbar

Gambar 1.12 Principal Toolbar

Pricipal Toolbar ini adalah beberapa Tool yang relatif sering digunakan dalam SketchUp, Tool tersebut adalah:

Select, berfungsi sebagai alat untuk memilih atau mengaktifkan suatu objek desain, Select Tool digambarkan berupa anak panah, beberapa teknik penggunaan Select Tool adalah;

Klik satu kali~untuk memilih elemen bidang (line,face/ shade).

Klik satu kali~untuk memilih objek dalam Group.

Klik dua kali~untuk memilih bidang (line+face/ shade).

Page 11: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 11

Klik dua kali~untuk masuk ke dalam objek yang telah melalui proses Group.

Klik tiga kali~untuk memilih objek seluruh bidang objek 3D.

Klik tiga kali~ untuk masuk ke dalam objek yang telah melalui proses Group sekaligus memilih keseluruhan bidang tersebut.

Klik> Drag/geser ke kanan~ memilih objek yang masuk ke dalam bidang seleksi secara utuh.

Klik> Drag/geser ke kiri~ memilih objek ke dalam bidang seleksi.

Paint Bucket, berfungsi sebagai alat untuk mewarnai objek, klik Paint Bucket Tool maka akan keluar Material Dialog Boxes yang di dalam berisi pilihan material.

Erase, berfungsi untuk menghapus objek. 1.7.3 Drawing Toolbar

Gambar 1.13 Drawing Toolbar

Drawing Toolbar adalah suatu kelompok alat gambar yang terdiri dari Rectangle Tool, Line Tool, Circle Tool, Arc Tool, Polygon Tool dan Freehand Tool dimana Tool tersebut merupakan Tool pokok dalam proses desain.

Rectangle Tool, sebagai alat untuk membuat bidang persegi dimana teknik penggunaannya adalah; klik kursor pada Drawing Area > Drag (geser) kursor secara diagonal > klik untuk menyelesaikan bidang tersebut, ketika proses Drag jika keluar garis diagonal putus-putus itu menandakan bahwa bidang tersebut siku. Untuk menghasilkan pesegi yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara klik kursor pada

Page 12: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 12

Drawing Area > ketikan angka (panjang,lebar/ panjang;lebar) > Enter.

Line Tool, adalah alat untuk membuat garis dan teknik penggunaanya adalah; klik kursor pada Drawing Area > Drag (geser) kursor > klik untuk mengakhiri garis. Untuk menghasilkan garis yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara klik kursor pada Drawing Area > ketikan angka (panjang) > Enter. Pastikan ketika proses Drag warna garis sesuai dengan warna Axisnya (garis koordinat/ garis sumbu) untuk menentukan arah yang diinginkan.

Circle Tool, adalah alat untuk membuat lingkaran dan teknik penggunaanya adalah; klik kursor pada Drawing Area (sebagai center dari lingkaran) > Drag (geser) kursor > klik untuk menyelesaikan lingkaran. Untuk menghasilkan lingkaran yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara klik kursor pada Drawing Area > ketikan angka (jari-jari) >Enter.

Arc Tool, adalah alat untuk membuat garis lengkung dan teknik penggunaanya adalah; klik kursor pada Drawing Area > Drag (geser) kursor > klik untuk menyelesaikan lengkungan. Untuk menghasilkan lengkung yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB klik kursor pada Drawing Area > ketikan angka (panjang tonjolan) >Enter.

Polygon Tool, adalah alat untuk membuat segi banyak, sebelum menggunakannya pada Drawing Area terlebih dahulu tentukan berapa segi yang diinginkan dengan cara mengetik pada VCB s3 untuk segi tiga, s5 untuk segi lima begitu juga lainnya s(bayaknya segi) kemudian; klik kursor pada Drawing Area > Drag (geser) kursor > klik untuk menyelesaikan bidang. Untuk menghasilkan segi yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara klik kursor pada Drawing Area > ketikan angka (jari-jari) >Enter.

Page 13: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 13

Freehand Tool, berbeda dengan Tool lainnya Freehand Tool tidak direspon oleh VCB karena memiliki satuan nilai yang komplek dan abstrak, teknik penggunaanya adalah; klik kursor pada Drawing Area > Drag (geser) sesuai keinginan.

1.7.4 Modification Toolbar

Gambar 1.14 Modification Toolbar

Modification Toolbar adalah kumpulan peralatan untuk memodifikasi bentuk yang ada menjadi suatu objek yang dikehendaki peralatan tersebut adalah:

Move Tool, berfungsi untuk memindahkan objek tertentu dari satu tempat ke tempat lain dengan cara; gunakan Select Tool > pilih/aktifkan objek yang akan dipindah > gunakan Move Tool > klik di satu titik tertentu > geser kursor ke arah yang dikehendaki > klik untuk mengakhiri. Pastikan ketika proses Drag muncul garis putus-putus lalu sesuaikan dengan warna Axisnya (garis koordinat/ garis sumbu) untuk menentukan arah yang diinginkan. Untuk mendapatkan jarak yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara; klik di satu titik tertentu > geser kursor ke arah yang dikehendaki > ketikan angka (jarak) > Enter.

Push/ Pull Tool, berfungsi untuk menarik dan mendorong

bidang hingga memiliki volume 3D juga untuk menambah maupun mengurangi nilai volume 3D tersebut, dengan cara; buat terlebih dahulu satu bidang baik dengan Rectangle, Circle, Polygon atau Abstrak sekalipun lalu tempelkan Push/ Pull Tool pada bidang > klik > geser

Page 14: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 14

kursor ke arah yang dikehendaki > klik untuk mengakhiri. Untuk mendapatkan volume yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara; tempelkan Push/ Pull Tool pada bidang > klik > ketikan angka (panjang) > Enter.

Rotate Tool, berfungsi untuk memutar objek dengan cara;

gunakan Select Tool > pilih/aktifkan objek yang akan diputar > gunakan Move Tool ( maka akan muncul gambar berupa busur lalu tempelkan di salah satu sisi bidang objek, warna busur menandakan arah hadap busur) > klik di satu titik tertentu sebagai sumbu putar> gerakan kursor ke arah yang dikehendaki > klik untuk mengakhiri. Untuk mendapatkan putaran yang akurat sesuai kebutuhan dapat menggunakan VCB dengan cara; klik di satu titik tertentu sebagai sumbu putar> ketik angka (derajat) > Enter.

1.7.5 Construction Toolbar

Gambar 1.15 Construction Toolbar

Construction Toolbar, adalah sekumpulan alat konstruksi yang berfungsi untuk menghasilkan dan memberikan informasi ukuran secara akurat, dimana alat-alat tersebut adalah;

Tape Measure Tool, yang berfungsi untuk mengukur jarak (panjang) pada suatu bidang dari satu titik ke titik lainnya, sebagai alat untuk menghasilkan garis bantu dan sebagai alat “resize” (pengubah ukuran) secara keseluruhan di dalam ruang 3D, sehingga ketika merubah ukuran di satu sumbu Axis maka dimensi di sumbu lain akan mengikuti perubahan secara skalatis.

Cara mengukur adalah; aktifkan Tape Measure Tool> klik di satu titik pada suatu bidang>

Page 15: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 15

geser mouse menuju titik lain di bidang tersebut> klik untuk mengakhiri. Maka dimensi tampak pada VCB.

Cara membuat garis bantu adalah; aktifkan Tape Measure Tool> klik pada garis axis/ garis sejajar axis> geser mouse tegak lurus garis tersebut> klik untuk mengakhiri atau aktifkan Tape Measure Tool> klik pada suatu titik> geser dengan tidak sejajar axis> klik untuk mengakhiri. Maka akan muncul garis titik-titik sebagai garis bantu.

Cara merubah ukuran; aktifkan Tape Measure Tool> klik di satu titik pada suatu bidang> geser mouse menuju titik lain di bidang tersebut> klik untuk mengakhiri, lalu ketik nilai yang diinginkan pada VCB> “Enter” lau akan muncul konfirmasi, tekan “Yes”. Maka ukuran keseluruhan berubah.

Dimensions Tool, berfungsi untuk menampilkan ukuran

pada Drawing Area . Dengan cara; Ukuran jarak; aktifkan Dimensions Tool> klik

pada salah satu Endpoint/ Intersection> geser mouse lalu klik pada Endpoint/ Intersection lain> geser dimensi yang terlihat menuju arah yang diinginkan> klik untuk mengakhiri.

Ukuran garis; aktifkan Dimensions Tool> klik pada salah satu garis> geser dimensi yang terlihat menuju arah yang diinginkan> klik untuk mengakhiri.

Ukuran Lingkaran; aktifkan Dimensions Tool> klik pada garis lingkar> geser dimensi yang terlihat menuju arah yang diinginkan> klik untuk mengakhiri ~ aktifkan Dimensions Tool> klik pada titik center> geser mouse lalu klik pada Endpoint/ Intersection> geser

Page 16: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 16

dimensi yang terlihat menuju arah yang diinginkan> klik untuk mengakhiri

Protractor Tool, adalah suatu alat untuk mengukur

derajat sekaligus menghasilkan garis bantu dengan kebutuhan nilai sudut/ derajat tertentu, dengan cara:

Mengukur besaran sudut; aktifkan Protactor Tool> klik di titik sudut> geser mouse lalu klik di titik lain untuk menentukan “nol derajat” > geser mouse lalu klik di titik tertentu sejajar garis pembentuk sudut. Maka besaran sudut terlihat pada VCB.

Membuat garis bantu; aktifkan Protactor Tool> klik di satu titik tertentu> geser mouse lalu klik untuk menentukan “ nol derajat”>geser mouse ke arah mana sudut tersebut akan dibuat> ketik besaran sudut> “Enter”.

Text Tool, adalah suatu alat untuk untuk membuat

teks/tulisan, pada kesempatan lain alat ini juga secara otomatis menampilkan informasi dimensi dari sebuah objek berdasarkan Axis.

Axes Tool, adalah suatu alat yang berfungsi untuk

merubah arah Axis sesuai dengan kebutuhan.

Section Tool, adalah suatu alat untuk membuat potongan dari suatu objek, yaitu dengan cara: aktifkan Section Tool> tempelkan pada salah sisi/ wajah dari suatu objek> klik untuk mengakhiri. Untuk mencapai potongan yang diharapkan, garis potongan dapat digeser dengan Move Tool. Pada Section Tool didukung oleh Section Toolbar.

1.7.6 Section Toolbar

Page 17: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 17

Gambar 1.16 Section Toolbar

Section Toolbar, terdiri dari dua Tool yang mendukung Section Tool, yaitu:

Display Section Planes, yang berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan bidang pemotong.

Display Section Cut, yang berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan bidang potongan.

1.7.7 Camera Toolbar

Gambar 1.17 Camera Toolbar

Camera Toolbar, adalah sekumpulan alat untuk menggerakan arah pandang pada Drawing Area sebagai suatu kebutuhan proses desain pada ruang 3D. alat - alat tersebut adalah:

Orbit Tool, yang berfungsi memutar pandangan di dalam ruang 3D, dengan cara; klik~drag( geser).

Pan Tool, yang berfungsi untuk menggeser Drawing Area untuk menghasilkan pandangan tertentu, dengan cara; klik~drag( geser).

Zoom Tool, yang berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil pandangan pada Drawing area, dengan cara; klik~drag( geser), ke atas untuk ZoomIn dan ke bawah untuk ZoomOut.

Zoom Window Tool, yang berfungsi untuk memperbesar pandangan terhadap suatu objek sesuai besaran jendela kotak yang muncul di sekitar Tool pada saat proses; klik~drag( geser).

Zoom Extents, yang berfungsi untuk menghasilkan pandangan terhadap keseluruhan objek pada Drawing Area

Page 18: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 18

secara terpusat, dengan cara; klik Zoom Extents pada Toolbar.

Previous Tool, yang berfungsi untuk mengembalikan pandangan terakhir ke pandangan sebelumnya, dengan cara; klik Previous pada Toolbar.

1.7.8 Walkthrough Toolbar

Gambar 1.18 Walkthrough Toolbar

Walkthrough Toolbar, adalah kumpulan alat yang membantu mengahasilkan pandangan mengelilingi objek dengan skala maupun orientasi tertentu. Alat-alat tersebut adalah:

Position Camera Tool, yang berfungsi untuk meletakan kamera pada satu titik jarak pandang dengan ketinggian titik mata tertentu.

Walk Tool, yang berfungsi untuk mendapatkan pandangan dengan kamera berjalan sehingga pandangan tersebut menjadi lebih interaktif terhadap suatu objek.

Look Around Tool, yang berfungsi untuk mendapatkan pandangan mengeliling dengan ketinggian tertentu.

1.7.9 Display Modes Toolbar

Gambar 1.19 Display Modes Toolbar

Display Modes Toolbar, adalah suatu kumpulan alat yang memberikan penyajian model tampilan tertentu terhadap suatu objek SketchUp. Penyajian tampilan tersebut dibedakan menjadi:

Tampilan X-Ray, yaitu tampilan objek dengan selubung tranparan.

Tampilan Wireframe, yaitu tampilan objek tanpa selubung.

Page 19: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 19

Tampilan Wireframe, yaitu tampilan objek tanpa selubung.

Tampilan Hiddenline, yaitu tampilan objek dengan selubung putih.

Tampilan Shaded, yaitu tampilan objek dengan selubung yang dapat merespon warna.

Tampilan Shaded With Texture, yaitu tampilan objek dengan selubung yang dapat merespon warna dan karakter material tertentu yang tersedia atau hasil “Impor File Image”.

1.7.10 View Toolbar

Gambar 1.20 View Toolbar

View Toolbar, adalah kumpulan alat yang berfungsi untuk mengaktifkan pandangan (view) standar pada SketchUp, yaitu:

Iso (perspektif) Top (atas) Front (depan) Right (kanan) Back (belakang) Left (kiri)

Untuk pandangan bawah tidak dimasukan namun tetap tersedia pada Menu~Camera. 1.7.11 Sandbox Toolbar

Gambar 1.21 Sandbox Toolbar

Sandbox Toolbar, adalah sekumpulan alat bantu untuk menghasilkan suatu “land” (hamparan) tanah yang

Page 20: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 20

memungkinkan tercapainya suatu pengolahan tanah dengan karakteristik tanah datar, tanah berkontur bahkan dataran tinggi yang terjal sekalipun. Alat-alat ini merupakan fasilitas yang baru pada SketchUp, tepatnya fasilitas ini baru dijumpai pada SketchUp 5, alat-alat tersebut adalah:

From Contur, yang berfungsi sebagai pembuat lahan berkontur, yaitu dengan cara; buatlah terlebih dahulu garis-garis kontur dengan masing-masing ketinggian berbeda sehingga akan tampak seperti gambar berikut:

Gambar 1.22 Garis Kontur

Kemudian, seleksi keseluruh garis tersebut> tekan tombol From Contur, maka dengan instan akan muncul suatu lahan berkontur seperti gambar berikut:

Gambar 1.22 Lahan Berkontur

Page 21: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 21

From Scratch, yang berfungsi sebagai pembuat “land” (hamparan) tanah dengan besaran “Grid” tertentu, yaitu dengan cara; aktifkan From Scratch>ketik besaran “Grid” yang diinginkan~”Enter” > klik di satu titik tertentu> geser mouse sejajar dengan salah satu sumbu> ketik nilai panjang yang diinginkan~”Enter”> geser mouse sejajar dengan salah satu sumbu yang lain> ketik nilai panjang yang diinginkan ~”Enter”, maka akan tampak gambar seperti berikut:

Gambar 1.23 Lahan Grid

Smoove, yang berfungsi untuk mengolah suatu bidang

menjadi bidang yang memiliki ketinggian maupun kedalaman tertentu, dengan cara; masuklah terlbih dahulu pada “Lahan Grid” yang ter-grup dengan cara~ klik ganda pada objek dengan Select Tool> aktifkan Smoove> klik pada salah satu titik di “Lahan Grid”> geser mouse secara vertikal> ketik nilai ketinggian~”Enter”, maka akan tampak gambar seperti berikut.

Page 22: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 22

Gambar 1.24 Proses Smoove

Stamp, yang berfungsi untuk membuat sebidang lahan datar pada area berkontur, dengan cara buatlah terlebih dahul sebidabf area berkontur lalu buat sebidang lahan datar, letakan lahan datar tersebut diatas area berkontur. Ketika bidang datar masih dalam keaadaan terpilih> aktifkan Stamp > klik pada area berkontur> geser mouse secara vertikal sesuai kebutuhan~klik untuk mengakhiri. Maka akan tampak gambar seperti berikut:

Gambar 1.25 Proses Stamp

Drape, berfungsi untuk membuat garis pada area

berkontur, yaitu dengan cara seperti ketika proses Stamp, namun hasil yang dicapai seperti gambar berikut:

Page 23: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 23

Gambar 1.26 Proses Drape

Add Detail, berfungsi untuk memperkecil bidang bagi pada “Lahan Grid” dengan cara; masuklah terlebih dahulu pada “Lahan Grid” yang ter-grup dengan cara~klik ganda pada objek dengan Select Tool> seleksi sebagian atau keseluruhan lahan> klik “Add Detail”. Maka “Lahan Grid” akan berubah menjadi seperti gambar berikut:

Gambar 1.27 Hasil Add Detail

Semakin diulang proses di atas pada bidang yang sama maka akan semakin kecil pembagiannya.

Flip Edge, befungsi untuk membalik garis-garis pada

suatu bidang. 1.8 Bentuk Pengaturan dan Pengelolaan SketchUp

Page 24: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 24

Beberapa bentuk pengaturan dan pengelolaan pada SketchUp telah tersedia di dalam; Menu~Window. Pengaturan dan pengelolaan tersebut meliputi:

System Preferences

Gambar 1.28 System Preferences Box

Pada System Preferences Box terdapat beberapa panel pengelolaan dan pengaturan sistem aplikasi SketchUp.

Model Info

Gambar 1.28 Model Info Box

Panel-panel pengaturan pada model info merupakan bentuk pengelolaan sistem terhadap file SketchUp yang sedang aktif/ yang sedang dijalankan.

Browser dan Dialog Box

Page 25: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 25

Gambar 1.28 Browser dan Dialog Box

Beberapa pengaturan dan pengelolaan lainnya, muncul dalam bentuk Browser dan Dilog Box, yaitu: Components, Material, Page, Layers, Display Settings, Shadow Settings, Soften Edge, Entity Info dan Outliner.

1.9 Context Menus

Gambar 1.29 Context Menus

Beberapa pengaturan dan perintah kerja tertampung di dalam Context Menus, yang didapat dengan cara; klik kanan pada objek.

Page 26: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 26

1.10 Quick Reference Card Keberhasilan dari suatu proses kerja, erat kaitannya dengan dukungan dan kelengkapan suatu peralatan yang dibutuhkan dalam proses kerja tersebut dan yang terpenting terletak pada kepiawaian terhadap penggunaan dan pemanfaatan alat tersebut. Begitu pula di dalam menjalankan suatu program aplikasi sangat dituntut pemahaman terhadap fungsi suatu peralatan yang mendukung program aplikasi tersebut, oleh karena itu gambar berikut adalah “Quick Reference Card” (Kartu Acuan Cepat) yang dapat membantu memahami fungsi peralatan yang tersedia pada program aplikasi SketchUp.

Page 27: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 27

Gambar 1.30 Quick Reference Card. 1

Page 28: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 28

Gambar 1.31 Quick Reference Card. 2

Page 29: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 29

1.11 Bekerja Dengan Layer Dan Group Pada Sketch Up “end point”/ titik akhir dari sebuah garis memiliki sifat “auto connected” terhadap “edge”/garis tepi dan “end point” lainnya sehingga ada baiknya kita bekerja dengan menggunakan Layer dan Group untuk memisahkan elemen maupun komponen sesuai kebutuhan, selain itu Layer dan Group juga sangat membantu ketika proses pengeditan jika suatu waktu terjadi perubahan. Layer maupun Group dapat digunakan keduanya sekaligus ataupun salah satu saja. Layers Layer adalah ilustrasi dari sebuah halaman atau lembaran kerja yang bisa ditambah/ ditumpuk sesuai kebutuhan dimana lembaran kerja tersebut yang kemudian akan diisi gambar/ desain kita. Pengaturan Layer terdapat pada; Menu~Window > Layer. Maka muncul Layer Dialog Box, dimana secara default telah tercantum Layer 0 dimana layer ini adalah layer utama sehingga tidak dapat dihapus/“delete” maupun dirubah nama/“rename”, kita hanya bisa menambah layer dengan cara menekan tombol “Add”. Untuk merubah nama Layer lakukan dengan cara klik ganda pada nama layer lalu ketik, titik hitam di belakang nama Layer menandakan di Layer aktif dimana kita bekerja, tanda “checklist” pada kolom “Visible” menandakan Layer tersebut tampil pada “Drawing Area”, untuk menyembunyikan Layer dapat dilakukan dengan cara klik pada tanda “Cheklist” namun Layer yang sedang aktif tetap tidak bisa disembunyikan. Group Group adalah suatu tindakan pengelompokan terhadap beberapa elemen, komponen maupun objek menjadi satu. Hal ini dilakukan dengan cara; pilih beberapa elemen, komponen maupun objek

dengan Select Tool > Klik ~Drag/ geser ~ hingga objek yang dipilih masuk di dalam garis yang muncul dari Select Tool, atau

gunakan Select Tool > tekan Shift ~ Klik pada masing -

Page 30: 47625831 BAB I Mengenal SketchUp

Vedi Sumantri, http://vw-xyz.blogspot.com 30

masing objek > Klik kanan pada objek terpilih ~ Context Menu~Group. Sebaliknya ketika ingin memecah objek dalam Group

lakukan dengan Select Tool> Klik kanan pada objek~Context Menu~Explode. Setelah mengenal dan menguasai fungsi Tool/ alat serta metode kerja kiranya akan lebih mudah untuk mulai bekerja, yang perlu menjadi catatan sebelum mulai bekerja “atur terlebih dahulu terutama satuan ukuran yang diinginkan” pada; Menu~Window~Preferences~ System Preferences Box ~ Template > Klik Browse/ klik tombol panel > pilih satuan ukuran yang diinginkan > Open/Enter. Lalu untuk akurasi ukuran diatur pada: Menu~Window/ klik

Model Info Box~Unit > atur didalam beberapa panel tersebut sesuai kebutuhan pada Length Unit dan Angle Unit. Pada kesempatan ini penulis menggunakan satuan ukuran “Centimeter”. 1.12 Menyimpan File Secara default, setiap file kerja yang dibuka akan secara otomatis memiliki nama “Untitled-SketchUp” , untuk menyimpan dan memberikan nama file kerja maka lakukan dengan cara Menu~File~Save > pada Dialog Box yang muncul tentukan dimana tempat meyimpan file tersebut > Save. Atau terlebih dahulu kelola file dengan cara; Menu~Window~Preferences > System Preferences Dialog box ~ Panel Files ~ tentukan File Location yang diinginkan.