45294651 pit optimiser surpac minex translate

106
Surpac Minex Group Pit Optimizer dalam Visi Surpac Juni 2006 Copyright © 2006 Surpac Minex Group Pty Ltd All rights reserved.

Upload: wladiland

Post on 13-Aug-2015

197 views

Category:

Documents


26 download

TRANSCRIPT

Page 1: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Surpac Minex Group

Pit Optimizer

dalam Visi Surpac

Juni 2006

Copyright © 2006 Surpac Minex Group Pty Ltd All rights reserved.

Page 2: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Perangkat lunak dan dokumentasi ini dimiliki oleh Surpac Minex Group Pty Ltd Surpac Minex Group Pty Ltd menerbitkan dokumentasi untuk penggunaan tunggal lisensi Surpac.Tanpa izin tertulis Anda mungkin tidak menjual, mereproduksi, menyimpan dalam sistem pencarian, atau mengirimkan setiap bagian dari dokumentasi. Untuk izin tersebut, atau untuk memperoleh salinan tambahan silahkan hubungilokal Surpac Minex Group Office.

Surpac Minex Group Pty Ltd

Tingkat 8 190 St Georges Terrace Perth, Western Australia 6000

Telepon: (08) 94201383 Fax: (08) 94201350

Sementara setiap langkah pencegahan telah diambil dalam penyusunan panduan ini, kami mengasumsikan bahwa tidak ada tanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian. Baik adalah setiap kewajiban diasumsikan untuk kerusakan akibat penggunaan informasi yang terdapat disini.

Semua nama merek dan produk adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari sana masing-masing perusahaan.

Tentang Manual Ini

Page 3: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Panduan ini telah dirancang untuk memberikan panduan praktis bagi banyak menggunakan perangkat lunak. Aplikasi yang terkandung dalam buku petunjuk ini adalah tidak berarti lengkap sebagai mungkin menggunakan perangkat lunak hanya dibatasi oleh imajinasi pengguna. Namun, hal itu akan memberikan pengguna baru yang titik tolak dan ada pengguna gambaran yang baik dengan menunjukkan bagaimana menggunakan mungkin dari fungsi dalam Surpac Vision. Jika Anda memiliki kesulitan atau pertanyaan saat bekerja melalui ini manual merasa bebas untuk menghubungi lokal Anda Surpac Minex Group Office.

Penulis

Rowdy Bristol

Surpac Minex Group

Perth, Australia Barat

Produk

Surpac Visi v5.1

Page 4: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Daftar isi

Pendahuluan .......................................... .................................................. ............................ 1 Persyaratan ................................................. .................................................. ........................ 1 Tujuan ................................................. .................................................. .............................. 1 Workflow ................................................. .................................................. ................................ 1 Pengoptimalan Teori ................................................ .................................................. ................ 2 Persyaratan Data dan Blok Persiapan Model ............................................ ........................ 7 Latihan 1 - Pengoptimalan .............................................. .................................................. ........... 8 Latihan 2 - Ore Faktor Diskonto ............................................ ............................................ 74 Latihan 3 - Menetapkan Nilai Bersih untuk memblokir model ......................................... ......................... 82

Page 5: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

PengantarOptimasi Pit memungkinkan kita untuk menghasilkan model untuk desain pit berdasarkan sebuah blok model dengan batasan-batasan yang secara nyata. Dokumen ini memperkenalkan teori dibalik proses optimasi pit dan memberikan contoh rinci menggunakan fungsi-fungsi optimasi pi di Surpac Vision. Persyaratan Sebelum melanjutkan dengan tutorial ini, anda perlu:

• Untuk memiliki Surpac Visi v5.1 diinstal • Data set atas tutorial ini • Pengetahuan dasar file string Surpac dan perangkat pengeditan • Untuk telah menyelesaikan panduan Pendahuluan • Untuk telah menyelesaikan panduan pemodelan Blok

Tujuan

Tujuan dari tutorial ini adalah untuk memungkinkan Anda untuk membuat model pit dioptimalkan dengan menerapkan dunia nyata kondisi untuk model blok yang ada.

Workflow

Proses ini dijelaskan dalam tutorial ini adalah sebagai berikut:

• Memahami dasar teori model optimasi pit • Lakukan pit optimasi pada model blok yang ada • Terapkan optimasi menggunakan faktor Bijih Diskonto • Terapkan optimasi dengan menetapkan Nilai bersih dengan model blok

Pengoptimalan Teori

Page 6: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Ikhtisar Sebuah lubang yang optimal untuk deposit adalah salah satu yang memaksimalkan keuntungan dan memenuhi biaya dan lereng kendala. Merancang sebuah lubang yang optimal adalah masalah yang menantang dan kompleks yang sulit memecahkan. Akibatnya, beberapa algoritma matematis telah dikembangkan untuk mengatasi masalah ini di kerangka waktu yang layak. The Pit Optimizer dikembangkan oleh Surpac Minex Group didasarkan pada variasi dari algoritma Grossman Lerchs yang pertama kali diusulkan oleh Koenigsberg pada tahun 1985.

The Pit Optimizer bekerja pada model blok deposito di mana setiap blok harus memiliki nilai bersih yang merupakan nilai ekonomi yang akan dikembalikan jika blok yang diekstraksi dalam isolasi. The Pit Optimizer kemudian mempertimbangkan masing-masing blok pada gilirannya untuk bekerja mana kombinasi blok harus ditambang untuk mengembalikan nilai total tertinggi mungkin kendala pertambangan yang diberikan dengan harga jual tertentu. Hasilnya adalah permukaan 3D yang merupakan basis / batas lubang yang memaksimalkan nilai total tambang dan perpanjangan lebih lanjut pit tidak akan meningkatkan total kembali.

Persyaratan Sebelum melakukan latihan dalam bab ini, Anda harus: • Jadilah akrab dengan prinsip-prinsip dasar Surpac Vision. • Jadilah akrab dengan modul model Blok dan modul database Geologi

optimasi Pit bekerja pada model blok deposit yang akan ditambang dan bahan sekitarnya. Dengan model blok, hanya sebagian blok akan benar-benar berisi materi kelas cukup untuk membuat mereka berguna untuk tambang begitu mereka tersingkap di permukaan. Untuk mencerminkan hal ini informasi, setiap blok harus diberi nilai yang pada dasarnya menunjukkan arus kas bersih yang akan hasil dari pertambangan yang menghalangi dalam isolasi. Nilai ini harus positif untuk blok bijih dan dapat dihitung sebagai harga jual dikurangi biaya penambangan dan penggilingan. Untuk limbah dan udara blok, nilai ini akan menjadi nol atau nilai negatif yang mewakili biaya penambangan yang menghalangi.

Page 7: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Untuk menggambarkan hal ini, diagram di bawah ini menunjukkan penampang deposit. Untuk kesederhanaan, udara semua blok dalam model blok untuk tubuh bijih ini akan diberi nilai $ 0, biaya pertambangan yang terkait dengan mengeluarkan sebuah blok bijih atau limbah akan ditetapkan pada $ 3, sedangkan harga jual untuk setiap blok bijih akan menjadi $ 20.

Diagram di bawah menunjukkan penampang model blok untuk deposit ini. Setiap blok memiliki telah diberi nilai bersih menunjukkan biaya ekstraksi blok jika sudah terkena.

Setelah semua blok telah diberi nilai bersih yang memperlihatkan biaya ekstraksi saja yang menghalangi seolah-olah itu sudah terbuka, setiap blok kemudian dianggap pada gilirannya dan semua blok yang perlu ditambang dalam rangka untuk mengungkap itu diidentifikasi. Dari blok, itu maka kemungkinan untuk menghitung nilai bersih total blok dalam kaitannya dengan posisinya dalam model. Ini akan menjadi bersih Nilai blok tersebut dikurangi biaya penambangan semua blok yang perlu ditambang sebelum itu dapat diekstraksi.

Pada contoh di atas, kita telah mengasumsikan bahwa untuk tambang blok, blok langsung di atasnya harus diekstrak terlebih dahulu. Oleh karena itu, untuk menghitung nilai bersih total blok, Anda akan mengambil nilai bersih blok dan mengurangi nilai bersih untuk semua blok di atasnya.

Setelah nilai bersih untuk setiap blok dihitung, itu kemudian masalah menemukan kombinasi blok untuk mengekstrak yang akan menghasilkan kembali maksimal untuk deposit itu.

Seperti ditunjukkan di bawah ini, nilai maksimum untuk sebuah lubang vertikal (90 derajat sudut kemiringan) untuk deposit ini $ 40. Hal ini dihitung dengan menjumlahkan total nilai bersih blok sepanjang dasar lubang outline.

Page 8: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Jika blok lebih diekstraksi, total pengembalian lubang benar-benar akan menurun seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ketika sebuah kolom tambahan blok diekstrak, nilai pit adalah $ 39.

Demikian pula dengan lubang yang lebih kecil, return total hanya $ 38. Hal ini digambarkan di bawah ini.

Sebuah lubang yang optimal adalah salah satu yang mengembalikan pendapatan maksimum. Sebuah lubang sedikit lebih kecil akan meninggalkan pendapatan dinding pit, sementara lubang sedikit lebih besar tidak menguntungkan pada batasnya.

Dalam optimasi pit, dinding sudut kemiringan merupakan pertimbangan penting ketika menghitung optimal pit karena sudut menentukan blok perlu ditambang sebelum blok tertentu dapat diekstraksi. Hal ini pada gilirannya akan mempengaruhi nilai bersih untuk setiap blok dan akan menghasilkan blok yang berbeda membentuk lubang yang optimal. Kasus di atas disederhanakan diasumsikan sudut kemiringan 90 derajat yang realistis. Jika di sisi lain, sudut kemiringan 45 derajat diasumsikan, hasil sebagai berikut akan tercapai.

Nilai maksimum untuk sebuah lubang kemiringan 45 derajat akan memberikan nilai sebesar $ 13 dan sekali lagi dihitung dengan menjumlahkan semua nilai bersih total blok sepanjang dasar lubang optimal.

Terlepas dari sudut kemiringan yang digunakan, sebuah lubang sedikit lebih kecil atau lebih besar akan menghasilkan kembali kurang sebagai ditampilkan dalam dua diagram di bawah ini.

Seperti yang bisa dilihat dari atas, menemukan lubang yang optimal untuk deposit bukanlah sebuah proses yang sederhana. Ada banyak kombinasi yang berbeda dan ukuran lubang garis besar kebutuhan yang harus dinilai sebelum adalah mungkin untuk menentukan pit akan kembali keuntungan yang paling dengan harga jual yang diberikan.

Page 9: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Proses ini dapat diulang dengan menaikkan harga jual untuk menghitung lubang lebih menguntungkan dekat ke permukaan yang bersifat jangka pendek (2 sampai 3 tahun). Akibatnya, serangkaian kerang pit bisa bersarang diproduksi dan digunakan sebagai panduan kasar untuk menentukan jadwal tambang atau memperkirakan maksimum nilai sekarang bersih tambang. Kedua algoritma bahwa Surpac Minex menggunakan Pengoptimal pit Grup adalah Floating Cone dan Lerchs Grossman teknik untuk menentukan pit optimal untuk deposit. Kedua algoritma dibahas kemudian.

Persyaratan Data dan Blok Persiapan Model

Data Persyaratan minimum untuk Optimizer Pit adalah:

Model blok data yang mengandung kualitas dan atribut yang menunjukkan blok bijih dan yang limbah blok dalam model atau alternatif, atribut yang merupakan nilai bersih untuk blok. Nilai bersih untuk blok adalah arus kas bersih yang dihasilkan setelah blok telah diekstraksi dan diproses, dan dapat dihitung sebagai berikut:

Nilai Blok Bersih = Harga Jual - (Pertambangan Biaya + Biaya Penggilingan)

Harga Jual adalah harga bahan yang dapat dijual di. Untuk bahan bijih, ini akan menjadi positif nilai karena bisa dijual dan untuk bahan limbah dan udara, ini akan menjadi nol karena mereka tidak bisa dijual.

Pertambangan Biaya mengacu pada biaya ekstraksi blok seolah-olah itu hanya blok dalam model. Ini tidak termasuk biaya ekstraksi blok langsung di atasnya. Kedua blok bijih dan limbah

Page 10: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

akan memiliki biaya penambangan terkait. blok Udara biaya apa-apa untuk mengekstrak dan karena itu tidak pertambangan biaya.

Biaya Penggilingan merupakan biaya bahan bijih pengolahan melalui pabrik. Hanya bijih blok akan memiliki komponen biaya penggilingan dan karenanya, limbah dan udara blok tidak memiliki biaya penggilingan.

Dari perhitungan di atas, blok bijih akan selalu memiliki nilai bersih positif sementara limbah blok akan memiliki nilai bersih negatif dan blok udara memiliki nilai nol bersih.

Nilai total yang harus dinyatakan dalam dolar per unit massa (mis. $ / ton) atau dolar per satuan volume (mis. $ / m3) dari bijih. Ini akan dibahas secara lebih rinci nanti. Topografi permukaan DTM

Setelah semua atribut yang diperlukan telah ditambahkan ke model dan topografi permukaan telah telah disusun, parameter pit optimasi dapat dimasukkan dan Optimizer pit akan menghasilkan shell pit atau serangkaian lubang peluru bersarang mewakili dasar lubang optimal pada harga jual yang diberikan.

Page 11: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Latihan 1 - Pengoptimalan

Ikhtisar

Untuk menghasilkan lubang optimal untuk deposit bijih dimana nilai bersih setiap blok dalam model harus dihitung secara otomatis oleh Pengoptimal Pit dari harga jual yang diberikan dan biaya. Sebagai persyaratan tambahan, pit yang optimal yang dihasilkan harus memiliki sudut kemiringan dinding tidak lebih besar dari 45 derajat di seluruh dinding pit.

Persyaratan

Data file yang dibutuhkan untuk latihan ini adalah: gold.mdl, topo1.dtm, topo1.str Semua file tersebut terletak di dem dalam / pelatihan / direktori pitopt mana Surpac Visi telah diinstal.

Persiapan

Set direktori kerja saat Anda ke direktori berisi file yang akan digunakan untuk ini latihan. Untuk melakukan ini, klik kiri dengan mouse pada direktori di navigator dan kemudian klik kanan untuk memunculkan menu. Pilih Set As Bekerja Directory dari menu ini. Tampilan model blok menu dengan mengklik kanan dengan mouse pada akhir bar menu utama (Di sebelah kanan menu Help). Ketika membahas fungsi blok model apapun dalam tutorial ini, mereka akan disebut dari menu ini.

Buka gold.mdl model blok file dengan memilih file ini dari navigator dengan mouse kiri tombol dan sambil menahan tombol ini, menyeret pointer mouse ke viewport grafis. Model blok item status akan muncul di bagian bawah jendela Surpac

Page 12: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

seperti terlihat di bawah:

Dari menu model Blok, Ringkasan pilih. Ini akan menampilkan bentuk merangkum sifat dari model blok dan akan muncul sebagai berikut:

Fitur penting dari model blok untuk dicatat adalah pengguna blok ukuran 20m x 20m x 20m dan bahwa empat tingkat sub-blocking telah diizinkan membuat ukuran blok seminimum mungkin 5m x 5m x 5m.

Selain itu, dapat dilihat dari daftar atribut yang kita berhadapan dengan deposit bijih mana nilai latar belakang emas -99,00 dan ada juga sebuah atribut ore_type yang mengklasifikasikan berbeda bijih bahan dalam model dengan nilai integer.

Dari informasi dalam model blok, dapat dilihat bahwa tidak ada atribut yang berisi nilai bersih untuk setiap blok dan sehingga Pit Optimizer akan secara otomatis menghitungnya.

Tekan Apply pada formulir untuk menutupnya.

Page 13: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Dari model Blok menu, pilih Tampilan, untuk menampilkan model seluruh blok. Berikut formulir akan muncul:

Isi formulir sebagaimana ditampilkan di atas dan tekan Apply untuk menggambar model dengan blok wajah. The Model harus berpusat pada viewport grafis sebagai pilihan Rescale telah diperiksa dan akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Untuk mendapatkan indikasi yang lebih baik di mana deposit bijih ini terletak di blok model, sebuah grafis kendala dapat ditambahkan untuk hanya menampilkan blok mana nilai emas lebih besar dari nol.

Dari menu Kendala, pilih kendala New grafis, masukkan informasi seperti yang ditunjukkan bawah dan Terapkan formulir.

Model blok ditampilkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Page 14: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Mewarnai blok oleh nilai emas menunjukkan distribusi mutu di seluruh deposit. The nilai emas untuk kisaran deposit dari nilai 0,02-15,24. Dalam contoh ini, nilai emas akan diwarnai oleh berbagai 0,16,2:

Dari menu Display, pilih model warna dengan atribut, masukkan informasi seperti yang ditunjukkan bawah dan Terapkan formulir.

Tekan Terapkan untuk warna model menggunakan kisaran kadar di atas.

Model blok akan muncul seperti berikut:

Putar dibikin model blok sekitar untuk mendapatkan keakraban dengan deposit.

Page 15: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Tujuan dari latihan ini adalah untuk menghasilkan dasar lubang untuk deposit yang akan mengembalikan paling keuntungan pada harga jual yang diberikan.

Sebelum masuk pit optimasi parameter, kita harus mengatur unit yang akan digunakan ketika menentukan sudut kemiringan maksimum untuk pit yang optimal. Kedua pilihan yang tersedia adalah desimal derajat atau gradien. Untuk latihan ini, kita akan memilih derajat desimal.

Dari menu Sesuaikan, pilih Default preferensi, kemudian klik pada koordinat Sistem / Unit panel tab sebagai disorot pada gambar di bawah.

Derajat Pilih untuk bidang unit Angle, kemudian tekan Terapkan untuk mengatur unit-unit.

Dari menu model Blok, pilih Pit optimasi. Formulir berikut akan muncul mendorong Anda untuk memasukkan nama file parameter.

Parameter file adalah file yang diciptakan untuk menyimpan semua parameter optimasi pit yang dimasukkan pada bentuk berikutnya sehingga pada berjalan selanjutnya di optimasi pit adalah mungkin untuk menampilkan kembali semua nilai parameter yang dimasukkan sebelumnya. Modifikasi kemudian dapat

Page 16: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

dibuat untuk ini parameter dan pit Optimizer dapat dijalankan lagi. Semua modifikasi akan disimpan kembali ke parameter file.

Parameter File memiliki ekstensi pop.. Masukkan dalam gold_ $ unit untuk nama file parameter untuk ini contoh.

Tekan Terapkan untuk menampilkan Pit Optimizer Parameter bentuk.

Seperti dapat dilihat di atas, bentuk yang terdiri dari lima panel tab yang berbeda berlabel Bijih Jenis, Pertambangan Biaya, Lereng, Batas Vertikal dan Pengoptimalan.

Parameter untuk masing-masing tab panel harus dimasukkan dalam urutan mereka muncul dan dibahas di halaman berikut:

Bijih Jenis

Tab panel ini digunakan untuk mengidentifikasi apakah blok merupakan

Page 17: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

blok bijih atau blok limbah. Ia juga memberitahu dengan Pengoptimal Pit apakah harus menghitung nilai bersih untuk setiap blok atau apakah nilai sudah disimpan dalam model.

Jika Anda klik pada tombol panah bawah pada kotak Metode kombo, Anda akan melihat ada tiga tersedia berbagai metode - $ / unit, $ / massa dan $ / volume.

Pilih $ / unit dari kotak kombo Metode.

Untuk latihan ini, $ / unit pilihan dari kotak kombo Metode telah dipilih karena ini adalah hanya metode yang secara otomatis menghitung nilai bersih untuk setiap blok diberi harga penjualan, penggilingan dan pertambangan biaya. Untuk metode ini, harga jual harus dinyatakan dalam dolar per unit bijih (misalnya $ / G). Dua lainnya metode, $ / massa dan $ / volume, membutuhkan nilai bersih untuk setiap blok yang akan sudah dihitung.

Masing-masing dari tiga metode yang berbeda dibahas secara rinci di bawah ini:

$ / Unit

Dengan metode ini, nilai bersih untuk setiap blok secara otomatis dihitung dari harga jual, penggilingan biaya dan biaya penambangan yang akan ditentukan

Page 18: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

kemudian untuk setiap jenis bijih dalam model. Penjualan harga bijih harus dinyatakan dalam satuan moneter per unit bijih di mana unit bijih adalah unit pengukuran yang sama sebagai ukuran kualitas bijih.

Misalnya, jika nilai untuk material bijih nikel yang dapat ditambang diukur dalam gram per ton (g / t), unit pengukuran akan menjadi gram dan karenanya, harga jual harus dinyatakan sebagai dolar per gram ($ / g).

Atau, jika nilai untuk material bijih nikel yang dapat ditambang diukur dalam persentase (%), unit pengukuran akan menjadi persen dan karenanya, harga jual harus dinyatakan sebagai dolar per persen dari bijih ($ / persen).

Penting untuk dicatat bahwa dengan menggunakan metode ini untuk menentukan harga jual, nilai bersih untuk setiap blok tidak harus dihitung dan disimpan dalam model sebelum menjalankan optimasi pit. The Pit Optimizer secara otomatis akan menghitung nilai bersih untuk setiap blok dari harga jual, pertambangan biaya dan biaya penggilingan yang telah ditetapkan untuk setiap jenis bijih yang berbeda.

$ / Massa

Untuk menggunakan metode ini, model blok harus berisi sebuah atribut yang menyimpan nilai bersih untuk masing-masing blok. Ini harus dihitung sebelum melakukan optimasi dan harus dinyatakan dalam moneter istilah per unit massa materi dalam sebuah blok (misalnya dolar per ton).

Page 19: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Nilai bersih blok dapat dihitung dengan menggunakan Atribut - fungsi Matematika, jika penjualan harga biaya penambangan, dan biaya penggilingan semua disimpan sebagai atribut dalam model. Seperti disebutkan sebelumnya, nilai bersih untuk blok dihitung sebagai berikut:

Nilai Bersih = Harga Jual - (Biaya Pertambangan + Biaya Penggilingan)

Jika ada biaya tambahan yang perlu diperhitungkan, mereka juga dapat ditambahkan ke dalam perhitungan.

Untuk menggunakan metode ini, gravitasi spesifik untuk setiap jenis bijih yang berbeda harus diketahui Agar Pit Pengoptimal untuk bekerja dengan satuan massa.

Metode ini mengasumsikan nilai bersih yang ditetapkan ke setiap blok adalah benar dan setiap blok dengan negatif atau nol nilai adalah limbah dan udara masing-masing blok, dan setiap blok dengan nilai positif blok bijih. Perhatian khusus harus diambil ketika menghitung nilai bersih untuk masing-masing blok apapun kesalahan akan mengakibatkan salah pit yang optimal yang dihasilkan untuk deposit.

$ / Volume

Demikian pula, metode / volume $ membutuhkan nilai bersih atribut untuk disimpan dalam model. Bersih nilai harus dinyatakan dalam istilah moneter per satuan volume (misalnya dolar per meter kubik). Ini hanya menggunakan metode untuk menentukan volume lubang optimal untuk deposit.

Page 20: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Bijih Jenis

Jika Anda klik pada panah bawah pada kotak Jenis Ore kombo, Anda hanya akan dapat memilih salah satu atribut integer yang disimpan dalam model.

Pilih atribut ore_type dari jendela tab Jenis Ore.

Atribut Bijih Tipe adalah sifat integer yang mengklasifikasikan setiap blok sebagai milik jenis bijih tertentu. Setiap jenis bijih yang berbeda diberikan sebuah integer yang unik dan harga jual yang berbeda, biaya dan properti pemulihan dapat didefinisikan untuk setiap jenis bijih yang berbeda. The Bijih Jenis atribut dapat diberikan dengan menggunakan Atribut - Matematika (MC - menambahkan link) fungsi dari model blok menu.

Dalam model blok kami, atribut Ore Jenis disebut ore_type dan blok masing-masing telah diberi ore_type nilai satu. Ini berarti bahwa semua blok dalam model adalah bijih blok (bukan limbah) dan Oleh karena itu akan diproses oleh Pit Optimizer. Pada kenyataannya, hanya sebagian blok dalam model sebetulnya merupakan bagian dari deposit bijih dan karenanya Pit Optimizer akan menggunakan Harga Jual Curves (Dibahas kemudian) untuk menentukan apakah sebuah blok yang benar-benar sebuah blok bijih atau sebenarnya limbah.

Pilih atribut ore_type dari kotak kombo Jenis Ore. Di samping kotak kombo ini adalah sebuah tombol

Page 21: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Tabel Penuhi berlabel. Tombol ini berhubungan dengan Harga Jual Curves dan Kurva Biaya Penggilingan tab panel di bagian bawah panel tab Jenis Bijih dan digunakan untuk mengisi combo Ore Jenis kotak di tab panel ini. Tampaknya pada atribut ore_type dan menampilkan semua kemungkinan unik nilai integer ditugaskan untuk atribut ini ke dalam kotak kombo untuk seleksi.

SG (Opsional)

Bidang SG adalah bidang opsional dan harus dikosongkan jika tidak ada medan gravitasi spesifik dalam model. Untuk latihan ini, biarkan kolom ini kosong.

Jika berat jenis / kerapatan untuk setiap blok dalam model ini disimpan sebagai atribut, atribut ini sebaiknya dipilih di sini sehingga tonase untuk bijih dapat dihitung.

Untuk latihan ini kita akan meninggalkan bidang ini kosong dan menetapkan SG default untuk emas kemudian ketika menentukan Harga Jual Curves ...

Kelas

Jika Anda mengklik panah bawah pada kotak Grade combo, semua

Page 22: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

mungkin nyata, mengapung dan integer atribut dalam model akan dicantumkan.

Pilih atribut emas dari daftar ini.

Bidang Grade digunakan untuk menentukan atribut kualitas dalam model bahan yang sedang ditambang atau bahan yang menentukan apakah bijih sebuah blok diklasifikasikan oleh atribut Jenis Ore (MC - menambahkan link) harus diperlakukan sebagai bijih atau limbah diberikan celana grade untuk atribut ini. Para celana kelas didefinisikan ketika menyiapkan Harga Jual Curves (dibahas kemudian).

Dalam latihan ini, atribut yang menjadi perhatian adalah atribut emas. Pilih emas dari kelas combo kotak pada panel tab Jenis Ore.

Hasil

Jika Anda mengklik panah bawah pada kotak Hasil combo, semua nyata, mengapung dan atribut integer dalam Model akan terdaftar.

Adalah mungkin untuk faktor dalam pemulihan pabrik pengolahan yang berbeda tergantung pada atribut Hasil. Untuk misalnya dalam deposito emas, bisa berisi persen bijih oksida di setiap blok bijih, dan pabrik pemulihan akan meningkat sebagai isi oksida meningkat.

Page 23: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Jika Anda pemodelan pemulihan pengolahan di masukan kelas ke pabrik dan / atau jenis bijih, atau menggunakan pemulihan tetap, maka Anda harus memilih atribut yang sama yang Anda pilih untuk kelas atribut, atau biarkan kosong. Secara default ini akan ditetapkan sebagai sama dengan atribut kelas.

Pilih atribut emas dari kotak kombo Yield pada panel tab Jenis Bijih untuk menunjukkan emas kelas akan digunakan untuk model pemulihan penggilingan kami.

Harga Jual Curves

Untuk bekerja di luar harga jual untuk setiap blok bijih dalam model sehingga Pit Optimizer dapat menghitung nya nilai bersih, kurva matematika dapat diatur untuk setiap jenis bijih.

Untuk struktur harga yang kompleks, celana pendek beberapa kelas dapat digunakan untuk menentukan harga jual yang berbeda untuk kualitas yang berbeda dari bijih. Harga jual untuk setiap blok akan interpolasi linier dari kurva diberi nilai kualitasnya.

Bijih Jenis

Page 24: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Klik pada tombol Penuhi Tabel daftar semua jenis bijih yang berbeda dalam model di Tipe Ore combo kotak di panel tab Jual Harga Curves. Nilai-nilai ini diambil dari kolom Jenis Ore terletak di kiri tombol Tabel Penuhi.

Pilih 1 dari Ore Jenis kotak kombo.

Bidang Bijih Tipe akan memungkinkan Anda untuk mengatur kurva harga jual untuk jenis bijih tertentu dalam model.

Untuk latihan ini, kita akan membuat kurva harga untuk bijih tipe 1. Catatan bahwa ini adalah nilai hanya tersedia untuk dipilih karena atribut ore_type dalam model blok kami mempertimbangkan setiap blok menjadi blok bijih.

Harga penjualan

Masuk dalam nilai $ 23.00 untuk Harga Jual dari bahan bijih setelah telah diekstrak dan diproses melalui pabrik.

Di sinilah harga jual untuk jenis bijih tertentu dimasukkan. Harga jual harus dinyatakan dalam satuan moneter per satuan dari material bijih.

Page 25: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Dalam contoh ini, nilai-nilai yang telah diukur dalam gram per ton (g / t) dan sehingga satuan yang digunakan untuk menentukan harga jual adalah per gram.

Nilai $ 23,00 untuk menunjukkan Harga Jual harga $ 23,00 untuk satu gram emas.

Jika kelas telah diukur dalam logam% per ton, dan nilai logam adalah $ 10.000 / ton, maka harga jual akan menjadi $ nilai satu logam persen per ton yaitu 1% x $ 10,000 $ = 100.

Catatan kelas 3% akan disimpan dalam atribut kelas sebagai nilai 3 dan tidak 0,03 supaya contoh di atas untuk bekerja dengan benar.

Grade cutoff

Masukkan nilai 0,0 untuk cutoff Grade bahan bijih untuk menunjukkan harga jual yang ditentukan dalam bidang sebelumnya hanya berlaku untuk blok yang memiliki nilai kadar di atas 0,0. Setiap blok dengan nilai di bawah 0,0 akan diperlakukan sebagai limbah.

Nilai Grade cutoff berlaku untuk atribut kelas yang dijelaskan di atas. Nilai

Page 26: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

dimasukkan dalam lapangan merupakan nilai terendah yang harus dipenuhi dalam rangka untuk Harga Jual untuk mendaftar. Untuk contoh Anda mungkin menetapkan bahwa setiap blok dengan nilai kurang dari 0,01 g / t harus memiliki penjualan nilai $ 0

Dalam contoh kita, kita akan mengatakan setiap blok dengan nilai kadar emas yang lebih besar dari atau sama dengan 0,0 adalah dianggap sebagai bagian dari sumber daya bijih. Pengoptimal masih akan menentukan apakah suatu sumber daya bijih blok harus diperlakukan sebagai sebuah blok bijih atau sebagai blok limbah, dengan menghitung nilai masing-masing blok ketika dianggap sebagai bijih dan kemudian sebagai limbah.

Default SG

Menentukan berat standar khusus untuk Bijih Tipe 1 menjadi nilai 2,5. Nilai default akan diterapkan untuk setiap blok yang tidak memiliki nilai SG yang ditentukan di lapangan (Opsional) SG yang dibahas di atas.

SG Default nilai untuk setiap jenis bijih yang berbeda dapat ditentukan dalam bidang ini. Nilai ini akan berlaku untuk semua blok yang tidak memiliki SG ditentukan oleh atribut yang dipilih di lapangan (Opsional) SG.

Page 27: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Seperti kita tidak menentukan bidang SG, semua blok bijih akan memiliki nilai SG sebesar 2,5.

Recovery (%)

Bidang terakhir untuk menentukan Harga Jual Curve adalah persentase pemulihan penambangan. Pemulihan ini persentase diterapkan ke tonase blok untuk menentukan proporsi bahan bijih yang pulih dari tambang untuk menggiling. Sisa dari bijih hilang dan tidak memiliki nilai.

Masuk dalam nilai dari 100,0% di lapangan (%) Pemulihan untuk menunjukkan bahwa 100% dari semua blok bijih dengan suatu Jenis bijih dari 1 adalah pulih selama pertambangan.

Untuk latihan ini, diasumsikan 100% dari bijih pulih untuk pabrik setelah penambangan.

Harga Jual Curve Definisi

The Curve Harga Jual didefinisikan menyiratkan memblokir setiap dengan nilai kadar emas lebih besar dari atau sama untuk 0.0 akan dijual seharga $ 23,00 per gram dan 100% dari bijih ini akan pulih setelah pertambangan untuk pengolahan di pabrik. Semua blok yang memiliki nilai kadar emas kurang dari nol akan diperlakukan sebagai blok limbah dan akan memiliki harga jual sebesar $ 0,00 per gram yang terkait dengannya. Pada dasarnya, Dijual kurva harga konstan telah didefinisikan.

Page 28: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Lebih dari satu entri dapat dibuat untuk setiap jenis bijih yang berbeda menentukan harga jual yang berbeda dan pemulihan nilai untuk celana kelas yang berbeda. Hal ini akan menghasilkan kurva biaya yang dirumuskan dan harga jual untuk setiap nilai grade akan linier diinterpolasi jika jatuh di antara dua cutoff nilai. Latihan berikut akan menunjukkan contoh dari kurva harga jual kompleks.

Sejauh ini, Ore Jenis tab pane akan muncul sebagai berikut:

Sekarang kurva biaya penggilingan dapat didefinisikan. Klik kiri pada tab panel Biaya Penggilingan Curves pada Bijih Jenis tab panel untuk menampilkan tabel dimana kurva biaya penggilingan yang ditetapkan untuk setiap bijih tipe.

Informasi berikut ini diperlukan untuk membuat kurva biaya penggilingan:

Bijih Jenis

Page 29: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Pilih 1 dari Ore Jenis kotak kombo. Nilai-nilai dalam kotak kombo seharusnya sudah dihuni ketika Penuhi Tabel tombol ditekan ketika Harga Jual Curves adalah didefinisikan.

The Bijih Tipe combo box digunakan untuk memilih jenis bijih yang kurva biaya penggilingan yang akan didefinisikan. Kami akan menjalankan suatu Penggilingan Curve untuk bijih tipe 1.

Mill Grade

Masukkan dalam Grade Pabrik 0,0 untuk menentukan biaya pengolahan yang terkait dengan blok bijih yang memiliki sebuah pabrik grade (Hasil nilai atribut) yang lebih besar dari atau sama dengan 0,0.

Dalam contoh kita di mana kita telah mengatur atribut Yield to sama dengan atribut kelas, yang kelas Mill adalah kelas dari bahan bijih yang dimasukkan ke dalam pabrik. Dalam latihan kami, ini adalah atribut emas.

Dalam contoh kita, Kelas Mill mirip dengan nilai cutoff grade. Hal ini dimungkinkan untuk menentukan yang berbeda nilai pabrik memiliki% Hasil yang berbeda atau konstan (pemulihan pabrik) dan biaya penggilingan, untuk membentuk

Page 30: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

kurva untuk interpolasi linier biaya penggilingan yang terkait dengan pengolahan bijih tertentu blok.

Kami akan menentukan Curve Biaya Penggilingan konstan untuk kelas pabrik yang lebih besar dari atau sama dengan 0,0.

Yield (%)

Yield adalah persentase bijih ditahan setelah penggilingan yang bisa dijual. Bidang ini berlaku untuk atribut yang dipilih dalam bidang Hasil yang dibahas sebelumnya.

Masukkan nilai 93% untuk% Hasil. Dalam contoh kita ini secara efektif berarti 93% emas adalah pulih setelah pengolahan.

Biaya ($ / massa)

Bidang Biaya adalah biaya penggilingan untuk setiap satuan massa bahan bijih. Satu contoh dari suatu satuan massa adalah $ / Ton.

Page 31: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Masukkan nilai $ 25,00 untuk biaya penggilingan Bijih Tipe 1 dengan nilai pabrik lebih besar dari atau sebesar 0.0. Biaya ini harus menjadi biaya per unit massa bijih. Dalam kasus kami, itu adalah biaya per ton bijih.

Biaya Penggilingan Curve Definisi

Entri di atas mendefinisikan sebuah kurva konstan sehingga setiap nilai pabrik kelas nol atau lebih besar akan menghasilkan rendemen 93% dan akan biaya $ 25,00 per ton untuk diproses.

Jika entri lain yang ditetapkan untuk jenis bijih yang sama, namun untuk kelas pabrik berbeda dengan yang berbeda hasil dan biaya, kurva akan digunakan untuk menentukan biaya untuk semua nilai pabrik kelas diproses oleh pabrik.

Biaya Penggilingan Curves tab pane akan muncul sebagai berikut:

Pertambangan Biaya

Biaya penambangan yang terkait dengan mengekstraksi blok hanya perlu didefinisikan jika $ / unit bijih jenis metode yang dipilih pada panel tab Jenis Ore. Hal ini karena semua biaya penambangan harus sudah

Page 32: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

faktor dalam atribut nilai bersih untuk semua blok ketika menggunakan massa / $ dan $ / bijih volume metode jenis.

Limbah dan biaya penambangan bijih dapat bervariasi dari blok ke blok atau pada level yang lebih dalam di lubang. Untuk mengizinkan untuk melakukan perubahan tersebut, setiap blok dalam model harus diklasifikasikan ke dalam kelompok-kelompok seperti yang semua blok dalam kelompok tertentu memiliki biaya tambang yang sama. Setiap pengelompokan blok disebut sebagai yang berbeda Jenis Batuan dalam model.

Pertambangan Biaya pane tab muncul sebagai berikut:

Klik pada tab panel Biaya Pertambangan.

Ada tiga panel tab terpisah pada formulir ini:

Rock Definisi Tipe

Ini adalah di mana jenis batuan yang berbeda dalam model didefinisikan.

Metode

Ada tiga cara yang mungkin untuk mengklasifikasikan blok sebagai tipe batuan tertentu. Masing-masing metode adalah

Page 33: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

dijelaskan secara rinci di bawah.

Untuk melihat pilihan yang berbeda untuk jenis batuan menentukan, klik pada tombol dengan panah bawah di atasnya di sebelah kolom Metode.

Metode: Atribut

Sebuah atribut integer dapat ditambahkan ke model blok yang membedakan blok penambangan yang berbeda biaya. integer unik dapat diberikan untuk setiap jenis batuan menggunakan Atribut - Blok Matematika fungsi. Metode ini akan digunakan ketika biaya pertambangan yang terkait dengan blok yang berdekatan atau blok dekat satu sama lain berbeda dan tidak mungkin untuk menentukan zona horizontal untuk menetapkan rock yang berbeda jenis.

Ini atribut, jika diatur dengan benar, juga bisa menjadi atribut yang sama yang menggambarkan bijih berbeda jenis dalam model. pengidentifikasi unik juga perlu ditambahkan untuk jenis limbah batuan serta bijih jenis batu.

Metode: Kedalaman

jenis batuan yang berbeda dapat diatur dengan mendefinisikan berkisar

Page 34: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

kedalaman dari permukaan topografi ke bawah. Kedalaman dimasukkan dengan berurutan meningkatkan nilai seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Jenis Rock

Kedalaman (m)

1

500

2

700

Dalam contoh di atas, kedalaman pertama ditetapkan sebagai 500 meter. Hal ini setara dengan menciptakan identik topografi permukaan pada tingkat 500 meter di bawah topografi asli. Setiap blok yang jatuh dalam kedua permukaan akan dianggap dari jenis batuan yang sama. Dalam hal ini, semua blok dengan Rock Tipe 1 akan memiliki biaya penambangan yang sama berhubungan dengan mereka.

Setelah dari ini, semua blok yang terletak antara 500 meter dan 700 meter di bawah zona topografi akan jatuh ke dalam kategori Rock Tipe 2 dan akan memiliki biaya bijih dan berbeda limbah dari Rock Tipe 1.

Metode: Elevation

jenis Rock juga dapat diberikan oleh berbagai elevasi dari permukaan

Page 35: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

topografi. Ketinggian yang masuk dengan penurunan nilai secara berurutan seperti berikut:

Jenis Rock

Elevation (m)

1

5500

2

5200

3

4700

Dengan mendefinisikan jenis batuan dengan metode ini, contoh di atas mengklasifikasikan semua blok di bawah topografi dengan ketinggian lebih besar dari atau sama dengan 5500 meter sebagai Rock Tipe 1; semua blok dengan ketinggian di kisaran 5200> = z <5500 sebagai Rock Tipe 2 dan semua blok dengan elevasi dalam kisaran 4700> = z <5200 sebagai Rock Tipe 3.

Pilih Kedalaman sebagai metode. Dengan memilih metode ini, tabel akan muncul dengan dua kolom Rock berlabel Jenis dan Kedalaman.

Dalam latihan ini, kita akan menggunakan metode Kedalaman untuk menentukan jenis batuan yang berbeda dalam model. Dalam contoh kita kita akan menetapkan jenis batu yang sama untuk semua blok sehingga penambangan bijih dan limbah

Page 36: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

biaya adalah sama untuk setiap blok dalam model.

Masukkan nilai 1 di bawah kolom Jenis Rock dan nilai 300 m di kolom Depth.

Ini memberitahu kita bahwa semua blok dalam model yang berada dalam zona antara topografi dan kedalaman 300 m di bawah topografi adalah dari Rock tipe 1. Untuk model blok kami, 300 m di bawah topografi meliputi seluruh kedalaman model.

Catatan:

1) jenis Rock adalah "atribut virtual", diciptakan pada waktu berjalan, bila menggunakan "Kedalaman" metode seperti di ini contoh. Untuk menggunakan atribut nyata yang tersimpan dalam model blok, pilih "atribut" metode dan kemudian pilih atribut yang diperlukan.

2) Jika Anda menggunakan lebih dari satu "Rock Type", Anda harus memasukkan nilai-nilai kedalaman dalam urutan menaik.

Selanjutnya kita harus menetapkan baik limbah dan penambangan bijih kurva biaya untuk masing-masing jenis batuan yang berbeda di model. Untuk menentukan biaya limbah pertambangan, klik pada tab

Page 37: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

panel Pertambangan Limbah Biaya pada Pertambangan Biaya panel tab.

Limbah Pertambangan Biaya

Setelah semua jenis batuan yang berbeda dalam model telah ditentukan, kurva biaya dapat dibuat untuk setiap jenis batuan yang merupakan limbah. Biaya kurva ditentukan oleh elevasi referensi dimana biaya penggalian dan pengangkutan blok di bawah / di atas ketinggian yang diketahui.

Catatan:

Kami telah menetapkan jenis batuan dengan kedalaman dari topografi permukaan, tapi kita sekarang mendefinisikan pertambangan biaya dengan kedua jenis rock dan elevasi. yakni kita tidak mendefinisikan berdasarkan jenis batuan dan kedalaman.

Biaya definisi kurva didefinisikan sebagai ditunjukkan dalam tabel di bawah ini:

Jenis Rock

Pertambangan Biaya ($ / Volume)

Referensi Elevasi

Page 38: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Biaya pengangkutan ($ / Volume)

default

6.0

0

3.0

1

4.0

650

1.0

1

3.0

700

0.5

2

5.0

800

2.0

Sebuah entri default secara otomatis ditambahkan ke tabel kurva biaya. Ini entri default digunakan untuk menentukan limbah pertambangan kurva biaya yang akan digunakan untuk memblokir setiap dalam model dengan jenis batuan yang tidak memiliki limbah tambang kurva biaya khusus yang ditetapkan untuk itu atau tidak ada jenis batuan telah terkait dengannya. Entri default dalam contoh di atas dapat diartikan

Page 39: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

sebagai "Biaya untuk tambang dan menyeret setiap blok default adalah $ 6,00 + $ 3,00 = "$ 9-00.

Pada contoh di atas ada dua baris untuk jenis, batuan 1 yang dapat ditafsirkan sebagai berikut "The biaya untuk menambang dan mengangkut setiap blok limbah antara dasar model blok dan terendah referensi ketinggian (650) adalah $ 4,00 + $ 1,0 = $ 5,00, dan biaya untuk menambang & mengangkut sampah setiap blok antara elevasi referensi atas (700) dan bagian atas model adalah $ 3,00 + $ 0,50 = $ 3,50.

Semua blok antara dua ketinggian acuan akan linier diinterpolasi. misalnya di ketinggian 675 biaya untuk menambang dan mengangkut akan menjadi $ 3,50 + $ 0,75 = $ 4,25

Entri untuk jenis batuan 2 dapat ditafsirkan sebagai "Biaya untuk menambang dan mengangkut sampah setiap blok antara dasar model blok dan elevasi referensi pertama (800) adalah $ 5.00 + $ 2,0 = $ 7,00, dan biaya untuk menambang dan mengangkut setiap blok limbah antara elevasi referensi terakhir (800) dan bagian atas model adalah $ 5,00 + $ 2,0 $ = 7,00. Jenis Batuan yaitu 2 memiliki kurva biaya konstan $ 7,00 ".

Penting untuk dicatat bahwa dalam contoh ini semua biaya pertambangan dinyatakan sebagai per unit volume rock (misalnya dolar per meter kubik $ / cu.m).

Page 40: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Sebuah entri default secara otomatis ditambahkan ke tabel kurva biaya. Untuk latihan ini, kita bisa meninggalkan default adalah karena kita tahu semua blok dalam model telah diberi nilai jenis batuan 1.

Untuk menentukan limbah pertambangan kurva biaya untuk Rock Type 1, baris baru harus dibuat dalam tabel. Untuk melakukannya, klik kanan dengan mouse di area abu-abu di bawah entri default meja. Menu akan muncul. Pilih Add dari menu ini untuk menambahkan sebuah baris kosong ke meja.

Setelah baris kosong telah ditambahkan ke meja, masukkan informasi berikut untuk kurva biaya Rock Tipe 1. Ini mendefinisikan kurva konstanta sedemikian rupa sehingga biaya $ 5 + $ 0.01 sampai mengekstrak satuan volume limbah tersebut.

Pertambangan Bijih Biaya

Setelah limbah biaya pertambangan didefinisikan, klik pada tab panel Pertambangan Bijih Biaya untuk menentukan penambangan bijih biaya untuk setiap jenis batuan.

Biaya yang berkaitan dengan bijih tambang dan pengangkutan dari pit didefinisikan dalam cara yang sama seperti

Page 41: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Biaya limbah tambang dibahas di atas. kurva Biaya ditetapkan untuk setiap jenis bijih batuan mewakili menggunakan elevasi referensi.

Isi Biaya Pertambangan Bijih seperti yang ditunjukkan untuk menentukan kurva biaya penambangan konstan untuk Rock Type 1.

Seperti yang bisa dilihat dari kurva pertambangan bijih biaya, biaya $ 5,75 + $ 0,02 = $ 5,77 untuk mengekstrak volume unit bijih dari pit.

Blok Klasifikasi

Ketika Pengoptimal Pit memeriksa blok, kerjanya keluar dari parameter tab panel Jenis Ore berapa harga penjualannya dan apakah blok sebenarnya merupakan blok bijih atau limbah menurut Jual Harga Biaya Curves dan Jenis Bijih yang sudah ditetapkan. Setelah itu diketahui apakah blok adalah bijih atau limbah, Pit Optimizer kemudian dapat menentukan penambangan biaya yang terkait dengan blok dari Biaya Limbah Pertambangan dan Pertambangan Bijih Curves Biaya yang sudah ditetapkan.

Lereng

Selanjutnya kita dapat menentukan sudut kemiringan maksimum untuk shell pit optimum yang akan dihasilkan. Klik pada tab panel Lereng pada formulir Optimisasi Pit Parameter.

Page 42: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Lereng tab panel harus ditampilkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

kendala kemiringan maksimum harus ditentukan untuk mengontrol bentuk pit yang optimal yang dihasilkan kerang. Kendala-kendala kemiringan akhirnya menentukan blok perlu diekstraksi sebelum blok tertentu dapat ditambang dan oleh karena itu, menentukan nilai bersih untuk blok ketika mempertimbangkan blok di atasnya.

Ketika menentukan sudut kemiringan, sudut kemiringan harus mewakili rata-rata bangku dan batters, dan harus diukur baik dalam derajat desimal atau gradien. Pada awal ini latihan, kami memilih derajat desimal untuk pengukuran sudut kami.

Hal ini dimungkinkan untuk mengatur sudut kemiringan yang berbeda untuk bahan yang berbeda atau komposisi bahan dalam deposit. Untuk melakukan ini, Anda akan perlu untuk menambahkan atribut integer baru untuk model Anda bahwa mengklasifikasikan setiap blok ke dalam area yang berbeda yang disebut sebagai tipe batuan.

Anda akan memilih atribut dari Rock kolom Jenis kemudian tekan Tabel Penuhi.

Page 43: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Dalam latihan kita, kita akan menjaga hal-hal sederhana dan mendefinisikan satu set dari sudut kemiringan yang akan berlaku untuk seluruh model. Untuk melakukan hal ini, kita tidak harus memilih atribut untuk kolom Jenis Rock. Sebaliknya, kita akan mendefinisikan default sudut kemiringan dalam tabel di bawah:

sudut lereng harus ditentukan untuk masing-masing dari delapan arah mata angin (N, NE, E, SE, S, SW, S, dan NW) dan akan diukur dari pusat lubang mencari keluar sepanjang masing-masing arah.

Entri pertama pada tabel berlabel default akan berlaku untuk seluruh model jika atribut Rock Type tidak didefinisikan atau blok dalam model belum diberikan nilai tipe batuan.

Dalam latihan, kami ditentukan bahwa pit yang optimal yang dihasilkan harus memiliki sudut kemiringan tidak lebih besar dari 45 derajat.

Masuk dalam nilai 45 di bawah kolom default untuk entri tabel berlabel default.

Perhatikan bahwa ketika Anda memasukkan nilai, sisa dari sudut untuk

Page 44: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

delapan arah mata angin adalah otomatis diisi dengan nilai yang sama. Jika salah satu sudut perlu diubah dari default, cukup gunakan tombol kiri mouse untuk mengklik di lapangan bahwa untuk mengubah nilai.

Jika kita adalah untuk menentukan sudut kemiringan yang berbeda untuk jenis batuan yang berbeda dalam model, sebuah entri akan ditambahkan ke dalam tabel untuk tiap jenis batuan yang berbeda.

Catatan

Penting untuk dicatat bahwa sudut kemiringan yang sebenarnya dari kerang lubang yang dihasilkan akan optimal kompromi antara sudut kemiringan maksimum yang ditetapkan untuk setiap jenis batuan dan masuk akal sudut yang dapat dibentuk dari ukuran blok yang ditentukan oleh jangka optimasi. Sebagai contoh jika Anda tentukan kembali blok selama optimasi untuk 80m x 80m dalam arah X dan Y, dan menggunakan sudut kemiringan maksimal 45 derajat, maka Anda menyiratkan bahwa itu berlaku untuk juga meningkatkan 80m di arah vertikal, sebelum melangkah di 80m horizontal dan masih mempertahankan sudut dinding 45 derajat. Oleh karena itu meskipun Anda tidak kembali-blocking pada arah vertikal, Anda dapat berakhir dengan hasil yang tidak diinginkan bila kembali memblokir dalam arah X dan Y.

Batas Vertikal

Selanjutnya kita dapat mengatur batas-batas vertikal optimasi untuk mengurangi waktu pemrosesan pada jumlah blok diproses. Klik pada tab panel berlabel Batas Vertikal pada Pengoptimalan Pit

Page 45: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Parameter bentuk.

Dalam rangka meminimalkan jumlah blok yang diproses di optimasi, dimungkinkan untuk menentukan permukaan topografi membatasi dan permukaan dasar atau elevasi. Setiap blok di atas topografi atau di bawah permukaan dasar / elevasi akan diabaikan di optimasi.

Jika permukaan topografi tidak menutupi luasan model blok ketika dalam pandangan rencana, apapun blok luar luasan permukaan sebagai akan diabaikan oleh Pengoptimal tersebut. Hal ini setara dengan memotong cookie model blok dalam arah z ke permukaan dasar membatasi atau elevasi dan membuang semua blok di luar daerah ini.

Catatan:

Topografi permukaan perlu mencakup area yang cukup besar untuk menutupi luasan permukaan dari shell pit terbesar optimal. Anda tidak akan tahu ukuran lubang cangkang terbesar sampai Anda menjalankan optimasi, maka akan lebih baik untuk menutupi suatu daerah terlalu besar dengan topografi permukaan di contoh pertama - Anda mungkin dapat "memangkas" topografi untuk berjalan optimasi berikutnya.

Page 46: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Pilih topo1.dtm file untuk permukaan topografi.

Untuk latihan ini kita tidak memiliki permukaan dasar membatasi disiapkan maka kami akan menetapkan membatasi elevasi sebagai gantinya.

Biarkan default untuk definisi Base seperti yang ditunjukkan dalam gambar ini. Elevasi membatasi diatur ke 0.0 m karena ini adalah dasar dari model blok.

Jika kita memiliki permukaan dasar, Metode yang dipilih akan DTM dan lokasi untuk permukaan akan dipilih dari browser.

Akhirnya, parameter yang menentukan metode optimasi yang akan digunakan dan di mana hasilnya akan disimpan dapat didefinisikan.

Pengoptimalan

Klik pada tab panel Pengoptimalan pada formulir Pengoptimalan Pit Parameter untuk mengatur ini parameter. Jendela tab Pengoptimalan adalah sebagai berikut:

Page 47: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Parameter optimasi menentukan metode bahwa Pengoptimal pit akan digunakan untuk menghitung solusi optimal untuk deposit pada harga jual yang diberikan. Ada dua algoritma matematis untuk memilih dari - metode Cone Terapung dan metode Lerchs Grossman.

Kedua algoritma dapat dijalankan secara terpisah atau metode Cone Floating dapat dijalankan sebelum Lerchs Grossman untuk mengidentifikasi optimasi awal cepat untuk Grossman Lerchs. Hal ini juga memungkinkan untuk mengontrol jumlah pengolahan algoritma masing-masing tidak sebelum memproduksi hasil.

kerang Pit (permukaan DTM) yang dihasilkan menunjukkan dasar lubang optimal untuk jual tertentu harga dan pit ini menguraikan juga bisa ditulis kembali ke model blok untuk verifikasi. Dijual faktor harga diskon juga dapat diterapkan untuk menunjukkan variasi dalam lubang optimum pada harga yang berbeda. lubang Nested diproduksi dan dapat digunakan sebagai indikasi untuk memaksimalkan net present value (NPV) untuk tambang dan untuk perencanaan tambang. Selain itu, laporan rinci juga dapat diproduksi.

Floating Cone

Penjelasan dari semua bidang pada tab panel ini diberikan di bawah ini.

Page 48: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Dengan memilih untuk menjalankan algoritma Cone Terapung, solusi akan diproduksi dengan cepat namun Hasil mungkin bukan pit optimal untuk deposit. Ini mungkin hanya sebuah lubang sub-optimal.

Untuk latihan kita, kita tidak akan menjalankan algoritma Floating Cone jadi biarkan bidang ini tidak dicentang.

Interrupt:% Kenaikan

Bidang% Kenaikan digunakan bersama dengan algoritma Cone Terapung dan menentukan apakah optimasi diperbolehkan untuk dijalankan untuk penyelesaian atau menghentikan awal untuk menghemat waktu komputasi.

Nilai 0% akan mengakibatkan algoritma menjalankan untuk penyelesaian dimana nilai yang lebih besar dari 0% akan memaksa algoritma untuk berhenti sebelum waktunya. nilai-nilai yang digunakan khas adalah antara 0,1-1%.

Lerchs Grossman

Page 49: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Hal ini dimungkinkan untuk menjalankan algoritma Lerchs Grossman dalam hubungannya dengan Floating Cone algoritma. Algoritma Cone mengambang akan menghasilkan sebuah lubang sub-optimal awal untuk Lerchs algoritma Grossman untuk bekerja pada dan oleh karena itu, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan hasil yang optimal.

Interrupt: Siklus Mayor

Seperti dengan algoritma Cone Terapung, adalah mungkin untuk mengganggu algoritma Lerchs Grossman untuk menghemat waktu komputasi. Algoritma ini bekerja dalam siklus dan akan berhenti pada siklus tertentu untuk menentukan rasio antara nilai pit siklus saat ini dan volume. Ketika tidak ada perubahan rasio ini, solusi optimal tercapai.

Mayor Siklus lapangan digunakan untuk menentukan siklus rasio antara nilai sekarang dari pit dan volume akan dihitung.

Nilai nol akan memungkinkan algoritma untuk menjalankan sampai selesai, apapun yang lebih besar akan menghentikan lebih awal pada siklus yang merupakan kelipatan dari nilai Siklus Mayor algoritma.

Page 50: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Nilai yang umum untuk digunakan adalah apapun antara 10 dan 40.

Kami akan membiarkan algoritma berjalan sampai selesai, maka masukkan nilai 0 di bidang ini.

Blok Ukuran (X, Y)

Ukuran blok bahwa Pengoptimal pit bekerja pada bisa berbeda dengan ukuran blok pengguna blok model. Sebuah daftar ukuran blok kemungkinan yang dapat digunakan akan muncul dalam daftar kotak kombo.

Untuk latihan ini, kita akan menggunakan ukuran pengguna blok 20, 20.

Catatan:

Menggunakan ukuran blok sama dengan ukuran blok pengguna umumnya memberikan pendekatan lereng terbaik. Menggunakan ukuran blok lebih kecil dari ukuran blok pengguna (dalam model-sub diblokir) pada umumnya menghasilkan buruk lereng perkiraan karena masalah geometri untuk arah lereng yang tidak normal blok wajah

Page 51: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Gunakan fungsi BM MODEL IKHTISAR untuk menemukan ukuran blok pengguna.

Penting untuk dicatat bahwa sudut kemiringan yang sebenarnya dari kerang lubang yang dihasilkan akan optimal kompromi antara sudut kemiringan maksimum yang ditetapkan untuk setiap jenis batuan dan masuk akal sudut yang dapat dibentuk dari ukuran blok yang ditentukan oleh jangka optimasi. Sebagai contoh jika Anda tentukan kembali blok selama optimasi untuk 80m x 80m dalam arah X dan Y, dan menggunakan sudut kemiringan maksimal 45 derajat, maka Anda menyiratkan bahwa itu berlaku untuk juga meningkatkan 80m di arah vertikal, sebelum melangkah di 80m horizontal dan masih mempertahankan sudut dinding 45 derajat. Oleh karena itu meskipun Anda tidak kembali-blocking pada arah vertikal, Anda dapat berakhir dengan hasil yang tidak diinginkan bila kembali memblokir dalam arah X dan Y.

Hasil

The Pit Optimizer menghasilkan laporan-laporan, kerang lubang dari lubang yang optimal dan juga menulis kembali informasi untuk model blok untuk verifikasi. Bidang berikut ini menentukan di mana output yang dihasilkan akan disimpan:

Pit Atribut

Page 52: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Semua blok yang berada di pit yang optimal yang dihasilkan dapat ditandai dengan nilai yang sesuai dengan salah satu nilai yang masuk dalam bidang% Diskon (dibahas di bawah) dan akan disimpan dalam atribut yang dipilih dalam bidang Atribut Pit.

nilai diskon% dapat disimpan dalam sebuah atribut yang ada, atau dengan memasukkan nama atribut baru, atribut akan dibuat untuk menyimpan nilai-nilai ini.

Masukkan nama atribut diskon ke bidang Atribut Pit.

Perhatikan bahwa semua blok dalam model akan diberi nilai default awal -9999,0.

Menyimpan persentase diskon nilai kembali ke model berguna untuk menghitung volume dan membimbing desain pit praktis berdasarkan bentuk shell pit yang optimal yang telah dihasilkan. Penting untuk diingat lubang optimal mungkin tidak praktis.

Diskon%

Bidang% Diskon digunakan untuk menghasilkan serangkaian kerang pit bersarang.

Sebuah persentase diskon adalah persentase yang dikurangi dari harga jual bahan bijih untuk kembali harga jual baru, dan dengan demikian hasil dalam sebuah lubang optimal yang berbeda yang dihasilkan dari

Page 53: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

harga jual dimasukkan pada tab panel Jenis Ore. Diskon persentase dapat diterapkan pada penjualan harga bijih untuk menghitung sensitivitas dari pit optimal untuk variasi dalam harga jual. Untuk persentase masing-masing diskon masuk dalam tab panel Optimasi, sebuah shell pit yang optimal akan yang dihasilkan dan dapat disimpan atau ditampilkan dalam grafik untuk perbandingan.

20% Diskon

Konvensi tersebut Optimizer Pit gunakan saat menentukan persentase diskon adalah bahwa positif nomor mengurangi harga penjualan untuk bijih dengan persentase itu, sementara angka negatif peningkatan harga penjualan untuk bijih dengan persentase itu. Sebagai contoh, jika harga penjualan beberapa bahan bijih diset ke $ 23 per unit, berikut menunjukkan harga jual baru untuk bijih sekali persentase diskon diterapkan:

Diskon Faktor

Asli Harga Jual $ / Unit

Diskon Nilai $ / unit

Baru Harga Jual $ / unit

20

23.00

- 4,60

18.40

10

23.00

Page 54: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

- 2.30

20.70

0

23.00

0.00

23.00

-10

23.00

+ 2.30

25.30

-20

23.00

+ 4.60

27.60

Dengan menetapkan beberapa faktor diskon berlaku untuk harga jual, serangkaian pit yang optimal bersarang kerang akan dihasilkan seperti itu, lubang yang optimal dengan harga jual terendah (diskon tertinggi faktor) adalah lubang yang paling menguntungkan dan karenanya harus ditambang awal.

Lubang dengan harga jual terendah berikutnya, adalah lubang berikutnya yang paling menguntungkan (diskon kedua tertinggi faktor) dan karenanya harus ditambang berikutnya. Hal ini diperlihatkan grafik di bawah ini:

Page 55: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Seperti dapat dilihat dalam diagram di atas, dengan memilih faktor diskonto menurun dan karena itu kenaikan harga jual, urutan pertambangan optimal dapat dihasilkan dari lubang bersarang untuk memaksimalkan Net Present Value (NPV) proyek.

Text Box: Diskon 0% 0% Diskon 10% Diskon

Untuk latihan ini, kita akan menjaga hal-hal sederhana dengan tidak menerapkan faktor-faktor diskon dan karenanya masukkan nilai 0,0 untuk baris pertama dari bidang% Diskon sehingga akan menghasilkan sebuah lubang yang optimal dengan menggunakan harga jual ditentukan pada Tipe Ore ($ 23,00) panel tab.

Dalam hal ini, harga jual yang akan digunakan adalah $ 23,00 per gram emas.

Page 56: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Output Pit Lokasi

Shell pit mewakili dasar lubang optimal untuk% Discount (harga jual) didefinisikan dalam bidang sebelumnya dapat disimpan ke file DTM.

Masuk dalam nilai lubang untuk bidang Output Pit Lokasi. Secara default, nilai% diskon untuk pit ditambahkan ke nama file. Dalam contoh ini, shell pit untuk% diskon dari nol akan disimpan ke file bernama pit0.dtm.

Jika kolom ini dibiarkan kosong, shell pit yang optimal tidak akan disimpan.

Menyimpan shell pit bermanfaat karena dapat berkontur dan belah, volume dapat dilaporkan dan dapat membantu dalam desain pit praktis.

Output Pit Layer

Pit shell yang dihasilkan dapat ditampilkan pada grafis segera setelah optimasi selesai.

Page 57: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

grafis.

Nilai ini dapat

Page 58: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

ada.

Penyusutan

Page 59: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Sebagai

Page 60: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

volume.

Ekstensi

Page 61: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

lapangan.

Page 62: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Catatan:

Hasil

Laporan

optimasi.

Page 63: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Surpac Minex Group

Hasil:

Diskon

Volume

Nilai

Output

0.00

Page 64: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

1.

Page 65: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

blok.

Page 66: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Bijih Jenis

Harga penjualan

Recovery (%)

1

23.00

0.000

2.50

100.00

Page 67: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Bijih Jenis

Mill Grade

Biaya ($ / massa)

1

0.000

Kedalaman

1

Page 68: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

300.00

default

0.00

0.00

0.00

1

5.00

Page 69: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

default

0.00

0.00

0.00

1

5.75

0.02

Lereng

Default

Utara

Timur

Page 70: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Selatan

barat

Barat

default

45

Page 71: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Ini harus muncul sebagai berikut:

Page 72: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Untuk melakukan ini, pilih

The

Page 73: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate
Page 74: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate
Page 75: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Hal ini dapat

Misalnya,

Page 76: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

pit.

Ikhtisar

Page 77: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Persyaratan

Page 78: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

ditampilkan.

diterapkan.

Page 79: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Diskon

0% Diskon

10% Diskon

Laporan

sebagai berikut:

Diskon

Volume

Nilai

Output

Page 80: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

-10.00

0.00

10.00

Page 81: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

model.

Page 82: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

pit.

sebagai berikut:

Page 83: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

faktor.

Page 84: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

50% Diskon

Diskon

10% Diskon

0% Diskon

Diskon

Volume

Nilai

Output

0.00

10.00

Page 85: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

30.00

40.00

50.00

60.00

Page 86: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

16

18

20

Page 87: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

atribut.

model.

Page 88: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate
Page 89: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate
Page 90: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

The

di bawah ini:

Page 91: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Ini

di bawah ini.

Page 92: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

optimasi.

Kami

Page 93: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

material.

Page 94: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate
Page 95: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

sama.

Page 96: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

nilai.

Untuk

Catatan:

Page 97: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

model.

Page 98: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate
Page 99: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Z

Volume

Emas

2.13

2.72

12000

Page 100: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

1.80

93000

47500

1.86

4000

9600

Grand Total

2.27

Laporan

Page 101: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Hasil:

Diskon

Volume

Nilai

Output

0.00

Page 102: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Hasil:

Diskon

Volume

Nilai

Output

0.00

Page 103: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

Ketinggian

Limbah Massa

Limbah Volume

Limbah Nilai

Bijih Volume

Rasio

0.00

0.00

0.00

Page 104: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

0.00

-

1.56

0.76

-

1.64

1.17

Page 105: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

-

1.33

230.00

-

2.33

0.35

250.00

-

Page 106: 45294651 Pit Optimiser Surpac Minex Translate

-

1.92

0.83