45197046 elektro plating

25
OUR GROUP PRESENTS

Upload: afrizal-abdi-musyafiq

Post on 27-Jan-2017

37 views

Category:

Engineering


6 download

TRANSCRIPT

Page 1: 45197046 elektro plating

OUR GROUPPRESENTS

Page 2: 45197046 elektro plating

ELECTROPLATING

Page 3: 45197046 elektro plating

Hermawan (16)

Nita Desi Mentari (25) Linda Faradhita (19)Fajrul Fitrianto (12)

Renita Dwianingsih (29)DISUSUN OLEH…

Click it!!!

Page 4: 45197046 elektro plating

1. Pengertian Elektroplating2. Tujuan Elektroplating3. Proses Elektroplating4. Macam Elektroplating

A. Elektroplating TembagaB. Elektroplating SengC. Elektroplating NikelD. Elektroplating Krom

5. Penggunaan Elektroplating

CONTENT…

Elektroplating Click them!!!

Page 5: 45197046 elektro plating

Elektroplating adalah proses pelapisan logam, dengan menggunakan bantuan arus listrik dan senyawa kimia tertentu guna memindahkan partikel logam pelapis ke material yang hendak dilapisi.

Elektroplating??Apaan sih???

PENGERTIANELEKTROPLATING

Page 6: 45197046 elektro plating

Untuk mendapatkan permukaan yang tahan korosi dan sifat tertentu yang tidak dimiliki oleh logam yang akan dilapisi. Contoh: lapis nikel & krom pada relay telepon, dimana selain untuk melindungi logam dasarnya dari korosi juga diharapkan akan memperbaiki sifat tahan aus (wear resistance).

Untuk mendapatkan sifat tertentu. Contoh: lapis krom pada silinder dan bagian lain dari mesin pembakaran, dimaksudkan untuk memperbaiki sifat tahan aus dan lubrikasi dari permukaannya.

Untuk menambah daya tahan terhadap korosi. Contoh: lapis seng pada kawat baja untuk jalur komunikasi.

TUJUANELEKTROPLATING

Page 7: 45197046 elektro plating

PROSESELEKTROPLATING

Elektroplating dibuat dengan jalan mengalirkan arus listrik melalui larutan antara logam atau material lain yang konduktif.Dua buah plat logam (anoda dan katoda) dihubungkan pada kutub positif dan negatif terminal sumber arus searah (DC).Logam yang terhubung dengan kutub positif disebut anoda dan yang terhubung dengan kutub negatif disebut katoda.

Ketika sumber tegangan digunakan pada elektrolit, kutub positif mengeluarkan ion bergerak dalam larutan menuju katoda dan disebut sebagai kation. Kutub negatif juga mengeluarkan ion, bergerak menuju anoda dan disebut sebagai anion. Larutannya disebut elektrolit.

Page 8: 45197046 elektro plating

Selama proses elektroplating berlangsung terjadi reaksi kimia pada daerah elektroda/elektrolit; baik reaksi reduksi maupun oksidasi. Karena pada proses elektroplating reaksi diharapkan berjalan terus menerus menuju arah tertentu secara tetap, maka hal yang paling penting dalam proses ini adalah mengoperasikan proses ini dengan menggunakan arus searah. Dari uraian terdahulu dapat dikatakan bahwa ada 4 bagian yang utama (penting) dari suatu sistem elektroplating.

Keempat bagian yang harus ada didalam suatu unit elektroplating adalah :a. Larutan elektrolit (rendaman)b. Anodac. Katoda (benda kerja)d. Sirkuit luar

PROSESELEKTROPLATING

Page 9: 45197046 elektro plating

Setiap larutan elektrolit yang dijadakan rendaman tempat proses elektroplating berlangsung harus mengandung bahan-bahan terlarut yang sekurang-kurangnya memiliki satu dari fungsi berikut ini :

a. Menyediakan sumber logam yang akan diendapkan;

b. Membentuk kompleks dengan ion logam yang akan diendapkan;

c. Konduktif;d. Dapat menstabilkan larutan dari

hidrolisa;e. Bertindak sebagai buffer;f. Memodifikasi atau mengatur bentuk

fisik dari endapan;g. Membantu pelarutan anoda.

Adapun rendaman yang digunakan dalam proses elektroplating dapat bersifat asam maupun basa.

A. Larutan Elektrolit(Rendaman)

PROSESELEKTROPLATING

Page 10: 45197046 elektro plating

B. Anoda

PROSESELEKTROPLATING

Anoda yang digunakan dalam proses elektroplating harus dapat mengalirkan arus listrik dari luar ke dalam larutan/rendaman dan juga harus berfungsi sebagai pengisi kekurangan logam di dalam larutan karena mengendap pada permukaan katoda.

Anoda dapat berbentuk lempengan logam yang masif atau dapat juga berbentuk bola atau potongan-potongan kecil.

Page 11: 45197046 elektro plating

C. Katoda

PROSESELEKTROPLATING

Bila benda kerja tidak bersifat konduktor, dapat dilakukan pengerjaan awal yang membuat benda kerja siap menjadi katoda dalam proses elektroplating

Katoda atau benda kerja dapat memiliki bermacam bentuk dan dapat terbuat dari beraneka logam yang penting katoda harus bersifat konduktor sehingga proses elektroplating dapat berlangsung dan logam dapat menempel pada katoda (benda kerja).

Page 12: 45197046 elektro plating

D. Sirkuit Luar

PROSESELEKTROPLATING

Sirkuit (rangkaian) listrik di luar sistem elektroplating biasanya terdiri dari sumber arus dan peralatan lain yang dapat menyearahkan arus bila sumber arus memberikan arus bolak-balik.

???

Page 13: 45197046 elektro plating

Seperti…

Elektroplating dengan menggunakan beberapa macam logam…

And now we’re gonna talking about…

1. Elektroplating Tembaga2. Elektroplating Seng3. Elektroplating Nikel4. Elektroplating Krom

MACAMELEKTROPLATING

Page 14: 45197046 elektro plating

ELEKTROPLATINGTEMBAGA

Tembaga atau Cuprum (Cu) merupakan logam yang banyak sekali digunakan, karena mempunyai sifat hantaran arus dan panas yang baik. Tembaga digunakan untuk pelapisan dasar karena dapat menutup permukaan bahan yang dilapis dengan baik..

Tembaga digunakan sebagai suatu lapisan awal untuk mendapatkan pelekatan yang bagus dan melindungi baja dari serangan keasaman larutan tembaga sulfat.

Pelapisan dasar tembaga diperlukan untuk pelapisan lanjut dengan nikel yang kemudian yang kemudian dilakukan pelapisan akhir krom.

Alasan pemilihan plating tembaga untuk aplikasi ini karena sifat penutupan lapisan yang bagus dan daya tembus yang tinggi.

Aplikasi yang paling penting dari pelapisan tembaga adalah sebagai suatu lapisan dasar pada pelapisan baja sebelum dilapisi tembaga dari larutan asam yang biasanya diikuti pelapisan nikel dan krom.

Page 15: 45197046 elektro plating

ELEKTROPLATING TEMBAGA

3. Titik leleh : 1.083OC, titik didih : 2.301OC;

1. Logam berwarna kemerah-merahan dan berkilauan;

4. Berat jenis tembaga sekitar 8,92 gr/cm3.

2. Dapat ditempa, dibengkokan dan merupakan penghantar panas dan

listrik;

Sifat-sifat Fisika Tembaga

Page 16: 45197046 elektro plating

ELEKTROPLATING TEMBAGA

4. Dapat bereaksi dengan H2SO4 pekat maupun HNO3 encer dan pekat

2. Di udara lembab akan diubah menjadi senyawa karbonat atau karat basa, menurut reaksi: 2Cu + O2 + CO2 + H2O → (CuOH)2CO3;

5. Pada umumnya lapisan Tembaga adalah lapisan dasar yang harus dilapisi lagi dengan Nikel atau krom.

3. Tidak dapat bereaksi dengan larutan HCl encer maupun H2SO4 encer;

1. Di udara kering sukar teroksidasi, akan tetapi jika dipanaskan akan membentuk oksida tembaga (CuO);

Sifat-sifat Kimia Tembaga

Page 17: 45197046 elektro plating

ELEKTROPLATING TEMBAGA

4. Larutan pyrophosphate.

2. Larutan sianida;

Diantara empat macam larutan di atas yang paling banyak digunakan adalah larutan asam dan larutan sianida.

3. Larutan fluoborat; 

1. Larutan asam;

Dalam pelapisan tembaga digunakan bermacam macan larutan elektrolit, yaitu: 

Page 18: 45197046 elektro plating

Seng sudah lama dikenal sebagai pelapis besi yang tahan korosi, murah harganya, dan mempunyai tampak permukaan yang cukup baik. Pelapisan seng pada besi dilaksanakan dengan beberapa cara seperti galvanizing, sherardizing, atau metal spraying.

ELEKTROPLATING SENG

Namun pelapisan secara listrik (elektroplating) lebih disukai karena mempunyai beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan cara-cara pelapisan yang lain, diantaranya:a. Lapisan lebih merata b. Daya rekat lapisan lebih baikc. Tampak permukaan lebih baik

Page 19: 45197046 elektro plating

Karena beberapa keuntungan itulah maka lebih banyak dilaksanakan elektroplating daripada cara-cara lainnya. Elektroplating seng kadang juga disebut elektro-galvanizing. Larutan elektrolit yang sering digunakan ada dua macam yaitu larutan asam dan larutan sianida. Bila kedua larutan tersebut dibandingkan maka permukaan lapisan hasil dari penggunaan larutan sianida adalah lebih baik jika dibandingkan dengan larutan asam. Namun larutan asam digunakan bila dikehendaki kecepatan pelapisan yang tinggi dan biaya yang lebih murah.

Larutan lain yang sering digunakan pada pelapisan adalah larutan alkali zincat dan larutan pyrophosphat.

ELEKTROPLATING SENG

Page 20: 45197046 elektro plating

ELEKTROPLATING NIKEL

Pada saat ini, pelapisan nikel pada besi banyak sekali dilaksanakan baik untuk tujuan pencegahan karat ataupun untuk menambah keindahan. Dengan hasil lapisannya yang mengkilap maka dari segi ini nikel adalah yang paling banyak diinginkan untuk melapisi permukaan.

Dalam pelapisan nikel selain dikenal lapisan mengkilap, terdapat juga jenis pelapisan yang buram hasilnya. Akan tetapi tampak permukaan yang buram inipun dapat juga digosok hingga halus dan mengkilap.

Jenis lain dari pelapisan nikel adalah pelapisan yang berwarna hitam. Warna hitam inipun tampak menarik dan digunakan biasanya untuk melapis laras senapan dan lainnya.

Page 21: 45197046 elektro plating

ELEKTROPLATING NIKEL

Page 22: 45197046 elektro plating

Selain nikel, maka pelapisan krom banyak dilaksanakan untuk mendapatkan permukaan yang menarik. Karena sifat khas krom yang sangat tahan karat maka pelapisan krom mempunyai kelebihaan tersendiri bila dibandingkan dengan pelapisan lainnya.

ELEKTROPLATING KROM

Selain sifat dekoratif dan atraktif dari pelapisan krom, keuntungan lain dari pelapisan krom adalah dapat dicapainya hasil pelapisan yang keras. Sumber logam krom didapat dari asam krom, tapi dalam perdagangan yang tersedia adalah krom oksida (CrO3) sehingga terdapatnya asam krom adalah pada waktu krom oksida bercampur dengan air.

Page 23: 45197046 elektro plating

PENGGUNAANELEKTROPLATING

Pada kehidupan sehari-hari, elektroplating sering digunakan untuk:

Melapisi relay telepon dengan nikel & krom, dimana selain untuk melindungi logam dasarnya dari korosi juga diharapkan akan memperbaiki sifat tahan

aus (wear resistance).Melapisi silinder dan bagian lain dari mesin pembakaran dengan krom untuk

memperbaiki sifat tahan aus dan lubrikasi dari permukaannya.

Melapisi kawat baja untuk jalur komunikasi dengan menggunakan seng.

Page 24: 45197046 elektro plating

Wis ah,Capek

lheehh…

Ho’oh…

Teman-teman,

Sing arep takonNgadheg yooo…

Yo yo yoooo…!!!

Page 25: 45197046 elektro plating