44059373 surat izin tempat usaha

Upload: ragil-maulana

Post on 20-Jul-2015

214 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

Surat Izin Tempat Usaha ( SITU ) adalah persetujuan atau Izin yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada orang pribadi atau badan usaha untuk menggunakan bangunan atau ruang bangunan untuk kegiatan usaha.

Dahulu SITU bernama HO HO = Izin gangguan Klasifikasi Tingkat gangguan Gangguan rendah Gangguan menengah Gangguan tinggi

Fungsi izin Sebagai alat kontrol Sebagai alat pembangunan

Dasar hukum Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 07 Tahun 2001 tentang Retribusi Izin Tempat Usaha (LD. Th. 2001 No. 26 Seri B-26)

Masa Proses : 6 ( enam ) hari kerja Masa berlaku : 3 ( tiga ) tahun.

Syarat-syarat : Mengisi Formulir Permohonan Foto Copy KTP Foto Copy IMB Biodata Perusahaan Pas Poto ukuran 3 x 4 ( 4 lembar )

Fungsi pemerintah mengeluarkan perizinan Regulasi pemasukkan

A.

Izin Lokasi1. Dasar hukum. Keputusan walikota bandung daerah tingkat II bandung no.170 tahun 1999 tentang tata cara pemberian izin lokasi dalam rangka pelaksanaan peraturan menteri negara agraria/ kepala badan pertahanan nasional no.2 tahun 1999 tentang izin lokasi.

2. Sasaran/ objek Setiap perusahaan yang belum memiliki hak penguasaan atas tanah untuk melakukan kegiatan penanaman modal. 3. Masa berlaku Luas tanah 25 Ha.1 tahun Luas tanah > 25 sd 50 Ha.2 tahun Luas tanah > 50 Ha.2 tahun

4. Persyaratan a. Izin lokasi permohonan baru

Mengisi dan menandatangani formulir permohonan. Akte pendirian perusahaan bagi perusahaan berbadan hukum atau surat izin usaha bagi perusahaan perorangan. Surat keterangan NPWP. Gambaran kasar/sketsa tanah yang di mohon Pernyataan kesanggupan dan memberikan ganti rugi atau menyediakan tempat penampungan bagi pemilik tanah.

Urayan rencana proyek yang akan di bangun. Surat persetujuan presiden bagi perusahaan yang menggunakan fasilitas PMA atau dari menteri negara investasi/ketua BKPM bagi perusahaan yang menggunakan fasilitas PMDN atau surat persetujuan prinsip dari instansi teknis yang menggunakan fasilitas PMA/PMDN. Surat pernyataan mengenai luas tanah yang sudah di kuasai/ di miliki oleh perusahaan permohon dan perusahaan-perusahaan lain yang merupakan satu group dengannya. Surat pernyataan kesediaan melepaskan/mengalihkan hak atas teanah dari para pemilik tanah yang sah. Surat keterangan lain yang di pandang perlu

b. Izin lokasi tanah perpanjangan/dispensasi perpanjangan Surat permodalan izin lokasi. Peta lokasi tanah yang di mohon. Peta penggunaan detail tanah yang di mohon saat ini. Peta tata ruang di lokasi yang bersangkutan. Peta site plan/blok plan dari tanah yang di mohon.

Hasil monitoring pelaksanaan izin lokasi saat di ajukan dispensasi (di nyatakan dalam daftar dan peta : Luas Luas Luas Luas tanah yang telah di peroleh. tanah yang telah di berikan SK Hak. yang telah di sertifikatkan. yang telah di bangun.

Rencana tahapan pembangunan yang jelas sesuai proyek proposal dan kapan seluruh proyek dapat di selesaikan. Data lain yang relevan ( photo lokasi dsb ) Surat pernyataan kesanggupan untuk melaksanakan pembangunan keseluruhan dalam jangka waktu 10 tahun terhitung sejak penerbitan SK izin lokasi pertama.

5. Jangka waktu penyelesaian Maksimal 14 hari terhitung setelah persyaratan di penuhi. 6. Biaya Tanpa biaya.

B. Izin undang- undang gangguan (HO )/izin tempat usaha. 1. Dasar hukum Peraturan daerah kota bandung no. 27 tahun 2002 tentang izin gangguan daan izin tempat usaha.

2. Sasaran objek.Setiap orang pribadi atau badan usaha yang mengadakan usaha yang dapat atau tidak menimbulkan bahaya, kerugian dan gangguan masyarakat dan kelestarian lingkungan. 3. Masa berlaku Berlaku selama perusahaan melakukan kegiatan usahanya dan wajib melaksanakan daftar ulang setiap 3 ( tiga ) tahun sekali.

4. Persyaratan.a. Untuk pemohon baru Mengisi dan menandatanganiformulir permohonan. Foto copy surat izin mendirikan bangunan yang sesuai dengan perunukannya, berikut gambar denah dan situasi. foto copy sertifikat tanah atau keterangan pemilik atau pemakai tanah. Surat persetujuan dari pemilik tanah atau bangunan, jika bukan milik sendiri.

Foto copy akta pendirian usaha ( bagi yang berstatus badan hukum ). Foto copy KTP pemohon. Keterangan domisilin perusahaan dari lurah dan camat. Bukti pelunasan PBB tahun terakhir. Pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang bersebelahan dengan lokasi perusahaan ( diketahui RT/RW ). Pernyataan pemohon tentang kesangupan memenuhi/mentaati ketentuan pelestarian lingkungan

b. Untuk herregistrasi: Kartu daftar ulang asli. Foto copy surat izin gangguan dan izin tempat usaha. Foto copy KTP. Foto copy PBB terakhir.

5. Jangka waktu penyelesaian. Izin baru : Maksimal 12 hari setelah pemohon memenuhi persyaratan.

Heregistrasi : Maksimal 4 hari terhitung setelah persyaratan di penuhi.

6. BiayaSetiap izin gangguan ( IG )/izin tempat usaha berlaku selama 3 ( tiga ) tahun dan dapat di perpanjang dengan perhitungan retribusi

a. Permohonan baru : Izin gangguan : Luas ruang usaha x indeks lokasi x indeks gangguan x tarif dasar retribusi. Izin tempat usaha : Luas ruang usaha x indeks lokasi x tarif dasar retribusi.

Retribusi Biaya retribusi untuk memperoleh SITU diatur dalam Perda Nomor 7 Tahun 2001 sebagai berikut : Luas Ruang x Indek jalan x Rp. 400,- x 3 Tahun Indek jalan : Jalan Negara.: 5 Jalan Propinsi: 4 Jalan Kabupaten: 3 Jalan Desa : 2