33594524 komponen jembatan rangka batang

20
BAB III. KOMPONEN-KOMPONEN JEMBATAN DAN FUNGSINYA 1. BALOK MEMANJANG Balok memanjang berfungsi untuk menyalurkan beban-beban lantai kendaraan (beban mati dan beban hidup) ke balok melintang. Pada jembatan ini, bantalan relnya diikatkan/diletakkan langsung pada balok memanjangnya. Jembatan ini memiliki dua gelagar memanjang yang terbuat dari profil WF 300 x 130 mm.

Upload: nisa-ul-jannah

Post on 14-Jul-2016

74 views

Category:

Documents


16 download

DESCRIPTION

Komponen Jembatan Rangka Batang

TRANSCRIPT

Page 1: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

B A B I I I . K OM P ON E N - K O M P O N EN JE M B A T A N D A N F UN G S I N Y A

1. BALOK MEMANJANGBalok memanjang berfungsi untuk menyalurkan beban-beban lantai kendaraan (beban mati dan beban hidup) ke balok melintang. Pada jembatan ini, bantalan relnya diikatkan/diletakkan langsung pada balok memanjangnya. Jembatan ini memiliki dua gelagar memanjang yang terbuat dari profil WF 300 x 130 mm.

Page 2: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

2. BALOK MELINTANGBalok melintang memikul beban-beban melalui gelagar memanjang dan menyalurkannya ke rangka batang. Pada jembatan ini, gelagar melintang tersebut terbuat dari plate girder, yakni susunan plat sedemikian rupa sehingga membentuk profil baru (pada umumnya berbentuk I). Gelagar melintang tersebut diletakkan segaris dengan batang vertikal rangka batang induk.

Page 3: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

3. IKATAN ANGINIkatan angin berfungsi untuk menyalurkan gaya angin kepada perletakan. Beban angin tersebut bekerja di titik-titik simpul.

Page 4: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

4. IKATAN TUMBUKIkatan tumbuk berfungsi sebagai pengaku untuk mengurangi lenturan pada gelagar memanjang akibat gaya horisontal yang diakibatkan oleh roda kereta api. Ikatan tumbuk pada jembatan ini terbuat dari baja siku 78 x 78 mm yang diletakkan diantara gelagar memanjang membentuk ikatan silang.

Page 5: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

5. RANGKA BATANG INDUKa) Rangka diagonal

Rangka batang diagonal pada jembatan ini terbuat dari baja double canal 100 x 85 mm. Masing-masing baja canal tersebut disambung dengan menggunakan plat dan paku keling di 4 titik dalam satu bentang. Plat dan paku keling tersebut berfungsi agar beban aksial yang bekerja pada batang tersebut terbagi dua merata ke masing-masing baja canal.

Page 6: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

b) Rangka vertikalRangka vertikal pada jembatan ini terbuat dari baja WF 190 x 190 mm dengan penebalan pada bagian badan profil dengan menggunakan plat.

Page 7: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

c) Rangka tepi atasRangka tepi atas pada jembatan ini terbuat dari baja double canal 270 x 90 mm. Pada saat jembatan tersebut menerima beban kereta api, batang tepi atas menerima gaya aksial tekan. Gaya aksial tekan tersebut paling besar terletak pada tengah bentang jembatan. Sehingga pada rangka tepi atas bagian tengah bentang dibuat penebalan profil.

Page 8: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

d) Rangka tepi bawahRangka tepi bawah dari jembatan ini terbuat dari baja double canal 100 x 85 mm. Karena rangka tepi bawah menerima gaya tarik saja, sehingga tidak dibutuhkan penebalan profil sama seperti rangka tepi atas.

Page 9: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

6. PENGAKU/STIFFNERPada jembatan rangka terbuka tidak memiliki ikatan angin atas. Portal akhir dari jembatan rangka terbuka dibentuk oleh batang tepi rangka batang induk dengan balok melintang. Dengan demikian, hubungan antara rangka vertikal dengan balok melintang harus dibuat sekaku mungkin. Untuk itu dibuat pengaku/stiffner untuk menjaga kekakuan melintang dari jembatan tersebut. Pengaku pada jembatan ini tersusun dari plat dan profil baja double siku 85 x 95 mm.

Page 10: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

7. SAMBUNGANSambungan berfungsi sebagai penyaluran beban dari batang yang satu ke batang yang lain. Secara umum, jembatan ini menggunakan plat dan paku keling sebagai sambungannya.Penggunaan plat sebagai sambungan dapat mengakibatkan sobek pada plat (akibat gaya tarik) dan tekuk (akibat gaya tekan), sedangkan paku keling atau baut dapat mengakibatkan putus pada baut (akibat gaya tekan atau tarik).

a) Sambungan ikatan angin dan ikatan tumbukSambungan ikatan angin terdiri dari plat dan paku keling. Sedangkan sambungan ikatan tumbuk terditi dari baja siku dan paku keling.

Page 11: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

b) Sambungan balok memanjang-balok melintangTerdiri dari baja siku dan paku keling dimana sisi yang satu dari baja siku disambung pada sisi badan profil balok memanjang dan sisi yang lain dari baja siku tersebut disambung ke sisi badan profil balok melintang.

Page 12: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

c) Sambungan balok melintang-rangka batang utamaMenggunakan baja siku dan paku keling dimana sisi yang satu dari baja siku disambung ke badan dari balok melintang dan sisi yang lain disambung ke batang vertikal dari rangka batang utama.

Page 13: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

d) Sambungan rangka vertikal-rangka tepi bawahSambungan ini menggunakan profil double siku dan paku keling dimana profil doublu siku tersebut diletakkan di luar dari profil rangka tepi bawah (double canal) dan kemudian disambung dengan paku keling sampai ke rangka vertikal.

Page 14: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

e) Sambungan titik simpul atasPada sambungan titik simpul atas, batang-batang yang disambung adalah batang diagonal, batang vertikal, dan batang tepi atas. Secara keseluruhan batang-batang tersebut disambung dengan menggunakan plat dan paku keling. Namun pada batang diagonal dan batang tepi atas (menggunakan profil double canal) menggunakan profil baja siku dan paku keling juga sebagai sambungan ke plat simpul. Profil baja siku tersebut digunakan untuk menyalurkan yang berada pada flens dari batang diagonal tersebut.

Page 15: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

8. PERLETAKANPerletakan berfungsi untuk menyalurkan beban jembatan keseluruhan ke pilar atau kepala jembatan. Perletakan yang ada harus sesuai antara perencanaan dengan kenyataan di lapangan. Apabila pelaksanaan perletakan tidak sesuai dengan perencanaan maka pada rangka utama akan timbul gaya-gaya ekstra yang cukup besar. Gaya-gaya ekstra tersebut mengakibatkan penambahan atau pengurangan gaya-gaya batang. Bahkan mungkin saya batang tarik berubah menjadi batang tekan atau sebaliknya.Pada jembatan ini, menggunakan sendi-rol sebagai perletakan yang terbuat dari baja.

Perletakan rol

Page 16: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

Perletakan sendi

Page 17: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

B A B I V . B A H A S A N K H US U S

1. PENGAKU BATANG BAJA DOUBLE CANALPengaku ini terletak di antara dua baja canal yang digabung menjadi satu batang. Pengaku ini berfungsi untuk menjaga agar jarak antar dua baja canal tersebut tidak berubah akibat gaya aksial tekan maupun tarik. Pada batang tepi atas yang menerima gaya tekan, pengaku ini menerima gaya tarik karena batang kanal tersebut cenderung melendut ke arah luar akibat gaya tekan. Sedangkan batang tepi bawah menerima gaya tarik, sehingga pengaku ini menerima gaya tekan dikarenakan batang kanal tersebut cenderung melendut ke arah dalam.

Page 18: 33594524 Komponen Jembatan Rangka Batang

2. SAMBUNGAN TITIK SIMPUL ATAS UJUNG JEMBATAN