3 juni kemilau emas

Click here to load reader

Post on 11-Jul-2015

410 views

Category:

Business

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • *INVESTASI EMASDENGAN CARA AMPUH DI PEGADAIAN

    JUNI WINARNI

    INVESTASI EMASDENGAN CARA AMPUH DI PEGADAIAN

  • *

    Tiada kata lain kecualiBERUBAH, BERUBAH dan BERUBAH !

    Berhentilah menunggu kondisi membaik, lakukan sesuatu agar kondisi itu membaik ( Krisnamurti )

  • *SEJARAH SINGKAT EMAS Pegadaian merupakan lembaga BUMN yang bergerak dibidang jasa perkreditan atas dasar hukum gadai.

    -Pegadaian didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda pada tanggal 1 April 1901 dengan ditandai didirikannya Pegadaian cabang Sukabumi. Sampai sekarang setiap tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Pegadaian.

    - Pada tahun 1961 Pegadaian menjadi Perusahaan Negara (PN) Pegadaian.

    - Padatanggal 11 Maret 1969 Perusahaan Negara (PN) Pegadaian berubah menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN).

    - Pada tanggal 10 April 1990 Perusahaan Jawatan (PERJAN) menjadi Perusahaan Umum (PERUM).

    - Pada tanggal 13 Desember 2011 berubah dari Perum Pegadaian menjadi PT Pegadaian (Persero).

  • *MARKETING vs SELLINGMARKETINGTekanannya pada keinginan dan kebutuhan konsumenJangka panjang.Fokus konsumen.Merupakan strategi manajemen.Rencana perusahaan secara komprehensif.SELLINGTekanannya pada produk.Jangka pendek.Fokus penjual.Merupakan taktik manajemen.Bagian taktik pemasaran.

  • *Deputi Pinwil Bidang BisnisPemimpin CabangAsistenManajerMikroAsisten Manajer PenjualanAsisten Manajer Pengelolaan RisikoSekretariat Area

  • *FUNGSIMerencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan :Peran untuk promosi.Peran untuk menjual.Peran untuk marketing communication.Peran untuk riset dan pengembangan.semua produk/bisnis di Area Wilayah tanggungjawabnya.

  • *

  • *

  • *

  • *PROMOSI5. DIRECT MARKETINGDoor to door.Grebek pasar.Sebar brosur.Goes to Campus.Goes to School.Goes to Mall.

  • *PENJUALANMencari prospek & MengkualifikasiPendekatan AwalPendekatan Presentasi dan DemonstrasiMenutup Tindak Lanjut dan Pemeliharaan

  • *PENJUALAN1. PENCARIAN PROSPEKJadikan prospecting sebagai aktivitas yang teratur :Pelanggan saat ini.Eks Pelanggan.Rantai Bisnis.Organisasi dan komunitas.Data Umum.

    2. PENDEKATAN AWALMempelajari Prospek : karakteristik, gaya pembelian.Menentukan tujuan kunjungan.Menentukan pendekatan terbaik.Menentukan waktu terbaik.Menentukan strategi penjualan.

  • *PENJUALAN3. PENDEKATANLegitimasi.Keahlian.Kekuatan Referensi.Terimakasih.Manajemen Kesan.4. PRESENTASITawaran Khusus (Spesial Offer).Keterbatasan Persediaan (Limited Availability).Keterbatasan Waktu (Limited Period).Potongan Harga Tambahan (Additional Discount).Peningkatan Harga dalam Waktu Dekat.Daftar Tunggu.Terjual

  • *PENJUALAN5. MENUTUPBuatlah konsumen tertawa & senangKeep Smile !Jagalah kontak mata.Sebutlah nama konsumenCerminkan citra positif konsumenBersikaplah selalu sopan dan santun.6. PEMELIHARAANSelamat Ulang Tahun.Peringatkan sebelum Jatuh tempo, bukan setelah.Konsultasikan sesuai kebutuhan pelanggan.

  • *MARKETING KOMUNIKASIMembuat Database Pelanggan.Membuat Direct Mail dan atau News Letter ke Pelanggan dan atau Calon Pelanggan.Promosi Lewat Media Online.Melaksanakan SMS Broadcasting untuk Maintenance Pelanggan.

  • *MARKOM1. DATA PELANGGANUKEL.Nasabah P.Akan dan Telah Jatuh Tempo.MULIA Akan Lunas dan Sudah Lunas.PLN > Rp. 500.000,-Data hasil Literasi.2. DIRECT MAIL & LETTERSMS.Surat Pemberitahuan Jatuh Tempo.Email.Informasikan tentang produk dan informasi lain.

  • *MARKOM3. MEDIA ONLINETwitter.Facebook.Blackberry.Fanpages.Blogger.Website.4. SMS BROADCASTINGPush SMS.Pull SMS.

  • *RISET DAN PENGEMBANGANMelakukan Survey Kepuasan Pelanggan.Membuat Action Plan atas Hasil Survey.Melaksanakan Action Plan.Pelaporan dan Evaluasi.

  • *SALESMANSHIPSalesmanship adalah sebuah profesi dimana seseorang yang kerjanya berkeliling ke rumah-rumah, sok ramah tamah dan berniat menjual produknya ke konsumen dengan cara menghasut konsumen agar tertarik dan membeli produknya.

  • *4 Dasar SalesmanshipSelling is a process (Menjual adalah proses)Selling is a numbers game (Menjual adalah permainan angka)Selling is all about having good interpersonal communication & relationship (Menjual adalah tentang hubungan dan komunikasi inter-personal)Membeli karena perusahaannya : 20%Membeli karena produknya : 20 %Membeli karena agennya : 60 %Selling is all about discipline (Menjual adalah masalah disiplin)Penjual yang berhasil selalu melakukan dengan konsisten dan disiplin.

  • *STUDY KASUS DI PEGADAIAN

  • **PROGRAM KERJA1. CALL CALLINGUKEL.Nasabah Akan Jatuh Tempo.Nasabah Jatuh Tempo.Akan Lunas Mulia.Sudah Lunas Mulia.Nasabah P.Cross Selling Lainnya.2. LITERASI PRODUKMembentuk TIM.Ibu-ibu Arisan.Ibu-ibu Pengajian.Instansi Pemerintah.Perusahaan.Komunitas Lainnya.

  • ***PROGRAM KERJA3. DIRECT MARKETINGGoes to Campus.Goes to School.Goes to Market.Goes to Mall.Door to door.Cuci emas gratis.Konsultasi Emas.Konsultasi Usaha.4. IKLAN & ALAT PROMOSISpanduk dan Umbul-umbul.X-Banner.Koran.Majalah.Radio.Neonbox.Sponsorship.

  • *BASIC SALESMANSHIP

  • *Pola Pikir Menjadi Manusia BerkualitasSKILL = KUALITAS MANUSIADibentuk oleh:PENDIDIKAN FORMAL= 15%KERJA KERAS= 24%KEBERUNTUNGAN = 1%PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN= 60%Cara BerpikirBerhubungan dengan:Cara BerpikirTerlihat dari:HASILTerwujud sebagai:

  • *LATAR BELAKANGBeberapa persepsi negatif tentang seorang salesman dan salesgirl di masyarakat menyebabkan profesi ini jarang sekali disukai, terkecuali kalau terpepet dengan kondisi hidup sehingga sales adalah alternatif untuk lepas dari kehidupan. Padahal aktiftas penjualan ini adalah soko guru perekonomian di negara maju dimana jiwa kewirausahaannya tertanam kuat. Tidak bisa disalahkan karena budaya priyayi sangat mendominasi budaya Indonesia yang selalu sekolah orientasi kerja di kantor atau menjadi pegawai negeri dengan berbagai kelebihan dan kelemahannya.Bagaimana berdagang ? Jawabannya masih meragukan, berbeda dengan etnis china alternatif berdagang sangat kuat.

  • *PERUBAHANSekarang tinggal bagaimana merubah paradigma tersebut sehingga dimasa krisis ini jelas posisi berdagang sangat terpukul, tapi bisa mematangkan mental mereka untuk lebih survival, sehingga timbul pertanyaan bagaimana dengan pedagang profesional ?

  • *DEFINISIPaul D. converse Huegy dan Mitchell mendefinsikan : Salesmanship is one of order and one of the most effective methods of creating and stimulating demand, finding buyers and making sales- menjual adalah suatu metode yang paling tua dan paling efektif dalam menciptkan dan mendorong permintaan, mencari pembeli dan melakukan penjualan. (Alma, 2005: 111).

  • *DEFINISIPertanyaan pertama seorang penjual menurut Atkinson Kirkpatrick (1966), what can I do for my prospect and customers apa yang saya dapat lakukan untuk kepentingan langganan dan masa depan saya? Bukan sebaliknya what can my prospect and customers do for me?- apa yang saya harapkan dari langganan dan kemungkinan masa depan saya?

  • *Lebih lanjut Atkinson menggambarkan profesionalisme penjual :He posses a satisfactory amount of basic ability to sell (memiliki kemampuan menjual yang memuaskan).He consciously chose the selling field and is proud of it (dia bangga memilih pekerjaan menjual ini)He is loyal to high ethical standards (dia memiliki standar etika yang tinggi)He is skilled in his work (terampil dalam pekerjaan)His knowledge is thorough (memiliki pengetahuan)

  • *Lebih lanjut Atkinson menggambarkan profesionalisme penjual :He is true to his obligations (benar bila berjanji)He stay up to date because he never stops learning (dia tidak ketinggalan jaman, karena selalu belajar)He maintains his self respect and his independence (dia memelihara keutuhan pribadinya dan kemerdekaannya)He knows that to sell is to serve (dia mengetahui bahwa pekerjaan menjual artinya melayani)

  • *KEPRIBADIAN DAN PENJUALANProfesi penjual tidak bisa diganti dengan mesin, sehingga membutuhkan kepribaidan yang baik karena harus berhubungan dengan manusia dengan berbagai karakter kepribadian yang unik. dan penjual masih menjadi tulang punggung industri untuk menjual kelebihan produksi dan menjaga tetap berputarnya roda industri.Sehingga seorang penjual harus bisa menjawab, what can I do for my prospect and customer.

  • *Salesperson DifferencesDominanPenyendiriRelationship Suka bersaingLebih nyaman dengan benda Others interests most important

  • *Dominan MengendalikanBersaing menang adalah satu-satunya tujuan yang berartiKesadaran akan statusTidak pekaCenderung tidak percaya pada orang lainTdk tergantung, individualistis gunakan caraku atau tdk sama sekaliSepenuhnya mendominasi tipe relasional dan sering mengelilingi diri mereka sendiri dg orang-orang yg mudah mereka kendalikan.Kecewa bila berada diantara para penyendiri; tidak sanggup diabaikan.

  • *Sales DominanPendekatannya mengandung persaingan dan tekanan tinggi.Umumnya bukan perencana, ingin disertakan dalam mengambil tindakanBerusaha secepatnya memegang kendaliBerasumsi mereka mengetahui apa yang dibutuhkan prospekInformasi terorganisir dengan baik tapi mungkin tidak berhubungan langsung dengan kebutuhan prospek

  • *Sales DominanTujuan jarang dianalisaPenutupan (mencapai kesepakatan) merupakan kekuatan merekaInformasi dan catatan jarang terorganisir dan diperbaikiPertemuan lanjutan jarang dilakuakn dan dangkalTidak suka menganalisa diri sendiri, namun tidak ingin mengalami kehilangan lebih lanjut.

  • *Prospek DominanTidak mudah percaya; takut dimanfaatkan dan dikalahkanIngin mengadakan transaksi dengan tingkat atas atau orang yang cukup dominan untuk mendapatkan penghargaan dari merekaPertanyaan ter