29093224 powerpoint sejarah peradaban yunani

Click here to load reader

Upload: salmahuarwinda

Post on 24-Jul-2015

1.373 views

Category:

Documents


27 download

TRANSCRIPT

Sejarah Peradaban YunaniKelompok : Anissa Yunda Bianca Admira Fara Pratiwi Rizka Rafika Tatia .c ( 4) (9) (11) (32) (37)

Pengaruh Budaya Yunani thd Budaya Indonesia

Kondisi GeografisSistem Kepercayaan

Peradaban YunaniHasil Peradaban YunaniFilsafat & Ilmu Pengetahuan

Athena dan Sparta

Kondisi Geografis Letak geografis Yunani sekarang sama dengan

Yunani kuno yang akan Anda pelajari. Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan tersebut wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia.

PETA YUNANI KUNO

Peta Yunani

Sebagian besar wilayah Yunani bergunung-gunung

sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Tiga puluh prosen daerahnya berupa daratan rendah yang terdapat di dekat laut dan terbentuk oleh endapan lumpur sungai. Sisanya berupa jazirah yaitu Peloponesos dan Attica. Tanah

Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat dapat menanam gandum serta anggur.

Perekonomian masyarakat

SUKU BANGSA Bangsa Yunani merupakan

Yunani juga mengembangkan perekonomian melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan karena letaknya yang strategis di perairan Laut Tengah.

campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani. Mereka berimigrasi sejak tahun 2000 Sm kemudian menetap di berbagai daerah. Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta.Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis

Sistem Kepercayaan Yunani

Masyarakat Yunani memuja banyak dewa atau

Polytheisme. Berbeda dengan sikap orang Timur terhadap Dewa yang dipandang sebagai pribadi yang disembah karena takut. Dewa-dewa bagi orang timur merupakan roh atau digambarkan sebagai penguasa alam dan ada yang berwujud binatang, sedangkan masyarakat Yunani menggambarkan dewa-dewa yang disembahnya bertubuh dan berperilaku seperti manusia bahkan orang Athena sendiri menyatakan keturunan ion yaitu anak dewa Apollo.

1. Ares, dewa perang.

2. Artemis, dewi perburuan.

3. Hermes, dewa perniagaan. 4. Poseldion, dewa laut.

5. Apollo, dewa matahari dan kesenian.

8. Dyonisos, dewa anggur.

7. Aphrodite, dewi kecantikan.

6. Pallas Athena, dewi keselamatan (pelindung kota) dan ilmu pengetahuan.

9. Hades, dewa kematian.

10. Pan, dewa ternak.

Dewa Zeus

Dewi Hera

Hasil Peradaban Yunani Untuk menghormati dewa Zeus, sejak tahun 776

SM diselenggarakan pesta olah raga selama 5 hari di gunung Olymphus disebut Olympiade. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh polis baik didataran Yunani maupun daerah-daerah koloninya. Cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi: lari. loncat, lempar lembing, lempar peluru, lempar cakram, gulat, pacuan kuda dan lomba kereta kuda.

Seni Sastra Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus

yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut perang Troya. Kota Troya terletak di Semenanjung Anatolia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Komerus tersebut.

Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya

yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya

Seni Bangunan dan Seni Pahat Pada awalnya seni patung/pahat Yunani

menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan yang terkenal antara lain bernama Ikhtinus.Seni pahat menghasilkan berbagai patung para dewa maupun tokoh yang terkenal misalnya Dewa Zeus, Perikles, Plato, Aristoteles dan lainlain.

Gambar 6. Patung dada Plato

Pada masa pemerintahan Perikles seni bangunan Yunani berkembang pesat. Peninggalan bangunan kuno Yunani antara lain kuil pemujaan. Di bukit Acropolis berdiri megah kuil Parthenon dan kuil Erechteum yang di dalamnya terdapat patung dewi Palas Athena.

Gambar 7. Kuil Partenon di bukit Acropolis

Di bukit Olymphus dibangun kuil untuk dewa Zeus yang disebut kuil Altis. Di daerah koloni Yunani juga dibangun kuil misalnya kuil Zeus di Italia Selatan, kuil Apollo di Milate dan lain-lain.peninggalan bangunan Yunani adalah gedung theater.

Anda dapat menyaksikan gambar theater di Epidaurus yang sangat megah.

Sejarah Olimpiade Untuk menghormati dewa Zeus, sejak tahun 776

SM diselenggarakan pesta olah raga selama 5 hari di gunung Olymphus disebut Olympiade. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh polis baik didataran Yunani maupun daerah-daerah koloninya. Cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi: lari. loncat, lempar lembing, lempar peluru, lempar cakram, gulat, pacuan kuda dan lomba kereta kuda.

TEATER

Gambar 8. Theater di Epidaurus

Teater adalah panggung di lapangan terbuka untuk pementasan misalnya komedi. Penonton duduk di bangku-bangku yang terbuat dari batu. Bagi orang Yunani, teater merupakan bagian pendidikan dan setiap orang dianjurkan untuk menonton

Filsafat dan Ilmu Pengetahuan Socrates diperkirakan

berprofesi sebagai seorang ahli bangunan (stone mason) untuk mencukupi hidupnya. Penampilan fisiknya pendek dan tidak tampan, akan tetapi karena pesona, karakter dan kepandaiannya ia dapat membuat para aristokrat muda Athena saat itu untuk membentuk kelompok yang belajar kepadanya.

Metode pembelajaran Socrates bukanlah dengan cara

menjelaskan, melainkan dengan cara mengajukan pertanyaan, menunjukkan kesalahan logika dari jawaban, serta dengan menanyakan lebih jauh lagi, sehingga para siswanya terlatih untuk mampu memperjelas ide-ide mereka sendiri dan dapat mendefinisikan konsep-konsep yang mereka maksud dengan mendetail. Socrates sediri tidak pernah diketahui menuliskan buah

pikirannya. Kebanyakan yang kita ketahui mengenai buah pikiran Socrates berasal dari catatan oleh Plato, Xenophone (430-357) SM, dan siswa-Plato (lahir sekitar 427 SM meninggal sekitar 347 SM) adalah filsuf Yunani yang sangat berpengaruh, murid Socrates dan guru dari Aristoteles. Karyanya yang paling terkenal ialah Republik (dalam bahasa Yunani atau Politeia, "negeri") di mana ia menguraikan garis besar pandangannya pada keadaan "ideal". Dia juga menulis 'Hukum' dan banyak dialog di mana Socrates adalah peserta utama.

PLATO Sumbangsih Plato yang

terpenting tentu saja adalah ilmunya mengenai ide. Dunia fana ini tiada lain hanyalah refleksi atau bayangan daripada dunia ideal. Di dunia ideal semuanya sangat sempurna. Hal ini tidak hanya merujuk kepada barang-barang kasar yang bisa dipegang saja, tetapi juga mengenai konsepkonsep pikiran, hasil buah intelektual. Misalkan saja konsep mengenai "kebajikan" dan "kebenaran".

Salah satu perumpamaan Plato yang termasyhur

adalah perumpaan tentang orang di gua. Ada yang berpendapat bahwa Plato adalah filsuf

terbesar dalam sejarah manusia. Semua karya falsafi yang ditulis setelah Plato, hanya merupakan "catatan kaki" karya-karyanya saja.siswa lainnya.

ARISTOTELES Aristoteles, (384 SM 322

SM) adalah seorang filsuf Yunani, murid dari Plato dan guru dari Alexander yang Agung. Ia menulis berbagai subyek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik, pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi. Bersama dengan Socrates dan Plato, ia dianggap menjadi seorang di antara tiga orang filsuf yang paling berpengaruh di pemikiran Barat.

HIPOKRATES Dikenal sebagai tokoh dalam

ilmu kedokteran, ia menjelaskan tentang penyakit, sebab-sebab, dan penyembuhannya di dalam bukunya yang berjudul aphorismen dan Prognose. Hipokrates disebut juga sebagai Bapak Kedokteran.Sampai sekarang sumpah yang diucapkan oleh seorang dokter juga disebut sebagai Sumpah Hipoktrates, karena ia juga mengajarkan tentang kode etik kedokteran.

Yunani: Sudut Sejarah & Keagungan

kuil partenonKOTA TUA ATHENA Di bukit Acropolis, empat bangunan berdiri angkuh, Parthenon, Erechtelon, Propylaea dan Kuil Athena Nike, bangunan yang sudah menjadi ikon Yunani bagi dunia. Keempatnya mempunyai nilai sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari mitologi Yunani. Acropolis sendiri berarti bagian atas kota, yang digunakan untuk mengungsi saat invasi Yunani kuno. Dengan alasan ini, bangunan-bangunan yang disakralkan biasanya dibangun di ketinggian bukit ini.

Athena, nama kota tempat Acropolis berada,

merupakan nama dewi dalam mitologi Yunani yang diagungkan sebagai dewi kebajikan, perang, industri, seni, keadilan, keterampilan dan keseimbangan. Dan berbicara soal keterampilan, Yunani seakan memang dianugerahi bakat seni oleh sang dewi, melalui karya tembikar uniknya yang berwarna coklat dengan gambar relief Yunani kuno. Kini, sebagai buah tangan khas dari negara kuno ini, goresan seni relief Yunani ini dapat diperoleh tak hanya pada tembikar, namun juga dalam beragam bentuk lainnya, mulai dari perangkat makan, alat rumah tangga, sampai pakaian jadi.

SPARTASparta adalah sebuah negara militer, yang membaktikan diri pada perang dan kekerasan, dan diperkirakan dibangun oleh Likurgus pada abad 8 SM. Bangsa Sparta menerapkan sistem pendidikan yang sangat teratur. Di bawah sistem Sparta, negara jauh lebih penting dibanding perorangan. Kehidupan rakyat diukur berdasarkan manfaat mereka bagi negara. Anak-anak lelaki yang kuat dan sehat dipersembahkan pada negara, sedangkan bayi-bayi yang sakit dibuang ke pegunungan agar mati.

Likurgus, pendiri Negara Sparta

Sistem Pemerintahan Yunani Yunani tidak pernah memiliki sistem

pemerintahan sentralisasi karena tiap-tiap polis mengembangkan sistem pemerintahan masingmasing. Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari sistem pemerintahan dari dua polis yang terkemuka di Yunani yaitu Sparta dan Athena dengan konstitusi yang berbeda. Bila anda mempelajari peradaban Yunani sebenarnya anda mempelajari peradaban dari polis Athena.

1. Sparta:

Konstitusi Sparta membagi masyarakat menjadi 3 golongan yaitu: Citizens atau orang-orang Sparta yang jumlahnya antara 510% dari seluruh penduduk. Mereka terdiri dari para penguasa dan tentara. Kaum Helot: merupakan sebagian besar dari penduduk yang bekerja sebagai tani, buruh tani dan pelayan dari orang-orang sparta. Peiroikoi yaitu yang tinggal di pinggiran kota, hidup sebagai petani, pedagang dan bekerja di pertambangan mereka menyukai kebebasan pribadi. Citizens atau orang-orang Sparta merupakan keturunan dari para penakluk (Suku bangsa Doria) yang datang dari arah utara menuju Peloponesos. Mereka menduduki dataran rendah Laconia yang paling subur serta mendesak penduduk aslinya menjadi kaum Helot dan Perioikoi. Untuk menjaga kemungkinan timbulnya pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar, penguasa pemerintahan Sparta

Sistem Pemerintahan Athena Digariskan oleh Solon tahun 549 SM. Ciri-ciri :

a.Pemerintahan dipegang oleh 3 orang yang punya kekuasaan dibidang masing-masing yang disebut archon. Terdiri dari epodimos kepala pengadilan rakyat, polemore pengadilan militer .

Sistem pemerintahan Sparta yang militeristis tersebut mengutamakan

latihan kemiliteran dan disiplin yang keras bagi masyarakat. Anak yang baru lahir menjalani pemeriksaan fisik di depan Ephor. Bayi yang cacat atau tidak sehat dibuang di gua-gua atau di gunung-gunung dan dibiarkan mati atau agar di pungut oleh orang-orang Helot. Orang tua membesarkan anak laki-lakinya sampai usia 7 tahun. Sesudah itu mereka dimasukkan ke sekolah militer yang diselenggarakan oleh negara. Mereka dididik sebagai tentara yang tangguh. Pada usia 20 tahun mereka diijinkan menikah namun harus menetap

di barak/asmara tentara sampai usia 30 tahun untuk mengabdikan sepenuh hidupnya sebagai tentara. Tugas sebagai tentara baru berakhir sampai usia 60 tahun. Pada usia 30 tahun mereka menjadi warga negara yang memiliki hak memilih. Dengan langkah tersebut Sparta menjadi polis terkuat di jazirah Peloponesos. Pemerintahan Sparta dijalankan oleh 2 orang raja yang absolut dan turun temurun. Selain Raja, ada jabatan ephor selaku penasehat yang berjumlah 5 orang. Lembaga yang lain beranggotakan hanya 28 orang yang berusia 60 tahun atau lebih, disebut Gereousia. Gereousia memiliki hak veto terhadap undang-undang yang diajukan oleh DPR. Siapakah anggota DPR itu ? Anggota DPR adalah semua laki-laki warga kota Sparta yang berusia 30 tahun atau lebih, mereka bersidang setiap bulan purnama.

Pengaruh Budaya Yunani terhadap Budaya Asia Pengaruh kuat di Asia Arkeolog Potitsa Grigorakou-Parnassos

mengutarakan, pengaruh kebudayaan Hellenisme (pertemuan budaya Yunani dan budaya Timur) memiliki pengaruh kuat di Asia yang dibuktikan dari hasil penggalian arkeologi. Pengaruh budaya Hellenisme menimbulkan era pencerahan di Asia. Dari hasil penggalian itu ditemukan bahwa bahasa Yunani telah digunakan secara luas di wilayah Asia sebagai bahasa resmi sebelum masuknya Islam di kawasan itu.

Pengaruh Budaya Yunani terhadap Budaya Indonesia1.

Bentuk bangunan Museum Nasional yang diadopsi dari bentuk kuil partenon

Museum Nasional

Kuil Partenon

2.

Bentuk bangunan Gelora Bung Karno yang mengikuti konsep amphiteater

Gelora Bung Karno

Amphiteater

3.

PON (Pekan Olahraga Nasional) yang terinspirasi dari Olimpiade Athena Seni teater pada masa Pericles yang menginspirasi dibentuknya kelompok-kelompok teater besar di Indonesia seperti Teater Koma.

4.

Teater Koma

Teater Pericles