2015 2016 sem 2 tm 4031 group 12

Download 2015 2016 sem 2 tm 4031 group 12

Post on 15-Apr-2017

172 views

Category:

Engineering

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

Artificial IntelligenceKelompok 12Anggota :Algeri Gadesa 12213056Khendry Tjiuwandy 12213057Muhamad Choirul Azis 12213060Ressi Bonti 12213063Rudy Valentino 12213064

Whats AI

Kecerdasan buatan /Artificial intelligence (AI) adalah kecerdasan yang diperagakan oleh mesin atau perangkat lunak.Artificial intelligence juga merupakan nama dari suatu bidang studi akademik yang mempelajari cara pembuatan computer dan perangkat lunak computer yang mampu menunjukkan perilaku yang memiliki kecerdasan.

Whats AI (2)

Sebagian besar peniliti AI dan buku teks mendefinisikan bidang ini sebagai studi dan desain intelligent agents, yang mana agen cerdas ini adalah suatu sistem yang mempersepsikan lingkungannya dan kemudian mengambil tindakan yang memaksimalkan peluangnya untuk berhasil

Whats AI (3)

Masalah sentral (atau tujuan) penelitian AI meliputi penalaran, pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, pengolahan bahasa alami (komunikasi), persepsi dan kemampuan untuk bergerak dan memanipulasi objek.

Types of AI

Tipe dari Artificial Intelligence (AI) dapat dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu:Weak AI ( Narrow AI )Artificial General Intelligence (AGI)

Types of AI - Weak AI ( Narrow AI )

Merupakan tipe AI yang hanya mampu menjalankan kecerdasan yang sangat spesifik.

Tipe kecerdasan buatan ini tidak memiliki kesadaran (consciousness), kepekaan (sentience), serta pikiran (mind) yang memadai sehingga terkadang kecerdasan buatan ini dianggap sangat mengesalkan bagi kebanyakan orang

Types of AI - Weak AI ( Narrow AI )(2)

Kecerdasan buatan ini memiliki program kerja yang tidak seluas strong AI dimana hanya beberapa kepintaran tertentu yang dapat mereka kerjakan.

Salah satu contoh yang paling terkenal dan fenomenal adalah Siri, sebuah AI yang diciptakan perushaan ternama Apple sebagai wujud program membantu keperluan pengguna produk Apple seperti Iphone dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan memerintahkan Siri melalui suara pengguna atau dalam istilah teknologi disebut dengan speech recognition.

Types of AI - Artificial General Intelligence (AGI)

Artificial General Intelligence (AGI) atau dikenal dengan istilah Strong AI adalah tipe kecerdasan buatan yang telah dikembangan para ilmuwan pemrograman seiring perkembangan zaman untuk memperbaharui Narrow AI yang hanya dapat menjalankan kepintaran secara spesifik. Kecerdasan buatan jenis ini dapat melakukan berbagai tugas yang setara dengan intelektual manusia

Types of AI - Artificial General Intelligence (AGI)

Akal, menggunakan strategi, menyelesaikan teka-teki, dan membuat keputusan dari suatu ketidakpastian.Merepresentasikan pengetahuan, mencakup pengetahuan nalar.BerencanaMemahamiBerkomunikasi menggunakan bahasa manusia.Mengintegrasikan seluruh kemampuan di atas pada satu tujuan tertentu.

Beberapa persyaratan sebagai parameter keberhasilan dari AGI ini yaitu kecerdasan buatan tersebut harus mampu menjalankan aktivitas yang menyangkut indera manusia seperti:

Example of AI

Merupakan salah satu contoh dari Artificial Intelligence (AI) yang merupakan sebuah alat untuk mengenali pola. ANFIS merupakan hasil dari gabungan antara Fuzzy Logic System dengan Neural Network.

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Example of AI (2)

ANFIS toolbox mempunyai 2 tugas utama, yaitu :Menyederhanakan coding ketika ANFIS mencari hubungan antara INPUT dan OUTPUT.Dapat digunakan untuk menvalidasi model dengan cara membandingkan Data training dengan Checking Data.

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Example of AI (3)

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Example of AI (4)

Dari penelitian ini , terbukti bahwa penggunaan ANFIS berhasil dalam membangun sebuah model untuk menentukan nilai dari Fracture Konduktivitas oleh menggunakan Rock and Fracture Properties sebagai input nya.

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)Seluruh proses dapat dilakukan dalam jumlah yang sangat singkat dengan hasil yang memuaskan. Trade off terhadap akurasi dibandingkan penting dalam sistem ini masih ditoleransi, rata-rata error sekitar 520mD-kaki atau 9,38%.

Example of AI (4)

Dalam membangun ANFIS untuk sistem khusus ini, memperhitungkan bahwa mengikuti kondisi yang bertindak atas sumur adalah:Wells yang memproduksi dari jenis batuan yang samaWells diperforasi kurang dari 1000 kakiThe Poisson Rasio Memproduksi Rock Formation yang seragam di semua sumur (0,2)Ukuran butir dari proppantnya adalah sama untuk setiap sumur

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Example of AI (5)

Menggunakan ANFIS, seseorang dapat memprediksi Fraktur Konduktivitas dari baik ketika poin-poin berikut diketahui:

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)Fracture half-lengthFracture WidthPorosity of RockReservoir PressureRock Formations Youngs Modulus ValueFracture ToughnessAmount of Proppant InjectedDensity of Proppant/ Producing Interval

Bibliography/Reference

Wikipedia. Artificial Intelligence. URL: https://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_intelligenceRehulina Tarigan. Pengertian Kecerdasan Buatan. URL: https://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/Stepia. Macam-macam Kecerdasan Buatan. URL: https://stepia.wordpress.com/2009/08/09/macam%E2%80%93macam-kecerdasan-buatan/Agus Purnama. Kecerdasan Buatan Artificial Intelegence (AI). URL: http://elektronika-dasar.web.id/kecerdasan-buatan-artificial-intelegence-ai/Wisegeek. What Are the Different Types of Artificial Intelligence Technology?. URL: http://www.wisegeek.com/what-are-the-different-types-of-artificial-intelligence-technology.htmAgus Permana. Kecerdasan Buatan. URL: https://agusp3rmana.wordpress.com/modulku/kecerdasan-buatan/ESTIMATION OF FRACTURE CONDUCTIVITY IN A DEVELOPMENT FIELD USING ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) by TRIANTO ADIPUTRO GUNADI. URL : http://digilib.itb.ac.id/files/disk1/454/jbptitbpp-gdl-triantoadi-22655-1-2010ta-1.pdf