201131050 devy sholikatun

26
Assalamu’alaiku m

Upload: seribuhikmah

Post on 21-Jun-2015

100 views

Category:

Education


1 download

DESCRIPTION

Layanan Penempatan dan Penyaluran

TRANSCRIPT

Page 1: 201131050 Devy Sholikatun

Assalamu’alaikum

Page 2: 201131050 Devy Sholikatun

Disusun olehDevy sholikatun (2011-31-050)

MATERI LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN

Page 3: 201131050 Devy Sholikatun

Bingung???

Page 4: 201131050 Devy Sholikatun

Masalah mengenai pendidikan memang tak pernah usai diperbincangkan. Banyak sekali masalah-masalah

yang muncul seiring perkembangan waktu. Untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut,

tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang memilliki peran di dalamnya. Berikut ini

adalah jawaban yang dapat membantu kita agar dapat membuka mata dalam memilih jurusan serta

perguruan tinggi yang terbaik.

Page 5: 201131050 Devy Sholikatun

Banyak siswa yang masih bingung untuk memilih

jurusan setelah lulus SMA. Mengapa hal ini seringkali

terjadi?

Page 6: 201131050 Devy Sholikatun

Hal itu masif terjadi. Penyebabnya adalah siswa belum memiliki cita-cita hidup atau karir yang jelas. Banyak dari mereka yang menjalani sekolah tanpa sungguh-sungguh dipikirkan, mengapa ia sekolah, dan untuk apa ia sekolah. Terkadang, siswa merasa tidak mampu untuk melanjutkan studi. Mungkin merasa tidak mampu secara akademik atau tidak mampu secara ekonomi, dan masih ada deretan faktor lain yang membuat ia tidak bisa memilih atau tidak punya pilihan.

Page 7: 201131050 Devy Sholikatun

Apakah sistem pendidikan di bangku SMA memiliki peran terhadap masa depan siswa terutama ketika siswa

memilih jurusan? Mengapa demikian?

Page 8: 201131050 Devy Sholikatun

Proses pendidikan di SMA mempengaruhi siswa ketika mereka memilih jurusan di perguruan tinggi. Pengaruh yang ditimbulkan bisa positif dan bisa pula negatif. Apabila pendidikan yang siswa dapat di SMA baik, seperti memberikan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk kuliah di perguruan tinggi, memberikan wawasan kepada siswa tentang berbagai jurusan yang ada di perguruan tinggi termasuk apa yang dipelajari dan bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan jurusan itu, serta membantu siswa untuk memikirkan masa depan sendiri sejak awal (tidak hanya baru dijelaskan di kelas XII), maka siswa akan terbantu untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Akan tetapi, kalau siswa tidak mendapat pendidikan tersebut di SMA, maka siswa akan kesulitan memilih jurusan di perguruan tinggi.

Page 9: 201131050 Devy Sholikatun

Jurusan-jurusan pada tingkat universitas yang bagaimanakah yang mampu menopang masa

depan seorang siswa?

Page 10: 201131050 Devy Sholikatun

semua jurusan di perguruan tinggi dapat menjadi sarana atau jalan meraih keberhasilan dalam hidup seseorang apabila orang tersebut menekuni bidangnya dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memiliki prestasi yang baik.

Page 11: 201131050 Devy Sholikatun

Banyak siswa yang memilih Universitas dengan bayaran yang mahal atau universitas negeri yang sudah ternama.

Apakah universitas seperti itu benar-benar mampu menjamin kualitas pendidikan dan masa depan siswa?

Mengapa hal itu terjadi?

Page 12: 201131050 Devy Sholikatun

Keberhasilan studi tidak hanya ditentukan oleh universitas dan dosen, tetapi oleh usaha dan

ketekunan mahasiswanya. Kualitas pendidikan di perguruan tinggi tidak selalu berkorelasi dengan

biaya kuliahnya. Ada universitas yang menarik biaya tinggi tetapi pelayanan pendidikannya biasa-biasa

saja, tetapi ada pula perguruan tinggi yang biayanya tidak tinggi tetapi dapat memberikan pelayanan

pendidikan yang sangat bagus.

Page 13: 201131050 Devy Sholikatun

Bagaimana tanggapan Bapak bila ada seseorang yang bisa sukses pada bidang yang tidak sesuai dengan jurusan yang telah ia tekuni?

Page 14: 201131050 Devy Sholikatun

Bisa saja terjadi, dan juga mungkin tidak sedikit. Kadang orang belajar di jurusan tertentu bukan karena keinginannya, dan setelah selesai belajar baru menyadari bahwa ada bidang lain yang lebih sesuai dengan minatnya. Bisa juga terjadi karena orang itu mendapatkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru di luar bidangnya dan ternyata berhasil. Ada banyak sekali kemungkinan dan jalan untuk mencapai keberhasilan.

Page 15: 201131050 Devy Sholikatun

Biaya pendidikan semakin tinggi, apakah meneruskan pendidikan ke tingkat

universitas sangat penting bagi siswa SMA?

Page 16: 201131050 Devy Sholikatun

Kuliah di perguruan tinggi itu penting bagi orang yang ingin berkarir dalam bidang-bidang yang memerlukan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang tinggi. Dan apabila ditekuni dengan baik, akan peluang untuk berkarir lebih baik dan berkontribusi kepada masyarakat baik lokal, nasional maupun global.

Page 17: 201131050 Devy Sholikatun

Memilih jurusan kuliah enggak boleh main-main. Siswa harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan satu jurusan di kampus tertentu sebagai pilihan studinya.

Salah memilih jurusan baru akan diketahui ketika siswa tersebut kuliah. Bisa jadi, dia enggak akan betah menjalani kuliah karena jurusan yang dipilihnya ternyata enggak sesuai minat dan bakat.

Sebenarnya, apa saja sih penyebab seseorang salah memilih jurusan kuliah?

Page 18: 201131050 Devy Sholikatun

1. Belum tahu minatKarena belum tahu berminat pada bidang apa, banyak siswa ikut-ikutan temannya memilih satu jurusan tertentu.

2. Tergiur prospek kerja bagus Masukan dari berbagai pihak, entah itu keluarga, saudara, teman maupun tetangga terkadang membuat seorang siswa bingung dan bimbang. Apalagi jika masukan tersebut tentang suatu jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Akhirnya, dia memilih jurusan prospektif itu meski sebenarnya tidak berminat dengan bidang tersebut.

Page 19: 201131050 Devy Sholikatun

3. Silau dengan besarnya peluang untuk diterima Tiap kampus pasti memiliki jurusan yang sepi peminat. Jurusan-jurusan ini cenderung membuka lebih banyak peluang seorang siswa untuk diterima di PTN. Tergiur dengan peluang tersebut, banyak siswa memilih jurusan sepi peminat hanya untuk menembus seleksi PTN. Sayangnya, jurusan yang dipilih bukanlah pada bidang yang diminatinya.

4. Terpaksa Paksaan dari orangtua kerap menjadi alasan seorang siswa salah memilih jurusan. Karena ingin berbakti, banyak siswa tidak menyampaikan perbedaan kehendak mereka dengan orangtua dalam memilih jurusan di PTN. Akhirnya, salah pilih, deh.

Page 20: 201131050 Devy Sholikatun

Lalu cara apa yang bisa membantu kita dalam menentukan jurusan?

Page 21: 201131050 Devy Sholikatun

Cara yang pertama mungkin kenali dahulu bakat, minat serta passion seseorang di bidang apa. Jika kamu seorang yang suka bergaul dan bertemu banyak orang, senang berkomunikasi di depan publik dan ditambah kamu punya skill berbahasa Inggris yang baik mungkin kamu cocok dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Semua itu tergantung kamu merasa punya passion di mana. Gak enak kan, kalau nanti ternyata kita salah ambil jurusan. Kita nggak enjoy kuliah karena sebuah keterpaksaan.

Page 22: 201131050 Devy Sholikatun

Yang kedua dengan mengenali masing-masing jurusan. Dengan mengetahu tentang suatu jurusan ini, akan membantu memberikan kemudahan dalam memilih jurusan. Ini sedikit informasi terkait pengenalan jurusan. Untuk Eksakta jurusan yang banyak diminati adalah Kedokteran, Teknik, Teknologi Industri dan lain sebagainya. Dan untuk jurusan yang bernaung dibawah Non-Eksakta juga banyak ada Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan masih banyak lagi. Berikut jurusan dalam lingkup Eksakta:

Page 23: 201131050 Devy Sholikatun

Eksakta1. Teknik Sipil2. Teknik Mesin3. Arsitektur4. Matematika5. Teknik Industri6. Ilmu Keperawatan7. Pendidikan Kedokteran Gigi8. Kedokteran9. Teknologi Informasi10. Teknik Gambar

Page 24: 201131050 Devy Sholikatun

Non-Eksakta1. Akuntansi2. Psikologi3. Ilmu Komunikasi4. Hubungan Internasional5. Sosiologi6. Ilmu Hukum7. Bimbingan Konnseling8. Ilmu Politik9. Dll.

Page 25: 201131050 Devy Sholikatun

Cara yang ketiga adalah dengan mengikuti konsultasi yang diadakan oleh guru di sekolah atau juga bisa melalui bimbingan belajar. Biasanya mereka dapat memberikan pengarahan terkait jurusan yang sebaiknya kita ambil dari hasil belajar siswa selama ini. Selama ini, banyak bimbingan belajar yang juga menyediakan konsultasi bagi siswanya. Seorang Tentor dapat memberi masukan jurusan yang sebaiknya kita ambil dari tes-tes latihan ataupun bakat siswa. Bakat siswa bisa dilihat dari Tes Potensi Akademik dan kesehariannya.Selain tiga cara itu, rajin-rajinlah sharing dengan orang tua dan orang-orang yang telah masuk PT. Dari mereka biasanya banyak diberi pengarahan, karena tentunya mereka telah melakukannya. Dan orang tua inilah yang mungkin sangat berperan, selain dukukungan materi orang tua juga tidak pernah lupa memberi dorongan moril terutama doa.

Page 26: 201131050 Devy Sholikatun

Wa’alaikumsalamTERIMAKASIH