201036904-bahan-abrasif

Upload: syarifah-humaira-almudhir

Post on 10-Jan-2016

338 views

Category:

Documents


58 download

DESCRIPTION

pbk

TRANSCRIPT

12

BAB 1PENDAHULUAN1.1 Latar Belakangpengetahuan akan berbagai macam bahan kontruksi sangat diperlukan, guna untuk mengetahui unsur penyusun yang terkandung dari suatu bahan, sifat sifatnya dan kegunaannya. Banyak kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan material konstruksi pabrik. Perancangan pabrik untuk industri kimia tentu harus memperhatikan berbagai macam pertimbangan. Hal semacam ini dilakukan untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan penggunaan bahan kontruksi pabrik. Untuk itu, menjadi suatu keharusan bagi seorang sarjana teknik kimia mengetahui berbagai macam bahan kontruksi terutama yang akan di bahas dalam makalah ini adalah bahan abrasif, sehingga pengunaan yang nanti dilakukan akan efektif karena dengan mengenal bahan tersebut, kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari barang yang di gunakan.1.2 Tujuan Tujuan penulisan makalah ini adalah :1. Menjadikan bahan acuan informasi yag berkaitan dengan bahan abrasif dan kegunaannya.2. Memenuhi tugas mata kuliah pengenalan bahan konstruksi teknik kimia.

BAB IITINJAUAN PUSTAKA

2.1 Bahan AbrasifBahan abrasif adalah bahan alami atau sintetik yang relativ keras untuk mengasah dan menggosok bahan lain yang lebih lunak. Gerinda., kikis , amplas, bubuk dan krem poles serta balok asah adalah jenis abrasif yang sering ditemukan. Untuk berbagai keperluan, bahan abrasif digunakan dengan bentuk dan bahan berlainan. Klem poles dapat membuat bahan menjadi halus dan mengkilap.gerinda dan kikir digunakan untuk menciptakan komponen mesin yang memerlukan ketelitian yang tinggiuntuk memperhalus bagian yang kasar. Amplas sering digunakan oleh tukang besi dan tukang kayu untuk menghaluskan permukaan benda yang akan di cat. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan menggosok atau menggeserkan bahan abrasiv pada permukaan yang akan dibentuk atau diperhalus, baik dengan tenaga manusia maupun dengan mesin khusus.sebagian besar pekerjaan rumah tangga juga memerlukan bahan abrasif ringan selain sabun dan detergen, misalnya abu gosok. Bubuk dan cairan pencuci juga mengandung bahan abrasif. Setiap bahan abrasif mempunya tingkat kekerasan tertentu, intan merupakan bahan abrasif yang paling keras. Kemudian diikuti silikon karbida dan aluminium oksida. Ketiganya biasanya merupakan bahan abrasif sintetik. Bahan sintetik lainnya antara lain wol baja, butir butir baja dan bubuk gelas. Bahan abrasif alami yang sering digunakan antara lain batu gosok yang mengandung aluminium oksida dan besi oksida, pasir, silica amorf, garnet, batu apung, batu api, intan, korumdum dan lainnya.Pengunaan dari bahan abrasif sudah dimulai sejak zaman prasejarah. Karena itu alat alat dan senjata dari batu dibuat dengan mengasahnya pada batu yang lebih keras. Dalam sejarah selanjutnya, para pandai besi menggunakan bebatuan yang dibentuk menjadi gerinda atau balok untuk mengasah parang, pisau, kapak dan peralatan dari kayu. Bahan abrasiv yang berupa bubuk juga sudah digunakan oleh orang mesir kuno untuk memperhalus berbagai barang kerajinan. Beberapa bahan abrasif alami ditambang dari bumi di berbagai penjuru dunia. Yang paling umum merupakan batu api dan batu pasir. Bahan alami yang juga sering digunakan adalah batu apung sebgai penghalus logam atau bubuk gosok. Kadang kadang, intan juga digunakan untuk memperhalus atau memotong kaca. Intan yang digunakan sebagai abrasif kualitasnya lebih rendah dari intan permata.2.1.1 Pengertian AbrasifAbrasi adalah suatu proses untuk pelepasan suatu bahan yang dikenakan pada permukaan suatu bahan oleh bahan yang lain dengan penggosokan, pencungkilan, pemahatan, pengasahan atau dengan cara mekanis lainnya secara berulang ulang oleh suatu gesekan (Anusavice, 2004).

2.1.2 Macam-macam Bahan AbrasifAda beberapa jenis bahan abrasif yang tersedia tetapi hanya yang umum yang digunakan dalam kedokteran gigi. Abrasif alamiah mencakup batu Arkansas, kapur, korundum, intan, akik, pumis dll. Abrasif buatan pabrik adalah bahan disintesa yang umumnya lebih disukai karena mempunyai sifat fisik yang lebih dapat ditebak (Naibaho, 2004).2.1.2.1 Bahan Abrasif AlamiBahan Abrasif Alami menurut Anusavice tahun 2004 yaitu :1. Batu Arkansas. Batu Arkansas adalah batu endapan silika yang berwarna abu-abu muda dan semi transluler yang ditambang di Arkansas. 2. Kapur. Salah satu bentuk mineral dari calcite disebut kapur. Kapur adalah abrasif putih yang terdiri atas kalsium karbonat.

3. Korundum. Bentuk mineral dari oksida aluminium yang biasanya berwarna putih. Sifat fisiknya lebih rendah daripada oksida alfa-aluminium, yang sudah banyak menggantikan korundum dalam aplikasi dental.

4. Intan. Intan adalah mineral tidak berwarna, transparan yang terdiri atas karbon. Ini adalah senyawa yang paling keras. Intan disebut super abrasif karena kemampuannya untuk mengasah substansi apapun.

5. Amril.Abrasif ini berupa korundum berwarna hitam keabuan yang dibuat dalam bentuk butiran halus. Amril digunakan khususnya dalam bentuk disk abrasif dan tersedia dalam berbagai ukuran kekasaran.

6. Akik. Istilah akik mencakup sejumlah bahan yang berbeda yang mempunyai sifat fisik dan kristalin yang sama. Mineral ini adalah silika dari aluminium, kobalt, besi, magnesium, dan mangan.

7. Pumis.Aktivitas gunung berapi menghasilkan bahan silica berwarna abu-abu muda. Digunakan terutama dalam bentuk pasir tetapi juga dapat ditemukan pada abrasif karet.

2.1.2.2 Jenis Bahan Abrasif BuatanBahan Abrasif Buatan menurut Anusavice tahun 2004 yaitu :1. Silikon karbid Abrasif yang sangat keras dan merupakan abrasif sintetik yang pertama kali dibuat. Silikon tersebut sangat keras dan rapuh. Partikel-partikelnya tajam dan mudah pecah untuk membentuk partikel baru yang tajam. Ini menghasilkan efesiensi pemotongan yang sangat tinggi untuk berbagai bahan termasuk, keramik, dan bahan plastik. Silikon karbid tersedia sebagai bahan abrasif pada disk dan instrumen bonding vitraus serta karet.

2. Oksida AlumuniumAbrasif sintetik kedua yang dikembangkan sesudah silikon karbid. Oksida aluminium sintetik ( alumina) dibuat berupa bubuk berwarna putih. Dapat lebih keras daripada korundum (alumina alami) karena kemurnianya. Oksida ini dipakai untuk oksida bonding, abrasif berbentuk lapisan. White stone dibuat dari oksida aliminium yang disintering untu merapikan email gigi, logam campur, maupun bahan keramik.

3. Rouge Oksida besi adalah senyawa abrasif yang halus dan berwarna merah dalam rouge, bahan ini dipadukan seperti tripoli, dengan berbagai pengikat lunak menjadi bentuk bedak. Digunakan untuk memoles logam campur mulia yang berkadar tinggi.

4. Oksida timahAbrasif yang sangat halus ini digunakan sebagai bahan pemoles untuk gigi dan restorasi logam di dalam mlut. Bahan ini dicampur dengan air, alkohol, atau gliserin untuk membentuk pasta abrasif ringan.

5. Abrasif intan sintetikIntan buatan digunakan khusus sebagai bahan abrasif yang memiliki lima kali tingkat abrasif dibandingkan intan alami. Digunakan pada gergaji intan, bur intan(Anusavice, 2004).

2.1.2.3 Macam-Macam Bahan Abrasif Berdasarkan Kegunaannyaa. Bahan Abrasif FinishingMerupakan bahan abrasif yang umumnya keras, kasar yang digunakan pada permulaan untuk menghasilkan suatu kontur/bentuk dari sebuah restorasi atau preparasi gigi dan untuk membuang segala komponen permukaan yang tidak teratur. Contoh : sand/pasir, carbides, zirconium silikat, emery.b. Bahan Abrasif PolishingMempunyai ukuran partikel yang lebih halus dan bahan abrasi yang digunakan umumnya kurang kekerasannya daripada bahan abrasi yang digunakan untuk finishing. Bahan abrasi polishing ini digu nakan untuk permukaan yang lebih halus yang telah diasah terlebih dahulu oleh bahan abrasi finishing.Contoh : aluminium oksid, garnet, pumice, kalsit, dll.c. Bahan Abrasif CleansingMerupakan bahan yang halus dengan partikel yang berukuran kecil, dan diharapkan mampu menghilangkan deposit-deposit halus yang melekat di enamel atau pada suatu bahan restorasi.Contoh : kaolin, kieselguhr (Naibaho, 2004).

1. Berdasarkan Jenis dan Komposisi yang Dinilai Menurut Kekerasan dan Ukuran dari Partikel Bahan Abrasif a. Bahan Abrasif Keras1. Diamond2. Carbides : boron, tungsten, silikon3. Oxide : aluminium, cornundumb. Bahan Abrasif Sedang1. Silikat: magnesium, pumice, tripoli2. Zircates : zirconium silikat3. Kieselguhr (Naibaho, 2004).

2.1.2.4 Kelebihan dan Kekurangan Bahan AbrasifA. Kelebihan Bahan Abrasif1. Ekonomis2. Mudah digunakan3. Estetika baik.4. Kesehatan Oral (Vanable dan Lopresti, 2005).

B. Kekurangan Bahan Abrasif1. Tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan potongan yang lebih dalam pada area tersebut, menyebabkan kekasaran permukaan yang berisiko menempelnya plak dan permukaan terlihat kusam2. Menggunakan bahan abrasif yang lebih lunak dari pada permukaan akan merusak bahan abrasif tersebut3. Luka pada pulpa gigi dikarenakan menggosok material terlalu cepat4. Risiko silikosis pernapasan karena pemajanan kronis terhadap partikel bahan ini yang ada di udara cukup besar karena itu tindakan pencegahan harus selalu dilakukan. Misalnya: Kieselguhr, karena bahan yang paling halus (Vanable dan Lopresti, 2005).

2.2 Aplikasi dan Bahan Abrasif dan Polish pada Resin Akrilik dan Resin Komposit 2.2.1 Aplikasi dan Bahan Abrasif dan Polish pada Resin AkrilikAplikasi dan Bahan Abrasif dan Polish pada Resin Akrilik menurut Anusavice tahun 2004 yaitu :1. Batu ArkansasBatu endapan silika warna abu-abu muda dan semitranslusen yg ditambang di Arkansas. Mengandung quartz mikrokristal. Corak padat,keras, seragam. Potongan kecil dicekatkan pada batang logam lalu ditruin keberbagai bentuk untuk mengasah email gigi dan logam campur.

2. PasirCampuran partikel mineral kecil terutama silika. Berwarna warnisehingga punya penampilan yg khas. Bentuk bulat atau angular.Diaplikasikan dengan tekanan udara untuk menghilangkan bahan tanamdari logam campur pengecoran. Dapat dilapiskan pada disk kertas untuk mengasah logam campur dan bahan plastik.

3. PumisSilika abu-abu muda. Dalam bentuk pasir atau abrasif karet. Untuk bahan plastik. Bubuknya adalah derivat batu vulkanik yg sangat halus dariitalia dan digunakan memoles email, lempeng emas, amalgam, dan resin akrilik.

2.2.2 Aplikasi dan Bahan Abrasif dan Polish pada Resin KompositAplikasi dan Bahan Abrasif dan Polish pada Resin Komposit menurut Anusavice 2004 yaitu :

1. IntanMineral tidak berwarna, transparan yang terdiri atas karbon. Senyawa paling keras, disebut super abrasif karena dapat mengasah substansi apapun. Digunakan pada bahan keramik dan resin komposit

2. Abrasif intan sintetik Digunakan khusus sebagai abrasif dan dibuat 5 kali lebih besar dari tingkat abrasif intan alami. Digunakan pada gergaji intan, roda, dan bur intan. Blok yang ditanami partikel intan digunakan untuk mengasah jenis abrasi yang lain. Pasta pemoles intan juga dibuat dari partikel yang diameternya lebih kecil dari 5 um dan digunakan untuk memoles bahan keramik. Abrasive intan sintetik digunakan terutama untuk struktur gigi, bahan keramik, dan bahan resin komposit.3. Instrument Poles : abrasif karet, disk dengan partikel halus atau amplas, dan pasta poles dengan partikel halus.

BAB IIIKESIMPULAN

Setelah melakukan obserfasi pustaka di berbagai sumber, maka dapat disimpulkan bahwa :1. Bahan abrasif adalah bahan alami atau sintetik yang relatif keras untuk menggosok bahan lain yang lebih lunak. 2. Bahan abrasif dapat berupa abrasiv alami dan buatan. Abrasif alami biasanya di tambang dari bumi seperti batu api dan batu pasir.3. intan merupakan bahan abrasif yang paling keras. Kemudian diikuti silikon karbida dan aluminium oksida.4. Berbagai kelebihan dari bahan abrasif yaitu: Ekonomis, mudah digunakan, estetika baik, dan kesehatan oral.

DAFTAR PUSTAKA

Anusavice, K,J, 2004, Philips,Buku Ajar Ilmu Bahan Kedokteran Gigi, Penerjemah: Lilian J. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, Hlm 55-59;227-243.

Naibaho.2004. Ilmu dan teknologi Bahan Edisi ke 5. Jakarta : Erlangga

http://fakeplasticworlds.wordpress.com/2009/12/18/bahan-konstruksi-teknik-kimia-bahan-konstruksi-korosi-pengantar/

Vanable .Lopresti, 2005: Skinners Science of Dental Material, ed.7, Philadelphia,W.B.Saunders Company, p.42-5.