2. dr. erni - public speaking amsa

Download 2. Dr. Erni - Public Speaking Amsa

Post on 28-Dec-2015

66 views

Category:

Documents

29 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • PUBLIC SPEAKINGdr. Erni Hermijanti, MKes

  • Orang Sukses adalah Pembicara yang sukses, &Begitu pula sebaliknya

    ---- Larry King ----

  • Survey di Amerika Serikat :Kematian... Peringkat no. 7

    Jatuh Miskin..Peringkat no. 3

    Berbicara di depan umum Peringkat no. 1

  • Public Speaking is a continuous communication process in which message and signals sirculate back and forth between speaker an listeners David Zarefsky

  • Tujuan Public SpeakingMempengaruhiMengajakMendidikMengubah opiniMemberikan penjelasanMemberikan informasi

  • Persentase tanggapan audiens terhadap pembicara : - 55% ekspresi dan bahasa tubuh- 37% tekanan suara- 8% yang anda ucapkan

  • Public SpeakingDapat menghasilkan sesuatu yang berbeda atau membuat perubahan pada dunia dengan cara yang sederhana, yaitu Berbicara.

    --- Stephen E. Lucas ---

  • Jenis-jenis Public Speking(berdasar metode penyajian)Pidato Manuskrip, naskah tertulis yg dibacakan oleh pembicara,misal: pidato resmi kenegaraan.Pidato Hafalan (memoriter),naskah dihafalkan oleh pembicara n biasanya pendekPidato Ekstemporer (menjabarkan kerangka), paling sering digunakan oleh pembicara profesional, naskah hanya ditulis garis besarnya dan poin-poin pendukungnyaPidato Impromptu, pidato secara spontan, tidak menyiapkan naskah, ide dan gagasan secara spontan, tidak ada persiapan khussus.

  • Jenis Pidato berdasar TujuanPidato Informatif, menyampaikan informasi agar audiens tahuPidato Persuasif, membujuk atau mempengaruhi orang lain agar mau menerima ajakan dan gagasan pembicaraPidato Rekreatif, menyenangkan atau menghibur orang lain

  • Jangan takut bila menghadapi pendengarPandanglah mereka sebagai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan anda sebagai pembicara

    --- H.N.Casson ---

  • Modal DasarTidak ada orang yang tiba-tiba/ mendadak menjadi public speaker andal tanpa perlu usaha dan latihan.Semua butuh proses, semua butuh usaha dan latihan, serta pengetahuan tentang public speaking

  • Yang perlu dimiliki oleh seorang public speaker :Inner PowerPenguasaan Suara yang Menarik Perhatian AudiensPenguasaan Gesture

  • 1. Inner PowerKualifikasi yg harus dimiliki oleh seorang pembicara:Pembicara adalah pembelajar (bersikap dan berpikiran terbuka)Pembicara adalah penyampai nilai (menularkan nilai positif kpd orang lain disekitarnya)Pembicara adalah pemberi (pemberi informasi,pesan,semangat,ide n gagasan)Pembicara adalah orang yang peduli (kepedulian menjawab kebutuhan audiens melalui apa yang dikatakannya, berguna bagi orang lain dan membangun mereka)

  • 2. Penguasaan Suara yang Menarik Perhatian AudiensCobalahMendengarkan suara Anda sendiri ketika berbicara tanpa pengeras suara dan ketika berbicara dengan pengeras suaraDengan cara ini kita dapat mengenali kekuatan dan kelemahan cara bicara kita.Pengolahan suara sangat menentukan keberhasilan public speaking dan menentukan keberhasilan penyampaian pesan pada audiens

  • Empat Komponen pengelolaan suara:

    Volume (tingkat desibel suara)Tempo (kecepatan berbicara)Artikulasi (kejelasan pengucapan) Nada (monoton/tidak)

  • Volume:Volume bisa dinaikkan atau diturunkan untuk menambah variasi. Bisa dinaikkan kalau mau menekankan sesuatu yang sangat penting.Sebaiknya suara saat bicara depan publik:Alami dan wajar (menunjukkan kepribadian pembicara)Bernada menyenangkan (menebar aura positif dan pershabatan)Ekspresif (terkesan tidak monoton)Dinamis (suara yang bertenaga n memiliki kekuatan, yg menimbulkan kepercayaan )Mudah didengar (cukup keras dan jelas)

  • TempoBerbicara terlalu lambat akan membuat pendengar berkesempatan memikirkan hal-hal lain, bahkan mengantuk.Berbicara terlalu cepat akan menyulitkan pendengar untuk mencerna materi dengan baik.

    Umumnya kecepatan berbicara antara 140-160 kata permenit

  • ArtikulasiArtikulasi saat berbicara sangat menentukan apakah kata yang kita ucapkan sudah benar, tepat dan jelas

    NadaVariasi nada akan membuat pidato tidak monoton.

  • Berbicara Baik bukan hanya suara & artikulasitapi juga :1. pace,slower than normal conv2. pitch,dpt me penekanan pd p?3. tone,expressed feeling4. volume,make lively interesting5. pausing, can focus attention,mencerna apa yg dikatakan.

  • Penguasaan GestureMeliputi cara berdiri,cara membungkukkan badan,gerakan tangan dan mata,serta ekspresi wajah menentukan 55% keberhasilan dalam public speaking.Pembicara harus bisa mengirimkan pesan Percaya Diri untuk dapat tanggapan positif dari audiens.

  • Hal-hal yang perlu diperhatikan dari gesture:Senyum (tulus,pada tempatnya, proporsional,situasional)Cara Berdiri (tegak,tidak condong)Kontak mata (jangan fokus pada satu sisi saja, atau pada satu orang)Ekspresi (mata,alis,mulut,tangan, jangan dibuat-buat/berlebihan)Cara berpakaian (sederhana,serasi,sopan)

  • TEKNIK PERSIAPANSehebat apapun bakat dan pengalaman yang anda miliki, persiapan menyumbang 90% dari keberhasilan anda!!!(Tantowi Yahya)

    Jika memiliki 8 jam untuk merobohkan pohon, sya akan menghabiskan 6 jam untuk mengasah kapak(Abraham Lincoln)

    Fail to prepare is prepare to fail

  • Hal-hal yang perlu diperhatikanMengenali Audiens (usia,gender, suku, budaya dan bangsa)Memilih dan menentukan topik (sesuai latar belakang pengetahuan pembicara dan audiens,menarik,sesuai waktu n situasi, jelas lingkup dan batasannya)Merumuskan judul (singkat, relevan dan provokatif)Menentukan tujuan (memberi informasi, meyakinkan,menghibur, menyentuh emosi, memotivasi)Persiapan alat (mimbar,mikrofon, whiteboard, flipchart, OHP, LCD)

  • TEKNIK PENYUSUNAN

    PENDAHULUAN30 menit pertama adalah menit yang rawan, saat ini harus mendapat kesan positif dan perhatian dari audiens.Pada instansi pemerintahan biasanya dibuka dengan sapaan kepada orang-orang penting atau pejabat pemerintahan dengan menyebut satu persatu.Tetapi dalam perkembangan kini dapat dibuka dengan lebih menarik.a.l:

  • Cerita, yang membangkitkan inspirasi dan motivasi, bisa pengalaman pribadi, pengalaman orang lain yg sering berpidato,dllKutipan, pepatah, motto, ungkapan orang terkenalPernyataan, yang dapat mengejutkan audiensPertanyaan, yang membuat audiens tertantang untuk menjawabSalam, hal paling sering dilakukan,mis: selamat pagi, apa kabar, salam sejahtera.

  • 2. ISI- Essential, inti pidato yang tidak boleh diabaikan. Biasanya berisi data-data, grafik yang sangat dibutuhkan.- Necessary, materi secunder untuk mendukung dan menunjang agar lebih menarik dan dapat diterima dengan lebih mudah, misal cuplikan peristiwa yang mendukung materi inti- Desirable, bisa dilakukan bila dua materi diatas sudah selesai dilakukan, biasanya bentuk permainan singkat agar tidak jenuh.

  • 3. KESIMPULANPidato harus ditutup dengan apik, karena kalau tidak audiens tidak akan ingat isi pidato anda.Pidato bisa ditutup dengan:- cerita,kutipan,pernyataan,salam- ajakan dengan 5W1H, misal:what: apa yg ingin mereka lakukan setelah keluar dari ruangan ini? Perubahan apa yang ingin mereka lakukan? Why: mengapa perubahan itu perlu buat mereka?How: dengan cara apa mereka akan mencapai itu?

  • 6 TEKNIK PENGEMBANGAN TOPIKPenjelasanContohAnalogiTestimoniStatistik, kesan kuat, memperjelas dan meyakinkanPerulangan, menyebutkan kembali gagasan yang sama dengan kata-kata yang berbeda untuk mengingatkan kembali pada topik dan tujuan.

  • MENGATASI DEMAM PANGGUNGLakukan hal yang Anda takutkan dan teruslah melakukannya..Itu adalah cara yang paling cepat dan paling pasti yang pernah ditemukan orang untuk menaklukkan kecemasan

    ( Dale Carnegie )

  • SHOW TIME !!!

    Bagaimana perasaan anda???Anda Gugup?? Takut?? Tidak percaya diri ???????

    Rasa takut dan gugup itu WAJAR ,Semua pembicara mengalami itu.

  • BEBERAPA LANGKAH UNTUK MENGATASI:Melakukan teknik RELAKSASIBerhubungan dengan orang lainMengembangkan Kehidupan SpiritualMemahami bahwa rasa takut adalah hal yang wajarMembangun Kepercayaan diriLatihan,latihan dan latihan !!!

  • Beberapa tip yang bisa dilakukanBerbusana nyaman dan amanBerkonsentrasi pada pesan utamaTarik napas dalam-dalam, tahan sampai hitungan ke-3 lalu hembuskan sambil mengucapkan BISABergeraklahByangkan anda berhasil dengan baikJangan membuat pengakuan Negatif dihadapan audiensIngat bahwa audiens anda juga manusiaIngat bahwa anda sudah menyiapkan dengan baikTujukkan ekspresi bersahabat dan kontak mataJaga kesehatan anda, jangan sampai bermasalah.

  • HAL-HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKANPanikTakut tidak bisa tampil sempurnaHindari kalimat apologi/ pengakuan negatifMemperlihatkan kegrogian andaMengkritik pembicara sebelum andaMenunjukkan mood anda yang jelek

  • NO !!!Jangan memainkan tangan Anda, seperti meremas-remas, memegang bagian tubuh yg lain, dsb. Jangan bermain dengan barang-barang seperti kacamata, pena , kunci, jam , cincin, dsb. Jangan memainkan benda yang ada disekitar Anda, seperti memainkan mic, memegang kursi, atau mimbar secara berlebihan. Jangan sesekali membelakangi audience. Jangan sesekali menunjuk ke arah audience.

  • AYO PRAKTEK !!!Persiapan audiensSiapakah audiens anda?- usia- gender- pekerjaan mayoritas- suku- bahasa- latar belakang pendidikan

  • b. Waktu dan bahan:- berapa lama anda harus berpidato?- jam brapa harus berpidato?- bahan apa saja yang akan diberikanc. Tempat dan tata ruang:- berapa jumlah peserta- bagaimana tata letak ruang?- bagaimana posisi anda terhadap audiens

  • Pesiapan Materi

    Persiapan Pidato:- Topik- Tujuan umum (informatif, persuasif, atau rekreatif)- Tujuan khusus (rumuskan dengan kalimat padat dan jelas)