186519304 bahan kuliah ekologi laut tropis ilmu kelautan

51
• Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik yang terdapat antara organisme berinteraksi dengan alam sekitarnya • Dalam proses interaksi, organisme saling mempengaruhi satu dengan lainnya dan dengan lingkungan fisik-kimia di sekitarnya, begitu pula berbagai faktor lingkungan mempengaruhi kegiatan organisme. • Organisme dan lingkungannya dapat dikelompokkan ke dalam beberapa tingkatan, semakin besar tingkatannya maka akan semakin kompleks. • Ekologi berasal dari bahasa Yunani, oikos (rumah atau tempat untuk hidup) dan logos (ilmu/pengetahuan). • Istilah ekologi pertama kali diperkenankan oleh Ernst Haeckel (Biologist Jerman) pada tahun 1869. Ruang Lingkup Ekologi Laut Tropis

Upload: aldi-l-sharawi

Post on 17-Dec-2015

45 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

Ekolatrop

TRANSCRIPT

  • Ekosistem Mangrove 1

    Presented by

    IRMA DEWIYANTI

    Jurusan Ilmu KelautanKoordinatorat Kelautan dan PerikananUNSYIAH, 2012Ekologi Laut Tropis

  • Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik yang terdapat antara organisme berinteraksi dengan alam sekitarnya

    Dalam proses interaksi, organisme saling mempengaruhi satu dengan lainnya dan dengan lingkungan fisik-kimia di sekitarnya, begitu pula berbagai faktor lingkungan mempengaruhi kegiatan organisme.

    Organisme dan lingkungannya dapat dikelompokkan ke dalam beberapa tingkatan, semakin besar tingkatannya maka akan semakin kompleks.

    Ekologi berasal dari bahasa Yunani, oikos (rumah atau tempat untuk hidup) dan logos (ilmu/pengetahuan).

    Istilah ekologi pertama kali diperkenankan oleh Ernst Haeckel (Biologist Jerman) pada tahun 1869.

    Ruang Lingkup Ekologi Laut Tropis

  • Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik.

    Interaksi yang terjadi antara lingkungan dan biota dapat mempengaruhi kelangsungan hidup biota baik dari segi reproduksi, serta kemampuan adaptasi (adaptasi morfologi, fisiologi, tingkah laku).

    Komunitas adalah kumpulan spesies organisme yang mendiami suatu tempat atau beberapa populasi yang cenderung untuk hidup bersama di suatu lingkungan/tempat.

    Interaksi pada populasi dalam komunitas dapat berupa interaksi positive ataupun negative Ekosistem adalah suatu komunitas beserta lingkungan abiotik membentuk sistem ekologi.

    Komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora), dan dekomposer/pengurai (mikroorganisme).

    Pada daerah pesisir, interaksi yang terjadi dapat berasal dari darat /laut

  • Tropis adalah daerah di bumi, yang secara geografis berada di sekitar ekuator, yaitu yang dibatasi oleh dua "lintang, yaitu 23.50 LU dan 23.50 LS (wikipedia, 2009)

    Tumbuhan dan hewan tropikal adalah spesies yang berada di daerah tropis tersebut. Tropikal juga kadangkala digunakan sebagai tempat yang hangat dan lembab sepanjang tahun. Pengaruh posisi bumi terhadap matahari sangat berpengaruh terhadap iklim Hibernasi/istirahat dilakukan biota tertentu pada saat iklim tidak sesuai dengan keadaan untuk melakukan aktivitas sehari-hari,

  • Klasifikasi Vegetasi Mangrove

    Lugo dan Snedaker (1974) dalam Dahuri 2003 mengklasifikasikan hutan mamgrove menjadi 6 tipe komunitas hutan mangrove berdasarkan bentuk hutan dan kaitannya dengan proses geomorfologi serta hidrologi

    1. Overwash mangrove forest (hutan delta)Mangrove merah merupakan jenis yang dominan yang sering dibanjiri pasang, menghasilkan ekspor bahan organik dengan tingkat yang tinggi. Tinggi pohon sekitar 7 m.

    2. Fringe mangrove forest (hutan tepi pantai)Mangrove fringe ini ditemukan sepanjang terusan air, digambarkan sepanjang garis pantai yang tinggi ya lebih dari rata-rata pasang naik. Ketinggian mangrove maksimum adalah sekitar 10 m.

  • 3. Riverine mangrove forest (Hutan tepi sungai)Kelompok ini adalah hutan yang letaknya sepanjang daerah pasang surut sungai dan teluk. Ketiga jenis bakau, yaitu putih (Laguncularia racemosa), hitam (Avicennia germinans) dan mangrove merah (Rhizophora mangle) terdapat di dalamnya. Tingginya rata- rata dapat mencapai 18-20 m.

    4. Basin mangrove forest (hutan dataran)Kelompok ini terletak di bagian dalam rawa, karena tekanan runoff terestrial yang menyebabkan terbentuknya cekungan atau terusan ke arah pantai. Pohon dapat mencapai tinggi 15 m.

  • 5. Hammock forestBiasanya serupa dengan tipe (4) di atas tetapi mereka ditemukan pada lokasi sedikit lebih tinggi dari area yang melingkupi. Semua jenis ada tetapi tingginya jarang lebih dari 5 m.

    6. Scrub or dwarf forest (hutan semak)Jenis komunitas ini secara khas ditemukan di pinggiran yang rendah. Semua jenis hampir ada ditemukan.

  • Namun Soemodiharjo et al., 1986, mengklasifikasikan hutan mangrove Indonesia menjadi 4 kelas yaitu:Delta, terbentuk di muara sungai yang berkisar pasang surut rendahDataran lumpur, terletak dipinggir pantaiDataran pulau, berbentuk sebuah pulau kecil yang pada waktu surut rendah muncul di atas permukaan airDataran pantai, habitat mangrove yang merupakan jalur sempit memanjang sejajar garis pantai

    Enam tipe komunitas mangrove

  • Dampak Kegiatan Manusia Pada Ekosistem Mangrove

    Tebang habis : - berubah komposisi tumbuhan mangrove - tidak berfungsinya daerah nursery dan feeding ground

    2.Pengalihan aliran air tawar : - peningkatan salinitas ekosistem mangrove, menurunnya tingkat kesuburan tanah

    3.Konversi menjadi lahan pertanian, perikanan, pemukiman:- mengancam regenerasi stok SD ikan- terjadinya pencemaran- erosi pantai- pendangkalan perairan pantai

    4. Pembuangan sampah cair : - penurunan kadar oksigen terlarut

    Pembuangan sampah padat: matinya vegetasi mangrove

  • Faktor-faktor Lingkungan

    Faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhanmangrove:Fisiografi pantai (topografi) Pasang (lama, durasi, rentang) Gelombang dan arus Iklim (cahaya,curah hujan, suhu, angin)SalinitasOksigen terlarutTanah

    Fisiografi pantai Fisiografi pantai dapat mempengaruhi komposisi, distribusi spesies dan lebar hutan mangrove. Pantai yang landai, komposisi ekosistem mangrove lebih beragam jika dibandingkan dengan pantai yang terjal.

    Pasang Pasang yang terjadi di kawasan mangrove sangat menentukan zonasi tumbuhan ekosistem mangrove. pengaruh pasang terhadap pertumbuhan mangrove dijelaskan sebagai berikut:

  • 1. Lama pasang : Lamanya pasang di kawasan mangrove dapat mempengaruhi perubahan salinitas air dimana salinitas akan meningkat pada saat pasang dan sebaliknya akan menurun pada saat air laut surut.Perubahan salinitas yang terjadi akibat lamanya pasang merupakan faktor pembatas yang mempengaruhi distribusi spesies secara horizontal. Perpindahan massa air antara air tawar dengan air laut mempengaruhi distribusi vertikal organisme

    2. Durasi pasang : Struktur dan kesuburan mangrove di suatu kawasan yang memiliki jenis pasang diurnal, semi diurnal, dan campuran akan berbeda. Komposisi spesies dan distribusi areal yang digenangi berbeda menurut durasi pasang atau frekuensi penggenangan. Misalnya : penggenangan sepanjang waktu maka jenis yang dominan adalah Rhizophora mucronata

    3. Rentang pasang (tinggi pasang): Akar tunjang yang dimiliki Rhizophora mucronata menjadi lebih tinggi pada lokasi yang memiliki pasang yang tinggi dan sebaliknya Pneumatophora Sonneratia sp menjadi lebih kuat dan panjang pada lokasi yang memiliki pasang yang tinggi.

  • C. Gelombang dan Arus

    Gelombang dan arus dapat merubah struktur dan fungsi ekosistem mangrove.Pada lokasi-lokasi yang memiliki gelombang dan arus yang cukup besar biasanya hutan mangrove mengalami abrasi sehingga terjadi pengurangan luasan hutan.

    Gelombang dan arus berpengaruh langsung terhadap distribusi spesies misalnya buah atau semai Rhizophora terbawa gelombang dan arus sampai menemukan substrat yang sesuai untuk menancap dan akhirnya tumbuh.

    Gelombang dan arus berpengaruh tidak langsung terhadap sedimentasi pantai dan pembentukan padatan-padatan pasir di muara sungai.

    Gelombang dan arus mempengaruhi daya tahan organisme akuatik melalui transportasi nutrien-nutrien penting dari mangrove ke laut. Nutrien yang berasal dari hasil dekomposisi serasah maupun berasal dari runoff daratan terjebak di hutan mangrove akan terbawa oleh arus dan gelombang ke laut pada saat surut.

  • D. Iklim

    Mempengaruhi perkembangan tumbuhan dan perubahan faktor fisikPengaruh iklim terhadap pertumbuhan mangrove melalui cahaya, curah hujan, suhu, dan angin. Penjelasan mengenai faktor-faktor tersebut adalah:

    1. Cahaya Cahaya berpengaruh terhadap proses fotosintesis, respirasi, fisiologi, dan struktur fisik mangrove mangrove adalah tumbuhan long day plants yang membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi sehingga sesuai untuk hidup di daerah tropisLaju pertumbuhan tahunan mangrove besar jika cahaya cukupCahaya berpengaruh terhadap perbungaan dan germinasi dimana tumbuhan yang berada di luar kelompok (gerombol) akan menghasilkan lebih banyak bunga karena mendapat sinar matahari lebih banyak daripada tumbuhan yang berada di dalam gerombol.

  • 2. Curah hujan Curah hujan mempengaruhi kondisi udara, suhu air, salinitas dan tanah.Curah hujan optimum yang mempengaruhi pertumbuhan mangrove 1500-3000 mm/year

    3. Suhu Suhu berperan penting dalam proses fisiologis (fotosintesis dan respirasi) Produksi daun baru Avicennia marina terjadi pada suhu 18-20 C dan jika suhu lebih tinggi maka produksi menjadi berkurang. Rhizophora stylosa, Ceriops, tumbuh optimal pada suhu 26-28 C. Bruguiera tumbuah optimal pada suhu 27 C, dan Xylocarpus tumbuh optimal pada suhu 21-26 C

  • 4. Angin Angin mempengaruhi terjadinya gelombang dan arus. Angin merupakan agen polinasi dan diseminasi biji sehingga membantu terjadinya proses reproduksi tumbuhan mangrove

    E. Salinitas Salinitas optimum yang dibutuhkan mangrove untuk tumbuh berkisar antara 10- 30 ppt . Salinitas secara langsung dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dan zonasi mangrove, hal ini terkait dengan frekuensi penggenangan. Salinitas air akan meningkat jika pada siang hari cuaca panas dan dalam keadaan pasang .

    F. Oksigen Terlarut Oksigen terlarut berperan penting dalam dekomposisi serasah karena bakteri yang bertindak sebagai dekomposer membutuhkan oksigen untuk kehidupannya. Oksigen terlarut penting dalam proses respirasi dan fotosintesis. Oksigen terlarut tinggi pada siang hari dan kondisi terendah pada malam hari

  • G. Substrat

    Karakteristik substrat merupakan faktor pembatas terhadap pertumbuhan mangrove Rhizophora mucronata dapat tumbuh baik pada substrat yang dalam/tebal dan berlumpur Avicennia marina dan Bruguiera hidup pada tanah lumpur berpasir Tekstur dan konsentrasi ion mempengaruhi susunan jenis dan kerapatan tegakan, Misalnya jika komposisi substrat lebih banyak liat (clay) dan debu (silt) maka tegakan menjadi lebih rapat

  • Interaksi Fauna Pada Ekosistem mangrove

    Secara umum di perairan terdapat dua tipe rantai makanan yaitu rantai makanan langsungrantai makanan detritus

    Detritus diperoleh dari guguran daun mangrove yang jatuh ke perairan, kemudian mengalami penguraian dan berubah menjadi partikel kecil yang dilakukan oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Jaring makanan di ekosistem mangrove

  • Ekosistem Mangrove Sebagai Sarana Penelitian yang Menarik

    Vegetasi MangrovePenentuan stasiun/daerah pengamatan- tegak lurus garis pantai- sejajar garis pantai- perbedaan kharakteristik

    2. Penetuan plota. Pohon (10m x 10m)b. Anakan (5m x 5m)c. Semai (1m x 1m)

    3. Pengukuran Pohon- Diameter setiap individu, setinggi dada (1,3 m)- memperhatikan percabangan pohon

  • 4. AnalisaWhere: = 3.14 DBH = diameter at breast height BA = Basal area IVI = Important Value Index

    IVI = Relative density + Relative frequency + Relative dominance

  • Perlakuan Terhadap Daun MangrovePengukuran laju dekomposisi Menggunakan litter bagPengukuran penyusutan berat serasah

  • Pengukuran Produksi serasah mangroveMenggunakan perangkap serasahPengukuran berat kering serasah

  • REHABILITASI MANGROVE

    Sebagian besar kawasan hutan mangrove telah mengalami kerusakanFaktor utama penyebab kerusakan:1. konversi/alih fungsi lahan2. penebangan kayu3. kesalahan manajemen4. bencana alam

    Diperlukan campur tangan manusia sebagai solusi penghijauan kembali pada area yang rusakRehabilitasi mangrove merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengadakan penanaman kembali pada bekas areal atau kawasan tegakan yang telah hilang atau mengalami kerusakan sehingga dapat mengembalikan fungsi ekologisnyaBeberapa faktor penyebab kegagalan rehabilitasi:1. rendahnya kualitas bibit2. tidak sesuai lokasi penanaman

  • Kondisi pantai yang baik untuk ditumbuhi mangrove adalah:Air tenang/ombak tidak besarAir payauMengandung endapan lumpurPerairan tertutup atau semitertutup

    Lokasi Penanaman mangrove:Pinggir lautPinggir pantaiDi pinggir tambakTengah tambakSaluran2 air

    3. Kesalahan pemilihan jenis4. hama dan penyakit5. pelaksana yang kurang berpengalaman

  • Persyaratan persemaian jenis mangrove dan tanaman pantai

    KriteriaPersemaian mangrovePersemaian tanaman pantaiPemilihan lokasi dan kondisi persemaian tempat yang rendah topografi datar bebas dari angin kencang dekat dengan lokasi penanaman lokasi mudah dijangkau dekat dengan tenaga kerja

    terkena pasang surut air laut bebas dari gelombang tidak terkena pasang surut laut bebas dari banjirSumber air Air pasang surut salinitas > 30 permil

    Air tawar berasal dari sungai atau sumurMedia yang dipakaiLumpur, lumpur berpasir, pasir berlumpur tanah, pasir, kompos

  • 1. Pengumpulan buah

    Dilakukan pada musim puncak Buah sudah tua, dan diperoleh dari pohon induk yg cukup umur dan sehat Buah tidak terserang hama Buah dapat dipetik , dipungut dari lantai mangrove (buah yang dipungut dari yang jatuh biasanya banyak terkena serangan hama)

    Pohon Rhizophora yang baik sebagai sumber buah > 10 tahun Pohon Avicennia dan Sonneratia yang baik sebagai sumber buah = > 5 tahun

    JenisCiri-ciri buah masakMusim berbuahBakau (Rhizophora sp)Bakau merah R. mucronata: Kotiledon berwarna kuning, panjang min hipokotil:50 cm

    Bakau minyak R. apiculata: Kotiledon berwarna merah kekunungan, panjang minimal hipokotil: 20 cmSept des

    Des - MarTengal (Ceriops)Kotiledon sepanjang 1-1,5 cm, panjang minimal hipokotil 20 cmAgusTanjang (Bruguiera)Kotiledon berwarna coklat kemerahan, panjang hipokotil 20 cmJul - AgusPedada/Bogem (Sonneratia)Diameter buah: 40 mm, terapung di airSept - DesApi-api (Avicennia)Warna buah hijau kekuningan, berat 1,5 grJan

  • Teknik Penyimpanan Benih MangroveTujuan : Mempercepat proses perkecambahan Meningkatkan prosentase hidup tanaman Buah akan terhindar dari serangan hama ketam/ kepiting

    NoJenisTeknik Penyimpanan buah1BakauDirendam dalam air payau dan disimpan di tempat teduh selama 5-10 hari2TengalDirendam dalam air payau dan disimpan di tempat teduh selama 10 hari3TanjangDirendam dalam air payau dan disimpan di tempat teduh selama 5 hari

    4Pedada/BogemDirendam dalam air payau selama 5 hari dan disimpan di tempat teduh 5Api-apiDirendam dalam air payau selama 5 hari dan disimpan di tempat teduh

  • 2. Pembibitan

    - Penanaman secara langsung di pinggir laut, pantai kurang efektif dan sulit, sehingga di butuhkan persemaian bibit Penanaman dengan melakukan pembibitan akan menghasilkan persentase tumbuh yang tinggi.

    a. Pemilihan lokasi persemaian- dekat dengan lokasi penanaman- terendam air pasang 20 kali/bulan- jauh dari hempasan ombak

    b. Pembuatan tempat persemaian/bedengan terdapat dua jenis bedengan1. bedeng taburberfungsi untuk mengecambahkan benih2. bedeng sapih Menampung polibag yang berisi semai berfungsi untuk menampung bibit sapihan dan bibit dipelihara hingga siap tanam

  • Tempat persemaian/bedenganBahan tempat persemaian: - Bambu (1-2 m)- Atap naungan = daun kelapa, alang2

    Ukuran tempat persemaian bervariasi:5 x 1 m = 1200 polybag

    Daun mulai tumbuh = 20 hari

  • Tipe dari tempat penyemaian:

    Bedeng persemaian: (a) tanah yang didalami, (b) tanah yang diberi batas bambu- Bibit Rhizophora berumur 3-4 bulan siap untuk ditanam di lapangan- Bibit Avicennia dan Sonneratia berumur 5-6 bulan

  • 3. Penanaman Mangrove

    Pada saat air surutFaktor fisika dan kimia dari lahan diperhatikanHindari musin ombak besar

    Kesesuaian jenis mangrove dengan faktor-faktor lingkungan

    JenisSalinitasToleransi terhadap ombak dan anginToleransi terhadap kandungan pasirToleransi terhadap lumpurFrekuensi PenggenangaRhizophoramucronata10 - 30 sesuai sedangsesuai 20 hari/bulan

    Bruguieraparviflora10 - 30tidak sesuaisedangsesuai10-19 hari/blnSonneratia alba10 - 30sedangsesuaisesuai20 hari/bulan

    Avicennia spp.10 - 30sedangsesuaisesuai20 hari/bulan

  • 4. Penentuan Jarak Tanam

    Penanaman di pinggir laut dengan tujuan melindungi pantai dari abrasi atau jalur hijau = 1 x 1 mUntuk tujuan konservasi lahan = 1m x 1mUntuk tujuan produksi = 2m x 2m

    Persiapan peralatanTali pengatur jarak tanamanAjirTugalEmber dan parang(a) tali pengatur jarak tanaman, (b) ajir, (c) tugal

  • Penanaman dapat dilakukan dengan 2 cara:

    Benih/ buah (tanpa naungan/ langsung)- penanaman langsung propagule- Sukses level = 20-30%- gampang diserang hama

    Bibit - dengan naungan atau tanpa naungan- sukses level = 60 80%- bibit yang siap untuk ditanam = tinggi 25 m, 6-8 jumlah daun, 3- 4 bulan

    NoKelebihan dan kekuranganPenanaman dengan naunganPenanaman tanpa naungan1Persen tumbuhTinggirendah2Bahan naunganSulit untuk diperolehTidak diperlukan

  • Keuntungan memakai ajirPenandaan tumbuhan baruMelindungi bibit yang baru ditanam dari arus dan pasang surut

  • Perbedaan penanaman mangrove dengan bibit dan benih

    N0Faktor penentuKelebihan dan keuranganbibitBuah/benih1.Persiapan pendahuluanlamapendek2.Hasil penanamanSegera dilihatLama dapat dilihat3.% tumbuhtinggirendah4.Waktu penanamanlamaSingkat

  • 5. Pemeliharaan dan Perawatan Mangrove

    Penyiangan dan penyulaman- 3 bulan setelah penanaman dilaksanakan pemeriksaan lahan- penyulaman dilakukan apabila ada tanaman yang mati

    Penjarangan- untuk memberi ruang tumbuh sehingga dapat tumbuh dengan optimal- hasil penjarangan dimanfaatkan untuk bahan baku arang, industri chip/kertas, kayu bakar, daunnya untuk makanan kambing

    3. Perlindungan Tanaman - Ketam/kepiting, umumnya 60-70% mangrove mati sebelum usia 1 tahun

  • Perlindungan tanaman dari ketam/kepiting: penanaman yang rapat penanaman dua benih dalam satu lubang bibit/benih yang dibungkus dengan bambu

  • b. Kambing- cara mengatasinya: - penanaman dilakukan pada daerah yang selalu tergenang- selalu berlumpur

    c. Hama, (ex kutu lompat)- daun menjadi kuning, kemudian rontok, tanaman mati- cara untuk mengatasi hama:Buah yang akan digunakan sebagai bibit, dipilih yang sudah matangBuah disimpan pada tempat yang teduh, dan ditutupi karung goni setengah basah selama 5-7 hari untuk menghilangkan aroma/bau buah yang segarPemusnahan tanaman yang yang terkena hama

    d. Manusia- dampak yang ditimbulkan manusia bisa lebih besar contoh: menjala ikan, mencari kepiting, sebagai tempat rekreasi

  • Penyebab kerusakan bibit dan cara penanggulangannya

    Penyebab kerusakanKerusakan yang ditimbulkanPencegahan dan PenanggulangannyaKepiting/ketamMemakan buah bakau terutama yang masih muda secara melingkar hingga putusMenyimpan buah selama 5-7 hari agar buah mengkerut dan aroma buah hilangMenutup sekeliling bedeng dengan jaring plastik agar ketam tidak bisa masukTeritip/ limpetMenempel kuat pada batang, menyerang bibit dan dpt menyebabkan kematian bibitPemberantasan secara manual, tritip dikerik dari batang, dan buang yang jauh dari lokasi penanamanUlatMemakan daun, dapat menyebabkan kematianMenyiram daun dengan air payauSebaiknya ditanam pada lokasi yang selalu terkena pasang

    TernakMemakan daunMembuat pagar disekeliling persemaian

  • Deskripsi Taksonomi

    1. Rhizophora Apiculata, Family: Rhizophoraceae

    c. Kulit batangPermukaan batangnya abu-abu, ketika masih muda halus, ketika dewasa ramping dan berlentiselb. Daun Daun sebelah atas berwarna hijau sampai kuning kehijauan, bagian tengah pada bagian yang menurun kadang-kadang kemerahan. Panjang daun 10-20 cm, lebarnya 5-8 cm, berwarna elips, tirus dan terdapat bintik-bintik hitam di bagian bawah daun yang tua.Charakteristik pohonPada habitat yang baik dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter, tetapi biasanya di atas 20 meter

  • e. AkarBerakar tongkat yang berlentisel untuk pernafasand. Bungan dan buah, bunga selalu kembar, panjang kelopak 12-14 mm, lebarnya 9-10 mm, berwarna kekuningan. Panjang buah antara 25-30 cm, diameter 15-17 mm berarna coklat pada pangkal buah.

  • 2. Rhizophora Stylosa, Family: RhizophoraceaeKharakteristik pohonMerupakan jenis mangrove yang sangat umum dijumpai karena memiliki penyebaran yang sangat luas. Mangrove ini dapat tumbuh dengan mencapai tinggi 20 meterb. Daun Panjang daun mencapai 10 cm, bagian sisi bawah dari permukaan daun berwarna hijau muda (terang) dan terdapat bintik berwarna coklat. Daun tersusun dalam rumpun sampai ujung dari cabangc. Kulit batang Permukaan batang kasar, berwarna coklat sampai abu-abu gelap

  • d. Bunga dan Buah Bunga berukuran kecil dan berwarna putih. Penyerbukan dilakukan oleh angin atau serangga. Buahnya berbentuk memanjang dengan ukuran mencapai 20-40 cm dan diameter 1-2 cm, meruncing pada ujungnyae. Akar Berakar tongkat yang berlentisel untuk pernafasan

  • 3. Rhizophora Mucronata, Family: RhizophoraceaeKharakteristik pohonMerupakan jenis mangrove yang sering dijumpai karena penyebarannya yang luas. Jenis ini dapat tumbuh sampai setinggi 25 m.b. Daun Berdaun lebar dengan panjang mencapai 10 cm, berwarna hijau pada bagian atas dan hijau muda pada bagian bawah. Daunnya tersusun dalam rumpun sampai ujung tangkaic. Kulit batang Berwarna coklat sampai keabu-abuan gelap dengan permukaan yang kasar

  • d. Bunga dan buah Bunganya berukuran kecil, berwarna putih dan oranye kuning. Buahnya berbentuk memanjang dengan ukuran mencapai 60 cm dan meruncing pada bagian bawahnya e. AkarBerbentuk akar tongkat yang keluar dari batang, dan memiliki lentisel untuk pernafasan

  • 4. Bruguiera Gymnorrhiza, Family: RhizophoraceaeKharakteristik pohonPada kondisi yang baik, tancang dapat tumbuh sampai setinggi 35 m, tapi biasanya mencapai 25 mb. Daun Panjangnya berkisar antara 10-20 cm, dan lebarnya antara 5-8 cm dengan bentuk elips. Daunnya mengumpul pada ujung tangkai batang, dengan warna daun bagian atas hijau sampai kuning kehijauan, sedangkan bagian bawahnya kuning mudac. Kulit batang Berwarna gelap, dengan permukaan yang kasar

  • d. Bunga dan buah Bunganya berwarna merah dan masih menempel pada buahnya ketika jatuh. Buahnya berwarna hijau dan bentuknya memanjang ramping dengan kisaran panjang antara 10-20 cme. AkarBerbentuk akar lutut yang munculnya di permukaan tanah

  • 6. Sonneratia Alba, Family: Sonneratiaceae Kharakteristik pohonDisebut juga dengan istilah Gogem, dapat tumbuh samapai mencapai tinggi 15 mDaunberbentuk bulat dan berpasangan pada cabangnya, dengan panjang sekitar 7 cm. Pada bagian ujung daun agak melengkung ke bawahc. Kulit batang berwarna abu-abu sampai coklat dan agak retak-retak

  • d. Bunga dan buah Bunga berwarna putih dengan dasar kemerahan berbentuk jarum, buahnya agak besar (lebarnya 4 cm) dan berwarna hijau dengan bentuk seperti bintang kerase. Akarberbentuk akar cakar ayam berpneumatofora untuk pernafasan

  • 7. Avicennia marina/, Avicennia alba (Api-api) /, Family: Avicenniaceaea. Karakteristik pohonDikenal juga dengan sebutan pohon api-api. Pohon dapat mencapai tinggi 15 Mb. DaunPada sisi sebelah atas berwarna hijau muda, sedangkan pada sisi sebelah bawah berwarna abu-abu keperakan. Daunnya berbentuk elips dengan panjang daun mencapai 10 cmc. Kulit batangHalus, berwarna putih keabu-abuan hingga hijau

  • d. Bunga dan buahBunganya kecil berwarna oranya dan berdiameter 4-5 mm. Buahnya berbentuk membulat agak berbulu dengan panjang 2-3 cm dan berwarna hijau keabu-abuan

    e. Akarberbentuk akar cakar ayam berpneumatofora untuk pernafasan

    *