15 mei 2016

12

Upload: dangthuy

Post on 13-Jan-2017

224 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: 15 Mei 2016
Page 2: 15 Mei 2016

“Engkau tak usah takut

terhadap kedahsyatan

malam, terhadap panah

yang terbang di waktu

siang” (Mazmur 91:5).

Kedahsyatan malam berbicara tentang ancaman yang datang secara tidak terduga, karena “malam” adalah

waktu orang beristirahat. Selain itu “malam” identik dengan kegelapan dan ketidaksadaran. Dalam kegelapan maka gerakan yang dilakukan oleh musuh menjadi tidak terlihat. Itulah yang kita sebut sebagai bahaya.

Panah yang terbang di waktu siang artinya sekali pun sinar matahari terik menyinari, tetapi anak panah yang ditembakkan, bisa melesat secepat peluru, sulit untuk dihindari. Keduanya menggambarkan ancaman. Dan ketika seseorang menghadapi ancaman, muncullah perasaan was-was atau rasa tidak aman, serta ketidaktenangan. Hidup yang tidak tenang, adalah kehidupan yang menyiksa. Bagaimanakah supaya kita tidak takut dan terlepas dari ancaman?

MAHA

PERTAMA, duduklah dalam lindungan dan bermalamlah dalam naungan Tuhan.Tuhan digambarkan dengan sebutan yang Maha Tinggi dan yang Maha Kuasa.Maha berarti teramat sangat, tidak terbatas.Maha Tinggi menjelaskan posisinya yang di atas segala sesuatu di dunia ini.

Maha Kuasa menjelaskan kekuasaan/kemampuanNya yang tidak terbatas. Kemudian pemazmur memakai istilah

2

Page 3: 15 Mei 2016

duduk dan bermalam. Duduk dan bermalam, artinya adalah menempatkan diri atau berada di posisi di mana TUHAN berada.

Hal ini berbicara tentang keintiman, yang akan menjamin dua pihak untuk bersama-sama. Keintiman dengan Tuhan, akan terlihat dari terciptanya kontinuitas kehadiran Tuhan.Seperti Abraham saat dia tidak mampu berbuat apa-apa ketika istrinya yang diakui sebagai saudaranya, diambil oleh Abimelekh, maka Tuhanlah yang bertindak meluputkan Abraham dan Sara (Kejadian 20:1-18).

KEDUA, di ayat 14 dikatakan “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

“Hatinya melekat” berbicara tentang hati yang mencintai atau mengasihi. Dalam versi King James, kalimat ini dikatakan : “Because he hath set his love upon me…………..” yang dapat diterjemahkan “Sebab dia telah menetapkan cintanya kepadaku……” dan Alkitab bahasa Indonesia menterjemahkan dengan kata “Hatinya Melekat.” Melekat artinya menempel erat, sampai seperti menjadi satu.

KEINTIMAN

Sesungguhnya keintiman tidak berbicara mengenai tempat ataupun kegiatan tertentu. Kita sering memandang bahwa keintiman adalah berada di tempat ibadah atau melakukan kegiatan ibadah. Namun, sebenarnya keintiman berbicara tentang sikap hati dan keputusan yang final untuk mencintai, sehingga didalamnya terkandung kesetiaan, kesediaan untuk berkorban, dan situasi apapun tidak akan dapat mengubah keputusan untuk mencintai. Kondisi inilah yang terkandung dalam kata bahasa Yunani “Agape” yaitu kasih yang tidak dapat berubah, karena berdasarkan keputusan yang final.

Agape sering dipakai untuk menggambarkan

kasih Allah yang tidak ada batasnya.

Sehingga keintiman tidak dapat diukur dari seringnya seseorang di tempat ibadah dan melakukan kegiatan ibadah. Imam Eli, yang tinggal di rumah Tuhan dan setiap hari melakukan kegiatan ibadah, ternyata bukan seorang yang melekat pada Tuhan, bahkan hidupnya jauh dari Tuhan. Mari kita bangun keintiman dengan Tuhan, bukan sekedar tempat, situasi, dan kegiatan, tapi dengan keputusan final untuk mengasihi.Tuhan berkata dalam FirmanNya, bagi orang yang membangun KEINTIMAN denganNya,

“Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.” (ayat 15 – 16).

“Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.” (Yesaya 32:17).

“Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Matius 11:29 ). n

(Pdt. Samuel Handoko)

Keintiman berbicara tentang sikap hati dan keputusan yang final untuk mencintai, didalamnya terkandung kesetiaan, kesediaan berkorban, dan situasi apapun tidak akan dapat mengubah keputusan untuk mencintai.

3

Page 4: 15 Mei 2016

Persis seperti gambaran orang Israel yang terus mengeluh selama perjalanan menuju ke Kanaan. Kalau dipikir-pikir, bukankah seharusnya mereka menjadi bangsa yang paling berbahagia karena bisa melihat penyertaan Tuhan yang ajaib setiap hari.

Barangkali manusia bisa disebut sebagai makhluk pengeluh. Ketika masih menganggur,

mengeluh tidak ada pekerjaan. Setelah bekerja, mengeluh karena capek dan kurang waktu beristirahat. Saat masih sendiri, mengeluh sukar dapat pasangan hidup. Setelah menikah, mengeluh karena pasangan cerewet. Kalau hujan, mengeluh jemuran tidak kering-kering. Sebaliknya, ketika kemarau, mengeluh kepanasan.

Bersambung ke halaman 9

Page 5: 15 Mei 2016
Page 6: 15 Mei 2016

Tayangan Ulang Ibadah Minggu IGMS Pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

“Sex & Spirituality”Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Philip Mantofa

Tayangan Ulang Ibadah Minggu II GMS Pusat Pk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.10.00 WIBwww.mstv.tv

”Breakfast With God”Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Caleb Natanielliem

Mawar Sharon Women Pk. 10.00 WIBGMS Main HallIbu Hesty Lumintang

Before30 EnglishPk. 08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

Rekaman kotbah MSTV dapat dipesan

melalui Pustaka Rajawali dengan menghubungi

031.6000.7000 ext. 204

@GMStvwww.mstv.tv

Saksikan MSTV via mobile diiPhone/ iPad, Blackberry &

Android:http://mstv.tv

* Tayangan recorded dapat berubah sewaktu-waktu

kecuali Live Streaming

Recorded at MSTV.TV

Ibadah Live & MSTV.TV

16 17 18MEI SENIN SELASA RABU

Page 7: 15 Mei 2016

Tayangan Ulang Ibadah Minggu IIIGMS Pusat Pk.08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

“Dinner With Jesus”Pk.02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Philip Mantofa

Tayangan Ulang Ibadah Minggu IVGMS Pusat Pk.08.00, 11.00, 20.00, 23.00 WIBwww.mstv.tv

“Love”Pk. 02.00, 05.00, 14.00, 17.00 WIBwww.mstv.tvPdt. Philip Mantofa

Doa MalamPk. 19.00 WIB GMS main hallPdm. Julita Manik (Jakarta)

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.19.30 WIBwww.mstv.tv

Before30 EnglishPk. 08.00 & 11.00 WIBwww.mstv.tv

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.15.00 WIBwww.mstv.tv

Army of God TeenPk.16.00 WIBGMS main hall

Pro-M Revolution Pk.19.00 WIBGMS Main Hall

Sunday Service Pk.07.00, Pk.10.00, Pk.16.00, Pk.19.00 WIB GMS main hall

EagleKidzjadwal lihat di hal. 11

Army of God YouthPk.13.00 WIBGMS main hall

Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.14.00 WIBwww.mstv.tv

19 20 21 22KAMIS JUMAT SABTU MINGGU

Page 8: 15 Mei 2016

Pada tahun 2014, anak saya memulai kuliah jurusan Multimedia di sebuah

universitas di Surabaya. Puji Tuhan, anak saya tidak perlu membayar uang gedung dan hanya membayar tiga puluh persen uang kuliah setelah mengajukan beasiswa.

Multimedia adalah jurusan yang membutuhkan komputer atau laptop. Laptop yang dibutuhkan juga harus memiliki spesifikasi tinggi untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan multimedia, sehingga harganya cukup mahal.Namun, anak saya tidak memiliki komputer ataupun laptop.

Anak saya pun meminjam laptop milik adik saya yang spesifikasinya sedang. Laptop itu digunakan bergantian oleh anak dan adik saya. Namun, karena intensitas tugas kuliah anak saya tinggi, demikian juga pekerjaan adik saya, anak saya ingin membeli laptop sendiri, dengan kredit.

Namun, saya beriman bahwa Tuhan akan memberkati sebuah laptop gratis untuk anak saya. Saya kemudian meminta anak saya untuk berdoa. Berulang kali, anak saya meminta untuk kredit laptop, namun saya memintanya untuk bersabar dan tetap berdoa kepada Tuhan.

Pada bulan April 2015, saat anak saya duduk di semester dua, Tuhan menggerakkan seorang teman dari adik saya, dan ia memberkati kami sehingga bisa membeli laptop beserta semua kebutuhan yang berhubungan dengan laptop. Puji Tuhan! kami tidak keluar uang satu sen pun.

Manusia boleh berencana, tetapi tetap Tuhan yang menentukan segala-Nya. Apa yang kita kehendaki belum tentu menjadi yang terbaik untuk kita, tetapi Tuhan tahu yang terbaik untuk kita, sehingga biarkan Dia berkarya dalam hidup kita. “Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” (Yes 55 : 9) n(Mariyani, jemaat GMS Pusat)

8

Page 9: 15 Mei 2016

Mereka melihat dengan mata kepala sendiri tiang awan dan tiang api memimpin barisan mereka. Mereka melihat laut Teberau terbelah, mencicipi roti dari Sorga, mendapatkan air saat kehausan, makan buah korma saat kelelahan, bahkan makan daging di tengah padang gurun.

Tuhan membuat pakaian dan kasut mereka tidak pernah rusak selama perjalanan panjang itu. Berulang kali bahkan Tuhan Allah sendiri menemui mereka di tengah perkemahan atau di atas gunung yang ditunjuk Tuhan. Mereka memiliki Tuhan Sang Empunya langit dan bumi. Bukankah itu sudah lebih dari cukup?

Tapi yang dilakukan mereka hanya mengomel, mengeluh, dan menggerutu. Secara mata mereka melihat penyertaan Tuhan, namun tidak mampu melihat kebaikan-Nya. Menggerutu, mengeluh, protes dan mengomel adalah bentuk pemberontakan kita atas kehendak Allah.

MENGUCAP SYUKUR

Dulu saya dipanggil “Melan” dan kerap dihubung-hubungkan dengan kata “Ngo-Melan”. Namun saya bersyukur, justru karena seringnya hal itu dilontarkan membuat saya terpacu untuk membuktikan bahwa saya bukanlah orang yang mudah “ngo-melan”.

Hingga hari ini saya terus menerus belajar untuk mengerem mulut saya sehingga tidak mengeluh, ngomel dan sejenisnya.

Saya belajar mengucap syukur dan menikmati setiap berkat maupun proses Tuhan dalam hidup saya. Bagi saya “Sambat” (mengeluh dalam bahasa Jawa) hanya membuat yang berat terasa semakin berat.

Karena rasa syukur adalah kemampuan kita menikmati apa yang sedang kita alami. Bersyukur itu harusnya kita lakukan setiap kali kita menerima/mengalami sesuatu (menyenangkan atau tidak) mengingat segala sesuatu itu datangnya dari Tuhan untuk kebaikan kita (Roma 8:28).

Cara terbaik untuk bersyukur adalah dengan menikmati sekecil apapun berkat dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita sehari-hari, sambil mengungkapkan dengan kata-kata “Syukur”, “Terima kasih Tuhan”, “Puji Tuhan”, dan sebagainya. Pastikan ucapan syukur yang terucap dari mulut kita adalah luapan hati kita.

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” – (1 Tesalonika 5:18). n

(Melania Veronika, Jemaat GMS Surabaya Selatan (HOV)

Cara terbaik untuk bersyukur adalah

dengan menikmati sekecil apapun berkat

dan pertolongan Tuhan dalam hidup

kita sehari-hari.

9

Page 10: 15 Mei 2016

Saya sudah menikah selama tujuh tahun, dan dua kali mengalami keguguran. Keguguran kedua

terjadi pada Bulan April 2014 ketika usia kehamilan menginjak empat bulan. Masa yang sulit. Sekalipun saya tidak mengerti mengapa Tuhan mengijinkan hal ini menimpa, tapi saya tetap memilih untuk tidak marah kepada-Nya.

Saat itu, Roh kudus memberikan kata-kata hikmat yang menguatkan saya. Bahwa hidup saya ada di tangan yang terbaik dan Tuhan tidak pernah lepas kendali.

Tidak lama setelah itu saya dipromosikan menjadi sponsor CG. Sebenarnya waktu itu saya merasa agak ragu dengan posisi itu. Saya merasa hidup saya sendiri masih banyak kekurangan. Tapi saya memilih untuk taat. Pada saat bapak Hadi, Penilik CG, mendoakan saya, beliau bernubuat, “Apa yang engkau harapkan akan terwujud dalam waktu dekat!”.

Memasuki tahun 2016, Gereja Mawar Sharon mencanangkan tema “Encountering Christ in Everything”. Saya mengikuti puasa dua puluh satu hari secara penuh dan berkomitmen untuk lebih dekat dengan Tuhan. Pada tanggal 21 Februari 2016 saya didoakan oleh bapak Jusuf bersama pasangan lain yang merindukan keturunan.

Memasuki Bulan Maret, saya tergerak untuk berpuasa lagi selama satu bulan, karena pada bulan itu saya berulang tahun. Waktu itu saya meminta arahan Tuhan secara pribadi untuk hidup saya.

Puji Tuhan, tidak lama kemudian, saat periksa, dokter kandungan menyatakan saya telah positif hamil lima minggu. Segala kemuliaan hanya bagi nama Tuhan!

Saya percaya Tuhan tidak pernah mempermalukan orang yang berharap pada kasih setia-Nya. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Mohon doa dari teman-teman semua agar kandungan tetap sehat sampai anak saya lahir.

Terima kasih untuk semua anggota CG P-68 yang menjadi teman dalam suka dan duka, yang selalu setia mendoakan. Terima kasih buat bapak Jusuf, bapak Hadi, bapak Afak yang mendoakan saya. Terima kasih Tuhan sudah menempatkan saya di keluarga besar Gereja Mawar sharon. Saya mendorong teman-teman untuk bergabung dalam Connect Group (CG). Ada berkat bagi yang taat. Puji Tuhan! n(San san, Anggota CG CG P-68, GMS Surabaya)

HIDUP SAYA ADA DI TANGANYANG TERBAIK DAN TUHAN

TIDAK PERNAH LEPAS KENDALI.

10

Page 11: 15 Mei 2016

Voltage (Sabtu) Pk. 16.00Keb. AOG Pk. 13.00Ibadah Pemulihan (Jumat) Pk.19.00Sebelah “HERO” Supermarket, KAV.A2 No. 27-32 Jl. Pahlawan Sda. Telp. 8946136, Fax: 8052650

GMS Revival MadiunUmum + Anak 1 Pk. 07.00Umum + Anak 2 Pk. 17.00Pro M (umum) Pk. 10.00AOG Pk. 13.00Eaglekidz (Sabtu) Pk. 16.00Jl. Bogowonto 1Telp: 0351-469869

GMS One Family MalangKeb. Keluarga + ProM I Pk. 07.00 Keb. Anak I Pk. 07.00Keb. Keluarga + ProM II Pk. 10.00Keb. Anak II Pk. 10.00Keb. Keluarga + ProM III Pk. 16.00Keb. Pelajar + Pemuda Pk. 13.00Doa Malam (Rabu) Pk. 18.00Jl. Raya Dieng 19, MalangTelp. 0341-570539

GMS JombangKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk. 16.00Eaglekidz (Rabu) Pk. 16.00Keb. Pelajar & Pemuda Pk. 10.00Keb. Pemulihan (Jumat) Pk. 18.30Keb. Pro-M (Sabtu) Pk. 18.00Sekretariat & tempat Ibadah:Kompleks Ruko Cempaka Mas C-8 Jl. Soekarno Hatta, telp.0321-8492150

GMS Revival TulungagungDoa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak I Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak II Pk. 16.00Keb. Remaja Pk. 10.00Jl. WR. Supratman no 104, Telp. Kantor 0355-328170

GMS Revival JemberKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II + Pro-M Pk. 10.00Keb. Umum III Pk. 16.00Keb. Youth Pk. 13.00Jl. Trunojoyo 26, di pertokoan JBCEaglekids I Pk. 07.30Eaglekids II Pk. 17.00Eaglekids III Pk. 16.00Voltage (Sabtu) Pk. 17.00Jl. Trunojoyo 26, Jember. Sekretariat: Pertokoan JBC Ruko C2-C3Telp & Fax 0331-425153

GMS KediriKeb Umum I Pk. 13.00Keb. Umum II Pk. 16.00Hotel Grand Surya Jl. Dhoho 95, KediriTelp. 0354-4526285CP: Bp. Sunggana 0888.0152.9750

GMS Miracle YogyakartaIbadah Umum Pk. 10.00Keb. Doa Malam (Jumat) Pk.18.30Keb. Eaglekidz Pk. 10.30Keb. AOG Pk. 13.00Pacific Building lt. 3, Jl. Laksda Adisucipto 157telp.0274-555497, fax.0274-557904CP: Pdp. Arief Wicaksono (08562722328)

GMS SurabayaKebaktian Umum I Pk. 07.00Kebaktian Umum II Pk. 10.00Kebaktian Umum III Pk. 16.00Kebaktian Umum IV Pk. 19.00Kebaktian Pemuda Pk. 13.00

Kebaktian Anak (Sabtu) Pk. 16.00Auditorium MSCS (Voltage) Kebaktian Anak I Pk. 07.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak II Pk. 10.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak III Pk. 16.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)English Service(MSCS lt.1) Pk. 16.00 Kebaktian Anak IV Pk. 19.00r.202 (All Stars), convention hall (Supertrooper)

Keb. PelajarSabtu Pk. 16.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

Keb. Profesional MudaSabtu Pk. 19.00Kebaktian Anak (Sabtu) Pk. 19.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

Bukit Doa “Immanuel” PrigenKeb. Umum Pk. 10.00Bukit Doa Immanuel, Prigen (Tretes)

GMS Unity Surabaya TimurKeb. Umum + Anak 1 Pk. 07.30Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Keb. Umum + Anak 3 Pk. 16.00Ruko Klampis Square blok A no. 22-23,Jl. Klampis Jaya SurabayaCp. Melyana (089677931982/081390801878)

GMS House of Victory Surabaya Selatan* Sat. Jemursari, Pondok Tjandra, & RungkutKeb. Umum + Anak Pk. 07.00Jl. Siwalankerto 145Cp. Deky (031-70717173)

GMS Revelation Surabaya Barat Doa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum + Anak 1 Pk. 07.00Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Jl. Raya Sukomanunggal Komplek Pertokoan Satellite Town Square Blok F/ No: 1-6, 22-26Telp. 031-7319854

GMS Denpasar-Bali (The Light) Keb. Umum + Anak I pk. 08.00 WITAKeb. Umum + Anak II pk. 11.00 WITAKeb. Youth pk. 14.00 WITAKeb. Profesional Muda pk. 17.00 WITAKeb. Doa Malam (Jumat) pk. 19.00 WITAJl. Teuku Umar Barat 275,Denpasar, Bali (Sebelum Depo Bangunan) Telp: 0361-8466437

GMS Revival SidoarjoKeb. Umum I + Anak Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak Pk. 10.00Keb. Umum III + Anak Pk. 16.00Keb. Umum IV + Pro-M Pk. 19.00

GEREJA MAWAR SHARONJl. Cempaka 24, Surabaya. E-mail: [email protected] TELP.: (031) 60007000 (HUNTING) FAX : (62-31) 5322452 Persembahan Anda untuk Gereja Mawar Sharon dan Bukit Doa Immanuel dapat ditransfer ke: No. Rek. A/C 010.049.700.0 BCA Veteran - Surabaya @gmschurch @GMSWarta gereja mawar sharon

Kesaksian anda bisa dikirim ke:email. [email protected] /telp. 031-60007000 ext. 103 /surat: GMS - Jl. Cempaka 18i Sby

Page 12: 15 Mei 2016

GMS Provider SukabumiIbadah Umum & Anak Pk. 10.00Hotel Maxone, JL. Siliwangi No. 90 Kantor & Sekretariat : Pesona Pangrango Blok AG No. 2 SukabumiTelp: (0266) 216123Cp : Arsih/Ryan : 08561611930

GMS Amanat Agung Magelang Keb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II + ProM Pk. 17.00 Keb. Youth Pk. 11.00 Keb. Anak (Sabtu) Pk. 16.00Jl. Gatot Subroto 408CP:Irma (081 3244 32651)Sekret: Jl. Gatot Subroto 36D/ETelp: 0293-314652, 0851 0051 5771 Fax: 0293-3191391

GMS Kemah Kemenangan SalatigaKeb. Umum + Anak Pk. 08.00Keb. AOG 1 Pk. 13.00Keb. AOG 2 Pk. 16.00Jl. Sukowati 62, SalatigaTelp/Fax (0298) 328124, CP: Paulus Eko (085740282010)

GMS Tower of Victory Semarang Keb. Umum + Anak I Pk. 10.00Keb. Umum + Anak II Pk. 16.00Keb. AOG Pk. 13.00Gereja Mawar Sharon “Tower of Victory” Menara Mas Building 3rd floorJl. Majapahit 198Telp. 024-6721318, fax. 024-6720283CP: Monalisa (085713022022)

GMS SoloIbadah Umum I + Anak I Pk. 10.00Ibadah Umum II + Anak II Pk. 16.00Ibadah Youth Pk. 13.00Ibadah Pro-M Pk. 19.00Aston Solo Hotel. Ballroom lt. 5. Jl Slamet Riyadi 373 SoloSekretariat Gereja. Jl. Dr. Supomo 75, 77 Solo(Telp/ Fax): 0271-723172. (HP) 082137313553

GMS Favour Jakarta Ibadah Umum I +Anak I Pk. 10.00-12.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk. 16.00-18.00Ibadah Youth Pk. 13.00-15.00Voltage (Sabtu) Pk. 13.00 -15.00Central Park Mall, Podomoro City, Gedung TRIBECA Lt. 1Jl. Let. Jend. S. Parman Kav.28, JakBar(Sebelah Mall Taman Anggrek)Telp: 021-56985786 / 87, Fax: 021-56985785

GMS Tentara Tuhan Bandung Keb. Umum + Pro-M Pk. 10.00Keb. Anak Pk. 10.30Keb. Youth Pk. 13.00Meeting Room Royal Palm lt.8Aston Tropicana Hotel BandungPremier Plaza, Jl. Cihampelas 125-120Bandung 40131Sek: Jl. Setrawangi Komp. Setrasari Mall A-6Telp: (022) 87775119

GMS Mercy BalikpapanKeb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. Umum II + Anak Pk. 17.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAJl. Mayjen Sutoyo RT. 44 no. 32 Gunung Malang (ex. gudang YOVA Lama)

Telp:0542 - 425937, Fax: 0542-425938

GMS Marvelous BanjarmasinKeb. Umum (Lt.M2 - R. Lavender, R. Edelweis) pk. 10.00 WITAKeb. Anak (Lt. M2 - R. Jasmine & R. Rose ) Pk. 10.00 WITAKeb. AOG (Lt. M2 - R. Lavender, R. Edelweis ) Pk. 13.00 WITAHOTEL G’SIGN, Jl. A. Yani km 4,5Sekt. Jl A. Yani Km. 3,5 No. B.8Ruko Tunjung Maya, Seberang PoltabesBanjarmasin (0511-3252888)CP : Yuliana (085243551976)

GMS Grace Samarinda Keb. Youth Pk. 13.00 WITAKeb. Umum Pk. 17.00 WITAPlanet Swalayan lt.2, Jl. Rajawali no.8Keb. EagleKidz Pk. 17.00 WITAPlanet Swalayan lt.3, Jl. Rajawali no.8Sekre.: Ruko Citraland BL 17, Jl. DI Panjaitan, Telp. 0541-4100650Cp: Brilli (081808822698)

GMS Glory of God PontianakKeb. Umum (lt.2) Pk. 10.00Keb. Anak Pk. 10.15Ibadah Youth Pk. 14.00Jl. A. Yani, Komplek A. Yani Sentra Bisnis Blok C-12,Megamall, Pontianak. Sekre: lt.1, (0561- 760049)

GMS Restoration AmbonIbadah Umum + Anak Pk 10:00 WITIbadah Youth Pk 14:00 WITConvention Hall Pacific Hotel Ambon Lantai 2, Jalan Cendrawasih no. 8 AmbonSekretariat: Jalan Rijali no. 26 Belakang SoyaKecamatan Sirimau, Ambon 97123Telp: 0911-314570CP: Erik (085347261119)

GMS Saparua-MlkKeb. Umum Pk. 09.30 WITKeb. Anak Pk. 16.30 WITJl. Depan Pasar Saparua(Ex BANK Danamon) Cp: James Loimehiapy (0852 4300 8824, Tel/Fax.0931-21487)

GMS Masohi (Maluku Tengah)Keb. Umum Pk. 09.30 WITKeb. Anak Pk. 16.00 WITKeb. Pemuda Pelajar Pk. 13.00 WITJl. Manusela, belakang kantor Kejaksaan Negeri MasohiTelp: 0914-22790CP: Pdp. Rudy Ritiauw 085243078844

GMS Tower of Strength ManadoKeb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. AOG Pk. 14.00 WITAKeb. Umum II Pk. 18.00 WITAJl. Wolter Monginsidi, Kompleks Bahu Mall (Samping Apartemen Lagoon) Bahu - Manado 95115, Telp. 0431-831226 Cp : Nain S. (085240163011)

GMS Breakthrough KendariKeb. Umum Pk.17.00 WITAkeb. Anak Pk. 17.15 WITARuko GMS, Jl. H. Supu Yusuf ( depan hotel Plaza Kubra), MandongaCP : Novita (0852 5613 3910)

Telp. 0401 - 3128751

GMS BitungKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.30 WITAJl. Samrat Pakadoodan Ling 3 (Sebelah Yebenlin) Telp: 0438 – 30903

GMS Tondano (HOR)Kebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian AOG Pk. 17.00 WITAJl. D.I. Panjaitan Ling 1, Taler (Depan Kantor Pos Tondano)Telp: 0431 – 324046

GMS KotamobaguKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.00 WITAJl. Sutoyo no. 28, (Depan Apotik Kotamobagu)Cp. Gabriel Dimas (08229033390)

GMS God’s Dwelling Place Makassar Keb. Umum + Anak I Pk. 10.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAKeb. Umum 2 + Pro-M Pk. 17.00 WITAHotel M-Regency eks Eks Hotel Mercure,Jl. Daeng Tompo No. 8, MakassarCp: Galih Chandra (0898 0077 950)Sek.: Jl. Chairil Anwar 30D-F (samping harapan baru Jl. Botolempangan)Telp : 0411-3625749, Fax : 0411-3625751

GMS My Home Medan Keb. Voltage (Sabtu) Pk. 16.30 Keb. Pro-M (Sabtu) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak Pk. 10.00Keb. Umum III + Anak Pk. 16.00Keb. Pemuda/ Pelajar Pk. 13.00Keb. AOG Pk. 13.00Sun Plaza, lt. roof, Jl. H. Zainul Arifin 7, Sek: Jl. Gaharu no 27 B Medan, Telp : 061- 4530760

GMS True Vine Pekanbaru Keb. Umum (lt.1) Pk. 09.00 WIBKeb. Youth (lt.1) Pk. 11.30 WIBKeb. Anak (R. VIP A.B.C) Pk. 09.00 WIBdi Restoran Apollo, Jl. Ahmad Yani no.83Sekretariat sementara :Jln. Teuku Umar No. 20-22, Pekanbaru CP: Irawati Santoso (0852 7575 2670), Telp/ Fax: 0761-20019-20121/0761-854816

GMS Lighthouse Palembang Ibadah Umum + Anak Pk. 10.00 WIBHotel Horison Ultima Palembang Lt.3, R. Semeru 1, Jl. Jend. Sudirman 57CP : Paul (081332212471)Ibadah Youth Pk. 14.00 WIBKomp. Ruko Graha Maju MotorJl. Rasyid Nawawi No. 24-26FTelp (0711) 361425 / 366572CP. Theo (081995118283)

GMS LampungKeb. Umum + Anak Pk. 10.00 WIBHotel Marcopolo, Ruang RestaurantJl. Dr. Susilo no. 4, LampungCP: Bp. Eddy Yanto - 085359785588

GMS JambiKeb. Umum + Anak Pk. 10.00 WIBKompleks ruko sentosa A3 - belakang Toko Gloria- Pasar, Jl. Raden Mattaher JambiTelp 0741- 5911180 CP : Edi Riyanto Ong - 0813 3824 7888, Weinna - 0812 6065 6562