1. air bag

Download 1. Air Bag

Post on 20-Jul-2015

956 views

Category:

Documents

21 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Garis BesarApakah SRS Airbag itu ? 1. Keselamatan KendaraanKendaraan mempunyai dua keamanan yang dibutuhkan. Pertama keamanan aktif, untuk mencegah kecelakaan sebelum terjadi, dan keamanan pasif, untuk melindungi penumpang kendaraan pada saat terjadinya tabrakan. Dalam melindungi penumpang pada saat tabrakan, meminimalkan kerusakan bodi kendaraan sama pentingnya dengan melindungi penumpang dalam kendaraan itu. Struktur penyerap benturan, sabuk keselamatanSRS (Supplemental Restraint System) airbag dll. adalah penyempurna sistem keamanan.

Crashable zone

Occupant protection zone

Crashable zone

2. Total advanced function body Setiap model memiliki tubuh total fungsi lanjutan yang terdiri dari depan dan bagian belakang crumpable dan ruang penumpang yang kuat, yang memungkinkan body menyerap secara effisien dan memecahkan energi tabrakan, mengurangi deformasi dari ruang penumpang sampai minimum Body memiliki struktur penyesuaian ke semua ruangan. Unggul pada struktur pengamanan ruang untuk penumpang dalam hal terjadinya tabrakan dari depan, samping atau belakang , kendaraan ini memberikan tingkat keamanan kelas dunia apabila terjadi tabrakan. Melalui simulasi tabrakan di komputer dan sejumlah besar tes kendaraan, kerangka body dirancang efisien sehingga dapat menyerap dan menyebarkan energi yang ditimbulkan saat terjadi tabrakan yang tidak hanya tabrakan depan atau samping tetapi sebuah tabrakan dari depan yang menyamping yang memberikan dampak terhadap satu sisi kendaraan. 3. Sabuk keselamatan (Seat Belt ) Sabuk keselamatan adalah alat utama dalam mengencangkan penumpang. Menggunakan sabuk keselamatan bisa melindungi penumpang terlempar keluar jika terjadi kecelakaan dan juga meminimalkan kecelakaan sekunder di dalam kabin. 4. SRS (Supplemental Restraint System) airbagSRS airbag dirancang sebagai alat proteksi lebih lanjut setelah adanya sabuk keselamatanUntuk mencegah kecelakaan parah dari depan atau samping, Dengan cara mengembang, SRS airbag bekerja bersamaan dengan sabuk keselamatan untuk melindungi dari kecelakaan.

Diagnosis Technician Course 3 Electrical 2 SRS Air Bag System

1

Garis BesarKebutuhan 1. Kebutuhan sabuk keselamatan dan airbagPada saat kendaraan menabrak obyek lain, akan berhenti secara tiba-tiba- tapi tidak secara langsung. Contoh, jika kendaraan menabrak obyek tidak bergerak dengan kecepatan 50 km/h (30mph) secara berhadapan maka dibutuhkan 0.1 detik untuk berhenti sempurna. Pada saat itu bumper depan berhenti bergerak tapi bodi kendaraan lain masih bergerak dengan kecepatan yang sama. Kendaraan akan menyerap energi itu dan pelan-pelan melambat seiring dengan hancurnya bagian depan. Selama benturan, ruangan penumpang berangsur melambat tapi si penumpang masih tetap melaju dengan kecepatan yang sama dalam ruangannya itu. Jika penumpang tidak mengenakan sabuk keselamatan, mereka akan terus bergerak dengan kecepatan 50 km/h (30 mph) hingga mereka bertabrakan dengan interior kendaraan. Pada contoh ini, penumpang akan menabrak interior kendaraan secepat orang yang jatuh dari lantai tiga sebuah bangunan. Jika penumpang mengenakan sabuk keselamatan maka akan melambat kecepatannya sehingga mengurangi daya dorong ke badannya akibat benturan. Namun pada kecelakaan yang parah, mereka akan tetap menabrak interior walaupun kekuatannya lebih sedikit dibanding tidak mengenakan sabuk keselamatan. SRS airbag melindungi wajah dan kepala akibat daya dorong ke interior dan menyerapnya dengan cara memperlambat daya yang terjadi pada diri penumpang.

Collisions at 25 km/h) Striking the interior at the same speed as a 3 story fall (collisions at 50km/h)

Vehicles without airbags (when occupants do not fasten their seat belt)

Vehicles with airbags (when occupants fasten their seat belt)

The airbag sensor activates and Collision

1.Cara kerja (1) Dalam tabrakan, sensor airbag mendeteksiderajat benturan dan ketika derajat itu melonjak dari nilai spesifik sensornya, maka inisiator memulai pengembangan. (2) Inisiator menyalakan enhancer (pencetus) dan bahan pendorong yang menghasilkan gas yang sangat besar pada saat itu. (3) Gas akan menggembungkan airbag untuk mengurangi daya benturan pada penumpang dan kemudian mengempis melalui lubang yang terdapat di belakang airbag. Hal ini untuk mengurangi daya benturan ke airbag dan untuk menghasilkan daya pandang penumpang.

Propellant grain Initiator Gas is generated and the bag

Enhancer

PERINGATAN: Setelah airbag mengembang, asap dan gasnitrogen keluar melalui lubang di belakang airbag tersebut. Gas itu tidak berbahaya walau terhisap. Tapi jika terkena kulit, pastikan untuk menghilangkan residunya dengan mencuci untuk mencegah dari terjadinya iritasi pada kulit . Airbag yang mengembang dengan cepat bisa menyebabkan sedikit goresan, terbakar atau bengkak.Diagnosis Technician Course 3 Electrical 2 SRS Air Bag System

Lessen occupants impact

2

Garis Besar Komponen bagian airbag (kemudi, dashboard)akan panas dalam waktu beberapa menit, tapi airbag-nya tidak..

PETUNJUK:SRS airbag dirancang untuk mengembang sekali saja. Oleh karena itu,komponen yang berhubungan dengan airbag harus diganti setelah adanya pengembangan.

2. SRS Airbag akan mengembang (pengemudi, penumpang)Sistem SRS airbag depan dirancang untuk mengembang guna melindungi daya benturan ke depan yang sangat keras dalam area yang dinaungi antara tanda panah dalam ilustrasi berikut. SRS airbag depan akan mengembang jika kerasnya daya benturan berada di atas ambang batas yang ditetapkan, kira-kira 20 km/h - 25 km/h (12 mph - 15 mp) ketika menabrak obyek yang tidak bergerak atau hancur.

Jika kerasnya benturan kurang dari itu, SRS airbag depan tidak akan mengembang.. Namun kecepatan batas ini bisa lebih tinggi bila kendaraan menabrak benda seperti kendaraan yang terparkir atau tiang rambu yang bisa bergerak atau berubah jika tertabrak. Atau juga dalam kondisi tabrakan "under ride contoh, bila hidung mobil masuk ke bawah kolong truk, dll.). Karena sensor airbag depan, sensor G, dan sensor pengaman di tengah airbag ECU mendeteksi perubahan kecepatan yang disebabkan oleh tabrakan, airbag juga dapat diaktifkan jika diberikan benturan yang kuat dari bawah kendaraan. (Sebagai contoh, dalam kasus di mana kendaraan membentur trotoar pinggir jalan, jatuh ke dalam atau melewati lubang atau parit yang dalam, dan membentur permukaan jalan atau jatuh dari bahu jalan.)

Diagnosis Technician Course 3 Electrical 2 SRS Air Bag System

3

Garis Besar

3. SRS airbag tidak akan mengembang(pengemudi, penumpang)

(1) SRS airbag depan tidak akan mengembang jikatabrakan ada di sisi kendaraan atau dari belakang, jika terguling atau terlibat tabrakan dari depan dalam kecepatan rendah. (2) SRS airbag depan tidak akan mengembang jika terjadi benturan kuat di bawah kendaraan. Beberapa contoh terdapat dalam ilustrasi. Referensi: Ketika kendaraan Anda menabrak dinding beton dari arah depan dengan dinding beton dengan kecepatan kurang dari 25 km / h (16 mph); Ketika kendaraan Anda bertabrakan dengan tiang listrik atau pohon, dll;

Air Bag tidak akan bereaksi pada kasus berikut, dan, karenanya air bag tidak akan bereaksi. Ketika lampu peringatan SRS Air Bag menyala. Ketika kendaraan mengalami tabrakan dengan kunci kontak pada pada posisi di "LOCK" atau "ACC".

Diagnosis Technician Course 3 Electrical 2 SRS Air Bag System

4

Garis Besar(1) Side airbag + curtain shield airbag (front only)

4. SRS airbag akan mengembang (samping,curtain shield airbag)

Collision from the side

(1) Airbag samping + curtain shieldairbag (depan) SRS airbag samping dan curtain shield airbag dirancang untuk bekerja jika ruang kendaraan mengalami tumbukan di bagian samping.

Jika kendaraan mengalami tumbukan di sisidiagonal atau sisi samping seperti dalam ilustrasi di kiri, tapi tidak dalam ruang kendaraan, SRS airbag samping dan curtain shield airbag tidak akan beroperasi. (3) Airbag samping + airbag curtain shield (depan + belakang) SRS airbag dan curtain shield airbag tidak dirancang untuk beroperasi jika ruang dalam kendaraan menerima tumbukan samping atau samping belakang. Ketika kendaraan mengalami tumbukan dari sisi diagonal atau sisi yang tampak pada ilustrasi di kanan ini tapi tidak dalam ruang kendaraan, SRS airbag samping dan curtain shield airbag tidak akan mengembang.

(2) Side airbag + curtain shield airbag (front + rear)

Collision from the side or quarter back

5. SRS airbag tidak mengembang (samping,curtain shield airbag) SRS airbag samping dan curtain shield airbag dirancang untuk tidak bekerja bila tumbukan ke arah depan atau dari belakang, terguling atau dari sisi samping dalam kecepatan rendah.

Diagnosis Technician Course 3 Electrical 2 SRS Air Bag System

5

Garis BesarTipe 1. Tipe SRS airbag Airbag pengemudi depan(single-stage, dual-stage)

Airbag penumpang depan(single-stage, dual-stage)

Airbag samping Curtain shield airbag(depan saja, depan + belakang)

2. Tipe sensor airbag Sensor airbag depan Pemasangan sensor pusat airbag (pemasangan sensor airbag) Sensor airbag samping (Sensor airbag samping dan curtain shield airbag) Sensor curtain shield airbag (hanya jika curtain shield airbag di pasang di depan dan belakang) Sensor pintu samping (hanya ada di mobil 2 pintudan 3 pintu dengan pintu atap dengan airbag samping) Sensor airbag di posisi tempat duduk (hanya ada di dual-stage airbag) Sensor deteksi penumpang

(1/1)

Diagnosis Technician Course 3 Electrical 2 SRS Air Bag System

6

Garis BesarPeringatan 1. Sabuk pengaman (safety belt) untuk anakanak (1) Jangan pernah memasang sistem sabukpengaman anak-anak yang menghadap belakang pada penumpang depan karena kekuatan mengembang ai