02 maret 2014

12
1 MESSENGER

Upload: dokiet

Post on 02-Jan-2017

219 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: 02 Maret 2014

1

MESSENGER

Page 2: 02 Maret 2014

2

“Mereka ini sekalian berada di bawah pimpinan ayah mereka pada waktu menyanyikan nyanyian di rumah TUHAN dengan diiringi ceracap, gambus dan kecapi untuk ibadah di rumah Allah dengan petunjuk raja. Demikianlah keadaan bani Asaf, Yedutun dan Heman.” (1 Tawarikh 25:6).

Daud dan para panglimanya, yaitu para pemimpin yang ahli dalam menetapkan aturan ibadah, dalam hal ini panglima bukan pemimpin militer, tapi ahli aturan ibadah.

Mereka mengatur liturgi ibadah, yaitu acara dalam ibadah, dan menetapkan para pemain musik serta para penyanyinya. Para petugas ibadah diambil dari orang Lewi, bani Asaf, bani Yedutun dan bani Heman. Aturan tersebut juga berkaitan dengan jalannya ibadah, yaitu kapan musik mulai dimainkan dan kapan sebuah lagu mulai dinyanyikan. Seluruh keturunan itu melakukan tugasnya di bawah pimpinan dari ayah mereka masing-masing.

Pelayan Nubuat Pelayanan ibadah juga dapat digolongkan sebagai

pelayanan nubuat. Arti dari “Nubuat” adalah menyatakan kehadiran Tuhan dan kehendakNya kepada umatNya, itulah tujuan utama dari pelayan ibadah.

Yang kedua, pelayan ibadah harus memimpin umat Tuhan untuk menghadap Tuhan, dan melayani Tuhan melalui liturgi/ aturan ibadah, umat dibawa untuk menyatakan respon terhadap kehadiran Tuhan, dan menyatakan rasa hormat dan kasih kepada Tuhan.

Apabila semua pelayan ibadah mengerti tujuan utama dari tugasnya, dan membangun dirinya untuk dapat menjadi alatnya Tuhan, maka hadirat Tuhan yang nyata dapat menjamah kehidupan umatNya., dan lebih dari itu maka disetiap pertemuan ibadah, umat akan dapat beribadah dengan menyenangkan hati Tuhan.

Para pelayan itu adalah orang-orang pilihan Tuhan, yang sudah mendapatkan panggilan dan janji Tuhan dalam hidup mereka (ayat 4 – ayat 5). Dan Allah juga menyatakan panggilanNya kepada Heman dan seluruh anggota keluarganya untuk memimpin dalam pelayanan (ayat 6-7).

Demikian juga dalam Gereja Tuhan, Tuhan memilih orang-orang pilihanNya untuk menduduki posisi-posisi tertentu, sesuai dengan kebutuhan dan panggilanNya, supaya program Kerajaan Allah dapat dijalankan dengan baik, yaitu untuk mendatangkan keselamatan bagi semua orang.

Alkitab mengatakan, “Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu

Page 3: 02 Maret 2014

3

MESSENGER

rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.” (I Petrus 2:5).

Batu hidupKata “Batu yang hidup” dalam bahasa

Yunaninya dipakai kata Lithos, yang artinya adalah batu yang sudah dipahat/ dipotong sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

Kalau kita datang kepada “Batu Penjuru” kita, maka Tuhan akan membentuk kita menjadi “batu yang hidup” supaya kita bisa dipakai untuk pembangunan BaitNya yang kudus.

Banyak orang menginginkan untuk melayani dan menjadi terkenal, tapi masalahnya tidak banyak yang mau datang untuk menyerahkan diri supaya dibentuk Tuhan.

Menjadi pelayan Tuhan, ternyata tidak bisa hanya bermodalkan kemampuan, tapi

harus dimulai dari hati yang berserah untuk dibentuk, sehingga kemampuan kita akan diberkati Tuhan, saat kita sudah ditempatkan sesuai dengan keinginan Ahli Bangunan Agung, yaitu Tuhan Yesus Kristus, sebagai Kepala Tubuh.

Kalau saudara adalah seorang pelayan ibadah, maka pastikan bahwa saudara selalu memiliki kesadaran akan hadirat Tuhan, sebab tugas saudara adalah membawa umat menyadari kehadiran Tuhan, dan meresponi hadiratNya.

Ini artinya setiap pelayan Tuhan harus berada dalam keadaan kudus, tidak ada masalah dosa baik dengan Tuhan maupun dengan orang lain, karena posisi seorang pelayan ibadah adalah sebagai “saluran”.

Setiap pelayan ibadah dituntut memiliki kerohanian yang dewasa dan bertanggung jawab, sehingga dalam melakukan pelayanan betul-betul dia dalam keadaan menjadi saluran yang bersih.

Sungguh indah hidup sebagai keluarga yang melayani Tuhan, suasana hadirat Allah terasa dirumah, yang terbawa sampai kepada pelayanan di Bait Allah. n (Pdt. Samuel Handoko)

Page 4: 02 Maret 2014

4

D alam acara reality show “Dunia lain”, seorang peserta, sendirian, sedang diuji nyali di tempat gelap dan “angker” (menurut anggapan masyarakat setempat). Saya tahu pasti bahwa dia pasti anak Tuhan

karena di sepanjang “uji nyali”, dia menyanyikan lagu gereja, “Jalan serta Yesus”. Saya ingat, ketika berjalan dalam gelap dan sendirian, juga sering menyanyikan lagu-lagu pujian. Mengapa?

Beberapa waktu lalu, saat mau menjemput anak, saya mendapati bagian depan mobil saya penyok, mungkin tersenggol kendaraan lain di parkiran. Sepanjang perjalanan di belakang setir, saya merasa jengkel sekali. Lalu, saya mencoba memutar lagu-lagu rohani di tape mobil saya. Hasilnya? Pikiran saya tak lagi terfokus pada pesok mobil yang ada, tetapi kepada Tuhan.

Suasana hati saya berubah. Kejengkelan pun sirna. Bemper depan itu tetap rusak, namun saya dapat melaluinya dengan rasa damai. Pujian dapat mengubah fokus hati. Tak heran, Paulus dan Silas berusaha menyanyi sewaktu mereka dipenjarakan. Padahal, ini bukanlah reaksi yg wajar.

LONENEVER

Page 5: 02 Maret 2014

5

Dipenjara Paulus dan Silas dicampakkan ke

dalam penjara tanpa proses pengadilan di kota Filipi (Kis 16:37). Sebelumnya kedua rasul itu disesah di muka umum oleh para pembesar kota yang merasa sumber-sumber ekonomi mereka terganggu oleh pemberitaan Injil yang dilakukan Paulus dan Silas. Atas pesanan para pembesar kota mereka ditempatkan di ruang paling tengah penjara itu dan kaki mereka dipasung kuat dan dijaga ekstra ketat agar tidak melarikan diri (Kis 16:23-24).

Namun tengah malam, dari dalam penjara yang gelap dan dingin itu, dalam keadaan terpasung, Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan lagu puji-pujian kepada Allah. Tidak disebutkan apa isi doa kedua rasul itu. Mungkin saja Paulus meminta Allah membebaskan mereka dengan caraNya sendiri dari penjara itu. Namun menilik sikap Paulus yang sama sekali tidak mementingkan diri (Filipi 1:20-21) bisa saja dia tidak meminta pembebasan dirinya dan Silas, namun malah mendoakan jemaat-jemaat yang didirikannya dan kemajuan pemberitaan Injil.

Sebab walaupun secara fisik terbelenggu Paulus tidak pernah merasa jiwanya terbelenggu dan terpasung. Paulus sungguh-sungguh merasa telah dibebaskan dari belenggu yang paling kuat dan mematikan yaitu dosa dan kematian, sebab itu penjara dan belenggu apa pun lagi tidak lagi dirasakannya. Dia tetap merasa bebas. Satu lagi: Paulus memiliki keyakinan yang

sangat kuat bahwa tidak ada satu kekuatan apapun di dunia ini yang bisa memisahkan dirinya dari kasih Allah dalam Kristus Yesus (lihat Roma 8:31-38). Satu lagi: firman Allah tidak dapat terbelenggu (2 Tim 2:9).

Saat Paulus dan Silas berdoa dan bernyanyi terjadilah gempa bumi yang hebat yang merubuhkan tembok-tembok penjara itu sekaligus melepaskan belenggu yang memasung Paulus dan Silas.

Tidak melarikan diri Ketika kepala penjara itu terjaga

dari tidurnya dan melihat pintu-pintu penjara telah menganga, maka ia segera menyangka bahwa para tahanan itu telah melarikan diri. Sebab itu ia menghunus pedangnya hendak bunuh diri. Tetapi Paulus berseru dengan nyaring, “Jangan celakakan dirimu, sebab kami masih di sini” (Kis 16:28).

Paulus dan Silas tidak memakai kesempatan untuk melarikan diri dari penjara itu. Mujizat besar yang terjadi ternyata tetap membuat Paulus tenang berpikir dan bertindak, serta penuh penguasaan diri. Bahkan keesokan harinya para pembesar kota menyuruh kepala penjara melepaskan diam-diam mereka, Paulus dan Silas menolak. Sebagai warga negara Roma Paulus meminta agar haknya mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum.

Malam itu, penjara berubah menjadi gereja. Para tahanan mendengarkan pujian dengan saksama. Kuasa Tuhan pun dinyatakan. Bahkan, kepala penjara bertobat dan dibaptiskan.

Dalam kondisi babak belur, biasanya orang lebih suka meratap. Mengapa mereka memilih untuk memuji? Karena mereka sadar bahwa pujian mampu mengubah fokus hati. Saat memuji, mereka tidak lagi melihat besarnya suatu masalah, tetapi kehadiran Tuhan.

Dalam perjalanan hidup ini, kita bisa menghadapi situasi “terpenjara”. Masalah datang bertubi-tubi. Kita terjebak di dalamnya. Jalan keluar tampak sukar. Di saat seperti itu, janganlah berputus asa. Pujilah Tuhan! Biarkan pujian mengubah fokus hati kita, sehingga kita dapat melihat hadirnya Tuhan di dalam persoalan! n Ag/

Page 6: 02 Maret 2014

6

Rekaman kotbah MSTV dapat dipesan melalui Pustaka Rajawali dengan menghubungi 031 5451335 ext. 204 @GMStvwww.mstv.tv

Saksikan MSTV via mobile diiPhone/ iPad, Blackberry & Android:http://mstv.tv

03Mawar SharonSenior Pk.10.00 / ChapelPdm. Jacobus Utomo

Mawar SharonWomen *Pk.10.00 / GMS main hallPdt. Leonardo Sjiamsuri(Jakarta)

De Cafe *Pk.18.30 / GMS main hallPdt. Leonardo Sjiamsuri(Jakarta)

Prayer MeetingPk.19.00/ Auditorium MSCSPs. Philip Mantofa

senin

mar

et 04selasa

05rabu

06Tayangan Ulang Ibadah Minggu IGMS Pusat Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tv

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.10.00 / www.mstv.tv

Tayangan Ulang Ibadah Minggu II GMS Pusat Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tv

* live at MSTV

sekarang 8x dalam

sehari !

Page 7: 02 Maret 2014

7

06kamis

07jumat

08sabtu

09minggu

“Menjaga Keutuhan Rumah Tangga” Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tvPdt. Soekirno Tarjadi

“Tawar Hati” Pk. 02.00, 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 / www.mstv.tvPdt. Judy Koesmanto

Doa Malam *Pk.19.00 / GMS main hallPdt. Sumiati Supit

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.19.30 / www.mstv.tv

(Re-run) Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.15.00 / www.mstv.

Army of God Pelajar *Pk.16.00 / GMS main hall

Pro-M Revolution *Pk.19.00 / GMS main hall

Sunday Service *Pk.07.00 Pk.10.00 Pk.16.00 Pk.19.00 GMS main hall

Mitra DoaSeusai ibadah 1 s/d 4,Chapel

Army of God Pemuda *Pk.13.00 / GMS main hall

Perjamuan Kudusdi setiap ibadah

Before 30 Show “Miracles Edition” Pk.13.30 / www.mstv.tv

Page 8: 02 Maret 2014

8

GMS Revelation (Wiyung & Sukomanunggal)Doa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum + Anak 1 Pk. 07.00Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Jl. Raya Sukomanunggal Komplek Pertokoan Satellite Town Square Blok F/ No: 1-6, 22-26

GMS MadiunKeb. Umum I Pk.17.00Keb. Youth Pk.10.00Hotel Kartika Abadi lt. 1, Jl. Pahlawan 54Sekretariat:Jl. Hercules K-17, Bumi AntariksaTelp: 0351-466135

GMS SidoarjoKeb. Umum I + Anak Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak Pk. 10.00Keb. Umum III + Anak Pk. 16.00Voltage Pk. 16.00Keb. AOG Pk. 13.00Keb. Pro-M + Anak (Sabtu) Pk. 19.00Ibadah Pemulihan (Jumat) Pk.19.00Sebelah “HERO” Supermarket, KAV.A2 No. 27-32 Jl. Pahlawan Sda. Telp. 8946136, Fax: 8052650

GMS MalangKeb. Keluarga + ProM I Pk. 07.00 Keb. Anak I Pk. 07.00Keb. Keluarga + ProM II Pk. 10.00Keb. Anak II Pk. 10.00Keb. Pelajar + Pemuda Pk. 13.00Doa Malam (Rabu) Pk. 18.00Jl. Raya Dieng 19, MalangTelp. 0341-570539

GMS BD “Immanuel” PrigenKeb. Umum Pk. 10.00Bukit Doa Immanuel, Prigen (Tretes)

GMS JombangKeb. Umum I + Anak I Pk. 07.00Keb. Umum II + Anak II Pk. 17.00Keb. Pelajar & Pemuda Pk.10.00Keb. Pemulihan (Jumat) Pk. 18.30Keb. Pro-M (Sabtu) Pk. 18.00Sekretariat & tempat Ibadah:Kompleks Ruko Cempaka Mas C-8 Jl. Soekarno Hatta, telp.0321-854337CP: Andri (085854522223)

GMS Tulungagung (Revival)Doa Malam (Jumat) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk. 16.00Keb. Anak II Pk. 17.45Keb. Remaja Pk. 11.30Jl. KH. Agus Salim No.11 A-17, Pert. Belga, Tulungagung. telp.0355. 328873

GMS JemberKeb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II + Pro-M Pk. 10.00Keb. Umum III Pk. 17.00Keb. Youth Pk. 13.00Doa Malam (Jumat) Pk.19.00Jl. Trunojoyo 26, di pertokoan JBCEaglekids I Pk. 07.30Eaglekids II Pk. 17.00Jl. Trunojoyo 26, Jember. Sekretariat: Pertokoan JBC Ruko C2-C3Telp & Fax 0331-425153

GMS SurabayaKebaktian Umum I Pk. 07.00Kebaktian Umum II Pk. 10.00Kebaktian Umum III Pk. 16.00Kebaktian Umum IV Pk. 19.00Kebaktian Pemuda Pk. 13.00

Kebaktian Anak I Pk. 07.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak II Pk. 10.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)Kebaktian Anak III Pk. 16.00r.202 (All Stars), Auditorium MSCS 2(Supertrooper + Voltage)English Service(MSCS lt.1) Pk. 16.00 Kebaktian Anak IV Pk. 19.00r.202 (All Stars), convention hall (Supertrooper)

Keb. PelajarSabtu Pk. 16.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

Keb. Profesional MudaSabtu Pk. 19.00Kebaktian Anak (Sabtu) Pk. 19.00Jl. Cempaka 18i, Surabaya.

GMS Timur (Unity)Keb. Umum + Anak 1 Pk. 07.30Keb. Umum + Anak 2 Pk. 10.00Keb. Umum + Anak 3 Pk. 16.00Ruko Klampis Square blok A no. 22-23,Jl. Klampis Jaya Surabaya

GMS Selatan (House of Victory)* Sat. Jemursari, Pondok Tjandra, & RungkutKeb. Umum + Anak Pk. 07.00Sebelah Bank Mandiri,Jl. Jemursari 81

GEREJA MAWAR SHARONJl. Cempaka 24, Surabaya. E-mail: [email protected] TELP.: (031) 5451335 (HUNTING) FAX : (62-31) 5322452 Persembahan Anda untuk Gereja Mawar Sharon dan Bukit Doa Immanuel dapat ditransfer ke: No. Rek. A/C 010.049.700.0 BCA Veteran - Surabaya @gmschurch @GMSWarta gereja mawar sharon

Page 9: 02 Maret 2014

9

GMS YogyakartaIbadah Umum Pk. 10.00Keb. Doa Malam (Jumat) Pk.18.30Keb. Eaglekidz Pk. 10.30Keb. AOG Pk. 13.00Pacific Building lt. 3, Jl. Laksda Adisucipto 157telp.0274-555497, fax.0274-557904CP: Pdp. Arief Wicaksono (08562722328)

GMS Magelang (Amanat Agung) Keb. Umum I Pk. 07.00Keb. Umum II Pk. 17.00 Keb. Youth Pk. 11.00 Keb. Anak (Sabtu) Pk. 16.00Keb. Pro-m (Sabtu) Pk. 19.00Jl. Gatot Subroto 408CP:Irma (0857 24250982)Sekret: Jl. Gatot Subroto 36D/ETelp: 0293-5515771 Fax: 0293-313017

GMS Salatiga (Double K)Keb. Umum + Anak Pk. 08.00Keb. AOG Pk. 16.00Jl. Sukowati 62, SalatigaTelp/Fax (0298) 328124, CP: Paulus Eko (085727615597)

GMS Semarang (Tower of Victory) Keb. Umum + Anak I Pk. 08.00Keb. Umum + Anak II Pk. 17.00Keb. AOG Pk. 13.00Gereja Mawar Sharon “Tower of Victory” Menara Mas Building 3rd floorJl. Majapahit 198Telp. 024-6721318, fax. 024-6720283CP: Bevi (08995585032)

GMS Bandung (Double T) Keb. Umum + Pro-M Pk. 10.00Keb. Anak Pk. 10.30Keb. Youth Pk. 13.00Meeting Room Royal Palm lt.8Aston Tropicana Hotel BandungPremier Plaza, Jl. Cihampelas 125-120Bandung 40131Sek: Jl. Setrawangi Komp. Setrasari Mall A-6Telp: (022) 87775119

GMS Jakarta (Favour)Ibadah Umum I +Anak I Pk. 10.00-12.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk. 16.00-18.00Ibadah Youth Pk. 13.00-15.00Central Park Mall, Podomoro City, Gedung TRIBECA Lt. 1Jl. Let. Jend. S. Parman Kav.28, JakBar(Sebelah Mall Taman Anggrek)Telp: 021-56985786 / 87, Fax: 021-56985785

GMS SoloIbadah Umum I +Anak I Pk. 10.00Ibadah Umum II+ Anak II Pk.16.00Ibadah Youth Pk.13.00Hall lt. 2 Apotik Budi Sehat, Jl.S. Parman( Depan SD Kalam Kudus-Pasar Legi)Sekret: Jl. Adi Sucipto Ruko Manahan blok-B, Telp/ Fax: 0271-7655422CP :Hery Suwanto 085729869999Iwan Hartono +62817725770

GMS ManadoKeb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. AOG Pk. 14.00 WITAKeb. Umum II Pk. 18.00 WITAHotel Arya Duta lt. 6, ManadoSkrt: Jl. Diponegoro no.121, TelingTelp/Fax: 0431 – 863877Cp : Monalisa.B (0852-5581-4775)

GMS BitungKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.30 WITAJl. Samrat Pakadoodan Ling 3 (Sebelah Yebenlin)Telp: 0438 – 30903

GMS Tondano (HOR)Kebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian AOG Pk. 17.00 WITAJl. D.I. Panjaitan Ling 1, Taler (Depan Kantor Pos Tondano)Telp: 0431 – 324046

GMS KotamobaguKebaktian Umum + Anak Pk. 10.00 WITAKebaktian Youth (Sabtu) Pk. 17.00 WITAJl. Sutoyo no. 28, (Depan Apotik Kotamobagu)

GMS Banjarmasin (Marvelous)Keb. Umum (lt.3) Pk. 10.00 WITAKeb. Anak (lt.1) Pk. 10.30 WITAHotel “PALM”, Jl. S. Parman 189Sekret: Jl. Mahat Kasan 52, Simpang Gatot VICP: Yuliana (0511) 3262458

GMS Pekanbaru Keb. Umum (lt.1) Pk. 10.00 WIBKeb. Youth (lt.1) Pk. 13.30 WIBKeb. Anak (R. VIP A.B.C) Pk. 10.00 WIBdi Restoran Apollo, Jl. Ahmad Yani no.83Sekretariat sementara :Jln. Teuku Umar No. 20-22, Pekanbaru CP: Irawati Santoso (0852 7575 2670), Telp/ Fax: 0761-20019-20121/0761-854816

GMS Makassar (God’s Dwelling Place)Keb. Umum + Anak I Pk. 10.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAKeb. Umum 2 + Pro-M Pk. 17.00 WITAJl. Chairil Anwar 30D-F (samping harapan baru Jl. Botolempangan)Telp : 0411-3625749, Fax : 0411-3625751Cp: Neltje (082187924935)

GMS Palembang (Lighthouse) Ibadah Umum I + Anak I : Pk. 07.00 WIBIbadah Umum II + Anak II : Pk. 10.00 WIBIbadah Youth : Pk. 14.00 WIBKomp. Ruko Graha Maju MotorJl. Rasyid Nawawi No. 24-26FTelp (0711) 361425 / 366572CP : Santi (081312207900) Paul (081332212471)

GMS Pontianak (Glory of God)Keb. Umum I (lt.2) Pk. 10.00Keb. Umum II (lt.2) Pk. 18.00Keb. Anak (lt.3) Pk. 10.30Student Celebration Pk. 13.30Jl. A. Yani, Komplek A. Yani

Sentra Bisnis Blok C-12,Megamall, Pontianak. Sekre: lt.1, (0561- 760049)

GMS LampungKeb. Umum Pk. 10.00 WIBHotel Marcopolo, Ruang RestaurantJl. Dr. Susilo no. 4, LampungCP: Bp. Eddy Yanto - 085359785588

GMS Ambon (Restoration)Keb. Umum + Anak Pk. 09.00Keb. Youth Pk.13.00Hotel Swizbel, Jl. Benteng Kapaha, Sekretariat: Jl. Rijali no.26 (Belakang Soya, Samping Kredit Plus)Telp. 0911-314570Cp: Christian Loupatty (085254901242) 0911-3348839

GMS Saparua-MlkKeb. Umum Pk. 09.00 WITKeb. Pelajar Pk. 13.30 WITKeb. Anak Pk. 16.00 WITPorto Haria Saparua Cp: Steven Lasamahu (0852 4376 8324)

GMS Masohi (Mlk Tengah)Keb. Umum Pk. 09.30 WITKeb. Anak Pk. 16.00 WITKeb. Pemuda Pelajar Pk. 13.00 WITJl. Manusella, belakang kantor Kejaksaan Negeri MasohiTelp: 0914-21163CP: Pdp. Rudy Ritiauw 085243536620

GMS Medan (MY Home)Keb. PRO-M (Sabtu) Pk. 19.00Keb. Umum I + Anak Pk. 08.30Keb. Umum II + Anak Pk. 11.00Keb. Umum III + Anak Pk. 17.30Keb. Pemuda/ Pelajar Pk. 14.00Sun Plaza, lt. roof, Jl. H. Zainul Arifin 7, Telp. 061-4501295, fax. 061-4501296

GMS Samarinda (Grace) Keb. Youth (Sabtu) Pk. 17.00 WITACitraland BL 17, Jl. DI PanjaitanKeb. Umum Pk. 17.00 WITAR. Serbaguna “The Pavilion”(sebelah Pisa Cafe), Jl. Muso Salim 28Sekre.: Ruko Citraland BL 17, Jl. DI Panjaitan, Telp. 0541-7283438Cp: Brilli (081808822698)

GMS Balikpapan (Mercy)Keb. Umum I + Anak Pk. 10.00 WITAKeb. Umum II + Anak Pk. 17.00 WITAKeb. Youth Pk. 13.00 WITAJl. Mayjen Sutoyo RT. 44 no. 32 Gunung Malang (ex. gudang YOVA Lama) CP: Charles: 081545917777Telp:0542 - 425937, Fax: 0542-425938

GMS Denpasar-Bali (The Light) Keb. Umum + Anak Pk. 09.00 WITAKeb. Pro-M + Youth Pk. 17.00 WITADoa Malam (Jumat) Pk. 19.00 WITAJl. Teuku Umar Barat 275,Denpasar, Bali (Sebelum Depo Bangunan) Telp: 0361-8466437

Page 10: 02 Maret 2014

10

EG IS

“Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama daripada dirinya sendiri.” (Filipi 2:3).

Novel karya Sinclair Lewis, Main Street (Jalan Utama), bercerita tentang Carol, seorang wanita berpendidikan asal kota yang menikahi seorang dokter dari desa. Ia merasa lebih pintar daripada orang-orang yang hidup di lingkungan kota kecil yang kini

menjadi tempat tinggalnya. Namun respons suaminya terhadap sebuah krisis medis membuat Carol

menyadari keangkuhannya. Seorang petani imigran terluka parah pada tangannya dan

perlu diamputasi. Carol menyaksikan dengan kagum saat suaminya

mengucapkan kata-kata yang menghibur hati orang yang terluka itu dan istrinya yang kebingungan. Sikap si dokter yang hangat dan rela melayani itu menantang pola pikir Carol yang sombong.

Di setiap hubungan kita dengan sesama sebagai pengikut Yesus, kita bisa memilih untuk berpikir bahwa kita lebih unggul,

atau sebaliknya dengan rendah hati, kita bisa mengutamakan kepentingan

orang lain. Dalam Perjanjian Baru, Paulus

mendorong kita untuk “tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang

sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang

lain lebih utama daripada dirinya sendiri.” (Filipi 2:3). Hal ini penting agar selain kita bisa menjadi saluran berkat

Tuhan, tetapi juga agar tercipta kesatuan di antara orang percaya sehingga menjadi kesaksian yang baik di mata dunia.

Namun, ada dua hal yang dapat menghambat kesatuan ini, yaitu mencari kepentingan sendiri dan puji-pujian yang sia-sia. Untuk mengatasinya dibutuhkan sikap menganggap orang lain lebih utama daripada diri sendiri. Belajarlah melihat diri sendiri sebagai yang terakhir! Inilah cara kita menonjolkan kasih Kristus dan berbeda dengan dunia yang egois.

Kita dapat belajar untuk menganggap kebutuhan orang lain itu lebih penting daripada kebutuhan kita sendiri dengan cara memperhatikan teladan Yesus. Dia “Mengambil rupa seorang hamba” dan memberikan diriNya bagi kita (ayat 5-8). Saat kita gagal menghargai orang lain, pengorbananNya bagi kita menunjukkan bahwa kerendahan hati merupakan pilihan yang lebih baik. n Ag/

Page 11: 02 Maret 2014

11

GOTBABY!!

Kami menikah pa-da tanggal 23 Juli 2011. Seperti

pada umumnya sebuah pernikahan, kami juga menantikan berkat keturun-an. Namun hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan bahkan tak terasa tahun pun berganti, berkat itu belum datang.

Selama masa pe-nantian, kami tidak bosan-bosannya berdoa, dan memeriksakan diri ke be-berapa dokter kandungan di Jember dan Bondowoso.

Hasil beberapa kali pemeriksaan laboratorium menyatakan bahwa saya (pihak laki-laki) mengalami gangguan kesuburan, atau dalam bahasa me-disnya “Oligo astheno teratozoosperma”. Menurut

dokter, kemungkinan untuk mendapatkan keturunan dalam kondisi ini sangat kecil sekali.

Setelah 1 tahun lebih, segala usaha kami tidak me-nampakkan hasil. Akhirnya kami memutuskan untuk ber-serah kepada Tuhan, berhenti konsultasi ke dokter, dan ber-henti minum obat penyubur.

Dalam doa dan keja-dian apa pun, kami selalu memperkatakan kata-kata ber-kat dan kata-kata profetik buat kesuburan kami. Kami tidak membiarkan intimidasi iblis menggoyahkan iman kami.

Bukan kebetulan, pa-da bulan April 2013, saya menonton Before 30 di Global TV, dan mendengarkan khot-bah dari Pdt. Philip Mantofa.

Saat itu, Pdt. Phillip membagikan firman tentang ”Berkat Ke-turunan”. Di akhir khotbahnya beliau mengatakan bahwa saat itu juga sorga mengirimkan seribu bayi buat orang-orang yang merindukan keturunan. Ketika itu, saya mengimani bahwa itulah jawaban doa buat kami.

Pada bulan Juni 2013, Pdt. John Andrew Ng, Gembala GMS Jember, berkhotbah tentang percepatan waktu. Mendengar hal itu iman ka-mi terus meningkat untuk menantikan waktu Tuhan.

Akhirnya percepatan waktu itu tiba. Tepat tanggal 27 Agustus 2013, terjadi tanda-tanda kehamilan pada istri saya. Setelah dites, puji Tuhan hasilnya positif! Usia janin waktu itu sudah 5 minggu. Kami mengucap syukur kepada Tuhan dan menangis bahagia! Penantian kami di dalam iman sungguh tidak sia-sia.

Apa yang tidak mungkin bagi manusia tapi mungkin bagi Tuhan. Kehamilan itu bisa terjadi tanpa obat, tanpa proses inseminasi/bayi tabung tapi hanya melalui kuasa Tuhan. Puji Tuhan! n (Johan & Ike, jemaat GMS JEMBER).

Page 12: 02 Maret 2014