amar20.files.wordpress.com  · web viewcontoh : tanggal buku besar piutang usaha ... serta dibuat...

Click here to load reader

Post on 31-Mar-2019

229 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

APA ITU ZAHIR ACCOUNTING SOFTWARE

Perbedaan Pembuatan Laporan Keuangan Manual dengan Zahir Accounting Versi 6.1

.1 Secara Manual tanpa Zahir Accounting

a. Membuat Jurnal Double Entry

Dari transaksi-transaksi yang sudah ada, apakah itu penjualan, pembelian, dan lainnya harus dibuatkan transaksi jurnal double entry (debet kredit). Si pembuat jurnal transaksi harus mengetahui nomor rekening setiap transaksi, bila tidak dihafal maka melihat pada tabel. Misalkan penjualan jasa A, akan dicatat pada rekening nomor 41100, sebagai penjualan jasa A, kemudian dicatat pula pada rekening piutang usaha misalkan pada rekening 13100.

b. Mencatat Kartu Piutang dan Hutang Usaha

Setiap terjadi penjualan harus dicatat pada kartu piutang usaha, dan tiap terjadi pembelian juga dicatat pada kartu hutang. Tujuan pencatatan ini adalah mengetahui sisa hutang/piutang yang masih harus dibayar dan kapan waktu pembayarannya.

c. Menghitung penyusutan asset

Setiap harta atau asset perusahaan dicatat pada buku tersendiri. Setiap bulan akan dihitung beban penyusutan dan beban amortisasinya. Selanjutnya dibuat jurnal transaksi penyusutan.

d. Menyusun Buku Besar

Dari transaksi-transaksi jurnal yang telah dibuat, disusun dan dikelompokkan berdasarkan nomor rekeningnya masing-masing, ini disebut Buku Besar.

Contoh:

Tanggal Buku Besar

Piutang Usaha

1/1/2011 Penjualan PT ABCRp 1.500.000,-3/1/2011 Penjualan PT XYZRp 4.000.000,-5/1/2011 Penjualan PT XYZRp 2.350.000,-2/1/2011 Penjualan PT ABCRp 150.000,-

Total Piutang Usaha

Rp 9.500.000,-

e. Membuat Worksheet atau Neraca Lajur

Total nilai per masing-masing buku besar seluruh rekening yang ada dikumpulkan dalam worksheet. Kemudian disusun pada kolom-kolom apakah pada posisi debet atau kredit, dicari saldo awalnya dan dihitung saldo akhirnya.

f. Menyusun Laporan Necara dan Laba Rugi

Dari Worksheet atau neraca lajur tersebut dapat disusun neraca percobaan, atau langsung dibuat laporan neraca dan laporan laba rugi. Laporan neraca dan laba rugi ditampilkan dalam bentuk yang terstruktur sesuai klasifikasi per masing-masing rekening.

g. Menyusun Laporan Aliran Kas

Pembuatan laporan aliran kas jauh lebih rumit daripada laporan Neraca dan Laba Rugi. Dimana harus diketahui necara bulan sebelumnya, menghitung perubahaannya, menghitung nilai penyusutan dan menyusunnya menjadi laporan sesuai aturan akuntansi yang berlaku.

h. Membuat analisa rasio dan grafik-grafik

Dari laporan keuangan yang sudah dibuat dapat dihitung rasio-rasio bisnis berdasarkan formula-formula yang baku. Serta dibuat pula dalam format grafik untuk memudahkan manajemen dalam menganalisa kinerja perusahaan.

1.2 Menggunakan Zahir Accounting

a. Input transaksi pada fasilitas yang disediakan.

b. Klik Laporan untuk menampilkan seluruh laporan keuangan dan klik Analisa Bisnis untuk menampilkan grafik dan analisa keuangan.

Seluruh proses pembuatan jurnal double entry, pencatatan kartu hutang dan piutang usaha, mencatat pemakaian barang dan menghitung harga pokok barang, serta perhitungan penyusutan dan pembuatan laporan, grafik dan analisa keuangan dilakukan secara otomatis. Seluruh data yang telah diisi akan disimpan dan dapat digunakan kembali pada transaksi - transaksi yang lain.

Seperti data pelanggan dan pemasok, cukup dibuat satu kali selanjutnya tinggal digunakan. Dengan cara ini histori transaksi pelanggan dan pemasok dapat dianalisa dengan baik. Bahkan ada fasilitas rekam ulang untuk merekam transaksi berulang, yang berguna untuk menginput transaksi secara otomatis untuk transaksi yang pernah terjadi sebelumnya. (opsi ini ada pada edisi tertentu dan dapat ditambahkan bila perlu).

1.3 Pengenalan Zahir Accounting Versi 6.1

Zahir Accounting dirancang untuk dapat digunakan meskipun Anda tidak mendalami teori akuntansi, namun akan lebih baik jika Anda mempelajari prinsip-prinsip dasar ini dengan baik. Dengan menguasai teori akuntansi dengan baik Anda dapat memanfaatkan laporan-laporan yang dihasilkan oleh Zahir Accounting untuk mengambil keputusan bisnis dengan lebih tepat.

Dalam sistem pencatatan akuntansi manual, setiap jurnal transaksi dibuat ke dalam bentuk jurnal umum berdasarkan formulir transaksi (seperti faktur penjualan). Dalam Zahir Accounting Anda akan lebih banyak bekerja dengan mengisi formulir transaksi seperti keadaan sebenarnya, tanpa perlu mengetahui cara membuat jurnalnya.

Setiap kali Anda membuat jurnal transaksi dengan mengisi formulir transaksi, program akan membuatkan jurnal umumnya secara otomatis. Jurnal yang dibuat secara otomatis tersebut dapat berjumlah lebih dari satu, misalnya jurnal penjualan kredit akan dibuatkan tiga jurnal yaitu jurnal penjualan, jurnal pembayaran uang muka dan jurnal pencadangan penghapusan piutang, demikian juga untuk jurnal-jurnal lainnya.

Dengan desain program dan struktur data yang sistematis, tetap stabil walaupun volume transaksi sangat tinggi, ditunjang fasilitas maintenance data yang akurat, feature yang ada di Zahir Accounting terbilang sangat lengkap dan professional.

1.4 Fasilitas Zahir Accounting Versi 6.1

Dalam aplikasi Zahir Accounting terdapat perbedaan antara fasilitas Menu Aplikasi dan Modul Aplikasi

1. Fasilitas Menu

a. Klik menu File jika ingin membuat data keuangan baru, atau kembali ke menu utama,

membackup data, menjalankan alat bantu, membuat password dan hak akses, dan

lain sebagainya.

b. Melalui menu Setting Anda dapat mensetup klasifikasi rekening perkiraan, mengisi

saldo awal rekening perkiraan, mengisi saldo awal piutang dan hutang usaha,

saldo awal persediaan, mengatur bahasa, mengatur konfigurasi Point of Sales, dan

mengatur konfigurasi program (Application Setting).

c. Melalui menu Tutup Buku ini Anda dapat melakukan proses Tutup Buku Akhir Bulan dan Tutup Buku Akhir Tahun.

d. Melalui menu Window Anda dapat menutup semua jendela/form yang terbuka. Menampilkan/Menyembunyikan Panel Samping.

e. Anda dapat menampilkan panduan penggunaan program, video training, mendownload update terbaru, mengirim email kritik, saran dan pertanyaan kepada pihak PT. Zahir Internasional dan melakukan registrasi program pada menu Petunjuk.

2. Fasilitas Modul

a. Dashboard

Modul Dashboard bisa digunakan untuk melihat tampilan grafik diantaranya neraca / laba rugi, analisa rasio keuangan dan bisa melihat juga reminder piutang / hutang yang sudah jatuh tempo

b. Data Data

Modul Data data ini digunakan untuk membuat data master disuatu data kerja di Zahir Accounting.

c. Buku Besar

Modul Buku besar ini digunakan untuk melakukan transaksi jurnal umum, membuat daftar akun, membuka buku besar per akun.

Jurnal Umum : untuk menginput transaksi keuangan yang tidak memiliki jurnal tersendiri, seperti transaksi adjusting.

d. Modul Penjualan

Beberapa fasilitas yang ada di Modul Penjualan :

Jurnal Penjualan : untuk menginput transaksi penjualan yang terjadi, baik transaksi dengan pembayaran kredit maupun tunai.

Jurnal Pembayaran Piutang Usaha : untuk menginput transaksi pemasukan kas yang berasal dari pembayaran piutang usaha dari pelanggan.

Jurnal Pengembalian Kelebihan Pembayaran Piutang Usaha : untuk menginput transaksi pengembalian kelebihan pembayaran piutang usaha.

Jurnal Penghapusan Piutang Usaha : digunakan untuk membuat jurnal penghapusan piutang usaha yang tidak tertagih, barang kembali (return) atau atas terjadinya pembatalan pesanan

Catatan :

Jangan menginput transaksi penjualan pada modul lain, seperti di kas masuk atau jurnal umum walaupun jurnalnya tidak masalah, namun laporan penjualan dan kartu piutang usaha tidak akan terbentuk.

Jangan menginput transaksi pembayaran piutang pada modul lain, seperti di kas masuk atau jurnal umum walaupun jurnalnya tidak masalah, namun laporan yang ada pada bagian piutang usaha tidak akan terbentuk.

e. Modul Pembelian

Beberapa fasilitas yang ada di Modul Pembelian :

Jurnal Pembelian : untuk menginput transaksi pembelian yang terjadi, baik transaksi dengan pembayaran kredit maupun tunai.

Jurnal Pembayaran Hutang Usaha : untuk menginput transaksi pengeluaran kas yang digunakan untuk membayar hutang usaha kepada supplier.

Jurnal Penerimaan Kelebihan Pembayaran Hutang Usaha : untuk menginput transaksi penerimaan kelebihan pembayaran hutang usaha yang telah dibayarkan kepada supplier.

Jurnal Penghapusan Hutang Usaha : digunakan untuk membuat jurnal penghapusan hutang usaha atas terjadinya pembatalan pesanan atau barang kembali (return).

Catatan :

1. Jangan menginput transaksi pembelian pada modul lain, seperti di kas masuk atau jurnal umum walaupun jurnalnya tidak masalah, namun laporan pembelian dan kartu hutang usaha tidak akan terbentuk.

2. Jangan menginput transaksi pembayaran hutang pada modul lain, seperti di kas masuk atau jurnal umum walaupun jurnalnya tidak masalah, namun laporan yang ada pada bagian hutang usaha tidak akan terbentuk.

f. Modul Kas dan Bank

Modul ini digunakan untuk mencatat segala transaksi yang terjadi akibat dari kegiatan operasional perusahaan.

Beberapa fasilitas yang ada di Modul Kas & Bank :

Transfer Kas : Digunakan untuk melakukan pemindahbukuan saldo dari kas ke bank atau sebaliknya

Kas Masuk : Digunakan untuk mencatat kelebihan uang akibat dari pengeluaran operasional. Atau untuk mencatat pengembalian pinjaman karyawan. Selain itu, modul ini dapat digunakan untuk mencatat penerimaan modal pemilik usaha

Kas Keluar : Digunakan untuk mencatat pengeluaran uang untuk kegiatan operasional seperti; biaya listrik, parkir, pinjaman karyawan dll

Rekonsiliasi Bank : Digunakan untuk mencocokkan saldo antara pencatatan pada buku perusahaan (data di komputer) dengan buku bank.

g. Persediaan

Persediaan digunakan untuk mengelola persediaan sebagai aktiva perusahaan, dimodul ini dapat dibuat data barang, barang keluar diluar penjualan, pembuatan proses produksi, stock opname dan penentuan harga jual.

Beberapa fasilitas yang ada di Modul Persediaan :

Jurnal Penyesuaian Persediaan : untuk menginput transaksi penyesuaian persediaan, seperti penggunaan bahan baku menjadi harga pokok penjualan, dll (khusus edisi standar).

Jurnal Pemindahan Barang : untuk menginput transaksi proses produksi, seperti proses bahan baku menjadi barang setengah jadi atau dari bahan baku menjadi barang jadi.

Stock Opname : digunakan untuk mencocokkan saldo barang antara buku perusahaan (data di komputer) dengan fisik barang yang ada ditempat penyimpanan/gudang.

Penentuan Harga Jual : digunakan untuk menentukan harga jual barang. Pada fasilitas ini terdapat opsi perhitungan harga jual secara otomatis.

Proses persediaan ini juga berkaitan dengan penerimaan barang yang ada dimodul pembelian dan pengiriman barang yang ada dimodul penjualan, setiap ada penjualan yang akan menyebabkan barang keluar secara otomatis Zahir Accounting akan membentuk jurnal penyesuaian persediaan dengan berdasarkan metode yang digunakan

h. Laporan

Modul ini digunakan untuk melihat semua laporan hasil penginputan di modul modul sebelumnya. Laporan di Zahir Accounting tersedia dalam ratusan bentuk, tidak hanya laporan keuangan yang utama tetapi juga laporan yang berhubungan dengan manajemen, terutama laporan grafik, analisa rasio dan laporan lainnya.

h. Search

Fasilitas ini berguna untuk tracking atau pencarian data yang diketik. Berikutnya software akan melakukan pencarian kepada seluruh database data kerja dari mulai data master sampai ke transaksi.

Contoh Kasus Perusahaan Dagang

PT. Sumber Rejeki berdiri pada tanggal 1 Januari 2017 dan bergerak di penjualan barang-barang elektronik.

PT. Sumber Rejeki

NERACA

1 Januari 2017

Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas

3,500,000

Hutang Dagang

16,875,000

Bank

25,500,000

Hutang Gaji

2,115,000

Piutang Dagang

4,550,000

Total Hutang Lancar

18,990,000

Persediaan Barang Dagang

13,815,000

Hutang Jangka Panjang

Asuransi Dibayar Dimuka

2,300,000

Hutang Bank

81,375,000

Total Aktiva Lancar

49,665,000

Total Hutang Jangka Panjang

81,375,000

Aktiva Tetap

Total Hutang

100,365,000

Kendaraan

125,000,000

Modal

Akum Peny Kendaraan

(12,500,000)

Modal Disetor

35,500,000

Total Aktiva Tetap

112,500,000

Laba Ditahan

26,300,000

Total Modal

61,800,000

Total Aktiva

162,165,000

Total Hutang dan Modal

162,165,000

Saldo Piutang :

Nama Pelanggan

No Inv

Tgl Inv

Jumlah Rp

PT. Megantara

INV-01

1. Des. 2016

1,250,000

PT. Unggul Utama

INV-02

11. Nov.. 2016

2,450,000

CV. Cipta Kreasi

INV-03

25. Nov..2016

850,000

Total Piutang

4,550,000

Saldo Hutang :

Nama Supplier

No Inv

Tgl Inv

Jumlah Rp

PT. Sinar Elektro

INV-01

4. Des. 2016

10,000,000

CV. Riung Jaya

INV-02

05. Nov..2016

6,025,000

CV. Cipta Jaya

INV-03

25 Nov..2016

850,000

Total Hutang

16,875,000

Saldo Persediaan :

Kode

Nama Barang

Satuan

HPP

Jumlah

Total

B01

Kipas Angin

Unit

75,000

5

375,000

B02

Rice Cooker

Unit

125,000

2

250,000

B03

Radio FM/AM

Unit

35,000

7

245,000

B04

TV 20"

Unit

825,000

4

3,300,000

B05

TV 14"

Unit

315,000

8

2,520,000

B06

Mesin Cuci

Unit

375,000

4

1,500,000

B07

Kulkas

Unit

1,125,000

5

5,625,000

Total Persediaan

13,815,000

Selama bulan Januari 2017 telah terjadi beberapa transaksi yang dinyatakan dalam buku transaksi berikut :

1. Biaya Operasional - Promosi & Iklan

Total Pajak Rp57.025

Total Setelah Pajak Rp627.275

Uang Muka Rp100.000

Piutamg Dagang Rp527.275

No cek : CD000001

PT. Sumber Rejeki Tanggal : 4 Januari 2017

BUKTI KAS KELUAR

Dibayar kepada : CV. Tri Megah

Alamat : Jl. Kemang Raya No. 23 Kebayoran Baru-Jakarta Selatan

(021) 7197667

Jumlah : Rp 250.000

Keterangan : Pembayaran pemasangan iklan diradio melalui Kas

Dibayarkan Disetujui Dibukukan Diterima

..................... .................... ................. ................

Pembayaran Piutang Sebagian

Biaya Pengantaran 100.000

Total Pajak 0

Total Setelah Pajak 2.365.000

No : CD000001

PT. Sumber Rejeki Tanggal : 5 Januari 2017

INVOICE

Diterima dari : PT. Megantara

Alamat : Jl. Kemuning No. 12 Pamulang-Tangerang Selatan

Jumlah : Rp. 750.000,-

Keterangan : Pembayaran fakur INV-001 tertanggal 1-Des-2016, melalui Kas

Diterima oleh : Diketahui oleh : Dibukukan oleh : Dibayar oleh :

..................... ....................... ........................... ....................

3. Sales Order

Tunai/ No. Warkat Jumlah Valas Kurs Jumlah Rupiah

1.280.000 1.280.000

PT. Sumber Rejeki SALES ORDER

Customer :

PT. Bayu Segara

Jl. Surabaya No. 77 Pasar Minggu-Jakarta Selatan

No. SO : SO000001

Tanggal : 6 Januari 2017

Marketing : Rina

No. Barang

Deskripsi Barang

Di order

Harga

Total

VAT

B03

Radio FM/AM

1

Rp75.250,00

Rp75.250,00

10%

B05

TV 14"

1

Rp495.000,00

Rp495.000,00

10%

Note :.......................................................................................

....................................................................................

Marketing Manajer Marketing

................... ..................................

4. Penjualan kredit dengan uang muka

Biaya

Komisi

Jumlah yang dikredit

Diisi oleh

Bank

PT. Sumber Rejeki No. Faktur : 00000001

Tangal : 7 Januari 2017

Termin : 2/10, n/30

Customer :

PT. Bayu Segara

Jl. Surabaya No. 77 Pasar Minggu-Jakarta Selatan

No. SO : SO000001

Tanggal : 7 Januari 2017

Marketing : Rina

FAKTUR PENJUALAN

No. Barang

Deskripsi Barang

Di kirim

Harga

Total

VAT

B03

Radio FM/AM

1

Rp75.250,00

Rp75.250,00

10%

B05

TV 14"

1

Rp495.000,00

Rp495.000,00

10%

Note : Sebelumnya sudah memesan dengan nomor pemesanan SO000001 diterima 6 Januari 2016

....................................................................................

Marketing Manajer Marketing

................... ..................................

5. Pembelian kredit dengan biaya pengiriman

PT. Sumber Rezeki No. Invoice : 00000001

Tangal : 11 Januari 2017

Termin : 2/10, n/30

Suplier :

PT. Lancar Jaya

No. :

Tanggal :

Marketing :

INVOICE

No. Barang

Deskripsi Barang

Di kirim

Harga

Total

VAT

B01

Kipas Angin

10

73.000

730.000

-

B02

Rice Cooker

10

121.000

1.210.000

-

B03

Radio FM/AM

5

65.000

325.000

-

Note : ....................................................................................

....................................................................................

Marketing Manajer Marketing

................... ..................................

6. Biaya Operasional - Kebersihan & keamanan

No cek : CD000002

PT. Sumber Rejeki Tanggal : 12 Januari 2017

BUKTI KAS KELUAR

Dibayar kepada : Ketua Lingkungan

Alamat :

Jumlah : Rp 51.000

Keterangan : Pembayaran iuran kebersihan dan keamanan menggunakan kas

Dibayarkan Disetujui Dibukukan Diterima

..................... .................... ................. ................

7. Pembayaran Hutang dengan discount tambahan

INVOICE

CV. RIUNG JAYA No : CD000003

Tanggal : 14 Januari 2017

Diterima dari : PT. Sumber Rejeki

Alamat :

Keterangan : Pembayaran atas faktur INV-02, dibayar melalui bank

No. Faktur

Tanggal

Saldo

Disc.

Jumlah Dibayar

INV-02

05. Nov..2016

6,025,000

275.000

1.250.000

Sub Total

1.250.000

Biaya Lainnya

0

Total

1.250.000

CV. Riung Jaya PT. Sumber Rejeki

........................... ...................................

8. Penjualan tunai

PT. Sumber Rejeki No. Faktur : 00000002

Tangal : 20 Januari 2017

Termin : Tunai

Customer :

UD. Rahayu

Jl. Cipto No. 17 Cakung-Jakarta Timur

No. SO :

Tanggal :

Marketing : Budi

FAKTUR PENJUALAN

No. Barang

Deskripsi Barang

Di kirim

Harga

Total

VAT

B01

Kipas Angin

2

135.000

270.000

10%

B03

Radio FM/AM

4

75.250

301.000

10%

B06

Mesin Cuci

1

618.250

618.250

10%

B05

TV 14"

3

495.000

1.485.000

10%

Note : .....................................................................................

.....................................................................................

Marketing Manajer Marketing

................... ..................................

9. Pembayaran Hutang dengan Giro Mundur

Tanggal 21 Januari 2017, dibayar hutang kepada PT. Sinar Elektro sebesar Rp. 4.725.000,- melalui giro dengan nomor giro BG000011 yang jatuh tempo tanggal 28 Januari 2017

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Pembelian > Pembayaran Hutang Usaha

Jurnal transaksi baru akan terbentuk pada saat terjadi pencairan giro

10. Transfer kas ke bank

Bank ABC

BUKTI SETOR

Validasi :19478649 8689868790 12257 548898 Tanggal : 25 Januari 2017

Jenis Rekening : Tahapan Tapres Giro Lainnya

No. Rekening/Customer : 7520177887

Nama Pemilik Rekening : PT. Sumber Rejeki

Keterangan : Transfer kas ke bank

Nama Penyetor : Yunita

Alamat Penyetor : Kemang

Informasi Penyetor :

Teller Penyetor

11. Pencairan Giro Giro Keluar

Tanggal 28 Januari 2017 ditemukan pencarian giro untuk pembayaran hutang akibat dari transaksi yang terjadi pada tanggal 21 Januari 2017

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Kas & Bank > Daftar Giro Keluar.

Pilih pada nomor giro yang dimaksud, kemudian tekan Giro Cair

12. Penyesuaian barang rusak di gudang

Tanggal 29 Januari 2017, ditemukan 1 unit TV 20 dalam keadaan rusak. Dialokasikan biayanya ke Kerusakan dan Kegagalan Material

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Persediaan > Pemakaian/Penyesuaian Barang

PENYELESAIAN CONTOH KASUS PERUSAHAAN DAGANG

Nama Perusahaan

: PT Sumber Rezeki adalah unit dagang yang telah berjalan

Alamat

: Jl. Kemang Selatan 1C No. 20 Jakarta selatan

Kode pos

: 12345

Jenis Usaha

: Perdagangan Umum

Berdiri

: 1 Januari 2016

Menggunakan Zahir: 1 Januari 2017

Periode Akuntansi: Januari Desember 2017

2. Membuat Data Baru

Keterangan :

Help

Penduan Penggunaan (Online Help) : Untuk menampilkan panduan penggunaan program

Bantuan Jarak Jauh (Remote Acces Support) : Mendapat bantuan online langsung dari team support PT. Zahir Internasional. Fasilitas ini dapat berfungsi jika terdapat koneksi internet pada komputer Anda

Register : Untuk melakukan registrasi program

Menu Utama

Buka Data Sebelumnya (Open previous data) : Klik tombol ini untuk membuka data keuangan yang terakhir kali pernah Anda buka.

Membuat Data Baru (Create new data) : Untuk membuat data keuangan baru

Buka Data (Open data) : untuk membuka data keuangan yang pernah Anda buat sebelumnya. File data keuangan di Zahir Accounting akan selalu menggunakan format *.gdb atau *.fdb.

Buka File Backup (Open backup file) : untuk membuka file backup yang sebelumnya pernah dibuat melalui fasilitas backup. File backup menggunakan format *.gbk

Keluar (Exit) : Keluar dari program (mengakhiri aplikasi Zahir Accounting)

Ini merupakan tampilan awal Zahir Accounting Software, untuk menggunakan Zahir Accounting Software kita harus membuat data perusahaan terlebih dahulu seperti contoh kasus yang telah disediakan, dengan cara :

Klik Membuat Data Baru

Masukkan nama informasi perusahaan seperti yang tertera pada contoh kasus

Klik lanjutkan

3. Periode akuntansi

Sesuaikan periode akuntansi dimulai pada bulan Januari dan tutup buku bulan Desember seperti pada contoh kasus di atas

Klik Lanjutkan

4. Konfirmasi Akhir

Ini merupakan konfirmasi akhir dari informasi perusahaan, jika sudah sesuai, maka klik Proses

5. Jenis Usaha

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk menentukan bidang usaha agar program Zahir Accounting secara otomatis akan membuat daftar rekening yang sesuai dengan bidang usaha Anda.

Tentukan jenis usaha (perdagangan umum)

Klik Lanjutkan

6. Mata Uang Fungsional

Pada saat proses pembuatan data baru selesai, Anda akan diminta untuk menentukan Mata Uang yang berlaku di negara Anda atau mata uang yang akan Anda jadikan sebagai mata uang baku untuk data keuangan ini.

Pilih mata uang yang akan digunakan (klik tanda mouse)

Klik Lanjutkan

7. Membuat Data Baru Selesai

Semua data perusahaan telah berhasil terinput, klik Selesai

PT. Sumber Rejeki

NERACA

1 Januari 2017

Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas

3,500,000

Hutang Dagang

16,875,000

Bank

25,500,000

Hutang Gaji

2,115,000

Piutang Dagang

4,550,000

Total Hutang Lancar

18,990,000

Persediaan Barang Dagang

13,815,000

Hutang Jangka Panjang

Asuransi Dibayar Dimuka

2,300,000

Hutang Bank

81,375,000

Total Aktiva Lancar

49,665,000

Total Hutang Jangka Panjang

81,375,000

Aktiva Tetap

Total Hutang

100,365,000

Kendaraan

125,000,000

Modal

Akum Peny Kendaraan

(12,500,000)

Modal Disetor

35,500,000

Total Aktiva Tetap

112,500,000

Laba Ditahan

26,300,000

Total Modal

61,800,000

Total Aktiva

162,165,000

Total Hutang dan Modal

162,165,000

8. Setelah data perusahaan telah di input ke dalam Zahir Accounting Software, maka langkah berikutnya adalah input saldo awal akun, akan tetapi kita harus sesuaikan kode akun terlebih dahulu. Kode akun yang disesuaikan adalah :

Piutang usaha => Piutang dagang

Persediaan 1

=> Persediaan barang dagang

Hutang usaha

=> Hutang dagang

Penjualan produk 1 => Penjualan barang dagang

Biaya 1

=> HPP

Langkah langkahnya sebagai berikut :

Klik modul data-data

Klik data rekening

Pilih kode akun yang akan disesuaikan

Klik kanan pilih edit

3. Klik rekam

9. Setelah nama akun telah disesuaikan, maka kita bisa langsung input saldo awal akun

4. Klik menu setting

5. Klik saldo awal

6. Klik saldo awal akun

Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas, lalu selanjutnya input saldonya sesuai dengan nama akunnya. Jika telah semua terinput, pastikan nilai historical balancing dan nilai sebesar adalah Rp. 0, jika tidak Rp. 0 maka penginputan saldo awal akun masih belum tepat dan silahkan dikoreksi kembali

Jika sudah selesai klik rekam

Saldo Piutang :

Nama Pelanggan

No Inv

Tgl Inv

Jumlah Rp

PT. Megantara

INV-01

01/12/15

1,250,000

PT. Unggul Utama

INV-02

01/11/15

2,450,000

CV. Cipta Kreasi

INV-03

25/11/15

850,000

Total Piutang

4,550,000

10. Membuat data nama alamat untuk customer

Pada proses selanjutnya adalah input saldo awal piutang usaha, akan tetapi sebelum itu kita harus membuat data customer terlebih dahulu, langkah-langkahnya adalah :

Klik data-data

Klik nama alamat

Klik baru

Input ID

Input nama perusahaan

Type Customer

Klik rekam

11. Input Saldo Awal Piutang Usaha

Setelah nama customer telah kita buat, maka selanjutnya kita bisa langsung input saldo awal piutang usaha dengan cara :

Klik menu setting

Klik saldo awal

Klik saldo awal piutang usaha

Klik baru

Input nama pelanggan (klik tanda mouse disebelah kanan)

Sesuaikan tanggal

Input no invoice

Input nilai piutang

Klik rekam

Lanjutkan hingga semua saldo awal piutang

Saldo Hutang :

Nama Supplier

No Inv

Tgl Inv

Jumlah Rp

PT. Sinar Elektro

INV-01

04/12/15

10,000,000

CV. Riung Jaya

INV-02

05/11/15

6,025,000

CV. Cipta Jaya

INV-03

25/11/15

850,000

Total Hutang

16,875,000

12. Membuat data nama alamat untuk vendor

Berikut ini adalah cara membuat data untuk nama vendor, hal ini perlu dilakukan sebelum kita input saldo awal hutang usaha.

Klik data-data

Klik nama alamat

Klik baru

Input ID

Input nama perusahaan

Type Vendor

Klik rekam

Input Saldo Awal Hutang Usaha

Klik menu setting

Klik saldo awal

Klik saldo awal hutang usaha

Selanjutnya akan muncul lembar kerja untuk menginput saldo awal hutang,

Klik baru

Input nama pemasok (klik tanda mouse disebelah kanan)

Sesuaikan tanggal

Input no invoice

Input nilai hutang

Klik rekam

Lanjutkan hingga semua saldo awal hutang

Saldo Persediaan :

Kode

Nama Barang

Satuan

HPP

Jumlah

Total

B01

Kipas Angin

Unit

75,000

5

375,000

B02

Rice Cooker

Unit

125,000

2

250,000

B03

Radio FM/AM

Unit

35,000

7

245,000

B04

TV 20"

Unit

825,000

4

3,300,000

B05

TV 14"

Unit

315,000

8

2,520,000

B06

Mesin Cuci

Unit

375,000

4

1,500,000

B07

Kulkas

Unit

1,125,000

5

5,625,000

Total Persediaan

13,815,000

Sebelum menginput saldo awal persediaan, ada beberapa hal yang harus di persiapkan yaitu membuat satuan pengukuran untuk produk produk yang akan kita perjual-belikan. Langkah-langkahnya adalah :

Klik modul data-data

Klik satuan pengukuran

Klik baru

Input satuan yang akan kita buat

Klik rekam

Selanjutnya kita akan mengelompokan dari jenis-jenis produk yang akan UD. Sumber Rejeki perjual-belikan. Langkah-langkahnya adalah :

Klik modul data-data

Klik kelompok produk

Klik baru

Tentukan kelompok barangnya (Barang Elektronik)

Tentukan sifat persediaan dan sistem persediaan

Klik rekam

Membuat data produk

Klik modul data-data

Klik data produk

Klik baru

Input kode barang

Input deskripsi atau nama produk

Tentukan satuan dasarnya

Tentukan kelompok barangnya (klik tanda mouse)

Klik rekam

Lanjutkan hingga semua data produk terinput

Jika data produk telah selesai di input, maka kita bisa langsung untuk menginput saldo awal persediaan. Langkah-langkahnya adalah :

Klik menu setting

Klik saldo awal

Klik saldo awal persediaan

Klik baru

Tentukan kode barang atau nama produknya

Input stock awal

Input harga pokok satuan

Klik rekam

Lanjutkan hingga semua saldo awal persediaan terinput

Selama bulan Januari 2017 telah terjadi beberapa transaksi yang dinyatakan dalam buku transaksi berikut :

Biaya Operasional - Promosi & Iklan

Tanggal 4 Januari 2017, dibayar pemasangan iklan radio sebesar Rp. 250.000,- kepada CV. Tri Megah secara tunai melalui Kas.

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Kas & Bank > Kas Keluar

Input Transaksi Biaya Operasional (promosi dan iklan)

Klik kas dan bank

Kas keluar

Masukkan nama vendor, jika belum ada bisa langsung dibuat baru

Sesuaikan tanggalnya

Input kode akun dengan cara double klik kode, pilih akunnya

Input nilainya

Klik rekam

Pembayaran Piutang Sebagian

Tanggal 5 Januari 2017, diterima pembayaran dari PT. Megantara atas piutang yang lalu sebesar Rp. 750.000,- secara tunai melalui Kas

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Penjualan > Pembayaran Piutang

Input Transaksi Pembayaran Piutang Sebagian

3. Klik modul Penjualan

4. Klik pembayaran piutang usaha

5. Tentukan akun kas

6. Input nama perusahaan

7. Sesuaikan tanggal transaksi

8. Input no invoice (double klik no invoice)

9. Input jumlah dibayar

10. Klik di Sebesar

11. Klik rekam

Sales Order

Pada tanggal 6 Januari 2017 diterbitkan SO dari PT. Bayu Segara dengan rincian sebagai berikut :

Kode Barang

Nama Barang

Jumlah Satuan

(Unit)

Harga Satuan

(Rp)

Harga Total

(Rp)

B03

Radio FM/AM

1

75.250

75.250

B05

TV 14"

1

495.000

495

Penjualan kredit dengan uang muka

Tanggal 7 Januari 2017, dijual secara kredit kepada PT. Bayu Segara sekaligus dilakukan pembayaran uang muka sebesar Rp. 100.000, dengan rincian sebagai berikut :

Kode Barang

Nama Barang

Jumlah Satuan

(Unit)

Harga Satuan

(Rp)

Harga Total

(Rp)

B03

Radio FM/AM

1

75.250

75.250

B05

TV 14"

1

495.000

495

Pada saat barang diterima, sekaligus Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Penjualan > Input Penjualan

Input Transaksi Penjualan Kredit dengan Uang Muka

Klik modul penjualan

Klik input uang muka penjualan nya terlebih dahulu

Klik pengiriman barang

Input nama pelanggan (klik tanda mouse disebelahnya)

Sesuaikan tanggal transaksi

Input nama barang (doble klik no barang)

Input jumlah dan harganya

Input nilai uang muka di kolom uang muka

Klik rekam

Pembelian kredit dengan biaya pengiriman

Tanggal 11 Januari 2017, dibeli secara kredit sejumlah barang elektronik dari PT. Lancar Jaya dengan rincian sebagai berikut :

Kode Barang

Nama Barang

Jumlah Satuan

(Unit)

Harga Satuan

(Rp)

Harga Total

(Rp)

B01

Kipas Angin

10

73.000

730.000

B02

Rice Cooker

10

121.000

1.210.000

B03

Radio FM/AM

5

65.000

325.000

Atas pengiriman barang tersebut, perusahaan dibebankan biaya kirim sebesar Rp. 100.000,-

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Pembelian> Input Pembelian

Input Transaksi Pembelian Secara Kredit dengan Dikenakan Biaya Kirim

Klik modul pembelian

Klik penerimaan barang

Input nama pemasok

Sesuaikan tanggal transaksi

Input nama barang (double klik no barang)

Input jumlah dan harganya

Input biaya pengiriman (biaya lain-lain)

Klik rekam

Biaya Operasional - Kebersihan & keamanan

Tanggal 12 Januari 2017, dibayar secara tunai melalui kas sebesar Rp. 51.000,- untuk biaya kebersihan dan keamanan.

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Kas & Bank > Kas Keluar

Input Transaksi Biaya Operasional (kebersihan dan keamanan)

Klik kas dan bank

Klik kas keluar

Tentukan akun kas yang digunakan

Sesuaikan tanggal transaksi

Input kode / nama akun (double klik kode)

Jika belum ada bisa buat baru akun nya

Setelah kode akun dibuat, klik ok

Input nilainya

Klik rekam

Pembayaran Hutang dengan discount tambahan

Tanggal 14 Januari 2017, dibayar hutang kepada CV. Riung Jaya sebesar Rp. 1.250.000,- secara tunai melalui bank. Karena pembayarannya tepat waktu, CV. Riung Jaya memberikan promosi tambahan discount Rp. 275.000,-

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Pembelian > Pembayaran Hutang

Input Transaksi Pembayaran Hutang dengan Discount Tambahan

Klik modul pembelian

Klik pembayaran hutang usaha

Tentukan akun kas yang digunakan

Input penerima

Sesuaikan tanggal transaksi

Input no invoice (double klik no invoice)

Input discount

Input Jumlah yang di bayar

Klik di sebesar

Klik rekam

Penjualan tunai dengan salesman

Tanggal 20 Januari 2017, dijual secara tunai kepada UD. Rahayu sejumlah barang dengan PPn 10% melalui sales Budi, uang disetor ke kas dengan rincian sebagai berikut :

Kode Barang

Nama Barang

Jumlah Satuan

(Unit)

Harga Satuan

(Rp)

Harga Total

(Rp)

B01

Kipas Angin

2

135.000

270.000

B03

Radio FM/AM

4

75.250

289

B06

Mesin Cuci

1

618.250

618.250

B05

TV 14"

3

495.000

1.485.000

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Penjualan > Input Penjualan

Input Transaksi Penjualan Tunai dengan Salesman

Klik modul penjualan

Klik pengiriman barang

Input nama pelanggan

Sesuaikan tanggal transaksi

Ceklis tunai

Input nama barang (double klik)

Rekam

Pembayaran Hutang dengan Giro Mundur

Tanggal 21 Januari 2017, dibayar hutang kepada PT. Sinar Elektro sebesar Rp. 4.725.000,- melalui giro dengan nomor giro BG000011 yang jatuh tempo tanggal 28 Januari 2017

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Pembelian > Pembayaran Hutang Usaha

Jurnal transaksi baru akan terbentuk pada saat terjadi pencairan giro

Input Transaksi Pembayaran Hutang dengan Menggunakan Giro Mundur

Klik pembelian

Klik pembayaran hutang

Tentukan akun kas yang digunakan

Tentukan penerima

Sesuaikan tanggal transaksi

Ceklis giro mundur

Input no invoice (double klik no invoice)

Input jumlah yang dibayar

Klik rekam

Input no giro

Sesuaikan tanggal jatuh tempo

Klik ok

Transfer kas ke bank

Tanggal 25 Januari 2017, ditransfer dana dari kas ke bank sebesar Rp. 1.280.000,-

Input Transaksi Transfer Kas ke Bank

Klik modul kas dan bank

Klik transfer kas

Tentukan dari kas

Tentukan ke bank

Sesuaikan tanggal transaksi

Input nilai transfernya

Klik rekam

Pencairan Giro Giro Keluar

Tanggal 28 Januari 2017 ditemukan pencarian giro untuk pembayaran hutang akibat dari transaksi yang terjadi pada tanggal 21 Januari 2017

Untuk mencatat transaksi diatas, tekan modul Kas & Bank > Daftar Giro Keluar.

Pilih pada nomor giro yang dimaksud, kemudian tekan Giro Cair

Input Transaksi Pencairan Giro

Klik kas dan bank

Klik daftar giro keluar

Penyesuaian barang rusak di gudang

Tanggal 29 Januari 2017, ditemukan 1 unit TV 20 dalam keadaan rusak. Dialokasikan biayanya ke Kerusakan dan Kegagalan Material

Input Transaksi Penyesuaian Barang Rusak di Gudang

Klik persediaan

Klik pamakaian / penyesuaian barang

Input nama barang (double klik kode barang)

Tentukan jumlanya (jumlah barang harus negatif)

Masukan akun nya kerusakan dan kegagalan material

Klik rekam

SOAL UJIAN

( WAKTU 90 MENIT )

SERI : D-009

CINTOS FO bergerak dalam bidang Factory Outlet berdiri pada tahun 2012, mulai bulan Mei 2013 perusahan berniat menggunakan program zahir accounting untuk pencatatan pembukuannya.

Informasi sbb:

NERACA 30 April

HARTA

Kas 10.000.000

Bank 60.000.000

Piutang Dagang 10.000.000

Persedian Kemeja 6.805.000

Persediaan Celana 5.300.000

Persendiaan Sepatu 2.100.000

Persediaan Topi 1.000.000

Asuransi Dib.Dim 5.000.000

Kendaraan 100.000.000

Akumulasi Peny. Kendaraan (7.500.000)

TOTAL Rp 192,705,000

KEWAJIBAN

Hutang Dagang 5.000.000

Hutang Bank 30.000.000

MODAL

Modal 100.000.000

Laba Tahun Berjalan 30.200.000

Laba Ditahan 27.505.000

TOTAL Rp 192,705,000

Saldo Piutang per 30 April 2013

Kode

Nama Pelanggan

Tanggal

No. Invoice

Saldo Piutang

C-001

Toko Victor

1. Apr. 2013

INV-001

2.000.000

C-002

Bapak Rudy

5. Apr. 2013

INV-002

3.000.000

C-003

Bapak Rian

8. Apr. 2013

INV-003

3.000.000

C-004

Bapak Joko

15. Apr. 2013

INV-004

2.000.000

Saldo Hutang per 30 April 2013

Kode

Nama Pemasok

Tanggal

No. Invoice

Saldo Hutang

V-001

Meow Brand

1. Apr. 2013

INV-001/Mw/13

4.000.000

V-002

PT Selendang Sutra

1. Apr. 2013

INV-002/SS/13

1.000.000

Persedian Kemeja, Kaos Celana, Sepatu, Topi per 30 April 2013

Kode Barang

Nama Barang

Stock Awal

Harga Pokok

Total Nilai

BK-001

Kemeja Exclusive L

21

80,000

1,680,000

BK-002

Kemeja Exclusive M

20

75,000

1,500,000

BK-003

Kemeja Zara M

15

95,000

1,425,000

BK-004

Kemeja Zara L

20

110,000

2,200,000

BC-001

Celana Cardinal U 30

23

100,000

2,300,000

BC-002

Celana Favo U 35

25

105,000

2,625,000

BC-003

Celana Favo Pendek U 33

5

75,000

375,000

BS-001

Sepatu Zeintin U 41

4

150,000

600,000

BS-002

Sepatu Adidas U 42

4

250,000

1,000,000

BS-003

Sepatu Nike U 41

5

100,000

500,000

BT-001

Topi Puma Black

10

50,000

500,000

BT-002

Topi Adidas White

10

50,000

500,000

Dalam bulan Mei terdapat transaksi pada CINTOS FO sebagai berikut:

1. Tanggal 2 Mei , Mencatat pembayaran sewa kantor selama 1 tahun kedepan kepada Bapak H. Sulam (V-003) sebesar Rp. 10,500,000 secara tunai melalui Bank.

2. Tanggal 3 Mei, Penjualan ke Bapak Dimas secara Tunai

Kode Barang

Deskripsi Barang

Jumlah

Harga Satuan

Total Harga

BK-001

Kemeja Exclusive L

2

215,000

430,000

BC-002

Celana Favo U 35

2

150,000

300,000

BS-003

Sepatu Nike U 41

2

200,000

400,000

3. Tanggal 6 Mei, melakukan pembayaran hutang usaha kepada Meow Brand , untuk

invoice No INV-001/Mw/13 sebesar Rp 2,500,000,- menggunakan Bank, dan mendapatan potongan discount sebesar Rp. 200,000.

4. Tanggal 9 Mei, keluar uang untuk bensin dan parkir kepada Bp Aziz ( E-001 ), senilai Rp 50.000 dan untuk alat tulis kantor sebesar Rp 150.000 secara tunai menggunakan kas.

5. Tanggal 10 Mei , melakukan penjualan kepada Ibu Septiana secara tunai dengan disc. 5%

Kode Barang

Deskripsi Barang

Jumlah

Harga Satuan

Total Harga

BC-001

Celana Cardinal U 30

5

180,000

855,000

BC-002

Celana Favo U 35

3

170,000

484,000

BK-004

Kemeja Zara L

5

160,000

760,000

6. Tanggal 14 Mei, menerima uang untuk pembayaran piutang dari Bapak Rian, untuk invoice

INV-003 = Rp 3.000.000

Dibayar secara Cash ( Masuk ke Kas)

7. Tanggal 15 Mei, Menerima uang untuk pembayaran piutang dari Bapak Joko untuk invoice INV- 004 = Rp. 1.500.000 Dibayar secara Cash ( Masuk ke Kas )

8. Tanggal 17 Mei, Menjual barang kepada Bapak Randy ,secara Kredit

Kode Barang

Deskripsi Barang

Jumlah

Harga Satuan

Total Harga

BS-002

Sepatu Adidas U 42

1

350,000

350,000

BT-002

Topi Adidas White

1

80,000

80,000

BK-004

Kemeja Zara L

2

200,000

400,000

9. Tanggal 23 Mei, membayar listrik Rp 200.000, Telp Rp 100.000 menggunakan kas. Dibayarkan oleh Rudi ( E-002)

10. Tangal 24 Mei, Dibayar Biaya keamanan kepada Ketua Lingkungan sebesar Rp. 50.000 secara tunai melalui kas. (O-001 Ketua Lingkungan)

11. Tanggal 28 Mei, membayar gaji untuk Bp Aziz Rp 1.000.000 secara tunai melalui kas

12. Tanggal 29 Mei, terdapat barang yang rusak dan tidak dapat di jual, dan dianggap sebagai biaya:

Kode Barang

Nama Barang

Jumlah

Akun

BT-001

Topi Puma Black

-1

Kerusakan dan kegagalan material

BT-002

Topi Adidas White

-1

Kerusakan dan kegagalan material

# SELAMAT MENGERJAKAN#

EMBED opendocument.CalcDocument.1

EMBED opendocument.CalcDocument.1

EMBED opendocument.CalcDocument.1

EMBED opendocument.CalcDocument.1

9 11 April 2018 Student | Workshop Zahir Accounting 6 SMKN 20

1

_149007552.unknown

_149049964.unknown

_149000380.unknown

_148998200.unknown