• ad/art

Click here to load reader

Post on 17-Dec-2016

229 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • PARTAI AMANAT NASIONAL

    PLATFORM AD/ART

    '1'1 AT NASIONAL

  • PARTAI AMANAT NASIONAL

    PLATFORM

    Jakarta, 23 Agustus 1998

  • PROF. DR. H.M. AMIEN RAISKetua DPP PARTAI AMANAT NASIONAL

    j

    PARTAI AMANAT NASIONAL

    PR1NS1P DASAR

    Partal Amanal Naslonal adalah parta! poIilik yangmemperjuangt

  • Partal Amanat Naslonal akan bersaing denganpartai-partai lain secara lerbuka. adil dan jujur untukmeraih dukungan rakyat. Selama tidak berada da-lam posisi pemerinlah, partai ini akan berfungsi se-bagai oposisi. Partai Ini berpendirian. pemerintahdan oposisi memllikl tanggung iawab yang selaralerhadap masyarakal.

    POLITIK

    Partal Amanal Naslonal berpendirian negara wajibmeoghonnali dan melindungi kehidupan dan marta-bat war98"ya. Pemerintah harus menc:iptakan pta-kondisi. dimana warga negara dapal mengembangkan hak-hak individu dan kewajiban sosiaJnyasecara bebas.

    Unluk menJamin lerciplanya masyarakal madan!yang bebas dari kesengsaraan. rasa takut. sertabebas dati penindasan. penghilangan paksa dan ke-kerasan. Partal Amanat Naslonal memperjuangkandihormatinya hak asasi manusia yang bertaku un..versa!. Partai ini mendukung ratifikasi konvensi HakAzasi Manusia PBB.

    Part.l Amanat Nasional memperjuangkan otonomimasyarakal madani dan pombalasan kekuasaanlle9ara. lembaga oposlsi merupakan sarana yangdipertukan unluk mencapallujuan itu.

    Partal Amanal Naslonal menghendaki pertang-gung/awabsn yang lerbuka dalam pengurusannegara. Birekrss! ada unluk malayani kepentinganmasyarakat dan bukan sebaliknya.

    Lembaga cksekulil. leg!slali' dan yudikalif meslidlbedakan secara legas, unluk menjam!n berlang-

    sungnya proses saling kontrol di antara lembaga-lembaga ilu. Dominasi lembaga kepresidenan dimasa faro harus diakhili. Partai ini memperjuangkanpembalasan masa jabalan presiden paling banyak

    dua kali lima lahun.

    Pembagian kekuasaan pusat dan daerah meslidiatur unluk memberi kesempatan warga negarabertindak lebih olonom dalam mengembangkandaerah-daerah. Otonomi dalam menguNs sumber-daya, mencari pendanaan dan menikmati hasil-hasilnya. bukan hanya lerbalas 'pada daerah tlngkaldua. tetapi juga daerah tingkal satu. Untuk mence-gah disintegrasi nasioni'll dan eksploitasi pusat lethadap daerah. partai ini temuka lerhadap gagasanbenluk negara senks!.

    Hak warga negara unluk berorganisasi dijamin.Asesiasi-asosiasi berdasarkan kesamaan tujuan.diper1ukan sebagai sarana kehidupan baru. Persdijamin kebebasannya. Untuk menjamin hak masyarakal memperoleh inlormasi. media massa harusindependen dalam mengumpulkan. mengolah danmenyiarkan belila.

    Partal Amanat Naslonal memperjuangkan dihenli-kannya penyelewengan kekuasaan. Parial ini ber-juang untuk menegakkan hukum lanpa diskriminasi.Seluruh masyarakal harus mendapal akses padasislem peradilan yang independen. adil dan murah.

    Partai in! mendukung gagasan reforrnasi konstilusiunluk menjamin kedaulalan rakyal dan dibatasinyakekuasaan negara, serta bertangsungnya demo-kratisasi.

    Partal Amanat Naslonal berpendirian krisis yang

    )

  • diala~ Bangsa Indonesia betakar pada poIitik rezimOrde Baru yang melecenkan kedaulalan rakya!.Karenanya partai ini menenlang setiap usaha yangmencoba mengembalikan kekuasaan Orde Baru danpara pendukungnya ke panggung politik. TalananOrde BaN mestl dtgantf sama sekali.

    PERTAHANAN NEGARA

    Perlananan negara merupakan usaha segenapmasyarakal untuk mempertahankan lanah air.Perlindungan penduduk sipil merupakan bagi~nlerpenting dari pertahanan negara.

    Partai Amanat Naslonal berpendirian ABAI harustunduk pada hokum, konslitusi, dan berada di bawahkonlro( pubUk. ABAI berfungsi sebagai alat negaraunluk menjaga keamsnan negara, dan lidak men-campuri apalagi mendominasi urusan poIitik, eko--noml dan sosiaI. Pohsi mesti dipisahkan dari sltukZurABAI.

    EKONOMIKebijakan ekonomi Partal Amanat Nasional ber-lujuan mewujudkan kesejahteraan sosial lewatkemakmuran yang berkeadilan dengan berlan-daskan morablas serta menjunjung tinggi harkat danmartabat manusia. Kemakmuran di10pang oleh tigapilar ulama, yakni pertumbuhan yang dinamis,slabiljtas dan erisiensi. Sedangkarl keadilan disang-ga oleh kebebasan, persamaan dan lertib sosial.

    Pembangunan ekonomi lak mengenal perbedaanras. suku, dan agama. Partai Amanat Nasionalmempetjuangkan pemberian kesempalan yang sa-rna bagi semua aktor untuk mewujudkan segalapolensi yang dimllikinya bagi pengualan daya saing

    ,

    nasional.

    Pemberdayaan pengusaha keell dan koperasi lebihditekankan pada penghapusan segala hambatanuSaha dan kontrol karena karakteristik alamiah yangmelekal padanya dan sebaliknya memper1ancar bagiter1

  • penciplaan jaring-jaring pengaman dan kebijakanmenyelarakan peluang dj antara berbagai pelakuekonomi dengan memperhatikan asas keadHan.

    Kemlskinan, Lapangan Kerja, dan KesempatanUsahaPartal Amanat Nasional memprioritaskan agendapembangunan yang mengangkat penduduk danlembah kemiskinan. memerangi pengangguran, danmemperluas kesempatan ke~a. Penanganan yangbersifal segera diupayakan untuk menguatkansendisendi ekonomi yang menjamin pembangunanyang berkelanjutan.

    Pertumbuhan ekonoml yang dinamlsKarunia sumber daya alam dan manusia adalah mo-dal dasar penggerak mesin perekonomian. Unlukmengembalikan alirsn investasi dan lekrlOlogi. Par-tal Amanat Naslonal memperjuangkan pulthnyakepercayaan mesyarakal domeslik dan internasionalpeda sislim perekonomian dan politik Indonesia.Perpaduan antara modal dasar dan kepercayaaninilah yang akan menghasilkan pertumbuhan eko.nomi yang dinamis.

    Kebijakan yang sekedar mengejar penumbuhanyang selinggHingginya dengan membiarkan perilaku-lebih .besar pasak daripada liang" harus dllinggal.kan. Yang hams dlkedepankan adalah perilakuhemal dan kemandirian yang didasarkan padapengualan sendi-sendi daya saing bangsa di lengahterpaan gelombang globalisasi.

    Mel'llngkatkan produktlvitas nasionalPartal Amanat Nasional bertekad untuk mening.kalkan daya saing nasional dengan meningkalkanproduklifilas bangsa agar Indonesia bisa memiliki

    6

    kedudukan yang menguntungkan di dalam kancahpersaingan global. Produktifitas bangsa adalah kalakunci untuk peningkalan daya saing nasional.

    Memelihara stok modalSelama masa transisi menuju perekonomian yanglebih slabil, Partal Amanat Nasional mengarahkanupaya untuk memelihara stok modal yang ada, agartidak menjadi onggokan barang mati tak bermakna,karena terkikis oleh gelombang krisis berkepan-jangan. Hal ini penting untuk mempercepat pemulihan ekonomi tatkala momenlumnya tiba. Peneiptaan lapangan kerja lewat program kil~t akandiprioritaskan pada bidang ini.

    RehabilitasiKarena lak terjadi kerusakan serius pada fasilitas-lasilitas produksi, maka tilik berat kebijakanrehabililasi Partai Amanat Nasional lerlelak padapembenahan sislem insenlil. Dengan begilu diha-rapkan terjadi reslrukturisasi p~rekonomian seearaalamiah. Slruktur ekonomi akan semakin kokohkarena lebih berlandaskan pada kekuatan sendiri(prinsip keunggulan komparalil).

    Pemberdayaan usaha keeil dan menengahKeterpurukan usaha keeil dan menengah (UKM)selama ini lebih disebabkan oleh perlakuan diskri-minatif yang lebih mengutamakan usaha besardengan serangkaian proteksi, fasilitas khusus, danberbaga! kebijakan distorti' lainnya. Dengan kesadaran bahwa pada hakekalnya UKM memiliki dasaryang cukup kokohdan dinamis. lanpa bantuanpemerintah sekalipun, maka slrategi Partai AmanatNaslonal dalam pemberdayaan UKM berawal daripenghapusan segala hambatan yang selama inlmembelenggu UKM.

    1

  • Partal Amanat Nasionlll mempe~uangkanterbuka-nya peluang yang seluas-Juasnya bagi UKM untuk.menjadi pengusaha-pengusaha yang bes.r danlangguh. Untuk itu, Paml Amanat Nasional bers!fal proaktif dalam memperkokoh Iandasan kelem-bagaan dan menjunjuog tinggi persaingan sehat.

    Kebijakan AfinnaslPaml Amana! Naslonal menghendaki suatu kebi-jakan ekonomi yang memihak kepada mereka yanglemah. Polilik affirmasi di seldor ekonomi sangatpenting untuk mendukung terciptanya keadilan bag;masyarakal luas. karena ketimpangan ekonomidalem masyarakat terlanjur lerla_lu parah akibatpembangunan ekonomi Orde Baru yang memen-tingkan segelintir pemodal dan penguasanya. teN-lama lewal praktek-praktek Nepolisme, Kolusi panKorupsi.

    Pembangunan OaerahPartai Amanat Nasional memadukan pendekatanmakre ekonomi dan aspek kedaerahan untuk meng-hasilkan pembangunan yang tebih dlnamis danmerala anlar daerah. Keberagaman polensi dankaraktenstik daerah juslru merupakan penggerakdinamika pembangunan yang didasarkan padaotonomi daerah. Otonomi menempalkan daer'ahsebagai pelaku sentral dalam mengidentifikasi,merumuskan dan memeeahkan berbagai persoalanlokal yang unik, sehingga bisa meningkatkan elek-tivitas peran pemerintahan di daerah.

    Perimbangan keuangan pusat-daerahPartai Amanat Nasional memperjuangkan perim-bangan keuangan pusat-daerah dan menjaminlalanan yang mencegah pengeringan sumber-sumber daerah. karena keduanya adalah prasyaral

    bagi diberlakukannya otonomi daerah.

    Pemerintahan yang bersih dan ~fektifKunci kepercayaan rakyat pada pemerintah adalahkredibilitas dan pertanggungjawaban yang trans-paran. Untuk menegakkan kedua prinstp ini PartaiAmanat Nasion.' akan membentuk pusal pengs-duan perilaku seluruh aparat pemerintah (semacamombusman office) dan lembaga independen pernan-tauan korupsi. Pada waktu yang bersamaan akandimulai reslrukturisasi birokrasi untuk menjaminterwujudnya pemerintahan yang elektif, dan setiappejabal diwajibkan mengumumkan kekayaannya.

    Partisipasi aktif dalam menyehatkan ekonomi duniaYang muncul dewasa ini adalah suatu bentukeksploltasi baru, yaitu oleh financial-driven econo-mies terhadap goodproducing economies.

    Kelompok pertama memiliki kelelu-asaan yang sangat besar dalam merekayasabentuk-bentuk Iransaksi keuangan yang silalnyasemu